Review Avoskin Miraculous Refining Serum, Acid Serum Pertama Dari Brand Lokal

12:00:00 PM

Review Avoskin Exfoliating Acid Serum

Dear sobat kemayu,
apakah sudah baca review Avoskin Miraculous Toner dari saya? Kalau belum, mohon dibaca dulu ya. Agar obrolan kita nanti nyambung, karena produk Avoskin Miraculous Refining Serum ini adalah (( GATHUKAN )) dari Avoskin Miraculous Toner. Sama-sama mengandung exfoliant atau AHA BHA.

Baca dulu: Review Avoskin Miraculous Refining Toner

Sudah dibaca?

Bhaik. Jadi sudah tahu ya kalau saya itu cenderung lebih memilih chemical exfoliator dibandingkan physical exfoliator. Karena kalau pakai scrub, kulit saya suka perih-perih dan kemudian jerawatan. Jadi saya lebih suka pakai acid toner saja, untuk mengikis sel-sel kulit mati atau deep cleansing.

Nah, kali ini saya nyobain chemical exfoliator berbentuk acid serum. Jujur ya, ini juga pertama kalinya buat saya, untuk memakai produk AHA BHA dalam bentuk serum. Biasanya saya pakai produk eksfoliasi berbentuk toner saja. Jadi memang saya agak lama baru bisa menerbitkan review ini, karena saya masih mengulik dulu bagaimana cara pemakaian terbaik agar produk ini bekerja maksimal di kulit saya.


Apa Itu Exfoliating Serum?

Exfoliating serum adalah produk chemical exfoliator berbentuk serum. Jadi teksturnya tidak encer seperti toner, tapi sedikit lebih padat/ kental. Seperti exfoliating toner, produk ini dilengkapi dengan kandungan acid (AHA dan/ atau BHA), dalam jumlah yang cukup untuk membantu proses eksfoliasi atau pengikisan sel-sel kulit mati pada kulit. Produk exfoliating serum, bisa digunakan bersamaan dengan exfoliating toner sehingga kerjanya lebih maksimal, dan bisa juga digunakan sendiri bila ingin eksfoliasi yang tipis-tipis tapi asoy.

Nggak semua produk serum dengan kandungan AHA dan BHA itu bisa disebut exfoliating serum ya. Saya punya dua produk yang mengandung Citric Acid (AHA) dan Salicylic Acid (BHA), namun tidak punya efek eksfoliasi, karena jumlah AHA dan BHA-nya hanya setitit, hanya untuk membantu melembapkan dan mencerahkan kulit (AHA) dan untuk meredakan jerawat (BHA).

Review Avoskin Miraculous Refining Serum

Lalu untuk tahu suatu serum ini masuk ke dalam golongan chemical exfoliator atau bukan, bagaimana? Dilihat saja keterangan produknya. Exfoliating serum biasanya mencantumkan berapa banyak kandungan AHA dan BHA di dalamnya, serta menyertakan petunjuk pemakaian sebagai chemical exfoliator. Seperti Avoskin Miraculous Refining Serum ini, yang mencantumkan kandungan secara terperinci, yaitu 10% AHA dan 3% BHA, pada kemasan produk dan juga official website-nya. Jadi kita sebagai konsumen akan langsung tahu kalau produk ini merupakan exfoliating serum.

Contoh produk exfoliating serum selain Avoskin Miraculous Refining Serum (10% AHA 3% BHA) adalah: The Ordinary Lactid Acid 10% - HA 2%, Sunday Riley Good Genes (Lactid Acid 5%), Pixi Overnight Glow Serum (10% Glicolic Acid), dan Drunk Elephanth T.L.C Framboos Glycolic Night Serum (12% AHA/ BHA blend).


Ingredient

Ingredient Avoskin Miraculous Serum

Saya sudah bilang di atas, kalau ingredient Avoskin Miraculous Refining Serum ini memang menjanjikan banget. Serum ini mengandung:
  • 10% AHA dalam bentuk Glycolic Acid
  • 3% BHA atau Salicylic Acid
  • 2% Niacinamide (untuk mencerahkan dan anti aging)
  • Ceramide (memperbaiki skin barrier dan melembapkan kulit)
  • Aloe Vera (melembapkan dan menenangkan)
  • Raspberry Extract (mencerahkan)
Avoskin AHA BHA Serum

Seperti toner-nya, Avoskin Miraculous Serum ini juga diformulasikan alcohol-free, paraben-free, fragrance-free dan sulfate-free. Produk eksfoliasi yang baik memang sebaiknya menghindari keempat bahan tersebut, untuk mencegah terjadinya iritasi. Karena kulit yang sudah dieksfoliasi pasti lebih sensitif.

Awal membaca kandungan 10% AHA dan 3% BHA, saya lumayan kaget. 10% AHA dan 3% BHA apakah tidak terlalu cekit-cekit ya? Maklum, saya memang belum ada pengalaman sama sekali dengan acid serum sebelumnya. Tapi kemudian saya mencari tahu, ternyata memang kalau dalam bentuk serum, efek eksfoliasinya nggak akan se-harsh dalam bentuk toner. Karena tekstur serum kan lebih padat daripada toner yang cair dan langsung meresap. Jadi 10% AHA pada serum itu tidak papa.

AHA ini adalah exfoliant yang bagus untuk kulit kering karena menambah kadar air dalam kulit. Cara kerja AHA ini adalah mengikis sel kulit mati dipermukaan kulit, sehingga kulit lebih cerah, nggak kusam, dan noda hitam memudar. Sementara BHA mampu memenetrasi kulit lebih dalam sehingga bisa membersihkan pori-pori secara maksimal, mengatasi minyak berlebih, komedo, dan juga jerawat.

Selain itu, untuk menghalau kekhawatiran kalian para sobat kemayu, serum ini dilengkapi juga dengan kandungan Niacinamide, Ceramide, dan Aloe Vera. Mereka bertiga ini selain melembapkan, juga punya sifat menenangkan kulit. Jadi tida perlu khawatir kulitmu mengamuk lalu unboxing Scoopy.

Kabar baiknya lagi, dengan kandungan 3% Salicylic Acid, 2% Niacinamide, dan Ceramide, serum ini bagus juga untuk merawat kulit yang berjerawat. Jadi pemilik acne prone skin, nggak perlu takut-takut lagi nyobain exfoliating serum. Kan ada Avoskin uwuwuwuw~~.

Terus di list kedua dari bawah, saya menemukan Dimethicone. Jujur, agak aneh sih nemu Dimethicone di exfoliating product. Karena Dimethicone ini kan sifatnya emollient, biasanya ada di cream moisturiser atau sleeping mask, untuk mengunci hidrasi sekaligus ngasih smooth feeling ke kulit. Sementara exfoliating serum kan dipakai di awal step skincare. Tapi ya sejauh ini saya pakai sih nggak ada masalah. Dan jumlahnya juga kecil sekali karena ada di ingredient list paling akhir, jadi kayaknya nggak ngaruh ya. Cuma bikin saya tu nggak bisa bilang produknya silicon-free ngehehehe...


Kemasan

Packaging Avoskin Miraculous Serum

Produk ini dikemas dalam botol kaca tebal berwarna gelap, dengan aplikator berbentuk pipet. Jadi sangat higienis dan mampu melindungi produk dari kerusakan akibat oksidasi dan cahaya matahari. Asalkan kamu juga menyimpan dan menutup kembali produk dengan benar setelah digunakan.

Walau bahannya dari kaca, namun materialnya tebal kok. Bukan tipe kaca yang ringkih. Kalau ngikutin instagram story saya, pasti tahu saya pernah menjatuhkan serum ini dari kursi setinggi dada saya, dan nggak pecah! Retak pun tidak. Tapi ya jujur, saya sih nggak suka bawa-bawa kemasan kaca seperti ini untuk traveling. Jadi saya nggak akan bilang kalau produk ini travel friendly. 

Moh bilang, pokoknya~~


Tekstur dan Aroma

Tekstur Avoskin Miraculous Serum

Teksturnya seperti selayaknya serum, dia semi-semi gel-lotion dan sangat ringan. Ada sedikit sensasi licin siliconey gitu, jadi pakai sedikit aja udah bisa di-spread ke area yang luas, tapi nggak berlebihan kok. Produknya juga nyaman dan adem di kulit saat diaplikasikan, serta cepat menyerap dan nggak meninggalkan sensasi lengket sama sekali. Karena produk ini fragrance free, jadi ya nggak ada aromanya. 


Cara Pemakaian

Meskipun namanya serum, tapi Avoskin Miraculous Serum ini adalah produk eksfoliasi. Dan produk strong acid begini, paling baik diaplikasikan di awal skincare step. Jadi, Avoskin Miraculous Serum ini dipakai SEBELUM HYDRATING TONER. Kalau mau dipakai bebarengan dengan Avoskin Miraculous Toner, berarti serum ini dipakai sesudah Avoskin Miraculous Toner.

Atau begini kalau mau paduan lengkap step-nya (ini diaplikasikan setelah kulit dalam keadaan bersih atau setelah double cleansing ya):

Avoskin Miraculous Toner - Avoskin Miraculous Serum - Avoskin PHTE - Hydrating Toner - Serum - Moisturiser - (Sunscreen untuk siang hari)

Atau gampangnya, sama seperti Paduan 10 Step Skincare Rutin yang pernah saya tulis di sini. Avoskin Miraculous Refining Toner ini masuk ke step kedua, yaitu step eksfoliasi.

Cara Pemakaian Avoskin Miraculous

Untuk petunjuk penggunaan, Avoskin sendiri mengklaim bahwa seri Miraculous ini bisa digunakan setiap hari, di pagi dan malam hari. Dengan catatan, kalau siang wajib menggunakan sunscreen dengan takaran yang semestinya dan wajib reaply sunscreen juga.

Apa benar memang boleh digunakan setiap hari, pagi dan malam? Iya, boleh. Tapi tentu harus memperhatikan tingkat sensitifitas kulit sendiri ya. Cobalah dari seminggu sekali, dan malam hari saja dulu. Kalau aman, tingkatkan menjadi seminggu dua kali, dan seterusnya.

Kalau kulit terasa over sensitif saat masa penggunaan produk ini, biasanya ada dua penyebapnya:
  1. Kamu tidak menggunakan sunscreen dengan baik dan benar
  2. Kamu tidak menjalankan CTMP (CTMP silahkan dibaca di sini)
  3. Overdosis penggunaan exfoliating product ini.
Kalau penyebapnya adalah nomor 3, berarti kamu harus mengurangi penggunaannya. Misal, yang semula setiap hari, coba dikurangi menjadi tiga hari sekali. 

Intinya sih, penggunaan exfoliating product ini, memang menuntut kita untuk mengenali reaksi kulit kita sendiri. Meskipun ada paduan penggunaan dari brand, tapi kita sendiri yang tahu sensitifitas kulit kita, dan seberapa dosis yang tepat dalam penggunaannya.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan Avoskin Miraculous Serum:
  1. Setelah pemakaian, wajib dibalas dengan produk-produk yang sifatnya menghidrasi. Saya sih merekomendasikan untuk layering hydrating toner.
  2. Pastikan serum ini benar-benar meresap ke kulit, sebelum menggunakan produk-produk skincare selanjutnya. Tunggu sampai 20 menit bila perlu.
  3. Jangan pernah lupa memakai dan reaply sunscreen saat siang hari. Pemakaian sunscreen ini harus benar ya, harus sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan, yaitu dua ruas jari.
  4. Bila akan menggunakan barengan dengan Avoskin Miraculous Refining Toner, sebaiknya tes di area kecil dulu. Meskipun ini satu rangkaian, tapi keduanya merupakan produk eksfoliasi dengan kandungan yang tidak main-main. Jadi pastikan dulu kulitmu kuat menerima kemevvahan ini.
  5. Ibu hamil tidak boleh memakai serum ini, karena ada kandungan BHA.

Review di Kulit Saya

Jujur aja, saya lama nerbitin review serum ini karena harus ngulik-ngulik dulu, gimana cara pakai agar nyaman di kulit sekaligus kerjanya juga maksimal. Nah, singkat cerita saja ya, dosis terbaik untuk kulit saya yang kering dan sensitif ini adalah: dua hari sekali, malam hari saja. Dan pemakaiannya nggak bisa digabung sama Avoskin Miraculous Refining Toner, karena kulit saya malah over eksfoliasi. Jadi, kalau saya cara paling baik ya selang-seling. Misal hari ini pakai Avoskin Miraculous Toner, dua hari kemudian pakai Avoskin Miraculous Serum-nya.

Tapi karena untuk keperluan review ini, dua minggu terakhir, saya hanya pakai Avoskin Miraculous Serum, nggak diseling dengan toner-nya. Rasanya saat pengaplikasian, jujur agak aneh sih pakai produk serum licin-licin kental begini, terus ditumpuk pakai Avoskin PHTE dan hydrating toner yang lebih encer. Tapi itu ya karena saya belum terbiasa saja.

Hasil Pemakaian 1 Bulan Avoskin Miraculous

Setelah sebulan lebih penggunaan, efek yang saya rasakan di kulit saya:
  • Kulit terlihat jauh lebih cerah
  • noda hitam memudar
  • kulit nggak kering
  • kulit terlihat halus dan "licin", glowing sehat gitu lho.
  • Untuk jerawat, saya nggak merasakan ini membantu jerawat hormonal yang memang rutin mampir ke wajah saya setiap bulannya.
Sejauh ini, efeknya mirip dengan toner-nya. Cuma Avoskin Miraculous Serum ini terasa lebih calming di kulit dan nggak ada sensasi cekit-cekit, tapi efek eksfoliasinya tetap terlihat nyata. Jadi boleh dibilang, sebenarnya saat pemakaian, Avoskin Miraculous Serum ini terasa lebih nyaman di kulit saya. Cuma kalau saya sendiri lebih suka pakai toner-nya yang ada sensasi cekit-cekitnya. Saya masokis kayaknya ngahahahaa.


Kesimpulan

Pasti lalu banyak yang menyimpulkan kalau Avoskin Miraculous Toner dan Serum ini terlalu hars bila dipakai barengan ya? Jawabannya, enggak. Avoskin sudah memformulasikan produknya dalam batas aman untuk pemakaian harian. Namun sekali lagi, semua tergantung sensitifitas kulit masing-masing. Kebetulan kulit saya sentitit, jadi tidak bisa pakai barengan. Tapi di teman saya yang pakai acid toner apapun rasanya udah nggak mempan, combo Avoskin Miraculous Series ini bener-bener jadi holy grail untuk kulitnya.

Avoskin Miraculous AHA BHA

Menurut saya, Avoskin Miraculous Series ini beneran gebrakan lah untuk brand lokal. Belum ada brand lokal yang membuat chemical exfoliator dengan formula seserius ini. Jadi menurut saya worth to try!

Untuk serumnya sendiri, ini bisa dipakai sebagai pendamping toner, untuk yang membutuhkan efek eksfoliasi yang lebih mantab. Tapi buat saya, Avoskin Miraculous Serum ini lebih sebagai alternatif produk eksfoliasi, selain acid toner.

Kalau buat kamu? Coba sendiri ya. Harganya cuma Rp.219.000,-/ 30 ml di website www.avoskinbeauty.com atau di avostore di kotamu. Sangat terjangkau untuk ukuran exfoliating serum dengan ingredient sekece ini. Untuk info lebih lengkap, silahkan follow instagram @avoskinbeauty.

You Might Also Like

8 komentar

  1. makasih Kak arum, reviewnya. Ku baru pake tonernya seminggu ini, tiap malam.Sejauh ini kusukaa hasilnya. Makanya jd penasaran sama serumnya.Dan br tau hbs baca ini, ternyata urutan pakenya tetep di tahap exfoliating :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, ini dipakai combo sama tonernya buat pelengkap exfoliasi.

      Delete
  2. Hmmm... jd bingung beli serum yg elsheskin atau yg ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah reviewnya dibaca dengan detail? Karena pembanding yang dibingungkan kok tidak aple to aple ya. Elsheskin itu Serum. Kalau Avoskin ini Exfoliator.

      Delete
  3. Wah... Avoskin kekinian banget yah ses jenis produknya.

    Btw ses bisikin ke team Avoskin biar bikin body care dong... Siapa tau langsung ditanggepin kan kalo ses Arum yang ngasih ide. Belum banyak nih produk lokal yang body care nya bener-bener nampol gitu. Masa nanti muka kinclong tapi badan burik kan nggak lucu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekinian memang dia tuuu!!

      Dulu Avoskin punya body lotion dianyepin :/

      Delete
  4. Benul, sensitifitas kulit setiap menungsa kan beda-beda yak. Aku jadi ingin mencoba serum ini setelah toner mira ku habis

    ReplyDelete
  5. kalo buat ibu menyusui gmn mb arum? Udah kupake seminggu nan baru baca review ini. Lanjutkan ato piye ya?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...