Review Indoganic Brightening Vitamin C Serum. Serum Vitamin C Bagus Dari Brand Lokal!

27 comments
Review Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Bulan-bulan sebelumnya, saya sudah ngomongin dua actives ingredient yang memang lagi ngetop, yaitu Retinol dan AHA/ BHA. Nah, kali ini saya mau ngomongin satu ingredient yang jadi all time favourite saya, yang selalu jadi wajib ada di meja rias saya, dan sudah saya pakai secara (( religius )) bahkan sejak saya belum mengenal Retinol dan AHA/ BHA, yaitu Vitamin C.

Karena saya memang sesuka itu sama vitamin C, jadi saya selalu punya essence/ serum/ skincare yang mengandung vitamin C. Dan sejak dulu saya selalu gonta-ganti, mencari hasil terbaik, finish ternyaman, formula terenak, dan juga harga yang sobat misqueen friendly. Sampai akhirnya, 5 bulan yang lalu saya ketemu Indoganic Brightening Vitamin C Serum, dan stuck sama produk ini sampai sekarang. Bolak-balik repurchase dan belum nyobain serum vitamin C yang baru lagi, karena menurut saya Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini udah enak banget di kulit saya dari segi formula, tekstur, sampai hasilnya.

Nah, saya akan ceritakan ya, kenapa vitamin C jadi ingredient favorit saya, dan juga apa kelebihan Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini dibanding serum lain.

Baca juga: Review Indoganic, Skincare Lokal Dengan Konsep Clean Beauty


Ingredient Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Ingredient Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Dilihat dari ingredient-nya saja, Indoganic Vitamin C serum ini sudah sangat istimewa:
  1. Ingredient-nya cukup simpel (minimal ingredient), list-nya pendek dan padat dengan bahan-bahan yang memang diperlukan oleh kulit. Jadi memang nggak terlalu banyak menambahkan bahan-bahan yang sebenarnya nggak penting untuk kulit.
  2. Clean Ingredient. Bebas dari paraben, sulfate, dan silicon. (Benzyl Alcohol merupakan pengawet alami penggantui Paraben yang lebih aman untuk tubuh).
  3. Tiga ingredient pertama adalah: Galactomyces Ferment Filtrate, Ascorbic Acid (vitamin C), dan Glutathione. Yang mana berarti presentase ketiga ingredient tersebut adalah yang terbesar dalam serum ini. Dan nggak kayak serum-serum lokal lain, yang biasanya meletakan water (air) pada list pertama, Indoganic memilih Galactomyces Ferment Filtrate yang merupakan humectant. Galactomyces melewati proses khusus secara fermentasi, sehingga menjadikannya kaya akan vitamin, amino acids, serta enzim yang sangat berkhasiat untuk kulit.
  4. Memadukan vitamin C dengan Glutathione, yang merupakan dua antioksidan yang cukup kuat untuk mencerahkan, memudarkan noda hitam, dan meratakan warna kulit. Glutathione adalah tripeptide protein yang terdiri dari tiga Asam Amino Utama (L-Gtutamic Acid, L-Custeine, L-Glycine), dan merupakan salah satu antioksidan terbaik, karena banyak sel-sel tubuh yang sangat tergantung dengan Glutathione.

Dengan Vitamin C dan Glutathione di ingredient list kedua dan ketiga, ya berarti klaim "brightening" dari serum ini memang nggak main-main. Serum ini juga dilengkapi dengan Niacinamide, mesti jumlahnya sedikit (ada di urutan kedua terbawah ingredient list), dan juga Tocopherol (vitamin E).

Indoganic Brightening Vitamin C Serum Clean Beauty, Non toxin, Eco Friendly Sustainable, Cruelty Free Ingredients

Indoganic memang meng-klaim produk-produknya sebagai clean beauty. Clean beauty adalah konsep produk yang menggunakan bahan-bahan non-toksin, eco-friendly, sustainable, dan cruelty free. Atau pada intinya sih tidak membahayakan bagi tubuh manusia, hewan, dan lingkungan. Dan melihat dari ingredient-nya, klaim ini memang bukan omong kosong juga.

Ini juga awalnya yang bikin saya penasaran saya Indoganic. Dan jadi jatuh cinta, karena walau mengusung konsep clean, namun faktor kualitas, hasil, dan tektur/ kenyaman produk juga tetep diperhatikan, nggak ada yang dikorbankan.


Tekstur dan Aroma Indoganic Brightening Vitamin C Serum

tekstur cair dan aroma Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Biasanya, suatu serum menggunakan water di ingredient list pertama agar teksturnya watery dan nyaman. Nah, serum Indoganic ini tidak, namun teksturnya sangat nyaman!

Teksturnya cair ala-ala waterbased serum. Ketika dioleskan, serum ini awalnya terasa licin dan daya sebarnya cukup bagus, sehingga sedikit serum bisa diratakan ke area luas kulit. Dan setelahnya, serum dengan cepat akan nge-blend tanpa ada rasa lengket sama sekali. Bisa dibilang, ini adalah tipe tekstur serum yang bakalan cocok untuk jenis kulit apapun. Nggak mengeringkan, namun juga nggak lengket dan oily. Nyaman banget.

Serum ini punya aroma seperti bawang putih. Saya sendiri nggak terlalu terganggu ya, tapi mungkin untuk kalian yang kemayu, akan sedikit terganggu dengan aromanya. Harusnya sih enggak ya, karena begitu dioleskan ke kulit, aromanya hilang. Tapi ya namanya saja (( kemayu )) kan biasanya terganggu sama beginian wkwk. Aroma bawang ini wajar, karena serum ini mengandung Galactomyces dalam persentase yang tinggi, dan serum ini juga nggak pakai sintetic fragrance untuk menutupi aroma alaminya.


Kemasan dan Cara Penyimpanan Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Kemasan dan Cara Menggunakan pipet Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Dikemas dalam botol kaca berwarna gelap, dan ini bagus untuk melindungi produk dari paparan sinar UV yang bisa merusak kualitas produk. Lalu aplikatornya adalah pipet. Aplikator pipet ini ada baik dan jeleknya sih. Baiknya, kita tidak perlu menyentuh produk secara langsung. Mulut botol juga kecil, sehingga memperkecil resiko kontaminasi udara luar.

Namun pipet ini beresiko tinggi memasukan udara luar kedalam botol, apabila kita tidak terbiasa atau berhati-hati dalam menggunakannya. Yang penting sih jangan memompa produk atau memencet pipetnya, saat pipa berada di dalam botol. Cara penggunaan pipet yang benar:

  1. Keluarkan pipa tanpa memencet bagian atas pipet.
  2. Pencet tutupnya untuk mengeluarkan produk, saat pipa berada di luar botol. 
  3. Lalu masukan kembali pipa ke dalam botol (dalam kondisi tutup masih kita pencet), tutup rapat, baru kemudian lepaskan pencetannya.

Maaf terkesan ribet ya. Padahal ini simpel namun penting banget untuk menjaga kualitas produk. Banyak yang belum paham cara pemakaian kemasan pipet ini dengan benar.

Begitulah skincare. Mejet pipet pun ada aturannya, hey~~

Cara penggunaan Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Walaupun kemasan serum ini sudah secure dalam botol kaca yang rapat, namun Indoganic sebenarnya tetap menganjurkan untuk menyimpan dalam kulkas. Saya sendiri, jujur selama hampir setengah tahun penggunaan, nggak pernah menyimpannya dalam kulkas. Sejauh ini sih baik-baik saja, tidak pernah sampai berubah warna, tekstur, dan aroma sebelum habis (satu botol saya habiskan dalam waktu kira-kira satu setengah bulan).

Namun ini mungkin juga karena saya menyimpan skincare saya di kamar yang AC-nya nyala hampir 24 jam. Jadi suhu di dalam kamar pun sebenarnya cukup dingin. Untuk yang menyimpan skincare di ruang yang tidak ber-AC, saya rasa harus mempertimbangkan untuk menyimpan vitamin C serum ini di kulkas. Bersama sawi dan cabe rawit :).


Cara Pemakaian dan Layering Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Cara pemakaian Indoganic Brightening Vitamin C Serum lokal

Salah satu yang bikin saya cinta sama vitamin C adalah, pemakaiannya nggak tricky kayak Retinol. Vitamin C boleh dipakai di pagi hari. Justru bagus karena sifatnya mendukung kerja sunscreen. Tapi kalaupun mau dipakai di malam hari juga boleh banget. Bebas. Mau pakai pagi aja, malem aja, atau pagi dan malem, yang penting basic CTMP-nya sudah pakai. Sesuaikan saja dengan kulit masing-masing.

Baca juga: Basic Skincare CTMP

Saya sendiri cuma pakai di pagi hari, 2-3 drop sekali pemakaian. Alasannya karena kebiasaan saja, dari dulu saya pakai Vitamin C Serum di pagi hari. Malamnya saya pakai acid toner atau Retinol. Selain meminimalisir resiko iritasi, cara ini juga saya lakukan agar skincare routine saya nggak kepanjangan. Kalau kepanjangan saya suka mager duluan soalnya.

Karena ini serum, jadi kalau CTMP, pakainya ya setelah hydrating toner. Begini urutannya:

Hydrating Toner - Indoganic Brightening Vitamin C Serum - Moisturiser - Sunscreen

Kalau mau dipakai malem, dan mau layering dengan serum lain, silahkan dikira-kira sendiri dari teksturnya ya. Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini teksturnya seperti waterbased serum. Jadi pakai saja di slot antara essence dan serum. Kalau saya sih, rumusnya: pakai yang waterbased dulu, baru yang lebih oily. Dan pakai yang lebih cair/ ringan dulu, baru yang kental.

Baca juga: Paduan 10 Step Skincare Rutin

Lalu soal layering juga, saya adalah aliran yang: semua ingredient boleh di-layer, asalkan kulit kita cocok dan kuat. Jadi saya nggak ada pantangan me-layer vitamin C dengan ingredient apapun. Batasannya adalah kulit saya sendiri. Kalau dirasa perih, over-sensitized, atau bahkan breakout, ya berarti kulit saya nggak kuat dan harus diturunkan kadarnya atau dihentikan.

Dan ini harus dicoba sendiri ya, nggak bisa ditanyakan ke orang lain, karena sensitifitas tiap orang berbeda-beda.

Review Indoganic Brightening Vitamin C Serum. Serum Vitamin C Bagus Dari Brand Lokal!

Saya sendiri nggak ada masalah ketika mencoba me-layer Indoganic Brightening Vitamin C Serum dengan Retinol. Malah hasilnya sangat bagus di kulit saya! Tapi kalau kulitmu terlalu sensitif untuk itu, mungkin kamu bisa mencoba mengganti Retinol dengan Indoganic Rosehip Oil. 

Rosehip oil adalah minyak alami yang kaya akan anti-oksidan, mengandung fatty acids, linoleic, dan linolenic acids, yang dapat membantu regenerasi sel-sel kulit. Rosehip Oil tidak mengiritasi seperti Retinol. Jadi boleh banget kok dicoba kombinasi Indoganic Brightening Vitamin C Serum dengan Indoganic Rosehip Oil, untuk efek yang lebih mantul, namun minim resiko iritasi.


Hasil Pemakaian Indoganic Brightening Vitamin C Serum
Saya nggak bisa kasih before-after, karena saya udah pakai produk ini dari awal tahun kemaren. Dan awal tahun, saya nggak kepikiran foto before karena ya, nggak nyangka bakalan sesuka ini sampai mau nge-review secara khusus T.T.

Hasil Pemakaian Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Tapi saya akan menjabarkannya:
  • Kulit lebih cerah
    Sejauh ini, Indoganic Brightening Vitamin C Serum adalah vitamin C serum yang paling ngefek saya pakai untuk balikin warna kulit. Saya mulai pakai ini tuh sepulang liburan dari Nusa Penida, dimana kulit saya gosong banget. Dan dalam waktu satu bulan, foundation saya yang biasanya udah bisa dipakai lagi, yang berarti warna kulit saya udah balik ke asalnya.

    Satu hal lagi yang saya suka dari Vitamin C adalah, efeknya mencerahkannya hasilnya nggak pucat. Jadi tone kulit naik, namun hasilnya nggak putih pasi. Saya selalu kelihatan seperti orang sakit tanpa rona kalau pakai Arbutin. Makanya saya cinta banget sama Vitamin C.

    Dan Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini juga begitu. Efek mencerahkannya lumayan cepat dan terlihat nyata, tapi wajah tetap terllihat glowing, nggak kusam, dan merona sehat.


  • Kulit nggak kering dan nggak perih
    Saya pernah nyobain serum vitamin C mahal (bukan lokal) yang efeknya juga cepat. Tapi efek irittant-nya nggak nguwati. Kulit saya perih-perih dan jadi photosensitif banget. Nah, si Indoganic Brightening Vitamin C Serum ini efeknya juga cepat, namun nggak bikin kulit saya kering dan iritasi. Nyaman banget, tanpa tingling sensation saat awal pemakaian. Mungkin karena dia pakai Galactomyces Ferment Filtrate yang sifatnya sangat menghidrasi kulit ya.

Efek yang paling saya rasakan adalah itu. Kulit cerah, namun terlihat merona sehat, nggak kusam, glowing, dan nggak bikin kulit kering atau iritasi.

Hasil Pemakaian Indoganic Brightening Vitamin C Serum


Kesimpulan
Kayak yang udah berulang saya tuliskan, produk ini adalah current favourite vitamin C serum buat saya. Saya belum nemu Vitamin C Serum dengan harga yang lumayan terjangkau begini yang efeknya sebagus ini di kulit saya. Pemakaiannya juga cenderung mudah, nggak ribet layering-nya, dan nggak bikin kulit iritasi.

Kalau ditanya kekurangan, mungkin adalah aromanya, yang bagi sebagian orang mungkin akan sedikit mengganggu. Dan juga seperti sewajarnya produk dengan kandungan vitamin C, penyimpanan terbaik adalah di dalam kulkas. Saya sendiri menyimpan di dalam kamar ber-AC, nggak perlu kulkas. Namun buat kalian yang kamarnya suhunya lumayan panas, saya rasa harus rela sedikit ribet menyimpan produk ini di dalam kulkas.


Harga Indoganic Brightening Vitamin C Serum
Satu botol serum ini dibandrol dengan harga Rp.209.000 per 15 ml. Saya sudah menjabarkan ingredient-nya yang memang padat manfaat dan bersih, dan juga tekstur serta hasilnya di kulit saya. Buat saya sih ini jauh lebih worth it dibandingkan serum lain yang lebih murah, namun banyak kandungan nggak penting di dalamnya.

Untuk pembelian dan info yang lebih lengkap, silahkan kunjungi instagram @indoganic_official atau website Indoganic ya.

27 comments

  1. Dari segi tampilan website di mobile sih ga kerasa beda sama yg dulu. Mgk dr huruf lbh besar skrg. Soal serum vit c dicatat dl coba kapan kapan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kalau mobile nggak beda jauh aku habis cek wkwk..

      Ayok cobaaa

      Delete
  2. Maap salfok, mbak kuteksmu merk apa itu, lucu bgt warnanya aku jadi pengen beli juga

    ReplyDelete
  3. Yaaayy akhirnya direview juga si indoganic ini! Udah penasaran sejak dulu mbak arum amboksing hihihi. Kebeneran banget lagi butuh serum seruman nih. Oh iya mbak, kenapa galactomyces baunya kaya bawang putih? ��������. Makasih juga mbak hihihi dikasih tau cara make aplikator pipet yang bener. Ternyata selama ini aku salah :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan galactomycesnya, tapi proses fermentasinya.

      Delete
  4. Kebetulan lagi mulai merambat ke step serum dalam dunia skincare ku �� jadi tertarik pengen coba indoganic,apalagi dengan minimal ingredient dan clean Ingredient �� semakin menarik serta selain itu kata mba serum ini "sobat misqueen friendly" .. ��

    ReplyDelete
  5. Yuhuuuu, review vit c sudah tayang, bakal masuk whislist teratas.. Nanti kalau serumku sudah habis baru aku beli, karna aku gak bakal belanja kalau yg lama masih ada,aku bukan sultan atau kaum elit global.. oiya mbak arum, aku baru tau banget cara penggunaan pipet yg benar di botol skincare.. Selama ini sampai tadi pagi ternyata aku salah, aku selalu mencet pipet waktu masih di dalem botolnya, aku suka gelembung yg ditimbulkan soalnya tapi ternyata tidak boleh ... Terimakasih mbak arum, informasinya sangat berfaedah ❤

    ReplyDelete
  6. Ini reviewnya lengkap banget. Sampai ada info cara penggunaan botol pipetnya. Dan kebetulan, ini product yang aku butuhkan, soalnya wajah aku lebih gelap daripada punggung tangan. Mau coba, semoga ini juga cocok di aku.
    Btw, makasih banget, reviewnya sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  7. Setuju mbak Arum! Ini pertama kali sih aku coba vit C ascorbic acid. Dan memang beda sama jenis vit c lain. Lebih nyata hasilnya. Tapi yang hebatnya, ngga bikin kering yak. Jago deh Indoganic formulasinya! Udah punya serep 2 aku. Kmrn di sociolla ada diskon, hihi. Anyway, baru pertama ini aku ke blog-mu mbak. Lebih yahud yak ternyata baca disini, lebih lengkap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata ada diskon ya di sociolla. Jangan lupa sering mampir ke blog ya, informasi disini lebih lengkap lho

      Delete
  8. Pas bgt reviewnya, kebetulan lagi pengen coba vitamin c dan salah 1 produk yg pengen dicoba si indoganic ini, dan cari reviewnya belum banyak. Makasih mba arum��

    ReplyDelete
  9. Gaswat. Silicone free dan ga bikin cekit2 nih kayake kudu masuk wishlistku deh kak. Pernah coba vit c merek tetangga agak cekit2 di wajah auto mundur alon-alon ga berani coba lagi. Kayaknya nih layak uji.

    Pipet! Astaga aku baru tau kalau pakai pipet itu justru ga boleh disembur2in udarane di dalem ya padahal aku suka 🤣 terima kasih setitik ilmunya

    ReplyDelete
  10. Baru nyadar selama ini pake arbutin dan muka ku kayak mayat hidup ga ada rona blas :( makasih mba Arum berkat baca tulisan mu aku jadi tau vit c sebagus itu ��

    ReplyDelete
  11. Selama ini cuman jadi pengagum rahasia mb dek Arum. Tapi selalu cari @racunwarnawarni dulu ketika buka IG,sebelum buka yang lain..

    Begitu liat postingan ini, baca dan resapi..
    Ndilalah ada diskon di sociolla, rejekiii.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa selalu buka racunwarnawarni.com juga ya setiap hari hehehe

      Delete
  12. Wah terima kasih mba Arum review dan racun nya. AKu jadi semakin mantap mencoba Vitamin C dari Indoganic ini, karena jujur aku pemuja Vitamin C Serum dan lagi mencoba mencari yang klik whahaha. Akan segera ku cekout barang ini , oh iya terima kasih juga info cara pakai pipet yang ngga pernah aku perhatiin. Besok pagi langsung mau aku praktekin cara pakai pipet nya wkwk gapapa better telat lah ya dari pada gatau sama sekali 😂😂

    ReplyDelete
  13. Sama Mba Arum. Vit C ini jadi ingredients paling fav dari sejak zaman mengenal skincare. Sejauh ini selalu cocok buanget karena se-brighten itu di kulit kering dan kusamku. Btw aku masih kepikiran tentang retinol jadi sebentar lagi meluncyuurrr~~~

    ReplyDelete
  14. Mungkin karena aku gak terlalu eksplore tentang skincare kali ya, aku baru tau ada produk lokal yang pakai ingredients galactomyces, biasanya aku cuma nemu di produk skincarenya korea aja. Dan serumnya indoganic ini lumayan menggoda ya buat pejuang kulit cerah karena 3 ingredients utamanya itu unggulan di produk-produk brightening gitu dan ini malah ada di dalem satu produk.

    Dan tips pemakaian pipetnya berguna banget mbak arum, menyadarkanku yg selama ini salah pakai wkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. Aku baru banget di dunia perSkincare’an,dari sekian banyak produk,Vit C jd salah satu whislist yg pengen banget di coba,thank you mba arum udah ngasih review selengkap ini...

    ReplyDelete
  16. jadi pengen coba. kalo biasa pake galactomyces ferment filtrate, bisa tetep ditumpuk ngga ya sama essence indoganic ini?

    ReplyDelete
  17. Ku pernah iseng nyobain serum vitamin c adikku aku dari merek lain sih sebelum reapply sunscreen pas abis wudhu, beneran wajahku lembabnya beda. berasa lebih cerah dan dan healthy glowing gitu. BTW suka banget sama penampakan kulitmu di postingan ini Mbak Arum, cakep banget. definisi healthy glowing

    ReplyDelete
  18. mba, pake ini harus hatam dl ctmp ya? saya udh lepas krim dokter dari 3bulan yg lalu, dirutinin ctmp tp rasanya gagal trs kulit saya blm membaik, karena setelah berhenti kulit jd kusam, kering, ada flek pula, ditambah ganti² skincare (blm nemu yg cocok), fw+toner udah sih, tp moisturizer susah bgt nemu yg cocok, nyoba untuk kulit kering sekalipun ini kulitku malah tambah kering, oalah kobisa gitu ya ditambah semakin bertambahnya flek mungkin gara² ganti² moisturizer kali ya.. �� minta sarannya dong mba rekomendasi moisturizer untk tipe kulitku kering dan kalo diraba dibagian sekitar dagu itu gradakan kasar gitu, entah bruntusan entah karena kekeringan.. ���� terimakasih ��

    ReplyDelete
  19. mba, pake ini harus hatam dl ctmp ya? saya udh lepas krim dokter dari 3bulan yg lalu, dirutinin ctmp tp rasanya gagal trs kulit saya blm membaik, karena setelah berhenti kulit jd kusam, kering, ada flek pula, ditambah ganti² skincare (blm nemu yg cocok), fw+toner udah sih, tp moisturizer susah bgt nemu yg cocok, nyoba untuk kulit kering sekalipun ini kulitku malah tambah kering, oalah kobisa gitu ya ditambah semakin bertambahnya flek mungkin gara² ganti² moisturizer kali ya.. �� minta sarannya dong mba rekomendasi moisturizer untk tipe kulitku kering dan kalo diraba dibagian sekitar dagu itu gradakan kasar gitu, entah bruntusan entah karena kekeringan.. ���� terimakasih ��

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.