[Skincare Routine] Part 2: Day & Night Routine

19 comments
Skincare Routine Part 2

Di blogpost sebelumnya, saya udah berbagi tentang cara saya membersihkan muka dan deep cleansing mingguan. Sekarang lanjutannya ya, saya mau share soal day & night skincare, di luar pembersih. Jadi post ini saya mulai dari toner. Untuk yang mau tau sebelum toner saya pakai apa, silahkan klik: [Skincare Routine] Part 1 Cleanse, Exfoliate, Mask

Rule-nya masih sama yah. Nggak ada konsultasi-konsultasian. Saya kekeuh nggak mau jawab kalau ada yang konsultasi, coz saya bukan dokter dan nggak mau tanggung jawab kalau rekomendasi saya salah. Di sini saya cuma mau share aja sebagai sesama orang awam. Saya mau cerita-cerita aja step-step skincare dan quick review produk yang saya pakai. Apa yang cocok buat kulit situ? Eug nggak tau. 

Jenis kulit saya kering, tapi gampang berjerawat. Ini agak susah, soale skincare anti jerawat biasanya diperuntukkan bagi kulit berminyak. Tapi kalau pas lagi PMS atau pas menstruasi, kulit saya biasanya lebih minyakan di area-T. Tapi luarnya doang sih yang minyakan. Rasanya tetep kering, kerasa tertarik, dan bahkan kadang sampai ngelupas gitu. Bingung nggak sih, kering tapi minyakan? Kalau baca-baca artikel sana-sini, kondisi kulit saya ini namanya dehidrasi.

Cara paling ampuh untuk mengatasi kulit dehidrasi adalah perawatan dari dalam. Banyak-banyak minum air putih, makan buah dan sayur, kurangin cafein #nggakbisaaaa, dan jangan begadang. Itu udah ampuh banget! Nggak usah perawatan mahal-mahal dan neko-neko, kalau pas makan saya bener, kulit saya kondisinya bagus. Kalau perawatan dari luarnya sih, yang jelas pakai skincare yang mild dan melembapkan kulit. Penggunaan minyak alami sebagai facial oil juga efeknya bakalan bagus banget di kulit.

Kalau untuk problem jerawat, jujur udah banyak berkurang sejak saya pakai rangkaian skincare dari Avoskin. Bukan sponsor doang ya ini, saya memang beneran udah pakai berbulan-bulan kok, dan cocok banget. Apalagi sejak ditambahin Perfect Hydrating Treatment Essence-nya Avoskin, hidung saya udah nggak berindilan karena komedo lagi. Terus kulit saya juga nggak pernah kumus-kumus atau menggelap kalau siang.

Buat yang mau lihat review-review produk avoskin dari saya, silahkan main ke: Brand Avoskin.
Atau kalau mau kenal brand Avoskin lebih lanjut, bisa ke website www.avoskinbeauty.com atau ke instagram @avoskinbeauty.

Tapi tentu saja sebagus-bagusnya suatu produk pun, tetep kitanya harus pinter pilah-pilah sesuai kondisi kulit. Kayak saya, sampai sekarang belum berani nyobain sabun muka dari Avoskin, karena takut bikin muka saya tambah kering. Dan penggunaan Avoskin Perfect Hydrating Toner doang kalau di saya sih nggak cukup, harus ditambah dengan hydrating toner lain yang lebih melembapkan.

Ini rutin skincare saya:


Siang

Rangkaian Skincare Siang Hari

Untuk pagi/ siang hari, saya mengusahakan skincare yang sesimpel mungkin. Bukan asal simpel, tapi simpel yang masih bisa diterima oleh kulit saya. Selain kalau pagi saya suka buru-buru, kalau pagi muka saya masih ditumpuk makeup lagi. Saya nggak mau muka saya terlalu berat dan minyakan kalau siang, tapi nggak mau juga kalau muka saya kekeringan dan nggak dapet nutrisi dan perlindungan.

Urutan pemakaian skincare saya adalah:

First Essence - Hydrating Toner - Essence/ Serum - Moisturiser - Sunscreen

Produk yang saya gunakan beberapa masih gonta-ganti, belum nemu yang pas banget. Tapi untuk urutan, kayaknya sih selalu seperti itu. Jarang banget saya ganti urutan. Paling kalau lagi males, saya suka skip serum aja.

Dan ini sekilas review produk yang saya gunakan ya:
  1. Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence (first essence)
    Ini baguuussss banget! Bener-bener holly grail saya saat ini deh. Kulit saya jadi lebih bagusan, lebih cerah, jerawat cepet kering, dan komedo minggat semua. Terus juga kondisinya lebih stabil. Bagian rahang nggak semakin kering, sementara area-T minyaknya juga berkurang. Sekarang saya lagi cinta banget sama Avoskin Perfect HTE. Ini termasuk skincare wajib, yang bahkan kalau traveling pun saya bawa.

  2. Nuxe Toning Lotion Rose Petals (hydrating toner)
    Meskipun efeknya super bagus, tapi Avoskin PHTE memang kurang melembapkan kulit. Makanya saya tumpuk pakai Nuxe Toning Lotion. Aromanya enak, aroma mawar tapi nggak murahan. Toner ini bikin kulit saya nyaman. Rasa-rasa kulit kering dan ketarik seketika hilang. Perih-perih kalau lagi iritasi juga jadi lebih kalem kalau dikompres pakai ini.
    Nuxe memang mahal sih ya, tapi kualitasnya nggak bohong. Kamu bisa beli Nuxe original di @indobeautystore buat dapetin harga yang lebih murah dari harga konter. Nanti akan saya review sendiri ya toner ini.

  3. Nature Republic Nature Rose Essence (serum/ essence)
    Jujur aja, saya nggak ngerasain efek apapun selama pakai ini. Nggak melembapkan, nggak menghaluskan, pokoknya serum yang satu ini buat saya nggak ngefek. Tapi untungnya nggak bikin breakout juga, jadi ya saya terusin aja sampai habis. Sisi positifnya, aromanya enak dan teksturnya cepat meresap ke kulit. Mungkin serum ini bakalan lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak.

  4. Avoskin Day Cream (moisturiser)
    Saya biasanya males pakai day cream. Biasanya habis pakai serum, maunya hajar aja langsung pakai sunscreen. Tapi gara-gara Avoskin Day Cream ini, saya jadi rajin pakai dan repurchase mulu. Teksturnya melembapkan, tapi cepat meresap dan nggak lengket, ringan gitu. Pemakaian jangka panjang bikin kulit saya cerah dan bebas masalah. Aroma apel segarnya juga mood booster banget deh dipakai pagi-pagi, bikin semangat.

  5. Etude Sunprise Must Daily SPF 50 PA+++
    Sama kayak sunscreen-suncreen lain sih. Biasa aja. Agak lengket, tapi memang harus dipakai. Sunscreen itu wajib banget ya, percuma ngerawat kulit pakai krim ini itu mahal-mahal kalau wajah nggak dilindungi dari sinar matahari. Kalau si Etude ini habis, saya mau nyobain sunscreen dari Zoya yang kebetulan saya punya dan belum dibuka.

Rangkaian Skincare Malam

Nah, kalau malam saya wajib pakai yang extra rich, biar pagi-pagi kulitnya lembap dan enak di-makeup-in. Lengket-lengket dikit nggak masalah karena, kan nggak dipakai kemana-mana juga, dibawa tidur aja, nggak usah dirasa-rasain.

Urutan pemakaian skincare malam saya adalah:

First Essence - Hydrating Toner - Facial Oil - Eye Cream - Moisturiser

Dan ini produk yang saya gunakan:
  1. Avoskin Perfect Hydrating Toner (first essence)
  2. Nuxe Toning Lotion Rose Petals (hydrating toner)
  3. Argan Oil (facial oil)
    Untuk facial oil, saran saya sih pakai yang murni. Jangan yang sudah ditambah pewangi dan bahan-bahan lain. Karena kalau udah campuran mah biasanya susah ngeresep, nggak dapet manfaatnya, dapet greasy-nya doang. Buat yang kulitnya berminyak juga jangan takut pakai facial oil, karena nggak akan memperparah kondisi kulit kok asal pilih produknya yang bener. Argan oil ini oke juga lho buat yang kulitnya berminyak. Oh dan kalau kulitmu berminyak, jangan pilih olive oil sebagai facial oil. Karena menurut saya olive oil itu teksturnya berat dan nggak oily skin friendly.
  4. Olay Total Effect Anti-Ageing Eye Cream (eye cream)
    Kalau yang ini saya iseng aja coba-coba pengen pakai eye cream. Kemakan iklan kayaknya :D. Menurut saya sih facial oil, serum, dan moisturiser saya udah sangat cukup dan sama sekali nggak berbahaya untuk menutrisi area kulit di sekitaran mata. Jadi kalau ini habis, sepertinya saya nggak akan beli eye cream apapun lagi.

    Baca Juga: eye cream vs eye patch

  5. Avoskin Night Cream (moisturiser)
    Sama kayak Avoskin Day Cream, ini teksturnya juga nyaman banget. Secara tekstur malah lebih nyaman dari day cream, ringan dan gampang meresap, hampir mirip-mirip sleeping mask merek korea. Kalau pakai ini, bangun pagi kulit jadi suple dan lembap. Tapi kalau secara aroma, memang nggak seenak day cream-nya sih.
    Review: Avoskin Night Cream


Tambahan

Extra Facial Spray

Selain skincare rutin yang saya sebutkan di atas, saya juga selalu menyimpan facial spray untuk bermacam-macam keperluan. Sekarang saya lagi pakai Avoskin Hydrating Treatment Essence sebagai facial spray. Paling sering sih saya gunakan untuk nyegerin wajah. Jadi saya bawa aja kemana-mana, saya semprot kalau ngerasa kepanasan atau ngerasa muka udah kucel gitu.

Tapi sering juga saya pakai untuk perantara sebelum pakai facial oil, biar minyaknya cepat meresap di kulit wajah dan nggak kerasa greasy. Kadang saya semprot juga sebelum memulai ritual skincare untuk mempersiapkan wajah menerima skincare. Atau juga saya semprot setelah ritual skincare selesai, agar skincare lebih cepat menyerap dan nggak kerasa greasy.

Selain yang saya sebutin, fungsi Avoskin Hydrating Treatment Essence ini banyak banget lho. Termasuk salah satu produk multifungsi yang wajib ada di pouch makeup saya. Baca saja di sini ya:

19 comments

  1. Kalo kulit berminyak kayak aku cocoknya pake apa, Kak? *mintaditoyor
    Eh iya, saya baca di step by step siang, saya jadi kepo, itu first essence ditimpa toner nggak luntur ya? Soalnya saya kebayang pake tonernya pake kapas. Atau aplly tonernya disemprotin gitu? Thankie

    ReplyDelete
    Replies
    1. #toyorbolakbalikdepanbelakang
      Nggak ses. Pakainya kayak hadalabo, pakai tangan ditepok-tepok. Terus dikasih jeda beberapa menit. Jadi tunggu layer pertama meresap, baru lanjut layer selanjutnya, dan seterusnya.

      Delete
  2. Baru pertama mampir di mari, manggut2 nyimak dulu :D

    ReplyDelete
  3. Kak yg bener itu moisturizer dulu apa sunscreen dulu yah? Kalo penjelasan video kak affi dr femaledaily kebalikannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moisturiser dulu. Masa sih kak Affi bilang sunscreen dulu?

      Delete
  4. Mbak, aku lihat avoskin kok rangenya nggak ramah di kantong anak kost ya. Pakah emang avoskin ditargetkan untuk kalangan kelas B+?

    www.christinauntari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang agak mahal ya. Tapi sesuai kualitas kok. Bukan mahal karena berat di nama doang :D

      Delete
  5. Slm kenal mb arum dr jogja mb ��
    Klo liat dr review2'a..Avoskin kyk'a bagus y..
    Coz mw gnti skincare jg..
    Mw tnya neh klo mw beli argan oil yg rekomended dimn y?di store lokal udh nyari ko g nemu y..
    Pa nyari di onlin onshop yg korea2 gt?
    Matur nuwun klo berkenan menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal :3.
      Argan oil di @arganabeautyindo.
      Skincare korea di miss lie collection atau hermo id.

      Delete
  6. hallo kakk, aku mau nanya, td kata kaka masalah jerawat kaka hilang pake avo,nah kalo bekas jerawatnya bagaimana?bisa hilang juga pake avoskin?

    ReplyDelete
  7. Halo mba arum.. salam kenal ^^
    Udah pernah nyoba sunscreen nya skinaqua blm mba? Itu enak banget hehe
    Ditunggu review sunscreen zoya nya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di search saja, skin aqua sudah ada reviewnya ;)

      Delete
  8. perawatan wajah yang lengkap bagus

    ReplyDelete
  9. mba sebenernya avoskin hydrating treatment essence bisa digunakan sbg hydrating toner ga? tapi kok rasanya kaya kurang melembabkan ya?
    saya biasanya pakai avoskin HTE - avoskin PHTE - pelembab. kebalik ga urutannya?
    tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya tergantung kulit masing-masing sih. Ada yang merasa cukup pakai Avoskin PHTE aja, ada yang harus ditambah hydrating toner. Kalau aku, karena kulitku memang jenisnya kering, selalu kutambah hydrating toner lagi.

      Avoskin PHTE-nya dipakai paling awal saja mba :D.

      Delete
  10. Hallo kak, mau tanya dong. Kulit ku itu kering tapi komedoan menurut kakak produk skincare yang bagus itu apa y.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.