Sunday, May 26, 2013

Review: Caring Colours Stay True Foundation



Katanya sih ya, kalau mau melakukan penghematan biaya makeup, Foundation itu masuk kegolongan yang nggak boleh dihemat. Maksudnya begini, kita bisa aja sih beli eyeshadow dan blushon dengan harga murah dan kualitas yang nggak begitu bagus. Karena dengan teknik pembauran yang tepat, eyeshadow dan blushon dengan kualitas yang nggak begitu bagus juga jatohnya bakalan bagus. Lain halnya dengan Foundation. Foundation ini bisa dibilang sebagai makeup "dasar". Kalau dasarnya aja nggak bagus, gimana dekorasi yang akan ditempelkan setelahnya bisa bagus?

Atau singkatnya, nggak papa deh keluar banyak uang untuk beli foundation yang benar-benar bagus. Nanti kita bisa berhemat di makeup item yang lain.

Beruntungnya saya, foundation yang hasilnya bagus di saya malah yang lokal dan harganya masih terjangkau, seperti Inez Satin Foundie yang pernah saya review sebelumnya dan Caring Stay True Foundation yang akan saya review ini.

Ya saya sih nggak membandingkan dengan high end Foundie yah. Tapi saya membandingkan dengan Foundie kelas menengah semacam Revlon Colorstay, Maybelline, Makeover, Ultima ii, dan Max Factor yang harganya berkisar Rp.100.000 keatas. Kalau saya sih, daripada foundie cepek jeng naik tersebut, hasilnya lebih bagus si Caring kalau di saya. Dan Caring ini harganya cuma Rp.60.000. Wiw!!

 

Jenis foundation Caring ini ada dua: Stay True dan Fair White. Saya memilih yang Stay True, soalnya klaimnya dia lebih awet. Mengenai keamanan dan bla bla bla, di saya sih nggak ada masalah. Saya nggak mengalami alergi, iritasi, breakout, dan kekerenan saya nggak berkurang satu levelpun karena foundie ini. Dan merknya udah jelas terpercaya lah ya.. Tapi tetep, kalau kamu mau nyobain untuk yang pertama kali, tes dulu di rahang. Siapa tau situ kejang-kejang.


Tekstur


Teksturnya pas menurut saya. Lebih thick daripada Max Factor Elixir atau BB Cream, tapi juga nggak kentel banget. Masih dalam kategori ringan dan gampang dibaur. Kalau dibandingin Inez, saya agak lupa sih, tapi seinget saya Caring ini lebih mudah dibaur. Ini tipe foundie yang yang bakal saya pakai harian seandainya saya adalah artis selebritis atau orang yang harus pakai foundie setiap hari.

Saya paling suka mengaplikasikan Caring Foundie memakai kuas foundation biasa, atau pakai Face Expert Real Technique. Tapi pakai jari juga oke dan gampang membaur.


Shade

 

Caring Foundie terdiri dari 4 shade, dan saya memilih yang nomor 3. Nomor 1 terlalu putih di saya, dan nomor 2 terlalu pink. Nomor 3 sebenernya terlihat terlalu gelap. Tapi setelah dibaur malah nge-blend banget warnanya sama warna kulit saya. Kayaknya sih ini tipenya sama kaya Inez, dia bakalan lebih terang setelah dibaur.

Mengenai pilihan shade-nya, di saya sebetulnya nggak masalah karena saya udah nemu yang paling pas yaitu si nomer 3. Tapi pilihan shade-nya terlalu sempit menurut saya. Sebagai foundie lokal, dia nggak menyediakan shade yang masuk ke tone kulit yang kuningnya kenceng. Pilihan warnanya berkisar di pink dan natural. Tau kan, kaya pilihan shade BB Cream gitu deh. Padahal kan katanya orang endonesa kebanyakan kulitnya pada kuning. Gimana sih Caring nih?


Coverage


Daya tutupnya lumayan baik. Kategorinya medium coverage kali ya? Kalau makainya tipis-tipis ya jadinya sheer. Kalau dilayer lagi jadi medium. Kemudian dilayer lagi? Jangan ah..ntar cakey. Kalau masih nggak nutup setelah 2 kali layer, saran saya sih mending pakai Concealer aja dulu di bagian noda-noda membandelnya.


Hasil


Saya sukak banget sama hasilnya. Glowy dan bersinar. Nggak dead matte tapi juga nggak over gilap-gilap. Hampir sama kaya BB cream lah, tapi daya tutupnya sedikit lebih bagus. Kalau buat foto-foto menurut saya juga masih oke. Agak putih kalau kena flash, tapi masih wajar, nggak seheboh Max Factor.

Saya juga jarang mengalami cakey kalau pakai foundie ini. Tapi tergantung juga sih kayaknya, soalnya saya tipe yang nggak suka pakai tebel-tebel. Kalau tebel mungkin cakey kali ya?


Daya Tahan

1 jam - 5 jam
Daya tahannya oke banget lah. Dari pagi pulang malam masih menempel dengan okban, oke banjet. Foundienya masih nyiptain kesan muka flawless dan berkilau. Tapi oil control-nya biasa aja sih. Lebih bagus dari Inez dan Max Factor, tapi nggak sebagus Skin79 Hot Pink BB Cream. Peran serta kertas minyak masih sangat diperlukan disini.

Tapi walau berminyak juga nggak masalah sih. Foundie ini nggak oxy dan nggak bikin muka kucel.


Kemasan

Ini nih yang saya suka nggak suka dan galau. Dari sukanya dulu ya:




Yang saya suka sih botolnya kelihatan cantik, kelihatan mahal, kelihatan elegan. Dilengkapi dengan pencetan atau pump juga, sehingga lebih higienis gitu. Nilai tambahnya lagi, si pump bisa diputer-puter. Jadi puter ke kiri kalau mau pakai, puter ke kanan kalau mau nyimpen. Kalau diputer ke kanan, pump-nya bakalan nggak bisa dipencet. Jadi aman gitu misal dibawa-bawa.

Yang saya nggak suka, kemasannya terbuat dari kaca. Selain rawan pecah kalau jatuh, kemasan kaca gini juga susah terurai, jadi bener-bener bakalan nyampah lama dan ngotorin tanah deh. Kemasan dari plastik juga nggak ramah lingkungan sih, tapi kemasan kaca begini lebih lebih lebih ja'at. Yah untuk pengetahuan aja, bahan plastik bisa terurai dalam waktu 50-80 tahun, sedangkan botol kaca membutuhkan waktu 1 juta tahun untuk hancur tanpa bekas.


Kandungan



Kesimpulan

Pros:
+ Hasilnya keren. glowy dan nggak bikin muka kucel.
+ Medium Coverage
+ Gampang dibaurkan
+ Nggak Oxi
+ Kemasannya higienis, ada pump-nya
+ Pump bisa ditutup, jadi masih oke untuk dibawa jalan-jalan, nggak perlu takut foundie tumpah

Cons:
- Kemasannya terbuat dari kaca, rawan pecah dan susah terurai
- Pilihan shade-nya terbatas untuk undertone pink dan netral saja

Harga = Rp 60 000 / 30 ml



47 comments:

  1. Botol kaca didaur ulang!
    err, dadi opo yo? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kaca lah... :D
      Sekarang udah ada teknologi recycle untuk kaca kok...

      Check it out:
      http://hanifweb.wordpress.com/2013/04/11/daur-ulang-kaca/

      Delete
    2. Iya. Botol plastik juga bisa didaur ulang. Tapi makin hari makin banyak sampah plastik kan?
      Eh...pengen deh bikin-bikin apaaa gitu dari botol-botol kosmetik bekas. Tapi belum kesampaian :D

      Delete
  2. iye tuh betul
    klo lacfa mending daur ulang, di jadin tempat minyak :D
    btw murah yah,,, dari dulu cman punya 2 foundie
    jadi mau pake foundie lagi tp sayang, berat di wajah T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk harian foundie emang berat. + foundie masa layak pakainya cuma maksimal 1 tahun, habis itu harus dibuang & diganti yang baru. Jadi oke banget tuh keputusan untuk nggak numpuk2 foundie :D

      Delete
    2. oh yah ? 1 tahun aja yah ?
      oawalaaahh
      ounyaku ampe mau 2 tahun
      dah gitu malah jarang di pake lagi
      sayang banget, isinya juga maseh banyak ! akh cial -_-

      Delete
    3. Iya, klo udh dibuka setahun mending diganti. Tp banyak jg yg pakai lbh dr setaun sih. Tp klo aku cari aman aja deh..

      Delete
  3. Mungkin dibikin pink dan netral supaya jadinya lebih cerah mungkin kak :-) soalnya kan wanita Indonesia kebanyakan pinginnya kulit lebih cerah :-)

    Me971113.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalau undertone-nya kuning dipaksain makai pink, malah kusam jadinya. Keabu-abuan gitu :)

      Delete
  4. ga ush dibuang mbak, dikasih ke pemulung aja,ga bikin nyampah,berguna buat pemulung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua sampah di rumahku udah dipisah. Yang susah terurai nantinya diambil pemulung :)

      Delete
  5. wooow flawless mukanya *eh salah fokus*
    Oooh caring bagus ya, untung kmaren si ibu aku paksa beli caring, coba colek2 aah..hihi

    ReplyDelete
  6. Waa, menarik nich finishnya lumayan natural, bisa dipakai sehari2 :)
    *maklum banci coverage ha ha...
    packagingnya lumayan elegan, dari kaca ada pumpnya pula.
    jadi pengen coba :) huwaa... simpen dompet, inget2 bb ceam masih banyak di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Lumayan banget ini, udah kaya BB cream ajaaa :D

      Delete
  7. Mukanya jadi mulusss Seesss... Cerah juga... :D

    ReplyDelete
  8. Ahaha... aku juga pake ini, rummm... Bagus, gak cakey... Sayang, shadenya terbatas... Sama gak ada tutupnya (walaupun diputer bukanya0...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah itulah, shade-nya. Caring tuh gimana sih ya --"

      Delete
  9. arum
    nice review... yg shade 3 ini pink jg ya? buat nc30 strong yellow tone ga masup ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx, Aisy :)
      Shade 3 ini masuknya netral sih. Tapi kalau kuningnya terlalu kuat, kayaknya kurang masuk deh. Tapi dicoba aja gitu di counter :)

      Delete
  10. bagus ni foundie :) Kalau buat kulit kering cocok nggak ya? btw, trims dah nyelipin pesan "go green" ya di tag ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok kok buat kulit kering. Pakai pelembab dulu sebelumnya.
      Sama-sama, Galis :)

      Delete
  11. baguus,, dewy gitu yah ^_^
    ini powering stay nya kira2 berapa jam kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Dewy hasilnya. Tapi akhir2 ini kan kulitku kering, jadi agak cakey gitu --"

      Berhubung kulitku ga berminyak, jadinya ya awet2 aja. 4 jam juga masih bagus.

      Delete
  12. Dibandingkan foundiny inez lebih cover mna mbk bwt flek hitam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau coverage-nya kayaknya sama aja sih, mbak. Medium coverage. Bedanya, kalau kulit berminyak lebih oke pakai caring soalnya oil controlnya bagus. Kalau kulit kering lebih oke pakai inez, soalnya lebih glowy & lembab.

      Delete
  13. ses kalo mau dibikin dead matte kira-kira cakey ga ya??? aku pengen revlon color stay yang hasilnya matte tapi kok oxi >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, ini sebenernya kalau pakainya agak tebel, trus timpa bedak tabur, hasilnya matte kok. Kalau kulitnya nggak kering sih mestinya nggak cakey. Tapi berhubung kulitku kering ya hikshiks deh :')

      Delete
    2. ihiy kalo gitu jadi beli deh. kan jadi bisa multifungsi. bisa glowy n matte gitu ga perlu beli 2 jenis foundy. thanks ses :D

      Delete
    3. Kayaknya lebih condong ke matte. Masama

      Delete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear, mas Irham.
      Kalau anda masih menghargai sesama blogger dan masih punya etika. Tolong dong berhenti ngasih komen spam! Kalau mau promosi silahkan hubungi email saya! Ini udah kesekian kalinya loh. Thanx

      Delete
  15. wah mbak kita sama-sama beruntung, aku juga cocok pake foundation lokal. pgn nyobain yg caring tp kayaknya undertone aku gak cocok deh, soalnya kulitku kuning. mampir-mampir ke blog aku ya mbak. aku juga suka review-review

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ik, caring ini kalau warnanya agak kuning pasti cakeo deh :")

      Delete
  16. ada spf nya gk ini kak?

    dan, kak, gmn menurut kak kalo pemakaian foundie semacam ini untuk setiap hari? aman gk kak? apa bakal jadi komedoan atau bahaya laiinnya kedepan? tolong pencerahannya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih ga ada spfnya.
      Klo itu sih tergantung kondisi kulitnya yah. Ada yg ga bisa pake makeup tiap hari. Tp ada juga yg make up-an tebel tiap hari kulitnya gpp. Klo aku sendiri sih nggak komedoan, tp nggak tau klo di kulit org lain. & aku milih nggak pakai make up tiap hari' cm acara special aja sesekali :)

      Delete
  17. Kak kalo foundation caring colours itu kalo d mix sm base dr skin care gt ngaruh ga ya kak.. soalnya takut mukanya jd kering/brmnyak ...

    ReplyDelete
  18. Mau tanya dong mb, sering denger klo milih warna itu 1 tingkat diatas warna kulit kan ya ( duh, diatas apa dibawah ya,lupa) tp mksdx klo diatas warna kulit itu lbh terang atau lbh gelap sih? Hhehe. Msh gaptek makeup sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang benar: pilih warna foundation yang pas dengan kulit kamu. Bukan yang lebih gelap atau terang. Soale kalau warna foundation beda dengan warna kulit, jatuhnya nanti kayak topeng ;)

      Delete
  19. Waah makasih banget udah sharing soal foundation lokal. Kebetulan lagi nyari yg bagus dan harganya terjangkau.. Untuk acara pesta/wisuda, foundie ini bagusnya dibaur pake beauty blender atau kuas ya kak?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...