[Review] OST Brightening Set (C21 Serum+Crema)

28 comments
Night Routine Skincare With OST

Kalau soal skincare, saya tadinya adalah orang yang cuek. Seriusan deh! Saya baru perhatian sama skincare kalau pas mau ada acara penting, kayak pas saya mau nikah dua tahun lalu tuh baru cari-cari skincare dan heboh perawatan. Tapi kalau lagi nggak ada apa-apa ya cuek banget. Biasanya asalkan nggak lupa bersihin make up dan pakai pelembap aja udah deh. Hal penting yang sering saya lupakan adalah night skincare.

Kecuekan saya ini didukung oleh kondisi kulit saya juga. Problem kulit saya tuh kering. Saya biasanya nggak pernah ngerasain yang namanya pori-pori gede, komedo, jerawat, kulit kusam, dan lain-lain. Jadi asalkan kulit saya lembap, saya sudah puas. 

Saya kayak ngerasa di-"keplak" pas akhir-akhir ini saya jadi jerawatan dan komedoan. Kalau kalian follower instagram saya, pasti tau kalau beberapa waktu kemarin, saya jerawatan parah di daerah rahang dan dagu. Terus saya juga lihat pori-pori saya agak membesar di sekitaran hidung. Dan masih diperparah sama kulit saya yang rasanya kusam dan menggelap.

Sekitar 4 minggu terakhir ini, saya nyobain skincare baru untuk night routine saya, yaitu OST C21.5 Serum dan OST C20 Crema. OST Brightening Set ini saya dapatkan dari Hellosora.

Saya sudah agak lama ngelirik-ngelirik OST ini. Sekitaran tahun lalu, banyak banget beauty blogger yang nge-review skincare ini. Tapi saat itu sih kulit saya belum terlalu bermasalah, jadi saya nggak begitu kepengen nyari-nyari skincare. Pas kulit saya bermasalah baru-baru ini, saya mulai tertarik buat cari-cari skincare yang paling cocok buat kulit saya. Jadi jangan heran ya kalau saya belakangan banyak coba-coba skincare ini itu :V.

Saya tertarik dengan OST karena embel-embel kandungan Vitamin C-nya. Dulu pas masih kuliah, saya pernah pakai pelembap dan sabun muka dari Oriflame, saya lupa yang varian apa ya, soalnya udah lama banget, tapi pokoknya kandungan utama dalam skincare itu adalah Vitamin C. Dan saat itu saya cocoookk banget. Kulit saya waktu itu bener-bener jadi lebih cerah dan jarang jerawatan. Jadi saya kepengen banget nyobain skincare dengan kandungan Vitamin C lagi. Siapa tau kulit saya masih cocok dengan Vitamin C. Ngarep banget deh pokoknya hasilnya bisa sebagus dulu.

Serum OST Vitamin C21.5

Produk pertama yang saya ulas adalah serum-nya. OST Pure Vitamin C21.5 ini adalah versi lebih baru dari serum OST C20 yang dulu sempat booming. Tapi saya sendiri belum pernah nyobain yang C20. Serum ini berbentuk cair, dikemas dalam botol kaca gelap dengan pipet, dan serum ini gampang banget teroksidasi. Jadi bener-bener harus ditutup rapet, disimpan dalam tempat yang dingin dan gelap. Singkatnya sih, simpen di kulkas! Kalau kalian lihat botol serum saya agak berembun, itu karena baru saya keluarin dari kulkas.

Serum Wajib Masuk Kulkas

Ngomong-ngomong saya pernah lupa nggak masukin ke kulkas selama 2 hari. Terus di bagian mulut botolnya itu kayak ada kristal-kristal warna oranyenya. Saya udah panik sih, tapi pas kepo ke instagram @ostindonesia, katanya itu hal yang biasa, asalkan nggak terlalu lama. Cukup dibersihkan lagi aja mulut botolnya dan kemudian taruh di kulkas.

Tapi pas itu saya juga buru-buru pakai, dan nggak sadar kalau ada satu kristal yang ikut ketuang ke tangan bersama cairan serumnya. Dan pas saya gosok ke muka, kristal itu menggores pipi saya danbikin luka. Tuh ada bekasnya T.T. Jadi buat kalian yang baru mau nyobain, plis banget, masukin botol serum ini ke kulkas yah! Wajib!

Tutorial Pemakaian dan Komposisi Produk

Klaim dari serum ini adalah:
  • mengandung 21,5% pure vitamin C (6450ppm)
  • berkerja cepat untuk mencerahkan dan menghilangkan noda pada kulit
  • mengobati jerawat
  • anti-aging
  • tanpa bahan-bahan yang artificial dan mengiritasi
  • tanpa paraben
  • lebih menyerap dan melembapkan
  • tidak lengket

Kemasan dan Aplikator

Oh iya, pas pertama kali saya pakai serum ini, saya pakainya setelah cuci muka, muka kering, lalu dioles ke kulit. Ternyata efeknya jelek banget di kulit saya. Komedo saya jadi buanyaaakk banget. Terus saya improvisasi, pakainya dalam kondisi muka masih agak basah. Jadi saya pakai toner dulu, terus langsung ditumpuk pakai serum ini. Pakainya juga nggak dioles, tapi di puk-puk aja gitu. 4 drop setiap pemakaian. Ternyata kalau dipakai pas kondisi muka masih agak basah karena toner, serum ini nggak nambah komedo saya.

Terus juga jangan pakai serum ini pada kulit yang terluka atau jerawat yang mateng. Karena sakit banget sumpah! Perih, beb. Mending bagian yang luka, lecet, jerawat, di hindari dulu.

Oh iya, serum ini sama sekali nggak lengket di kulit. Tapi buat saya masih kurang melembapkan, harus ditambah Crema-nya. Jadi buat saya, serum + crema ini perfect match.

Krim Malam OST Crema Vitamin Sleep

Untuk kulit yang kering kayak saya, pemakaian serum aja nggak cukup. Harus ditambah dengan krim malam. Jadi menurut saya crema ini ya penting banget. Apalah jadinya kulit saya kalau cuma dikasih serum. Bakalan kering banget. Bahkan yah, saya bisa loh ninggalin serum. Tapi nggak banget kalau ninggalin krim.

Rangkaian Perawatan Wajah OST
Tekstur Cepat Meresap

Crema ini krimnya encer dan bisa mengalir gitu, nggak yang padet. Dipakai di muka juga terasa adem dan gampang nyebar kayak gel, jadi cukup pakai dikit aja udah bisa biat semuka sama leher. Tapi walau demikian, kemampuan melembapkannya bagus banget.

Nggak kayak serum-nya yah, crema ini sama sekali nggak ribet. Nyimpennya nggak perlu dikulkasin kayak si serum, dan kalau kena luka atau jerawat juga nggak perih. Terus baunya jeruk enaaakk banget. Pokoknya nggak ada komplen dan saya suka banget sama crema-nya.

OST VItamin Sleep Crema Ingredients

Klaim dari crema ini:
  • mencerahkan kulit
  • menghaluskan kulit dalam 10 hari
  • teksturnya lembut dan ringan
  • meningkatkan penyerapan vitamin C pada lapisan kulit
  • terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik
  • melembapkan

Tutorial Memakai Krim Malam

Dianjurkan untuk memakai serum dan crema bersamaan agar hasilnya maksimal. Jadi saya pakai crema ini setelah serum

Persiapan Memakai Skincare OST Brightening Set
Bare face, cuma pakai alis dan gincu doang. Ya masa pakai alis aja nggak boleee --"

Setelah sebulan pemakaian, saya akan menjawab apakah klaim-klaim skincare ini terjadi pada kulit saya atau enggak:
  1. Berkerja cepat untuk mencerahkan dan menghilangkan noda pada kulit?
    ans: Kalau cepet banget sih enggak. Tapi selama hampir sebulan pemakaian, kulit saya memang tetap terjaga skintone-nya, nggak kusam, dan beberapa bekas jerawat memudar.
  2. Mengobati jerawat?
    ans: Iya. Jerawat saya menghilang. Sekarang saya sama sekali nggak jerawatan. Cuma tinggal ngilangin bekas-bekasnya aja.
  3. Tanpa bahan-bahan yang artificial dan mengiritasi? Tanpa paraben?
    ans: Udah saya bilang kalau serumnya terasa perih ketika dioleskan pada kulit yang dalam kondisi luka. Kayak luka dikasih air jeruk gitu kali ya? Itu namanya mengiritasi bukan sih? Tapi yang jelas, dia nggak menyebapkan atau menimbulkan luka atau kemerahan pada kulit
  4. Lebih menyerap dan melembapkan?
    ans: Iya. Kedua produk ini teksturnya ringan, gampang menyerap, dan sama sekali nggak lengket. Tapi kalau cuma pakai serum-nya doang, buat saya kurang lembap. Kalau pakai crema-nya baru lembapnya pas!
  5. Tidak lengket
    ans: Yap!
  6. Menghaluskan dalam 10 hari?
    ans: kalau halus maksudnya kulit jadi lembap, jerawat menghilang, dan noda-noda memudar, jawabannya sih iya. Tapi kalau untuk masalah pori-pori dan komedo, produk ini nggak memperbaikinya (walau nggak nambahin juga).

Pas pemakaian produk ini anjuran saya adalah:
  • pakai saat malam hari saja
  • pada siang hari, jangan lupa pakai sunscreen!
  • pakai serum pada saat kulit masih dalam kondisi setengah basah/lembap karena toner/ air bersih. Karena kalau pas kulit kering, malah bikin komedo
  • barengi dengan scrub dan masker seminggu sekali, agar nggak komedoan.

Secara keseluruhan, produk ini berkerja dengan baik untuk mencerahkan. memudarkan noda, melembapkan, menghilangkan jerawat, dan teksturnya juga nyaman digunakan. Cuma kurang bisa kalau untuk mengatasi masalah pori-pori dan kadang bikin komedo hitam, harus dibarengi dengan scrub.

Update: Breakout setelah 3 bulan penggunaan. Dan kulit jadi sensitif parah, gampang lecet. Kayaknya formulanya terlalu keras buat saya. adi saya stop pakai.



Tertarik dengan OST Brightening Set?
Silahkan order di:

www.hellosora.com
Instagram: @hellosora.asia
LINE: @hellosora

28 comments

  1. CMIIW ya. Kayanya sih mengkristal karena ascobric acid-nya kaga larut. Mustinya di kocok sebelum pemakaian. Kalau ditaruh kulkas kegunaannya hanya biar lebih awet serumnya aja sih. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii..
      Tapi kristalnya cuma muncul saat botolnya terlalu lama berada di suhu ruang (kepanasan). Kalau pas di dalam kulkas sih aman aja, nggak muncul lagi kristalnya :D

      Delete
  2. jadi makin kepengen ini serum setelah di review ama mba, kaya nya bagus banget serum nya dudududu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus kok kalau cari serum dengan fungsi pencerah

      Delete
  3. Hai mba.. Sekalikali komen ah hehe
    Saya pakai serum ini juga mba, di saya malah tambah jerawat kecil2 gtu masa. Mungkin purging ya? Tapi tetep aja saya lanjutin karena saya masi menaruh harapan ama serum ini :D
    Serum saya udah di taruh di kulkas, berhubung kulkas saya rada error, kulkas di bagian bawah kurang dingin jd saya taro di freezer, udah dingin banget tapi kadang masih ada kristalnya gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa masih kristal? Punyaku aku taruh di bagian pintu kulkas aja loh, dan aman :D

      Delete
  4. ya ampun, wajah mbak arum makin cantik, kulitnya makin sehat dan bersih.... jadi ngiri mbak :( :D

    ReplyDelete
  5. Mbak mau tanya kok itu kremanya kaya ada bekas hologram segel nya ya? Aku beli kok ga ada segelnya, apakah punya ku palsu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, maaf sekali. Aku kurang paham soal itu ^^

      Delete
  6. Ternyata serum vit C OST ini dari korea toh *kudet*. Soalnya packagingnya gak kayak produk korea lain yang desainnya unyu2 hehe.
    Kulitnya keliatan banget tambah cerah dan warnanya kulitnya tambah merata. Apa kabarnya oil2an ku kalo aku beli ginian T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini serum yang sejauh ini paling kelihatan buat mencerahkan kulit. Sayangnya harus rajin ekstrak komedo kalau pakai iniii >'<

      Delete
    2. Walah, berarti bener ya serum vit C agak rawan menyumbat pori >_<
      Beruntung berarti aku pake serum vit C merk lokal ga muncul komedo hehe.

      Delete
  7. Duhh aku pakai serum Ini, aslii break out sejidatt..pusingg bgt, alhasil aku berentiin dan skrg lgi proses recovery...jadii rada parno pakai serum vit c..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak tanya dong, kenapa bisa breakout ya? Soalnya yg lain pada pake fine2 aja

      Delete
    2. Ivonne: aku juga akhirnya breakout. Setelah 3 bulan pakai ^^

      Delete
    3. karena 3 bulan setelah serum ini dibuka akan oksidasi (tidak boleh digunakan), serum ini ada masanya *menurut reviewer lain

      Delete
    4. Itu namanya PAO, period after opening. Semua produk setelah dibuka kadaluarsanya bakal lebih cepet, tergantung jenis produknya :)

      Dan iya, katanya serum vit C agak cepet PAOnya, sekitar 3 bulan, apalagi kalo kandungan vit C-nya tinggi dan ga disimpen di tempat yang terlindung matahari dan panas. Malah ada yang saranin simpennya di kulkas. Kalo warnanya udah terlalu kekuningan lebih baik dibuang.

      Delete
    5. Wah, baru tahu kalau masa pakainya cuma 3 bulan ^^. Padahal botolnya gede banget. Aku juga simpan di kulkas :D.

      Delete
    6. Mungkin harus dipakein ke suami, tetangga, Jimbeam dan Jethro sekalian biar bisa abis 1 botol dalam jangka waktu 3 bulan xD

      Delete
    7. Ahahahaha leh uga. Biar pada mengkilat ya bulu bulunya :D

      Delete
  8. mba mau tanya kebetulan saya ngekost. jadi gak ada kulkas. kira2 ada solusi giman biar nyimpen serum yg baik dan benar selain di kulkas? makasih mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya susah deh. Secara udah dikulkasin aja masih agak ga awet dia..

      Delete
  9. Kalo menurut saya pakai serum vit c jangan setiap bulan karena over exfoliating. Bisa Misalnya 2 minggu pakai 2 minggu istirahat. Saya pernah baca terlalu over begitu bisa menyebabkan breakout

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku baru tau lho. Makasih ya..

      Delete
    2. kalo vit c mmg bagus but kalo tiap hari bisa bikin iritasi, saran sih mix ama cream yg sifatnya soothing baru stlh itu di aplikasikan ke wajah, jika lagi sensitif mending 2 hari sekali aja.

      Delete
  10. Setelah kemasan dibuka, harus hbis dlam waktu 2 bulan jadi lewat 2 bulan nggak usah dipake lagi. Pakenya 2-3 tetes.
    Tapi agak lengket juga kalau dipakenya kebanyakan belum lagi lama nyerepnya 😄😄
    Bikin susah juga yaa..
    kalau purging ada yang purging pake serum ini ada juga nggak tergantung kondisi dan jenis kulit sih..
    semangatt👍🏻

    ReplyDelete
  11. Mba ini Bisa utk usia 20 thn?
    Karena tadi kaya mba nya blg cenderung keras.

    Atau ada recomended yg lain bole mba utk acne scar^^ 20 y.o

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.