Tuesday, September 19, 2017

[Review] Sensatia Botanicals Acne Clarifiying Facial Cleanser, Sabun Jerawat Andalan


Kalau kamu pikir mikirin jodoh yang tak kunjung datang itu adalah permasalahan hidupmu yang paling pelique, saya punya permasalahan yang lebih pelique. Yaitu permasalahan kulit. Kulit saya kering tapi gampang berjerawat, Gimana? Cukup pelique bukan?

Serba salah hidup saya dengan permasalahan ini. Kalau mau pakai skincare anti jerawat, biasanya skincare tersebut mengeringkan kulit. Tapi kalau mau didiemin aja juga saya ngerasa berdosa. Kayak bunda-bunda yang merasa berdosa kalau nggak menuding Awkarin dan Young Lex sebagai perusak moral anak jaman now. Padahal kan nggak bisa kita menyalahkan yonglek saja. Ada banyak faktor, Bund! Termasuk faktor kalau Bunda biasa ngomong kasar di akun hater Ayu TingTing, lalu kenapa Bunda marah ketika anak Bunda ngomong kasar juga? Siapa tau anak Bunda bukan meniru Yonglek tapi meniru Bunda?

Oke, skip soal Yonglek. Ini bukan Besok Siang.

Sama seperti Bunda yang mulai memperhatikan Younglek, saya juga mulai memperhatikan apa-apa yang nemplok di muka saya sejak kulit saya gampang jerawatan. Yang saya paling notice sih, saya nggak bisa pakai sabun muka yang terlalu wangi.

Baca juga: Skincare Routine Untuk Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Tapi nggak semua sabun wangi juga bikin masalah di kulit saya. Tapi ya buat menghindari sih, saya memang selalu cari sabun yang parfume free kalau bisa. Saya juga menghindari kandungan SLS dan SLES. Soalnya kan kulit saya jerawatan malah pas saya masuk usia 30. Jadi mungkin ini jerawatnya merupakan reaksi karena kulit saya jadi lebih sensitif. Semua bahan yang iritant mending saya jauh-jauhin. Termasuk kamu-kamu yang suka komen kasar, slut shaming sama body shaming. Iritant di mata dan hati. Gitu.


Pencarian saya sampai kepada Sensatia Botanicals. Jujur, saya memang agak termehek-mehek sama brand ini. Saya suka branding dan kemasannya yang terkesan alami namun luxurious. Ini produk lokal lho, produk Bali tepatnya. Sayangnya di luar Bali, produk ini susah sekali di temui. Konon ada di AEON, tapi saya nggak pernah nemu wujudnya. Jadi kalau mau beli harus online di website-nya: www.sensatia.com atau di sephora online. FYI, saya kurang suka web-nya. Kurang informatif. Nggak ada keterangan ingredient produk secara lengkap di web-nya. Jadi saya juga agak nggak sreg kalau mau beli online untuk produk yang belum pernah saya coba sebelumnya.

Nah, Sensatia Botanicals Acne Clarifiying Facial Cleanser ini konon adalah best seller-nya. Selain yg tipe Acne Clarifiying, ada juga yang tipe Unscented Soapless yang saya pengen nyoba tapi lom beli-beli.


Mong-omong kalau lihat daftar ingredient-nya, cleanser ini cukup padat dengan bahan aktif alaminya. Jadi nggak kebanyakan bahan campuran nggak penting kayak parfum dan deterjen. Untuk Sensatia Botanicals Acne Clarifiying Facial Cleanser ini basisnya adalah Aloe Leaf Juice, yang ditambahkan dengan kandungan jojoba oil, tamarind extract, ekstrak gotu kola, green clay dari Perancis, dan kombinasi tea tree, lemon, serta peppermint essebtial oil. Ya intinya bahan-bahan alami yang membantu masalah kulit berjerawat lah.

Karena ini soap-free alias tanpa SLS dan SLES, jadi ya sabunnya nggak berbusa. Kalau pernah pakai Cetaphil Gentel Skin Cleanser, teksturnya semacam itu lah. Kayak lotion agak gel-ish cem umbel, dan nggak berbusa. Berbusa ding, tapi duikiiitt banget lah kayak busa nggak niat.

Cara pakai ala saya, merujuk pada artikel cara memaksimalkan fungsi sabun muka yang pernah saya tulis sebelumnya:
  • bersihkan wajah dengan first cleanser (kalau pagi nggak usah)
  • tuang Sensatia Botanicals Acne Clarifiying Facial Cleanser, dan oleskan pada wajah yang BELUM dibasahi air. Kayak ngoles milk cleanser itu lho.
  • pijat-pijat ringan ke seluruh wajah. Tapi kalau lagi berjerawat, jangan dipijat ya, ntar malah radang.
  • bilas dengan bersih.
Baca juga: [Skincare routine] Cleanse, Exfoliate, Mask

After taste setelah cuci muka tetep kerasa bersih kok. Kalau saya bilang sih rasanya lebih bersih dari Cetaphil dan bikin muka nggak kusam. Pokoknya terasa bersih, seger, tapi kulit juga nggak kering dan ketarik. Aromanya juga enak banget, aroma khas rerempahan yang segar. 


Saya pakai ini setiap menjelang menstruasi atau pas muka jerawatan aja. Jadi nggak setiap hari saya pakai. Cuma saya pakai untuk pencegahan dan pengobatan pas jerawatan. Soalnya ya itu tadi, belinya susah. Ini aja punya saya udah mau habis jadi saya harus beli lagi.

Yang bikin saya suka sama sabun muka ini adalah: dia efektif banget mencegah dan mengurangi jerawat. Nggak bekerja kayak mejik gitu sih, tapi bener-bener kerasa kalau pas PMS pakai ini, jerawat nggak meradang banyak atau kalau pas saya beruntung kadang bahkan kadang nggak numbuh jerawat sama sekali. Kalau pas jerawatan juga rasanya enak, adem di jerawat yang senut-senut dan nggak bikin jerawat tambah meradang.

Nilai plusnya lagi, sabun ini soap-free dan parfume-free, nggak bikin kulit saya alergi dan kering. Sebenernya kalau Sensatia Botanicals gerainya ada dimana-mana, saya nggak keberatan pakai Soap-free Cleanser-nya untuk daily. Karena memang bagus banget.


Kekurangannya, menurut saya ini kemasannya nanggung sih. Kalau mau buat stok kurang gede, tapi kalau mau dibawa traveling ya kegedean. Kalau boleh ngasih saran ke Sensatia sih, bikin kemasan kecil untuk traveling, dan juga kemasan besarnya (600ml mungkin?) dengan pump untuk di rumah.

Soal harga, menurut saya masih terjangkau sih. Rp.120.000,- untuk 220 ml. Ya mahal kalau dibanding sabun harian saya, Hada Labo Gokujyun Facial Wash yang cuma Rp.14.000/ 100ml. Kalau Sensatia itungannya per ml Rp.545,45. Kalau Hada Labo per ml Rp.140,00 aja. Tapi melihat efektifnya menangani kulit kering tapi berjerawat saya sih, saya nggak masalah juga pakai ini terus.

Baca juga: [Review] Hada Labo Gokujyun Set

6 comments:

  1. Alhamdulillah semenjak saya membaca blognya mb arum dan mengenal yg namanya"beauty blogger" dan sebangsanya, saya eman2 kalau mau ngomong kasar (walau kadang sering kilap) karena saya sayang lipen saya kalo lambe saya bicara kasar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilaaahhhhh!!! Yha. Jangan ngomong kasar di sembarang tempat ya. Sudah saya siapkan wadah --> Besok Siang

      Delete
  2. Sangat pelique 😅 infonya sangat membantu qaqa 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu. Semoga kelak bisa mengurai kepeliquean ini.

      Delete
  3. mbak arum, dirimu tahu kabarnya mba lintang yang suka bikin DIY itu gak? aku kangen sama postingannya T,T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak tahu. Iya ya dia lama ngga update ^^

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...