Review Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion, dan Swatch All Shades

20 comments
Review Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion All Shade

Sebenarnya saya termasuk yang nggak terlalu suka dengan cushion foundation. Saya mah anaknya old school, lebih suka foundation dalam kemasan botol. Tapi kemudian saya nyobain Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion, dan barulah saya merasa bahwa, "oke, akhirnya saya suka sama cushion!"

Sudahnya saya memang suka produknya, lalu saya dapet 8 shade cushion ini sekaligus pula! Jadi saya memutuskan untuk review Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion, sekalian ngasih swatch all shade (termasuk new shade), dan menjelaskan shade-nya satu persatu. Saya sendiri sih paling cocok sama Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion shade Coco. Sedikit kegelapan, tapi saya suka. Nanti akan saya jelaskan juga kenapa saya suka Coco.

Saya akan kupas tuntas produk ini ya. Karena bisa jadi saya suka banget, tapi kalian enggak. Nah, untuk itu, kalian bisa baca deskripsi saya yang detail, bukan sekedar pada kesimpulan bahwa saya suka atau enggak dengan produk ini.


Packaging Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Packaging Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Kemasan Somethinc Cushion ini berbentuk kotak, tapi nggak menyudut. Sedikit bulky sih menurut saya, tapi nggak terlalu masalah. Di dalam kemasannya sudah tersedia sponge atau puff aplikator dengan kualitas yang sangat bagus, dan juga cermin. Cushion puff-nya diletakkan terpisah dari produk, jadi ada penyekatnya untuk membatasi produk dengan puff saat disimpan. Ini penting biar nggak jyjyk.

Detail Kemasan Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Yang unik, cushion ini menggunakan tehnologi mesh atau jaring, bukan cushion atau bantalan. Bingung kan? Hooh, saya juga bingung. Jelasinnya.

Jadi, kemasan tempat menampung produk ini bukan cushion/ bantal empuk. Permukaannya adalah mesh seperti pada foto di atas. Kalau ditekan, akan terasa lempengan keras begitu loh, bukan bantal empuk. Oke, makin bingung kan? Pokoknya ini bagus deh nggak mudeng ya udah #MulaiFrustrasi. Mesh ini diklaim lebih higienis dan nggak menyerap produk dibandingkan bantalan cushion biasa.

Klaim tidak menyerap produk ini bener sih. Saya seringkali punya cushion, yang kalau didiemin 2 bulan aja terus mengering. Produknya nyerep di cushion-nya dan nggak bisa dipakai lagi. Tapi saya udah punya si Coco dan Charlote berbulan-bulan dan produknya masih sebagus saat pertama kali saya pakai. Ketika ditekan, produknya masih lancar keluar gitu, nggak kering.

Klaim anti-bakteri (lebih higienis) juga menurut saya cukup hooh. Soalnya lagi-lagi, cushion-cushion yang saya punya seringkali aromanya berubah kalau sudah lama. Mungkin karena cushion yang lembap mudah mengikat bakteri. Nah, mesh ini nggak pakai bantal, dan terbukti aromanya nggak berubah sama sekali walau sudah lama saya punya.

Sponge Puff Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Kualitas sponge-nya juga bagus, permukaannya halus banget dan mampu pick-up produk dengan baik. Bentuknya yang kemothak tidak bunder, bikin ujung-ujung sponge-nya enak dipakai di area-area sudut wajah yang sulit dijangkau. Sponge saya yang Coco udah saya cuci berkali-kali dan masih enak dipakai.

Refill Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Selain menjual dalam kemasan utuh, Somethinc Cushion juga dijual dalam bentuk refill yang lebih hemat. Ini menurut saya jadi tambahan nilai yang guede banget sih! Karena saya suka shayang buang-buang kemasan makeup. Jadi kita cuma perlu beli kemasan full sekali, lalu selanjutnya tinggal beli refill dan pakai ulang kemasan lama sakjebole.


Swatch All Shade Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

All shade Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Awalnya, Somethinc Cushion cuma menyediakan 3 shades, yaitu Charlote, Serene dan Coco. Namun kemudian Somethinc mengeluarkan lagi 5 shade tambahan, bersamaan dengan rilisnya refill cushion ini. Jadi ya sekarang total ada 8 shade. Dan semua akan saya swatch ya:

Swatch All Shade Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion


  • PERLE : Light - pink undertone
  • BIJOUX : Light - yellow undertone
  • NINA : Light medium - neutral undertone
  • SERENE : Light medium - pink undertone
  • CHARLOTTE : Light medium - neutral undertone
  • ECLAIR : Medium - pink undertone
  • COCO : Medium - yellow undertone
  • GODDES : Medium - yellow undertone

Untuk shade Coco, saya harus menjelaskan juga kalau menurut saya ini bukan yellow undertone, tapi lebih ke olive undertone. Undertone-nya kuning kehijuan, dan entah bagaimana malah bikin shade ini match dengan banyak warna kulit lho! Mungkin memang sebenernya shade olive ini cocok sekali dengan warna kulit orang Indonesia, cuma belum banyak brand lokal yang mengeluarkan, karena kebanyakan brand membikin warna yellow adalah kuning menuju ke oranye (warm tone), bukan kuning kehijauan (olive).

Lalu saya pernah dapat pertanyaan, "berdasarkan swatch, jadi apakah benar Charlotte lebih terang dari Serene?" Jawabannya enggak. Mereka berdua ada di tingkat skintone (atau level gelap-terang) yang sama. Cuma memang undertone-nya beda. Dan karena kulit saya cenderung kuning, jadi si Serene jatuhnya agak abu-abu di kulit saya.


Ngomongin Diversity dan Shade Foundation Lokal
Nah, ini isu yang akhir-akhir ini ngehits banget dikalangan beauty enthusiat. Katanya, shade foundation lokal dianggap belum mewakili kulit perempuan Indonesia secara keseluruhan. Dan karena kita sedang ngomongin Somethinc, saya harus bilang kalau itu benar. Walau sudah menyediakan 8 shades, namun menurut saya range warna yang dipilih oleh Somethinc ini condong lebih mengeksplorasi warna kulit terang. Isu ini juga mencuat (dan saya merasa harus membicarakan), karena brand Somethinc sendiri juga mendeskripsikan bahwa shade cushion ini specially created for Indonesian skintone, waktu meluncurkan shade terbaru mereka ini.

Jadi ketika Somethinc mengeluarkan 3 shade awal (Serene, Charlotte, Coco), dan bilang kalau mau mengeluarkan shade lebih banyak lagi, saya berpikir, mereka akan explore shade yang lebih gelap dari Coco. Tapi ternyata mereka hanya memberikan satu shade yang lebih gelap, yaitu Goddes, dan 4 lainnya dibikin lebih terang dari Serene.

Face Swatch Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion shade Coco
Somethinc Cushion shade Coco (medium - olive undertone).
Terlihat sedikit kegelapan di kulit saya yang light-medium, tapi saya suka karena undertone-nya olive dan bagus sekali jatuhnya di kulit saya.

Di tiga shade awal Somethinc, saya sendiri langsung suka dengan shade Coco. Coco adalah shade paling gelap ketika itu. Nggak perfectly match di kulit saya sih, sedikit kegelapan seperti terlihat pada foto, namun saya suka undertone-nya yang olive dan masih masuk-masuk aja di kulit saya. Dan biasanya kulit saya masuk ke golongan light-medium. Jadi bisa dibilang, 3 shade awal Somethinc Cushion ini sudah cenderung terang sebenarnya, hanya sampai medium skintone.

Waktu mereka mau membuat 5 shade baru, saya pikir akan dibagi rata, 2 shade lebih terang, dan 3 shade lebih gelap. Karena memang lebih banyak keluhan dari teman-teman yang punya shade gelap. Tapi ternyata, Somethinc cuma membuat 1 shade gelap di bawah Coco, yaitu Goddes. Goddes ini waktu dicoba oleh teman saya, Aqied, yang kulitnya tan, juga masih terlalu terang.

Saya paham sih, membuat shade foundation tentu banyak banget pertimbangannya, terkait biaya produksi dan juga target pasarnya. Mungkin, alasan kenapa banyak foundation lokal tidak menyediakan shade gelap adalah karena konsumennya tidak cukup banyak untuk mengembalikan modal produksi shade tersebut. Jadi saya sendiri cukup paham, untuk nggak terlalu berharap kepada brand baru seperti Somethinc, dalam masalah penyediaan shade yang lebih gelap. Karena ya, pembuatan shade gelap ini lebih masuk ke biaya branding, keuntungannya bukan dari penjualan produk tapi lebih ke nama baik. Dan brand yang baru merintis, tentu belum punya modal yang cukup kuat untuk hal ini. Lebih tepat kalau kita berharap kepada major brand yang sudah established dan berdaya, misalnya Wardah, Make Over, Sariayu, LT pro, dkk. FYI, saya pernah mendiskusikan ini di twitter @racunwarnawarni juga.

Face Swatch All Shade Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Tapi untuk Somethinc, saya akui, shade-nya memang cenderung terang sih. Bahkan untuk ukuran foundation lokal yang biasanya juga terang-terang, range warna Somethinc ini masih bisa dibilang terang.

Tapi saya dukung Somethinc untuk terus berkembang ya! Somethinc Cushion punya formula dan tekstur yang mantul abies! Akan perfect kalau suatu saat mereka bisa mewujudkan keinginan beauty enthusiast untuk menghadirkan shade foundation yang mewakili diversitas warna kulit perempuan Indonesia.


Tekstur dan Pigmentasi Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Tes Coverage Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion
Tekstur Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Karena ini dikemas dalam bentuk cushion, jadi saya kurang bisa (( menerawang )) teksturnya ya. Tapi ya sekilas saya colek pakai jari...eh ngga tau ding~ Saya nggak bisa bilang produk ini kentel atau encer teksturnya. Saya koplo.

Tapi kalau saya swatch satu layer dengan menggunakan sponge bawaannya, bisa dilihat pada gambar di atas ya, nutup bingit! Kesannya produknya sangat creamy dan thick. Padahal ya engga juga. Nge-blend-nya gampang banget kok. Enak pokmen. Saya ketagihan nge-blend produk ini!

Dan bisa dilihat juga, produk ini finish-nya glowing, nggak matte. Tapi glowing-nya pas kok nggak kempling banget kayak wajan. Lebih tepat dibilang satin finish kali ya? Karena glowing-nya, dia agak lama nge-set, dan harus di-set pakai bedak tabur lagi biar lebih stay. Untuk yang kulitnya berminyak, mungkin perlu ekstra pakai baking teknik. Tapi buat kulit kering saya sih sapu tipis-tipis pakai setting powder udah cakep.

Dan satu lagi yang bisa langsung terlihat, formula foundation ini bikin pori-pori dan tekstur kulit tersamarkan. Jadi beneran dah, kulit kelihatan flawless tanpa noda dan halus maksimal.

Coverage Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Pakai satu layer dengan menggunakan sponge bawaannya, hasilnya semua dosa tertutupi. Saya sendiri nggak merasa perlu bertobat pakai concealer lagi. Ini udah flawless banget sih!

Apalagi saya pakai shade Coco yang memang olive undertone atau kehijauan ya. Hijau ini bisa mengoreksi kemerahan pada kulit, dan warna kuningnya juga cukup banget untuk menetralkan dark circle di undereye. Jadi nggak perlu pakai face primer dan concealer, cushion ini udah cukup banget untuk menutupi imperfection di wajah saya.

Tapi ya jujur aja, saya nggak begitu suka full coverage foundation. Jadi saya lebih suka memakai dengan menggunakan beauty sponge (egg sponge). Atau kalau pun pakai cushion puff, pakainya saya geser-geser, bukan saya tepuk-tepuk, biar coverage-nya agak turun. Tapi kalau kalian suka yang full coverage, pakai biasa aja udah. Manteb!


Ingredient Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Formula Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion
Ingredient Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Karena kita lagi ngomongin makeup, jadi saya nggak akan membahas panjang lebar ingredient-nya ya. Saya fotokan saja untuk kalian baca, barangkali ada yang alergi atau menghindari suatu ingredient tertentu.

Cushion ini mengandung SPF 33 PA ++, yang buat saya kurang penting sih ada dalam sebuah produk makeup. Kecuali kamu yakin cushion yang kamu templokkan di wajahmu ini sudah sebanyak dua jari (sesuai takaran yang benar dalam pemakaian sunscreen), kamu harus tetap pakai sunscreen terpisah dalam jumlah yang benar.


Daya Tahan dan Oil Control Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Oil Control Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Ini penampakan Somethinc Cushion setelah saya pakai selama 6 jam ya, dengan catatan: Jenis kulit saya kering-kombinasi (sedikit minyak di T-Zone), saya pakai dengan skincare lengkap namun tanpa face primer, saya set dengan BLP Face Powder tipis-tipis, saya sempat keluar dengan menggunakan masker untuk groceries, kurang lebih 1 jam.

Before After Pemakaian 6 Jam Somethinc Cushion

Setelah 6 jam pemakaian:

  1. Dilihat sekilas secara keseluruhan, cushion masih menempel rapi di kulit dan tidak bergeser ataupun menghilang (faded). Hanya terlihat lebih berminyak di T-zone. Namun mari kita lihat lebih detil di nomor selanjutnya.
  2. Bila di-zoom, area bekas jerawat sedikiiittt lebih terlihat. Yang mana berarti memang produk sedikit faded, namun secara keseluruhan nggak terlihat.
  3. Produk mulai masuk-masuk di garis-garis halus bawah mata, namun nggak creasing parah.
  4. Produk sedikit menggumpal di area cuping hidung (ini wajar, terjadi di semua foundation pada kulit saya).
  5. Produk tidak cracking.
  6. Dry patch area tidak muncul.
  7. Warna kulit saya masih sama, yang mana berarti produk ini nggak oxidise.
  8. Produk sedikit transfer ke masker saya.

Secara keseluruhan, performa Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion ini bagus banget! Dengan segala kekurangan yang saya sebutkan di atas, percayalah, itu tergolong bagus kok dibanding foundation lain. Saya memang kadang over detail memperhatikan. Tapi sebenarnya kalau dilihat langsung tanpa niat judging, ya makeup saya masih bagus-bagus aja. Bahkan boleh dibilang performanya bisa diadu dengan high-end foundation!

Oh iya, untuk foto-foto review, saya memang zoom dan pakai mode detail ya. Jadi kelihatan tidak mulus. Kalau dilihat langsung dengan jarak pandang normal mungkin kira-kiranya seperti ini:

FOTD Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Harga Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Somethinc Cushion ini tersedia dalam dua kemasan, yaitu kemasan normal dan refill. Semua isinya sama, yaitu 15 gr. Dan jangan khawatir, kalau beli refill juga dikasih sponge atau puff aplikator baru kok.

  • Harga Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion : Rp.185.900
  • Harga refill Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion : Rp.125.000 (free sponge)
  • Harga bundle Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion + refill : Rp 248.720
(Harga berdasarkan web beautyhaulindo.)

Harga Somethinc Copy Paste Breathable Mesh Cushion

Kesimpulan
Cushion ini punya banyak banget sisi positif yang bikin dia langsung masuk ke dalam produk favorit saya, yaitu: enak banget di-blend, full coverage namun bisa diakali kalau mau tone down coverage-nya, tahan lama di kulit saya, nggak accentuates dry patch area, bikin garis-garis halus dan pori-pori samar, overall flawless deh pokoknya. Selain itu juga didukung dengan kemasannya yang gemez dengan harga terjangkau, dan tersedia kemasan refill yang bahkan lebih ngirit lagi. Sukak!

Kalau yang saya rasakan, formula cushion ini lembap dan glowing, agak lama nge-set-nya, jadi awalnya saya pikir yang kulitnya berminyak tidak akan suka. Tapi ternyata beberapa teman saya yang kulitnya berminyak pun suka sekali lho dengan cushion ini. Jadi mungkin penilaian saya salah, karena kulit saya juga nggak berminyak ^^.

Lalu kekurangan lain adalah soal pemilihan shade. Terlalu banyak range untuk kulit terang yang sebenarnya mirip-mirip dan berdekatan, namun hanya menyediakan 1 shade gelap, yang itupun masih tergolong medium ya, bukan tan. Semoga kedepannya Somethinc bisa lebih maju dan berkembang, dan bisa menyediakan lebih banyak shade! Go Somethinc!!


Pemenang giveaway Somethinc C-riously 24k Gold Essence dan Somethinc Cushion Charlotte adalah @izmi357. Selamat, Izmi. DM aku ya di instagram @racunwarnawarni.

20 comments

  1. waduh racun bener. mbak aku tu blm pernah coba cushion. kalo dari pengalamanmu pake cushion somethinc ini nunggu berapa lama dari ((( pasang ))) cushion ke nge-set bedak tabur? aku mbayangin klo kayak pake foundie cair gitu kudu nunggu kering dulu gitu yha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yha tidak lama-lama banget kok, sahabat! Langsung juga bisa kan bedak tabur bantu foundie ngeset.

      Delete
  2. Jadi penasaran,, kebetulan cushion make over hampir habis. Dan ini harga hampir sama dengan make over.trims review panjaangnya kak

    ReplyDelete
  3. wah makasih mbak arum, nambah insight nih yellow-olive bisa bantu ngoreksi kemerahan wajah. Mashookk 👍👍

    ReplyDelete
  4. Nah ini jarang ada yg bahas soal cushionnya jadi bau/kering kko udah lama,saya kurang suka cushion karna ini,tapi liat review somethinc jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kau juga heran jarang dibahas padahal itu salah satu hal yang bikin aku nggak suka cushion

      Delete
  5. Stuju soal pilihan warna di somethinc termasuk penjelasan logis untuk urusan bisnisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Somethinc kedepannya bisa berkembang eaa

      Delete
  6. Wah racun nya mbak Arum mantul! Tapi pandemi gini kmrn foundation sama cushionku pada nganggur mbak, mau beli kok ya takut numpuk numpuk 😄 setuju sama product yang malah nyerap di cushion-nya. Ini yang kadang aku merasa, cepet banget cushion abisnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipakai saja buat mentel di rumah kak daripada mubazir.

      Delete
  7. Wah in depth banget mba Arum reviewnyaa, jadi panutan kalo aku mau review complexion product juga hehe

    ReplyDelete
  8. Bund fotomu mundah kueceh pol. Kalo soal reviewnya mah jangan ditanya... udah jelas mantap. detil banget. aku sampe wes kebayang meh beli shade mana dan ekspektasinya kepie haha.Thanks bund

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAH DIPUJI ELIT GLOBAL SUNGGUNG MEMBUATKU TERSIPU SIPU BUND!!
      Makasih eaaa

      Delete
  9. Bener deh, mbak sekar panutan dalam menulis, tulisannya sopan tapi jujur, aku banyak belajar dari mbak sekar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi penasaran dan ingin tahu review yang tidak sopan :))

      Delete
  10. Halo mbak, boleh tanya kah bedanya shade Nina dan Charlotte itu gimana? karena dari deskripsinya samasama light-medium dgn neutral undertone dan dari foto ga terlalu beda jauh? Terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Charlotte sedikit lebih kuning undertone-nya, dan Nina sedikit lebih terang.

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.