Girl Power! Tradisi Dukun Perempuan di Dunia

4 comments
Dukun Perempuan di Seluruh Dunia

Hai sobat racun, balik lagi di ((rubrik)) racun klenik asuhan kak Juna. 

Kemarin saya habis nonton beberapa drama korea yang temanya adalah Mudang atau dukun di Korea. Inget, mudang ya, bukan madang. Itu mah kegiatan saya setiap saat.

Tentu saja karena saya kepo soal mudang, jadi saya coba baca-baca soal perdukunan di luar negeri. Hasilnya ternyata ada banyak kegiatan perudkunan di luar negeri yang dilakukan oleh perempuan lho! Girl power!

Dukun juga nggak selalu berkonotasi negatif. Dukun yang dimaksud disini menjalankan banyak hal, mulai dari ritual pembersihan diri, mengusir setan sampai membuat obat. Di beberapa culture, keberadaan shaman atau dukun ini merupakan bagian dari kebudayaan dan praktek relijius masyarakat.

Tradisi perdukunan atau shamanism memang ada dimana-mana. Jadi bukan hanya di Indonesia aja yang banyak dukunnya. Shamanism dan witchcraft ini juga tentunya ditentang habis-habisan oleh para pemuka agama, karena biasanya nggak sesuai dengan ajaran agama. Tapi dari tahun ke tahun, para penggiat tradisi perdukunan ini tetap lestari.

Selain itu, keberadaan dukun perempuan juga perlahan mulai menghilang tergerus kebudayaan yang patriarkis. Walau begitu, masih ada kok para perempuan hebat yang melanjutkan tradisi turun-temurun mereka sebagai seorang Shaman

Nah, berikut saya coba ceritakan beberapa budaya perdukunan yang dilakukan oleh perempuan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. PS: ada banyak penelitian antropologi yang membahas soal ini lho. Kalian bisa cari jurnal-jurnalnya untuk tahu lebih banyak soal kebudayaan female shamanism ini.


Mudang/   Manshin – Korea

Dukun Perempuan merupakan hal yang biasa di Korea, bahkan ada banyak drama korea yang mengangkat kisah kehidupan Mudang ataupun Manshin. Mitosnya, para dukun ini mendapat kekuatan dari  Sungmo (Holy Mother). Nah di bebreapa daerah, Sungmo juga dikenal dengan nama Daemo, Jamao, Sinmo, dan Nogo. 

Sungmo ini tadinya dipercaya adalah seorang tuan putri bernama Ahwang Kongju yang kemudian  berubah menjadi dewi. Tuan putri ini bisa menyembuhkan dan memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Kemudian lahirlah para Mudang yang melanjutkan kekuatan sang putri. Makanya Mudang menggunakan baju berwarna merah dan emas karena mengikuti baju Putri Ahwang Kongju ini.

Ada dua jenis mudang, yaitu Kangshinmu atau mudang yang memang dididik untuk menjadi mudang karena ‘terpilih’ atau dirasuki oleh roh tertentu, dan ada juga yang disebut dengan Seseummu atau shaman karena keturunan.

Sebenarnya ada juga Mudang laki-laki. Namun biasanya mereka disebut dengan Sana Mudang atau Baksu untuk membedakan dengan mudang perempuan. Saat ini banyak Mudang atau Manshin yang membuka “praktek” di perkotaan dan tentu saja menyelesaikan masalah-masalah yang keduniawian seperti perjodohan, pembersihan rumah baru, dan lain-lain.


Ayahuasca Noma – Peru 

Peru termasuk negara yang paling berbahaya untuk perempuan nomor 2 di Amerika Selatan. Di negara Peru sendiri, masyarakatnya memang cenderung male-dominated society, padahal ada salah satu culture Female Shamanism yang terkenal sekali yaitu Ayahuasca Noma atau Medicine Woman.

Untuk bisa menjadi Ayahuasca Noma, seorang wanita harus melalui diet ketat, berbagai macam tes dan rintangan, serta tidak minum alkohol dan tidak melakukan aktivitas seksual, bahkan tidak memiliki hubungan percintaan dengan orang lain. Tugas Ayahuasca Noma adalah menjadi perpanjangan Ibu Bumi dengan menyalurkan kekuatan berupa “feminine energy” kepada pasiennya.

Sebenarnya laki-laki juga bisa menjadi penyembuh. Namun karena elemen keibuan dalam pekerjaan Ayahuasca Noma, maka para pria pun harus mempelajari mengenai pengobatan dengan feminine energy. Penyembuhan dengan Ayahuasca juga merupakan tradisi turun temurun yang semakin sulit dilakukan sejak populernya tanaman yang unik ini.

Ayahuasca sendiri sebenarnya adalah tanaman yang tumbuh di Amerika Selatan. Tanaman ini punya kandungan psychoactive dan seringkali digunakan sebagai minuman dalam tradisi perdukunan untuk membersihkan jiwa seseorang. Konon setelah mengonsumsi Ayahuasca dalam ritual yang dilakukan Ayahuasca Noma, seseorang bisa mendapatkan vision terkait kehidupan dan alam semesta.

Praktek Ayahuasca Noma menggunakan Ayahuasca ini disebut juga dengan entheogen yang berarti generating the divine within atau membangkitkan keistimewaan di dalam diri. Biasanya enteogen ini bisa berupa Peyote, Psilocybin, Jamur Amanita Muscaria, dan Ayahuasca. Bagi kalian yang menggemari serial Supernova dari Dewi Lestari, pasti sudah familiar dengan nama-nama yang saya sebutkan barusan 😊

Tradisi Dukun Perempuan


Babaylan – Filipina

Di Filipina, terdapat profesi Babaylan atau Balian/ Katalonan (tergantung daerahnya). Babaylan ini merupakan dukun dari berbagai macam etnis di Filipina dan memiliki keahlian untuk berbicara dengan roh, baik roh orang yang sudah mati ataupun roh di alam. Babaylan biasanya adalah perempuan atau laki-laki yang feminin, dikenal juga dengan istilah asog atau bayok.

Tugas babaylan seperti dukun lainnya, dia berfungsi menjadi medium dari roh halus yang dipanggil dan juga melakukan pengobatan. Setiap Babaylan memiliki kemampuannya masing-masing untuk melakukan pemanggilan roh. Selain melakukan pemanggilan roh, Babaylan juga melakukan pengobatan untuk penyakit spiritual.

Kultur Filipina zaman dulu percaya pada adanya dualisme jiwa atau yang kita kenal juga dengan twin soul. Jadi setiap orang memiliki dua jiwa, yaitu jiwa yang hidup/ ginhawa alias badan kita sendiri, dan jiwa astral/ kalag yang bisa berjalan ke dunia spirit. Nah, kalau yang sakit Ginhawa, maka berobatnya normal nih ke dokter. Tapi kalo yang sakit kalag, maka berobatnya ke Babaylan.

Babaylan juga bisa meramal dan membuat ramuan ataupun jimat. Hanya saja, beberapa Suku seperti Suku Manobo di Filipina memisahkan antara penyihir dan Babaylan. Kalau penyihir itu mendapatkan kekuatan dari mantra ataupun benda bertuah, kalau Babaylan itu meski tidak punya kemampuan sihir namun bisa berkomunikasi dengan dunia roh.


Dukun Pangkeng – Betawi

Dari negeri sendiri ada Dukung Pangkeng / Tukang Pangkeng / Rangkeng, yang berasal dari Betawi. Pangkeng sendiri berarti kamar atau ruangan yang ada di dalam rumah. Tugas dukun pangkeng adalah melakukan upacara Mangkeng untuk menangkal hujan dan menyukseskan acara.

Dukun pangkeng adalah perempuan. Tugasnya adalah duduk di dalam pangkeng pendaringan atau kamar tempat menyimpan nasi/ beras. Sepanjang melaksanakan tugasnya dukun pangkeng harus berpuasa dan tidak boleh mandi. Puasanya dukun pangkeng ini unik, karena dia harus puasa di pangkeng pandaringan tempat dia bertugas, tapi boleh makan dan minum di rumahnya sendiri pada waktu tertentu.

Uniknya, dukun Pangkeng nggak hanya diam di tempat bertugasnya. Dukun Pangkeng juga bertugas mengatur hadiah yang dibawa undangan acara, atau mengatur mulangin alias besek yang akan dibawa tetangga. Dengan kemampuan spiritualnya, Dukun Pangkeng akan membuat makanan yang dimakan tamu menjadi sangat enak meskipun hidangan yang disajikan ala kadarnya.

Waw, apakah di rumah saya ada dukun pangkeng? Kok saya kalau makan enak terus *kabur*

 

Female Shamanism

Sebenarnya masih banyak lagi cerita para dukun perempuan dari seluruh dunia yang menarik untuk diceritakan disini, tapi nanti post-nya jadi terlalu panjang. Kalau kalian tertarik buat tahu lebih banyak soal perdukunan di seluruh dunia, boleh komen di bawah supaya Mbak Arum nyuruh saya nulis lagi ya.

 Salam olahraga!

Review BLP Lip Coat - Swatch All Shade

10 comments

Review BLP Lip Coat - Swatch All Shade

Udah lama ya saya nggak lip swatch? Kayaknya banyak yang kangen, soalnya lip swatch adalah blogpost yang pastinya banyak foto FOTD saya dalam berbagai pose uwu. Nah, kebetulan saya udah berhasil ngumpulin semua shades BLP Lip Coat. Jadi saya  mau bikin full review dan swatch

Baca juga: Review BLP Lipstick - All Varian

Saya termasuk yang telat banget nyobain BLP Lip Coat. Dan ketika pertama kali nyobain salah satu shade-nya, kayaknya saya lagi apes karena teksturnya kurang begitu bagus. Tapi selang lama kemudian, saya lupa awalnya bagaimana, tapi BLP mulai ngirimin beberapa shade lain untuk saya coba, dan saya malah jadi jatuh cinta sama BLP Lip Coat ini. Beneran deh, kayaknya ini jadi go to lipstick saya. Kalau lagi males mikir pakai listik apa, pasti ambilnya BLP Lip Coat atau Lip Bullet. Udah jaminan pasti warnanya bagus dan teksturnya nyaman seharian. Saya kayaknya memang beneran apes pas pertama kali coba dan dapet tekstur yang nggak begitu enak. Karena shade-shade selanjutnya (baik yang dikasih BLP maupun yang saya beli sendiri) bagus-bagus semua.

Alasan kenapa awalnya saya nggak suka, tak ceritain sambil review aja ya. Biar lengkap.

Swatch BLP Lip Coat All Shade

Kemasan BLP Lip Coat ini simpel, nggak neko-neko, tapi materialnya bagus dan sturdy. Jadi kesannya memang mahal. Puas gitu lho punya produk ini, berasa punya produk high end. Saya anaknya gampang tergoda sama packaging yang bagus. Tapi selera saya memang packaging yang simpel dan elegan gini. Nggak terlalu suka yang rame dan playfull. Jadi memang packaging produk-produknya BLP itu sesuai kepribadian saya yang elegan. Nggak usah protes.

Kuas aplikatornya doe foot, empuk gitu. Bisa pick up produk dengan baik dan bisa meratakan warna di bibir dengan nyaman. Bisa dipakai menggambari lambe dengan presisi juga, jadi gampang kalau mau bikin overdrawn lips yang lagi ngetren itu. Ini jenis kuas lipstik yang common tapi tetep jadi favorit saya memang.

review formula BLP Lip Coat

Kalau soal formula, menurut saya BLP Lip Coat saat ini adalah liquid lipstick lokal yang formulanya paling pas buat saya! Saya nggak akan bilang terbaik kali ini, soalnya kebutuhan tiap orang beda-beda. Yang lebih pigmented ada, yang lebih ringan juga ada, tapi BLP ini adalah yang paling pas buat saya.

Menurut saya BLP ini formulanya ada di antara Looke Holy Lip Cream dan Dear Me Perfect Matte Lip Coat:

  • Looke Holy Lip Cream: super awet, anti baday, mask frendly, dan sangat-sangat pigmented. Tapi formulanya creamy, terasa tebal dan menyengkram bibir (walau masih dalam kategori nyaman).
  • Dear Me Perfect Matte Lip Coat: sangat ringan dan nyaman di bibir kayak nggak pakai apa-apa. Tapi memang pigmentasinya kurang, terutama untuk warna-warna nude-nya. Kurang oke untuk overdrawn lips karena garis bibirnya tetep kelihatan.
  • BLP Lip Coat: Tidak se-pigmented dan seawet Looke, tidak seringan Dear Me. Tapi pigmentasi, tekstur, dan keawetannya pas! Tergolong nyaman, pigmentasinya masih oke untuk overdrawn lips, dan cukup awet walau tetep akan nyeplak kalau pakai masker dalam jangka waktu lama.

Tekstur BLP Lip Coat ini creamy cenderung kental, tapi nggak kental-kental amat. Di bibir ada sedikiittt sekali rasa powdery setelah nge-set, tapi masih sangat nyaman dan nyaman dipakai seharian. Pigmentasinya tergolong bagus, tapi memang untuk warna nude pigmentasinya sedikit lebih misqueen ya. Byasa lah, yang sempurna hanya Nicolas Saputra. 

swatch BLP Lip Coat

swatch BLP lip coat all shade

BLP Lip Coat ini punya 13 shades. Nah, varian shade ini adalah alasan saya awalnya nggak tertarik dengan BLP Lip Coat. Saya ini anak nude dan earthy tone kalau untuk lipstik. Tapi pas awal-awal BLP Lip Coat keluar dengan koleksi #BeAdored, warna-warna pilihannya memang kebanyakan warna-warna yang cenderung ke pinky. Baru kemudian menyusul BLP membuat Lip Coat koleksi #BeReal dengan menambahkan 3 warna warm nude.

Tapi setelah digabung semuanya pun, koleksinya masih cenderung lebih banyak warna-warna cool tone dan pinkish ya. Warna yang condong ke nude beige dan oranye ada 5, yang dingin-dingin ada 8. 

Saya harus mengakui kalau BLP nggak main-main sih pas bikin shade. Karena bahkan warna-warna pink-nya juga masuk untuk kulit saya yang warm tone. Memang warnanya dirancang untuk kulit Indonesia ya. Tapi memang biasanya saya tertarik sama warna-warna warm sih ya. Jadi pas belum nyobain rasanya nggak tertarik. Walau setelah nyobain ya kemudian malah jatuh cinta sama beberapa warna pink-nya. Tapi itulah alasan saya awalnya nggak tertarik. Tak kenal maka tak zheyenk. 

Ya udah langsung aja lip swatch ya. Ini karena shade-nya sakbajeg kere, jadi FOTD-nya saya bikin 3 hari agar bibir saya tidak merana. Jadi maafkan kalau baju dan makeup beda-beda.


BLP Lip Coat Butter Fudge

Butter Fudge adalah BLP Lip Coat pertama yang saya punya. Warnanya cantik banget! Nude yang kayaknya memang diciptakan buat saya! Tapi Butter Fudge ini memang secara tekstur paling powdery dan kering dibanding shade lainnya sih. 

Jadi saya awalnya nggak tertarik beli BLP Lip Coat yang lain karena ini. Warna Butter Fudge itu bagus dan saya cinta mati. Tapi untuk tekstur seperti ini, saya nggak tertarik dengan warna lain. Tapi ternyata saya salah! Warna lain ternyata punya tekstur lebih baik! Butter Fudge ini memang tekstur khusus sih. Setelah warna ini, saya nggak akan bahas tekstur lagi, karena yang lain sama sekali nggak ada masalah dari segi tekstur.


BLP Lip Coat Maple Waffle

Maple Waffle adalah warna nude coklat medium dengan hint mauve, namun masuk kategori warm tone. Menurut saya warna ini adalah everyone favourite. Masuk ke semua warna kulit, cocok digabung dengan riasan apapun, cukup natural tanpa ada kesan pucat.


BLP Lip Coat Ginger Bread

Ginger Bread adalah warna coklat dengan sedikit hint yellowish dan greyish yang unik dan langsung jadi favorit saya! Warnanya unik dan saya belum menemukan warna serupa di brand lain. Mbok yakin! Tapi memang ini bukan warna lipstik yang umum dipakai sehari-hari ya  kecuali kamu adalah Sekar Arum yang bodo amat pakai warna apapun se-mood-nya buat kemanapun. 


BLP Lip Coat Peach Soda

Peach Soda adalah warna peach. Mix antara oranye dan pink. Hmm...ini kayaknya satu-satunya shade yang saya nggak suka di BLP Lip Coat. Karena di skintone saya jatuhnya jadi terlalu neon dan nyolot. Tapi saya sih membayangkan ini bakalan cantik banget dipakai oleh kalian yang kulitnya fair.


BLP Lip Coat Pumpkin Sorbet

Pumpkin Sorbet adalah warna muted orange. Warnanya cantik dan unik! Warna bold tapi nggak terlalu mencolok dan nggak neon. Pumpkin Sorbet ini menurut saya adalah warna lipstik yang sempurna untuk fall season.


BLP Lip Coat - Peppermint Pink

Peppermint Pink adalah warna pink muda. Warnanya soft dengan kesan yang sangat girly, dan ada sedikit bias warm tone. awalnya saya kira warna ini nggak akan masuk di skintone saya. Tapi ternyata masuk dan manis banget! Nggak aneh dan nggak neony.


BLP Lip Coat Persimmon Pie

Persimmon Pie adalah warna mauve pink yang warm tone. Meskipun warnanya cenderung pink, namun menurut saya ini warna yang aman dipakai untuk semua skintone.


BLP Lip Coat Lavender Cream

Lavender Cream sekilas tampak seperti Persimmon Pie ya? Namun Lavender Cream ini lebih cool tone (atau keunguan). Tapi walau cool tone, warna ini tetap cocok dipakai oleh pemilik kulit dengan yellow undertone kayak saya.


BLP Lip Coat Burnt Cinnamon

Burnt Cinnamon adalah versi lebih reddish dari Persimmon Pie dan Lavender Pink. Burnt Cinnamon ini juga everyone favourite lho! Banyak banget teman saya yang suka sama warna ini.


BLP Lip Coat Beet Me

Beet Me adalah kesempurnaan! Wkwkwkwkkw nggak ngerti lagi kenapa bagus banget sih? Saya kaget aja saya bisa suka sama warna pink fuchsia seperti ini. Tapi memang warnanya bagus banget. Pink keunguan yang super stunning, tapi nggak "kaget" di kulit saya. Ini favorit saya kalau lagi pengen pakai lipstik yang sedikit lebih berani.

Baca juga: Serba-Serbi Warna


BLP Lip Coat Red Velvet

Red Velvet adalah versi yang lebih ungu dan deep daripada Beet Me. Saya agak heran kenapa namanya Red Velvet ya? Karena dalam bayangan saya, Red Velvet ya merah.



BLP Lip Coat Candy Apple

Candy Apple adalah warna classic red. Warna merah yang stunning dan pasti cocok untuk semua warna kulit. Pilihan yang tepat untuk kamu yang pengen jadi pusat perhatian. Personaly, saya suka banget Candy Apple untuk diombre bersama dengan Butter Fudge. Warnanya jadi seger dan kecupable.



BLP Lip Coat Bloody Mary

Bloody Mary adalah Bloody Mary. Warna yang bisa kamu bayangkan kalau mendengar kata Bloody Marry. Merah gelap!



Harga BLP Lip Coat Favorite

Saya nggak bisa pilih satu saja warna favorit karena saya punya beberapa favorit tolong jangan protes. Ini favorit saya:
  1. Butter Fudge
  2. Ginger Bread
  3. Beet Me
Butter Fudge memang teksturnya nggak sebagus yang lainnya ya. Tapi sebenernya nggak jelek juga. Kalau dibandingin saya lipstik-lipstik brand lain ya masih tergolong bagus. Dan warnanya bikin semua kekurangannya termaafkan sih. Cantik banget pas saya pakai. Apa saya yang dasarnya juga cantik ya?

Udah deh segitu aja. Kalau favoritmu warna yang mana nih? Kalau pengen kembaran sama saya kamu bisa beli BLP Lip Coat ini dengan harga Rp.139.000,-.

7 Rekomendasi Parfum Wanita Enak Harga Super Terjangkau (Part 2)

8 comments

7 Rekomendasi Parfum Wanita Enak Harga Super Terjangkau

Koleksi parfum memang menyenangkan. Pokoknya segala yang wangi-wangi deh saya suka koleksi, untuk mengusir bau-bau kemunafikan di dunia ini. Aroma itu memang soal selera. Tapi beberapa waktu yang lalu, saya tulis rekomendasi 7 parfum wanita harga terjangkau, dan ternyata banyak yang cocok juga. Jadi anggaplah selera saya tuh selera pasar wkwkwkwk. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Parfum Wanita Aroma Enak Dengan Harga Terjangkau (part 1)

Setelah sekian lama dan saya udah nyoba banyak parfum lagi, saya udah ngumpulin lagi 7 parfum cewek yang harganya di bawah 150 ribu tapi aromanya endes. Tenang aja, saya nggak ngasal kok. Nggak semua parfum cewek murahan saya masukin ke sini. Pokoknya yang masuk di artikel ini beneran udah saya kurasi sesuai dengan selera saya, yang semoga masih mewakili selera pasar.

Nah, ini dia 7 parfum cewek harga murah tapi wanginya wuenak pol! Seperti biasa sekalian saya kasih harga dan tempat beli yang terpercaya agar kalian tinggal rebahan aja sambil order.


Review Paquito Body Mist Lys de France

1. Paquito Body Mist Lys de France

Harga: Rp 20 100
Beli di sini 

Pernah nyobain sabun mandi supermarket merek Paquito yang warna putih? Nah, sekarang dia ada body mist-nya. Aromanya tuh classic white floral yang khas Paquito banget lah. Dan aromanya ngingetin saya dengan masa kecil, karena di rumah orang tua saya dulu selalu pakai sabun Paquito ini. 

Kalau di antara semua parfum yang saya mention di sini, saya paling suka Paquito. Mungkin karena faktor kenangan juga sih. Cuma memang botol Paquito Body Mist ini paling tidak fancy. Bentuknya elek dan terbuat dari plastik biasa banget deh. Tapi kan yang penting aromanya, ya? Dan untuk harganya yang cuma 20 ribuan, Paquito Body Mist ini wanginya sangat nempel dan tahan lama.


review lux botanicals freesia & tea tree fine fragrance mist

2. Lux Botanicals Freesia & Tea Tree Fine Fragrance Mist

Harga: Rp 35 000
Beli di sini 

Siapa nih yang suka sama sabun Lux? Dulu saya penggemar sabun Lux lho, sebelum negara eksim menyerang semakin parah dan saya harus pakai sabun fancy yang harganya lebih mahal dari harga diri. Lux tuh memang terkenal juwarak deh kalau soal aroma sabun mandi, terutama yang batang. Makanya pas Lux bikin Fragrance Mist, saya langsung gas cobain. Dan memang enak terutama yang varian Freesia & Tea Tree ini, yang botolnya hijau. Oh iya, meskipun botolnya plastik, tapi desainnya kelihatan elegan nggak kayak Paquito.

Aromanya perpaduan antara segar seperti aroma teh, yang berpadu dengan aroma musky yang hangat. Jadi memang nggak fresh banget, tapi juga nggak warm banget aromanya, cocok dipakai pagi maupun malam. Kalau kamu termasuk yang nggak suka parfum dengan aroma warm, tapi butuh parfum yang wangun buat dipakai acara malem, bisa cobain Lux Botanicals Freesia & Tea Tree Fine Fragrance Mist deh! 

Baca juga: Rekomendasi Body Care Untuk Kering-Sensitif/ Eczema


Review Vivelle Shimmering Joy

3. Vivelle Shimmering Joy EDT

Harga: Rp 27 000
Beli di sini 

Vivelle memang pemain lama ya, namun akhir-akhir ini Vivelle memang sedang lucu-lucunya. Sedang banyak produk-produk parfum baru yang menarik banget buat dicobain. Salah satu yang saya coba dan suka adalah Vivelle Shimmering Joy botol gold ini. Botolnya memang terlihat simpel, tapi ini dari kaca lho. Dipegang manteb dan terasa mevvah.

Jujur aja ya, aroma Shimmering Joy ini terasa "murah". Maksudnya bukan tidak enak, enak banget malah! Cuma orang akan langsung notice kalau kamu pakai parfum yang harganya nggak mahal. Memang ada khas aroma supermarket di EDT ini. Tapi percayalah aromanya enak banget! Aroma floral soapy, seger banget kayak aroma-aroma habis mandi. Cocok dipakai di siang hari.


Review La Rive Cute Woman EDP

4. La Rive Cute Woman EDP

Harga: Rp 65 000
Beli di sini

Aromanya mirip banget sama parfum andalan saya, yaitu Chloe EDP! Aroma rose yang fresh, kayak aroma mawar baru dipetik. Tapi ya tentu saja, aromanya terasa lebih artificial daripada Chloe, dupe memang biasanya nggak bisa nyamain 100%. Tapi bolehlah kalau saya bilang ini 80% mirip dengan Chloe! Kalau kalian pengen coba atau mau repurchase Chloe, tapi lagi on budget, bisa banget lho La Rive Cute ini dicobain.


Review Miniso British Pear EDT

5. Miniso British Pear EDT

Harga: Rp 50 000
Beli di sini

Satu lagi dupe parfum terkenal ya! Pasti udah banyak yang tahu sih kalau Miniso British Pear EDT ini. Aromanya bisa dibilang 90% mirip dengan Jo Malone English Pear Freesia Cologne, sedikit lebih manis dan lebih nggak awet sih dari Jo Malone, tapi okelah. Aromanya khas banget dan buat yang suka memang aromanya enaaakk banget.

Terus saya juga suka botolnya yang kotak dan sturdy. Walau memang kayak plek niru Jo Malone sih. Tapi ya udah lah. Nemu parfum harga 50 ribu tapi aromanya nggak murahan itu udah prestasi menurut saya. Kalau ada budget di lain waktu, jujur saya tetep akan pilih repurchase Jo Malone sih, karena tentunya yang original lebih baik. Tapi ini boleh juga buat yang suka aroma Jo Malone English Pear Freesia, tapi budget-nya belum nyampe.


Review Mykonos Seven Roses EDP

6. Mykonos Seven Roses EDP

Harga: Rp 149 000
Beli di sini

Jujur saya awalnya beli Mykonos ini karena tertarik sama botolnya doang, botolnya mirip banget Montale, tapi versi kaleng yang lebih murah tentunya. Spesifik yang Seven Roses, botolnya memang cantik dan warnanya gold. Mau saya pakai buat props foto flatlay. Tapi ternyata aromanya boleh juga. Tipikal aroma rose yang powdery, kayak aroma bedak. Katanya ini dupe LV Les Sables Roses, tapi saya sendiri belum pernah coba originalnya jadi nggak bisa komen kemiripannya. Tapi feeling saya nggak mirip sih, karena aroma Myonos ini terasa cheap dan artificial walau enak ya!


Review Parfum Roll On

7. Parfum Roll On Travel Friendly

Harga: Rp 7500
Beli di sini

Yang terakhir ini saya nggak tau kalian suka nggak ya, tapi saya sih suka parfum roll on begini untuk dipakai olahraga, karena aromanya nggak nyebar dan cukup untuk dinikmati sendiri saja. Ini  bisa jadi solusi juga kalau kalian suka parfum tapi orang terdekat ada yang alergi parfum. 

Untuk parfum yang ini, sebenernya adalah cologne. Jadi memang murah banget harganya. Tapi kalau soal pilihan aromanya jangan khawatir, menurut saya enak-enak kok. Beberapa bahkan ada dupe parfum terkenal seperti Jo Malon dan Dior. Dan walau murah, dia udah BPOM jadi aman ya..

Aromanya yang paling sering saya pakai adalah Sweet Heart (favorit!), Lovely (dupe Jo Malone English Pear), dan Jeju Blossom. Yang lain nggak ada yang saya nggak suka sih. Semua tipe aromanya masih masuk di hidung saya, cuma favorit saya 3 itu.


Nah, murah-murah kan rekomendasi saya. Tapi wanginya enak-enak jan salah! Pokoknya jangan sampai kemissqueenan membuat kita tidac wangi ya.

Swatch Lengkap! Shade Terbaru Looke BB Cushion dan Looke Loose powder

8 comments

Swatch Lengkap! Shade Terbaru Looke BB Cushion dan Looke Loose powder

Apa produk yang langsung kepikiran kamu pakai kalau butuh makeup yang awet seharian?

Saya, Looke complexion. Tepatnya Looke Holy Flawless BB Cushion dan Looke Holy Smooth & Loose Powder. 

Looke Holy Flawless BB Cushion adalah base makeup paling tahan lama yang pernah saya coba. Coverage-nya medium, sangat ringan dan nyaman di kulit seperti nggak pakai apa-apa. Finish-nya satin cenderung matte, namun nggak cracking di kulit kering saya. Sampai sekarang belum ada base makeup apapun, baik brand lokal maupun luar, yang mampu menandingi Looke soal keawetan.

Nah, kalau Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder adalah perfect match untuk Looke BB Cushion. Sesuai namanya, bedak tabur ini punya partikel super smooth dan punya efek bluring pore. Jadi bikin all over complexion terlihat lebih halus dan flawless, kayak pakai filter. Finish-nya matte, sheer coverage, dan bedak ini juga berfungsi sebagai setting powder untuk mengunci makeup agar lebih tahan lama lagi dan nggak geser.

Kalau lagi pakai combo Looke BB Cream dan Loose Powder, wah udah deh, jadi narsis ngaca dan selfie terus sepanjang hari, karena makeup saya awet banget. Tetep halus dan perfect seharian walau nggak touch up.

Baca juga: Review Looke Holy Flawless BB Cushion, Chusion Lokal Paling Awet dan Anti Badai!

Dari review saya yang sebelumnya, saya mengkritisi soal pilihan shade Looke yang terbatas. Yaitu cuma 3 shade BB Cushion dan 2 shade Loose Powder. Soalnya saya sering diamuk follower yang pengen nyobain tapi nggak ada shades yang pas :|. Nah, untuk menjawab amukkan kalian, Looke akhirnya mengeluarkan beberapa shade baru!! Sekarang ada 6 shade BB Cushion dan 4 shades Loose Powder. Ugh...zheyenk banget akutuw sama Looke!

Berikut swatch lengkap all shades Looke BB Cushion dan Looke Loose powder. Semoga bisa dijadikan acuan kalau kalian mau membeli Looke ya. jadi ingat Looke, ingat Arum. Ehehehe...


Looke Holy Flawless BB Cushion

Looke BB Cushion All Shade Cushion
Swatch Looke BB Cushion All Shades: Iris - Eos - Clio - Damara - Diana - Hestia

Swatch Looke BB Cushion:
Iris - Eos - Clio - Damara - Diana - Hestia

6 shades Looke Holy Flawless BB Cushion ini menurut saya rentangnya sudah pas, dari yang paling terang Iris sampai yang tergelap Hestia. Semua shade yang ditawarkan adalah warm undertone, yang mana memang pas banget untuk kulit perempuan Indonesia.

Swatch Looke BB Cushion iris light beige

Iris: Light Beige
Iris adalah shade yang saya pakai awalnya. Warnanya terang dengan sedikit bias yellow tone.

Swatch looke bb cushion eos nude beige

Eos: Nude Beige
Ini shade saya! Eos ini cocok untuk kulit light-medium, dengan yellow undertone yang lebih kuat daripada Iris.

Swatch looke bb cushion Clio Medium Beige

Clio: Medium Beige
Cocok untuk medium skintone dengan peachy tone.

Swatch Looke BB Cushion Damara: Warm Honey

Damara: Warm Honey
Masih dalam range medium skintone, namun dengan undertone yang lebih neutral dan condong ke kuning. 

Looke BB Cushion Swatch Shades Diana Honey Beige

Diana: Honey beige
Cocok untuk kulit medium to dark skintone, dengan strong yellow undertone.

Loooke BB Cushion Swatch Hestia Honey Bronze

Hestia: Honey Bronze
Dark skintone dengan neutral undertone. Saya sendiri suka sekali shade ini untuk contouring, karena jatuhnya pas sekali di kulit saya, seperti warna bronzer yang natural dan nggak kemerahan.


Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder


Review dan Swatch Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder
Swatch Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder Freya - Rhea - Terra - Restia

Swatch Looke Loose Powder:
Freya - Rhea - Terra - Restia

4 shade Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder ini, seperti loose powder pada umumnya, tentu coverage-nya sheer. Jadi sebenernya nggak perlu terlalu banyak pilihan shade, karena satu shade akan bisa mencakup ke banyak skintone. Jadi 4 shade Looke Loose Powder ini menurut saya udah cukup banget, kalian pasti akan menemukan shade yang pas untuk kulit kalian di sini.


Swatch Looke Loose Powder Shades Freya Light Beige

Freya: Light Beige
Ini shade yang saya pakai. Freya ini ligth dan cenderung translucent. Di kulit saya jatuhnya pas, ngasih sedikit efek brighten up skintone, dan nggak mengubah warna makeup di bawahnya.

Swatch Looke Loose Powder Shades Rhea Natural beige

Rhea: Natural Beige
Medium skintone dengan yellow undertone. Di kulit saya sedikit kegelapan, tapi saya suka dengan tone kuningnya.

Swatch Looke Loose Powder ShadesTerra Medium beige

Terra: Medium Beige
Medium skintone warm udertone, satu tingkat lebih gelap dan lebih neutral tone dari Rhea.

Swatch Looke Loose Powder Shades Restia (Tawny beige)

Restia: Tawny Beige
Medium dark dengan neutral undertone.


My Shade

Shades EOS, clio dan Damara

Kulit saya adalah light-medium skintone dengan yellow undertone. Makin terang sih sejak pandemi, karena nggak pernah ke pantai ehehehe... Shade yang cocok banget untuk kulit saya adalah Eos. Tapi kalau untuk foto-foto atau video, saya lebih suka shade foundation yang setingkat lebih gelap dari kulit saya. Tadinya saya pakai Clio. Tapi setelah muncul shade baru, saya memilih Damara karena lebih pas untuk kulit saya, sementara Clio sedikit terlalu peach undertone-nya untuk kulit saya.

Jadi kalau ada yang nanya, shade Looke Cushion saya adalah Eos, sedangkan shade Looke Loose Powder untuk saya adalah Freya.

Cara Menggunakan Looke BB Cushion Hestia Untuk Contouring di Wajah

Lalu, saya juga suka dengan Looke Cushion Hestia yang warnanya di kulit saya pas banget untuk contouring. Dan surprise, karena ternyata contouring dengan menggunakan Cushion lebih gampang daripada pakai contour stick saya yang biasanya. Pigmen warnanya lebih gampang dikontrol dan di-blend, hasilnya juga jadi lebih natural dan anti gagal. trust me! Kalian harus banget cobain Hestia ini untuk contouring.

Kritik saya soal shade terbaru Looke ini cuma satu, yaitu stiker warna yang ditempelkan di dos kemasan produknya, baik cushion maupun loose powder, nggak akurat menggambarkan warna shade-nya. Bahkan mendekati urutannya pun tidak. Jadi jangan memilih shade berdasarkan warna stiker pada dos kemasannya ya.


Look & Swatch Lengkap BB Cushion dan Loose Powder Looke | racunwarnawarni

Tunggu apa lagi sih? Looke BB Cushion dan Looke Loose Powder ini punya kualitas yang oke, ringan dan awet ketika digunakan, dan sekarang pilihan shade-nya sudah sangat beragam! Saya yakin sih kamu pasti bakalan bisa menemukan shade yang perfect untuk kulitmu dalam produk ini.

Kalian bisa dapatkan shade terbaru produk complexion Looke ini dengan harga:
  • Looke Holy Flawless BB Cushion: Rp 225 000,-
  • Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder: Rp 160 000,-

IG: @LookeCosmetics
Twitter: @LookeCosmetics