Foundation Favorit 2018

1:09:00 PM

Best Foundation 2018

Dear sobat misqueen,
mohon tahan rasa dengkimu dulu, karena series favorit 2018-nya Racun Warna-Warni masih berlanjut. Mohon dimaklumi ya. Misi saya membuat blog ini memang untuk memamerkan harta benda duniawi, agar kalian iri lalu semakin giat bekerja.

Setelah pamer Favorit Highlighter dan Favorit Lipstick, kali ini giliran foundation. Foundation itu menurut saya adalah produk yang paling penting di dalam hidup ini. Karena foundation adalah dasaran. Kalau dasaranmu sudah huelik, maka ya tidak usah berharap pada langkah-langkah selanjutnya. Dijamin tetep huelik, wis. Kecuali kamu terlahir sebagai Doutzen Kroes, maka pakai foundation abal-abal pun saya rasa kamu akan tetap cemerlang. Tapi karena kamu bukan Doutzen, maka saya anjurkan kamu memikirkan dan rela menabung sedikit untuk sebuah foundation.


Ya itu cuma saran. Kalau tidak mau dan tetap mau bertahan kepada foundation murahanmu, ya sudah tidak apa-apa. Toh harta duniawi tidak dibawa mati.

Nah, buat rakyat lama Racun Warna-Warni, pasti ngerti deh kalau selera foundation saya selama ini adalah yang sheer coverage dan dewy finish. Tapi tahun 2018 kemarin, hidup saya mengalami pergeseran makna. Entah bagaimana saya tu jadi suka foundation full coverage. Dan saya jadi lebih toleran sama finish yang rada-rada matte, ya asal jangan matte-matte amat lah ya!

Pergeseran ini mungkin disebabkan karena tren. Ya tau sendiri lah, tahun lalu banyak foundation baru yang keluar, dengan formula full coverage dan matte. Tapi mungkin juga bukan karena tren, namun karena saya bertambah dewasa dalam menyikapi kehidupan ini.

the swatch
Bawah ke atas: Too Faced - Mustika Ratu - L.A. Girl - Estee Lauder


1. Too Faced Born This Way Foundation

Ini sebenarnya sudah saya pakai luamaaa banget. Cuma baru saya favoritin sekarang. Karena biasanya saya masukin produk drugstore untuk favorit, karena sobat misqueen maunya yang drugstore-drugstore. Tapi kali ini saya ingin jujur pada diri sendiri, saya cinta foundation ini.

Born This Way ini hasilnya glowing, tapi coverage-nya bagus. Foundation ini tuh menuai sanjungan sekaligus kecaman. Jadi orang itu antara cinta atau benci dengan foundation ini, nggak bisa setengah-setengah. Saya ini termasuk yang cinta.

Kalau yang saya amati sih, yang benci foundation ini rata-rata adalah mereka yang kalau pakai foundation nggak kira-kira banyaknya. Foundie ini jujur cakepnya memang dipakai tipis-tipis, dan nggak buildable. Kalau terlalu tebal atau di-build terus, hasilnya malah cakey. Mungkin karena ini juga, mbak Tasya Farasya nggak suka foundation ini, sedangkan mbak Suhay Salim suka. Paham kan, bagaimana habit mereka kalau pakai foundation?

Tapi kalau makainya bener, beuh...kece! Wajah kelihatan flawless dan dewy sehat gitu. Apalagi kalau dipakai foto, cuakep mak! Cuma ini mayan mahal sih ya, jadi saya juga agak sayang-sayang kalau pakai cuma buat FOTD-an.

Harga foundation ini sekitar 500 ribuan. Cukup mahal, tapi worth lah! Saya rekomend buat kamu yang punya kulit kering, dan habit pakai foundation-nya tidak berkiblat pada tutorial mbak Tasya Farasya. Untuk shade, saya cocok sama Vanilla. Tapi yang terakhir ini saya salah beli Warm Beige. Masih masuk sih, cuma rasanya kurang kuning aja gitu.


2. Mustika Ratu Beauty Queen Dewy Finish

Sobat missqueen pasti suka! Karena ini foundation lokal dan harganya cuma 90 ribu, tapi hasilnya bagus menurut saya. Foundation ini ada dua jenis, yaitu matte finish dan dewy finish. Saya tentu saja pilih yang dewy finish. Tapi walau judulnya dewy finish, foundie ini nggak ada duwi-duwinya blas! Nggak yang super matte sih, tapi buat saya ya ini matte. Saya nggak kebayang, lah yang matte finish kayak apa yak?

Tapi walau nggak dewy, dia cakep. Untuk ukuran 90k, foundation ini nggak oxidise dan tahan seharian. Nggak faded di beberapa bagian, dan di tengah hari nggak bikin muka kelihatan kumus-kumus. Terus walau namanya High Coverage Foundation, menurut saya ini nggak high coverage. B aja sih kalau soal coverage-nya.

Untuk kekurangannya ada dua. Yang pertama, foundie ini bukan tipe foundie yang kece di foto, jadi dia lebih tipe foundie dunia nyata IYKWIM yah, kalau enggak ya udah saya juga males jelasin. Terus kekurangan kedua, pilihan shade-nya cuma tiga, dan cuma yang Ivory ini yang yellow tone. Ivory ini warna paling terang, kebetulan masuk aja ke saya. Tapi untuk kalian yang kulitnya gelap dan kuning, saya nggak yakin, karena sisanya nge-pink.

Tapi di luar segala kekurangannya, foundie ini tetap kucinta!


3. L.A. Girl Pro Coverage HD Long Wear Illuminating Foundation

Saya pakai shade Warm Beige ini dulu pas kulit saya menggelap. Sekarang sih buat campuran aja. Nah, LA Girl ini finish-nya glowing banget, tapi coverage-nya buagus! Saya inget dulu cinta banget sama penampakan kulit saya kalau pas pakai foundation ini. Apalagi harganya cuma 200 ribuan. Cuma saya akui, foundation yang satu ini memang nggak seawet Too Faced Born This Way Foundation, jadi ya harus sering-sering ceki-ceki, mana tau idungmu ilang.

Kalau buat campuran foundation, menurut saya sih ini bagus banget! Jauh lebih bagus daripada produk custom colour foundation khusus (kayak punya Catrice atau The Body Shop). Karena foundation ini teksturnya cenderung encer dan ringan, jadi nggak ngerubah tekstur foundation. Terus karena shade punya saya ini memang sangat warm tone, jadi somehow bisa ngoreksi warna foundie yang kurang kuning di kulit saya.


4. Estee Lauder Double Wear Stay-In-Place Liquid Makeup

Jadi saya nggak nyangka bisa suka sama foundation ini. Karena ini sangat matte dan full coverage! Banyak dipakai MUA untuk makeup manten. Dan sedihnya nih, saya kan udah punya lama, tapi saya cintanya baru-baru ini aja. Dan pas lagi cinta-cintanya, foundie saya ini hilang, ketinggalan di Bali. Jadi mohon maaf saya nggak fotoin full size-nya, tapi saya beli sample size untuk sekedar ngerasain lagi karena mau saya tulis di sini.

Estee Lauder Foundation Shade Rattan

Foundie ini tuh gila banget, saya pakai kondangan di Bali, dengan acara di pinggir pantai dan udara super panas, keringetan beleleran, tapi nggak geser sama sekali, nggak nge-crack, dan nggak faded. Dari pagi sampai sore saya nggak touch-up, kecuali alis dan lipstik.

Tapi memang hasilnya sih kelihatan dandan gitu, berat, meski konon sih nggak sedempul Huda Beauty Foundation. Dan kalau difoto flashback. Jadi memang bukan untuk pemakaian malam hari yang ada kemungkinan foto-foto pakai flash atau lighting buatan. Tapi kalau butuh makeup yang awet dan anti badai, foundie ini bisa diandalkan.

Saya pakai shade Rattan. Rattan adalah jalan raya. Harganya sekitaran 700 ribu. Saya belum mau repurchase full size-nya karena masih harus membeli sofa, lemari, dan beberapa perabotan untuk rumah baru saya.

You Might Also Like

12 komentar

  1. Estee lauder double wear emang kece parah sih. Dipake dikit aja nutup dan awet bgt. Aku sbnrnya ndak suka pake terlalu banyak lapisan di muka kaya pake primer, color correct atau concealer, soalnya buat yg ndak sabaran dan ndak jago ngeblend kaya aku.. hasilnya malah kerasa berat dan cakey. Dan estee lauder beneran mampu bekerja dgn maksimal menjalankan fungsinya sbg foundie dgn maksimal tanpa perlu dibantu primer, concealer, atau color correct.

    Untuk mustika ratu beauty queen banyak yg blg bagus. Beneran pgn masukin di list to buy nih buat foundie2 harian. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa aku juga nggak suka banyak lapisan. Menurutku foundie yang bagus itu ya performanya bagus meskipun tanpa primer etc.

      Delete
  2. Foundie favoritku tak menjadi favoritmu. Ya begitulah hidup ya bunda.... Tapi aku pengen beli itu mustikaratu biar tidak mengurangi kekayaanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foundie favoritmu apa buunddd? Mungkin aku belum jajal

      Delete
  3. La girl, favorit sayaa... sampe kakakku bertanya berulang kali, "mukamu pake apaaaa?" hahaha... Favoritnya Stephanie Rose & Kathleen Light juga kalo gak salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang luv. Hasilnya alussss banget. Aku sampe pengen beli lagi yang shadenya lebih sesuai

      Delete
  4. Wow ka... kiblat kita sangat berbeda ya. Aku tipe yang pake bb cream aja dicampur lagi sama aloevera gel. Tapi dulu suka bgt yg coveragenya tinggi. Aku juga nungguin review serum avoskin kk lo. Semangat menata rumah barumu ka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiblat kita dulunya sama. Tahun lalu saja yang berbeda hakhak.

      Delete
  5. aku nyaris ga pernah pake foundi, berat ses, seberat beban hidup dan dosaku :( padahal suka pingin, beli2 eh ga kepake, maklum orang kaya jadi ga apa exp walau masih utuh juga

    ReplyDelete
  6. Wah saat ini sedang bergunjing bersama dek hanifa tentan foundie mustika ratu ini. hmmm hmmm hmm, mulai teracuni nih saya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...