Friday, March 18, 2016

Skincare Untuk Kulit Kering dan Sensitif


Kalau soal skincare, saya tetep menjaga agar rutinitas skincare saya simpel dan minimalis. Nggak perlu banyak atau berlapis-lapis, yang penting cocok, tepat sasaran dengan apa yang saya butuhkan, dan rajin pakainya. Makanya saya jarang tertarik dengan produk Korea, karena biasanya berlayer-layer. Kalaupun pakai skincare Korea, bisanya saya ambil apa yang saya butuhin aja. Nggak semuanya. Alasannya adalah: selain biar saya rajin dan nggak males duluan, juga saya udah membuktikan kalau kulit saya lebih cocok sama skincare yang simpel

Saya pernah kok pakai skincare berlapis-lapis, dan itu saya telatenin selama sekitaran 6 bulan. Saya pakai rangkaian The history of Whoo. Sampai akhirnya saya tetiba sibuk banget dan nggak sempat lagi pakai skincare berlayer-layer. Akhirnya saya cuma pakai milk cleanser, sabun muka, dan lotion-nya aja. Kalau siang ditambahin sunscreen. Eh...pas saya pakai skincare minimalis begitu, ternyata kondisi kulit saya malah lebih bagus dan terasa banget lebih sehat. 

Jadinya sampai sekarang saya nggak mau pakai skincare banyak-banyak. Yang minimal lebih cocok dan optimal buat kulit saya. Memang enak yah kalau kulit dan dompet rukun dan saling menghargai :D. Tapi saya bukan mau bilang rutinitas yang berlayer-layer itu jelek loh. Ada kok yang cocok. Cuma saya enggak. Skincare layer-layer memang bukan untuk saya. Sama kayak Fedi Nuril. Gantheng sih, tapi bukan untuk kamu #belummoveon.

Berikut saya mau sharing skincare yang akhir-akhir ini saya pakai. Tapi sebelumnya saya mau bilang juga kalau kondisi kulit saya kering, dan saya bukan ahli soal skincare. Saya cuma tau apa yang cocok buat saya. Kalau kalian nanya, "kalau untuk kulit saya yang berminyak cocok nggak?" atau "Kulit saya kurapan cocoknya pakai apa?" Saya pasti jawab: "nggak tau." Bukannya saya sombong dan nggak mau jawab. Tapi saya memang nggak tau, nggak mau sotoy dan nggak mau menjerumuskan. Kalau mau konsultasi, silahkan ke dokter kulit aja ya, sist :D.


Masker Kefir @Masque.Maison


Tau masker kefir? Bukan, ini bukan masker untuk orang-orang yang tidak beriman! Kefir adalah fermentasi susu kambing yang mengendap. Teksturnya nggak encer kayak Yakult gitu ya, tapi agak kentel atau creamy, pas banget kalau dijadiin masker. Nah Kefir yang dipakai sebagai masker berfungsi untuk merawat kulit, menghaluskan, melembapkan, mencegah penuaan dini,mencegah jerawat, dan mencerahkan kulit. 

Selain itu Kefir ini punya fungsi detox atau mengeluarkan racun-racun bahan kimia dan kotoran dari dalam kulit. Jadi cocok banget buat yang mau lepas dari krim abal-abal atau krim dokter yang keras. Cuma untuk fungsi detox ini, pengeluaran racun biasanya disertai dengan purging.

Saya memutuskan mencoba kefir mask dari @masque.maison ini karena akhir-akhir ini saya suka jerawatan di area rahang. Jadi pengen bersihin kulit gituh. Saya dikasih paket untuk 10 hari, dan saya maskeran setiap pagi sebelum mandi. 

Pas saya tanya ke Masque Maison, katanya akan ada kemungkinan purging pada hari ke empat. Tapi saya sama sekali nggak mengalami purging. Malahan jerawat-jerawat saya di rahang hilang sama sekali, nggak muncul lagi. Tinggal berjuang aja mengilangkan bekasnya. Cuma memang awal-awal pakai, pas maskernya dioles tuh area rahang saya yang biasanya keluar jerawat rasanya gateeell banget. Tapi hari ke enam udah nggak gatel lagi.

Yang saya suka dari penggunaan Masker Kefir ini adalah dari hari ke hari, kulit saya rasanya semakin glowing aja. Kalau bare face jadi nggak demek-demek amat, masih kelihatan berkilau sehat. Ini hasilnya setelah 10 hari. Mungkin bagi kalian nggak wah. Tapi buat saya, bangun tidur dengan kulit glowing dan mayan cerah begini adalah prestasi:

Mau bilang "unfollow ah ternyata Arum kalau bareface jelek!"? Nggak usah macem-macem unfollow segala deh. Nanti kamu kangen terus susah tidur.

Saya berniat meneruskan program ini sih. Saya mau cari waktu luang dulu, terus pengen beli lagi masker kefir ini, sekalian ambil paket yang satu bulan.



Nah, kalau yang berikut ini adalah skincare yang udah saya pakai sejak bulan lalu, beberapa malah sudah habis sekarang, tapi minus night skincare ya, soalnya serum dan night cream saya udah saya review sebelum ini.


Semua skincare berikut khusus dipilihkan agar cocok dengan kondisi kulit saya yang kering. Jadi kalau kulit kalian jenisnya sama kayak saya, boleh nih dicobain! Oh iya, semua skincare ini (kecuali masker) sudah saya review di #FDNbeautyreviewhttp://reviews.femaledaily.com/

Atau kalau mau lihat barang-barang yang sudah saya review, bisa langsung klik:

Kalian sudah punya akun female daily kan? Pasti sebagian besar sudah. Main-main yuk ke FD Beauty Review! Selain review dari saya, akan ada beberapa review produk dari beauty enthusiast yang lain juga. Dan asiknya nih, siapa aja bisa nambahin review! Siapa aja bisa ngeracun produk-produk make up atau skincare kesayangannya di situ.


Bioderma Atoderm Creme


Bioderma Atoderm Creme ini adalah krim pelembap untuk wajah dan tubuh, yang sangat melembapkan dan cocok untuk kulit sensitif. Awalnya saya pakai krim ini untuk pelembap wajah. Saya pakai kira-kira selama seminggu. Lembap banget sih, tapi rasanya berat. Kalau udah tengah hari, kulit muka saya rasanya jadi kusam. Sebenernya tekstur krimnya nggak kentel-kentel amat dan cepet meresap di kulit, tapi lembap banget!

Akhirnya saya alih fungsikan jadi pelembap badan, dan enak banget! Lembap, tahan lama, tapi nggak licin. Bagian mata kaki saya yang biasanya kering sampai "berkerak" udah mendingan sekarang. Daerah siku dan lutut juga jadi halus. Dipakai malem-malem bobok di kamar ber-AC, bangun pagi rasanya kulit rasanya masih lembap. Saya juga suka pakai di rahang atau cuping hidung kalau pas lagi super kering yang sampai ngelupas-ngelupas gitu.


Tissue Mask Olive Etude House


Satu-satunya yang nggak saya review, soale saya cuma pakai sekali doang :D. Dan saya nggak berminat beli lagi, soale saya memang bukan tipe yang suka sama tissue mask. First Impression masker ini seger pas dipakai dan bikin kulit lembap setelahnya.


Cathy Doll Aloe Vera Cleansing Gel


Kalau kamu tipe yang mau splurge di sabun muka, saya sih rekomend ini. Sabun muka ini enak banget dipakainya. Nggak bikin kering kulit, tapi juga nggak ninggalin sensasi licin gitu, busanya juga banyak jadi nyaman digesek di kulit. Terus aromanya juga enaaakk banget, seger-seger gimana gitu.

Tapi sabun muka ini mahal dan makainya boros. Teksturnya terlalu cair dan mulut botolnya terlalu besar. Jadi kalau saya sih nggak akan repurchase. Untuk sabun muka yang nggak bikin kulit kering, saya lebih suka pakai brand yang lebih murah harganya kayak Hada Labo atau Skinlife. Yah walau Hada labo dan Skinlife wanginya nggak seenak Cathy Doll ini, tapi paling enggak hasilnya di kulit saya sama aja.

Baca:
- Review: Hada Labo Gokujyun Set
- Review: Skinlife Facial Foam


Revlon Moon Drops Purifiying Cleanser


Review saya kayaknya bakalan sama dengan Cathy Doll Aloe Vera Cleansing Gel di atas deh! Jadi produk ini tuh bagus, saya nggak ada keluhan yang penting-penting amat selama pakai ini. Cuma menurut saya, Viva Cleansing Milk yang jauuhh lebih murah itu hasilnya ya sama aja. Kayaknya saya memang cenderung steal di produk-produk pembersih. Bukan karena pembersih itu nggak penting ya, tapi karena yang murah pun udah banyak yang bagus.

Oke, jadi produk ini tuh enak, teksturnya pas, dan mampu mengangkat make up dengan baik. Dua kali oles dan usap pakai kapas aja udah bersih. Dipakai di daerah sekitaran mata yang sensitif juga nggak sakit. Tapi bauknya sumpah nggak enak. Aroma milk cleanser Viva (terutama yang grean tea) masih jauh lebih enak. Aromanya tuh kayak aroma floral di kosmetik-kosmetik jadul dan murah gitu. "Nyetek" banget. Terus mulut botolnya juga lebar banget, bikin saya suka kebanyakan nuang ini.


Sebamed Lip Defense SPF 30


Saya udah berkali-kali membahas kalau bibir saya itu amat sangat kering. Dan lipbalm yang mampu menjinakkan, sejauh ini saya baru nemu 3 biji: Burt Bees, Gulaco, dan Sebamed ini. Saya udah lama banget nggak pakai Sebamed, karena lagi kesenengen aja sama Gulaco. Soalnya Gulaco ini kan varian rasanya macem-macem banget, dan saya jarang cocok sama lipbalm rasa-rasa.

Jadi pas nyobain Sebamed lagi setelah sekian lama tuh saya kayak ketemu sama cinta lama. Lipbalm ini tuh enak deh. Memang nggak berminyak-minyak gitu, tapi beneran bikin lembap. Saya kerasanya kalau pas pakai lipbalm ini sebelum lipstik, lipstiknya jadi nggak gampang retak di bibir. Saya malah nggak suka lipbalm yang minyakan, karena biasanya begitu minyaknya ilang, bibirnya kering lagi. Lebih kering dari sebelumnya malah.

Satu lagi yang saya suka, dia udah ada SPF 30-nya. Banyak yang bilang kalau bibir juga butuh sunscreen, biar nggak item. Hehe.. SPF inilah yang nggak ada di produk Gulaco dan Burt Bees.

Baca: [Review] Produk-produk Gulaco


Kalian ada skincare andalan? Kasih tau saya yuk ;).

34 comments:

  1. Sama banget, aruum.... Sekarang pakai skincare tipis malah lebih sehat kulitnya. Tapi, bodycare malah nambah, soalnya kesini-sini kulit badan makin kering, (maklum, faktor U wkwk)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, Mizha. Hahahaha...syukurlah jadi ritualnya nggak ribet-ribet amat. Iya kalau body aku juga nambah. Lagi suka body oil nih. Terus akhir2 ini terpaksa pakai hand cream.

      Delete
  2. Saya juga pake skincare-nya yang simpel-simpel Mbak Arum. Selain memang males dan suka keburu ngantuk kalau harus pake skincare berlapis-lapis, pernah baca dimana (kalau nggak salah di Paula Choice) skincare itu lebih baik simpel aja katanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ada yang menganut aliran (?) barat dan ada yang Korea. Yang western ini cenderung lebih simpel. Dua duanya ada pertimbangannya sendiri sih. Hehe.. Tapi berarti kita ngikut yg western

      Delete
  3. aku pemakai skincare berlayer sekitar 5-6 layer kalau malam. karena pernah males gitu trus cma pake sedikit malah muka gampang jerawatan dimana2. memang mukaku tipe bermasalah banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukaku juga tipe yang bermasalah banget. Pakai skincare berlayer-layer langsung deh jerawatan dan kusam --"

      Delete
  4. mba arum bare brownya kece ih saya naksir. pantes brownya suka kece orang barenya aja udah tsakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaakkk alis tipis nyaris gundul begini dibilang cakep #malu

      Delete
  5. aku juga ses sekarang uda bisa ngrasain skincare berlayer2 tuh kurang maksimal, sekarang aku cuma pakai toner, pelembab, dan sunblock untuk pagi dan malamnya cuma toner dan krim malam, kalau kulit lagi manja biasanya baru aku tambahin serum.. sekarang jarang banget berlayer-layer kayak skincare korea, selain lebih hemat budget buat skincare jg menghemat waktu didepan kaca..hahha


    ♥ Pinastika Beauty Blog ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi terutama hemat budgetnya itu loh ses :))

      Delete
  6. Mbak arum,kamu kalo maskeran lebih seneng kalo pagi atau malam? Kamu nggak pake eyecream kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesempetnya aja. Kadang pagi kadang malam. Aku nggak pernah pakai eyecream ^^

      Delete
  7. eee kebetulan aku lagi jerawatan di rahang juga T_T ah mba arum memang selalu membantu huhu aku segera beli masker kafir eh kefirnya deh. yaasss hada labo emang juarak deh. aku suka beli sepaket kecil yang ada tiga bijik itu mba. lumayan buat sebulan mana lengkap hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa cukup sebulan?? Aku bayanginnya sabunnya seminggu aja abis :))

      Delete
    2. iya aku cukup loh seiplik gitu sebulan. padahal sabunnya aja pake dua kali sehari wkw

      Delete
  8. Kalo aku layeran skincarenya dikit,karena....kalo beli satu setnya mahal ahaha
    Tapi kulitnya juga model yang gak bisa ditumpuk banyak2 sih, pake semakin sedikit malah keliatan dan terasa semakin caem

    ReplyDelete
  9. Keliatan berubah kok mbak kulitnya, sebelumnya kayaknya pernah pasang bare face gak kaya gini.. ini kaya ada rona rona merahnya.. iya gak sih? Jd tambah pengen nyoba kefir.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berubah. Tapi kalau merah2 itu justru hal yang pengen kuilangin. Udah ada dari dulu :D. Ayok beliii

      Delete
  10. Pengen beli masker kafir eh kefirnya, kayanya ampuh banget >.< Mbak.
    Aku juga penganut skincare skin simple tapi dengan hasil yang optimal :D
    Mbak pakai bioderma sensibio yang kaya cleansing water itu ga? Aku penasaran, huhu.
    Tapi cek di label yang dibawah ga ada label Brand:Bioderma huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak yang udah aku jelasin, buat pembersih aku cenderung steal. Jadi ya nggak nyobain Bioderma :D

      Delete
  11. Naksir sama lipbalmnya mbak.. Pengen nyari yg berSPF jg.. =)
    Aq ngga demen jg sih sama skincare berlayer2... Capek nunggu ngeresep e.. =)

    ReplyDelete
  12. apakah mbak arum rutin pake sunblock wajah? mbak udah pernah nyobain sunblock wajah merk apa aja? hampir 6 bulan ini aku pake parasol tapi jadinya di muka ku ada titik2 kecil warna coklat gitu(?) di beberapa blog aku baca kalo sunblock skin aqua itu bagus. tapi masih bingung mau coba sunblock wajah apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakai :)
      Aku pernah compare parasol vs skinaqua kok di blog ini. Search aja ya..

      Delete
  13. Masker kefirnya racun banget mbak, glowing gitu ya mukanya ��

    ReplyDelete
  14. Kak Arum pas maskeran sampai leher atau cuman di wajah aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kondisi dan situasi. Seringnya sih sampai leher :D

      Delete
  15. masker kefir yg ini sm punya natasha wilona before after nya lebih bagus mana kak? makasi

    ReplyDelete
  16. Mba selama pemakaian masker kefir, menggunakan cream dokter juga ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku nggak pernah pakai krim dokter

      Delete
  17. Kak arum pernah cobain masker celebon g katanya bagus y?? Kapan" bikinin review.y donk

    *bare face.y tsakep

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...