Saturday, September 14, 2013

Berbagai Macam Aplikator Foundation


Beberapa orang ada yang nanyain saya, saya kalau ngaplikasiin foundie/BB cream pakai apa sih? Pakai cinta, Mbak. Bingung juga sih, soalnya saya tipe yang suka-suka banget mau aplikasiin foundie pake apa. Tergantung jenis foundie-nya, dan tergantung mood juga.

Seringnya saya pakai kuas. Tapi kalau lagi males nyuci kuas, ya pakai sponge yang sekali pakai. Kalau tekstur foundie-nya encer, saya sih lebih suka pakai jari aja.Oh iya, FYI aja, saya biasa nyuci kuas foundie saya setiap kali habis dipakai. Jadi saya memang terbiasa memakai kuas foundie dalam keadaan bersih, tanpa ada sisa foundie sebelumnya yang menempel di kuas. Kenapa? Soalnya foundie kan teksturnya becek-becek gitu, kalau dibiarin ngegumpal di kuasnya, bisa jadi sarang bakteri.

Saya pamerin aja satu-satu alat aplikasi foundie saya.


  1. JARI


    Iye, jari tangan aja. Jari tangan ini alat favorit saya kalau mau membaurkan foundie/alas bedak lainnya, dengan tektur yang sangat ringan dan sangat encer. Kayak misalnya: Acnes UV Tint. Atau foundie dengan tekstur yang sangat ringan, biasanya sih foundie yang ada kandungan serumnya semacam: Max Factor Age Elixir Liquid Foundation atau Skinfood Aloe BB Cream

    Kalau menurut saya, foundie dengan tekstur yang ringan dan encer begitu paling enak pakai jari. Karena kalau pakai kuas foundie, finish-nya biasanya ada sedikit garis-garisnya gitu (ini susah dijelaskan. Dulu nggak kepikiran mau ambil fotonya pula).

    Kelebihan aplikasi dengan jari:
    + Foundie cepat membaur, karena panas gesekan kulit jari dengan muka akan membuat foundie cepat meleleh
    + Alatnya selalu ada, nyucinya juga nggak ribet ^^
    + Bisa menjangkau bagian-bagian yang membutuhkan ketelitian semacam under eye area atau cuping hidung.

    Kekurangan aplikasi dengan jari:
    - Sangat nggak disarankan untuk yang punya kulit berminyak, karena gesekan antar kulit akan membuat kulit muka lebih cepat mengeluarkan minyak
    - Tangan jadi kotor, dan kalau kemudian megang botol produk lain, foundie-nya suka njeplak kemana-mana (iuh banget lah ini). Jadi sebelum dan sesudah pakai foundie, wajib cuci tangan.

     
  2. FOUNDATION BRUSH


    Kuas foundie juga sebenernya ada macem-macem sih. Tapi khusus untuk yang kaya begini ini, saya nggak tau disebut apa selain kuas foundation aja ^^. Kalau ada yang tau nama lainnya yang lebih keren gitu, tolong saya dikasih tau ya :D. Bahan bulunya sintetis agak kaku, bentuknya pipih kaya kuas masker tapi lebih lembut bulunya, dan sekilas pernah saya bahas pas ngomongin concealer.



    Ini termasuk salah satu favorit saya untuk mengaplikasikan liquid foundation yang nggak terlalu encer semacam Caring Stay True, Skin 79 hot Pink BB Cream, skin79 orange BB cream, atau Inez Satin Liquid Foundation. Cara membaurkan foundie memakai kuas ini juga sangat mudah. Kalau saya sih tinggal ratakan foundie ke arah bawah, beres deh :D.

    Kelebihan foundie brush:
    + cepat dan mudah membaurkan foundie berbentuk liquid yang teksturnya thick
    + gambang dicuci dan cepat kering

    Kekurangan foundie brush:
    - kurang detail, untuk bagian-bagian lipatan wajah yang susah harus ganti kuas pakai kuas concealer
    - kurang rapih kalau untuk membaurkan foundie dengan tekstur yang sangat encer.


  3. REAL TECHNIQUES EXPERT FACE BRUSH


    Kuas ini cuma ada di Real Techniques (RT), yang mana agak bikin males karena mahal dan belinya harus PO. Tapi saya beneran nggak nyesel deh beli ini, soalnya kualitasnya memang juara.



    Bulunya lembut dengan kepadatan yang pas, dan bentuknya oval menyesuaikan kontur muka kita. Praktis dan cepet untuk ngebaur foundie jenis apapun, dari liquid yang encer sampai cream yang teksturnya thick bisa dibaur dengan cepat pakai kuas ini. Masami Souko juga punya kuas yang bentuknya mirip-mirip kaya begini, namanya Round Top HD foundation. Tapi saya nggak suka punya Masami karena bulunya terlalu padat jadi malah seret kalau buat ngebaur foundie, dan tangkainya berat.

    Kelebihan Expert Face:
    + Bentuk kuasnya mengikuti kontur muka, bisa menjangkau bagian yang detil, sehingga praktis, nggak perlu ganti kuas untuk mengaplikasikan foundie di tempat detil atau concealer.
    + Besarnya pas, ringan, dan enak digenggam
    + Kepadatan bulunya pas
    + Cepat dan mudah membaurkan foundie bentuk apapun, dari liquid yang encer sampai cream yang thick
    + Hasilnya halus dan rata

    Kekurangan Expert Face:- Mahal
    - Nggak ada konternya, harus PO


  4. STIPPLING BRUSH


    Stippling atau duo fibre brush adalah face brush yang bulunya terdiri dari dua jenis, yang pendek lebih rapat, sedangkan disela-sela bulu pendeknya ada bulu yang lebih panjang. Aslinya si stippling ini, bulu pendeknya dari natural hair, sedangkan yang panjang sintetic. Tapi sekarang mah udah banyak yang pake sintetic semua, termasuk RT ini (CMIIW). Kuas jenis ini katanya diciptakan untuk mengaplikasikan foundie atau cream blusher dengan air brush finish.

    Selain untuk mengaplikasikan kosmetik yang berbentuk krimi, kuas ini juga bisa digunakan untuk aplikasi blush atau bedak yang berbentuk padat ataupun tabur, untuk hasil yang tipis-tipis aja. Saya sendiri suka pakai stippling brush untuk mengaplikasikan blush-on yang warnanya over pigmented, karena hasilnya blush-on jadi lebih tipis. Saya punya dua kuas seperti ini. Yang satu dari Sigma, saya gunakan untuk aplikasi blush. Sedangkan yang satu dari RT ini, untuk aplikasi foundie.

    Stippling brush paling cocok digunakan untuk mengaplikasikan foundie yang teksturnya thick, seperti cream foundation. Tapi kurang cocok untuk jenis foundie yang teksturnya encer. Kelemahan stippling brush adalah dia suka nyetak garis-garis gitu kalau ngebaur foundienya nggak mantep atau tekstur foundienya terlalu encer. Dan kelemahannya lagi adalah, agak lama ngebaur foundie pake ini. Memang harus sabar untuk dapetin hasil yang tipis tapi nutup dan merata.


    RT Stippling Brush sendiri menurut saya lebih enak dipakai daripada Sigma Stippling Brush. RT ini bulu yang putih yang jarang-jarang itu, lebih panjang dari yang item, tapi nggak terlalu panjang. Jadi bagi saya lebih enak buat ngebaur foundie. Material batangnya juga ringan dan enak digenggam. Terus bulunya lembut.



    Cara pakenya:
    - Celup ujung bulu panjang ke foundie
    - Dot-dotkan foundie tersebut ke wajah
    - Baurkan dengan menggunakan ujung brush, dengan gerakan memutar kecil-kecil

    Bulu panjangnya yang jarang-jarang akan mengangkat nggak terlalu banyak produk, jadi hasilnya akan tipis-tipis aja walaupun tekstur foundie-nya thick. Ujung kuasnya yang jarang-jarang akan memberikan sapuan ringan dan cuma sedikit tekanan pada kulit, sehingga nggak akan memacu minyak wajah keluar lebih cepat. Jadi lebih awet dan less oily gitu. Kalau soal air brush finish, rrr...nggak segitunya juga kali ya ^^. Sejauh ini finishing dari kuas ini adalah favorit saya.

    Kelebihan Stippling Brush:
    + Mampu membaurkan foundie yang teksturnya thick, bahkan creamy foundation, dengan hasil yang tipis, nutup dan merata.
    + Tidak menyebabkan kulit cepat berminyak
    + Gampang dicuci dan gampang kering

    Kelemahan stippling brush:
    - Kadang mencetak garis-garis pada permuakaan kulit
    - Membutuhkan waktu yang lama untuk membaurkan foundie
    - Nggak bisa menjangkau daerah lipatan atau detail-detail yang kecil.


  5. FLAT TOP BRUSH


    Flat Top Brush adalah kuas muka yang bulunya ujungnya rata dan sama panjang. Bulunya padat dan rapat. Kuas ini bisa digunakan untuk mengaplikasikan foundie berbentuk cair, creamy, maupun bubuk. Tapi kalau saya sendiri lebih suka menggunakan flat top untuk aplikasi liquid foundation, dan kurang suka untuk creamy foundation atau powder foundation. Soalnya kuas ini memberikan hasil yang merata, nutup, flawless, tapi tebal. Kalau digunakan untuk aplikasi creamy atau powder foundation berasa tebal aja.


    Kebetulan Flat Top Brush yang saya punya hanya dari Masami Shouko, yang mana saya nggak terlalu suka. Karena permukaan kuasnya kecil dan batangnya berat, sehingga seret gitu rasanya buat ngebaur foundie. Jujur aja, saya jarang pakai flat top brush. Saya juga rencananya kepengen beli EDM Flat Top Brush yang katanya kualitasnya bagus, untuk menggantikan Masami saya ini.

    Kelebihan flat top brush:
    + Menghasilkan foundie yang rata, menutup, dan flawless
    + Cepat dalam membaur foundie

    Kelemahan flat top brush:
    - Hasil akhir foundie (bagi saya) tebal, jadi kurang bagus untuk mengaplikasikan foundie yang teksturnya thick semacam creamy foundation.
    - Kurang detail, nggak bisa menjangkau daerah-daerah lipatan dan bawah mata.
    - Agak rempong nyucinya karena bulunya rapet dan susah kering.


  6. KABUKI BRUSH


    Kuasnya besar, bulunya rapat dan tebal. Cocok untuk mengaplikasikan bedak tabur ataupun padat dengan hasil yang halus dan rata.

    Dulu sebelum punya berbagai macam kuas foundie, saya memakai kabuki untuk mengaplikasikan liquid foundation. Menurut saya hasilnya sih beti-beti yah, sama flat top brush. Cuma saya prefer pakai Kabuki daripada flat top, karena tekanannya lebih ringan dan ngebaurnya juga lebih enak. Tapi Kabuki ini paling ideal untuk membaurkan foundie dengan jenis powder (mineral powder foundie ataupun two way cake).


    Kelebihan Kabuki Brush:
    + Ideal untuk membaurkan powder foundation
    + Bulunya halus, rata, tebal, dan dengan permukaan yang lebar, sehingga cakupannya luas. Cepat kalau dipakai untuk membaurkan foundie
    + Ujugnya bulat sehingga lebih mengikuti bentuk muka dibandingkan flat top brush

    Kekurangan Kabuki Brush:
    - Susah dicuci dan keringnya lama


  7. WEDGE SPONGE


    Ini aplikator foundie pertama yang saya tahu. Jaman dulu, saya kalau didandanin sama MUA (ada saudara nikahan atau ada pentas di sekolahan) pakainya sponge model begini untuk membaur foundie. Tapi seiring perkembangan jaman, kayaknya sponge ini mulai tersingkir yak?

    Saya sendiri masih suka memakai sponge ini kalau lagi buru-buru dan nggak pengen jari tangan saya kotor kena foundie. Membaur foundie memakai sponge ini juga termasuk cepat. Dan sponge ini juga praktis, karena sekali pakai langsung buang. Bisa sih dicuci, tapi saya malas, murah ini --". Terus untuk makeupin orang, saya juga suka sponge model begini. Sudut-sudutnya yang lancip bisa digunakan untuk mengaplikasikan shading dalam juga.

    Sebelum memakai, biasanya sponge ini dilembapkan dulu dengan sedikit air dan kemudian diperas. Memang penggunaan sponge lembap akan lebih baik hasilnya, karena sponge yang kering akan menyerap terlalu banyak produk. Cara membaurkan foundie dengan sponge ini adalah dengan ditekan-tekan ke wajah, bukan digeser.

    Kelebihan Wedge Sponge:
    + Cepat dan mudah membaur foundie
    + Murah dan gampang dicari
    + Sudutnya bisa digunakan untuk mengaplikasikan shading dalam dan menjangkau bagian-bagian wajah yang detail
    + praktis, sekali pakai buang

    Kekurangan Wedge Sponge:
    - Menyerap banyak produk. Dilembapkan akan meminimalisir penyerapannya.
    - Kurang cocok untuk kulit berminyak, karena tekananya akan memacu minyak keluar lebih cepat


  8. BEAUTY BLENDER / EGG SPONGE


    Nah, ini nih trend baru aplikator foundie. Sponge ini padat banget dan bentuknya kaya oval kaya telur. Makanya sering disebut egg sponge. Bagi beberapa orang, bentuk sponge ini lebih memudahkan dan nyaman digunakan dibandingkan wedge sponge.

    Penggunaannya sama kaya wedge sponge, dilembapkan dulu sebelumnya. Bentuk ujungnya yang lebar membulat, bisa digunakan untuk meratakan foundie dengan cepat, sedangkan ujungnya yang runcing, bisa digunakan untuk mengaplikasikan shading dalam.

    Tapi saya sendiri bukan penggemar beauty blender sih. Menurut saya harganya terlalu mahal untuk ukuran sebuah sponge, jadi nggak bisa sekali pakai buang. Padahal mencuci sponge itu menurut saya lebih susah dibandingkan mencuci brush. Terus secara bentuk, saya lebih familiar sama wedge sponge, jadi berasa lebih nyaman aja pakai wedge sponge.


    Kelebihan beauty blender:
    + Bentuknya enak digenggam dan nyaman digunakan (bagi beberapa orang sih)
    + Ujungnya yang runcing memudahkan pengaplikasian foundie di tempat yang sulit, dan juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan shading dalam
    + padat, sehingga nggak banyak menyerap produk
    + cepat dan mudah meratakan foundie bentuk apapun

    Kekurangan beauty blender:
    - Mahal
    - Belinya harus PO
    - Menurut saya sih kurang enak ya dibanding wedge sponge, karena terlalu padat dan berat sama bentuknya nggak familier
    - Kurang cocok untuk kulit berminyak, karena tekananya akan memacu minyak keluar lebih cepat
    - susah bersihinnya dan lama keringnya

FOTD

 

Saya memakai:
  • Caring Stay True Liquid Foundation yang diaplikasikan dengan menggunakan beauty blender
  • Set dengan Face on Face loose powder yang diaplikasikan tipis-tipis dengan Kabuki Brush

Kalau temen-temen, lebih suka pakai apa untuk baurin foundie/BB cream?

68 comments:

  1. Uooohhh komflit pake bangget sess....
    Si Masami Flat Top udah aku preloved juga nih enggak syukaa... Masami Duo Fibre juga kepanjangan lebih enak buat blusher atau highlighter.
    Kalo butuh cepet ya jari sih juaranya, tapi kulitku berminyak kombinasi jadi selalu dihindari juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masamiku juga ta preloved ga laku2 T.T

      Terus kamu sukanya pake apa, ses?
      *jangan bilang pake cinta* :))

      Delete
  2. buat liquid fondi, favoriku tetep beauty blender... mahal sih, tapi worthed banget lah... Atau sponge biasa, sukanya merek basicare, cuma ujungnya gak runcing :p

    aku juga gak demen pake foundi brush, pasti ninggalin garis (streaking)... ada sih yg free streak, tapi mahal gak sanggup beli haha..

    btw, klo kata beberapa beauty gurus, stippling brush klo mau dapet efek air brush dan gak ninggalin garis malah jgn di-swirl/diputer, tapi stippling aja terus... :) tapi capek nya 2 kali :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Àku ga demen beauty blender, jeng. Kagok pegangannya :'(

      Kuas foundie yg free streak merk apa yak? Aku tertariikk

      Duh, klo di stippling terus pegel bok. Berasa stipling terus sampe tua :))

      Delete
    2. yang banyak dirave kayaknya merek chanel, coba aja searching2...
      namanya juga sttipling brush... ya harus stipple, wkwk...

      Delete
    3. Mmm...Chanel ya. Aduh kalau itu maahh.. *lirik dompet*

      Delete
  3. ak lebih suka pakai jari dan sponge blender mbak..jadinya emg rata dan flawess..
    pernah jg pake stippling brush, flawess jg sih tp kok bikin boros fundation/bbc ya..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jari aku juga suka, jeng. Kalau beauty blender entah kenapa ya aku kurang suka :')
      Iyaaa, stippling emang rada boros. Tapi gapapa deh, sukak banget sama hasilnya yang tipis2 tapi flawless ituh

      Delete
  4. suka pake tangan aja kakakkk soalnya masih sayang duit buat beli yang pro gitu <3 hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang murah juga ada yang bagus, cwin :D

      Delete
  5. klo aq lebih suka bbc mba sm klo foundie yg cocok innisfree mineral foundie, matte tp formulanya ringan banget n paling enak pake tangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ringan2 memang paling oke pake tangan aja :D

      Delete
  6. Thx mba udh dibuat postingan tentang brush foundi..

    ReplyDelete
  7. jadi pengen coba RT yg expert face brush soalnya rada gak puas sm stipling brush

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stippling itu finishnya baguuss. Tapi memang harus sabar banget ngebaurnya ^^.
      Expert Face bagus lhooo

      Delete
  8. hanya bisa pake tangan :|
    ah katroknya saya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak katrok donk. Akupun masih suka pakai tangan. Hasilnya bagus & cepet ngebaur ^^

      Delete
  9. Aku juga rada nyesel beli masami shouko yang flat top brush itu :'| huhuhu.
    Akhirnya lebih sering pake kabuki brush buat finishing yang lebih alus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masami nya memang ngecewain :'(. Lebih enak kabuki daripada flat top massami.

      Delete
  10. Aq pake jari cuma skrg lg suka pake foundation brush juga utk BB cream, bener kata Arum kalo yg texture nya tll encer malah ga enak pake brush, garis2 jdnya... tp aq emg ga (belum) pny byk brushes, kebiasaan pake jari hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau terlalu encer pakai Jari deh paling bener. Atau sponge, tapi kalau sponge nyerep banyak produk :D

      Delete
  11. Aku juga bete banget tuh sama si masami yang flat top. Batangnya gede banget, mana mukaku lebar, baru ngebaur pipi aja udah pegel gara-gara ujungnya kecil dan ngegenggemnya juga gak pas. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masami itu kayaknya facebrushnya selalu mengecewakan deh. Yang bagus eye brushnya aja. iya nggak sih, Van?

      Delete
  12. Aw waw waw lengkap banget mba Arummm. Aku suka juga pake tangan tapi baru tau kalo kulit berminyak malah kurang bagus pake tangan. Nice info nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, demen coba cobi brush soalnya :D.
      Kalau berminyak, pakai stippling oke, Jeng. Tapi ya agak bikin emosi jiwa ngebaurnya ^^

      Delete
  13. halo mba arum, salam kenal :)aq salah satu silent readermu
    thanks udh bikin postingan tentang brush
    jd bisa belajar make-up hehehe :D

    ReplyDelete
  14. Bisanya cuma visa pake jari, tapi kulit tipenya berminyak *jadi dilemma, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain pakai brush deh. Pasti ketagihan :D

      Delete
  15. finally bisa buka jg
    dr kmrin ora iso kebuka semua blog yg punya domain sendiri #curcol
    diriku cmna bisa make tangan :3
    pernah uji pakai kuas tpi kok kek garis2 gr yah :|
    emang paling mudah itu make tangan yah XDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren Popom juga bilang ga bisa buka Racun Warna-Warni & Looxperiments. Kenapa yak? --"

      Kalau buat aku paling mudah pakai kuas :D. Tapi memang itu tergantung kebiasaan aja sih, Jeng. Kalau udah nyaman pakai tangan ya lanjoetkan!

      Delete
  16. Aku pake tangan ma sponge bedak (murahan) aja mbak. Gak pernah berhasil pake kuas (mungkin krn kuasnya jga murahan kalik yak)
    Pengen yg REAL TECHNIQUES EXPERT FACE BRUSH ituwwww...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin belum biasa ajaaa :D
      Real Teknik bagusssss ^^

      Delete
  17. Kalo aku sukanya pake tangan, egg sponge, sponge segitiga bisa .. kalo pake stippling gitu kenapa susah banget rata ya aku, brush RT kayaknya menarik mbak .. tapi mahal ya buat 1 brush aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan susah banget rata, jeng. Tapi memang butuh waktu lama buat bikin rata. Tapi kalau udah rata hasilnya baguusss, flawless tapi kelihatan natural :D

      Iyaaaa bikin dompet iritasi ><

      Delete
  18. yang bulet warna pink lucu mbak hihihihihih

    ReplyDelete
  19. sekar arum... ndud yah :D
    coba kamu langsingannn dikit,tambah cakep deh waktu di make up'in :D
    sorry... oot :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah si anonim lagi..si anonim ga bisa baca kayaknya -_-

      Delete
  20. Aahhh suka banget post ini! Sejauh ini saya masih termimpi-mimpi sama real techniques, masih belom kesampian beli huhuhu... ;p


    YURI
    www.twothousandthings.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanx, Yuri :*
      Yuk beli. Agak mahal tapi awet dan nggak nyesel punya ini. Aku juga masih kepingin buffing brush-nya ^^

      Delete
  21. biasanya kalo mo pergi2 aplikasi foundie pakai spons, foundie brush ama concealer brush gitu, tapi seringnya si pakai jari he he he (males cuci2 brush)
    belum pernah pakai teknik stippling si, jeng, pengen pakai beauty blender kayaknya enak banget, tapi once again, males cuci2 he he >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang pakai jari jeng, kalau lagi kumaatt males gitu. Aku malah kurang demen beauty blender. Masih lebih enakan sponge yang segitiga itu :D

      Delete
  22. Selamat berbahagia ya rum..kemaren aku datang kenikahnya arum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah meninggalkan komen di sini. Yang komen, tolong pakai nama ya.. YANG ANONIM, ATAS NAMA SOPAN-SANTUN, YUK MEMPERKENALKAN DIRI DULU!

      Delete
  23. mba FOUNDATION BRUSH yg digambar itu besar ya. . aku pke Brush merek Mac. . agak kecil. .
    mba beli di mana ya?? STIPPLING BRUSH beli dimana juga?? kasih tau donk. . dikota aku sini susah buanget carinya. . PO juga gpp deh asl hrga'ny gk trllu mhal. . ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kecil untuk concealer kali yak? Kyaaa...aku nggak pernah nyobain MAC brushes. Mahal bok. Foundie brush kayaknya banyak deh dimana2. Massami juga ada. Punyaku sih beli di Tammia.
      Kalau stippling brushku aku nitip temen. Tapi massami shouko juga ada kok. Konter massami udah banyak, googling aja sesuaiin sama tempat tinggalnya mbak :).

      Delete
  24. jeng arum tau counter massami di jogja? udh googling sp keju ga nemu2 nih.. nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang nggak ada conter massami di Jogja

      Delete
    2. Aaakk lengkapnyooo
      Makasi mb arum buat reviewnya
      Tp penasaran deh mbak. Beli kuas gitu Po semua kah?
      Atau ada counternya?
      Apalagi yg kabuki brush
      Pengen punyaaaa..... *njuk gulung2
      Salam kenal ya mb arum cantik ^_^v

      Delete
    3. Aaakk lengkapnyooo
      Makasi mb arum buat reviewnya
      Tp penasaran deh mbak. Beli kuas gitu Po semua kah?
      Atau ada counternya?
      Apalagi yg kabuki brush
      Pengen punyaaaa..... *njuk gulung2
      Salam kenal ya mb arum cantik ^_^v

      Delete
    4. Itu foundation brush no 2 no brand, beli di toko kosmetik lokalan aja kok. Terus Massami kan sekarang banyak counternya, kalaupun online ga perlu PO. Kalau kabuki aku beli di matahari dept store bagian kuas2 itu.
      Salam kenal :)

      Delete
  25. Hai mbak arum....salam knal ya.
    wuiihhhh seneng bgt sm infox...lkp bgt. Scr q mse gaptek soal dunia make up....mklum mse pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ;)
      Makasih ya sudah mampir ^^

      Delete
  26. Waw komplit banget! thank you sharingnya^^ Kita sebetulnya paling suka pake foundation brush, tapi biar cepet biasanya pakai tangan aja hehe :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih samaaa. Aku juga paling suka pakai brush. Tapi suka malas bebersihnya, jadi pakai jari deh seringnya :))

      Delete
  27. aku cuma punya beauty blender XD XD
    dan puas bgt sich dgn hasilnya dibandingkan dgn tangan
    next mungkin aku bakal berburu brush make up kayaknya XD XD terutama kabuki :D
    thanks referensinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, coba deh pakai brush. Menurutku lebih cepet aja dan nggak berantakan :D

      Delete
  28. waaa banyak banget beauty tool nya o.0
    aku baru mulai dengan beauty blender dan mau praktekin tips nya juga dibasahin dulu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beauty blender kalau yang murah hasilnya beda sama yang asli ternyata. Hehe. Iya sponge foundie memang harus dibasahin dulu :)

      Delete
  29. Nice info kak.. tp syg sekali aku br baca.. sdh trlanjut beli flat HD brush nya masami,itu sm kaya punya kaka yg flat top kah?? Makasi kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sama deh ^^. Hahaha...nggak papaa. Siapa tau kamu suka. Ini kan berdasar pengalaman aku aja, dan kebetulan aku nggak suka. Tapi bukan berartisemua orang bakalan nggak suka ;)

      Delete
  30. Sudah beberapa bulan ini, kalau mau cari tips make up selalu visit blog mbak arum.. lagi baru belajar nih mbak.. dan saya baru tahu, kalau mau aplikasikan foundie (terutama yang padat) dengan sponge, sponge nya harus dibasahin dulu hahaha.. selama ini kering gt aja.. anyway, thanks mbak! keep blogging ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dilembapin dulu. Kalau kering seret, susah rata, dan foundationnya malah nyerep ke spons-nya :D
      Makasih juga ya udah main ke sini :D

      Delete
  31. nama kita samaan deh,xixi... mba Arum, klo RT yg angeled brus itu pernah coba ga? kira2 bagus ga si ya?trus itu lebih cocok buat foundie yg teksturnya gimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mb Arum juga :3
      Belum pernah coba ^^

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...