[Review & Swatch] All Shade Purbasari Matte Lipstick

128 comments
Lipstik Kebanggaan Indonesia

Dahulu kala,

Jauuuhhh sebelum masanya Purbasari Matte Lipstick ini booming, bahkan kayaknya malah sebelum matte lipstick (brand apapun) booming, saya pernah nge-review Purbasari. Waktu itu saya punya dua warna doang, yaitu Crystal dan Jade. Dan kebetulan saya nggak suka sama warnanya. Tapi sama teksturnya saya suka abitch. Suka parah! Pokoknya cinta mati. Jaman dulu itu belum ada matte liquid lipstick segala yah.


Kembali ke masa sekarang, saat matte lipstick mendadak booming, ternyata Purbasari kecintaan saya itu jadi primadona. Bukan primadona dikalangan pecinta lipstik lokal aja loh! Bahkan beberapa kalangan temen-temen saya yang biasanya suka su'uzon sama lipstik yang harganya di bawah 200 rebu, kali ini pada ikutan nyobain dan semua bilang, "gilaaaa, lipstik murah tapi kualitasnya kok bisa kayak giniii!" Yaelah bro, dari dulu juga saya udah nyobain keles.

Baca: [Review] Purbasari Matte Lipstick - New Shades

Saya juga udah nyobain berbagai macam lipstik, dan punya beberapa lipstik mahal juga (walau belum sanggup beli lipen syenel). Tapi kalau ngomongin tekstur, Purbasari memang masih nomer satu deh. Saya bandingin sama MAC yang harganya 270ribu, lipstik Purbasari bahkan lebih oke teksturnya.

Jadi saya nggak heran kalau banyak banget yang cinta mati juga sama lipstik Purbasari yang ini. Lipstik ini memang worth the hipe! Bukan menang promosinya doang, tapi memang produknya juga bagus. Tapi sayangnya seiring dengan naiknya popularitasnya, Matte Lipstick Purbasari ini malah semakin langka aja. Memang sih beberapa kali saya menemui di Guardian gitu, tapi paling-paling cuma ada satu atau dua warna.

Beruntungnya saya kenal sama mbak Dyah @beauty_jingga. Online shop @beauty_jingga ini bener-bener jadi penyelamat hidup saya. Bukan cuma Purbasari loh, saya bahkan nitip beberapa liquid lipstick lokal yang di Jakarta susah banget dicari (kayak Jill, Face 2 Face, Wardah, dll). Harga-harganya juga masuk akal banget. Purbasari Matte Lipstick ini aja di sini dijual cuma 35 ribu doang. Ini termasuk murah kalau dibandingkan kebanyakan online shop lain yang biasanya mematok harga 40 ribu ke atas untuk Matte Lipstick Purbasari. Saya pernah liat bahkan ada yang jual 48 ribu loh! Jadi buat kalian para petualang make up, terutama yang tinggal di kota besar, saya rekomend kalian follow instagram @beauty_jingga deh!

Deretan Warna Purbasari

Semua lipstik Purbasari saya ini dikasih sama mbak Dyah @beauty_jingga, kecuali yang Crystal. Yang Crystal ini saya dikasih sama temen saya dulu. Tapi karena tau sendiri lah ya Purbasari ini susah banget nyarinya, jadi saya nggak langsung dapet semuanya. Setengahnya dikasih beberapa bulan yang lalu, untuk keperluan swatch di instagram saya, dan yang beberapa baru saya dapet bulan lalu. Malahan yang Amethyst datangnya belakangan karena susah banget dicarinya. Saya dan mbak Dyah sama-sama nyari sih. Saya nyari di Jakarta, mbak Dyah nyari di Solo. Dan akhirnya mbak Dyah duluan yang nemu, lalu disusulin satu ndil ini doang ke saya.

Kebayang nggak sih susahnya berburu lipstik ini? Ya saya berharap pihak Purbasari baca dan nambahin lagi stoknya yah. Soalnya agak-agak bikin kzl juga sih kalau produk bagus tapi nyarinya susah.

Lipstik Favorit Sejak Dulu

Karena punya udah lumayan lama, jadi saya bisa nambahin review saya lagi nih:
  1. Lipstik Purbasari ini kalau masih baru, teksturnya agak sedikit terasa berminyak saat dioles ke bibir. Bukan berminyak sih, tapi licin gitu, lembut banget kayak ngolesin butter ke bibir. Tapi semakin lama disimpan, teksturnya semakin kering. Purbasari Matte Lipstick saya yang Crystal tuh rasanya pas dioles keriiinggg banget dan sedikit keluar bulir-bulirnya saat dioles. Tapi tetep nyaman dan nggak bikin bibir kering. Cuma agak sedikit lebih seret aja pas ngolesin.
  2. Desain kemasannya bagus, tapi nggak tahan lama. Dalam hitungan minggu doang, tulisan Purbasari pada kemasan lipstik saya udah memudar. Yang Crystal bahkan udah ilang.
  3. Kemasan lipstik yang panjang dan langsing tuh ada plus minusnya. Plusnya jadi lebih gampang dipakai, presisi mengikuti lekuk bibir, nggak perlu pakai lip liner segala deh. Tapi minusnya lipstiknya gampang coplok dari tube-nya. Tapi untuk ukuran lipstik lokal dengan kemasan panjang langsing begini, Purbasari ini termasuk kuat. Punya saya yang Crystal udah coplok sih. Tapi paling enggak nggak kayak Just Miss, Wardah, dan Make Over punya saya yang pada coplok pada pemakaian pertama

    Baca:
    - [Review] Just Miss Lip Pencil
    - Wardah Lipstick: Matte - Exclusive - Longlasting
  4. Material kemasannya ringkih tapi tutupnya rapet sampai bunyi "klik" gitu. Ya pokoknya dijaga aja jangan sampai kebanting, keinjek, keplenet, apalagi ketipu rayuan om-om hidung belang.
  5. Hasil lipstik ini di bibir adalah matte total! Tanpa ada kilap sedikit pun. Masih sedikit transfer dan nggak bikin kering bibir sama sekali. Kayaknya ini satu-satunya lipstik yang nggak bikin bibir saya nelangsa kekeringan deh.
  6. Pigmentasinya bagus! Sekali ulas langsung bisa menutup bibir.
  7. Kalau dipakai di bibir, setelah beberapa saat, warna lipstik-lipstik ini akan sedikit menggelap. Buat banyak orang ini downside, tapi buat saya sendiri sih nggak masalah. Lha wong dari awal juga saya nggak pernah ngarep warna nude di lipstik ini. Dari awalpun, di saya semua warnanya jatuhnya bold. Sedikit menggelap juga nggak masalah sih buat saya.
  8. Lipstik ini ninggalin stain tipis warna merah di bibir apabila terhapus. Tapi tipiiisss banget kok. Kalau nggak diperhatiin juga nggak bakalan ada yang ngeh.
  9. Isinya sedikit dan cepet abis, karena sekali pulas tuh lapisannya kayak yang langsung tebel gitu. Tapi nyaman kok di bibir.
  10. Ada aroma vanila yang enak di lipstik ini.

Bahkan dari segala kekurangan yang saya paparkan di atas, buat saya Purbasari masih tetep bagus banget dan layak di koleksi. Secara tekstur dia nggak ada yang ngalahin deh! Tapi ada satu hal yang bikin saya nggak bisa jadiin Purbasari sebagai favorit lipstik saya, yaitu:

Swatch All Shade Purbasari
90 Crystal - 81 Diamond - 82 Mirah - 83 Piruz - 84 Ruby - 85 Safir - 86 Topaz - 87 Jamrud - 88 Amethyst - 89 Jade

Pilihan warnanya :(.

Ada 10 pilihan warna dan semua jatuhnya bold di saya. Warnanya sebenernya cantik-cantik dan beberapa bahkan kekeinian banget. Tapi sebagai penggemar nude lipstick, ya saya merasa nggak ada pilihan dari lipstik ini yang Arum banget. Yang bisa saya pakai daily.

Sekarang kita masuk ke hal yang paling banyak di request sama temen-temen, yaitu swatch

FOTD Bare Face

Seperti biasa, saya tunjukin dulu warna asli bibir saya. Bibir saya pinggirannya item, jadi saya butuh lipstik yang pigmentasinya manteb. Kalau cuma liptint atau lipbalm berwarna yang sheer gitu, bukannya seger, jatuhnya malah konyol banget di saya.

Terus juga saya mau bilang lagi, bahwa lipstik di masing-masing orang jatuhnya bisa nggak sama ya. Contohnya warna Crystal, di saya jatuhnya peach terang dan bikin kulit kusem gitu. Tapi di Lady jatuhnya nude peach yang cakep banget buat harian. Jadi ya memang harus dicobain sendiri. Swatch ini cuma gambaran kasar aja.

Dan saya mau minta maaf karena rambut saya kali ini kayak jem... Ehm...saya nggak bole ngomong jorok ding. Saya belajar dari pengalaman rekan saya sesama artis, kak Prilly, yang dibully gegara ngatain keluarganya Aliando kayak anjing dan cowok-cowok jaman sekarang yang suka kaget liat harga tasnya terus dia mau deket sama cowok yang nggak kagetan aja biar bisa beliin tas yang banyak. Pokoknya saya minta temen-temen maklumin aja rambut saya ya. Rambut saya memang lagi masa-masa nanggung. Harusnya dipotong tapi saya ogah karena pengen panjangin.

Jadi berikut swatch-nya, dan pesan saya: tas, make up, dan barang-barang hedon yang untuk kita seneng-seneng doang itu sebaiknya sih dibeli dengan uang kita sendiri ya. Rasanya akan lebih enak aja gitu dan kita juga nggak perlu kesel liat cowok terkaget-kaget sama harga tas atau make up kita. Karena ya cowok-cowok memang nggak paham begituan, wajar aja kalau kaget, dan bakalan lebih kaget kalau bukan suami bukan bapakmu terus kamu ujug-ujug minta dibeliin gitu. Saya yang punya suami aja kalau pengen tas atau make up beli sendiri loh. Padahal itu suami saya. Apalagi kalau belum/ bukan suami, kan saru. Ya kecuali kalau mau-maunya suami atau cowok-cowok itu ngasih hadiah, bukan saya yang minta.

Rrr...ya itu cuma saran aja sih. Bukan pedoman hidup atau apaan gitu. Ya kan kondisi rumah tangga dan mental orang beda-beda nggak bisa disamain kayak saya. Cuma kadang saya agak risih aja kalau ada yang komen soal: "dimarahin suami kalau beli-beli lipstik terus" gitu di akun instagram/ facebook saya. Makanya saya mencoba memberikan solusi, yaitu: cari uang sendiri dan belanja pakai uang sendiri. Ngomong-ngomong, kak Prilly kan sebenernya bisa beli tas sendiri juga ya? Bukannya dia sering syuting GGS dan punya brand make up?


90. Crystal

Purbasari Matte Lipstick 90 Crystal

Sengaja saya taruh di awal biar deketan sama Diamond. Soale banyak yang nanyain bedanya Crystal sama Diamond apaan sih?

Crystal ini warnanya coklat dengan bias peach yang lumayan kuat. Di saya sih jadinya peach nanggung. Nude enggak, tapi neon juga enggak. Jatuhnya bikin kulit saya kusem. Saya nggak begitu suka sama warna ini.


 81. Diamond

Purbasari Matte Lipstick 81 Diamond

Zodiac saya Taurus, dan katanya batu keberuntungan masyarakat Taurus adalah Diamond. Walaupun saya nggak percaya sama ramalan Zodiac, tapi saya memang suka sama berlian. Dan saya juga suka warna Diamond ini.

Warnanya coklat medium dengan bias greyish yang bikin warnanya tampak lebih kekinian dibandingkan Crystal. Ada sedikit aksen peach, tapi sedikiiittt banget. Di saya warna ini nggak bikin kulit saya kusem. Warna ini adalah favorit saya pada seri Purbasari Matte Lipstick.


82. Mirah


Purbasari Matte Lipstick 82 Mirah

Warna ini adalah warna fuchsia dengan bias ungu yang lumayan kenceng. Warna masa kini banget deh! Banyak bblogger yang suka sama warna ini, mau itu bblogger kekoreaan atau aliran western, kayaknya pada demen banget sama Mirah.

Tapi saya sendiri nggak suka. Nggak tau kenapa saya kurang begitu cocok dengan warna pink atau merah yang ada bias ungu-nya. Bikin keeluruhan look saya kelihatan menor gitu.


83. Piruz

Purbasari Matte Lipstick 83 Piruz

Yang ini warna mauve dengan bias kecoklatan. Saya selalu suka sama warna mauve dan grey untuk lipstik, jadi saya suka warna ini. Cuma sayangnya pas udah oxidise, warnanya jadi gelap banget. Kayaknya nomor ini adalah yang oxidise-nya paling parah dibanding nomor lainnya. Dan kalau udah menggelap, warnanya nggak begitu cantik lagi.

Saya suka mencampur si Piruz ini dengan Wet 'n Wild Megalast Lipstick yang Bare it All. Jadi warnanya sedikit lebih kalem dan kecoklatan, terus nggak gampang oxi juga.


84. Ruby


Purbasari Matte Lipstick 83 Piruz 84 Ruby

Warm tone red! Ini warna merah kesukaan saya. Kalau disuruh pakai lipstik warna merah, pasti saya memilih lipstik merah dengan bias oranye. Ya kayak si Jade ini, atau Sariayu DLC 03. Kalau Diamond adalah warna favorit saya untuk alternatif daily lipstick, kalau si Ruby adalah favorit saya untuk warna merah.



85. Safir


Purbasari Matte Lipstick 85 Safir

Safir ini agak bikin saya kecewa sih. Soale pas dipakai Reiny, dia jatuhnya pinky-fuschia cakep gitu. Tapi pas saya pakai dia lebih ke merah dengan bias pink. Mirip-mirip Sariayu DLC 04. Ya sekali lagi, warna lipstik memang jatuhnya bisa beda sih di bibir masing-masing orang.

Saya sendiri kurang begitu suka warna ini. Untuk warna merah, saya lebih suka merah dengan bias oranye dibandingkan merah yang cool tone.


86. Topaz 


Purbasari Matte Lipstick 86 Topaz

Topaz ini warna coklat tua, dengan bias peach. Saya biasa aja sih sama warna ini, nggak yang suka banget, tapi nggak benci juga. Lipstik warna kecoklatan gini juga bakalan jadi trend di tahun ini loh! Jadi nggak ada salahnya kalau punya stok lipstik warna coklat.


87. Zamrud


Purbasari Matte Lipstick 87 Zamrud

Zamrud ini juga batu saya loh! Maksudnya ada aliran yang bilang kalau batu keberuntungan saya adalah diamond, tapi ada juga yang bilang Zamrud. Saya sih suka juga sama batu Zamrud, karena warnanya hijau dan vokalisnya suaranya cadas.

Tapi untuk lipstik ini, saya biasa aja. Saya memang nggak terlalu ngefans sama lipstik warna keunguan. Tapi warna ini ya boleh juga dipakai sesekali, karena nggak bikin kulit saya kelihatan kusem.


88. Amethyst


Purbasari Matte Lipstick 88 Amethyst

 Awalnya saya paling pesimis sama warna ini, karena banyak blogger yang nggak demen sama warna ini. Tapi ternyata setelah dicoba sendiri saya suka. Ini favorit nomor tiga setelah Diamond dan Ruby. Suka saya pakai untuk alternatif daily lipstick juga.

Warnanya merah bata gitu, tapi aksen merahnya nggak begitu kenceng. Pokoknya dia warnanya anget deh, oranye gitu tapi nggak neon. Susah jelasinnya T.T. Banyak yang nggak suka sama warna ini. Saya nggak tau sih kenapa. Padahal cakep banget loh!


89. Jade

Purbasari Matte Lipstick 89 Jade

Dan terakhir adalah Jade. Ini warna pink medium agak kalem, dengan sedikit aksen peach. Di beberapa orang warna ini jatuhnya pinky nude dan kalem banget gitu, tapi di saya jatuhnya agak tua ^^. Bukan cuma warnanya yang agak tua, tapi saya juga ngerasa lebih mature gitu kalau pakai lipstik ini. Dan saya nggak begitu suka.

Kalau temen-temen pernah nyobain L.A. Girl Matte pigment Gloss yang warna Bazaar, nah Jade ini mirip sama si Bazaar, cuma Jade agak sedikiiittt lebih peach.


Kesimpulan
Purbasari Matte Lipstick ini memang teksturnya bagusss banget, boleh diadu sama matte lipstick lain dengan harga 8 kali lipat diatasnya! Ada kekurangan di packaging, tapi karena teksturnya yang super duper bagus dan harganya yang warbiyasak murah, menurut saya nggak penting amat kalau saya masih mau riwil soal packaging.

Keriwilan saya cuma satu sih, pilihan warnanya nggak ada yang nude, yang biasa saya pakai buat harian. Tapi kalau kalian oke-oke saja dengan pilihan warna di atas, atau pengen alternatif warna lipstik lain yang nggak nude, Purbasari ini HARUS dijadikan salah satu pilihan. Pokoknya cobain aja dah! Dan kaw akan jatuh cinta.


Harga: Rp 35 000,-

Buat yang komen di sini lebih murah, di sono lebih murah. Plis, jelas beda antara harga online dengan harga di toko kosmetik. Produk ini nggak selalu ada di semua kota. Jadi keberadaan OL Shop yang jual produk ini jelas sangat membantu, dan menurut saya harganya ya masih wajar! Jadi maaf ya saya nggak akan menanggapi komen yang banding2in harga :).

Catatan:
Tulisan dan semua foto pada post ini saya buat untuk online shop @beauty_jingga. Selain online shop @beauty_jingga, dilarang untuk mengambil gambar pada post ini tanpa seiijin saya dan owner @beauty_jingga.
Tolong saling menghargai aja yah sesama online shop. Thanx!

128 comments

  1. Warbyasah! :O

    Btw, Jade di mb.Arum nggak bikin keliatan tua kok mbak. Tetep caem :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Difoto semua tampak cakep nind. Tapi di dunia nyata ku tak pede :(

      Delete
  2. Aku juga paling demen sama Diamond mb! Topaz juga suka eh Piruz juga suka XDD yang Ruby di mb.Arum jadi cakep banget ya merahnya langsung cling-cling gitu di muka.

    Berharap banget si Purbasari ngeluarin warna-warna baru *0*

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeetttt! Coba dia ngeluarin warna nude ya ^^
      Eh tapi nanganin produksi yang sekarang aja kewalahan apa kabar mau nambah warna :D

      Delete
  3. Punya pengalaman lucu nih mbak, kan di sini juga langka ya Purbasari, walhasil pas masuk supermarket nemu sebiji apalagi pas diskon asal mau nyomot aja. Eh gak tau nya diterikin sama SPG nya, mbakkkk itu pesenan orang jangan diambillll, wahdalah sajake lagi kurang beruntung :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa rebutan sembako yhaaaa. Hahahahaa... Temenku cerita dia rebutan sama pembeli lain pas di guardian, nomer 88 stoknya tinggal 1. Sampek penteleng2an ala sinetron gitu. Mwahahahaha

      Delete
  4. Di kulit kuningku yang kuningnya banget2an, semua warnanya jadi gelap vampir dan membuat kusam, Mbak. Yang paling masuk akal cuman 88. Di Mbak Arum 83 sama 89nya bajusss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa diakalin kok ini. Di campur aja sama lipstik yang lebih pale warnanya.

      Delete
  5. dimarahin karena beli lipstick terus tapi komennya di socmed mu? Jawab aja: DERITA LO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakkkk, nggak bisa gitu! Nanti aku di bully kayak kak Prilly. Terus udah gitu dijadiin bahan tulisan buat #SassyThursday. Aku nggak kuat khak. Nggak kuat!!!

      Delete
  6. Aaaaaa senangnya punya semua warna.....

    ReplyDelete
  7. Ses, aq tuh ga suka lipstick matte jd td nya ngga tertarik sm Purbasari yg ini, tp pas liat di Guardian lg sale jd 25rb an... Borong juga seh -___-. Tp blom d cobain wkwkwkwk. Btw ngakak bagian Prilly2 itu, aq td nya ga tau dia siapa tp gara2 video itu jd penasaran n ngikutin. Ababil bgt gak sih, dah gitu dia nyolot bgt d IG nya wkwkwwkk. Gmn yah, namanya jg arteis, ketauan ngatain keluarga org lain dgr kasarnya at least blg sorry gitu bukannya malah nyoloh #akhirnyagosip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tadinya nggak suka ses. Tapi belakangan demen ngoleksi gegara banjir racun di sosmed. Tapiii yang dipake harian ya tetep aja yg glossy2 ^^.

      Gara2 komen ini aku jadi stalking IG kak Prilly. Yang dimana sih ses yang nyolot? #kepo

      Delete
  8. Oh ya mau nambahin, aq baru sadar kalo Purbasari itu shade nya ada warnanya loh, soalnya org2 sll heboh nyebut angka2 doank wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaa. Dan aku suka pusing kalau ditanya nomor. Aku nggak begitu hafal nomor. Orang2 itu kok pada cerdas amat sih bisa ngafalin nomor.

      Delete
  9. Sebagai pemburu gincu ini, aku gak bisa berkata-kata liat purbasari punya nya Mba Arum Lengkap bangetss :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo lebih semangat berburu. Colek mbak @beauty_jingga tuh loh buat nemenin berburu biar cepet lengkap. Hahahaa...

      Delete
  10. punya mb arum lengkap bangeeeettt TT sama nih bibirku juga pinggirannya item. tricky kalo nyari listip. walhasil nyx smlc yang bisa dipake cuma monte carlo ke atas /syedihhh

    fix nih mau beli piruz sama ruby. jade-nya masih mikir2 dulu. udah banyak punya listip mirip warna itu :/

    xx http://tanaditya.co.vu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piruz oxinya kebangeten loh tapi. Jadi dicoba dulu ajah.

      Delete
  11. Mbaak, aku naksir warna piruznya.. Cakep, warnanya kayanya wearable banget buat sehari-hari ataupun ngantor.. :D :D

    ReplyDelete
  12. Aku baru punya 1 yang no.90 Diaku hasilnya bagus, tapi jadi coklat orens gitu. Nggak pale, nggak bold juga. Kayanya kalo mau beli mesti coba tester dulu deh biar lebih yakin sama warnanya. Itu piruz sayang banget ya oxi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, aku juga menyayangkan banget si Piruz ini. Padahal warnanya kalau belum oxi sebenernya favoritku banget

      Delete
  13. setuju ses, yang 89 mirip sama bazaar hehe
    cakep semua kok warnanya di ses arum.
    setuju juga, mekap dan barang kesenangan lain emang enaknya beli pake duit dari kocek sendiri. Tp yah kalo didukung cantik yah syukur ya, apalagi suami inisiatif nyenengin istri...jadi kalo semisal sampe suami ikutan protes apalagi marah kalau aku mau tampil cantik dan kece, errrr jangan sampe deh bisa kzl bgt gue haha...

    sekian dan sori komennya rada gaje :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa...suamiku nggak pernah marah lah ses. Kan beli juga pakek duit sendiri, nggak minta minta :D. Aku nggak ngarep sih dikasih hadiah. Seneng dikasih hadiah bukan karena barangnya, tapi lebih karena inisiatifnya. Jadi kalau soal barang yang aku pengen, ya aku usaha sendiri nggak bakalan minta :D.

      Sesss, selamat atas kehamilannya :3

      Delete
  14. Aku bukan yg termasuk penyuka lipstik ini, lbh suka tipe yang spt lipbalm, pdhal udah sempet punya sebelum purbasari jd nge-hits, akhirnya dipalak adekku deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks, aku pakai yg ala ala lipbalm jelek banget je ses. Pinggirnya keliatan banget item :(

      Delete
  15. Nama dan zodiak kita bisa samaan gini ya mba apa mungkin kita berjodoh LOL salah fokus :D

    ReplyDelete
  16. 81 dan 90 memang beti beti warnanya, mau beli 81 jadi gimanaa gitu..
    Btw mba Arum buat postingan hair routine dong! keliatanya shiny n gampang di atur, me waant >w<

    suika-lovers.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda kok. Beda banget.

      Rambutku sebenere frizy banget. Cuma selalu aku catok. Kalau enggak bener2 nggak karuan bentuknya ><

      Delete
  17. Punya akohhhh belom lengkap kakak huhuhuhuuhu. Eh, waktu itu yg aku beli masa di sekitar kemasan dalemnya banyak sidik jari gitu hihihihi sebel banget kan ya huhuhuhuu. So far aku coba baru yg 06, yang lainnya menunggu dulu sampe temen - temennya yg lain kumpul hahahhahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kamu cerita waktu itu di WA. Aku sampek parno pas nerima lipstik ini. Jadi begitu nerima aku langsung liat satu persatu. Untung amaaannn :)).
      Semoga cepet lengkap yaaaa. Syukur2 ada yang nyeponsorin Vani. Ihiy!

      Delete
  18. Saya doang kali ya mbak yang nggak suka sama Purbasari Lipstick Matte ini haha. Udah coba tapi nggak demen, nggak tau juga kenapa, masih lebih suka Wardah Matte kalo di range harga segini. Kalo Wardah Longlasting sih jangan tanya, jelek banget di bibirku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang nggak suka matte lipstik mbak :D. Kalau wardah matte kan namanya doang yang matte, tapi hasilnya satin. Mwahahahaa

      Delete
  19. ya ampun Kak.. Suka banget sama yang Safir dan Jade,
    Walaupun saya ngga tau pantes apa ngga pake lipen gonjreng, Tapi saya PD PD aja, karna udah demeeen banget sama warnanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting hati senang khak! Kalau udah seneng dan pede duluan sih aku rasa warna apapun bakalan cocok kok :3

      Delete
  20. apakah hanya saya yang merasa yang ngeswatchnya makin caem dengan rambut ala jem-

    ReplyDelete
  21. punya 83 85 88 89 yang fav 89 sama 88 ^^

    ReplyDelete
  22. Aku maju mundur cantik nih mau beli ini. Abis warnanya bold abis #PencintaNudeLipstickGarisKeras

    Etapi, 81, 83 sama 87 kece juga ding.

    Kak sekarnya juga gak kalah kece dari kak prilly.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa. Akupun pecinta nude banget bangetan :(.

      Kyaaaa...makasih. Fix besok aku ikutan ah kaau GGS open casting.

      Delete
  23. Aduuuhhh.. jadi pengeeeeeeennnnn punya semuaaaaa xD

    ReplyDelete
  24. Warnanya cakep2 gitu d kmu ses.. Haduh aq jg jadi penasaran.. =)

    ReplyDelete
  25. Diriku udah punya 5 shade dari 10 shade yang tersedia. Pengen coba yang nude macam 81 ato 90 tapi takut pucet (btw, aku termasuk yang jago ngapalin nomor si purbasari daripada nama shade nya >.<)

    http://tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pucet kok.
      Wah kamu cerdas bisa apal nomor :D

      Delete
  26. hai mbak arum..kamu cocok banget deh pakai yg nomor 88 amthyst, aku juga punya nmr 88 ini orangenya gak gonjreng kaya orange pop Make over,di kamu warna pirus bagus yah, tapi sm aku jelek deh..hehe, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku suka banget Amethyst. Piruz bagus banget, tapi kalau udah oxi yasalam. Hahah.. Salam kenal.

      Delete
  27. Dr dulu pingin nyobain yg piruz gara2 liat swacth nya mb arum di IG. Tapi sekarang kok jd kesengsem sm topaz juga ya? ngomong2, kenapa aq ngrasa si crystal cantik2 aja di pake mb arum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cristal cakep di foto doang. IRL bikin kulitku kusam. Huhuhu...
      Topaz bagus kok. Oxinya nggak separah Piruz

      Delete
  28. Idiiiiiw jadi naksir yang 81/Diamond masaaa! Racun dah emang!
    Kemaren pas lagi berburu dan pada kosong dimana2 itu sempet nemu di satu toko nomer 81, tapi ga dilirik soalnya nampak pucet. Dan aku emang cuma nyari 83/Piruz doang mau repurchase, because ini favorit aku banget nget nget nget. Bibir aku pucet dan aku cinta sekali sama si piruz ini. Aku engga ngerasa oxi ato apa sih tapi, mungkin karena bibir aku kelewat pucet jadi makin menggelap malah makin bagus kali ya. Kayaknya besok mao balik lagi ke toko itu buat nyatronin si diamond deh <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piruz kalau udah oxi jadinya vampy banget nggak sihh? Hihihi...iya Diamond bagus banget loh! Kaporit aku banget!

      Delete
    2. Di aku sih engga, seketika berasa mirip @cassiemasangkay kalo pake piruz tuh #ngarep

      Delete
  29. Sebagai pecinta pink dan turunannya aku belum coba jade sama mirah nih hmmm eh btw si diamond itu fav aku jugaaaa...padahal biasa aku gasuka nude coklat2 gitu. Diamond purbasari aja aku suka kaaaak apalagi diamond berkarat karat itu lhooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reiii, aku juga sukak yang diamond berkarat-karat ~~~~ :)))

      Delete
  30. Hampir punya semua kecuali yang warnanya mirip-mirip \(^o^)/ belinya karena keracunan reviewnya Kak Arum jaman dulu haha, waktu beli juga harganya masih 25ribuan :P

    Kalau saya favorit banget sama yang pirus, mirah, dan safir terutama Pirus kalau di saya jatuhnya jadi mlbb dipake sampe abis. Kebalik bgt ya Kak hehe
    Yang Jade jatohnya jelek banget di saya, kering dan chalky banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu 23 ribu malaahhh. Yah, tapi dia sekarang naik harga. Maklum naik pamor :D.

      Wah, Mirah banyak yang suka, soalnya warnanya memang kekinian banget. Sayang aku nggak cocok. Iya jade juga jelek jatuhnya di aku :)

      Delete
  31. kemaren kemaren ragu banget mau beli ini lipstik karena takut kering di bibir, tapi baca review nya kak arum kayaknya aku beli deh

    ReplyDelete
  32. Bagus lho..tp mirabella colorfix juga bagus dan lebih ga transfer2

    ReplyDelete
  33. Kaak, kalo warna kulitku sawo matang gitu kira2 cocok ngga ya make piruz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba sendiri kak. Saya nggak mudeng ^^

      Delete
  34. Hi mb arum salam kenal yaa.. ��
    Baru tau lipstik ini booming . hehe bukannya harganya cuma 20-25k kah ? Biasa beli di konternya segitu . entah sekarang msh ada apa ga sih gatau hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah susah cari di konter saking boomingnya :D

      Delete
  35. Baru punya 1 warna yang no 85, itupun rada gonjreng di aku jadi jarang di pake hihi... Pengen coba beli yang no 90 ah nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 85 memang gonjreng. Tapi setelah dicoba-coba cakep juga buat bikin look ala ala 50'an

      Delete
  36. Aku punya yg crystal, aku simpen di tas, lama ga dipake. Pas mau pake, baru dibuka tutupnya, lipennya loncat donk.. Wkwkwkwk pedahal belon diputer. Nasib, lipen semata wayang bubar.. 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahh... :(. Untung purbasari doang yah. Lagsung beli lagi. Coba MAC. Nangis dulu :D

      Delete
  37. Mbaak, lha kok Piruz wapikkk T___T
    Iya bener ini lipennya di kulit setiap orang beda-beda. Udah praktek sama 4 temen kantor termasuk aku, pake nomor 90. Aku paling gonjreng sendiri :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piruz apik sayange oxi. Huhu...
      90 di aku juga agak gonjreng

      Delete
  38. Lengkap banget shade-nya Mbak Arum hiikkksss, jadi pengen beli semua shade juga *eh* *kekepin dompet*

    btw yang crystal cakep di dirimu loh Mbak, yang Ruby jugaa. Langsung bersinar cetar membahana deh kalo pake warna merah gini X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok koleksiii. Murah ini :D

      Aku nggak suka crystal. Ira rubynya cakep

      Delete
  39. Hai kak..apakah kaka waktu pake lipstik purbasari, apakah bibirnya jadi kering kerontang pas dipake?? Kaya ngelupas2 gitu?? Aku ko ngelupas gitu ya.. Oh iya rekomendasi dong buat aku yang wajahnya kuning langsat bagusnya no berapaa :) dan bibirnya gelapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kering kok. Sudah ditulis di review kalau nggak kering :)

      Delete
  40. Kakk saran dong buat bibir gelap sm kulit sawo mtg juga itu cocok pake yg mana ya? buat kuliah pokoknya daily gt. Aku udh coba la.girl tp salah pilih warna, warna nya pink terang gt,jd nya konyol bgt sm kulitku kak. hikzz. Kalo purbasari itu cocok yg mana buatku kak ? Balas ya kak hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau
      Jangan konsultasi
      Aku bingung jawabnya :(

      Delete
  41. Di bandung lagi susah cari warna nya nih .. Padahal pengen bangetttt ngetttttt sampe k bawa mimpi XD hehe

    always read your blog mba .. Fans cerita nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesen aja di beauty_jingga udah. Cepet dia sampenya :D

      Delete
  42. Sis kalo buat anak sma itu shade yg bagus yang mana ya? Aku jg kolektor gincu nih sebenernya masih ada di rumah banyak tapi pengen beli purbasari ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak sma nggak cocok pakai lipstik apapun sis :(

      Delete
  43. Seneng baca review ini,, thx sis
    Dikota saya dpt 2 toko yg jual tpi harga bisa beda 5ribuan lebih...plg murah dpt 29rb.. bru dpt 2 warna 85 n 83 nihh..bsk mau hunting lagi..jatuh cinta bgt sama lipstik ini... kmrn di rayu sama BA merk lain dibilang nti kering loh dll dll... hihi aq senyumin aja deh.. 😍

    ReplyDelete
  44. Eh tryta dpt 84 yg ruby bukan yg 85.. bsk pgn hunting yang 81 🙆

    ReplyDelete
    Replies
    1. BA merk lain mainnya blekkempen yaaaa. Jahara :))
      Aku...nggak apal nomer. Diamond bangus loh. Sama Ruby dan Piruz.

      Delete
  45. salam kenal mbak......makasi buat infonya...
    jadi pengen nyoba pake lipstik tapi akunya ngak pede,,,hiks

    ReplyDelete
  46. Salam kenal sis arum... ^^
    Pertama banget tau purbasari ngeluarin lipstik (n prentilan make up lainnya) ya baru pas awal puasa kemarin, ceritanya main ke tempat mbak sepupu, lha si mbak make si purbasari ini.. cuma bisa bilang 'purbasari mbak? Ada ya lipstiknya?' udah suuzon aja takutnya merk abal2.. hahaha yg kebayang purbasari cuma lulurnya doang..
    Lha terus si mbak bilang justru bagus banget di bibir, lagi hits banget di kalangan bbloggers n di aeon mall lagi diskon jd cuma 28rb sajah.. masih ngga bergeming aq karena masih punya lip palette nya wardah.. blm kepikiran belanja lipstik lagi (walau jujur wardah ngga terlalu bagus juga jatuhnya di bibir, bener kata sis arum, bikin kering n gampang ilang banget, udah gitu klo udah lama di bibir bakal jadi putih2 gitu di sudut bibir >~<)
    Tapi begitu sampe rumah.. perkataan si mbak terngiang2 membuat penasaran... pas browsing2, blognya sis arum yg paling atas diantara deretan bblogers.. yo wes tak buka... wealah.. ko warnanya caem2 banget di sis arum... bingin ngiler punya..^^
    Lamgsung kontak si mbak buat minta tolong nyariin di aeon mall, walaupun resiko barang nyampe ke tangan nanti pas lebaran (ndengerin sis arum yg katanya susah nyarinya dimana2 ^^).. awalnya pengen yg piruz n diamond.. tapi mikir2 lagi soal oxi.. so pilihan terakhir jade n diamond deh.. karena belom berani pake lipstik warna gonjeng.. dan begitu lebaran barang nyampe di aq langsunglah aq coba.. pertama yg jade dulu karena khawatir ky kata sis arum yg bikin menor, tenyata bagus banget di aq.. walau masih belom berani pake tebel, so klo pake jade aq ombre in sama wardah yg warna pucat (lupa no berapa).. hasilnya wooooow.. favorit n selalu dipake.. klo diamond mah jangan ditanyalah ya ke okeannya.. warna sehari2 banget...

    Makasih ya sis arum yg sudah menginspirasi... maaf say g punya blog makanya anonim gini...
    Tapi ada ig klo sis berkenan mampir ^^ @diamondgoldenflower

    ~Dyah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahahaa makasih yaaa udah berbagi di sini :3.
      Iya, favoritku juga jade & diamond

      Delete
  47. Halo Mbak sis Arum salam kenal :)
    Blog review kamu berguna sekaliiiiii :))) Bibir aku tuh atasnya item gitu jadi kalo pake Lipstick harus gonjreng gonjreng kalo engga yhaaaaa jadi belang. Tapi akunya penasaran bgt sama Diamondnya Purbasari. Ealaaaaah pas beli ternyata langsung jatuh cintaaaak! di pake dibibirnya rata ga jadi aneh. Aaaaa cuanet pokoknyah! Makasih ya Mbak sis atas review Purbasari Matte nya ❤

    Btw aku tetep beli no.82 yang hits itu juga sih wkwk

    -Damis- @damischyntia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :3
      Akkk iya sama. Bibirku juga pinggirannya item dan Diamond cuanet sissstt.
      Warnawarna barunya purbasari juga cu cu lhoo. Tunggu swatch aku yha ;)

      Delete
  48. Salam kenal mba, aku new blogger dari Tasikmalaya :)
    Aku juga pake yang diamond, dan aku suka bangettttttttttt

    di tasik harganya 27rb lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mb Rani :3
      Diamond kesayangan kita smuah :D

      Delete
  49. Mba arum..
    oxidise itu apa..??
    Hhe..
    soalnya aku pakai yg 83 itu jatohnya jd coklat gitu,
    Apa itu yg d maksud oxidise ya?
    d tunggu swatch barunya ya mba..
    Makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya menggelap setelah beberapa saat :)

      Delete
  50. Saya kena racun mbak arum ... :p punya 4 yaitu 81.84.88.89 semua saya suka ;)

    ReplyDelete
  51. Sama mba aku jg pake jade jadi keliatan tua di muka aku wkwk. Pingin nyoba ruby :)) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Purbasari yang baru, ada nomor 95. Mirip Jade, tapi entah kenapa kesannya fresh di muka, nggak tua :D

      Delete
  52. jade ama diamond keceee bangeeet

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
  53. Thanks banget review nya mbak, aku dititipin ibuku sebenernya nomor 86 tapi aku lupa akhirnya aku beliin warna 88 amethys dan bener kata mbak arummm baguss banget warnanya...Mbak arum review & swatch 5 warna terbaru purbasari dong yang nomr 91-95.. kayanya kece2 dan rekomendasiin mbak mana yang kece di mbak arum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Amethys bagus yah ;).

      Sudah kok. Sudah agak lama malah aku review yg baru ^^

      Delete
  54. Adakah purbasari yg varian nggak matte mbak? Namanya apa mbak? Dan apakah juga sama seperti matte-nya yang nggak bikin bibir kering? Makasih mbak

    ReplyDelete
  55. Hai mbaak. Aku lagi pengen bgt berburu ini huhu :( selama ini baru make yg Jade dan suka bgt teksturnya jadi pengen nyari yg warna lain. Anyway, makasih bgt ya mbak review nya, amat sangat membantu. Aku udah bolak balik baca review nya tapi masih belum menemukan jawaban dari kebingunganku😭

    Jadi mbak, aku lagi pengen nyari lipstik yg shade ungu gitu. Kemaren nyobain Mirah daaan gak begitu suka warnanya karena aku jadi keliatan jahat gitu mukanya :(
    Terus tertarik pengen beli yang Zamrud atau Opal, tapi bingung mau yg mana. Kalo menurut mbak sendiri, mbak lebih suka yg mana ya? Kenapa? Perbedaannya mereka berdua ini apa ya mbak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Opal lebih vampy gitu. Jadi kalau nggak suka yang "kelihatan jahat" kayaknya jangan beli yang Opal :D. Tapi cakeeeeppppp si Opal nyesel kalau ngga beli uhuhuhu

      Delete
  56. Sdg pakai yg 81 Diamond. Enak bgt! Dibanding coklat grey d bibir sy jatuhnya mlh jd coklat peach merah bata gt. Suka bgt sm tekstur n wanginya. Bahkan lbh suka Purbasari dibanding Wardah yg baru itu, yg Intense Matte Lipstick. Sama, mbak, sy jg ga pede pake warna2 gradasi pink merah ungu. Jd skrg sukanya pakai yg merah bata, coklat, atau sekalian nude.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, serius jadi merah bata? Kok cakeepp :D. Iya kaupun lebih suka si Purbasari.

      Delete
  57. aku suka banget yang jade sama diamond cuma dua itu yang selalu dibawa kemna-mana.


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  58. Mbak arum aku beli seri crystal...jadi agak pink di bibirku... 😅😅

    ReplyDelete
  59. Aku suka Diamond juga mba. awalnya liat di guardian stoknya dikit, dan aku pun tertarik. karena ga suka warna selain coklat, aku cari yg coklat. eh adanya cuma diamond, jadi langsung beli aja (di balikpapan ga ngehits2 amat si tren2 beginian jadi ga pake drama). Ternyata abis dicoba di rumah bagus loh. Yg ngaruh ke warna lipstik itu sebetulnya warna kulit ato warna bibir si mba? Kalo dr kulit si harusnya saya cocok aja, tapi kok di bibir kurang terang gitu. Biar bibirnya masuk warna apa aja diapain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lipstiknya tipe yang pigmented sih harusnya warna bibir nggak pengaruh. Kan ketutup, kayak tembok dikasih cet.

      Delete
  60. Bgus bgt mb review nya...like this pokoke

    ReplyDelete
  61. Suka banget sama purbasari ini, memang bagus" dan cantik" banget warnanya, bikin pengen punya semuanya banget! Cuma kulit aku warnanya kan kuning langsat gtu, aku lebih suka nude daripada bold gtu, beberapa warna takut agak bold...

    https://allenglory.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  62. Mbak.. Lips nya tahan air tak? Tahan berapa lama?

    ReplyDelete
  63. Ada rasa penyesalan euy beli no 83 bner2 oxi
    Akhirnya aqu beli no 81 so nice dibibir aqu ga pucet juga koq

    ReplyDelete
  64. Setelah baca ini, aku baru tau setiap warna ada namanya (orang yg ngapalin warna pake nomer) ^^a

    Beberapa hari lalu aku ganti lipstick dari wardah longlasting ke purbasari.. dan aku tidak menyesal.. :v

    Aku beli Crystal sama Amethist dan sukaaa banget sama warnanya ��

    Setelah baca review ini aku tertarik sama warna ruby utk koleksi lipstick warna merah.. Warnanya menggoda sangat kak ��

    ReplyDelete
  65. Kalo buat kulit kuning langsat bagusnya warna diamond atau crystal?

    ReplyDelete
  66. Kalo buat kulit kuning langsat bagusnya warna diamond atau crystal?

    ReplyDelete
  67. Mbaaak arum, ini juga produk lipstik yang dari tahun 2016 sampai sekarang masih sering repurchase. Awal mau beli purbasari matte lipstick, aku baca dulu review mbak arum. Sampai warna-warna yang menurut mbak arum bagus itu aku coba satu satu, dan ya emang selalu cocoq giduuu. Makasih yaa biyuti blogger panutankuuu :*

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.