Tuesday, May 24, 2016

Serba-Serbi Warna

sumber gambar: https://www.pinterest.com/smatimeshare/colors/

Masih dalam kondisi belum teralu sehat nih. Jadi saya belum mampu kalau disuruh melakukan FOTD dan foto-foto swatch. Padahal saya sendiri sebenernya sudah nggak sabar kepingin pamer swatch lipstik-lipstik baru saya :(.

Dari pada blognya sepi dan berdebu, jadi saya cerita soal warna aja yah. Kenapa warna? Karena make up itu erat kaitannya dengan warna. Terkadang suatu merk bisa mengeluarkan banyak sekali warna lipstik dari jenis produk yang sama. Contohnya, Brand Colourpop, mempunyai suatu produk yang bernama Ultra Matte Lip. Dan Colourpop Ultra Matte Lip ini memiliki 47 varian warna. Huwaaaw! Banyak yah! Dari sekian banyak warna tersebut, ada loh shade yang sekilas terlihat sama, padahal sebenarnya berbeda. Nah, sebagai beauty blogger, tentu saya harus punya juga pengetahuan soal warna. Biar ketika saya melakukan swatching, saya bisa menjelaskan dengan baik mengenai warna-warna lipstik tersebut.


sumber gambar: learn.leighcotnoir.com

Sebenarnya, warna dasar di dunia ini tuh cuma tiga, biasa disebut dengan RGB atau Red Green Blue. Nah, warna merah, hijau, dan biru tersebutlah yang kemudian dicampur-campurkan dengan berbagai kadar kepekatan atau perbadingan, yang kemudian menghasilkan ribuan warna lainnya. Eh...tapi ada juga yang bilang kalau warna primer itu adalah Magenta, Cyan, dan Kuning. Warna tersebut didapat dari pantulan cahaya.


Warna-warna tersebut juga bisa saling mengoreksi loh. Misalnya: warna merah bisa dinetralkan dengan menggunakan warna hijau, Warna biru atau ungu bisa dinetralkan dengan menggunakan warna kuning atau oranye. Itulah mengapa ada produk make up yang namanya corector. Yang fungsinya untuk menetralkan warna kulit yang terlalu kemerahan akibat jerawat meradang, biru akibat memar, dan lain-lain. Saya pernah membuat blogpost mengenai tips mengoreksi warna kulit loh!

Hayo, mana yang magenta? Mana yang Fuschia? Atau jangan-jangan namanya mauve? :D

Kayaknya kok berat amat ya? Hahaha... Saya sebenernya cuma pengen bahas warna yang mirip-mirip aja. Dan ngasih tau bagaimana caranya membedakan. Tapi nih ya, yang saya tulis di sini adalah pendapat. Bukan ilmu pasti. Ini cuma hasil penerawangan saya aja terhadap warna-warna terkait. Kalau temen-temen punya pendapat lain soal warna-warna di bawah ini, atau merasa bahwa yang saya tuliskan salah, boleh ditulis di kolom komen. Pokoknya post ini cuma untuk asik-asikan kok :D.

Oh iya, beda warna yang saya perbandingkan di bawah ini bukan lebih gelap dan lebih terang/cerah loh ya. Semua warna bisa dibikin lebih gelap ataupun lebih terang. Mmm...semoga mudeng deh maksud saya ^^.



Magenta & Fuchsia

Magenta vs Fuchsia

Magenta dan Fuchsia ini memang tipiiisss banget bedanya. Keduanya merupakan turunan dari warna ungu, yaitu campuran antara reddish-pink dan ungu. Hanya saja bedanya: Magenta mengandung unsur warna merah lebih banyak (more reddish), sedangkan Fucshia mengandung unsur warna ungu lebih banyak (more purplish).

Di industri fashion, warna Fuchsia lebih populer dibandingkan Magenta. Mungkin itulah makanya kita lebih familier menyebut nama Fuchsia daripada Magenta. Kalau mendiskripsikan warna lipstik yang merupakan campuran antara merah, pink, dan ungu, kita lebih suka menyebut Fuchsia meskipun sebenernya warnanya lebih dekat ke Magenta. Mmm...tapi emang siwer sih ya bedainnya kalau nggak ada pembandingnya :D.

Oh iya, ini cuma warna dasar aja. Karena kedua warna tersebut masih punya turunan lagi loh. Misalnya Fuchsia ya, masih diturunkan menjadi Pale Fuchsia, French Fuchsia, Fashion Fucshia, Fandango, Redberry, dll. Tapi untuk kali ini, nggak perlu kita bahas lebih lanjut yes? Kalau tertarik komen aja. Kapan-kapan saya buatkan pembahasan mengenai warna Fuchsia atau Magenta lebih lanjut.



Peach & Coral


Warna Peach itu ya seperti warna buah peach atau buah persik. Kalau Coral itu setahu saya Terumbu Karang, tapi saya nggak tahu persis apakah penyebutan nama Coral pada warna itu didasari dari warna terumbu karang yang sebenernya atau enggak.

Yang saya lihat sih, keduanya adalah campuran antara warna pink dan oranye. Nah, warna oranye sendiri adalah hasil pencampuran antara warna merah dengan kuning. Pada warna Coral, unsur warna merahnya lebih kuat daripada pada warna Peach. Jadi kalau dibandingkan warna Peach kelihatan lebih lembut/ pastel, sedangkan warna Coral terlihat lebih deep dan panas.

Sebenernya ada satu warna lagi diantara Peach dan Coral, yaitu warna Salmon. Penamaan Salmon berasal dari warna daging ikan salmon. Tapi saya nggak ngerti juga sih, saya jarang makan salmon, saya levelnya tongkol. Warna Salmon ini kurang begitu populer di industri kecantikan. Jarang banget dah pokoknya ada yang mendiskripsikan lipstik/ blusher dengan warna Salmon. Karena kesannya amis kali ya? Paling mendekati sih Pinky Peach atau Peachy Pink gitu.


Turquoise & Teal


Kalau warna ini seringnya dibalik-balik dalam penyebutan warna eyeshadow. Seringkali eyeshadow berwarna Turquoise dinamai Teal, dan sebaliknya. Saya sendiri penyuka eyeshadow warna hijau. Kulit saya kelihatan menyala kalau dikasih warna hijau. Tapi kulit saya mati kalau dikasih warna biru. 

Turquoise ini adalah warna hijau kebiruan. Tapi menurut saya, warna hijaunya lebih kuat. Warna ini cantik banget deh kalau dibuat eyeshadow dan ada shimmer-nya. Nah, kalau Teal adalah campuran antara hijau medium dengan Cyan gelap. Oh iya, Cyan ini adalah warna di antara biru dan hijau, sedikit mirip Turquoise namun unsur biru dan hijaunya seimbang, jadi Cyan ini memang complementer banget sama merah. Cyan nggak saya bahas karena warna ini sepertinya nggak populer dalam industri kecantikan.

Meskipun kedua warna itu sama-sama merupakan campuran warna hijau dan biru, namun nuansanya bisa beda banget. Saya suka sama warna Turquoise, tapi nggak demen sama warna Teal. Turquoise ini jatuhnya cantik banget di kulit saya, sedangkan Teal jatuhnya butek.


Turunan Ungu

sumber gambar: https://www.pinterest.com/pin/466685580109908618

Purple dan Violet itu bedanya silahkan dilihat sendiri yah pada tabel. Nyaris sama, jadi saya frustasi mendiskripsikannya. Cuma ada fakta menarik dari dua warna ini. Jadi warna Violet ini disebut sebagai warna "real" atau warna yang benar-benar nyata. Katanya kita bisa mendapatkan warna Violet bila memisah-misahkan warna sinar matahari dengan menggunakan prisma. Sementara warna Purple atau ungu sebenarnya tidak benar-benar exist. Efek warna ungu ini disebabkan oleh otak dan mata manusia yang bekerjasama ketika bereaksi terhadap campuran warna merah dan biru. Tapi katanya, sekeras apapun manusia mencoba, kita nggak pernah bisa menciptakan warna Violet yang nyata seperti sektrum warna Matahari. Jadi warna yang kita lihat di print di kertas atau di layar laptop atau TV, nggak mungkin berwarna Violet. Paling banter ya Purple.

Warna Mauve dan Lavender menurut saya sama-sama bisa didiskripsikan sebagai warna Pale Purple atau ungu pucat. Hanya saja, warna Mauve lebih dusty atau lebih ada aksen greyish-nya, sehingga terkesan lebih netral. Sedangkan Lavender terkesan lebih cerah dan terang. Lipstik warna Mauve sedang booming banget saat ini. Saya sendiri juga suka sekali lipstik dengan aksen warna Mauve, karena bikin keseluruhan muka terlihat kalem banget. Warnanya tuh cooltone tapi netral dan nggak icy.

Kalau warna Plum dan Wine menurut saya merupakan campuran warna ungu dan merah yang sangat pekat. Bedanya, pada warna Plum unsur ungunya lebih kuat, sedangkan pada warna Wine unsur merahnya lebih kuat. Lipstik berwarna Wine dan Plum ini sangat digemari di akhir tahun 2015 sampai awal tahun 2016 lalu. Cuma nama Wine memang lebih popular. Jadi mau lipstiknya warnanya Wine, Plum, ataupun Burgundy, biasanya penyebutan warnanya tetep aja Wine. "Lipstikmu warnanya apa?", "Wine!" Padahal lagi pakai lipstik Plum

Eh sebentar, kalau Burgundy apaan lagi tuh?


Burgundy & Maroon


Dua warna ini lagi kekinian banget deh buat dipakai sebagai warna eyeshadow. Bedanya apa? Burgundy lebih gelap? Bukaaann. Burgundy kalau mau di lebih terangin juga bisa kok.

Burgundy ini adalah warna Wine yang dikasih aksen kecoklatan. Atau campuran antara merah, ungu, dan coklat. Warna ini banyak dipakai sebagai cat rambut tante-tante. Kayak saya nih sebenernya pengen ngecat rambut warna Burgundy andai nggak takut rambutnya rusak. Terus lagi kekinian juga dipakai sebagai warna eyeshadow. Cakep deh pakai eyeshadow Burgundy, terus lipstiknya yang greyish atau Mauve pucet gitu. 

Kalau Maroon itu reddish brown. Atau campuran antara coklat dan merah pekat, nggak pakai warna ungu. Sama sih, ini juga lagi kece buat dipakai sebagai eyeshadow. Buat lipstik juga saya suka. Beberapa anak muda gaul juga pakai warna Maroon sebagai cat rambut, tapi jarang sih. Masih kalah tenar dibanding Burgundy kalau untuk rambut.


Gold, Bronze, & Copper


Okeh sekarang kita masuk ke warna yang biasanya kita lihat dalam keadaan berkilau.

Yang pertama adalah Gold atau emas, penamaan warna ini berasal dari batu mulia dengan warna yang sama. Kalau Gold sebagai warna, menurut saya ini adalah campuran antara kuning dan oranye. Jadi kuning, tapi agak lebih "hangat" karena ada unsur merahnya dikit. Warna ini cakep banget menurut saya. Warna yang cocok digabungin sama warna apa aja. Biasa ada di produk highlighter ataupun eyeshadow.

Lalu Bronze atau perunggu, adalah warna golden-brown, campuran antara coklat dan emas. Tau produk yang namanya bronzer kan? Bronzer itu diciptakan untuk memberikan rona wajah seolah-olah "dicium" oleh sinar matahari atau sunkissed. Saya sukak banget deh pakai bronzer.

Yang terakhir adalah Cooper atau tembaga. Yang ini adalah warna reddish-bronze, campuran warna Gold, coklat, dan merah. Ini juga cakep sumpah! Warna ini kadang-kadang juga kita temui di produk bronzer. Atau kalau warna Copper ini dibuat lebih muda, bisa juga digunakan sebagai highlighter. Dipakai sebagai eyeshadow juga superb cantik. Salah satu contohnya ada di quad eyeshadow Inez yang Venice.


Cream & Beige


Ini sama-sama warna kalem. Sering dipakai untuk warna hilite. Cream ini adalah warna pastel dari Yellow. Ngerti ndak maksudnya? Sama kayak pink adalah warna pastel dari merah. Cream ini didapat dengan cara mencampurkan warna kuning dengan putih. Kalau Beige adalah warna a light-grayish yellowish brown. Coklat muda kekuningan dengan nada keabu-abuan


Udah ah, saya pusing. Pokoknya sekarang udah ngerti lah ya, kalau saya lagi nge-review lipstik gitu, terus bilang: "Sebenernya warna lipstik ini Burgundy, bukan Wine." dll.

Oh iya, katanya cowok itu paling susah kalau disuruh membedakan warna. Suami saya dulu juga gitu. Setiap saya pakai lipstik warna Magenta, dia bilang itu warnanya merah. Tapi sekarang sih dia udah belajar bisa nyebut Magenta gitu.

Tapi ya sudah lah, bisa bedain Magenta sama merah aja udah bagus. Nggak perlu maksa dia untuk bisa bedain Magenta dan Fuschia.

"Yank, lipstikku warnanya apa?"
"Magenta."
"BUKAN! INI BURGUNDY MUDA!!" #TABOK

35 comments:

  1. Kalo aku ama misua,amannya pake kode hexa mbak Arum hahaha *mamamtuhkode*

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Istriku, pipimu bersemu-semu #ffb6c1."

      Aih matek :))

      Delete
  2. aku selama ini ngira wine sama burgundy itu sama aja ternyata ada bedanya aku jadi malu sendiri abis baca ini ._.
    anyway, salam kenal mbak arum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kalau aku salah mohon dikoreksi loh :D

      Delete
  3. reza dong mbak..beliin case hp warna peach dan dia kekeuh itu pink :((( *yaudahpasrah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diterangkan pakek kode hexa aja Rei :))

      Delete
  4. Sempet diungkit ini soal cowok yang nggak bisa namain warna sama anak kantor. Berhubung kantorku desainernya cowok semua, mau nggak mau anggapan itu tidak berlaku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya kaw dikelilingi cowok2 yang tahu benar kode hexa blushon yang sedang kaw pakai hari ini ^^

      Delete
  5. Saya kerja di pabrik garment yang material tekstilnya semua pakai warna hitam polos dan dumdumdum...hitam itu gak cuma satu, spektrum hitam ada banyaaaak banget sampe siwer liatnya karena walaupun sama-sama hitam dan satu no. lot bisa jadi hitamnya beda dan jadinya belang kalau nggak hati-hati pas produksinya T-T Ada hitam cenderung ke merah, cenderung ke biru, ke coklat, dsb. Putih juga sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca komentar ini jadi ingat adegan di series Park and Recreation waktu ada karakter disuruh warna pita. Ada yang bilang "They are all black," terus diketawain. Terus ada yang njelasin sambil nunjuk "Obsidian, Onyx, Midnight," dan seterusnya :))

      Delete
  6. Jadi balik lagi ke kuliah teori warna T_T hahahah
    Aku iya baru kepikiran soal istilah Cyan, memang banyaknya dipake di percetakan. Padahal lucuk jugak yah kalo ada yang ngeluarin eyeshadow namanya Cyan, ato kode shade nya nanti #00FFFF ngahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kenapa ya Cyan nggak dipakai? Padahal lucu lhoh. Mungkin akan ada suatu saat dimana penamaan lipstik & eyeshadow menggunakan kode hexa. Saking varian warnanya udah banyak :))

      Delete
  7. iyaaa apalagi kalau suruh diskripisiin warna eyeshadow yang lebih rupa-rupa warnanya dari sekedar balonku ada lima :( bahkan ijo pun juga ada turunannya buanyaaaaak banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijo toska, ijo lumut, ijo army, ijo olive, ijo telur asin, ijo tai...

      Delete
  8. Nggak cuma kosmetik aja yang bisa salah ngasih nama warna mbak, banyak banget online shop pakaian yang ngasih nama seenak udel sendiri hahaha. Pengalaman temen ini, dia pesan jilbab yang olshopnya ngasih nama "blue grey" dan yang datang adalah ungu dan ungunya itu terpampang nyata nggak subtle atau samar, beneran ungu-ngu. Bahkan setelah diprotes ke olshopnya, dia juga ngaku itu warna ungu. Lah kenapa dikasih label warna blue grey itu hanya Tuhan yang tahu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaa...iya sih. Jangakan olshop yah. Bahkan shade lipstik aja ada lhoh yang namanya gorgeous pink, padahal warnanya oranye nyeter :D

      Delete
  9. RGB atau Red Green Blue. Nah, warna merah, biru, dan kuning

    mba maaf koreksi sedikit ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teliti sekaliii. Terimakasih. Langsung dikoreksi :3

      Delete
  10. alamaaaakk banyaknya warnaa warna ya kak Arum. Aku taunya merah kuning ijo doaang :p lolol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak apalah. Itu sudah cukup kok untuk nyanyi pelangi-pelangi dan balonku ada lima :D

      Delete
  11. untung warna" itu gunainnya pake bahasa inggris, coba di jadiin bahasa indonesia "Merah", "Merah Tua", "Merah Samar Samar Ke Pink" "Merah Sayu Mulai Terbit" wkwkk jadi ngarang bebas deh eikee :3, deuhh ogah lah hapalin warna pusyinggg sebelum beli lipstik jadinya nanti :D :D


    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kau lupakan shade bedak ses: kuning langsat, kuning pengantin, kuning tai... :D

      Delete
  12. Sip bngt infonya ses..
    Btw aq pernah liat ini di 9gag..
    http://images-cdn.9gag.com/photo/106661_700b.jpg
    Dan aq lbh mirip yg sblh kirii..
    Aq sendiri jg susah sih mbedain warna.. Bkn buta warna, cuma mumet aja saking bnyknya + mirip2 jg.. Postnya sgt membantu ses.. Makasih.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...iya pernah. Memang agak mumet sih ses. Tapi asik ;)

      Delete
  13. aku dulu sama ga peduli banget sama warna mbak, walaupun ibu tukang jahit jadi suka liat dan bantu cari-cari kain yang warnanya macem-macem. Sampe sekarang masih ga ngerti kalo ibu bilang warna MERAH FANTA. Tapi semenjak kenal makeup aku malah makin ga ngerti sama range warna yang ada, suka lebh hati-hati dan ngerasa bego banget kalo deskripsiin warna. Jadinya banyak belajar dari kode-kode warna dan youtube. Makasih banget mbak arum, ini ngebantu banget deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...alau aku justru suka sama warna. Orang2 jogja tuh kalau nyebut telur asin biru, padahal menurutku lebih ke ijo. Cyan sih ya. Sering berantem sama temen gara2 telur bebek :D.
      Sama- sama :D

      Delete
  14. klo tinta printer warnanya magenta. tp liat warna2 mirip magenta, dibilang fuchsia. duh pusing ya soal warna mbak -__-

    ReplyDelete
  15. Baca artikelnya sambil angguk2, begitu ditutup udah bingung lagi bayangin mana magenta mana fushcia. Ya Allah 😅

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...