[Review & Swatch] Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream (All Shades)

100 comments
review mineral botanica soft matte lip cream

Mineral Botanica adalah pemain baru dalam dunia make up lokal. Tapi walau baru, kayaknya popularitasnya udah bisa deh menyaingi merk-merk lama. Temen-temen saya yang bahkan nggak begitu update soal make up, tahu juga loh soal Mineral Botanica. Padahal Mineral Botanica ini termasuk brand yang agak susah ditemui di Jakarta loh. Iya, saya tahu kalau merk ini katanya ada di toko-toko kosmetik lokal, DanDan, dan bahkan beberapa Guardian/ Watson. Tapi saya sendiri belum pernah melihat secara langsung. Tapi ya syukurlah soale saya udah nemu online shop yang merupakan official reseller dari Mineral Botanica, yaitu @rouge.baiser. Dan saya dapetin all shade Mineral Botanica SMLC ini juga dari @rouge.baiser.

Kalian harus cek deh instagram @rouge.baiser. Koleksi Mineral Botanica-nya komplit nget! Saya juga kepingin order Mineral Botanica brush set nih di @rouge.baiser.

Baca: [Review] Mineral Botanica SMLC - New Shades (12-20)

Balik lagi ke Mineral Botanica. Yang bikin merk ini booming menurut saya adalah karena untuk make up lokal, dia itu yang paling cepet ngeluarin jenis-jenis make up terbaru. Paling up to date lah istilahnya. Setahu saya, untuk jenis produk matte lip cream dari brand lokal, Mineral Botanica ini yang pertama kali ngeluarin. Terus ada juga produk BB Cushion, loose powder foundation, dan brush set, yang setahu saya belum ada brand lokal lain yang punya. Varian skincare-nya juga lengkap loh. Dari yang mainstream kayak serum dan pelembap sampai yang kekinian kayak micellar water dan face mist juga ada.

Lumayan menjanjikan yah?

Saya sendiri belum banyak nyobain produk-produk Mineral Botanica. Yang udah saya cobain ya SMLC-nya ini dan eyeshadow-nya. Jujur aja, saya nggak suka sama eyeshadow-nya. Keras dan glitter-nya alaihim geday-geday. Tapi untuk SMLC-nya saya suka. Suka banget malah! Sekarang udah banyak banget brand lokal yang ngeluarin matte lip cream, tapi menurut saya Mineral Botanica SMLC ini tetap punya keunggulan yang bikin dia layak dikoleksi.


Tekstur 

Teksturnya menurut saya nggak creamy atau moussy sih, tapi lebih cenderung liquid dan kental. Tapi walau cair, dia tuh pekat banget. Cukup sekali nyelupin kuas ke produk, sudah bisa mengambil produk yang cukup untuk diaplikasikan ke seluruh bibir dengan rata dan dengan ketebalan yang pas. Jadi nggak perlu bolak-balik celup. Kayaknya hal ini deh yang bikin saya suka banget sama lip cream ini. Soalnya manteb aja gitu sekali pakai langsung menor.

Tapi tekstur masing-masing shade-nya menurut saya masih kurang konsisten. Kebanyakan sih oke yah. Tapi ada beberapa warna yang susah banget rata di bibir. Jadi kayak harus pelan-pelaaann banget pakainya, kalau enggak dia susah rata dan belentang-belentong, plus pinggirannya nggedibel. Rata-rata yang teksturnya jelek ini adalah warna-warna pale/ pucat dan warna-warna neon.


Kemasan & aplikator

Desainnya bagus, item-item gitu, nggak malu-maluinlah buat dibawa-bawa. Terus rapih juga, tutupnya rapet, nggak bikin lipstiknya belepetan keluar. Tapi sayangnya merknya itu cuma ditempel doang pakai kertas. Jadi kurang cakep dan gampang rusak gitu. Sayang aja sih.

Mineral Botanica SMLC detail

Untuk aplikatornya juga saya nggak terlalu suka. Tangkainya itu kepanjangan dan tutup/ pegangannya kecil. Jadi bikin agak susah gitu kalau mau mengontrol bikin garis yang rapih. Mungkin akan oke kalau batangnya dipendekin dan pegangannya agak dipanjangin.

Terus bagian ujung/ wand-nya itu menurut saya agak keras. Nggak empuk. Rada susah lah bikin ulasan lipstik yang rapi, terutama untuk warna-warna pucet dan neon. Tapi kuas ini mampu mengangkat pigmen produk dengan baik, jadi ya kita nggak perlu bolak-balik celup.


Pigmentasi

Pigmentasinya sangat bagus! Kayak cet, bisa meng-cover 100% warna asli bibir saya yang pinggirannya item ini. Cuma ya itu tadi, beberapa warna pucet susah ratanya --".


Daya tahan

Karena teksturnya yang cair/ liquid tadi, makanya sebelum dia kering/ nge-set dia gampang banget transfer ke gigi dan ke mana-mana. Jadi perlu nunggu sekitar 3 menitan buat bikin dia stay dan nggak kemana-mana. Tapi semua lipstik cair yang saya cobain ya kayak gini sih, kalau belum nge-set ya trasfer. Dan kayaknya ini bukan sesuatu yang perlu dikeluhkan, sudah hukum alam. Situ ngecet tembok atau ngaspal jalan aja juga harus nunggu kering kan baru cat-nya bisa stay dan nggak transfer ketika dipegang?

Setelah nge-set, dia akan stay dan tahan lama di bibir. Tapi nggak 100% transferproof juga sih. Kalau dipakai cipokan hardcore dia transfer. Dipakai makan berat juga dia ilang sih. Terus kalau kena air, dia berubah creamy lagi dan jadi transfer banget. Tapi kalau aktifitasmu biasa aja, nggak mesum, nggak makan berat, dan kalau minum pakai sedotan, dia tahan lama banget. Tapi kalaupun ilang karena dipakai makan, saya pikir nggak masalah sih, tinggal touch-up aja lagi, karena lip cream ini teksturnya nggak berat dan nggak akan menggumpal ketika di-touch up.


Aroma

Aromanya enak banget. Kayak buah-buahan gitu. Tapi nggak kecium kok kalau sudah di bibir.


Kenyamanan

Jadi pada jam-jam pertama dipakai, lip cream ini agak-agak lengket dikiiit. Tapi menurut saya masih wajar dan nggak mengganggu kenyamanan kok. Masih bisa ditoleransi. Tapi nanti kalau udah dua jam dan selanjutnya, rasanya udah nyaman banget, ringan, nggak lengket, sampai lupa kalau pakai lipstik. Mungkin karena sejam pertama itu dia belum nge-set sempurna ya? 

Terus buat saya sih, lip cream ini nggak pecah dan nggak bikin bibir kering yah. Lip balm ya wajib sih. Tapi ada loh beberapa lipstik yang tetep pecah dan kering walau udah dikasih lip balm sebelumnya. Walau udah dipakai lama dan pada bibir yang banyak lipetannya kayak bibir saya, lipstik ini nggak pecah. Saya SUKAK!

Jadi menurut saya lip cream ini nyaman digunakan.


Lain-lain

Saya nggak tau ini kelebihan atau kekurangan, tapi beberapa shade lipstik ini ninggalin stain kayak liptint warna magenta gitu setelah dihapus. Saya....lupa sih shade apa yang ngestain dan shade apa yang enggak. Cuma ada satu yang saya notice karena stain-nya paling heboh, yaitu shade 008. Pinky Beige.

Terus satu hal lagi yang saya suka dari Mineral Botanica SMLC, desainernya nggak males ngasih nama lipstik. Hehe.. Saya tipe orang yang susah ngapalin angka. Lebih gampang hafal sama nama. Jadi saya suka kalau make up saya ada namanya buat masing-masing warna. Makanya buat yang komen di instagram dan nanyain warna pakai kode angka: "Rum, nomer 11 warnanya lebih ke merah atau coklat?" Biasanya saya nggak nanggepin karena puyeng duluan mbayangin nomer 11 itu nomor urut partai apaan.


Warna

Saya harus bilang kalau warna-warna Mineral botanica SMLC ini cantik-cantik banget! Dari dua belas warna, cuma dua yang saya nggak suka. Dan yang dua itu adalah warna neon, saya memang kurang suka warna neon. Dan syukurlah, di seri Mineral Botanica SMLC ini cuma ada dua warna neon. Padahal saya beberapa kali dapet komen di instagram: "males sama Mineral Botanica SMLC karena warnanya banyak neon-nya." Setahu saya yah, 2:12 itu sedikit, bagaikan perbandingan daging dalam arem-arem jajanan pinggir jalan yang harganya murah jadi dagingnya diirit.

Terus rentang warnanya juga lumayan banyak, mulai dari pale, nude, sampai bright dan bold ada. Cuma sayangnya kebanyakan warnanya cooltone. Iya sih, shade lipstik cooltone memang akhir-akhir ini lebih digemari. Tapi saya rasa kalau mau nambahin warna oranye atau warm tone red atau nude coral gitu juga bakalan cakep loh!

Kiri - kanan:
001. Crimson Hearth
002. Champagne Beige
003. Pink Parfait
004. Fantasy Fuschia
005. Sweet Honey
006. Plum Fairy
007. Apple Berry
008. Pinky Beige
009. Pinky Orange
010. Orchid Pink
011. Merlot
016. Mauve

Sampai saat ini, ada dua belas warna Mineral Botanica SMLC yang beredar di pasaran. Dan memang setelah 011. Merlot, nomornya langsung lompat gitu ke 016. Mauve. Saya juga nggak paham kenapa lompat sih? Kenapa Mauve nggak dijadiin nomor ke 012 aja?

Tapi pas lihat ke instagram @mineralbotanica, mereka lagi mau rilis warna-warna SMLC terbaru sih. Ada warna biru juga OMG! Kalau udah beredar semua, jumlah shade keseluruhan Mineral Botanica SMLC jadi ada dua puluh. Banyak yah? Ya nanti misalkan saya dapet shade terbarunya, postingan ini akan saya sambung, jadi ada part 2 nya ;).

review mineral botanica SMLC

Oke lah, mari kita bahas lipstik ini perwarna:



001. Crimson Heart

Swatch Mineral Botanica SMLC 001 Crimson Heart

 True red! Warna merah tanpa bias apapun. Lipstik warna ini tuh klasik banget dan sampai sekarang masih jadi inceran red lipstick junkie. Warna true red begini adalah warna merah yang cocok untuk semua jenis skintone. Saya suka warna ini, berasa kayak Snow White
Tekstur shade ini termasuk yang bagus, pigmented, gampang rata dan rapih.


 002. Champagne Beige

Swatch Mineral Botanica SMLC 002 Champagne Beige

Ini warna pale pink yang dicampur dengan beige. Hasilnya kayak nude pale pink gitu deh. Saya awalnya kurang demen warna ini, tapi suami saya malah suka banget kalau saya pakai lipstik yang ini. Jadi ya sekali-sekali lah saya pakai kalau lagi kencan. Hihi... 
Meskipun warnanya cenderung pucat, tapi tekstur shade ini oke kok. Nggak sebagus tekstur Crimson Heart, tapi nggak jelek-jelek banget juga.


003. Pink Parfait

Swatch Mineral Botanica SMLC 003 Pink Parfait

Ini warna barbie pink yang manis banget. Barbie pink tapi masih ada nada warm-nya, jadi nggak terlalu icy. Oke juga dipakai untuk yang punya yellow undertone. Kayaknya hampir semua cewek bakalan suka warna ini.
Tekstur shade ini juga bagus, mudah rata dan rapih. 


004. Fantasy Fuschia

Swatch Mineral Botanica SMLC 004 Fantasy Fuchsia

Ini warna magenta. Bukan jenis warna yang biasanya bakalan saya pakai harian, tapi akhir-akhir ini saya lagi cari warna seperti ini. Inget nggak pas saya sempet ngebet Purbasari Matte Lipstick 85. Safir, tapi kemudian kecewa? Iya, soalnya ekspektasi saya warnanya tuh kayak Fantasy Fuchsia gini, ternyata malah kuat di merahnya. Jadi pas nyobain si Fantasy Fuschia, saya seneng banget karena berasa nemu warna lipstik yang selama ini saya cari.
Tekstur shade ini juga bagus kok. Gampang dipakainya.


005. Sweet Honey

Swatch Mineral Botanica SMLC 005 Sweet Honey

Ini warna pale beige dengan bias kuning yang lumayan kuat. Warnanya unik! Jarang loh ada lipstik dengan nada kuning, tanpa bias merah sedikitpun. Saya juga suka banget sama warna ini. Bahkan sebenernya, ini warna favorit saya dari seluruh seri Mineral Botanica SMLC.
Sayangnya, tekstur shade ini jelek banget. Susah rata, belang belentong gitu. Terus perhatiin deh pinggiran bibir saya. Kayak nggaris gitu, nggedibel, susah nge-blend bagian tepinya. Sayang sih soale saya suka banget warnanya :(.


006. Plum Fairy

Swatch Mineral Botanica SMLC 006 Plum Fairy

Ini warna ungu tapi agak nge-pink gitu. Saya sih nggak yang suka banget sama lipstik warna ungu. Tapi nggak masalah juga pakai ini, karena warnanya cakep dan ngebaur juga kok sama warna kulit saya. Nggak njomplang gimana banget gitu. Warna ini jatuhnya manis, kayak Pink Parfait tapi lebih ungu.
Shade ini juga termasuk yang teksturnya bagus banget. Gampang banget dipakainya.


007. Apple Berry

Swatch Mineral Botanica SMLC 007 Apple Berry

Ini warna maroon yang menyala dan agak gelap. Merah menyala, tapi ada bias coklatnya. Dan saya suka warna ini. Merahnya yang menyala dan agak gelap bikin warna ini kelihatan seksi. Tapi karena ada bias coklatnya, jadi masih ada kesan natural gitu di wajah. Merahnya tuh nggak "kaget" sama warna kulit saya.
Teksturnya juga bagus banget deh. Tapi yang paling suara pigmentasinya. Kayaknya ini yang pigmennya paling pekat di antara sebelas yang lain. Usap dikit aja udah bisa diratain ke seluruh bibir. Warna ini paling susah dihapus juga. Harus ati-ati deh jangan sampai meleng pas makai :D. Pokoknya warna ini top!


008. Pinky Beige

Swatch Mineral Botanica SMLC 008 Pinky Beige

Warnanya beige dengan bias pink. Kayak NYX SMLC Stockholm, tapi lebih pigmented. Ini warna aman saya sih. Warna yang biasa saya pakai buat daily. Mungkin kalau kulitmu lebih gelap dari saya, warna ini bakalan kerasa pucet. Tapi di saya sih ini jatuhnya natural banget. Dan saya agak bosen sama warna aman ini :D.
Teksturnya nggak begitu bagus, tapi ya masih dalam taraf bisa ditolerir. Cuma dia itu kalau udah kehapus, bakalan ninggalin stain kayak lipstint warna fuchsia yang lumayan heboh. Kayaknya paling heboh deh nge-stain-nya dibanding warna lain. Tapi buat saya sih nggak masalah ya. Emang kenapa sih kalau nge-stain kok kayaknya pada masalahin banget?


009. Pinky Orange

Swatch Mineral Botanica SMLC 009 Pinky Orange

Nah, ini adalah satu dari dua warna neon pada seri Mineral Botanica SMLC. Warnanya peach, tapi neon. Agak-agak mirip NYX SMLC Antwerp, tapi Pinky Orange ini lebih neon. Kalau di kulit saya, warna ini cuma cantik buat foto-foto. Suampah deh, warnanya kelihatan cakep banget di foto. Tapi IRL, warnanya neon banget dan bikin kulit saya kelihatan kusam.
Teksturnya juga nggak begitu bagus. Agak-agak susah rata gitu, tapi mendinglah daripada yang Sweet Honey.


010. Orchid Pink

Swatch Mineral Botanica SMLC 010 Orchid Pink

Satu lagi warna neon dari Mineral Botanica SMLC. Yang ini neon pure pink. Saya nggak tau kenapa di foto ini warnanya turun banget. IRL warnanya lebih neon dari ini. Agak-agak ngingetin saya sama Wet 'n Wild Megalast Lipstick Pinkerbell, cuma Orchid Pink ini sedikit lebih kalem dan nggak ada bias oranye-nya sama sekali. Saya sih nggak suka yah warna ini.
Teksturnya juga nggak begitu bagus. Beti-beti lah sama yang Pinky Orange.


011. Merlot

Swatch Mineral Botanica SMLC 011 Merlot

Merlot ini warna favorit saya banget! Warnanya muted medium warm brown. Agak susah mendiskripsikannya. Pokoknya coklat, nggak pucet, tapi juga nggak terlalu tua, terus warnanya juga nggak menyala, jadi ada kesan nude-nya. Sedikit ada kesan merahnya tapi samaaarr banget. Dan saya demen banget sama warna ini.
Dulu beberapa temen-temen di instagram ada yang ngerekomen saya warna ini, tapi saya nggak tertarik. Soale saya pikir Merlot ini jatuhnya bakalan kayak lipen merah kecoklatan biasa gitu. Ternyata setelah saya cobain sendiri, warna ini luar biasa! Gilak, saya suka banget.
Warna ini kece buat daily ataupun acara spesial.
Tekstur shade ini juga bagus banget. Termasuk salah satu yang paling bagus formulanya, gampang banget dipakai.


016. Mauve

Swatch Mineral Botanica SMLC 016 Mauve

Dan yang terakhir adalah si nomor loncat, Mauve! Ini juga cantik warnanya. Warna medium mauve. Nggak pucat, tapi juga nggak terlalu tua, pokoknya pas deh warnanya. Kalau dibandingin sama Purbasari Matte Lipstick Piruz, ini warnanya lebih nude, lebih cooltone, dan yang penting nggak oxidise.
Tekstur shade ini mirip banget sama Merlot, jadi memang dua terakhir ini teksturnya adalah yang paling bagus diantara sepuluh SMLC yang lain.


Favorit saya berdasarkan warna:
  1. 005. Sweet Honey (sayang teksturnya jelek jadi coret deh!)
  2. 011. Merlot
  3. 007. Apple Berry
  4. 016. Mauve
Beberapa temen saya ada yang bilang kalau Mineral Botanica SMLC ini teksturnya nggak banget. Tapi yang bilang begitu, biasanya mereka nyobain shade yang warna pale atau neon-nya. Saran saya, cobain deh warna-warna Mauve, Merlot, Apple Berry, Crimson Heart, atau Plum Fairy. Dijamin lah bakalan jatuh cinta.

Secara kualitas, lip cream ini menurut saya oke dan mampu diadu dengan matte lip cream brand luar yang harganya tiga kali lipat di atasnya. Apalagi harganya juga nggak mahal. Walau masih perlu perbaikan dari sisi packaging dan ada beberapa shade yang menurut saya perlu reformulasi. 

Seneng yah produk lokal sekarang udah berani berinovasi dan bagus-bagus ;).


Harga: Rp 52 000

Beli di:
Instagram: @rouge.baiser
atau

100 comments

  1. Apalah aku,cuma rempahan peyek yang punya 2 warna doang dari MiCa #padahal brand favorit

    ReplyDelete
  2. mba, dikamu bagus-bagus semua warnanya. diaku no 8 ga banget, no 4 jreng banget, hihi
    itu no 6 bikin pengen beli lagi. hahaha
    ditunggu review lipstick lain mba. apalagi yang lipcream.

    ReplyDelete
  3. nomor 2 kok apik di kamu. di aku jadi agak coral gonjreng gitu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaw kan lebih putih darikuuu. Jadi sudah seharusnya lebi gonjreng

      Delete
    2. iya bnr mbak,yg pinky orange neon bgt,aq pk wrn2 pale nya mica g cocok blas,no 2 aneh,no 5 jg,aq fave no 001,007,011

      Delete
  4. waaah yang mauve bagus ya, jadi pengen punya. aku cuma punya 8 dan 9. Yang 8 sih bagus, yang 9 ternyata neon banget gak nyangka

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya

      (padahal bingung dan males scroll ke atas buat liat contekan nama warna) :D :D

      Delete
  5. Si merlot itu kayak purbasari yg topaz gak sih mb? Btw, aq liat swacth beauty blogger lain, aq tertarik sm si pinky orange. Lagian di mb arum jg kece. Apa perasaan q aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak. Beda deh. Lebih muda, lebih nude, lebih cooltone.
      Pinky orange neon banget. Tapi kalau buat foto cakep sih

      Delete
    2. Mbak, reviewnya oke banget deh, lengkap semua warna (y)
      Btw nimbrung ya hehe. Kalo aku biar si pinky orange ga terlalu ngejreng sebelum dioles di bibir aku tirisin dulu cream-nya (apa ya istilahnya yg bener hihihi). Waktu kita keluarin wand kan udah ada lip cream yg nempel di wand-nya tuh ya, nah yang nempel itu aku balikin lagi ke pinggiran mulut botol supaya ga terlalu banyak yg keoles. It works, jatuhnya jadi pink muda, ga neon lagi kalo di aku.

      Delete
    3. Haloo..

      Wah makasih sekali sarannya. Aku coba yak besok :3

      Delete
    4. Keracunan bener kan reviewnya. Akhirnya beli yg mauve. Aq beli di konter di semarang harganya 47.400. Baru mau aq cobain nih

      Delete
  6. Apple Berry kayak lipen Snow White mbak XD Seger yah :D

    Aku juga suka Merlot sama Mauve, tapi nggak mau beli. Nunggu warna barunya aja rilis muahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berasanya yang kayak snow white malah si Crimson Heart :D.

      Iya baguusss. Aku sekarang pakai Merlot terus. Aku juga nunggu nih yang warna biru.

      Delete
  7. Di bibir mba arum semua keceh! Efek pose seksi kali ya. :D

    Nomer 2 di aku pucet. Tapi pernah nyoba di mix bareng nomer 7. Hasilnya jadi fuschia gt di bibir. Jadinya sekarang suka banget nyampur si nomer 2 sama beberapa warna. Xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah...efek muka kece :D :D

      Iya pucet juga kok di aku. Tapi suamiku seneng yawis lah :D. Leh uga idenya buat dicampur.

      Delete
  8. Wow,warnanya cantik" y kak!Cuman keknya mesti tunggu ampe aku udah kerja baru bisa beli(Masih anak yang baru lulus SMA,hehehehehe)

    Mampir ke blogku ya klo ada waktu

    Dashofdreamstar.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes betul. Besok aja kalau sudah cari duit sendiri yah ;)

      Delete
  9. MERLOT AAAAAKKKK. kok di bibirnya mba arum jadi agak oxblood gtu sih keren *_* btw aku udah coba purbasari piruznya dan..... di aku pas oxi malah kaya abis minum fanta ungu. untung ga jadi beli -_- dananya dialihkeun ke sini syaja hoho

    xx http://tanaditya.co.vu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes MERLOT!!!! Cakep banget kok emang si Merlot ini.
      Iyaa, Piruz emang gila-gilaan oxidise.

      Delete
  10. kemaren aku nyobain lipstick nyaaa dan bagus memang, kalo smlc ini belom pernah cobain hihi. thanks review nya kak!

    Beauty Redemption

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku malah belum pernah nyobain lipstiknya. Hihihi... Kapan-kapan aku cobain. Makasih ya sharenya :3

      Delete
  11. Akuu naksir apple berry, merlot, sama mauve!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiga warna itu yang tercakhep memang!! Belilah khak. Kaw tak akan menyesal!!

      Delete
  12. Sama kak ayumm, diriku paling uangell nginget angka :( toh udah dikasih nama lucu-lucu lhooo ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ini di komen masih pada nyebut angka aku frustasi T.T

      Delete
  13. Aku pernah liat di Century PS terus shade nya cuma sedikit dan sisa yang ngejreng :(
    (((cipokan hardcore)))
    Aku penasaran sama Plum Fairy sih. Ngga pernah pakai lipstik yang ada tone ungu-ungu nya tapi kayaknya kalo dicoba lumayan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plum Fairy bagus kok. Dan dia juga teksturnya bagusss. Beli deh nggak nyesel :D

      Delete
  14. SMLC-nya Mineral Botanica ini favorit banget, harganya termasuk murah tapi kualitasnya cakep :D Kesukaan saya sih yang Plum Fairy, di kulit saya yang coklat eksotis kayak Rihanna jatohnya cakep banget XD sayang kemaren jatuh kecemplung got iks..

    swingingpadma.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sayang sekali :(
      Beli lagi aja ses. Murah ^^

      Delete
  15. Waa.. Yg warna plum fairy cakes sess.. :)

    ReplyDelete
  16. hahaha, "gak malu-maluin amat" berarti msih Ok nih yah mba buat pamer #lah.
    gw demen nih, cuman mapuluh reboan doank udah cakep buat gw, ampe punya 4.
    sayang nya yang gw gak suka tuh dia pilihan shade nya rada kembar-kembar, kalo kata mba arum cooltone, thats what i mean.

    rencananya mereka masih ngurus 6 warna baru di BPOM, kalo keluar baru dah gw beli lagi. hahahyy

    buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurutku malah lumayan beragam kok Rif, shadenya. Pembedanya masih kelihatan banget dibanding Sariayu atau Purbasari yang kebanyakan warna merahnya ^^.

      Iyaaa, aku nungguin warna birunya :D

      Delete
  17. fantasy fuchia sama mauve, gorjessss >.<

    ReplyDelete
  18. merlot sama mauve tjakep mbak :D

    aku juga susah ngapalin nomer :( klo ada nama, paling suka aku asosiasiin gitu. misalnya kyk pinky beige. yaa berarti ada sentuhan warna pink campur beige gitu. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes itu dua warna paling cakep!

      Nahhh, kan, lebih gampang pakai nama. Sama, aku juga kalau ada nama jadi lebih gampang mendeskripsikannya. Apalagi mineral botanica ini ngasih nama warnanya sesuai banget sama warna lipstiknya.

      Delete
  19. Aku baru punya 1,yg fuschia itu,yang ternyata adalah magenta. Agak susah diilangin di aku,ses...

    Aku beli dadakan di Mitra Sukoharjo cuma 47ewu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihinnya pakai remover gampang kok sesss

      Delete
  20. aku baru punya yang fuschia mbak... di aku warnanya keren sih.. gara-gara mbak arum jadi pengen nyobain warna yang lainnya nih.. mbak arum emang racun abis deh.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya bagus-bagus parah warnanya. Ada warna-warna baru juga :D

      Delete
  21. Merlot keren buangeeet~ tapi kayaknya nunggu warna baru rilis aja deh, ngiler berat liat warna biru dan coklatnya :p

    Di aku malah yang champagne beige pas baru beli susah dibaur gitu, terlalu encer, gak pigmented. Pas kering juga retak2 parah. Setelah umur SMLCnya udah sebulan lebih dibuka, malah kentelnya pas, gampang dibaur, dan pigmented. Retak ngegumpel sih tetep setelah sekitar 2-3 jam, terutama di bagian dalam bibir. Padahal kagak dibawa makan minum. Ini salah SMLC nya apa bibirnya deh >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sumpah cakep banget si Merlot yah!! Favorit ga ada obat! XD

      Wah, berharap banget yang sweet honey lama-lama juga enakan ^^

      Delete
  22. Halo Arum, salam kenal yaa.. aku baru punya 2 warna, plum fairy dan mauve. Entah kenapa, pertama nyobain mauve kok teksturnya ga seenak dan semulus plum fairy yah.. kayak lebih lama keringnya dan ada grenjel2nya gitu.. tp makin ke sini mendingan sih, still not as smooth as plum, tho.. Waktu beli mauve tdnya ngincer merlot, tp pas dicoba kok gelap bgt coklatnya di akuuu, lbh gelap dr topaznya purba.. jd ditawarin mbaknya yg mauve and i instantly fell in love with the shade. Tp ttp masih penasaran merlot sih.. hmmm hmmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo , salam kenal ;)
      Wahh masa sih bagusan plum? Kalau yang aku rasain malah mauve & merlot itu teksturnya yang paling oke. Hehe..
      Kalau di aku, Topaz gelap banget. Kalau Merlot masih ada kesan nude-nude nya :D

      Delete
  23. mba arum, salam kenal.
    mw nnya y klo merlot & mauve itu masing2 lbh cenderung k cool/warmtone y? jenis kulit aku cooltone & wrna kulit wajah tan/olive gt mbak.. msh ragu pilih merlot/olive y.. mkasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauve cenderung cool. Kalau Merlot aku bingung sih. Berasa cooltone gitu, tapi kadang kerasa hint merahnya ^^

      Delete
  24. trimakasih mba. nti mw cb yg mauve deh. tp pngen yg merlot jg.. hahaa..

    ReplyDelete
  25. Wah ternyata beda2 ya teksturnya walau se-produk. Tadinya ngincer sweet honey sm pinky beige tp teksturnya gtu ya, jadi beralih hati deh ke mauve hehe. Nice review kak Arum, salam kenal :)

    -sincerelyriska.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget deh. Padahal aku suka sama Sweet Honey huhu... Mauve cakep kok ;)

      Delete
  26. Kak aku punya 6 shades SMLC Mineral Botanica ini .. Yg paling favorit di aku shade Plum Fairy , Apple Berry , sama Merlot . Aku udah punya yg nomer 012 Orange Smoothies itu juga aku rasa bagus . Sepertinya sih Mineral Botanica di shades2 terbarunya dia ngebagusin formula ya (halah bahasa opo sih 😅)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku penasaran banget sama MICA yang terbaru, katanya teksturnya bagus2 bener. Semoga secepatnya dapet yak.

      Delete
  27. Kenapa di aq mica ini lama keringnya ya? Dan pecah2 di bibirq. Hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa shade memang nggak begitu bagus sih.

      Delete
  28. Pinky beige sma sweet honey emang ngestainnya heboh bgt ses :( teksturnya jg jelekk, ga begitu matte san gampang luntur, kalo dah luntur dikit2 warnanya jd nyampur gitu sma warna stainnya yg fuschia jd gk cantik lg :'(
    Fav aku merlot sma mauve! :D teksturnya juarak! Pigmented bgt dan warnanya bikin cintaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merlot & Mauve kayaknya memang kecintaan rakyat banyak :D

      Delete
  29. pengen banget ya shade no 4 baguuuus >_< aku tau merek ini dah lama pengen nyoba tapi nunggu di review dulu ama mba arum hehehe warna nya bagus-bagus ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomer 4 PDIP?
      Aku malah lebih apal nomor urut partai daripada lipstik #random

      Delete
  30. Halo ses Arum...thanks ya reviewnya yg lengkap banget.. Aku baru punya 2 warna yg fantastic fuschia sama pink parfait. Si pink parfait di aku jatohnya pink ungu bgt, ndak cocok sama mukaku yg sawo bonyok ini heuheu... Pengen nyari yg merlot udh ke beberapa century di jakarta dan beberapa olshop msh blm nemu e. Ada rekomendasi ndak ya daku harus kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2
      Kebetulan di review aku tulis aku dapet dari mana :)

      Delete
  31. Yah nggak ada yang nude mati gitu ya. Pengen buat gradasi hahaha. Cari lipstik aja kali ya. Lip cream kebanyakan emang yang warna nyala.

    ReplyDelete
  32. mba aruuuuum.... kmrn aku sok beli yang pinky beige, taunya di aku jatohnya malah bikin muka kucel ga bangetss gitu.. kesel deh mana tanggal tua belinya /tetep ga mau rugi/.. hahaha trs aku beli lagi yang merlot dan OMFG gilaaaaa aku sukaaaa banget, cucok abis deh si merlot ini, mana ke mutiara pilih2 warnanya sambil ngeslide blog mb arum ini.. emang benran racun tp keracunan yang menyenangkan gituuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak cocok sama nude-nya yaaa? Tapi iya sih, kalau Merlot itu kayaknya bakalan cocok sama semua skintone. Lope lope banget dah sama Merlot.

      Hihihi...jadi maluuuu.

      Delete
  33. Mau tambahin aja nih,no 12 14 16 17 18 19 20 udah launching mba hihihi..yg mau boleh kontak aku jg sekalian promosi haha (id line: klimhasmst)
    Aku jg penggemar no 008 dan 011 keren gt ke kulitku yg sawo matang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba arun thanks ya untuk review nya,jd bisa lebih hti2 juga pilih wrna buat bibirku
      Pernah salah pilih wrna itu no 002 dan itu noooo bgt,ga cuco sama wajah dan pias kya abis sakit:D

      Delete
    2. Wah, kayaknya warna-war a favorit kita samaan yah. 02 aku juga nggak demen. Tapi suamiku suka ya sudahlah. Hahahaha...

      Delete
  34. mbak eyeshadow na pakai apa ya?hehe

    ReplyDelete
  35. Mb aruum ak prnh pke lpcream LAgirl tp rsanya bbir kya kna lem, kering
    Kalo ini dpke gmn? Enak ndak?
    Pngn beli tp msh ragu :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. LA Girl aku nggaj suka. Iya lengket
      Kalau mineral botanica, dibaca dong reviewnya. Perasaan aku tulis perpoin deh :(

      Delete
  36. Bener bener teracunii .. pengen banget beli mineral botanica tapi susah belinya :_

    ReplyDelete
  37. Hallo mbak Sekar Arumm, tinggalnya di Jogja yah mbak? :)
    Seneng deh aku suka baca review2 dari mbak, yg buat ak seneng krn di bahas lengkappp bangettt.. plus minus dari tiap2 warna, yg jarang banget ak dapetib dari beaut bloger yg lain! Tiap ak pengen beli lipstick slalu cari tau dulu dari review2 di internet, dan dari review2 yg mbak buat bnyk ngebantu aku kalo pengen beli kosmetik :D

    Thxx bingoo :)
    Moga bsa ketemu suatu saat yahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, aku di Jakarta ;)
      Wah, thanx ya. Senang kalau reviewnya membantu. Tentu akan senang sekali kalau suatu saat kita bisa ketemu :).

      Terima kasih

      Delete
  38. Mba arummm.. aku galau nih, udah punya mica yg nomer yg sweet honey (5) sm merlot.. suka semuanyaa.. tp reviewnya bener mba yg sweet honey emg payah bgt teksturnya..
    Aku pengen beli warna buat kondangan bagusnya yg mana yaa.., kulitku sawo matang.. aku galau mau beli yg apple bery, apa yang plum fairy.. budget terbatas nih syedihh:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu mah soal selera. Silahkan dipilih sendiri mb, saya cuma bisa bantu pakai swatch dan review ;)

      Delete
  39. Mba arumm...blognya gorjesss bgt. Aq klo bingung mo beli makeup pasti melipir dulu kesini buat check review km. Mba aq request bkinin part 2 nya dunk..soalnya khn botanica bikin warna baru 12-20 nd warnanya juga kece2..can u do it..thank u mba

    ReplyDelete
  40. Baru baca reviewnya kak, saya lgsg jatuh cinta sih sama botanica padahal baru punya satu, pink partfait. Dan berencana koleksi semua, hihi.
    Kalau buat saya, stlh pakai bbrapa produk lipstik, baru botanica yg buat kulit bibir saya gak mengelupas walau dipakai seharian.
    Mau coba yg pinky orange, tp kakak bilang cm bagus buat poto ya warnanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung warna kulitnya kok. Coba aja pakai si pinky orange siapa tau cocok ;)

      Delete
  41. Mbak arum mnrtmu antra purbasari n botanica ini lbih enakan mana dipakenya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dua duanya. Beda sih feelnya nggak bisa dibandingin

      Delete
  42. kak, klo buat yang masih umur belasan taun, biar gak terlalu keliatan bangun tidur tuh cocoknya champagne beige / pink beige / orchid pink? T.T bingung

    ReplyDelete
  43. ah sebel deh ,, suka keracunan gini kalo buka blognya km mbak hahahah...
    suka banget deh , bibirku item gitu, klo pake yang mauve kira kira cocok gak yah ,,

    ReplyDelete
  44. Sweet honey sama wardah nomor 3 sama gak mbak? Atau sweet honey lebih pucet? ak nyari lipcream dari purbasari 90 cocoknya apa ya? minta saran mbak :')

    ReplyDelete
  45. pernah beli 019 bagus warnanya, pas habis aku beli di online shop yg berbeda tp kok warnanya beda ya lbih pucat dan encer, aroma butter yg tajam bgt,ga seperti yg aku beli pertama.. tlong pnjelasannya dong ka mana yg ori dan kw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga ngerti. Coba minta penjelasan ke sellernya

      Delete
  46. Lagii mbak wkkwkw. Jujur aja, ini juga lipcream favorit yang aku beli karena keracunan review dari mbak arum. Sampe sekarang masih pake yang shade merlot, yang jadi farovitnya mbak arum juga wkkwkw. Seneng gitu, review mbak arum bener bener can relate lah. Tiap mau beli produk apapun, emang nyoba nyarinya review mbak arum dulu heueue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merlot cakep banget emang yaaa. Sayangnya aku beli lagi si Merlot warnanya kayak berubah gitu

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.