Friday, November 2, 2012

Review: Acnes UV Tint



Produk-produk kosmetik dan skincare keluaran Rohto itu kok cepet banget naik daun, ya? Hmm...keren juga promosinya. Lupakan...

Kali ini saya mau mereview Acnes UV Tint, karena banyak yang suka, tapi saya biasa aja. Selera saya memang tinggi, gitu, susah jatuh cinta. Acnes adalah brand keluaran rohto yang di khususkan untuk merawat kulit yang sensitif terhadap jerawat atau acne prone. Berhubung kulit saya nggak acne prone, jadi saya cenderung abai sama produk-produk Acnes.

Tapi saya tertarik untuk mencoba Acnes UV Tint, atau sunscreen yang mengandung pewarna seperti tinted moisturiser. Kenapa? Karena reviewnya bagus. Banyak yang bilang, selain berfungsi sebagai skincare, yaitu sebagai sunscreen, Acnes juga berfungsi sebagai makeup, yaitu bisa digunakan untuk makeup base yang membuat permukaan kulit licin sehingga enak ketika di templok makeup, dan mambuat makeup lebih awet karena bisa mencegah minyak-minyak muka cepat keluar. Menjanjikan bukan?

Sebagus itukah? Mari kita lihat.



Kandungan


Jujur saya kurang paham mengenai kandungan-kandungan yang terdapat dalam suatu kosmetik. Kebetulan kulit saya nggak rewel, nggak banyak alergi ini itu. Yang rewel itu dompet saya, bukan kulit saya :D. Pokoknya asalkan bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan kebutuhan kulit saya, dan nggak mengandung bahan-bahan yang dilarang oleh standar kesehatan, dan kemudian ternyata cocok dengan kulit dan dompet saya, ya saya teruskan pakai.

Fungsi utama dari Acnes UV Tint tentu saja sesuai namanya, yaitu sebagai pelindung kulit dari sinar Matahari. Produk ini mengandung SPF 30 PA ++ yang menurut saya sudah cukupan untuk melindungi kulit Asia dari serangan kejahatan sinar Matahari. Mengenai SPF dan PA++ sudah pernah saya jabarkan disini.

Sebagai fungsi tambahan, Acnes UV Tint juga mengandung Demethicone, yang membuat produk ini bagus untuk base makeup. Karena membuat kulit kita licin, sehingga foundie lebih mudah diaplikasikan, selain itu juga bisa sedikit menghambat minyak-minyak yang akan muncul di wajah kita. Dan poin plusnya lagi, mengandung bahan-bahan yang diklaim bisa merawat kulit berjerawat.

Hmm...tapi untuk fungsi sebagai perawatan kulit berjerawat, saya cenderung nggak terlalu percaya sih. Karena ini khan sunblock, yang kita pakai sesudah toner, serum, dan pelembab. Jadi saya rasa, akan lebih baik kalau perawatan kulit berjerawat janganlah mengandalkan dan berserah diri kepada sunblok, tapi kepada skincare yang kita pakai sebelum sunblok.



Warna


Produk ini ada warnanya, mungkin dimaksudkan untuk sekalian meratakan warna kulit. Dan karena produk ini merupakan salah satu rangkaian dari perawatan kulit berjerawat, jadi bisa juga digunakan untuk menetralkan warna kulit yang memerah karena berjerawat.

Tapi ketika di gunakan pada kulit saya yang mulus *yakseerrr* dan terang dengan undertone kuning, rasa-rasanya kurang pas. Kulit saya malah sedikit seperti kusam dan berwarna keabu-abuan. Istilah kerennya: Ashy. Berabu.

Awalnya saya beneran nggak suka, karena saat itu saya nggak tau kalau produk ini juga bisa difungsikan sebagai Makeup Base. Tapi setelah tambah pinter, saya tahu, saya memakai ini sebelum memakai foundation atau BB cream. Ya jadi lumayan kepakai lah. Kan warna ashy setelah memakai Acnes tertutupi oleh warna foundie dan BB cream yang saya pakai setelahnya.


Tekstur


Teksturnya cair banget, lebih seperti tekstur tinted moisturiser ketimbang seperti tektur foundation. Tapi kalau dibandingkan dengan tektur Tinted moisturiser pun masih terlalu encer. Bagaimana kalau kita sebut teksturnya seperti tinted moisturiser yang keenceran?

Produk ini banyak yang bilang cepat meresap, tapi menurut saya susah meresap. Dia meninggalkan kesan kulir greasy setelah diaplikasikan. Saya aply pakai jari saja, soalnya tekturnya terlalu encer untuk diaplikasikan dengan spons ataupun kuas. Saya sih kurang begitu suka. Tapi setelah ditunggu agak lama, perasaan greasy itu akan menghilang. Digantikan tampilan kulit yang matte. Hmm...saya tetap kurang suka *riwil*.

Bila diaplikasikan sebelum BB cream atau foundie, BB cream dan Foundie yang saya pakai tekturnya akan agak sedikiittt cakey. Entah kenapa ya. Mungkin karena produk berwarna di tumpuk produk berwana, jadinya seperti ini.

Serba salah juga sebenernya. Kalau mau diaplikasikan tebal, cakey. Tapi kalau diaplikasikan tipis, saya kurang manteb karena ini kan fungsinya sebagai proteksi UV.


Coverage

Walau berwarna, produk ini nggak ada coveragenya sama sekali. Ya iyalah. Encer begini. Mau dilapis sampai 5 kali juga nggak bakal buildable. Saya melapis-lapis cuma agar yakin kalau produk ini rata di muka saya, sehingga muka saya terproteksi dengan benar oleh sunscreen-nya.

Bare Face - Memakai Acnes UV tint dua lapis

Tapi saya memang nggak berharap kok sama coveragenya. Karena menurut saya, ketika ada suatu produk yang klaimnya multifungsi, pasti akan ada satu fungsi yang nggak menonjol. Dan nggak apa-apa, yang penting tetaplah fungsi utamanya sebagai sunscreen.


Kemasan


Walau desain kemasannya nggak begitu kelihatan wah, tapi saya suka.
  1. Kemasannya kecil dan ramping, sehingga mudah dibawa-bawa
  2. Mulut botolnya kecil sehingga membuat kita mudah mengontrol produk yang akan kita keluarkan, sekaligus meminimalisir kontaminasi produk oleh entah apa yang terkandung didalam udara
  3. Tutupnya rapat dan bukan Flip-Top. Membuat produk ini sangat-sangat nyaman untuk disimpan maupun dibawa traveling, karena aman dan nggak gampang tumpah. 
Secara fungsi, kemasannya sudah bagus banget menurut saya. Nggak usah sok-sokan diganti flip-top lago ya, plis..


Oil Control

Bila mempunyai kulit berminyak, produk ini lumayan bagus untuk base, karena efektif mengontrol minyak. Saat menggunakan produk ini, muka saya akan cenderung lebih awet matte-nya.

Seperti pada gambar dibawah ini:
 
 Beberapa saat setelah dandan

 Empat jam kemudian

Pada percobaan diatas, saya menggunakan Foundation Rivera setelah menggunakan Acnes UV Tint. Foundation Rivera sendiri oil control-nya sebenarnya sangat jelek. Review Foundation Rivera bisa dilihat disini. Tapi ketika saya gunakan bersama dengan Acnes, minyak muka saya lumayan bisa terjinakkan.


Kesimpulan

+ Multifungsi, bisa sebagai UV protection sekaligus sebagai base makeup yang baik
+ Oil Control-nya bagus, lumayan untuk digunakan saat kondisi kulit berminyak
+ Kemasannya higienis dan travel friendly
- Kulit terasa greasy saat produk diaplikasikan
- Bila dipakai sendiri, warnanya membuat kulit saya tampak ashy
- Terkadang membuat foundie yang dipakai setelahnya cakey


Harga: Rp 35 000 - Rp 40 000 per 30 ml

21 comments:

  1. Bagus yaa buat yg berminyak? -kekep dompet-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap. Bagus nih buat kulit yang berminyak :D

      Delete
  2. Aku juga pemakai setia ini, jeung... :p
    yampuun, itu dapet dimana 35rebu?? FYI, di guardian harganya gila, masa sampe 50rebuan?? Makanya ga pernah deh beli di drugstore itu kecuali ada diskon... T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada temen gitu jeng, yang dapet 35an gitu. Pas diskon kerpur. Hahaha...tambah mahal ya ini?

      Delete
  3. Aku bnyk gak cocok mk produk dr rohto ini,skinaqua,hadalabo mlh bikin jerawat rombongan dateng:-( btw, makeup/skin care wish list arum utk saat ini apa ya?pngn tau aja:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kulit orang banyak jenisnya yah.. Yang banyak cocok di orang2 belum tentu cocok di kulit yang lain :D

      Aku lagi pengen The Histori of Who, line anti agingnya. Lagi cari2 produk anti aging yang mumpuni nih :). Dan pengen eyeshadow palette yang kualitasnya bagus. Tapi belum tau merk apa. Ada usulan?

      Delete
  4. aku juga pake ini mbak. Emang bikin whitecast sih, tapi dia meredam sebumku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang ini nampol banget buat kulit berminya :)

      Delete
  5. aku jjuga pake ini mba tapi kalo cuma dipake sendirian si acnes ini cepet lunturnya deh -_- mba follow back aku yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Ini memang bagusnya untuk makeup base :)

      Delete
  6. aku juga punya nih mba, pake kadang2 selang seling sama skinaqua.. dan untungnya belum pernah ngerasain breakout pake acnes ini :)
    kalo diliat dari kandungannya sih memang sunblock ini lebih cenderung ke sunblock buat make-up, bukan sunblock utk skincare... soalnya sebagian besar isinya memang keluarga si dimethicone ^^

    dulu aku belinya bulan september cuma 27ribu lho di hypermart, pas rohto lagi diskon gila2an hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga mikirnya begitu. Ini lebih ke makeup daripada skincare. Tapi syukurlah juga, enggak breakout walau nggak begitu suka juga sih..

      Wuih...murah amaattt.

      Delete
  7. Interested with this product! :)

    ♥,
    Shari
    The Misty Mom

    ReplyDelete
  8. mbak review ponds lah yang acne series yang baru itu, hehehe ya mbak, udah pernah coba belum???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak mbak Anis, aku nggak pernah nyoba ponds. Nggak demen :p

      Delete
  9. Aku suka banget pake acnes ini mbak jadi bikin awet makeup nya tapi kemarin acnes ku abis ganti skin aqua malah breakout dulu pas pertama pake acnes juga sempet breakout sih heehe
    Mbak pernah nyoba pixy tint moist nya ga? Itu kan dia ada dimethicone nya juga, kira2 dia bagus ga ya buat base makeup kayak si acnes ini
    Btw aku udah lama jadi silent reader mu mbak, suka deh sama blognya mbak hihi salam kenal mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah nyobain pixy nih, ses. Jadi nggak tauu ^^.
      Makasih, mb Anna. Salam kenal yaa :3

      Delete
  10. belinya dimana please:" udah cari ke apotek ke supermarket tetep gaada

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...