Review Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

5 comments
Review Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++
Review Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

Lacoco adalah salah satu brand skincare lokal yang produknya selalu saya tunggu dengan excited. Saya udah mencoba beberapa produk Lacoco, yaitu Lacoco Eye Serum, Lacoco Watermelon Glow Mask, Lacoco Aloe Vera Soothing Mist, dan Lacoco Bust Fit, dan memang selalu puas banget pakainya. Ingredient produk-produknya cenderung singkat/ minimalis, tapi padat dengan bahan-bahan yang memang poten.

Nah, baru-baru ini Lacoco mengeluarkan dua produk baru, yaitu Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++, yang merupakan produk exfoliating serum lokal dan produk sunscreen lokal dengan tekstur yang super enak. Produk ini sudah saya coba satu bulan lebih, bahkan sudah saya repurchase lho, keduanya sudah masuk botol kedua.

Saya akan bagikan pengalaman saya memakai kedua produk ini, bagus atau tidak, dan juga before-after setelah pemakaian satu bulan ;).


Formula dan Ingredient Lacoco Dark Spot Essence

Formula dan ingredient lacoco dark spot essence
Review Lacoco Dark Spot Essence

Ketika mendengar namanya yaitu Lacoco Dark Spot Essence, saya pikir main ingredient-nya adalah bahan-bahan pencerah seperti vitamin C, Arbutin, dan lain-lainnya. Tapi ternyata ini adalah sebuah exfoliating serum! Jujur buat saya, si kecil ini jadi lebih menarik. Karena saat ini, saya sedang memakai beberapa actives ingredient baru yang lumayan berpotensi irritant, jadi saya skip produk-produk eksfoliasi, karena acid toner yang saya punya memang lumayan keras. Nah, Lacoco Dark Spot Essence ini menawarkan mild exfoliating, yang tentunya sedang saya butuhkan sekali saat ini.

ingredients lacoco dark spot essence
Ingredient Lacoco Dark Spot Essence

Kandungan chemical exfoliant-nya adalah
  • 5% AHA (Glicolic Acid)
  • 1% BHA (Salicylic Acid
  • 2% PHA (Gluconolactone)
  • 2% Tranexamic Acid
Cenderung mild bila dibandingkan dengan acid toner-acid toner kekinian, yang bahkan berani memasukan AHA dan BHA sampai dengan level 7% dan 3%, namun juga nggak cemen-cemen banget juga. Apalagi ini bentuknya essence/ serum, yang biasanya efek iritasinya nggak sekenceng produk eksfoliasi dalam bentuk toner. Dan menurut saya ini bagus buat saya yang memang sedang mencari produk eksfoliasi yang bisa ditandemin sama ingredient lain yang juga lumayan powerfull, yang sedang saya pakai (seperti Retinol dan Vitamin C). Buat saya, presentase ini cukup efektif dan terasa kerjanya di kulit saya, namun minim resiko iritasi.

(Oh iya, saya nggak melirik acid toner Korea yang super mild seperti Benton Aloe BHA Toner atau Some By Mi 30 Days Miracle Toner, karena nggak ada efek apa-apa di kulit saya. Cuma seperti usep-usep air doang wkwkwk.. Tapi ini di saya ya. Kalau di kulit kalian mungkin berbeda efeknya).

Selain mengandung acid yang saya sebutkan di atas, Lacoco Dark Spot Essence ini juga dilengkapi dengan Niacinamide, Mulbery Extract, dan Licorice Extract, yang kita semua tahu sangat berguna untuk mencerahkan kulit. Lalu formulanya juga dibuat aman tanpa kandungan paraben, alkohol, silicone, dan suflate.

Keseluruhan kandungan dalam essence ini berguna untuk:
  • Memudarkan dan mencegah munculnya flek/ hyperpigmentation
  • Deep cleansing sampai ke pori-pori, mengangkat sel kulit mati
  • Mencerahkan
  • Anti-aging, merangsang pertumbuhan kolagen
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Mengurangi komedo dan jerawat
texture lacoco dark spot essence
Tekstur Lacoco Dark Spot Essence

Tekstur essence ini serumy, terasa seperti lotion yang gelish. Duh, bingung jelasinnya. Pokoknya super enteng dan cepat menyerap ke kulit tanpa meninggalkan rasa dan lapisan apapun. Spredability-nya cukup tinggi, jadi sedikit produk saja sudah bisa diratakan ke seluruh wajah.

Di kulit saya, efek eksfoliasi dari Lacoco Dark Spot Essence ini cukup "nendang". Saya udah sekitar satu bulan skip semua exfoliating product apapun, baik chemical maupun physical. Dan ketika pertama kali saya pakai exfoliant lagi, yaitu Lacoco Dark Spot Essence ini, rasanya agak cekit-cekit atau tingling di beberapa area, terutama area-area yang berjerawat atau ada luka terbuka. Whichis normal sih ya untuk yang baru awal-awal pakai. Setelah beberapa kali pemakaian (di saya setelah tiga hari pemakaian) efek tingling ini akan mereda karena kulit sudah beradaptasi. Hanya terasa cekit-cekit bila terkena area yang ada luka saja.

Oh iya, soal efek tingling ini, saya sepenuhnya menyerahkan kepada masing-masing pemakai ya. Kalau misalkan kamu merasa efek tingling ini nggak bisa ditahan, ya sudah, jangan dipakai lagi. Atau malah kalau di kamu pemakaian essence ini nggak ada efek tingling sama sekali, ya bagus dong! Tingling adalah efek samping yang normal terjadi di pemakaian pertama produk exfoliant, tapi nggak harus selalu terjadi juga. Nggak tingling juga malahane.

Pemakaian Lacoco Dark Spot Essence bikin kulit lebih "bersih" dan sel kulit mati terangkat, sehingga efeknya kulit lebih cerah dan bebas komedo. Serta bahan aktif lain yang saya pakai bareng essence ini juga bekerja dengan lebih optimal.

Baca juga: Review Lacoco Watermelon Glow Mask & Eye Serum


Formula dan Ingredient Lacoco Daily UV Counter SPF 50/ PA++

Formula dan Ingredients Sunscreen Lacoco Daily UV Counter SPF 50/ PA++
Tekstur Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

Kalau ada produk lokal yang selalu saya tunggu-tunggu, itu adalah SUNSCREEN. Sunscreen adalah sesuatu yang wajib selalu kita pakai setiap hari dalam jumlah yang banyak, jadi tentu sunscreen adalah produk yang paling sering saya beli. Saya rajin explore sunscreen karena saya mau sunscreen yang saya pakai benar-benar nyaman, biar nggak malas pakai dalam jumlah banyak dan juga reaply.

Awalnya ketika tahu Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++ ini adalah hydbrid sunscreen (gabungan antara chemical dan mineral sunscreen), dengan perlindungan setinggi ini, dan juga dengan formula yang tanpa alkohol; saya mengira kalau sunscreen ini akan sedikit mengorbankan sisi kenyamanannya. Ternyata ENGGAK LHO! Teksturnya supeeerrr nyaman di kulit. Cream-nya ringan dan nggak lengket sama sekali, tapi juga sekaligus ngasih sedikit efek lembap. Produk ini juga ngasih efek kulit yang smooth seperti face primer, namun nggak ada white cast. Secara formula ini bener-bener kerasa senyaman produk highend

ingredients di packaging lacoco daily uv counter spf 50 PA++
Ingredient Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

UV Protection dalam sunscreen ini ada 4, yaitu:
  • Ethylhexyl Methoxycinnamate (Octinoxate) : Chemical Sunscreen, UVB protection
  • Butyl Methoxydibenzoylmethane (Avobenzone) : Chemical sunscreen, UVA protection
  • Octocrylene Chemical sunscreen, UVA & UVB protection
  • Titanium Dioxide : Mineral/ physical sunscreen
Fitur perlindungannya cukup lengkap, terdiri gabungan dari chemical sunscreen dan mineral sunscreen, yang tentunya sangat efektif melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu produk ini juga dilengkapi dengan Niacinamide dan Licorice Extract yang membantu mencerahkan kulit. Sama seperti Lacoco Dark Spot Essence, sunscreen ini dibuat bebas dari paraben, sulfate, silicone, dan alcohol. Keseluruhan formulanya terasa sangat luxurious, super nyaman di kulit, dan nggak meninggalkan white cast. Luv!


Cara Pakai dan Layering Lacoco Dark Spot Essence


Review Cara Penggunaan Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++
cara layering Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

Untuk Lacoco Daily UV Counter, nggak perlu saya jelaskan cara pakai dan layering-nya ya. Pasti semua sudah tahu bahwa sunscreen wajib dipakai di step terakhir pemakaian skincare setiap pagi (Untuk memahami ini, terlebih dahulu silahkan membaca artikel saya yang berjudul "Basic Skincare CTMP" dan "Paduan 10 Step Skincare")

Saya pakai Lacoco Dark Spot Essence ini di night skincare routine setiap hari, di slot serum bagian pertama di malam hari, sekitar 2-3 drops sekali pemakaian. Jadi kira-kira seperti ini urutan night skincare saya:
Hydrating Toner - Lacoco Dark Spot Essence - Another Actives Essence/ Serum - Hydrating Serum - Moisturiser

Karena Lacoco Dark Spot Essence ini adalah exfoliator, saya nggak pakai acid toner lagi. Untuk kalian yang merasa perlu eksfoliasi lebih, boleh saja sih pakai acid toner/ face scrub juga. Tapi kalau di kulit saya sendiri, Lacoco Dark Spot Essence ini sudah cukup banget memenuhi dosis eksfoliasi harian di skincare routine saya.

Nggak seperti Retinol dan Arbutin yang cuma boleh dipakai di malam hari, AHA/ BHA boleh kok dipakai di pagi hari juga. Jadi, nggak masalah kalau mau memasukkan Lacoco Dark Spot Serum di skincare routine pagimu. Tapi saya sendiri cuma pakai malam. Saya kalau pagi nggak terbiasa pakai exfoliant, jadi sering kelewatan mau pakai essence ini. Tapi isoke kok. Dari dulu saya terbiasa pakai exfoliator di malam hari saja, nggak pernah pakai di pagi/ siang hari, dan kerjanya juga sudah efektif.

Perlu diingat bahwa AHA/ BHA sifatnya photosensitif. Jadi kalau sudah bertekad menambahkan ingredient ini dalam skincare rutin, kita wajib berkomitmen untuk pakai sunscreen dengan cara dan jumlah yang benar, dan juga wajib reaply sunscreen. Jadi memang cerdas banget sih Lacoco, ngeluarin exfoliating essence barengan sama sunscreen-nya. Karena memang ini combo yang penting banget.


Hasil Setelah Satu Bulan Pemakaian Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

Ini dia before-after wajah saya setelah satu bulan pemakaian kedua produk ini.

Before dan After Lacoco Dark Spot Essence dan lacoco daily uv counter spf 50 PA++
Sebelum - Sesudah 1 bulan pemakaian Lacoco Dark Spot Essence

(Tolong abaikan perbedaan skintone di foto tersebut ya) Di saya, efek pemakaian produk ini bukan ke skintone. Skintone saya kayaknya udah mentok sih tingkat cerahnya. Tapi fokuslah kepada area noda gelap yang saya beri lingkaran putih. Setelah pemakaian kedua produk ini, noda tersebut jadi mengecil dan sedikit menipis. Noda yang saya punya itu bukanlah noda dosa ya, tapi noda bekas jerawat dengan jenis PIE (Post Inflammatory Erythema). Noda jenis ini konon hanya bisa dihilangkan dengan tindakan laser. Jadi ketika noda ini sedikit memudar dengan pemakaian produk OTC begini, yhua berarti produknya bagus banget!

Baca juga: Review Lacoco Watermelon Glow Mask & Eye Serum

Efek lainnya, pori-pori terasa lebih bersih, karena memang exfoliator berfungsi untuk deep cleansing. Namun di saya pribadi, efek AHA-nya yang ngasih kesan bright dan menghilangkan noda, lebih terasa dominan dibandingkan efek pore cleansing-nya sih. Reaksi ini mungkin bisa berbeda di kamu ya. Kalau kulit saya sih dari dulu memang cenderung lebih cocok dan bereaksi dengan AHA dibandingkan BHA.

Pemakaian sunscreen-nya juga nggak menyebapkan komedo dan jerawat. Sunscreen-nya benar-benar mampu melindungi kulit saya dari matahari. Rumah saya banyak jendela kaca dari segala sisi, dan juga saya rutin berjemur setiap hari, serta saya sedang pakai beberapa skincare dengan kandungan active yang cukup photosensitif (termasuk Lacoco Dark Spot Essence), tapi kulit saya tetap pada tingkat kecerahan ini dan nggak menggelap sama sekali.


Recomended?

Review Lacoco Dark Spot Essence dan Review lacoco daily uv spf 50 PA++
1 bulan pemakaian Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

Untuk sunscreen, saya merekomendasikannya ke SEMUA ORANG, kecuali ibu hamil karena chemical sunscreen memang tidak boleh dipakai oleh ibu hamil. Sunscreen dengan tekstur super nyaman itu selalu jadi investasi yang bagus, dan nggak bakalan salah deh dipakai oleh siapa saja, di segala usia. Sunscreen termasuk dalam basic skincare CTMP yang kita harus selalu punya.

Dan ini adalah sunscreen dengan formula dan fitur perlindungan yang bagus banget. Kekurangan sunscreen ini menurut saya adalah kemasannya yang terlalu kecil untuk ukuran sunscreen. Tapi ini bisa jadi kelebihan juga. Karena ini sunscreen yang beneran sangat bagus secara tekstur, formula, dan ingredient, dengan dikemas kecil-kecil, harganya jadi lebih bisa dijangkau. Jadi istilahnya, buat yang mau nyobain sunscreen kualitas highend dengan harga yang relatif terjangkau, Lacoco Daily UV Counter bisa banget dicoba. Dan ukuran ini juga bikin sunscreen ini mudah dibawa-bawa untuk reaply. Meskipun saya berharap Lacoco next akan memroduksi sunscreen dengan ukuran yang lebih besar.

Kalau Lacoco Dark Spot Essence, saya merekomendasikanya untuk:
  • Yang sudah khatam basic skincare CTMP dan disiplin dalam pemakaian sunscreen.
  • Pemula yang mulai ingin mencicipi chemical exfoliant yang lumayan terasa.
  • Kamu yang kulitnya terlalu sensitif dan nggak kuat pakai acid toner yang banyak beredar di pasaran.
  • Yang butuh mild exfoliator untuk dipakai harian, atau untuk dipakai barengan dengan skincare yang punya actives ingredient lain.
  • Yang butuh tambahan mild exfoliant lain untuk membantu kerja acid toner yang sudah dipakai.
Namun lagi-lagi Lacoco Dark Spot Essence juga sebaiknya dihindari dulu oleh ibu hamil, karena kandungan Salysilic Acid/ BHA-nya.


Harga Lacoco Dark Spot Essence dan Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++

Lacoco Dark Spot Essence dibandrol dengan harga Rp 190 000/ 10 ml, sedangkan Lacoco Daily UV Counter bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 150 000/ 20 ml. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi website Lacoco atau instagram @lacoco.id.

5 comments

  1. Dari beberapa produk exfoliator yg ada versi toner sama serum/essence/ampoule, kok y bener ya biasanya lbh mild versi serum/essence/ampoule, pdhl biasanya lbh potent kandungannya. Dulu mikirnya versi toner pasti lbh ringan. Tp emang kudu dicoba sih ya mbak. Haish, produk lokal skrg kece2

    ReplyDelete
  2. Mbak aku mupeng sama lacoco sunscreennya, tapi sunscreenku masih banyak banget yg belum dicoba :) haha sukanya nyetok sunscreen sih. Aku belum pernah pakai sunscreen hybrid, selama ini cuma pakai chemical sunscreen. Pengen nyoba yg hybrid haha

    Serumnya keliatannya nyenengin juga ya.. Aku belum pernah pake exfoliating serum sih, cuma pernah pake yg versi toner (some by mi) dan versi wash off (somethinc), dan dua2nya terasa mild di aku, activesnya ga terlalu tinggi. Lacoco ini activesnya AHA sampe 5% tapi masih mild ya? Aku masukin wishlist dulu haha.

    ReplyDelete
  3. masuk wishlist nih gara2 mba arum haha, mba kalau untuk reapply sunscreen harus double cleansing dlu atau bisa cuma cuci muka aja sih mba? aku selama ini cuma cuci muka aja langsung ditimpa sunscreen lagi

    ReplyDelete
  4. Bener bener deh mbak arum ini bikin aku jadi terracuni pengen banget cobain produk Lacoco dark spot essence + sunscreennyaa uwuu
    baca ini jadi makin semangat mengkhatamkan basic skincare yang kadang terlupakan huhu biar bisa segera nyobain chemical exfoliant dari Lacoco inii, sekalian nyicil nabung buat beli ni produk wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Wah senang sekali tahu produk yang bisa memudarkan PIE. Baru punya PIE akhir-akhir ini, biasanya jerawat saya meninggalkan oleh-oleh PIH saja dan bisa diatasi dengan niacinamide ehehe
    Saya tertarik sekali dengan sunscreen-nya seus, tapi ukuran 20 ml untuk wajah saya yang luebarrrrr sepertinya akan habis secepatt kilatttt ����

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.