Tuesday, May 9, 2017

Skincare Routine Untuk Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat


Beberapa bulan yang lalu, saya mulai jerawatan. Jerawat saya ini munculnya nggak yang geradakan langsung banyak semuka gitu, tapi per dua-tiga biji. Jenis jerawatnya adalah jerawat yang gede-gede gitu, yang kalau udah mau mateng rasanya kenceng dan perih banget. Terkadang, jerawat itu rasanya senut-senut banget dan kebawa jadi pusing di kepala. Ini pusing beneran karena nahan senut-senutnya, bukan pusing karena mikirin jerawat atau mikirin duit proyek yang nggak turun-turun :D.

Saya pas cerita soal ini di instagram story, diketawain sih sama salah satu temen follower, "halaaah jerawat doang aja lebay sampai pusing." Tapi ya piye ya, mungkin karena saya ini memang dasarannya princess dan sangat lemah lembut, jadi ya memang nggak tahan sakit. Harap maklum sama adek ya, qaqa-qaqa.

Selain rasanya yang senut-senut, jerawat yang nggak beres-beres ini juga bikin saya frustasi ngebayangin bekas-bekasnya. Soalnya memang skincare pencerah/ penghilang noda itu biasanya menyebabkan jerawat tambah meradang kalau di kulit saya. Jadi ya sebelum jerawat saya tuntas bener, saya nggak bisa pakai penghilang bekas jerawat. Padahal seperti yang kita tahu, bekas jerawat itu semakin lama didiamkan semakin susah hilangnya. Saya punya bekas jerawat yang udah bertahun-tahun yang lalu, jaman saya belum ngerti perawatan yang beginian, dan itu susah banget nggak bisa ilang bekasnya. Bahkan memudarpun enggak.

Nah, kemarin saya mencoba bongkar pasang skincare, dalam rangka mencari skincare terbaik untuk jerawat. Satu-satu sih. Pokoknya skincare-skincare baru yang terlalu rich atau menurut feeling saya bisa jadi pemicu jerawat, saya lepas satu persatu. Terus saya trial and error mencoba beberapa kombinasi produk skincare, sampai akhirnya saya ketemu formula yang pas untuk kulit saya saat sedang berjerawat. Karena formula yang satu ini adalah cara menghilangkan jerawat dengan cepat buat saya, jadi saya akan membagikan ke temen-temen semua. Udah pernah saya share di instagram sih, tepatnya di sini. Tapi sekarang saya mau share lagi lebih lengkap dan lebih jelasnya.

Tapi tolong diingat beberapa hal ya:
  1. Ini bukan sponsored post! Beberapa produk yang saya pakai memang dikasih sama brand, tapiii post ini tidak atas kerjasama dengan brand apapun. Yang saya masukin ke sini, bener-bener apa yang saya pakai rutin selama saya jerawatan kemarin.
  2. Jenis kulit saya adalah kering dehidrasi, namun berjerawat. Skincare yang cocok di saya, belum tentu cocok juga di temen-temen meskipun jenis kulit kita sama. Saya sendiri main skincare-nya adalah Avoskin, karena saya cocok banget sama Avoskin. Nah, temen-temen yang punya main skincare lain, mungkin bisa juga dicoba rutin ala saya, tapi dengan skincare yang temen-temen sudah cocok sebelumnya. Nggak perlu plek sama dengan saya kok.
  3. Ini adalah acne skincare routine, yang saya pakai saat jerawatan aja. Jadi kalau udah tuntas jerawatnya, rutin saya beda lagi.
  4. Mohon maap bila skincare routine saya ini nggak sesuai dengan pakem yang biasa diberikan oleh para skincare guru di luar sana. Sekali lagi, ini adalah yang cocok dan nyaman untuk kulit saya.
  5. Memang skincare yang saya foto di atas kelihatan banyak, tapi enggak kok, justru kalau lagi jerawatan saya ngurangin layer produk skincare. Nanti saya jelaskan satu persatu urutan pemakaiannya dan fungsinya. Jadi plis jangan komen "banyak/ ribet banget". Ya namanya jerawat nggak bisa dilawan cuma pakai satu produk, gaesss. Emangnya muka situ mau disamain kayak pakaian, dikucek pakai deterjen doang beres? :v
  6. Saya bukan dokter kulit. Jadi tolong ya temen-temen, jangan konsultasi karena saya bingung ngasih tarifnya :D.


1. First Cleanser


Tahap pertama dalam skincare adalah membersihkan muka. Dan untuk tahapan ini, saya sedang kembali ke skincare asal. Entah kenapa, feeling saya kuat mengatakan kalau cleanser-cleanser saya yang sekarang adalah biang keladi breakout saya. Pokoknya saya su'uzon aja bawaannya tiap liat deretan cleansing oil, cleansing cream, dan micellar water saya yang baru-baru ini. Perasaan sebelum kenal mereka muka saya malah baik-baik saja. Makanya saya mencoba kembali ke cleanser yang saya pakai jaman saya belum mengenal semua itu, yaitu Viva Milk Cleanser dan Pixy Cleansing Express.

Kalau sore/ malam hari, terutama kalau siangnya saya keluar rumah, saya bersihin muka dua kali. Pertama pakai Viva Milk Cleanser, lalu sekali lagi pakai Pixy Cleansing Express untuk memastikan bahwa muka saya sudah bener-bener bersih. Tapi kalau di rumah aja dan nggak pakai makeup, saya cuma bersihin muka pakai Pixy Cleansing Express. Kalau pagi hari, saya nggak pakai gini-ginian, langsung ke second cleanser.

Baca juga: Skincare Routine: Cleanse, Exfoliate, Mask


2. Second Cleanser


Second cleanser dalam bentuk sabun wajah ini juga penting banget untuk lebih membersihkan muka, dan juga menghapus sisa-sisa first cleanser yang belum terangkat oleh kapas. Buat saya sih ini wajib ya. Saya kalau skip second cleanser pasti jerawatan T.T. Produk favorit saya untuk second cleanser adalah Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser. Ini enak banget! Teksturnya creamy, nggak berbusa sama sekali, dan aromanya seger. Terus yang paling penting, dia bantu banget ngademin jerawat saya yang senat-senut, tapi nggak bikin muka kerasa kering dan ketarik.

Tapi karena si Sensatia ini botolnya gede, rada mahal, dan rada susah nyarinya, saya juga rekomendasiin Verile Acne Care Facial Wash. Saya udah nyoba juga si Verile ini. Verile ini saya bawa kalau berenang atau traveling, karena botolnya kecil dan handy. Performanya untuk jerawat saya sama persis kayak si Sensatia Botanicals, tapi memang Verile lebih berbusa dan lebih kerasa kering di kulit wajah. Tapi nggak masalah juga kok buat saya, yang penting setelah cuci muka, langsung pakai toner, pelembab, etc, jangan ditunda. Buat yang cari opsi lain dari Sensatia, saya sih rekomend Verile Acne Care Facial Wash.


3. Toner & Essence


Setelah wajah sudah bersih dan seger, lalu saya lanjut dengan pemakaian toner. Saya nggak pakai acid toner. Yang pertama saya pakai adalah Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence. Ini holy grail skincare saya banget! Dan ini bukan cuma skincare saat jerawatan, tapi memang skincare yang saya pakai sehari-hari. Mailaff deh kalau kata tante doktor. Dengan pemakaian teratur, essence ini bikin kulit saya lebih cerah, terus jerawat jarang hinggap, dan daerah dagu, hidung, dan sekitarnya bebas komedo. Saya jadi suka ngaca-ngaca sendiri, soale beneran jadi kelihatan aluuss bersih tanpa komedo gitu. Nggak usah pakai foundation juga kulitnya rasanya udah mulus. Memang sih harganya agak mahal (walau nggak semahal SK II FTE), tapi worth to try banget!

Baca juga: Review Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

Tapi si Avoskin PHTE ini di kulit kering saya rasanya kurang melembapkan. Makanya saya masih perlu pakai hydrating toner lagi. Nah, untuk hydrating toner-nya saya lagi pakai Hatomugi Skin Conditioner. Jujur aja, Hatomugi ini rasanya juga kurang lembap di saya. Saya lebih merekomendasikan Hada Labo Gokujyun Alpha-Ultimate Anti Aging Lotion untuk temen-temen yang jenis kulitnya kering kayak saya. Kalau Hatomugi ini, saya perlu dua sampai tiga layer pemakaian.


4. Acne Gel & Facial Oil


Banyak temen saya yang bilang, kalau jerawatan jangan pakai face oil yang melembapkan dulu semuka. Tapi menurut pengalaman saya, justru kalau nggak dipakaiin argan oil, si jerawat kalau udah sembuh malah susah ilang bekasnya. Dan kalau pakainya bener, nggak bikin muka minyakan kok.

Cara pakainya adalah, taruh dua tetes ke telapak tangan, katup dan gesek-gesekan kedua tangan, lalu tangkupkan tangan di seluruh muka sambil ditepuk-tepuk ringan, jangan digeser. Pakainya pas muka masih agak-agak basah karena hydrating toner, biar face oil-nya cepat meresap. Saya suka pakai argan oil sih, nggak spesific harus merk tertentu, pokoknya argan oil. Kali ini saya lagi pakai Utama Spice Argan Oil.

Terus setelah argan oil-nya meresap, saya totolin spot yang jerawatan aja pakai acne gel. Saya belakangan nyobain berbagai macam obat totol jerawat. Mulai dari Benzolac, Sariayu, Larissa, sampai tea tree oil, nggak ada yang mempan. Kayak cuma bikin kering doang kulit sekitarannya, tapi jerawat tetep bandel. Akhirnya kayak ceritanya si first cleanser Viva dan Pixy, saya mencoba back to basic. Jaman SMA, saya kalau jerawatan memang pakai Verile Acne Gel. Dan ternyata bener, memang manjur buat jerawat saya. Ini saya totol di jerawat, biasanya jerawat jadi cepet mateng dan kemudian segera kering lalu tuntas.

Oh iya, baik face oil maupun acne gel cuma saya pakai di malam hari saat mau tidur. Si acne gel kadang saya pakai siang juga, kalau pas saya nggak kemana-mana. Terus si face oil juga kadang saya pakai siang, kalau kondisi kulit saya keringnya kebangeten. Tapi jarang sih saya pakai duo ini siang-siang. Saya pakai rutin cuma kalau malem aja.


5. Moisturizer


Kalau lagi jerawatan, saya biasanya skip serum atau ampoul. Setelah pakai face oil dan acne gel, lalu saya pakai pelembap. Kalau pagi sih pelembap saya nggak ganti, tetap pakai Avoskin Day Cream. Ini nggak khusus untuk kulit berjerawat sih, tapi teksturnya ringan dan gampang meresap, nggak berat, nggak greasy, jadi oke lah dipakai walau sedang jerawatan. Sebenernya Verile malah punya Verile Moisturizing Gel yang lebih ringan dan oil free. Tapi sayangnya di kulit saya yang kering, Verile Moisturizing Gel ini nggak melembapkan. Tapi kalau kulitmu supeeerrrr minyakan kayak wajan kang Martabak, Verile Moisturizing Gel ini bakalan jadi jodohmu. Jadi monggo dipilih sesuai kebutuhan kulit.

Baca juga: Review Avoskin Day Cream

Untuk malem saya ganti night cream. Biasanya kan saya pakai Avoskin Night Cream yang basic series gitu. Kemarin saya nyobain Avoskin Acne Cream. Avoskin Acne Cream ini adalah night cream yang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Kandungan aktifnya adalah essential oil dari tea tree, cinnamon, dan grapefruit, yang dipercaya bisa mengempeskan jerawat 3x lebih cepat #MacakSPG. Ya itu klaim di website-nya sih ya.

Baca juga: Review Avoskin Night Cream

Pas pertama kali saya nyobain, ajaib, paginya jerawat saya langsung kempes! Tapiii saya nggak yakin, produk ini memang kerjanya secepet itu, atau memang jerawat saya yang sudah diakhir masa hidupnya pas saya pakein ini ya? Ini perlu saya selidiki lebih lanjut sih. Jadi saat ini belum bisa review banyak-banyak.

Kekurangan Avoskin Acne Cream ini adalah baunya nggak enaaakkk T.T. Kalau kamu tipe orang yang suka wewangian jejamuan campuran antara tea tree dan cinamon, ya nggak masalah. Saya masalahnya nggak suka. Tapi karena ini efektif ngempesin jerawat dan beneran mencegah jerawat saya dateng lagi, jadi saya tahan-tahanin aja saya pakai tiap malem. Walau udah nggak jerawatan, si Avoskin Acne Cream ini masih saya terusin penggunaannya, rencananya sampai habis satu jar baru saya pindah lagi ke Avoskin Night Cream yang basic, biar jerawat saya bener-bener tuntas.

Baca juga: Day & Night Skincare Routine


6. Protect & Makeup


Mungkin ini akan disalahkan oleh para ahli ya, tapi kalau lagi jerawatan, saya biasanya menghindari memakai sunscreen. Soale kalau pakai sunscreen, jerawat saya biasanya tambah parah. Saya pakai sunscreen kalau udah kepepeeettt banget memang harus panas-panas (misal: naik ojek) di tengah hari bolong. Itupun biasanya, bagian yang berjerawat saya tutup dulu pakai Nexcare Acne Dressing. Setelah itu barulah saya pakai Shineskin Suncare Acne.

Baca juga: Review Shineskin

Makeup, terutama foundation, juga sangat saya hindari kalau lagi jerawatan. Kalau ada perlu keluar rumah atau ketemu temen/ klien/ mantan, saya sih cuma pakai bedak Marck's. Marck's ini, walau terhitung sebagai makeup, tapi ngebantu jerawat cepet kering juga lho! Terus dia juga ringan dan nggak ada coverage-nya. Jadi saya ngerasa aman banget pakai ini saat jerawatan. Jadi saya pakai bedak Marck's, pensil alis, dan lipstik aja buat harian. Paling tambah blush-on kalau masih ngerasa pucet, tapi saya pastikan dulu bagian yang mau di-blason-in nggak ada jerawatnya.

Baca juga: Review Bedak Marck's

Kalau lagi harussss banget dandan (misal: ada beauty event atau nikahan mantan), saya memilih pakai Shineskin BB Cream, yang memang supeeerrr ringan dan nggak bikin jerawatan. Tapi itupun jarang sih. Saya bahkan pernah lho ke beauty event nggak pakai foundation. Hihi...

Oh iya, salah satu yang haram buat saya kalau lagi jerawatan adalah: touch up bedak! Bayangin aja, muka udah di luar, kena debu, kotor, eh ditumpuk bedak. Bunuh diri tuh namanya. Jadi saya sih mending bawa-bawa Clean & Clear Oil Control Film dan Avoskin Hydrating Treatment Essence Spray (lupa difoto T.T) aja buat ngilangin minyak di muka, biar muka bisa fresh lagi tanpa harus touch up bedak.

Baca juga: Review Avoskin Spray


7. Weekly Treatment


Kalau nggak jerawatan, saya biasanya pakai face scrub dulu baru maskeran. Tapi kalau pas jerawatan, saya nggak berani scrubing, jadi langsung aja pakai masker. Untuk masker, saya nggak fanatik sih. Yang biasanya saya pakai adalah Himalaya Neem Mask atau Sariayu Masker Anti Jerawat. Tapi akhir-akhir ini saya lagi suka sama sheet mask, jadi saya pakainya Secret Key Repairing Mask Pack. Masker ini nenangin jerawat, tapi sekaligus melembapkan kulit wajah juga. Jadi enak gitu dipakainya berasa adem dan kalem. Dulu saya pertama kali nyobain ini karena dikasih sama Miss Lie.

Baca juga:


8. Acne Blemish Treatment


Kan jerawat saya udah tuntas karena langkah nomer 1-7 itu, jadi sekarang tinggal ngilangin bekasnya. Regime skincare saya sih masih sama kayak nomer 1-7, cuma bedanya sekarang, setelah memakai face oil saya tambah pakai Benton Snail Bee High Content Essence (ini serum sih, kental gitu), dan saya mulai pakai sunscreen setiap hari. Plus untuk langkah nomer 4, yaitu acne gel dan argan oil, saya ganti pakai Verile Acne Blemish Cream dan Bio Oil.

Verile Acne Blemish Cream ini saya pakai biar sepaketan aja sama Verile Acne Facial Wash dan Verile Acne Gel-nya. Saya sendiri belum bisa nge-review, karena baru satu bulan penggunaan dan belum begitu kelihatan hasilnya. Nanti deh akan saya update lagi. Untuk Bio Oil, ini saya pakai di muka karena memang di badan saya terbukti bisa memudarkan bekas luka. Tapi saya nggak berani pakai saat kulit saya masih jerawatan sih. Kalau masih jerawatan, saya cuma berani pakai 100% argan oil tanpa campuran. Cara pakai Bio Oil ini sama persis seperti cara saya memakai argan oil, yang udah saya jelaskan di atas.



Untuk produk, itu semua adalah yang saya gunakan pas kulit saya jerawatan. Tapi disamping produk-produk, harus didukung juga dengan hal-hal lain. Yang pertama dan paling penting adalah kebersihan. Saya cuci semua brushes, termasuk brush dan spons bawaan makeup dan juga spooly yang nempel bawaan pensil alis. Tempat saya menyimpan brush juga saya cuci berkala. Terus sarung bantal harus rutin diganti dan layar HP harus rajin di-elap.

Lalu untuk makanan juga harus dijaga. Jangan terlalu banyak makan gorengan dan minum kopi-kopi ala-ala yang kemasan sachet gitu. Saya kalau kebanyakan minum Goodday biasanya jadi jerawatan ^^. Buat camilan sih saya lagi nyobain Cranberry Trail Mix ini:


Ini rasanya enaaaakkk!!! Dan jelas lebih sehat dari tahu isi dan martabak telor eug yang biasanya hahahaa.. Isinya: almond, sunflower seed, pumpkin seed, apricot, cranberry, dan sultana. Saya beli ini di seus @irrasistible. Cek aja instagramnya, terus kalau mau pesen tinggal DM deh. Suwer ini enak. Nagih dan nggak bisa berenti nyemilinnya.


Semoga apa yang saya bagi tersebut bisa membantu teman-teman yang lagi mengalami masalah jerawat juga ya ;).

22 comments:

  1. Akhirnya gundah gulana ku terjawab sudah...3 bulan ini aku juga balik ke regime skincare ku waktu SMA dulu kak,dannnnnn kulit yang tadinya rewek udah bisa dibilang normal lagiiii....padahal skincare jaman sekarang ini lebih banyak variannya dan menggiurkan banget buat dicoba.Tapi yah,mungkin kulit gak bisa move on kali yah sama yang skincare yang lama....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya semacam udah cocok gitu ya sama skincare lama. Kalau aku sih kayaknya dasarnya nggak bisa pakai cream yang terlalu rich. Jadi mending tipis tapi berlayer.

      Delete
  2. Ses aku juga jerawatan kaya kamu. Iya sekarang aku kurangin skincare yang kupakai soalnya feeling jangan2 ini muka keberatan skincare. Dan uda better. Aku penasaran sm Avoskin PHTE belum nyoba hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain sesss. Avoskin PHTE-nya ringan banget kok. Dan beneran bantu buat jerawat dan komedo

      Delete
  3. Siap dicatat, wajahku cenderung berminyak, jerawat mudah bgt muncul

    ReplyDelete
  4. Aku juga nggak bisa pake skincare banyak-banyak, langsung bruntusan semua kalo udah kebanyakan pake skincare, makanya pake pelembap & serum pun pasti tipis-tipis aja. Lumayan hemat duit dan waktu sih hihihi.

    Kalo aku udah mulai jerawatan andalannya sih Neem Masknya Himalaya & Aloe BHA Skin Toner-nya Benton. Biasanya muka jadi kaleman setelah pake 2 produk itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah sama, padahal kulitku kering lho ^^.
      Aku juga suka Neem Mask Himalaya nih. Cuma lagi habis dan belum beli.

      Delete
  5. Belum pernah coba verile. Lagi galau sama bekas jerawat nih 😂

    ReplyDelete
  6. Saya bertanya: kenapa pake facial oilnya jangan digeser?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mewakili kapolri untuk menjawab: karena kalau digeser oilnya jadi nggak meresap ke kulit dan kulitnya jadi greasy.

      Delete
    2. Mbak aruuuum ^^, saya udah coba cara pakai facial oilnya ditepuk2. Ternyata emang lebih manjur begitu di muka saya :D Biasanya ada jerawat kecil yg muncul kalo pakenya dioles + dipijet. Sejauh ini kalo ditepuk2, enggak ada. Tapi aku belum berani pake tiap malem. Ntar kalo udah berani dan rutin, coba aku kasih tahu mbak arum lagi ya. Siapa tahu ada yg pernah gagal pake facial oil yg kasusnya kayak saya :D

      Delete
    3. Asiikkk. Iya beda banget memang rasanya oil kalau ditepuk dan dioles. Lebih enak lagi ditepuknya pas muka masih agak-agak basah karena toner.

      Delete
  7. Seuuuusss first cleansermu sama kayak aku zaman sekolah dulu...
    Aku juga curiga nih jerawatku karena first cleanser yg macem2 itu. Tapi perlu pembuktian lebih lanjut.
    Thank you for sharing 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patut dicurigai sesss.
      Aku entah kenapa kalau paka cleansing oil pasti besokannya jerawatan T.T

      Delete
  8. Alhamdulillah ya mba, jerawat saya udah ilang pas praktekkin tips ini. Tinggal masalah bekasnya aja sih 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekas baru gampang ilang jeung kalau rutin pakai face oil. Bekas lama yang susyeee

      Delete
  9. Waaah sama nih pake verile acne gel sama yg blemish creamnya. Btw, aku juga cocok bgt bgt bgttt pake yg verile acne gel nya, karena si jrewi nya langsung kering gitu. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku ngga langsung kering. Malah bikin cepet mateng trus cepet kempes gituuu hehe

      Delete
  10. Aku kalo lagi jerawatan pake Garnier Matcha ampuh banget bikin jerawat jadi kalem. Buat ngilangin bekasnya mau coba pake Verile kayak kak Arum ah, soalnya pake acnes gak mempan. :")


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku lom pernah nyoba garnier matcha. Kapan2 kucoba yak. Makasih rekomendasinya seus ;)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...