Belajar Dandan 1: Produk Yang Kira-Kira Harus Dibeli Kalau Baru Memulai Pakai Make-Up

85 comments
 Must Have Item

Saya malu deh sebenernya nulis judulnya. Kesannya ngajarin banget gitu. Padahal saya make up-an aja belum bener :)). Tapi serius deh, pertanyaan semacam: "kalau mau belajar make up, apa sih yang harus aku beli? Terus merk apa yang bagus tapi nggak terlalu mahal?", termasuk yang paling sering saya dapatkan. Jadi saya coba-coba bikin semacam guide buat yang belum punya alat make up, tapi kepengen belajar make up.
Guide yang saya buat ini tentunya nggak saklek ya. Soalnya produk make up itu kan cocok-cocokan. Budget dan selera masing-masing orang mengenai make up juga beda-beda. Jadi ini saya bikinnya sih menyesuaikan selera dan kondisi keuangan saya aja (harga dibawah Rp.100.000, atau kalau bisa dibawah Rp.50.000. Kalau bisa lagi dibawah Rp.20.000. Ya kalau bisa gratis juga boleh ^^). Saya mengusahakan barang-barang yang saya rekomendasikan di sini yang basic aja, nggak terlalu banyak, multifungsi, mudah digunakan, gampang dicari, dan tentunya nggak terlalu mahal.

Kali ini make up dulu. Kalau tanggapannya baik, nanti saya bikinin part 2 untuk tools dan brushes. Jadi ditanggapi yang baik ya. Soalnya saya udah bikin draft yang brushses. Kan sayang kalau nggak di post. #jiaahh.

Update: Part 2, mengenai kuas sudah saya buat loh! Sila klik: "Belajar Dandan 2: Kuas Yang Kira-Kira Harus Dibeli Kalau Baru Memulai Pakai Make-Up"

 Skincare

 Skincare Wajib

Kalau yang ini wajib! Kalau mau memulai kebiasaan make up, wajib juga memulai kebiasaan pakai skincare. (Bahkan sebenernya, kalaupun nggak pernah make up-an, tetep harus pakai skincare.) Kalau cuma di make-up aja tapi nggak dirawat mukanya, nanti lama-lama mukanya rusak. Kasian kan, muka cuman satu dirusakin. Kalau mobil biarpun mahal masih bisa ngutang beli lagi, kalau muka rusak-rusak kan juga tetep harus dipake. Makanya wajib banget merawat kulit muka biar tetep sehat.

Untuk skincare, saya nggak berani ngerekomendasiin merk. Beneran nggak berani! Skincare itu bukan cuma masalah tekstur dan selera, tapi juga kecocokan dan kondisi kulit. Jadi kalau mau tau merk apa yang cocok buat kamu, harus dicoba sendiri. Atau kalau mau tanya, tanyalah ke dokter kulit atau orang yang memang ahli dibidangnya. Kalau cuma tanya ke blogger sotoy macam saya, takutnya menjerumuskan.

Perkembangan dunia skincare menurut saya jauuuhh lebih pesat dan rumit dibanding make up. Yang dulunya pakai pelembap aja udah cukup, sekarang mulai muncul ritual skincare harian berentet seperti toner - booster - essence - serum - krim - sleeping pack dan kawan-kawannya yang saya juga belum kenalan. Yang awalnya cuci muka itu cukup dengan sabun muka dan tangan, sekarang mulai muncul anjuran untuk pakai bubble maker, silicon pad, dan lain sebagainya. Menurut saya sih pakai aja apa yang paling dirasa nyaman dan paling dibutuhkan buat kulitmu. Nggak perlu mahal, nggak perlu banyak, yang penting cocok dan aman.

Dari semua jenis skincare yang ada, yang basic dan wajib dipakai menurut saya adalah:
  • Sabun muka - cari yang formulanya nggak mengeringkan dan nggak bikin kulit kerasa ketarik
  • Pelembap - kalau kulit berminyak, pakai yang bentuk gel/lotion yang ringan. Kalau kulit kering, pakai yang teksturnya creamy
  • Sunscreen - wajib dipakai di siang hari. Atau biar lebih praktis, boleh juga memakai pelembap yang sudah mengandung sunscreen
  • Lip balm - sebaiknya pilih yang mengandung sunscreen agar bibir terlindungi dan nggak gampang hitam
Selain pakai skincare, perhatikan juga kebersihan produk yang kita punya. Dan ini nih yang sering pada lupa: Perhatikan masa pemakaian produk tersebut. Untuk lebih jelasnya soal masa pakai, bisa lihat di sini.


Foundation / BB Cream

Complexion

Untuk foundation, karena ini adalah dasar dari semua make up yang akan kita pakai nanti, saya menyarankan beli yang bagus. Jangan tergiur harga yang murah. Soalnya kalau dasarannya udah nggak bagus, keseluruhan dandanannya juga terlihat nggak bagus.

Daya tutup foundation ini macem-macem, ada yang tipis sehingga kesannya natural, ada yang sangat menutup sehingga bisa menyamarkan noda-noda di wajah. Kalau saya suka yang natural #pacaransamapohon. Terus sesuaikan juga dengan jenis kulit. Ada yang untuk kulit berminyak, dan ada yang untuk kulit kering. Oh iya, ada foundation yang bentuknya liquid, cream, stick, dan mousse. Kali ini saya pilih yang paling umum: Liquid/ cair

Kalau ada yang tanya pilih mana foundation sama BB Cream, menurut saya mah sama aja. Perbedaan nama itu cuma strategi marketing belaka.<-- Ini menurut saya. Seller BB Cream nggak perlu gundah dan emosi. Apapun pendapat saya BB Cream tetep bakal laku kok. Wis to, percaya aja!

Merk foundation yang menurut saya lumayan untuk kulit kering:
- Maybelline Clear Smooth BB Cream (harga: Rp.35.000) (review)
- Caring Luminizing BB Cream (harga: Rp.59.000) (review)
- Inez Satin Smooth Liquid Foundation (harga: Rp.40.000) (review)

Merk foundation yang menurut saya lumayan untuk kulit berminyak:
- Caring Stay True Foundation (harga: Rp.60.000) (review)
- Caring Everlast BB Cream (harga: Rp.59.000) (review)
- Silky Girl BB Cream (harga: Rp.55.000) (review)


 Bedak Tabur

Pasangan foundation yang paling pas menurut saya adalah bedak berjenis tabur. Karena ringan dan nggak gampang menggumpal. Ada juga yang lebih memilih pakai Two Way Cake atau bedak padat yang sudah ada foundation-nya. Tapi kalau saya sih nggak sreg ya. Saya tetep lebih suka pakai foundation dan bedak tabur, daripada pakai TWC aja. TWC biasanya saya gunakan untuk mengunci bedak tabur, ditap-tap ringan setelah memakai foundation dan bedak tabur. Tapi opsional aja sih, saya juga jarang pakai TWC begitu.

Bagi yang suka bedak yang ringan dan tipis, boleh coba:
- Pigeon Loose Powder (harga: Rp.24.000)
- Bless Acne Series Face Powder (harga: Rp.62.000)
- Face on Face Loose powder (harga: Rp.25.000) (review Face on Face all varian)
- Marck's Loose Powder (harga: Rp.10.000) (review)

Bagi yang suka bedak yang daya tutupnya bagus:
- Caring Loose Powder (harga: Rp.44.000) (review)
- Revlon Touch & Glow Face Powder (harga: Rp.35.000)
- Venus Loose Powder (harga: Rp.20.000)
- Bedak tabur Sariayu dan Wardah juga banyak yang suka, tapi saya nggak cocok. 


Lipstik

Lipstik Basic

Sekarang pewarna bibir jenisnya ada banyak. Tapi saya tetep paling suka yang basic: lipstik. Tekstur lipstik juga macem-macem, ada matte atau tanpa kilap, glossy atau berkilap, frosty atau agak-agak metalik karena shimmer gitu, macem-macem deh. Kalau bibirmu kering, pilih yang glossy dan formulanya melembapkan. Kalau suka yang nggak njeplak di baju si Dia #ehbuset dan awet nempel di bibir, pilih yang matte. Kalau saya suka yang creamy, daya tutupnya bagus, dan agak glossy.

Untuk warna, kalau baru pertama pakai lipstik sih biasanya lebih memilih yang natural. Ada yang natural cenderung pink/mauve atau cenderung oranye atau beige. Cara milih warna gimana? Teorinya sih, kalau warna dasar kulitmu cenderung kuning, pilih yang oranye. Kalau warna dasar kulitmu pink, pilih yang pink. Tapi nggak saklek kok. Coba-coba aja sampai nemu yang cocok dan disuka.

Lipstik natural pink/ mauve yang saya suka:
- Wardah Matte Lipstick No. 19 Essential Nude (harga: Rp.28.000) (review)
- Revlon Superlustrous Lipstick: Ginger Rose (harga: Rp.32.000) (Quick Review)
- Fanbo Fantastic Lipstick No. 13 (harga: Rp.12.000) (Quick review)
- Inez Lipstick No. 29 Teracota (harga: Rp.30.000) (Quick Review)
- SilkyGirl Moizture Lipcolour No. 28 Sensual (harga: Rp.30.000) (Review SilkyGirl Moizture Lipcolour No. 06 Gorgeous)

Lipstik natural oranye dan beige yang saya suka (saya jadiin satu soalnya saya rada jereng bedainnya :D):
- Wardah Matte Lipstick No. 15: Bronze Nude (harga: Rp.28.000) (review)
- Revlon Superlustrous Lipstick: Almost Nude (harga: Rp.32.000)
- Revlon Superlustrous Lipstick: Nude Velvet (harga: Rp.32.000)
- Sariayu Lipstick Toba 1 (harga: Rp 25.000)
- Inez Lipstick Caramel (harga: Rp.30.000)
- Pixy Silky Fit Lipstick: Brown Sugar (harga: Rp.18.000) (Quick Review)


Blusher

Blush On
Ini Rivera Rose Desire yang saya masukin ke bekas kemasan NYX Mozaic Blusher

Tekstur blusher atau pewarna pipi ada yang matte ada yang shimmery. Kalau shimmer, ada yang shimmer-nya gede-gede ada yang halus dan kecil-kecil. Saya suka yang matte atau yang shimmer-nya kecil-kecil, dan kurang suka yang shimmer-nya gede-gede dan kasar. Untuk warna juga macem-macem. Kalau baru awal pakai blusher, biasanya juga milih yang natural, pink atau oranye gitu. (Warna coral juga oke, tapi saya nggak punya rekomendasi blusher warna coral yang oke dan murah T.T.)

Tolong Pipiku Kenapa
pakainya tipis-tipis aja, jangan berlebihan
(FYI, itu rahang saya masih beruntusan & kadang gatel. Diapain ya biar sembuh? T.T)

Pilih yang warnanya nggak terlalu pigmented, biar makainya gampang nggak ketebelen sebelah. Saran saya, sesuain warna blusher yang kamu beli dengan warna lipstik yang kamu beli. Misal kalau lipstiknya pink, pilih blusher yang pink juga. Tapi ya lagi-lagi terserah sih, soal padu padan warna itu kan masalah selera.

Blusher pink yang saya suka:
- Rivera Nature Rouge Reffil Rose Desire (harga: Rp.18.000) (review)
- Silkygirl Blush Hour No. 02 Dune Rose (harga: Rp.35.000) (review)
- Face on Face Blush On: Blooming Pink (harga: Rp.25.000) (review)

Blusher oranye yang saya suka:
- Sariayu Apokayan (harga: Rp.35.000)
- Face on Face Blush On: Natural Glow (harga: Rp.25.000) (review)
- Pixy Blush On: Orange Salmon (harga: Rp.25.000) (Quick Review)



Mascara

Maskara Sehari-hari

Eh iya, itu foto mascara-nya Maybelline, soalnya saat ini saya cuma punya Maybelline entuh sama Lancome ^^. Tapi banyak kok merk mascara yang lebih murah dan hasilnya juga bagus. Mascara ini sebenernya opsional aja sih. Saya termasuk yang nggak begitu suka pakai mascara. Untuk sehari-hari saya pakai eyeliner aja. Untuk acara resmi saya lebih suka bulu mata palsu. Soalnya mascara bersihinnya agak rempong, dan bulu mata saya tipenya gampang rontok. 

Sebelum pakai, jepit dulu bulu mata biar terangkat lentik. Pakai dengan cara zig-zag dari akar sampai ujung bulu mata, biar hasilnya bulu mata kelihatan lebih tebal. Bersihinnya harus bener-bener bersih, kalau nyisa dan dibawa tidur, biasanya bakal nge-stain item lama gitu di bawah mata.

Mascara yang pernah saya coba yang menurut saya kualitasnya lumayan bagus:
- Pixy Waterproff Mascara (harga: Rp.33.000)
- Maybelline Volum Express Turbo Boost Mascara (harga: Rp.55.000)
- Silkygirl Eye Opener Mascara (harga: Rp.30.000)
- Mirabella Mascara (harga: Rp 35.000) juga bagus, tapi dia nggak ada efek menebalkan, cuma bikin lentik.


Eyeliner

Eyeliner yang paling gampang diaplikasikan itu adalah eyeliner pensil. Tapi kalau mau belajar pakai eyeliner cair juga oke-oke aja sih. Pilih yang aplikatornya batangnya pendek dan ujungnya runcing. Kalau milih Eyeliner ini wajib banget milih yang nggak smudging. Soalnya eyeliner kalau udah beleber ke bawah mata itu jelek banget dilihatnya! Mendingan nggak pakai eyeliner deh daripada pakai eyeliner tapi smudging --".

Jujur aja, saya nggak suka gel eyeliner. Soalnya kalau yang harganya masih Rp.100.000-an (apalagi dibawahnya), selalu aja smudging parah. Dan menurut saya agak rempong karena kuasnya harus terus-terusan dibersihin setiap habis pakai. Terus nggak tau ini saya aja apa yang lain juga, saya kalau pakai gel eyeliner susah banget bikin garis yang rapi, pasti ada serabut-serabutnya, nggak serapi liquid eyeliner.

Eyeliner pensil yang saya suka:
- Make Over Pencil Eyeliner (harga: Rp.80.000)
(Cuma ini eyeliner pensil lokal yang nggak smudging di saya. Agak mahal kalau dibandingin eyeliner pensil Wardah, Sariayu, Pixy, dan sekelasnya, tapi bener-bener worth every penny! Pokoknya saya rekomen banget! Oh iya, saya keidean pakai eyeliner ini gegara racun dari Sanny Lie dan Iva Asih. Antara pengen meluk sama pengen musuhin karena bikin belanja diluar rencana. Hahahhaaa.....)

Eyeliner cair yang saya suka:
- Buat yang suka aplikator kaku: Viva Queen Liquid Eyeliner (harga: Rp.32.000)
- Buat yang suka aplikator lentur: Inez Fine Line Liquid Eyeliner (harga: Rp.40.000) (Review)


Eyeshadow

Eyeshadow Basic

Eyeshadow biasanya ada di bagian akhir daftar belanja bagi yang baru kenalan sama make up. Soalnya nggak semua orang suka tiap hari pakai eyeshadow. Bagi yang pertama beli, saya sarankan sih pilih yang ada warna coklat tua matte dan putih gading shimmer, soalnya multifungsi. Kepake juga buat ngisi alis, shading, dan hilite. Walau banyak yang bilang, matte itu lebih natural, tapi saran saya pilih eyeshadow quad atau trio yang ada perpaduan antara matte (biasanya warna tua) dan shimmer (biasanya warna medium dan muda). Soalnya eyeshadow lokal yang matte biasanya teksturnya susah rata, kering, dan susah dibaur. Malah susah makainya, terus nggak bisa-bisa deh ^^. Shimmer itu bukan hal yang perlu dihindari kok. Shimmer di kelopak mata bikin riasan mata lebih hidup.

Kalau takut shimmer bikin penampilan menor, pilih eyeshadow yang warnanya yang soft, dan yang butiran shimmer-nya halus dan rata. 

FOTD Basic
Shimmery tapi tetep kelihatan natural

Eyeshadow yang warnanya soft tapi keluar, warnanya coklat dengan perpaduan matte dan shimmer, halus dan gampang dibaur, dan shimmer-nya nggak lebay pilihan saya adalah:
- Caring Happy Eyeshadow: October Feast (harga: Rp.60.000)
- Ranee Eyeshadow Compact (lupa nomornya 01 atau 14) (harga: Rp.29.000) (Review Refill Eyeshadow Ranee)


Pembersih Make Up

Cleansing Product

Ini terakhir tapi wajib dipunyai! Pembersih make up sekarang juga banyak macemnya. Ini saya pilih yang basic: Susu Pembersih (milk cleanser) dan Eye & Lip Make Up Remover (Dua benda ini bisa juga diganti dengan cleansing oil atau EVOO/ Rice Brand Oil/ Grapeseed Oil).

Untuk menghapus/mengangkat susu pembersih, lebih bersih dengan facial sponge basah kaya begini daripada dengan kapas:

Spons Wajah
Ini merk Rivera. Harus dibasahi dulu biar empuk. Harganya Rp.10.000

Kalau nggak punya facial sponge kaya begitu, bisa pakai washlap atau handuk kecil yang dilembapkan.


Make Up mata semacam mascara dan eyeliner, nggak boleh dibersihkan dengan susu pembersih. Harus dengan Remover khusus. Soalnya kalau pakai susu pembersih, biasanya susah hilang, harus berkali-kali kucek dan harus kasar bersihin area mata #duh. Belum lagi kalau formulanya nggak mild, susu pembersih ini bakalan kerasa pedes di area kulit sekitar mata dan bibir.

Susu pembersih yang saya suka:
- Viva Milk Cleanser Green Tea (harga: Rp 5400)
- Wardah Milk Cleanser (harga: Rp.19.000)
- Sariayu Pembersih Mawar/ Kenanga (harga: Rp.10.000)

Eye & Lip Make up Remover yang Saya Suka:
- Pixy Make Up Remover (harga: Rp.10.000)
- Maybelline Make Up Remover (harga: Rp.25.000 & Rp.40.000)


*harga-harga yang tercantum diatas adalah harga kira-kira. Nggak plek, tapi sekitaran segitu lah. 


Make up ini sebaiknya disimpan di tempat yang bersih dan nggak kena sinar matahari secara langsung. Bukan hanya make up-nya yang perlu diperhatikan kebersihannya, tempat penyimpanannya juga harus dibersihkan secara berkala.

Cara Menyimpan Make Up
Bisa ditaruh di wadah kotak begini bareng sama aksesoris dan jepit rambut :)

Penampakan saya pakai ubarampe diatas:

FOTD Daily Make Up


Muka:
- Caring Everlast BB Cream 
- Pigeon Loose Powder
- Rivera Blush On Reffil Rose Desire
- Caring Happy Eyeshadow: October Fast (buat shading dan hilite)

Mata:
- Caring Happy Eyeshadow: October Fast (pakai di alis juga tapi ketutupan poni ^^)
- Make Over Eyeliner Pencil: Black Jack
- Maybelline Cat Eyes Mascara (nggak keliatan T.T. Itulah juga kenapa saya nggak begitu demen mascara. Nggak ngefek di saya)

Bibir:
- Wardah Matte Lipstick: Essential Nude


Salam Selfie

Kalau ada sumur di ladang, 
boleh kita menumpang selfie :D

85 comments

  1. Wah seneng banget baca postingan ini, baru belajar make-up-an juga nih Mbaaak. Thankyou :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng juga udah bisa bikin seneng. #lah/ :))
      Masama ya ^^

      Delete
  2. Lipstiknya cakeuppppp.. warnanya kayak lipstik revlon no.145 paporit aku kaka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Revlon yang superlustrous? Ah ntar colek2 ke counter Revlon ah :D

      Delete
  3. cakep dandanannya mbak, keliatan tambah muda.
    rahang saya dulu pernah beruntusan & gatal jg, alergi gara2 ganti bedak (tadinya marcks lalu ganti acnes). eh balik lg ke marcks sembuh deh. pake masker madu jg bisa cepet nyembuhin alergi
    http://randomandquick.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, jeng :D
      Kulit ku nggak cocok sama madu nih. Semacam alergi gituh. Jadi ga pernah maskeran pakai madu deh :(

      Delete
  4. syuka warna lipstiknya..
    aku penasaran sm pigeon bedak taburnya jeng, soalnya selama ini pake marcks juga rasanya kok agak kering..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya warnanya cakep banget
      Bedaknya enak jeng. Ringan gitu, alus, nggak bikin kering ^^

      Delete
  5. uhuuy asyik cakep bener mbak suka liat mbak e pake poni gini cocok bgt

    ReplyDelete
  6. Salam kenal, Mbak! Hihi penguntit akhirnya berani komen XD
    Itu caring kenapa foundationnya yang luminizing sama stay true harganya bisa beda? O_O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai , Penguntit XD
      Itu kan yang satunya BB Cream, bukan foundation semua :))

      Delete
  7. Wuih lengkap sampe se harga-harganya, juara bner deh postingan ini, usefull apalagi buat yang lagi mau belajar cecentilan.

    Btw itu poninya, mancaaap..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk. Seneng kalau berguna :)

      Makasih, ya #tiuptiupponi

      Delete
    2. Kaka aku hampir menelusuri smua blog kaka looh .. kka pinter banget make up sih .
      Mau belajar make up nihh . Lagipula aku juga masuk smk jurusan administrasi perkantoran *sekretaris gitu deh . Kan harus bisa dandan heheh ..

      Delete
  8. ihiiyy kembali ke masa remaja kalau poninya bgtu kak hihihi ^_^

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh gimana sih, Vi? Kan aku memang masih remaja :))

      Delete
  9. Wuidihh..
    manteb bener dah ni postingan..pas banget sama aku yg baru belajar mek-ap + kantong2 anak kosan gini..hehhe..
    bener mbak..urusan skin care itu ribet+perkembangannya cepet bgt..kadang ada satu produk yg bs nanganin macem2, ada jg yg kudu beli rombongan sepaket biar komplit mulusnya (yg mulus mukanya..hehehe)..
    makanya, sbg pemula suka bingung kalo mw bli skin care yg bener2 pas sm kebutuhan..

    betewe, itu make over eyeliner sama caring color eyeshadownya bener2 racun dah.. *brb nabung* hahha..

    at least but not last, bener kt komen2 d atas..abis nikah, mbak Arum jd tmbh kliatan muda gitu..tmbah centil..hahaha
    #goJiwaMuda (^0^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengelaman kulitku nih, malah pas aku pakai skincare simpel aja, nggak tumpuk-tumpuk, malah kondisi kulitku jadi bagus. Jadi aku ya pake yang basic aja sekarang ses :D

      Hahahaa...makasih ya sesss :))

      Delete
  10. selfienya imut bgt mbakkk... =)
    aq dl jg prnh beruntusan di bagian situ juga..
    cb brg2 yg biasa nempok di situ di lap pake alkohol / hand sanitizer mbak.. kayak hp ato headset..ato telepon yg ada d rmh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiy...makasiihh :D
      Wah, ide bagus tuh. Iya deh, segera lap lal lap. Makasih sarannya ya, jeung :3

      Delete
  11. Mbak Aruumm, saya seneng banget baca tulisan2 mbak, nyenengin bacanya. :D
    Saya suka banget foto selfie mbak, cantik banget >.<
    Oya mbak, saya pakai Rivera Matic Eye Liner itu nggak smudge tuh mbak... :)
    Salam ~

    moasswasoko.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Mayang, makasih yaa :3
      Aku pakai Rivera matic masih smudge. Lidku oily banget kali ya :(

      Delete
  12. Gilaaakk... lengkap banget, suka banget...!

    Oy, para biuti blogger, pada bikin nih postingan kek begini, postingan buat pemula2 tuh manfaat banget deh, kan yg nyasar ke blog biuti bukan biuti bloger doang, yg gagap makeup juga banyak.

    Wah, mirabella melentikkan yah? Aku juga lagi nyari nih mascara yg gak nebelin tapi melentikan...

    Gimana caring esedo? Aku demen banget sama caring eyeshadow, shimmernya itu banyak tapi kecil2 n rapet2 banget... Coba si caring bikin produk highliter yak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahihihi....asiikkk. Berarti yang brush bisa di posting :)))

      Iya lumayan menurutku, Miz. Soalnya bentuk brushnya tuh kaya sikat. Jadi bikin bulmat misah2 dan nggak gumpel gitu.

      Caringnya aku sukak buat ganjen2 harian. Iyaaa, kayaknya kece tuh kalau ada hiliter :D

      Delete
  13. waw lengkap sekali mba...thanks for sharing ^^

    ReplyDelete
  14. langsung ngebet pengen nyolong lipen wardah essential nude-nya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus lho Essential Nude-nya :D

      Delete
    2. Wahahaha sumpah ngakak guling2 aku mbak rum. Komen ini sebenernya aku yang buat, tapi lupa kalo laptopnya abis dipake mamas. Komennya jadi pake account mamas gini ya. wakakakak,,, semoga orangnya nggak tau. :D

      Delete
  15. aduuh..ses arum, udah nikah tambah cute aja nih ^^ *salah fokus ngga fokus ke postingXD

    ReplyDelete
  16. aduhhhhh seneng banget ada postingan ini.. langsung blusukan ke reviewnya jeng arum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh...klo jeng Ajaib mah ya udah nggak perlu dong guide beginiaann :D :D :D

      Delete
  17. Widihhhh mantep nih guidenya. Ditunggu guide selanjutnya hihi.
    Mba arum tambah mudah pake poni, sukaaa ♥♥♥
    Tar ikutan pake poni ahhh hihi

    gratefulbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Menurut eike sebangai pengamat poni, Jeung Arum keliatan jadi lebih muda pake poni model begitu. Heheheee....

    Arum, nanya dong. Pixy make-up remover sama modelnya kayak Wardah gak sih? Punyaku Wardah udah abis dan di sini gak ada yang jual. Kemaren pas muter nemu Pixy tapi pas ngeliat harganya cuman 12 rebu, jadi maju-mundur gitu mau beli. T________T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih jeng Octa. Tapi poni begini perawatannya susah. Harus diblow dan dielus-elus setiap waktu biar nggak bolong #eluselusponi

      Kalau aku lebih suka si Pixy, octa. Lebih bersih aja kalau bersihin sebangsa eyeliner & lipstick gitu. Hihihi...kalau murah banget jadi ragu2 gitu yak, takut muka kena alergi barang murah :D :D

      Delete
  19. mbak aruuumm imuuutt iih :* :*
    btw klo concelar ga perlu yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh :D
      Mmm...ini kan basic dulu ses? Perlu yak? Kalau perlu tak tambahin sih.. ^^

      Delete
  20. Mbak arum habis nikah makin cantiiiik aja siiih mbak

    ReplyDelete
  21. kok makin nikah makin kayak Abege mbak :D. The power of nikah kali yak. ahakk :D

    ReplyDelete
  22. Akkk~ ini koment pertamaku mb setelah hampir setahun sk kepoin blog kamyuhh. :D
    Btw, suka bgt postingan yg ini bantu bgt soalnya mau belajar makeup nih aku.
    Oya mb, face on face itu belinya dmn yaa, ak kok blm nemuin konternya dsni.
    Salam kenal nyaa mbakk arum, ak Olga dari Solo x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mb Olga. Aku juga dari Solo lho *lah, ga ditanya. Haaahahaha...*
      Wah, masa sih Solo ga ada face on face? Di carefour atau hypermart gitu juga ga ada? Atau di monita toko kosmetik coba?

      Delete
    2. Hehehe solo perbatasan aku mbak x)
      Iyaa kmrn udh tanya2 di monita ada kok.
      Btw abs nikah malah keliat muda mbak, jadi pengen nyusul #eh

      Delete
    3. Nah, ada kan? BTW aku belum pernah ke Monita loh. Tempatnya dimana aja aku nggak tau. Pengen mampir kapan2 kalau ke Solo :(
      Makasih ya, mbak :)

      Delete
    4. Duh mbak kapan2 kalo pas pulang ke Solo mampir deh, di Jl Urip sumoharjo mb. Dr luar cm kyk kios kecil gt, tp dalemnya bkin keracunan x).
      Mbak arum tnyt colomadu tah, deket bgt sm rmh ku mbak :v

      Delete
    5. Siipp...kapan2 mampir.
      Iya, rumah bapakku tapih. Rumahku sendiri di Jogja, eh sekarang malah di Jakarta ikut suami :D
      Mb Olga dimana rumahnya?

      Delete
  23. Woooowww aseek sekali postingan yang ini
    Makasi ya mba arum canteekkk
    Aku pake make over eyeliner yang coklat
    Baguuss yaakkk
    Jadi keracunan pgn beli yg item >o<


    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mbak Deasy. Yuk, dipilih dan dipilah mana yang memang diperlukan dan cocok :D

      Delete
  24. wihhh the power of poni kyknya nih 0_*

    ReplyDelete
  25. berguna bgt lo postingan kyk gini, ak blogwalking suka bingung sendiri dulu step2 apa .. skrg uda tau.. tambah postngan ini jd lebih tau :D

    ReplyDelete
  26. Mbak arum habis nikah makin cute aja... suka (>.<)..

    ReplyDelete
  27. seneng banget baca postingan2nya mbak...
    berguna banget buat yg mau belajar make up, apalagi ada rekomendasi makeup2 yang bagus tapi sesuai sama kantong anak kosan... :D :D *ktauan nggak modal*

    ReplyDelete
  28. Mbak sekar,

    Aku dari dulu cuman jadi silent reader blog nya mbak,,
    Ini tumben buat account google and comment di sini :)
    Tambah cantik deh sama poni baru nya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak Putu. Sekalian bikin blog dong :D :D
      Makasih yak ^^

      Delete
  29. postingannya keren :D
    gara2 suka kepo in blognya embak jadi menambah ilmu per-make-up-an akuu
    ditunggu postingan brush nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mb Raya yang calon Akuntan :D
      Seneng kalau berguna. Hehe...

      Delete
  30. kebiasaan lama muncul : kalo udah kepoin blognya teteh arum *biarinlah aku panggil teteh aja biar anti mainsetrum, eh, mainstream* apalagi yang berhubungan sama make up pasti bawaannya pengen cepet-cepet beli sesuatu. maskara lah, foundie lah, tapi kebanyakan eyeshadow sama eyeliner sih. huehehehe, maklum saya doyan costest soalnya.

    Aaaaaa >,< eye and lip remover dari pixy cuma 10ribu *kisaran* ? pengeeennnn beliiiiii

    lagi-lagi teracuni ._.

    ReplyDelete
  31. Baru liat rambut mbak arum ponian :)) lebih cantik :)))

    ReplyDelete
  32. Waaa akhirnya nemu yg beginian. Tq mb arum, membantu banget :)

    ReplyDelete
  33. Thanksss kaak sekar referensinya muahhh 😙 suka banget sm blog kakak

    ReplyDelete
  34. Kak Arum, kalau yang di foto itu eyeshadow merk apa?

    ReplyDelete
  35. say mau nanya kalo misal mau pake foundation krim perawatannya tetep dipake atau engga ya soalnya takut minyak bgt mukanya , hehe

    ReplyDelete
  36. Aku dari mana aja ya baru ketemu blog ini huhu. Btw aku pemula bgt msh SMA dan abis kena racun dari temen! Doain aku ya kak buat photo buku tahunan dan perpisahan nanti aku bisa pakai makeup sendiri dan rambut sendiri. Apalagi abis baca blog Kaka. Widy me luck! Luv u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai naq sma :D
      Amiinnn. Lulus nilainya yang bagus yaaa ;)

      Delete
  37. Wew, good article Sis, Semoga dapat memberi manfaat kepada wanita Indonesia.

    Regard's : Adelia MUA

    ReplyDelete
  38. Ini salah satu artikel pertama yang aku baca waktu jaman kuliah lagi mulai belajar makeup lho mba 😂😂
    Sangat membantu, ga kerasa udah 6 tahun mba aku jd penginthilmu 🤣

    ReplyDelete
  39. Ini adalah awal mula baca blog racun karena lengkap ada review produk-produk yang hype pada masanya 🥰 makasi lho jeng udah ngenalin daku make up an dengan cara paling sederhana gitu lho jelasinnya, dan daku ga heran sih dirimu pake platform apa aja tetap asyik untuk diikuti
    Produk yang sampai saat ini tetap diriku pakai akibat ratjunmu dipostingan ini adalah bedak taburnya marck, produknya inez (lipstik dan eyeshadow), wardah
    Makasii Jeng Racun, salute

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.