Friday, August 10, 2012

Liquid Eyeliner dengan Harga dibawah Rp 10 000,- ?

Update 4 Januari 2014:
Setelah pembelian botol ke 3, saya merasa Eyeliner Casandra ini kualitasnya menurun. Saat diaplikasikan, nggak bisa bikin garis yang pigmented hitam dan tanpa putus dalam sekali ulas, harus ditebalkan di beberapa bagian. Makanya sekarang saya nggak lagi merekomendasikan Eyeliner Casandra ini. Untuk Eyeliner cair yang murah dengan kualitas yang bagus, saya lebih merekomendasikan Viva Queen Liquid Eyeliner. Review menyusul yah :).



Perkenalkan, liquid eyeliner termurah yang pernah saya punya. Cassandra Liquid Eyeliner. Ini eyeliner buatan lokal. Harganya Lapanrebu saja. Saya diperkenalkan dengan eyeliner ini oleh mbak-mbak sekretaris di kantor saya. Murah, tapi berfungsi dengan sangat baik. Jadi saat ini, sejujurnya saya malas membeli eyeliner mahal-mahal. Kalau yang murah sudah berfungsi dengan baik, ngapain beli yang mahal-mahal?

Oke, terkadang saya memang ingin foundation atau blush dengan harga yang sangat mahal. Tapi itu beda. Saya butuh foundation dengan kualitas terbaik, karena foundation adalah dasar riasan yang akan menentukan keseluruhan penampilan. Dan terkadang saya menginginkan warna unik dari blush on merk tertentu yang sangat mahal, yang hanya bisa ditemui pada merk tersebut. Tapi eyeliner cair warna hitam? Saya sih nggak masalah dengan yang murah.

Eyeliner ini susah banget dicari. Saya cari-cari toko-toko kosmetik juga nggak ketemu-ketemu. Dan akhirnya saya menemukannya di Toko Jago, Jalan Solo, Jogja. Eyeliner ini pernah saya pakai untuk Makeupnista Challenge: Circus.

Aman Nggak Tuh?

Karena produk ini sangat-sangat murah dan merknya nggak familier, tentunya yang jadi pertanyaan pertama adalah keamanannya. Baiklah, mari kita lihat nomor POM-nya.


Baik di kardus pembungkus maupun di badan eyelinernya, terdapat nomor regristasi: POM CA18081206154. Saya coba menelusurnya ke situs www.pom.go.id dan menemukannya. buktinya bisa di klik disini.


Eyeliner ini di produksi oleh PT Selamat Makmur, yang berlokasi di Tangerang. Industri tersebut juga sudah terdaftar di BPOM. 

Tentunya bila suatu produk sudah terdaftar di BPOM, berarti dia telah melalui prosedur pemeriksaan keamanan dan kesehatan oleh lembaga yang dipercaya negara. Tapi, kita tetap perlu waspada karena kondisi kulit dan kepekaan setiap orang berbeda-beda. Tetap kita merlu melihat komposisi produk yang akan kita pakai. Berikut adalah Ingredietns Cassandra Liquid Eyeliner:


Bila terdapat bahan-bahan yang membuat alergi atau tidak cocok, tolong di skip saja produk ini, dan jangan memaksa digunakan :).

Saya pribadi sih nggak mengalami reaksi negatif selama penggunaan. Padahal saya memakai hampir setiap hari. Saya nggak mengalami iritasi, gatal-gatal, mata merah, mata pedas, benjolan, bintititan, kejang-kejang, dan lain sebagainya. Satu-satunya hal berbahaya yang saya alami waktu memakai eyeliner ini adalah, ribut sama bapak-bapak waktu ses Tintaz di tabrak motor oleh mahasiswa baru. Apa hubungannya dengan eyeliner ini? Ya...karena saat kejadian, saya memakai eyeliner ini :D.

Oh, dan satu lagi yang saya suka. Eyeliner ini dilengkapi tanggal kadaluarsa. Jadi bila menemukan ditoko, saya lihat dulu apakah sudah lewat tanggal kadaluarsanya atau belum. Tapi kalau sudah kita pakai dan kita buka, jelas maksimal 6 bulan eyeliner sudah harus diganti.


Apasih yang Bikin Saya Suka?


Selain harganya yang murah banget, saya paling paling paling suka dengan kuas aplikatornya. Kuasnya kecil, kaku seperti spidol, tipis, dan batangnya pendek. Bentuk kuas aplikator eyeliner seperti ini memudahkan kita untuk mengkontrol garis yang akan kita buat.

Mari kita lihat perbandingannya dengan eyeliner lain yang saya punya:

  1. My Darling
  2. Casandra
  3. Aubeau
Sebenarnya kuas My darling juga kecil dan tipis. Tapi, batangnya terlalu panjang. Batang Cassandra yang lebih pendek jelas lebih mudah digunakan daripada My darling. Dan batang kuas Aubeau cukup pendek. Tetapi kuas aplikatornya terlalu gendut dan nggak awet, gampang mencuat kesana kemari, sehingga susah menggambar garis yang tipis dan rapi.

Bagaimana dengan Pixy Liquid Eyeliner? Bukankah kuasnya mirip seperti ini? Ya, sekilas memang mirip. Tapi kuas aplikator Pixy lebih tebal, lebih gendut, dan juga kuas aplikator pixy nggak awet alias mudah berserabut. Sayangnya saat ini saya nggak punya Pixy Liquid Eyeliner untuk saya foto bersama Cassandra. Tapi saya akan mengambil gambar yang pernah saya upload di blog ini juga, untuk menunjukan seperti apa "berserabut yang saya maksud itu.

Atas: Lama
Bawah: Baru

Kuas Pixy, bila sudah kira-kira satu bulan tidak runcing lagi dan mulai berserabut. Jadi susah untuk membuat garis yang rapih dan tipis. Sementara Cassandra nggak akan berserabut ataupun menumpul, tetap runcing dan presisi.

Saya akui Cassandra ini nggak yang bagus banget kualitasnya, cukupan lumayan ajah. Banyak sih yang lebih bagus dari eyeliner ini. Tapi kalau yang cukup bagus dan murahnya semurah ini, ya baru Cassandra. Liquid Eyeliner yang lain semurah-murahnya pun rata-rata masih di kisaran Rp.30.000 naik turun dikit. Jadi saya tetap memilih eyeliner ini.


Kalau Dipakai Awet Nggak?

Kebetulan saya punya lid yang nggak rewel. Di lid saya, dia akan bertahan dari pagi hingga sore, asalkan nggak di kucek-kucek. Tapi, beberapa teman mengatakan kalau eyeliner ini nggak waterproof. Mari kita uji.

  1. Cassandra saya aply dan saya diamkan satu jam
  2. Setelah satu jam, saya guyur dengan air keran sedang
  3. Saya tap-tap dengan tissue untuk menghilangkan airnya
  4. Saya gosok dengan tissue
Yang saya lihat, bila diguyur air dengan tekanan sedang sebentar, dia nggak menghilang. Setelah saya tap-tap dengan Tissue, dia masih stay dengan cantiknya. Tapi ketika saya usap/gosok dengan tissue, eyeliner ini menghilang. 

Bagi saya sih nggak masalah asalkan eyeliner-nya nggak smudge. Kalau smudge itu baru repot karena harus membersihkan eyeliner yang belepotan kemana-mana. Cassandra ini tipe eyeliner yang kalau dihapus modelnya mengelupas, bukan smudge ataupun bergeser. Tapi kalau langsung hilang begini, langsung timpa saja bagian yang hilang. Nggak repot.

Tapi bagi yang pemalas nggak suka ribet, dan lagi terutama untuk yang menjalankan sholat dan harus wudhu, ataupun yang sering diputusin pacarnya sehingga hobi nangis disembarang tempat, saya nggak merekomendasikan eyeliner ini. Saya sih kebetulan nggak wudhu, jarang-jarang putus sama pacar, dan suka ribet :D.


Finishing-nya Gimana?

Sayangnya, finishingnya glossy, nggak matte. Saya suka eyeliner cair yang matte. Lebih cakep aja jatohnya, dan nggak terlalu fake. Tapi yang saya suka, warna hitamnya tebal.

Ini saya bandingkan lagi dengan My darling dan Aubeau:

Atas: My Darling
Tengah: Cassandra
Bawah: Aubeau

Saya paling suka dengan hasil dari My Darling Eyeliner. Terlihat matte. Sementara Cassandra dan Aubeau terlihat berkilauan.

Ini penampakan di mata saya:


 
Kalau Packaging 'Pa Kabar? 

Pack-nya terbuat dari plastik yang terhitung tipis kalau dibandingkan dengan My Darling dan berwarna merah. Saya sih nggak suka. Tapi dia kecil dan gampang diselipin di pouch kosmetik untuk dibawa kabur.


Numpang Narsis, Yeuh ;)

FOTD Nude

 

Cassandra Liquid Eyeliner
Sariayu Duo Liquid Lip Colour: Intan


Jadi, Kesimpulannya?

Pros:
+ MURAH! dan aman
+ kuas Aplikator bagus, runcing, langsing, kaku, dan gampang dipakai
+ batang Aplikator pendek
+ kecil dan travel friendly
+ warna hitamnya tebal dan nyata
+ di lid saya sih stay seharian, kualitasnya lumayan lah untuk harga semurah ini.
+ gampang dibersihkan

Cons:
- susah dicari, mungkin ada di toko-toko kosmetik kecil atau pasar tradisional
- nggak waterproof, bisa hilang hanya dengan diusap dengan tissue yang dibasahi
- packagingnya bentuknya jelek


Harga: Rp 8000 / 5 ml
Repurchase: Yes

Dan seperti biasa, mau mengingatkan kalau Makeupnista Challenge bulan ini adalah: KEMERDEKAAN INDONESIA. Mari berdandan ;).

48 comments:

  1. Aku dulu juga pake ini mbak, disaranin sama mbak2 yang jual. Lebih bagus drpd My Darling.. Emang sih, aku lebih suka Cassandra. Lebih awet. Sayang carinya susah.. ><

    ihiiy fotonya cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh suseeeee bener nyarinya. Aku muter-muter kemana-mana lho. kayaknya di jogja juga cuma satu toko yang jual eyeliner ini.

      ihiiy :D

      Delete
  2. manaaa adaaa alergi eyeliner bisa sampe kejang2??? kecuali kalo yg make emang orangnya punya penyakit epilepsi sih...

    berarti besok2 jgn pake eyeliner ini, dear, biar ngga diajak ribut lagi sama bapak2 ngga jelas. *sinih buat akuh ajah* *ndremis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kali ada, dear. Soalnya aku suka alergi kalau nggak punya uang, sampe kejang-kejang gituh --"

      Tetep pakee >'<. Yang penting makenya jangan rabu Wage. *catet*

      Delete
    2. jebul tenan, ses, kemarin rabu itu pas wetonku.... pantessssssssssssssss *nunjuk2 tanggalan*

      Delete
  3. ses, mm.. aku pake ini og ngelupas di tengah jalan yah? apa salahku ses? :|
    emang kereng sih,
    btw di luwes solo gampang ditemukan ^^
    lapanrebujuga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh di aku gag ngelupas asal nggak di kucek ses. Mungkin kena keusap atau apa gitu jadi ngelupas. Malah kalau di aku, My Darling kadang2 retak.

      Hikhik...asik, ke luwes ah

      Delete
  4. ahhhh ini my holy grail elener jengseus arum..tapi di bandung sekalinya nemu di pasar dket rumah,yg jualnya pun ngemper,,pake acara tawar menawar belinya,,sempet under estimate juga sih,tapi dugaanku salah :O ini elener mantep ih,gak smudge,trs bersiinnya gampang tinggal kelotok2in..pas habis nyari di mas-mas yg jual udh gak ada aja.
    jadinya beli yg lain elener cairnya,tapi kuasnya si casandra ini masih setia aku pake buat apply elener cair merk lain..hihihi kali aja bosen siap kok nerima paketannya *ngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyooo langka banget iniii. Padahal bagus.

      Aku juga suka curang kok. Kalau lagi pengen yang super awet (misal buat kondangan) si kuas cassandra aku celupin ke aubeau :D

      Delete
  5. Jadi pengen bikin beuaty challenge under 100k pake eyeliner ini, rum!! Pekejingnya cakep, merah.... biasanya kan item.... **

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok bikin, Mizzzz!!!

      Iya merah gitu. Tapiihhh bahannya jelek dan tipis.

      Delete
    2. Tadi nyari ke toko kosme, muter22 ga nemu si casandra ini. Eh, malah ditawarin eyeliner china *lupa namanya, harganya 8 rebu juga!! Tapi ga ngerti bahasa rumput, ditambah parno juga tuh eliner cina aman apa enggak... akhirnya ga jadi beli... trus si encinya bilang, ntar deh klo ada lagi saya kasih tahu dulu emang pernah ada sih. Pas nanya harganya... 12 rebu... *ngekkk!!

      Btw, boleh ga bikin beautyunder 100k kalo bukan IBB?? udah bikin listnya nih... ayo dunk jeung arum ikutan jugaaa... :D

      Delete
    3. wahahaha...jadi mahal ya di sonoo. Disini cuma 8000 ajah.

      bikin aja kali Mizha. Kan itu blog kamyuh, suka2 mau diisi apa. Aku udah sering bikin cheap but great beauty produck gitu >'<.

      Eh, Miz, ikut makeupchallenge kemerdekaan yuukkkkk!!!!

      Delete
    4. Ahaha... ga ada nyali ah... ^^" Peralatan perangnya ga cukupp... bukannya itu challenge makeupnista ya??

      Delete
    5. Aihh...enggak apa, Miz. Aku juga nih peralatan gag lengkap. Sembarang aja yang ada dimanfaatin. Iya makeupnista challenge. Makeup adict juga kan? yuk ah ngikut. Hihihi...

      Delete
    6. Yampuuun rum peralatan lenong sampe segambreng gitu masih dibilang ga lengkap?? Ngakak guling2 deh ane...

      Seriusan emang ga cukup, ntar deh kapan2 aku posting make-upan yg aku punya, bener2 ga bisa dibilang koleksi *lol

      ga make-up addict sih, tapi butuh make-up.. wkwkw..

      Delete
    7. Hihihi...udah berkurang banyak kok, Mizzz >'<

      siiippp. Ayo dong pameriiinn. Mau liatttt

      Delete
  6. aku pake yg my darling, belum nemu nih yg merk cassandra.. nyari my darling aja susyeehhh banget di tempat ku, apalagi yg cassandra yah..
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang susa banget :'(. Di jogja juga susah bener kok..

      Delete
    2. Untung d rumah aq banyak banget yang jual my darling..
      heheeheh

      Delete
  7. aw...harus nyari niih...kemarin kayaknya ada liat di elok....*__*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ish...di elok ada yak? aku gag kepikiran elok kemaren ^^

      Delete
  8. di jakarta deket mana ya nyari ini eyeliner langka sepertinya :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tauuu. Jangankan ini. Pas di jakarta aku nyari Mirabela aja susah bener.
      Tapi dia produksi Tangerang lho. Mustinya di Jakarta lebih banyak yak :D

      Delete
  9. apa lagi ini, harus ngubek2 kemana barang kyk gitu di kotaku?

    my darling jg belum nemu. :D

    ReplyDelete
  10. akhirnya ni elener nongol jugaaaa.. horeeee ^^
    setelah sukses nebar2 racun waktu 'senen cantik' dulu akhirnya hari ini ada ripiu lengkaapp kaapp kaaaappp...
    makaciih mbak aruumm :P
    eniwei, aku malah suka pekejingnya loh. meraahh.. eye catching bangettss ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya merahnya nggak standar, Put.
      Tapih bahannya tu lhooo. Jelek & tipis :(

      Delete
  11. aku maa tetep suka aubeau.. ^^
    smudgeproof waterproof cuma aplikatornya ga banget.. >_< suka pake aplikator silkygirl yang felt tip. :)) arum yg cassandra bagus ihh.. tapi di bandung nemu dimana.. X.x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, aubeau mah manteb banget tuh awetnya. Aku kadang suka curang gitu, aplikator cassandra aku pake buat aply aubeau :D

      Entahlah. Ini barang langka, Vi :D

      Delete
  12. hmm aku dulu punya lansung dibeliin 2 sama ibu
    sebelumnya pakai yang case nya mirip tapi beda merk (kuasnya tipis) lah pas dibeliin kok kuasnya beda ya?akhirnya aku bejek-bejek kuasnya sampe lentur
    Oh ya pernah 1 bulan gak aku buka, aku pakein ke mata langsung perih & kedutan parah, akhirnya sampe sekarang gak pernah beli lagi. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh..iya ya. Dibejek-bejek jadi lebih lentur gitu kali ya.

      Udah kadaluarsa kali, nit. Kan elener emang ga boleh lama2.

      Delete
  13. bagus yah, aku juga punya eye liner sr casandra

    ReplyDelete
  14. Waaah, akhirnya nemu review juga tentang brand satu ini,,,,,
    kbetulan kemarin aku beli eyeshadow palet isi 6 warna, harganya cuma 15rebu, aku liat merknya cassandra, awalnya ragu itu merk apaan? kyanya aku blm pernah liat atopun denger, apalagi murce bener....tapi pas aku coba warnanya pigmented bgt wlopun tanpa eyeprimer, jauh kalo dbanding sari ayu yg biasa aku pake...si cassandra ada shimmernya tapi dikit n kecil2, jadi gak lebay dan lebih matte daripada sari ayu.....oia, waktu itu aku belinya dsalon dket rumah :P

    thanks reviewnya, jadi sekarang aku gk kuatir lagi kalo pake eyeshow cassandra indang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Susika..
      Kalau soal keamanan sih, aku percaya aja dah sama BPOM. Ya mau gimana lagi, aku nggak paham ingredient soalnya. Tapi ya balik lagi ke kondisi kulit masing2 orang, sensitif sama bahan tertentu nggak?

      Intinya, apa yang aman buat satu orang, belum tentu aman untuk orang lainnya ;)

      Delete
  15. Wah, sy mau beli eyeliner ni, sudah habis soalnya punya sy ^^
    Eh bener nyasar kesini ses :D
    Eyeliner sy sbelumnya La Tulip, kalo diliat sr reviewnya cassandra, jenisnya sama deh, ga smudge tp ngelontok gituhh .. :( tp latulip malah kadang baru dipake berapa jam ada yang ngelotok + lebih mahal :'(
    Lagi nyari apa ya bagusnya, tp merk cassandra ini apa ada ya dikota sy ..? hmmmm

    Ses, mampir + folback sy ya di http://visitkarlina.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Casandra juga banyak yang bilang cepet nglotok sih. Kayaknya lidku termasuk yang nggak rewel :D

      Delete
  16. ditoko deket rumahku banyak mbak eyeliner ini , bagus sich eyelinernya....
    tapi berhubung mataku sering keluarin airmata kalau lagi ketawa kenceng, jadi bagian wings'a biasanya ilang kena airmata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh memang ga waterproof. Tapi aku sukabanget brush aplikatornya. Jadi sering tak pake buat aply eyeliner lain :D

      Delete
  17. halo mbak.. ih jadi tertarik pengen nyoba eyeliner ini deh. biasanya sih pake eyeliner yg pensil. ini mau nyoba pake yg liquid tapi nyari dulu deh yang murah2. hihi...

    itu tokonya dijogja di jalan solo dimananya ya Mbak? kalo sama gardena deket gak Mbak? di toko mutiara gak ya mbak?

    Oiya, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, mbak Thy :)

      Sayangnya dua kali terakhir beli ini kok kaya warnanya nggak bisa pigmented sekali oles gitu ya. Ini kualitasnya menurun atau saya pas apes, nggak tau deh :D

      Iya, sederetan sama Gardena. Sebelah baratnya. Tapi aku lupa selisih berapa toko ^^

      Delete
  18. wah seru deh, bru prtama pake eyeliner, kesannya susah, perlu belajar ni hehhee, kalo casandra byasanya beli dimana??? pengen beli mbak hehehee...

    ohya salam kenal ya, -? http://rumahmoon-1991.blogspot.com makasih ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu waktu pertama belajar juga susaaaahhhh banget, lama baru bisa :D. Jangan Cassandra jeng, beli Viva aja. Kuasnya sama enaknya kayak cassandra, tapi kualitas tintanya lebih bagus.

      Delete
  19. pengn sih tp udh dicari keliling plmbng ,mlhan di tmpt khusus jual sgala macem yg berhbngan dgn make up mash jg kagk ada :( kira2 ada g eyeliner merk lain yg sejenis casandra

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...