5 Favorit Foundation dan Cushion 2022

2 comments

Kalau untuk complexion produk, terutama foundation, aku memang rela splurge. Kenawhy? Soalnya menurutku kunci dari makeup yang bagus tuh ada di base makeup-nya. Foundie yang retak-retak atau  nggak awet beneran bikin aku bete seharian, karena memang agak susah dibenerin. Dan urusan foundation ini, kualitas produk lebih menentukan hasil daripada skill. Jadi aku sendiri rela beli foundie yang agak mahal. Nanti lipstik, eyeliner, eyeshadow, lokal aja ndak papa. Tapi makannya tetep yang bergizi, ya ges ya.

Nah, ini dia 5 foundation (dan cushion) yang jadi favorit aku dan paling sering kupakai selama tahun 2022. Walau akutu sebenernya jarang pakai foundation ya karena bingung juga nggak usah pakai foundation aja udah cantik kek embuh gini tapi aku kan beauty blogger masa ya ndak pakai foundie.

Ini swatch-nya. Beda-beda ya? Nanti w jelasin makanya baca sampai abis ya.

Oh iya, kalau kelen mau lihat favorit-favorit makeup dan skincare-ku yang lain, di instagram @racunwarnawarni aku bikin list favorit 2022. Salah satunya yang paling laris adalah Favorit Sunscreen 2022 dan Favorit Bedak 2022. Tapi terkhusus untuk foundie aku taruh di blog biar lebih leluasa nyangkemnya dan biar bisa gombalin kamu. 

Cantiq, udah makan belum?


Chanel Les Beiges Water Fresh Tint

Harga: Rp 1.160 000/ 30 ml

Shade: Medium.
Tapi kayaknya shade apapun nggak begitu ngaruh wong sheer banget.

Chanel Les Beiges Water Fresh Tint ini anggota baru sebenernya di jajaran base makeup-ku, baru beli September 2022, tapi langsung jadi most use foundation untuk ukuran aku yang cantik alami dan jarang pakai foundation ini! Ini sih tipeku banget: makeup-an tapi kayak nggak makeup-an sama sekali (lalu buat apa makeup-an, tanya netizen). Pokoknya ini hasilnya bikin kulit terlihat SEHAT! Dan glowing mewah gitu lah tapi nggak minyakan, kayak kamu udah pakai skincare mahal sendari masih remaja. Cara terbaik untuk aplikasinya adalah dengan jari tangan aja.

Feel pas pemakaian juga mewah. Teksturnya kayak essence tapi ada butiran-butiran tint, yang begitu di-blend ke kulit butirannya akan pecah dan membuat wajahmu seperti diselimuti kekayaan. Terus aromanya juga enaaakk banget, aroma rose yang soft seperti aroma kulit diselimuti kekayaan. Pokoknya kalau kelen pengen ngerasain kulit orang kaya, cobain deh.

Tapi skin tint begini pasti memicu pro dan kontra sih. Pasti ada aja yang nggak suka karena memang coverage-nya nggak ada sama sekali. Tapi buat aku yang anaknya natural walau natural tipu-tipu ini, skin tint ini bener-bener jadi holy grail yang kalau habis akan aku repurchase lagi kalau ada duitnya.

Kekurangannya, oil control-nya nggak begitu bagus. Terbukti pas dipakai sama Momon nggak begitu awet dan nggak nahan minyak samsek. Tapi Momon kulitnya memang super oily melebihi manusia pada umunya. Kalau di kulit keringku sih cakep-cakep aja dipakai seharian tanpa touch up.


NARS Light Reflecting Foundation

harga: Rp 767 000/ 30 ml

Shade: Fiji
Awalnya shade ini kayak terlalu terang. Tapi ternyata malah ini jadi foundation yang paling pas di kulit aku, undertone-nya juga pas banget, jadi nggak perlu dicampur-campur lagi.

Love banget sama foundation yang satu ini. Teksturnya liquid dan nggak terlalu thick, gampang banget di-blend, tapi coverage-nya medium. Lumayan nutup kalau buat aku yang dosanya nggak begitu banyak. Aplikasi terbaik kalau aku di-spread dulu pakai jari/ spatula, baru kemudian blend pakai beauty sponge. Finish-nya halus, glowing, dan kayak kulit sehat gitu. Di kamera maupun in real life hasilnya sama cakepnya. Untuk ketahanannya menurutku cukup bagus sih di kulit keringku. Aku bisa pakai ini seharian tanpa jadi jelek. Tapi ya kapan sih aku jelek?

Lalu satu hal yang aku apresiasi banget dari Nars adalah desain-nya. Memang simpel dan kesannya muk ngono thok! Tapi karena kombinasi pilihan font dan material packaging-nya, produk-produk Nars jadi kelihatan mewah banget! Mewah ala old money.

old  money

BLP Face Base

Harga: Rp 199 000/ 33 ml

Shade: W20 Warm Beige
Shade ini awalnya pas banget di kulitku. Tapi sekarang agak kegelapan, walau masih masuk. Mungkin next aku akan beli W10.

Kayaknya aneh kalau aku nggak masukin BLP Face Base, karena ini adalah foundation andalanku untuk ngonten! Teksturnya liquid, nggak thick sama sekali, bahkan lebih ringan dari Nars. Gampang banget di-blend, dan aplikasi terbaik dengan menggunakan beauty sponge lembap. 

BLP Face Base ini adalah foundation yang udah aku repurchase! Jarang-jarang lho memutuskan beli lagi suatu produk kalau nggak secinta itu. Kelebihannya menurut aku harganya terjangkau, range shade-nya luas, dan finish-nya healthy-glowy look yang aku memang suka banget. Kelebihan foundation ini sangat nyaman di kulit, terus kalau di kamera (baik mirorless maupun iphone) hasilnya mulus banget! Beneran kayak muka dikasih filter padahal enggak. In real life juga cakep, walau memang kuakui foundation ini cakepan di kamera.

Tapi sayangnya foundiation ini kurang tahan lama. Untuk kulit aku yang kering, nggak terlalu masalah ya, tinggal sesekali blot pakai oil control film dan touch up bedak aja. Tapi untuk yang kulitnya berminyak, mungkin perlu ekstra baking dan setting spray kalau mau dipakai seharian.


Make Up For Ever HD Skin Foundation

Harga: Rp 750 000/ 30 ml

Shade: 2Y20
Sedikit terlalu gelap dan undertone-nya juga terlalu pinkies untuk aku. Padahal Y itu kategorinya warm, ngga ngerti lah aku. Tapi untungnya masih bisa diakalin dan terpakai.

Dari tadi aku ngomongin foundation dengan sheer-medium coverage dan tekstur yang encer kan? Karena memang aku lebih suka foundation yang ringan dan hasilnya natural. Tapi seringkali juga aku butuh foundation dengan extra coverage dan daya tahan. Misalnya untuk kondangan outdoor, atau acara nikahan saudara dimana kita jadi seksi sibuk jadi harus seharian banget wira-wiri di venue tapi maunya muka tetep on. Jadi ini adalah kategori foundation yang tidak sering kupakai tapi wajib punya karena kolo-kolo yo butuh.

Nah, MUFE HD Skin ini adalah liquid foundation yang cukup thick (kalau di-pump di tangan dan dimiringin, dia nggak akan mengalir ke bawah). Tapi masih enak banget blending-nya kalau pakai beauty sponge lembap. Kalau lagi emoh banget sama foundation yang thick, biasanya kucampur aja pakai OASEA Face Oil Serum dikit. Coverage-nya medium to full, dan daya tahannya di kulitku sangat-sangat bagus.

Secara formula aku suka banget, tapi menurutku pilihan shade-nya agak tricky ya. 2Y20 itu deskripsinya light to medium skintone with yellow undertone. Harusnya masuk sih di aku. Tapi ternyata enduck. Hasss mboh. Untung shayank.



Looke Holy Flawless BB Cushion

Harga: Rp 225 000/ 13 g

Shade: Eos
Foto di post ini adalah shade Clio, karena Eos aku kebetulan habis dan Looke Cushion masih susah dicari karena masih masa perbaikan formulasi yada yada begitu yah. Clio ini setingkat di bawah EOS, agak gelap dikit di aku tapi masih masuk kok.

Baca juga: Shade Terbaru Looke Cushion dan Looke Loose Powder

Sejatinya aku nggak suka cushion. Maksudnya kalau ada pilihan cushion atau foundation dalam satu brand dengan formula yang sama, aku pasti akan langsung pilih foundation. Karena foundation jelas lebih murah (dengan harga yang sama isinya lebih banyak), terus aku bisa adjust warna atau teksturnya dengan campurin mixing pigment atau oil. Kalau cushion kan seperti kelakuanmu ya, susah dikoreksi.

Tapi Looke ini formulanya memang nggak tergantikan. Cushion ini hasilnya satin finish dan sheer to medium coverage. Di kulit tuh cakeepp banget walau dia nggak glowing berlebihan, tetep kayak kulit sehat dengan pori-pori nge-blur. Terus yang juara menurut aku adalah ketahanannya, dia nggak begitu nyeplak kalau kita pakai masker, walau ya masih nyeplak karena kalau 100% transferproof namanya semen tigaroda.

Kekurangannya yah, isinya dikit wkwk. Tapi tetang aja dia dijual versi reffil yang harganya lebih terjangkau kok. Jadi kalau kelen udah punya mbok-mbokan-nya, jangan dibuang. Beliin reffil-nya aja.


Nah, itu dia foundie favoritku selama 2022. Udah aku pilih bener-bener, ya ges ya. Milihnya pakai semedi jadi nggak sembarangan. Jadi jangan tanya perbandingannya sama foundie lain, karena ya kalau nggak masuk list ini berarti di tahun 2022 kemaren bukan favoritku kalau dibanding 5 ini, atau simpel aku belum coba.

Kalau foundation favorit kalian apa nich, Bestie? 

2 comments

  1. Kaka kalau sudah pakai foundie yg high end gitu nanti Kaka pakai bedaknya yg tabur atau yg padat

    ReplyDelete
  2. Asikkk makasih review BLPnya mbak arummm!

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.