BB Cream: Maybeline Clear Smooth, Caring Everlast, & Silkygirl Magic

171 comments

Sebenarnya, sudah lama banget saya menerima permintaan (yang lumayan banyak juga) untuk review BB Cream. Tapi saya menunggu dulu sampai saya punya ketiga BB cream ini, biar bisa di compare. Kenapa harus tiga merk ini? Karena ketiga merk ini gampang dicari di pasaran di berbagai kota di Indonesia, dan juga harganya terjangkau :).



Maybelline Clear Smooth Minerals BB Cream



Ini BB cream pertama saya. Dan ini juga BB cream pertama yang bisa dibeli langsung di counter yang tersedia di Jogja. Pertama muncul, BB cream ini langsung populer. Ya iya lah, secara review BB cream korea sudah sangat merajalela sebelum BB cream maybelline ini diluncurkan. Bagi yang nggak doyan PO atau online shop tapi kepengen nyobain BB cream, BB cream ini jelas sangat-sangat menggiurkan untuk di adopsi :D.

Kesan awalnya, saya suka BB cream ini. Seperti foundie, tapi lebih ringan dan lebih gampang diblend, dan instan membuat kulit saya terasa halus. Cuma, BB cream ini oil controlnya tidak terlalu bagus. Baru satu jam muka saya sudah banjir minyak.

Pada awalnya, BB cream maybelline ini cuma tersedia dalam satu warna. Sebenernya bagi saya, warna BB cream maybelline nggak masalah sih. Memang terang banget kelihatannya, tapi bisa nge-blend dengan sempurna di kulit saya setelah digunakan. Tapi bagi kebanyakan perempuan Indonesia yang rata-rata punya kulit medium-dark (NC 30-40 mungkin?), BB cream ini jelas terlalu terang. Dan Ashy, karena warna ini menurut saya lebih masuk untuk yang punya undertone pink, padahal rata-rata kulit orang Indoneisa berundertone kuning.

Jadilah  maybeline merepackage BB cream ini, sekaligus menambah shade warna yang lebih gelap dan kuning, shade Natural. Tapi sayangnya, saya terlanjur beli versi lama, atau versi satu shadenya.

Harga =  Rp 35 000 / 18 ml


Silkygirl Magic BB Cream


Karena ketidak puasan saya terhadap oil control BB cream Maybeline, melalui berbagai review, saya digiring untuk membeli Silkygirl Magic BB Cream. Dan untuk waktu yang lama, saya suka BB cream ini, karena oil control dan coveragenya bagus. Tapi lama-lama, karena muka saya yang kering, saya merasa BB cream ini thick dan nggak blend dengan baik di kulit kering saya. Apalagi kalau sebelum memakai BB cream silkygirl saya memakai primer L'oreal base magique dulu, tambah susah ngeblend-nya.

BB cream ini tersedia dalam dua shade: Natural dan Radiant.Saya memilih shade Natural.

Shade 01. Natural: untuk yang berkulit medium dengan undertone Yellow
Shade 02. Radiant: untuk yang berkulit medium-fair dengan undertone Pink

Tapi secara keseluruhan, saya suka BB cream ini. Memang awal-awal dipakai membuat kulit saya tampak matte dan tidak bersinar. Tapi oil controlnya bagus. Dan setelah sekitar dua jam dipakai, kulit saya tidak berminyak, tapi tampak glowy dan halus.

Harga = Rp 55 000 / 25 ml


Caring Everlast BB Cream



Ini BB cream terbaru saya. Sebelumnya, saya sangat senang karena ada line produk Indonesia yang sangat mengikuti trend dan perkembangan yang terjadi secara Internasional. Trend BB cream ini sebenarnya dimulai di Korea. Dan surprise, Caring Color mengikuti perkembangan ini, dan memproduksi BB creamnya sendiri :).

Ada tiga jenis BB cream caring yag tersedia:
Fair White: mengandung whitening complex yang membuat kulit putih & cerah.
Everlast: membantu merapatkan pori & menetralisir minyak
Luminizing: menjadikan kulit wajah bercahaya dan mengandung anti aging formula.
Saya memilih Everlast untuk kulit wajah berminyak, agar riasan saya tahan lama.

Saya maju mundur ketika mau membeli BB cream ini, karena waktu saya menengok testernya, warna creamnya terlihat gelap dan mengerikan :D. BB cream ini cuma diproduksi dalam satu warna, untuk kulit medium dengan undertone kuning. Tapi karena tergiur oleh review yang bagus, dan lagi saya ingin mencoba BB cream produk lokal, saya membelinya juga.

Sejauh ini, inilah BB cream favorit saya. Oil controlnya lumayan baik, tetapi nggak membuat kulit saya kering berlebihan, dan gampang di blend. Sayangnya BB cream Caring nggak mengandung SPF.

Harga = Rp 59 000 / 30 gr


Perbandingan : Tekstur & Shade


 Maybelline - Silkygirl - Caring

Untuk Tekstur, Maybelline yang paling encer dan otomatis paling gampang di blend. Saya suka meng-aply Maybelline menggunakan jari tangan saya, tanpa kuas ataupun sponge. Silkygirl adalah yang paling 'kering'. Bagus bila kulit kita berminyak, tapi tidak bagus bila dipakai pada saat kulit kita kering, atau pada saat kita memakai primer terlebih dahulu. Untuk mengaplikasikan BB cream Silkygirl, saya suka memakai wet sponge. Caring ada diantara keduanya, dan menurut saya, teksturnya perfect. Aply dengan tangan maupun sponge tidak masalah, tapi untuk finish yang lebih baik, saya suka aply BB cream Caring dengan menggunakan flat top brush.

Yang tidak tertangkap kamera, BB cream Silkygirl memberikan hasil akhir yang matte. Sedangkan BB cream Caring mengandung shimmer-shimmer halus yang tidak terlihat kalau tidak diperhatikan dengan baik, tapi tidak masalah karena shimmer-shimmer itu akan membuat tampilan riasan kita terluhat glowy dan bercahaya.

Bisa dilihat, BB cream Maybelline mempunyai shade yang paling terang dan paling pink. Sementara BB cream Caring yang paling gelap dan Yellowish. Tapi inilah the magic of BB cream, apapun warna creamnya, dia akan blend dengan sempurna dan mengikuti warna kulit kita.


Perbandingan : Coverage

Bare Face

MAYBELLINE


BB Cream Maybelline

CARING EVERLAST

BB Cream Caring Everlast

SILKYGIRL


BB Cream SilkyGirl


Karena ini BB cream, jadi teksturnya nggak se-thick Foundation, dan daya tutupnya pun nggak sehebat foundation. Tapi menurut saya, untuk menyamarkan pori-pori dan warna kulit tidak merata, BB cream sudah sangat bagus.

Coverage yang paling saya suka adalah BB Cream Caring. BB Cream Caring mampu menutup dosa-dosa wajah saya dengan lebih baik dibandingkan dua yang lain, walau nggak sebagus foundation. Dan yang paling buruk adalah Maybelline.


Perbandingan: Staying Power dan Oil Control

Untuk Staying Power, BB Cream Caring dan Silkygirl mempunyai ketahanan yang sama bagusnya. Saya pakai dari pagi sampai malam pun masih menempel di muka saya. Tetapi untuk oil control, saya lebih menyukai BB cream Silkygirl.

Bila dipakai dalam waktu yang lama (pagi-malam), saya lebih suka memakai Silkygirl, karena tetap awet dan tidak bergeser di muka saya. BB Cream Caring cakey di bagian hidung (tempat saya menyandarkan kacamata) waktu saya pakai dari pagi sampai malam. BB cream maybelline sangat tidak direkomendasikan bila kamu mencari BB cream dengan oil control yang baik.


Perbandingan : Healing Poperties

Sebelumnya: Saya hanya bisa mereview secara pribadi mengenai Maybelline dan Silkygirl yang sudah saya pakai dalam jangka waktu lama. Sedangkan untuk BB cream Caring, saya menanyakan kepada teman saya yang sudah memakai BB cream Silkygirl dan Caring dalam jangka waktu yang lama.

Seperti yang sudah banyak diketahui, BB cream ini dimaksudkan untuk all in one make up and skincare. Tidak hanya berfungsi sebagai make-up base, tetapi juga merawat kulit. Dengan BB cream, diharapkan ritual dandan kita menjadi lebih singkat karena ini adalah: Moizturiser, Sunscreen, dan foundation dalam satu kemasan. Tapi bagi saya pribadi, saya tidak pernah percaya terhadap kandungan skincare dan sunblock dalam make-up. Jadi walau menggunakan BB cream, saya tetap memakai moizturiser dan Sunblock sebelumnya. Hanya saja saya akui, BB cream relatif lebih ringan, nyaman, dan aman bila dibandingan dengan foundie yang rata-rata mempunyai tekstur lebih berat.

Selama saya menggunakan BB cream Maybelline, saya merasa kulit saya lebih lembab dan berminyak. BB cream Maybelline ini mampu menghidrasi kulit saya. Lalu kemudian saya beralih ke BB Cream Silkygirl. Setelah hampir habis satu tube, saya merasakan perubahan warna kulit saya lebih cerah, dan bila saya gunakan saat saya sedang berjerawat, Jerawat lebih cepat kering. Seorang teman saya di Makassar juga berkata hal yang sama, bahwa sejak dia menggunakan BB cream Silkygirl, wajahnya menjadi lebih cerah.

Baik BB cream Maybelline maupun Silkygirl mempunya kandungan SPF 25/PA +++. Saya rasa kandungan SPF pada BB cream Silkygirl lebih baik dari Maybelline. Karena itulah BB Cream Silkygirl mampu membuat wajah menjadi lebih cerah. Ahh..tapi ini hanya opini sotoy saya :D.

Teman saya yang menggunakan BB cream Caring dan Silkygirl mengatakan, kalau BB Cream Silkygirl lebih terasa mencerahkan dan membersihkan kulit wajahnya bila dibandingkan dengan BB cream Caring. Teman saya mempunyai jenis kulit kombinasi, dan sesekali mengalami gangguan jerawat.

Nggak seperti Maybelline dan Silkygirl, pada BB cream Caring Everlast tercantum mengandung UV Filter, tetapi nggak menyertakan berapa SPF yang dikandungnya. Sayang sekali yah, padahal BB Cream Fair White mencantumkan angka SPF 25-nya :(.


Perbandingan : Packaging


 Maybelline - Caring - Silkygirl

Ketiganya mempunyai tutup yang rapat dan mulut botol kecil, sehingga higienis. Dan masing-masing mempunyai design khas brand masing-masing. Saya paling suka penampakan BB Cream Caring, karena terlihat elegant dengan tutup berwarna Silver. Tetapi BB Cream caring ini besar, sehingga cukup menuh-menuhin tas kalau dibawa traveling. BB Cream Slkygirl lebih langsing dan kecil, sehingga lebih travel Friendly.


Kesimpulan

Masing-masing BB Cream dari ketiga brand ini mempunya kelemahan dan manfaatnya masing-masing. Tinggal di sesuaikan sesuai kebutuhan kulit dan make-up kita saya.

Maybelline Clear Smooth Mineral BB Cream : Untuk yang mencari BB Cream yang mudah diaplikasikan, sheer, natural, glowy, dan melembabkan kulit. Sangat tidak disarankan bila mempunyai kulit berminyak.

Silkygirl Magic BB Cream: Sangat disarankan untuk yang mencari BB Cream dengan Oil Control dan Staying Power yang baik, serta healing properties yang nyata. Sangat tidak disarankan bagi yang berkulit kering.

Caring Everlast BB Cream : Bila kamu mencari BB Cream dengan coverage yang baik sekaligus tekstur dan ketahanan yang lumayan baik, saya sangat menyararankan BB Cream ini. Dan point plus lainnya, BB Cream Caring adalah produk dalam Negri. Entah kenapa, saya cenderung lebih memilih produk-produk kosmetik dalam negri :D.

171 comments

  1. mbak,aq liat di majalah nek caring everlast spf25,tp kulihat di kotake g ad spf-nya,hahaha
    sungguh aneh..

    aku make silky girl cm nek g keburu2,biar ad waktu ngeratain.. haha
    caring tak pake nek kul n trburu2..
    maybelline tak pake nek cm pergi bntar,hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...kita sama yeuh, punya tiga-tiganya, masing-masing ada andalan waktu pakainya sendiri :D
      BBC caring yang ada SPFnya yang Fair White, pas aku liat. Yang Everlast ini gag ada SPFnya. Sayang ya, padal aku seneng teksturnya..

      Delete
    2. Saya pernah baca klo BBC Carinf yg Fair White ad SPF 25 & yg Everlast SPF 15 (Tp lupa bacany dmn >.<)
      Tapi waktu nanya sm mbak2 di counter nya dya blg klo produk BBC nya smua ad SPF nya & besarny sama.. Gak taw dh yg mana yg bner..

      Delete
    3. Wah...jadi SPF BB cream Caring ini masih misteri ya :D. Mungkin nanti kalau Everlast habis aku repurchase yg fair white. Nanti aku review ada SPF atau enggak.

      Kalau di website caring, yang Everlast gag ada SPF deh kayanya..

      Delete
  2. mbak, bb cream silkygirl beli dimana di jogja? hehe thanks before ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Matahari Galeria mall & Matahari Malioboro mall ada kok counter silkygirl. Trus di Mutiara Lempuyangan itu juga ada, tapi nggak ada counternya, jadi ditaruh dibelakang kasir (gag rekomen deh aku, mbak2 kasirnya galak >'<).

      Delete
  3. celle klo everlast compare sama stay true pondie n inez satin pondie gmn ? .. rencena pengen beli microfine sama stay true bsok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau teksturnya enakan stay true, Vic. Soale si stay true bisa di build up jadu medium-full coverage, kalau everlast nggak bisa dia sheer natural aja. Yah namanya juga BB cream, gag bisa dibandingin sama foundie.

      Kalau inez thick banget. Lagi nggak demen sama inez satin nih..

      Delete
  4. Setuju deh, kalo Caring paling bagus... *ini subjektif karena aku belum nyoba Maybelline atau Silky Girl*..

    Tp sejauh ini, aku belum pernah kecewa dengan BB cream caring punya.. udah aku pake 8 bulanan gt.. Kulit jg enggak breakout, padahal kulitku sensitif en gampang jerawatan.. wuwuwuwuu..

    Nice review mbak Ayum yang cantik.. *nyenengin orang dulu biar dapet pahala*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, teksturnya pas si caring ini. Nggak encer banget tapi juga gag seret. Menurut berbagai sumber, tiga2nya nggak bikin break out kok, Lady.

      Ahseek di bilang cantik :D

      Delete
  5. wahh, akhirnya nyoba jg mba sekar sm si bb cream caring colours ini..
    nice review mba ^^
    Kita sm2 suka yg caring colours krn merk lokal.. heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iya setelah maju mundur sekian lama, akhirnya memutuskan untuk beli. Tapi nggak nyesel kok ;)

      Delete
  6. Celle, kl yg silkygirl d pk ashy g??
    Kok d aq yg natural, lbh dr 8 jam jd ashy gtuw Ɣªª˚...
    Huks, pdhl kan aq yellow undertone....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku nggak ashy tuh. Aku pernah make dari pagi sampe malem, masih bagus2 ajah. Kulitmu berminyak nggak? Trus kamu pakai skincare yg ada kandungan acidnya nggak? Kali-kali aja di kamu dia oxy :D

      Delete
    2. Kulitquw kombinasi....

      Nah, ituw dia, slma ini pk adonan yg sama kayak kalo lagi make inez satin natural beige, kl si inez g ampe ashy gtuw cmn emg g thn lama...
      Nah kl silkygirl ini make up awett bgt, cmn jd ashy -_-
      Aneehh yaa...

      Btw, maaf yg d bwh, apuss aja y celle :D

      Delete
    3. Wah, kemungkinannya dua say. Kalau nggak oxy, ya nggak cocok warnanya. mungkin perlu di coba shade Radiant :D.

      Delete
  7. mbak, pernah coba bb skin79 ga? apa cocok dipakai kulit indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, belum pernah coba, Uphie. Tapi aku terus terang tertarik pengen coba, karena reviewnya bagus.
      Untuk skin 79, mungkin bisa tanya ke Putri: http://cikobite.blogspot.com/. Dia banyak review soal produk2 skin79, dan kalau beruntung, kadang dia punya stock juga untuk dijual + ada samplenya

      Delete
  8. mbak, kalo menurutnya mbak,
    bbc caring tuh cocok nya buat skin tone apa aja?
    apa semua skin+under tone bisa bisa aja?

    makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya semua masuk deh, asal yellow undertone. Soalnya dia ngeblend sama kulit warnanya.

      Delete
    2. Mbaknya memang pinter banget kalo bahas tentang make up :D salut buat mbaknya :D lanjutin terus mbak review nya :D heheh.. saya mendukung

      Delete
  9. FYI, CC Everlast juga ada kandungan SPFnya kok. Aku lihat di fanpage FBnya.
    Ohya aku mau tanya. Shadenya BBC Silky Girl (Natural) sama BBC Caring (Everlast) lebih tua mana ya? Karena aku lg cari yg sedikit lebih gelap drpd silkygirl natural.
    Thankss!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..ada ya? Hahah...thanx infonya. Soalnya di kemasan gag ada keterangannya. Jadi masih ragu2 banget, mending pake sunblok deh.

      Wah..aku juga agak bingung sama shadenya nih. Kalau di swatch gitu, keliatan lebih terang silkygirl. Tapi setelah di blend & ditumpuk makeup (walau makeupnya sama), kok jatohnya lebih terang caring ya..

      Delete
  10. Pengen nyobain juga deh yang BBC Caring, tapi muka aku sensitif gampang muncul jerawat, udah gt pori2'na ga banget, gede2 hahaha berminyak lagi. Selema ini aku malah pke Baby Powder, tapi kering jadi'na. Kira-kira pake BBC Caring cocok ga yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...coba ajaaa. Kulitku gag begitu rewel sih soal jerawat. Jadi pake apa aja kayaknya oke, cuma kadang bermasalah minyaknya aja.

      Delete
  11. jeng, pernah ngalami kulit wajah mengelupas g setelah pakai BB ? kulitku ngelupas nih pakai BB CC Everlast. Jadi dilema, suka banget sama BB ini soalnya warna n coverage nya pas di kulit aku, tapi ngelupasnya bikin takut :( .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kulitku badak soale jeung :D. Jarang nggak cocok sama sesuatu. Asal nggak ada kandungan alkohol atau pemutih berlebih, oke2 aja. Sayang banget nih nggak cocok sama BB creamnya :')

      Delete
  12. sist aq bingung nie m coba yg silky atau bbc everlast..cz kulit aq jerawatan dan berminyak tp pgn iktn coba jg pk BB cream..sblmnya aq pk produk murad untuk jerawatnya... sist kan di atas blg klu silky tuh jerawat jd lbh cpt kering yh..?? apa itu tanda'y cocok untuk kulit berjerawat yh..?? saran dunk pls,,, :))email aq yh... fita_diah@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya: silkygirl cocok di kulitku. Tapi kalau mau tanya mana yg cocok untuk kamu, kayaknya harus coba-coba sendiri deh. Kan kondisi kulit tiap orang beda2 :)

      Delete
  13. hoho,,,
    jadi teracuni
    aq pake bb cream caring yg everlast tp jd komedoan T_T
    pengen cobain silkygirl jdnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nggak cocok yak sama caring? Aku malah paling suka sama yang caring sekarang :D

      Delete
    2. Sebenernya suka..
      Dulu waktu aq tinggal di Malang bb caring tetep bagus meskipun dipakai tanpa bedak. Muka jadi keliatan mulus dan natural.
      Sejak aq pindah ke Surabaya jadi komedoan.
      Mungkin cuaca juga ikut mempengaruhi hasilnya kali yach,,
      Sampe' sekarang masih pakai caring cuma hasilnya nggak sebagus waktu dipakai di Malang :(

      Delete
    3. Iya ya, mungkin karena Surabaya lebih panas dan berdebu. Jadi muka cepet berminyak dan kotor :'(

      Delete
  14. mbaaa aruuum, udh lama deh aku gak main2 lg ksini hehe
    mba mending mana ya silkygirl apa caring buat mukaku yg oily bgt ini?
    aku tertarik caring deh, tp dia agak glowy ya?
    aku gak suka sm yg glowy gitu soalnya hehe

    aku slama ini br pake maybelline aja, cocok sih di aku, hasilnya bagus, tp coverage sama oil controlnya biasa bgt. jd aku pgn cari yg lbh baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku mending silkygirl sih, lebih matte. Tapi caring kalau di bandingin sama maybelline juga lebih matte & lebih oke kok oil controlnya. :D

      Delete
  15. kalau untuk kulit kering bagusnya apa mbak bb creamnya ?

    ReplyDelete
  16. sama niq say, aku juga pke BB cream everlast tuh..bagus kok. Make up jadi awet...paling gak 8 jam ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku sih malah gag begitu awet, fvie. Daerah cuping hidung cepet cakey >'<

      Delete
  17. mbak klo habis pke BB cream, bgusnya pake pencuci muka merk apa ya ?? soalnya kulitku berminyak dan berjerawat ... trus kira2 bedak yang cocok apa ya ?? .. bls ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu ya cocok2kan donk mbak. Aku kan bukan dokter kulit jadi nggak bisa ngasih rekomendasi merk tertentu. Tapi kalau habis pakai bb cream/foundie, paling bagus sih bedak yang jenisnya tabur atau loose powder, biar nggak cakey.

      Delete
  18. mbak arum cantik, ini aku jadi pengen nyobain BB cream, tp masih bingung mau pake yang CC everlast/ silkygirl, mukaku sedikit berminyak dan berjerawat juga bekasnya merah-merah, pake BB cream ada kemungkinan memperparah jerawat ga ya mbak? trus rekomendasinya aku harus pake yang mana? makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gag bisa kasih rekomendasi merk, karena aku bukan dokter kulit, dan kondisi kulit tiap orang beda2 :)

      Delete
  19. beli bb cream silkygirl dimana yah kak? di hypermarket kaya matahari gitu ada ga yah? soalnya jarang denger mereknya sih.

    ReplyDelete
  20. mba,aku mau coba pke bb cream,kulit aku sedang tapi di area T sedikit berminyak, warna kulitnya lumayan putih, cocoknya pake bb cream apa ya??makasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling bagus kontrol minyaknya menurutku sih SilkyGirl.

      Delete
  21. mbk,, wajah saya cenderung berminyak n berpori'' besar,, dan banyk noda bekas jerawat,, menurut mbk dri ke 3 merk ini saya mending pilih yang mna ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba dulu aja mbak, kan cocok2kan. Tapi kalau yang control minyaknya paling bagus sih, SilkyGirl.

      Delete
  22. SAYA BA CARING... MAAF untuk semuanya. sebenarnya caring sudah mengandung spf 25

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lila :)
      Wah, dikomen BA Caring. Jadi malu nih :D
      Thanx infonya ya...

      Delete
  23. tapi spf 25 apa engga katinggian buat kulit orang indonesia, soalnya biasanya kosmetik berkiblat ke barat, yang pastinya yang cocok buat orang barat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sih enggak. Malahan sebenernya kita perlu minimal spf 30. Kalau aktifitas kita cuma di dalem rumah sih spf 15 cukup. Aku malah pake spf 50 lhoh. Tapi nggak tau juga sih, ada artikel terkait mengenai itu? :)

      http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/sunscreen-review-skinaqua-uv-moisture.html

      Delete
  24. mbak, aku mau pake bb cream tpi umurku bru 15, bisa gak yaa?? Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih gag ada batasan umurnya ya. Tapi menurut aku (menurut aku lho ya), kok sayang ya, kulit masih muda udah di tumpuk makeup buat daily? Dulu umur segitu aku belum dandan say, ke sekolah cukup aply pelembab, sunblock, & bedak tabur. Di dandanin mami cuma kalau acara khusus :)

      Delete
  25. kpan hari pengen bli BBC punya caring yang everlast , pas nyampe di toko nya la kok ada paket ready steady go tapi yg seri fairwhite... 1 paket tu harganya cuman 53ribu udah dpet 3 item...langsung kayak silau gt mbak habis harganya cm slisih seribu sm BBC everlast aja...hahahaha~~
    Oia mbak mau nanya, kalo BBC nya caring tu emang ada bagian2 yang menggumpal kah??ato cm seri fairwhite aja yg kyk gitu..
    lain kali mo nyoba yg everlast cz yg fairwhite keputihan d q...

    Nice blog mbak, q baca postingannya mbak dr awal mpe akhir lo(mpe akhirnya kracunan beli BB Cream gara2 blog ni :D )...keep posting mbak jangan smpe off ya ....

    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih masih ada ya paket2 bb cream nya? Pas aku beli udah gag ada semua soale. Kalau ada sih aku juga milih yang paket begitu, mbak. Irit.

      Kalau di aku, ketiga bb cream yang aku review (caring, silkygirl, maybeline), tiga2nya kalau pemakaian udah sekitar 3 4 jaman, menggumpal di bagian cuping hidung dan dudukan kacamata. Apa semua BB cream emang gitu yak?

      Thanx ya, mbak :*

      Delete
  26. iya kalo di malang sni masih ada mbak, itupun juga semacam disembunyiin sama BA nya *lol... untung e q kelihatan..
    iya sama mbak q juga suka menggumpal gitu di T zone...hehehe pakenya udah lama juga y mbak, dari abad ke 18.. wkwkwkwk..
    kalo BBC caring emang ada butiran ny gt y mbak...agak nggak suka c takut nggak menyatu pas d apply ke muka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jogja udah gag ada promonya ^^.

      Masa iya ada butirannya? Punyaku gag ada butirannya, mbak. & gampang2 aja di blend. Jadi penasaran nih pengen cobain yang fair white :)

      Delete
  27. Mbak, kulitku tuh dark gitu deh warnanya, terus komedoku banyak banget sampe di lipatan hidung terlihat lebih gelap, berminyak pula, kira2 cocok pake bb cream yang mana ya?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulit berminyak kayaknya sih cocok silkygirl deh, mbak :)

      Delete
  28. .kuw pgn pk kl bwd kondangan biar awet gt apa y mb, mukakuw ada bintik2 htm dr dl gmpg komedoen tp kulitkuw g prnh pk aneh2 slaen pelembab ponds n bedak marcs jdx bingung kl kondangan bingung takud luntur
    .brnyoba pk TWC nya wardah, enteng makex

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kondangan sih aku biasanya pakai foundie, mbak. Biar lebih awet dan lebih ada coveragenya. Aku juga sehari-hari gag pake macem2 kok. Pelembab + sunblok + bedak aja :)

      Delete
  29. bagus nih postingnya terutama buat yang masih buta tentang bb cream kaya aku :D

    mba (kalau sapaannya salah maaf ya hahaha) mau tanya dong aku kan 15th , bb cream mana yang lebih cocok buat aku ? aku wajahnya berminyak (over kayanya) dan sensitif. aku juga gak tau tuh kulitku undertone nya gimana -_-(org gk tau apa itu undertone XD ).


    oh iya , bb cream sama concealer bagus mana sih ? makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau BB cream yang cocok, harus dicoba sendiri. Soalnya skincare & makeup kan emang cocok2an. Tapi selama ini aku ngerasanya, yg oil controlnya paling bagus sih silkygirl.

      BB cream & concealer beda. Kalau BB cream di pakai di seluruh wajah. Kalau conceal cuma di spot2 tertentu yang perlu dikoreksi :)

      Delete
    2. oh gitu ya ? hmm coba silkygirl aja kali ya sekalian oil controlnya kan katanya bagus tuh^^ makasih ya mba :)

      Delete
  30. Nice post! thank's mba :)

    ReplyDelete
  31. hii mba, saya mw tnya nih,,,, jjur ajja aq baru kenal nih sma bb cream. hheee. sya brniat mw mmbelinya. tpi sblum mmbeli ada baiknya saya trlebih dlu brtanya sma yg ahlinya. gini lho, jenis kulit qu kering. tpi slah apply foundation mlah brjerawat. cocoknya aq pke bb yg mna ya mba...? yg than lama jga, trus pengen tekstur kulit tuh agak berkilau, mslahnya kan kulit qu kering bnget mba...
    mksih sblumnya. sngat d tunggu nih share'y :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Su Herna,
      Waduh, maaf banget, tapi saya bukan ahlinya. Kosmetik kan cocok2an. kalau nggak bikin jerawat di saya, belum tentu juga nggak bikin jerawat di kulit orang lain. Tapi kalau untuk kulit kering, saya pikir maybeline yg paling melembabkan.
      Tapi kalau kulitnya sensitif & gampang jerawatan, saya nggak tau mana yang cocok. Mungkin bisa ditanyakan di dokter kulit :)

      Delete
    2. ok mba. trims ya sblum'y udah brbagi. sya lgi nyobain dari maybeline dlu niih. mdah-mdahan aja cocok. :)

      Delete
  32. mba, saya belum pernah pake BB cream, saya cuma pake pelembab, BB itu fungsinya sama kayak pelembab gak ya? maksudnya kalo udah pake BB gak perlu pake pelembab gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku beda, mbak Dewi. Kalau pelembab kan masuk kategori skincare. Kalau BB cream itu kosmetik. Tetep harus pakai pelembab sebelum pakai BB cream.

      Delete
  33. postingannya sangat membantu arah saya dalam mencoba perBB cream-an.

    tapi saya pakai maybelline 'Clear Smooth Aqua Gel Foundation'.. fungsinya hampir sama dengan BB cream, lebih ringan dari foundie biasa.
    kulit saya cenderung sensitif, dan sudah terlanjur 'cocok' dengan gel foundation ini. memang oil controlnya gak terlalu bagus sih. muka saya jadi banjir minyak.

    tapi silky girl atau carring kira2 cocok gak ya???
    saya gak mau setelah pakai tiba2 kulit saya iritasi atau malah jadi bermunculan ribuan jerawat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kosmetik kan memang cocok2an. Cocok di saya belum tentu cocok di org lain. Mana saya tahu bakalan breakout atau enggak di kulit org lain :)))

      Delete
  34. mba saya mau nanya,kulit saya normal,tp kalo cape dan kena matahari langsung keringetan di T zone,saya g tau kulit saya undertone lbh ke kuning/pink.. Saya tertarik mau beli bb,mnurut mba lbh cocok silky/caring? Udh gitu shadenya apa ya? Soalnya saya pake cream pagi+sunblock pink dr dokter kulit,tp pake itu g cukup,soalnya ngerasa jd cpt kusam kalo kena keringet.. Makasiih ya mba.. ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak, saya nggak tau donk. Di coba-coba aja sendiri, mana yang kira2 cocok. Kalau aku paling cocok sama Caring. Tapi berhubung aku bukan dokter kulit, jadi aku nggak berani merekomendasikan mana yang lebih cocok untuk org lain.

      Delete
  35. Hihi.. Iya yah harus berexperiment sendiri.. Tp makasih review nya sangat membantu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :). Semoga langsung ketemu yang cocok yak..

      Delete
  36. Amat sangat bermanfaat banget deh hasil reviewnya mba tp aku masih bingung nih kulitku cenderung kering (make-up bertahan lama) cuma berminyaknya dibagian daerah T aja. kira2 pakai apa yg mana ya cocok? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx Husnul :p
      Kalau kulit kering, cocok pakai maybelline. Kalau berminyak pakai silkygirl. Cobain aja dulu, antara caring & maybelline.

      Delete
    2. oooh oke2.. makasih ya mba :)

      Delete
  37. Mbak kasi aq solusi dong kulit qw berminyak tp g' over + berkomedo cocok g' kalok pakek BBC CARING yg Everlast sama Sunblock yg ada VCOnya........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja dulu. Aku ya nggak tau donk, mbak. Kan aku gag bisa lihat kulitnya. Kalau di kulitku yg berminyak sih cocok2 aja BB cream caring :)

      Delete
  38. wahhh reviewnya bermanfaat bgt mba.. saya sebenernya ga suka dandan.. tapi karena minggu depan sudah masuk ke dunia kerja, mau ga mau kudu sedikit bebenah diri..

    ReplyDelete
  39. info.y sangat" bermanfaat..

    mba' kalau di makassar counter.y silkygirl dimn?
    soalx takut ada yg palsu. trus u/ kulit yg sensitif. berminyak, berpori-pori dan gmpang berjerwat, cocok.y pkai yg mna? caring atau silkygirl??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak tau, belum pernah ke makasar.
      Kalau masalah cocok yang mana, mending di coba sendiri. Di atas sih aku kasih artikel "pengalaman produk itu sama kulit aku". Tapi aku kan bukan dokter kulit, jadi nggak tau donk, kulit orang lain lebih cocok pakai yang mana :D

      Delete
  40. aku juga pake BB caring mbak, staying powernya oke dan ngga bikin berminyak. Cuman kalo abis di apply rada abu-abu trus buatku shadenya terlalu gelap semua. Tapi kalo udah beberapa saat warnanya menyatu sih.

    jadi pengen BB silkygirl. Tapi kok kayanya mehong ya mbak? 55ribu kecil gitu.

    garnersjabber.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mahal sih kalau aku bilang. Soalnya habisnya lama banget nget.

      Delete
  41. BB Caring yg cocok bwt kulit ank remaja pa mbak ?? Fair White, Everlast, atau Luminizing ?? Trus BBC cocok gk dpke bwt skul ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih yang Everlast, soalnya dia ada oil controlnya dibanding yang lain.
      Kalau masih sekolah, mendingan nggak usah. Pakai sunblock + bedak tabur aja udah cantik kok ;)

      Delete
    2. trus BBC caring hbis.y smpe brp lama ???
      hmm, d'blog mbak ada gk post make up yang natural ??

      Delete
    3. Rrrr...masa habisnya berapa lama ditanyain sih? Kaya gitu kan tergantung pemakaian -_-

      Kalau makeup natural, rata2 makeupku sebenernya natural kok. Cuma kalau untuk dipakai ke sekolah, menurutku ya berlebihan :)

      Delete
  42. mba' kulit aku berminyak, berpori", lumayn putih dan ada bks jerawat. Aku cari cc everlast cumn stock.y ngk ada bgitupun silky girl.

    Udh brp counter yg aku dtangi yg ada cumn maybeline ma cc fair white. Qra" yg cocok aku beli yg mn yh? maybeline tw cc fair white aja?

    ohh ya' bisa ngk lau pkai BB creamx tnpa plmbab?
    cumn pmbersih muka + BB cream aja?

    soalx aku ngk suka ribet dan jg wjhku rda berminyk jd lau pkai pelembb entar + berminyk.

    maaf. komen.y pnjg. cumn aku ingin confir aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau maybelline & fair white, menurut pengalamanku sih bikin kulit berminyak. Jadi mungkin nggak cocok.

      Jangan, donk. BB cream kan kategorinya makeup. Jangan pernah memakai makeup tanpa memakai skincare sebelumnya. Sebelum pakai BB cream, tetep pakai pelembab dulu :)

      Kalau mukanya berminyak, cari pelembab yang oil free dan hasilnya matte. Untuk pelembab yang matte, aku suka pelembab Natur-E.

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kulitmu gimana? Kamu yg harusnya nentuin apa yang boleh dan nggak boleh untuk kulitmu. Aku kan nggak tau sensitifitas kulit kamu :)

      Delete
  44. mb aq maw nanya, kulit wajahqu itu berpori",komedo lumayan putih agk ke pink..pelembab qu ponds,
    pngn coba bb nich... antara caring ato silkygirl cocok mna ya...
    thank"s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silky girl bagus oil controlnya. Coba-coba aja sendiri. Aku kan nggak tau persis jenis kulit kamu. Dan aku juga bukan dokter kulit :)

      Delete
  45. wahh bb caring keren hasilnya, tp pendistribusian produk gk rata >,< hiikkss, makasi ka, infonya membantu bgd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli onlen aja di website online shopnya martha tilaar :)

      Delete
  46. mbak kalo di pakai ke laki-laki aman ga? thx before :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman2 aja sih, mas *mas, kan? :D*. Soalnya kan kulit perempuan lebih sensi dr kulit laki-laki. Jadi menurutku oke2 aja kalau kosmetik perempuan dipakai laki-laki :)

      Delete
  47. Mbak, aku pendatang baru di dunia makeup. nyari2 info bb cream. Dapet blog nya mba. kulit ku berminyak bgt. cocoknya bb cream apa? trus bedak yg cocok apa yah? oiya, satu lagi kulit aku ga putih mba. kalo pake lipstick dan eyeshadow cocoknya warna apa?
    makasih banyak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kulit berminyak sudah saya tulis di review. Kalau mbak memang baca review saya, pasti nggak menanyakan pertanyaan ini :). Bedak coba pakai markcs. Kalau lipstik dan eyeshadow, semua cocok kok. Yang penting pede.

      Delete
  48. mbk arum, salam kenal namaku arum. hehehe nama kita sama 2 arum ya...
    mbk aku mau tanya , mukaku kan berminyak bgt mbk.. apalagi kondisi daerahku di pekanbaru yang panas bgt membuat mukaku gampang berkeringat dan berminyak... kasih masukan dong mbk buat aku, selama ini aku make bebrapa alas bedak tapi jdi gak ngeblend dimuka malah jadi kayak topeng ...kasih saran dong mbk... thaks ya mbk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak Arum :D
      waduh kasih saran gimana yak? Ya coba pakai primer. Yang pernah aku coba sih primer loreal. Review disini:

      http://racuncelle.blogspot.com/2012/02/loreal-base-magique-transforming.html

      Delete
  49. Mbak Arum..... saya teracuni, hihihi. Tadinya tertarik banget dengan BB Caring Everlast, karena T-zone aku oily. Tapi pas kemarin jalan-jalan, ada counter Silkygirl melambai-lambai. Akhirnya, beli deh BB Silkygirl Natural, plus bedaknya yg Pure Fresh Oil Control. So far, puas banget karena sudah dipake beberapa jam nih, plus agak panas2an, tapi masih ngga "bobolokot" minyak. Hehehe. Makasih banget reviewnya...sungguh membantu dan meracuni :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Yang silky girl emang berasa banget oil controlnya paling nendang :)

      Delete
  50. teh aku mau tanya,..
    kulit wajah ku d'bagian dagu sering timbul jerawat batu, pakai apa ya biar kgk timbul lgy jerawat batu'ya ???
    ph dengan pakai BB cream bisa untuk mengatasi'ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. BB cream kan golongannya makeup ya, bukan skincare. Jadi kalau memang kulit lagi bermasalah, mending nggak pakai makeup dulu. Di rawat dulu aja pakai skincare yang cocok sampai kondisi kulit membaik.

      Delete
  51. Mbak, aku msh 18 tahun nih. Kira2 baik gak kalo pake bb cream? *teracuni*

    ReplyDelete
    Replies
    1. BB cream itu kan golongannya makeup yah.. Menurutku baik2 saja, asalkan setelah pakaimukanya dibersihkan dengan benar. Dan lebih baik lagi sih bukan untuk penggunaan harian, tapi untuk acara2 spesial aja :)

      Delete
  52. Hallo mba...kulit sy oily n gampang berkeringat.pake foudation jg sama aja gampang luntur..trus sy harus pake pelembab, bbc, n bedak apa ya kira2..oh y mba wajah sy jg gampang memerah klo lama kena sinar matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau merk cocok2an sih. Kalau oily, coba cari pelembab yang water based atau yang dikususkan untuk kulit berminyak. Bedak juga cari yg oil controlnya bagus. Bedak marcks lumayan bagus. Kalau bbc, silahkan baca review diatas :)

      Untuk melindungi dari sinar matahari, pakai sunblock.

      Delete
  53. Sorry mba lupa bilang terimkasih....MAKASIH BANYAK YA MBA.....

    ReplyDelete
  54. mbak bb cream apa yg ccok utk kulit gelap??? Aq bngung mau plih yg apa mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caring lumayan gelap. Silky & maybeline juga udah ada pilihan warna gelap. Di coba2 aja mana yg masuk

      Delete
  55. Mb mau nanya, lingkungan sehari-hari selama pake bb cream ini gmn? selalu ber-AC atau tdk? kalo selalu stay di ruangan be ac ngaruh ga ya? thx b4. reviewnya oke :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kebanyakan memang di ruangan ber AC, tapi nggak selalu juga sih..
      Dan iya kalau makeup biasanya memang cenderung lebih awet kalau kita nggak keringetan.
      Sama2. Thanx yak :)

      Delete
  56. mbaa mau tanya, kulitku cenderung jerawat, tapi sekarang tinggal bekasnya, banyak banget >,< enaknya pake bb cream yg mana ya mba? kulitku kadang berminyak, kadang kering :( mau ada acara penting, bete banget kalo bekasnya keliatan T__T jadi pengen tak tutupin pakek bb cream.. oh iya kulitku putih kuning :3 makasi mba cantik jawabannya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya kan bukan dokter kulit. Nggak tau dong apa yang paling cocok untuk kulit siapa. Tapi kalau soal bbc yg paling bagus buat kulit berminyak sih udah aku tulis di review diatas. Silahkan dibaca :)

      Delete
  57. Halo mba arum salam kenal, aku newbie nih baru mendalami dunia makeup sejak 2bln lalu jd lg seneng googling and jd silent readernya beauty bloggers termasuk blog mba, bermanfaat bgt :)
    Kalo saya baca tulisan mba lainnya bukannya kulit mba berminyak yah, soalnya musti cari yg oil controlnya oke? Soalnya kulitku kering dan pernah dicobain temenku bb cream caring yg everlast buat kulit berminyak, di aku jdnya kasat gitu.. Ga enak. Akhirnya nyoba beli yg luminizing buat kulit kering itu enak bgt lembap tp ga ngitung brp jam ketahanannya, baru dipakai sekali :D
    Sebelumnya jg pernah dicobain yg maybelline tp lupa yg clear smooth aqua apa yg bb cream.. Itu keset bgt dikulit agak brp belas menit bersisik saking keringnya, maybelline buat kulit berminyak aja mungkin ya?
    Maap yah kalo bingung sm comment saya, wong saya sendiri jg bingung hehe.. Sekalian berbagi dan menyapa :D keep gorgeous mbaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Shelly
      Makasih atas sharingnya. Berguna banget :)
      Iya memang kosmetik itu cocok2an sih. Di aku maybeline baik yang clear smooth aqua ataupun yang bbcream sama2 bikin berminyak lho. Di kamu malah kering yak?

      Delete
    2. Hoo bedanya bisa jauh gitu ya.. Pdhl sesama kulit kering, iya mba kering bgt di aku. Hrs rajin nyangkut di counter kosmetik nih nyoba2 tester..
      Makeupnista cuma di jogja solo aja ya mbak, pgn ikutan deh pasti kl rumpik bahas makeup seru.. Seneng bgt bacain blog mba dan tmn2nya , btw td comment pertamaku smoga selanjutnya rajin nimbrung hehe :p thx mbaa :*

      Delete
    3. Hooh paling enak emang coba2 sendiri kalau makeup.
      Enggaakkkk, dari mana aja boleh. Hehehe...cuma kalau kumpul2 ya lebih sering di jogja-solo dan sekitarnya aja :D. Yuk yuk ikutan nimbrung + ikutan bikin challengenya. Sampai tanggal 14 nanti temanya celebriti me ^^

      Delete
  58. jadi kalo kulitnya berminyak dan agak berjerawat cocoknya pake yang mana ? silkygirl ya ?
    btw aku suka sama blog ini, lanjutin review2 nya ya kak :)

    ReplyDelete
  59. Mbak sebelum pake BB cream, harus pake apa? Apa garnier light itu pelembab. Makasih :)
    sama aku jg masih newbie :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum BB cream, pakai pelembab dulu. Pelembabnya bebas, terserah kamu cocoknya pakai apa :D.
      Garnier light banyak variannya setahuku. Ada toner, masker, sabun muka, dan pelembabnya. Kalau kamu cocok sama pelembabnya juga boleh digunakan sebelum BB cream.

      Delete
    2. Terus kulit aku kan berminyak mbak pori2 besar cocoknya habis pake bb cream pake bedak apa?

      Terus bedanya toner sama pelembab apa?

      Delete
    3. Kalau kulit berminyak, kan biasanya gampang jerawatan tuh. Sebaiknya pakai bedak tabur aja yang nggak menyumbat pori. Kalau merk, silahkan pilih sendiri, cocok-cocokan. Kalau mau lihat review bedak, bisa klik label "powder" di side bar aku :)

      Toner itu bentuknya encer kaya air, dipakai sebelum pelembab. Fungsinya untuk mempersiapkan kulit agar siap menerima tahapan skincare berikutnya. Ini opsional sih, aku jarang pakai Toner.

      Kalau pelembab, sesuai namanya, untuk melembabkan kulit. Dan pelembab juga udah banyak macamnya sekarang, pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Misalnya kalau kulit berminyak, pilih pelembab untuk kulit berminyak.

      Delete
    4. Mbak bedanya bb cream sama conclear?

      Delete
    5. Karena pertanyaannya mulai panjang dan nggak nyambung dari pos, mungkin kita sudahi di comment ini ya, Anisa. Hehe.. Kalau mau, Anisa boleh kirim list pertanyaan via email. Nanti yang kira-kira perlu aku buatkan post baru. Yang bisa kujawab akan kujawab via email. Ok? ;)

      Delete
  60. dah lama ga maen ke blognya mabk arum..eeh tampilannya berubah ..kereen...slalu jdi silent reader nih aqnya...dan berkat review BBC mbak arum..jdi teracuni beli bbc caring...thank u mbak reviewnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai anonim, namanya siapa nih? *hihihi...berasa godain*

      Iya nih, tampilannya agak berubah gara2 masukan dari giveaway. Tapi belum total. Gaptek soalnya. Sebisanya dulu :D

      Delete
  61. haii ..
    mba Arum :)
    klo kuli agak kering tapi agak sediki miyak gara2 komedo d.daerah hidung,
    blom lagi klo panas2an daerah dahi+bawah mata keringetan bukan minyak+panas2an bkin wajah aq kusam :(,
    kira2 BBC yg cocok apa ya mba,
    aq udh baca review mba d.atas pengen yg silkygirl tapi kata.a t.lalu kering,
    klo caring tapi aq kan ga oily cuma hidung aja oily gara2 komedo,
    klo maybeline kata.a ga tahan lama,
    semoga jawaban mba bisa membantu ..
    #berharap d.jawab yaa mba..
    sebelumnya trimakasih mba .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mana aku tau apa yg cocok untuk kulit org lain?

      Delete
  62. mbak, sebenernya gonta-ganti bb cream itu aman nggak sih buat muka? makasih infonya :D

    ReplyDelete
  63. hallo mbak, aku jadi pengen tanya juga. kalo kulit wajah aku tu kombinasi, kadang kering sampe perih, kadang berminyak sampe "bulug", jadi muncul komedo & jerawat. sampe bingung juga mau pilih2 kosmetik dan sampe skrg blum nemu yang bener2 cocok. Nah, menurut mbak, aku lebih cocok pake yang mana ya?
    minta saran dunk, makasih :)

    ReplyDelete
  64. namaku diah, mbak..
    maaf lupa gak kasih nama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak Diah. BB Cream itu kan cuma makeuo ya, bukan skincare. Jadi nggak bisa memperbaiki kondisi kulit. Kalau mau perubahan terhadap kondisi kulit, ya harus dirawat dengan skincare yang tepat.

      Tapi maap, kalau mau konsultasi skincare jangan ke saya ya. Saya nggak mudeng. Bukan dokter kulit soalnya :D

      Delete
  65. pemakaian bb cream biar tambah bagus trlihatnya,,, ada tambahan lagi ngga sesudah atw sebelum memakai bb cream?

    ReplyDelete
  66. Mbak e.... aku baru mau coba pake bb cream nih.. dari review mbak sih aku tertarik nyobain caring. Tp aku bingung mau pake fair white atau everlast. Bedanya apa ya.. kulit kita samaan mbak.. aku sebelumnya pake inez aja. Tp ga tahan lama. Aku butuhnya yg tahan lama sam bikin muka lbh putihan gitu... mnurut mbak gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bikin muka putihan entah ya, aku ga pernah setuju sama produk pemutih. Lagian BBC kan makeup, bukan skincare :D
      Kalau mau lebih tahan lama, kayaknya Everlast lebih oke. uma kayaknya sih. Dari namanya kan kayaknya Everlast lebih janjiin tahan lamanya ^^

      Delete
  67. hiyak mbaaaak.. aku keracunan, trus beli everlast deh :D

    moga aj cocok di muka badakku. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok bgt mbaaaaaak *lompatlompat*

      sampe sekarang aku pake buat kerja, naturaaaal bgt jadinya dan gak ndemblok2 *wakakak*

      pas nge-job nyanyi gitu aku pake rada tebel tapi jadinya masih kayak biasa aja, trus sama temenku ditambahin foundie wardah yang cair, jadi bagus dan tahan banget dari pagi sampe malem. oil controlnya bagus jugak. paling aku ngerinya pas abis lari-lari gitu kan mukaku keringetan, tapi pas aku tempel-tempelin tisu ya gak ada masalah apa-apa juga *emang dasar parnoan*

      Delete
    2. Waahhhh ada penyanyi komen disini *ikutanlompatlompat* :)))

      Kalau mau untuk yang manggung apa kondangan gitu, daripada BB creamnya, cobain foundienya caring deh. Bagus. Ciyus.

      Nih reviewnya:
      http://www.racunwarnawarni.com/2013/05/review-caring-colours-stay-true.html

      Delete
  68. mau tanya , kan saya pake krim pgi suatu klinik kecntikan , itu urutan.nya gmana ya? bb cream dulu , atau krim itu dlu , baru bedak?
    oh iya , ada tips biar eyeliner bs lbh awet ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini siapa yah? Mohon memperkenalkan diri dulu :)

      Delete
  69. mau nanya dong, bisa gak sih pake bb cream tapi wajah kita masih dalam pemakaian cream perawatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu sih tanyanya ke dokter yang ngasih krim dong.

      Delete
  70. sis aku mau tanya caring sama sariayu lebih bagus yang mana, soalnya kulitku berminyak takut salah pilih aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sariayu kayaknya nggak ngeluarin BB cream deh ses :). CMIIW yak ^^

      Delete
    2. ouh, terus aku bimbang nih sis antara silky gril sama caring??? soalnya cuci muka pkai wardah berpngruh gak tuh dimuka???

      Delete
    3. Bingung juga nih jawabnya :D. Ya kalau cocok atau enggak kan harus dicoba sendiri yak? Tergantung kulitnya ses lebih cocok sama yang mana ^^

      Delete
  71. mbak aku bingung nih. kulitku super duper oily banget. baru sejam juga kalo ngga pake produk yg bener bakalan kayak kilang minyak gitu. bagusan caring atau silkygirl sih? selama ini aku blm nemuin semua produk skincare dan mekap yg cocok soalnya. ada saran ngga buat bb cream bagusan silkygirl atau caring? suwun mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cocok2kan tergantung kulitnya yak. Tapi yang oil controlnya lebih bagus sih Silky Girl :)

      Delete
  72. Aku pake silky girl.. tapi beberapa minggu kemudian mukaku jerawatan. BB cream ini oil base, mukaku agak sensitif sama produk make up yang oil base, jadinya malah berjerawat. Akhirnya aku berhenti pake, padahal emang bagus banget di muka.. T_T

    ReplyDelete
  73. Mau nanya, klo untuk dandan buat ke nikahan gt pke bb cream sbg pengganti foundation gt bs ya kk? Jd tertarik pke produk silky girl yg hasilnya matte, jg sama loose powdernya sekalian. Review nya bgs2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa-bisa aja sih kalau suka dan merasa cukup :)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.