Review Avoskin Retinol Toner dan Ampoule, Hasil Satu Bulan Pemakaian

80 comments
avoskin miraculous retinol toner & retinol ampoule review

Halo manteman,
Selamat berpuasa bagi yang menjalankan ya ;). Masih betah kan #DiRumahAja? Saya sih betah banget. Dan mumpung di rumah aja, ini waktunya saya merawat kulit secara maksimal. Dan beruntungnya saya tuh, Avoskin pas ngeluarin Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule. Jadi saya bisa nyobain efek Retinol dengan maksimal, karena pas di rumah aja jadi kulit nggak begitu ekstrem terpapar sinar matahari.

Baca juga: Review Avoskin Miraculous Refining Toner, Acid Toner Lokal Dengan AHA BHA PHA

Saya ini juga termasuk newbie dalam pemakaian Retinol. Baru akhir-akhir ini kepikiran untuk secara (( serius )) menambahkan Retinol dalam regime skincare saya, karena faktor usia yang udah kepala 3. Sebenernya agak terlambat sih, karena Retinol boleh dipakai sejak usia 20 tahun. Katanya kalau rutin pakai Retinol sejak 20 tahun, kita bisa semakin memperlambat tanda-tanda penuaan. Pengen gitu lho saya tu, usia 50 tahun tapi masih kinyis-kinyis seperti Shopia Latjuba.

Nah, tanggal 25 April kemarin adalah tepat satu bulan saya sudah menambahkan Retinol dalam night skincare routine saya. Jadi sekarang, saya mau berbagi pengalaman saya pakai Avoskin Miraculous Retinol series ini, mulai dari apa saja kandungannya, bagaimana cara pemakaiannya, boleh atau tidak digabung dengan actives ingredient lain, harga, sampai dengan bagaimana hasil atau before-after #1MonthUsingRetinol.

Post ini bakalan panjang karena saya sekalian ngomongin Retinol, bukan cuma review Avoskin thok. Mohon bantuannya untuk MEMBACA DULU SEBELUM BERTANYA ya. Karena saya tidak akan menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah saya tulis panjang lebar di tulisan ini. Dan mohon batuannya juga untuk TIDAK BERKONSULTASI, karena saya bukan dokter. Terima kasih, my lov.


Apa itu Retinol?

retinol series avoskin
Seberapa penting sih Retinol?
Sebelum masuk ke pembahasan produk, mari kita berkenalan dulu dengan Retinol. Retinol adalah turunan alami dari Vitamin A. Retinol sudah lama dianggap sebagai powerfull ingredient untuk anti-aging. Cara kerjanya adalah dengan mempercepat regenerasi sel kulit, meningkatkan pertumbuhan sel baru yang sehat. Pemakaian dengan dosis yang tepat akan memberikan beberapa manfaat age delay pada kulit, seperti:
  • Meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit
  • Meminimalkan garis halus dan kerutan
  • Menghilangkan kekusaman 
  • Mencegah jerawat, komedo, dan penyumbatan pori
Tapi, pemakaian Retinol ini seringkali disertai dengan beberapa catatan. Ya karena seperti yang sudah saya bilang di atas, Retinol ini cukup powerfull. Efeknya di kulit dahsyat, namun kalau nggak hati-hati, efek sampingnya juga nyata. Buat yang punya kulit sensitif, tentu harus super picky dan hati-hati banget kalau memutuskan memakai Retinol. Salah-salah malah kulitnya sensitized.

FYI, saya pernah goblo dan iritasi gara-gara Retinol dulu. Jadi waktu masih remaja (( walau sekarang juga masih remaja )), saya pernah pakai Tretinoin untuk menghilangkan Jerawat. Berhasil? Iya, berhasil. Jerawat hilang, tapi kulit saya jadi sensitif PARAH! Kena matahari perih. Kegesek dikit perih. Nggak punya duit perih. Setelah saya rada pinteran, barulah saya tahu kalau Tretinoin dan Retinoid itu berbeda, walau sama-sama turunan vitamin A. Tretinoin adalah konsentrasi asam retinoat murni, sementara Retinol baru akan berubah menjadi asam retinoat secara bertahap setelah diaplikasikan ke kulit.

Pendek kata, Retinol adalah bentuk turunan vitamin A yang lebih mild. Tretinoin sebenarnya hanya boleh dipakai atas pengawasan dokter, dan tidak diperuntukan sebagai daily skincare jangka panjang. Iya. Saya pernah goblo.

avoskin retinol toner & avoskin retinol ampoule review
Produk Retinol bagus dari brand lokal
Beruntungnya hidup di zaman now, sudah banyak sekali pilihan skincare OTC, yang jelas aman dan penggunaannya tidak perlu di bawah pengawasan dokter, seperti rangkaian Avoskin Miraculous Retinol ini. Dan untuk lebih yakin aman lagi, Avoskin memakai jenis Actosome Retinol, yaitu jenis Retinol yang paling stabil. Makanya Actosome Retinol ini efek sampingnya 50% lebih rendah daripada jenis Retinol lain, tapi efektifitasnya di kulit tetap baik. Dan di Indonesia belum ada lho produk yang pakai Actosome Retinol. Actosome Retinol ini biasanya cuma bisa kita temui di produk-produk high-end luar.

Ini menurut saya bagus banget buat pemula kayak saya, yang baru berniat masukin Retinol dalam rutinitas skincare harian jangka panjang. Formulanya ini meminimalisir resiko tingling, purging, atau iritasi.


Ingredient Avoskin Miraculous Retinol
Bahan-bahan Yang Terkandung Dalam Avoskin Miraculous Retinol Toner
Ingredient Avoskin Miraculous Retinol Toner
Kedua produk ini memiliki ingredient hero Actosome Retinol, yang mengandung 0,09% Retinol aktif. Ampoulnya memiliki kandungan 3% Actosome Retinol, dan tonernya 1% Actosome Retinol. Ampoule tentu mempunyai konsentrasi kandungan Retinol yang lebih tinggi. Tapi bukan berarti kita bisa mengabaikan tonernya ya. Karena toner teksturnya lebih encer, ditaruh di slot pemakaian awal, dan lebih cepat meresap ke kulit, jadi toner juga efektif kerjanya.

Oh iya, saya belum pernah nemu produk lokal yang punya Retinol toner selain Avoskin. Kalau produk luar, ada Pixi Retinol Tonic yang saya sendiri belum pernah mencoba.

Selain Retinol, Avoskin Miraculous Retinol Toner ini mengandung 3% Niacimanide, whichis sedikit membantu mencerahkan kulit, dan Niacinamide juga mempunyai fungsi anti-aging. Lalu juga ada ekstrak Pomegranate, Tocopherol (Vitamin E), ekstrak Oat Meal, dan juga Peptide yang punya khasiat anti-aging.

Bahan-bahan Yang Terkandung Dalam Avoskin Retinol Ampoule
Ingredient Avoskin Miraculous Retinol Ampoule
Kalau Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, selain kandungan Retinol-nya lebih tinggi, juga menambahkan kandungan Vitamin E, ekstrak Oat Meal, Peptide, lalu juga ada ektrak Pomegranate dan Greentea, yang merupakan bahan-bahan yang dipercaya untuk me-recharge kulit dan menunda penuaan. 

Keduanya diformulasikan bebas dari paraben, sulfat, alkohol, dan silikon. Serta tidak memakai fragrance (Note: Stearyl Alcohol adalah fatty alcohol, bukan jenis alkohol denat yang mengeringkan kulit).


Tekstur dan Kemasan Avoskin Miraculous Retinol Series

review Packaging avoskin miraculous retinol toner

Tonernya punya tekstur cair yang kental, seperti tekstur hydrating toner yang sangat rich. Ketika diaplikasikan di kulit, rasanya hydrating dan nggak ada sensasi tingling sama sekali. Botol toner ini terbuat dari plastik yang ringan namun kuat, dan warnanya merah oranye gelap. Mulut botolnya cukup kecil, jadi cukup oke mengontrol produknya biar nggak (( ngocrot )) kebanyakan.

review tekstur Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Sedangkan ampoule-nya punya tekstur serumy seperti lotion ringan yang gampang menyebar di kulit. Kalau dipegang, produk ini terasa licin. Butuh waktu beberapa saat agar produknya meresap sempurna di kulit. Actosome Retinol ini sangat mild, jadi memang nggak ada rasa tingling ketika saya pertama kali menggunakan.

Kemasan ampoule ini menurut saya sih mewah ya. Terbuat dari botol kaca tebal berwarna merah gelap, dengan aplikator pipet. Packaging ini bikin produknya secure dari sinar matahari dan kontaminasi udara luar, serta mempermudah pemakaian.


Cara Penggunaan dan Layering Avoskin Retinol

Retinol hanya boleh digunakan di malam hari, dan siangnya kita harus pakai sunscreen dengan cara yang benar (sebanyak dua jari dan reaply berkala). Retinol tidak akan bekerja di kulit bila terpapar sinar matahari. Jadi sudah jelas bila penggunaan dua produk ini ada di night skincare routine. Dan saya sih berasumsi bahwa kalian yang mau memakai dua produk ini, tentu sudah khatam basic skincare CTMP.


Cara Penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Toner dan Avoskin Miraculous Toner yang Baik dan Benar

Nah, kalau sudah melakukan CTMP dan mau menyelipkan Retinol dalam skincare malam, berikut caranya:

Avoskin Miraculous Retinol Toner - Hydrating Toner - Avoskin Miraculous Retinol Ampoule - Night Cream


Saya sendiri punya ritual yang lebih panjang. Yang saya pakai di malam hari saat ini adalah:

Avoskin Miraculous Retinol Toner - Hydrating Toner - Avoskin Miraculous Retinol Ampoule - Hydrating Serum - Facial Oil - Night Cream

Baca juga: Paduan 10 Step Skincare Rutin

avoskin Miraculous retinol ampoule review

Mengenai layering Retinol, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya:
  1. Avoskin Retinol Toner adalah hydrating toner atau exfoliating toner?
    Jawaban saya:
    Bukan keduanya. Ini actives berupa Retinol, cara kerjanya beda dari AHA/ BHA, jadi nggak bisa disebut sebagai exfoliating toner. Dan kandungan Retinol-nya (walau mild) tetap berpotensi mengiritasi, jadi nggak bisa diperlakukan sebagai hydrating toner (nggak bisa dipakai dengan tehnik CSM atau 7 skin method)

  2. Pakai Avoskin Retinol Toner sesudah atau sebelum hydrating toner?
    Jawaban saya:
    Ada dua aliran pemakaian actives sih. Keduanya benar, tergantung nyamannya kulitmu. Kalau saya sendiri, lebih nyaman pakai Avoskin Retinol Toner sebelum hydrating toner. Urutan pemakaian sudah saya tuliskan di atas.

  3. Apakah boleh digabungkan dengan actives lain seperti AHA/ BHA atau Vitamin C atau Niacinamide?
    Jawaban saya:
    Boleh! Dengan catatan: tergantung sensitifitas kulit masing-masing orang. Selama kulitnya mampu menerima, nggak masalah kok. Namun sebaiknya tes di area kecil dulu ya.

  4. Apakah boleh di-layer dengan Avoskin Miraculous Refining Series?
    Jawaban saya:
    Sebenarnya, keduanya akan saling mendukung. AHA/ BHA mengikis sel kulit mati, sementara Retinol mempercepat pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat. Namun Retinol dan AHA/ BHA adalah ingredient yang berpotensi mengiritasi kulit. Jadi kalau saran saya sih, pakai bergantian saja. Hari ini pakai Avoskin Miraculous Refining, besoknya pakai Avoskin Retinol, diselang-seling. Tapi ya sekali lagi, semua tergantung dari sensitifitas kulit masing-masing. Silahkan dirasakan dan dicoba-coba sendiri.

  5. Siapa yang tidak boleh pakai Avoskin Miraculous Retinol?
    Jawaban saya:
    - ibu hamil dan menyusui
    - kamu yang belum khatam pemakaian basic skincare CTMP
    - kamu yang tidak tertib memakai sunscreen
    - kamu yang berusia di bawah 20 tahun (belum perlu)

Hasil Setelah Satu Bulan Pemakaian Rangkaian Avoskin Miraculous Retinol Series

Kayak yang sudah saya bilang, first impression ini rasanya sangat mild, hanya seperti memakai hydrating product. Tapi masuk satu minggu pemakaian, area sekitar mata saya perih bila digesek. Saya awalnya bingung, karena ketika tanya ke sesama pemakai, rata-rata bilang kalau Avoskin Retinol ini sangat mild dan nggak bikin iritasi sama sekali. Jadi saya coba bongkar pasang skincare saya.

Intinya sih, waktu itu saya juga memakai skincare lain yang memiliki kandungan alkohol dan fragrance yang cukup kuat. Dan sepertinya memang kulit saya nggak kuat bila pakai skincare yang mengandung bahan iritant yang kemudian ditambah dengan actives berupa Retinol. Setelah saya ganti skincare lain tersebut dengan yang lebih "bersih" ingredient-nya, perih di area mata saya berangsur hilang.

(Kesimpulan sementara: di kulit saya, Avoskin Retinol tidak cocok dipakai bebarengan skincare dengan kandungan iritant yang cukup tinggi.)

before-after testimoni hasil penggunaan avoskin miraculous retinol toner dan ampoule selama satu bulan
Satu bulan penggunaan Avoskin Retinol
Dan kemudian, saya mulai ngerasa kalau kulit saya jadi lebih kencang. Area mata terasa lifting. Saya awalnya merasa kalau saya agak halu ya. Karena kita semua tau, Retinol nggak bekerja secepat itu. Tapi saya tambah yakin adalah ketika saya amati, memang garis halus di sekitaran mata saya agak berkurang kedalamannya. Kerasa kalau pakai under eye concealer, lebih halus hasilnya.

(Untuk catatan: Saya tentu tidak menggunakan produk Retinol di bawah mata!! Tapi yang namanya skincare, ketika digunakan di seluruh wajah dan ada area yang dilewati, pasti sedikitnya tetap akan terkena kan? Entah karena terseret waktu menggunakan skincare selanjutnya, atau sisa-sisa yang masih menempel di jari (walau sudah dijeda). Intinya nggak mungkin bisa 100% bisa menghindari, apalagi kalau skincare-nya berbentuk toner.)

Untuk efek mencerahkan, jujur saya nggak terlalu bisa mengamati. Karena saya kan lagi #DiRumahAja dan kulit saya kayaknya udah mentok di tingkat keterangannya. Tapi bisa kelihatan di before-after, kulit saya lebih glowing, yang berarti memang permukaannya jadi lebih rata dan jadi lebih dapat memantulkan cahaya. FYI kedua foto tersebut sama-sama saya lakukan saat bangun tidur di pagi hari, dengan lighting yang sama. 

Iya, saya belum mandi di foto itu. 

Hasil penggunaan avoskin miraculous retinol series selama sebulan

Saya sih ngerasa ini adalah kondisi kulit terbaik yang saya capai di umur 30+. Kulit saya terlihat jelas lebih halus, permukaannya rata, lebih glowing, kencang, dan enak banget dipegang, lembut gitu. Dan akhir-akhir ini saya juga sering dapet compliment kalau pas IG story atau Video Call atau foto/ video bare face gitu. Belum ada yang buktiin liat langsung, kan lagi physikel distensying, tapi beneran kerasa banget perkembangan kulit saya. Nggak sabar pengen pamer T.T.

Kalau lagi nggak pandemi, rasanya saya pede deh, kalau harus keluar rumah bare face. Eh...ya pakai alis lah biar nggak liat tuyul.


Kesimpulan

review avoskin miraculous retinol series

Nggak salah kalau Retinol dibilang sebagai powerfull ingredient untuk anti-aging. Produk Retinol yang bagus seperti Avoskin Miraculous Retinol Series ini, benar-benar memberikan perubahan yang nyata di kulit saya saat dipakai secara kontinyu. Namun, memang ada beberapa catatan yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk memakai Retinol. Jadi kamu putuskan sendiri ya, apakah kamu sudah siap menambahkan Retinol dalam regime skincare-mu atau belum.

Avoskin Miraculous Retinol Series sendiri punya kandungan Actosome Retinol yang benar-benar mild dan minim efek samping. Jadi cocok sekali buat pemula Retinol seperti saya. Nggak perlu terlalu was-was dengan efek tingling dan iritasi di kulit, meskipun tetap harus berhati-hati tentu saja.

Harga Avoskin Miraculous Retinol Toner & Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Harganya affordable kalau dibandingkan dengan jajaran ingredient dan performanya di kulit saya. Rp.196.900 /100 ml untuk tonernya, dan Rp.251.900/ 30 ml untuk ampoule-nya. Untuk info lengkap soal pembeliannya silahkan follow instagram @avoskinbeauty atau kunjungi website AvoskinBeauty.

80 comments

  1. Lengkap penjelasannya mba 👍🏼👍🏼 tercerahkan dan termantapkan jiwaku utk membelinya ((nunggu gajian tentunyaa)). Biar mukanya kayak mba arum, kinyis2 glowing ❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaappppp. Sabar menanti gajian wkwkwk.

      Delete
    2. Q udh beli mba pas kmren 12 12..cyma klw d mix pke ampoule dr centella amankah

      Delete
    3. Mba mau nanya, kalau sehabis memakai toner avoskin lalu pakai cream malem dari dokter kira2 gimana ya?

      Delete
    4. Mba mau nanya, kalau sehabis memakai toner avoskin lalu pakai cream malem dari dokter kira2 gimana ya?

      Delete
    5. Mba mau nanya, kalau sehabis memakai toner avoskin lalu pakai cream malem dari dokter kira2 gimana ya?

      Delete
    6. Mba mau nanya, kalau sehabis memakai toner avoskin lalu pakai cream malem dari dokter kira2 gimana ya?

      Delete
  2. Fix bakal nyoba ini kalo votre peau ku abis. Kelihatan bgt lho ses di foto afternya improvements nya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempet nggak pede kayak nggak keliatan di kamera 🙃. Yes cobain ses

      Delete
  3. Mba mau tanya, saya belom pernah sm sekali pake retinol tapi CTMP-nya (((insya Allah))) udah khatam. Nah, krn masih takut2 pake retinol ak pengen pake bertahap 1 dulu gitu. Antara toner atau ampoulnya. Menurut mb arum, lebih aman pake yg mana dulu?
    Walopun aku tau, hasilnya pasti tidak sebombastis kalo langsung pake keduanya. Tengkyu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh yang mana aja kok senyamannya saja. Dua2nya mild dan cocok untuk pemula. Kamu lebih nyaman toner atau ampoul?

      Delete
  4. Bund, biasanya kalo pakai, tonernya langsung dituang di tangan atau pakai kapas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ditangan. Aku anti kapas karena kulitku nggak tahan gesekan

      Delete
  5. Kak Arum ktnya ada efek lifting d area mata. Pakainya smpai ke area bawah mata kah? Sampai batas manakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya pakainya nggak kukenain area mata sih. Tapi pasti sisaannya ada yang kena2 mata gitu lho. Apalagi toner susah kan menghindari area mata.

      Delete
  6. aku pernah gublu, tapi setelah membaca blog Kak Arum aku tidak gublu lagi. terima kasih Kak Arum penjelasannya, semua pertanyaan yg aku ingin tanyakan sudah dijelaskan secara lengkap di sini. dan lagi-lagi, aku teracuni........

    ReplyDelete
  7. Halo Kak.. kalo boleh tahu kak arum pake hydrating toner, serum, moisturizer nya apa? Aku mau mulai coba oke retinol tapi bingung takut slah nglayernya gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Follow instagramku ajaaa @racunwarnawarni. Aku sering share skincare routine di sana

      Delete
  8. Uwowww hasil e sungguh tampak nyata. Makasih lho ses info lengkapnya nganti berasa sinau le moco hehe

    ReplyDelete
  9. Wow ratjun sekaliiii. Udah pengen coba retinol juga, kmaren sempet ngelirik fss, eh gara2 baca ini kepincut avoskin. Kulitmu makin apik ses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk coba sesss. Iya apik aku juga terharuuu.

      Delete
  10. Bund aku dulu baca tulisan-tulisanmu tentang tretinoin bund😁 Tapi ndilalah aku gak jerawatan, jadi gak sempet terseret ke lembah kegobloan. Dan sekarang ini baruuuu banget nyoba toner retinolnya Avoskin gegara liat Instagram mbak Arum 😁 Semoga efeknya bagus juga di kulitku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw untunglah. Aku bingung bund itu tulisan dihapus apa dibiarin ya? Kalau dihapus nanti diari byutiku nggak komplit. Kalau dibiarin takut banyak yang tersesat.

      Delete
  11. Utk penggunaan malam hari, tonernya bisa dilayer sm serum vit. C votrepeau yg maharis ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba sendiri. Boleh tidak boleh itu tergantung sensitifitas kulit masing2

      Delete
  12. Kak Arum sebelum nya saya blm pernah pakai Retinol. Saya pengen coba dan kemarin sdh beli. Ada yg mau saya tanyakan. Saya pakai cream malam dan teman2 nya itu. Nah di paket itu kan dapat Toner juga. Apakah kalau saya sudah pakai Toner Retinol saya nggak perlu pakai Toner bawaan yg dari cream2 saya itu Kak. Lalu cream sunscreen apa yg bagus ya Kak? Terima kasih Kak Arum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca post "Basic Skincare CTMP" atau "paduan 10 step skincare", dan "rekomendasi sunscreen"

      Delete
  13. Terimakasih loh bund........ Jadi mantap mau beli nyaaaaa..

    ReplyDelete
  14. Aku awalnya agak terkejut dengan tekstur toner nya mba. Kok agak lengket2 gt ya, selama ini liat toner semuanya cair hehe. Aku jg baru nyobain si retinol ini, semoga semakin glowing sepertimu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toner banyak kok yang teksturnya begini. Toner hadalabo yang merah juga begini

      Delete
  15. Haii kak,,semisal pagii.ny aku pakek serum Vit C,,trus malemnya pakek avoskin retinoL ini,,amankah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, sudah aku tulis di atas mengenai layering retinol bahkan aku bold. Selamat membaca ;).

      Delete
  16. dear mba. saya sudah pakai 5 hari baru mulai ada rasa nyelekit2, perih di bawah mata,dan pink di area t, serta bruntusan halus sedikit di dagu. apa ini artinya harus diselang seling antara toner dan ampoule ? terima kasih mba jg buat reviewnya keren bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba-coba sendiri ya. Reaksi kulitmu cuma kamu yang tahu gimana mengatasinya.

      Delete
  17. Kak, mau minta pendapat dong..
    Aku punya skincare:
    Avoskin retinol toner
    Somebymi aha/bha/pha toner
    Pelembab citra greentea acne
    Bio oli
    Cuci muka citra greentea acne

    Sebelumnya aku biasa pake
    Cuci muka - pelembab - somebymi - bio oil .. somebymi buat bersihin muka lagi, bio oil buat lembabin muka dan perawatan jerawat(cocok dan bisa di muka aku)

    Nah, ini aku lagi coba avoskin retinol. Apakah ada yang perlu aku hilangkan? Gmn enaknya buat urutan pemakaiannya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kamu tanya hal yang udah aku tulis panjang lebar di atas? Masa aku harus copas postingan lagi ke sini. Maaf sekali. Tapi mohon baca baru bertanya :(.

      Delete
  18. Pengen nanya,emang gk apa2 taruh dibawah mata yaa ka?? Bukannya dibagian bawah mata itu pake yg khusus buat bawah mata,apalgi jni retinol,kok aku jdi ngeri sendiri klo taruh dibawah mata yaa hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak di taruh di bawah mata kok. Sebaiknya memang jangan bila kulitnya sensitif

      Delete
  19. Detail bgt penjelasannya.. Nd selalu sukakkk bgt sama reviewnya. Aqpun akhirnya keracunan juga udah beli ampoule nd tonernya plus cream day nd night avoskin. Sesuai bgt sama reviewnya daerah mata agak perih jadi aq make dijedain seminggu cuman 2x pake ajh. Udah nyoba 2 minggu ini. Alhamdulillah gak purging yg parah gtu cuman kemerahan ajh, tapi stelah 1week pake 2 times kemerahan gak bgtu ketara.. Efek kenceng muka klo abis pake toner berasa si. Nd emang kering bgt. Jd urutan pemakaian yg bagus emang sesuai reviewnya mba arum dcampur sama hydrating toner dan serum bikin muka moist.. Thanks reviewnya ya mba.. Panutanquh💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa seneng kalau bisa membantu tulisannya. :3.
      Retinol ini konon memang ingredient yang kalau cocok hasilnya bagussss banget kalau engga ya breakout parah wkwkw

      Delete
  20. Hai mbak Arum.. Apakah mbak pernah ada jerawat dalam rentang waktu sebulan utk review produk ini?
    Kalo pas lagi ada jerawat, pake tonernya tetep seluruh wajah atau yang lagi jerawat jangan sampe kena tonernya?
    Makasih mbak Arum, reviewnya keren banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...pernahhh. Aku kalau PMS pasti ada jerawat. Dan aku tetep pakai kukenain aja seperti biasa. Nggak ada masalah sih di aku.

      Delete
  21. Mbak arum, pernah gak skincarenya pilling? Aku pertama nyoba retinol itu punya votre peau dan baik" aja. Terus nyobain lah pake avoskin, tapi abis bbrp kali pake kok skincare setelah avoskin retinol ampoule jadi pilling. Dan itu aku udah coba ganti layering dg bbrp produk dan tetep pilling juga.

    ReplyDelete
  22. Wah lengkap sekaliiii, kemaren masih maju mundur mau beli produk retinol karena mungkin kemudaan di umur 24. Tapi setelah baca ini sepertinya gapapa ya, jadi kek dah siap senjata sebelum perang melawan penuaan hihihi tingkyu mbakarum:*

    ReplyDelete
  23. Sempat mampir ke beberapa review tentang produk retinol dan ternyata review ini yang paling pas untuk menjawab rasa ragu, ternyata kunci layering actives memang memahami kondisi kulit, selama gak ada reaksi iritatif mau retinol+ascorbic acid juga gak masalah yang penting paham toleransi kulit sendiri dan selektif memilih actives nya. Thank you for the wonderful review. I feel smart already ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak betul! Coba dikit-dikit saja dulu di area tersembunyi kalau ragu.

      Delete
  24. Aku emang lagi nyari2 produk yg mengandung retinol belakangan ini. Mau itu toner atau serum karena kebetulan umurku udah mau 25. Cukup lambat gak sih tau manfaat retinol. Karena selama ini aku cuma ngandelin sunscreen dll.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga lambat kok. Nggak pake juga nggak papa ini cuma tambahan. Yang penting CTMP

      Delete
  25. makasih bund riviunya aku teracuni dan sudah sebulan ini coba toner-ampoulenya. impresif!!! tekstur kulit jadi lebih alus dan menurutku jadi lebih sehat, karena memakai retinol mendorongku untuk pake produk hydrating yang oke dan mumpuni (sebab kulitky normal to dry dan di awal2 pake retinol set ini rasanya rada kering) dan tentu saja bikim rajin pakai sunscreen! mari kita coba habiskan dulu sebotol.

    ReplyDelete
  26. dari dahulu aku udah pengen coba retinol,,, udah ngelist antara retinol votre peau dan retinol avoskin ini,,, wouw penjelasan mba lengkap banget,,, jd makin pengen nyobain retinol tp...
    CTMP aja aku masih belum khatam maka dari itu, ku khatamkan dlu basic skincare ku (aku mau maen ke artikel CTMP).

    jadi sekarang mba arum make produk retinol dari brand apakah? masih yang avoskin ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. CTMP dulu wajib!

      Sekarang lagi nyoba baru nih, tapi belum boleh di share

      Delete
  27. Retinol dewa skincare, benar adanya ya, mbak! Wkwk. Aku baru pernah coba retinol di cream moisturizer. Itu aja udah wow gitu hasilnya. Ngga sabar pengen naik tingkat ke toner/serum retinol 💓

    ReplyDelete
  28. Haii Mbak Aruum~ mau curhat kalo kmrn sempet galau mau beli avo miraculous refining serum atau avo miraculous retinol ampoule, meskipun akhirnya beli yg refining serum sih hihi tapi habis baca reviewnya mb Arum mungkin next nya bisa cobain retinol ampoule kali ya. Tergoda bingits sama hasil before afternya, susah dideskripsikan tp keliatan makin baguuus gitu dilihatnya 🥺 sekalian meyakinkan diri kalo aku sudah khatam CTMP biar pas pake hasilnya nampoll 😂 terimakasih banyak mbak sudah bikin review se-detail ini 🙇🏻‍♀️🙇🏻‍♀️

    ReplyDelete
  29. Hasilnya uwuww bangeet ya mbaa beneran keliatan glowing, keliatan nambah kenceng.. Ku akan menghabiskan retinolnya somethinc dulu terus nyobain dari avoskin ini, lebih nampol sepertinya.. Makasiih reviewnya mbaa, lengkappp dan berhasil meyakinkanku untuk mencobanya

    ReplyDelete
  30. Mba maaf kalau saya pakai cream dokter juga apakah boleh disertakan dengan retinol ini? Atau harus selanh seling pakainya?

    ReplyDelete
  31. Jadi kak boleh ga kalo cuma pake dua produk itu aja di malem hari? Dan pagi hrs ttp pake sunscreen walau dirumah ajah?

    ReplyDelete
  32. Hallo mba, aku juga baru coba retinol series ini 2 mingguan full dan wah emang emejing bgt ya mbaa..
    Aku mau tanya karna di urutan skincare yg ditulis mba ga ada essence, kira2 retinol series ini aku tambah si PHTE nya , amankah ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kulitnya yak, sudah kutulis di bagian QnA itu kan ada vitamin C ;)

      Delete
  33. Penjelasan yg panjang, namun lengkap dan berbobot. Makasih ya, bermanfaat bgt nih krn aku lg nimbang2 utk beli retinol ampoule-nya. Keep shining, darling.

    ReplyDelete
  34. kak BANTU JAWAB dong kalo retinol toner dan ampoulse nya ak mau selipin di niacinamide dan Night cream dan sleeping mask. Tanpa hydrating gimana ??? apa hydrating it wajib?

    ReplyDelete
  35. Hi kak, ak dah pake si nih ampule, bagus hasilnya. Dipake everynight tdk maslah kan ya. Thanks

    ReplyDelete
  36. Ka sekar, aku kan baru banget nyoba avoskin retinol ini. Tapi aku baru coba toner nya. Sebelumnya bagian pipi ku emang berjerawat gitu, tp udah reda kaya sisa bekas nya doang. Tapi setelah 1 minggu pake toner ini, bekas jerawat itu malah jd jerawat mateng yg merah merah terus gatel gitu ka:( itu karna ga cocok apa gmn ya? Apa mending stop dulu? Tadinya mau beli jg serum ampoule nya, jd binggung nih. Soalnya aku gapake skincare lain nya cm toner itu aja jd takut jerawatan lagi nya karna itu. Menurut ka sekar baiknya gmn?

    ReplyDelete
  37. Hi sis..thanks yaa info, share dan pengalamannya..selengkap itu dan sebagus itu ya hasilnya.
    Btw sebelumnya emg ud planing add this product in my future routine skincare dan pas gugling eh ketemu sm kamu yg selengkap itu sebaik itu ud ngeracunin akyu dg retinol angel ini hihi..dan aku keracunannn, smg aku jg bs berhasil seperti kamyu ya aminnn, sekali lg thanks ya bebs..

    ReplyDelete
  38. ka mau nanya kalo umur 16 tahun pake serum avoskin instensive miraculous refining serum/retinol ampoule 30ml bolh atau tdk ka

    ReplyDelete
  39. Hi kak, sy jg baru2 ini pake avooskin retinol, ampoule dan tonernya saya pake, tp kenapa ya kak pemakaian malam ke 3 ada rasa perih di bagian mata? Biasanya kandungan apa aja yg membuat iritasi kak?? Soalnya sy jg pake skincare lain,

    ReplyDelete
  40. Hallo Dek Arum, jika night creamnya makai yg ultra brightening creamnya avoskin masih bisa nggak ya dek? Terimakasih jika berkenan menjawab.

    ReplyDelete
  41. Hai mbak, dari pengalaman aku selama 10 tahun. untuk semua vitamin a derivatif, setelah aplikasi dikasih waktu 5-10 menit sampai wajah benar2 kering dan terserap dgn baik, baru pake moisturizer.
    Kl nggak bisa merah dan iritasi.

    ReplyDelete
  42. kak Arum kan pakai si toner sama serumnya, truss nambahin exfoliator ngga kak di skincare routine nya kaka? kalau boleh tau exfoliatornya apa kak? terimakasih

    ReplyDelete
  43. Halo ka, aku mau tanya mama aku pakai serum yang retinol ampul terus mau nyoba toner tapi ternyata dia salah beli toner dia ke beli refining toner yang ada aha bha pha nya itu, kira kira itu boleh digabung ga ya ka? Atau dipakai bergantian? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kulitnya kuat atau tidak. Silahkan dicoba sendiri. Kalau dirasa terlalu hars, pakai selang-seling

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.