Monday, January 9, 2017

2016 Dalam Kenangan


Hai gaes,
gimana kabar kalian di tahun 2017? Saya agak kurang sehat, sedikit kegemukan, tapi tetap awsome dan mempesona luar biasa.

Akhir tahun 2016 kemarin saya mendapat pukulan luar biasa, yaitu kehilangan seorang sahabat dekat yang udah seperti keluarga sendiri buat saya dan suami. Saya jadi ingat akhir tahun 2014, saya kehilangan eyang putri saya. Sedih banget, tapi ya beginilah hidup. Kematian adalah sesuatu yang nggak mungkin bisa dihindari. Yang bisa kita kendalikan adalah perbuatan kita selama kita hidup. Jadi, sudah berbuat apa kita selama hidup? Jangan-jangan hal besar yang kita sudah lakukan cuma nyetatus tebar-tebar kebencian di facebook? Hmm...jangan sampai ya. Yuk berkarya!

Awal tahun 2017 juga saya mendapat semacam "teguran", berupa kondisi badan saya yang nge-drop war byasah, sampai harus opname di rumah sakit. Ini debut saya opname dan di infus, gaes. Rasanya nggak enak banget. Amit-amit deh, nggak lagi-lagi. Ini jadi teguran tersendiri buat saya untuk lebih jaga kesehatan. Bukan cuma kesehatan saya, tapi juga kesehatan keluarga saya: suami, Jimbeam, Lilly. Gara-gara terlalu sibuk, saya akhir-akhir ini memang nggak pernah masak dan sering telat makan. Tahun 2017 saya harus luangkan waktu untuk masak deh!



Yang bikin setres sebenernya bukan sakitnya, tapi efek dari sakitnya. Bapak dan adik saya nuduh Jimbeam dan Lilly yang bikin saya sakit. Pas masih di rumah sakit, di grup WA ada omongan mau ngasih Jimbeam dan Lilly ke orang. Saya beneran stress dan marah banget pas itu. Sampai saya nangis di rumah sakit. Susternya juga bingung kenapa saya nangis-nangis aja. Tapi ya masa saya mau cerita: "kucing saya mau dibuang, Sus." Kan aneh..

Makanya saya bertekad harus sehat! Nggak boleh sakit lagi. Demi Jimbeam dan Lilly. Demi keutuhan keluarga kecil saya #sikap.

Ngomong-ngomong resolusi, udah sih, resolusi saya satu itu aja. SEHAT! Masak, makan teratur, olahraga, dan jangan memaksakan diri. Kalau udah overload ya jangan sok-sok-an nerima kerjaan, Rum! Ini pun saya nulis masih setengah teler karena obat. Hakhak #bandel. Cuma nulisnya dikit kok. Karena tulisan ini sebenarnya sudah di-draft sebelum saya sakit.


Untuk mengawali 2017 ini, saya mau bikin semacam flashback peristiwa 2016. Karena memang banyak peristiwa menarik tahun 2016 kemarin. Mungkin juga peristiwa-peristiwa di bulan desember 2016, dimana beberapa teman (mmm...sudah bukan) bikin status dengan nada kekerasan dan kebencian di facebook, adalah salah satu pemicu saya sakit ya? Stress gitu. Orang-orang yang saya kenal baik ternyata enteng aja nyetatus "bakar, gantung, bacok, usir, dll". Sedih banget ya?

Dalam dunia makeup, local beauty brand juga banyak membuat gebrakan pada tahun 2016. Banyak brand baru bermunculan, banyak produk baru berupa matte lip cream yang dirilis, dan untuk brand lama yang sudah punya lip cream, mereka banyak mengeluarkan warna-warna terbarunya.

Highlight saya untuk brand Avoskin dan Mineral Botanica yang menjadi pendatang baru paling bersinar tahun 2016. Avoskin masih bermain di area premium skincare dengan kualitas yang bagus. Untuk 2017, Avoskin fokus mengurus penjualan offline di beberapa drugstore dan supermarket, serta kabarnya nih akan mengeluarkan lini makeup ;). Sedangkan Mineral Botanica, 2016 kemarin memang membuktikan diri sebagai brand lokal yang terdepan dalam inovasi produk. Selain merilis 10 warna lip cream terbaru, untuk pertama kalinya produk lokal, diwakili oleh Mineral Botanica, mempunyai BB Cushion, Micellar Water, dan Brush Set. Mineral Botanica juga mengeluarkan lini profesionalnya yaitu Mineral Botanica Studio Series.

Terus saya juga mengucapkan selamat datang untuk beberapa brand lokal yang rilis di tahun 2016, diantaranya: ESQA cosmetics, Rollover Reaction, BLP Beauty, Mad for Lipstick, dan masih ada beberapa lagi tapi saya kehilangan jejak.

Iya, sayangnya saya banyak kehilangan jejak untuk perkembangan produk lokal di tahun 2016. Jadi maaf ya kalau saya nggak banyak menuliskan. Yah, anggaplah saya gagal sebagai beauty blogger. Ngahahahaa....


Januari
  • Bom meledak di Sarinah, Jakarta. 9 orang tewas termasuk pelaku. Polisi berusaha membekuk pelaku yang disinyalir berjumlah 7 orang. 3 di antara pelaku tewas dalam aksi tembak menembak tersebut.

Februari
  • 17 orang tewas akibat minuman keras oplosan di Jogja. Peristiwa ini menampar saya secara pribadi, karena saya kenal cukup dekat dengan salah satu korban.

  • Saipul Jamil ditangkap karena kasus pelecehan seksual terhadap seorang ABG pria. Uhuhuhu...bang Ipul jaHAP!

  • Untuk pertamakalinya, Indonesia tampil dalam ajang balap F1, diwakili oleh pembalap ganteng Rio Haryanto. Pengucuran dana yang cukup besar untuk Rio Haryanto ini memicu banyak pendapat positif maupun negatif dari netizen. Sejujurnya, saya ada di sisi yang negatif. Menurut saya dana olahraga sebesar itu seharusnya bisa digunakan untuk banyak atlet lain atau pembangunan banyak sarana olahraga, dibanding hanya untuk satu orang saja. Bagaimana pendapat kamu? Apapun pendapat kamu, jangan lupa teriakan: "omegot Riooooo, ooohhhh, ohhhhh Rioooo, omegoootttt!" (joke ini hanya untuk kalangan FUNS :D).

  • Dedy Corbuzier, dibantu dengan kepolisian melacak dan menangkap netizen yang menggunakan kata-kata kasar berbau SARA untuk menyerangnya. Terlepas ini setting-an atau bukan, saya sih setuju. Ini salah satu bentuk pendidikan etika sosial media juga. Buibu dan dekadek ati-ati ya sama jempolnya. Apapun topiknya, mau artis, agama, dll, memaki di sosial media itu kampungan sekali dan bisa ditindak secara hukum. Pakai akun anonim juga nggak bikin identitasmu nggak bisa diketahui!
    Baca: Sebuah Saran Hangat Untuk Anonim

  • Untuk pertama kalinya setelah puluhan tahun malang melintang sebagai aktor, Leonardo Di Caprio mendapatkan piala Oscar-nya sebagai aktor terbaik!


Maret
  • Sopir taksi se-Jakarta bersatu dan melakukan demo besar-besaran memprotes keberadaan transportasi umum dengan sistem panggil online. Demonya rusuh bok. Sebagai pengguna transportasi umum di Jakarta, saya harus bilang kalau pelayanan sistem transportasi dengan aplikasi online ini lebih bagus. Dulu saya sering ditipu dan diputer-puterin sama sopir taksi, buat mainin argo, biar jatuhnya lebih mahal. Sejak ada transportasi dengan aplikasi online ini, saya yang nggak tahuan jalan jadi lebih nyaman pergi kemana-mana. Tanggapan dari petinggi Blue Bird mengenai masalah ini juga nggak bijak, malah nyalahin aplikasi online dan membenarkan sopir-sopirnya demo. Lah, buk, namanya kemajuan tekhnologi itu ya dikutin dong! Bukan didemo. Gini nih tipikal pengusaha yang nggak mau saingan secara sehat :D.

  • Zaskia Gothic menghina Pancasila, dan malah didaulat menjadi duta Pancasila. Hmm... no comment ah!


April
  • Kehebohan AADC2! Tante-tante dan om-om gemes bernostalgia dengan Nicholas Saputra dan Dian Satro yang sudah tak lagi unyu. Bahkan setelah film-pun, perdebatan mengenai jalan ceritanya masih berlangsung. Kamu tim Rangga atau tin Tryan? :D
    Baca: Tentang AADC2

  • ABG cantik bernama Sonya Depari menjadi sorotan netizen karena aksi nyolotnya ke seorang polwan. Duh, dhek :').

  • 30 April 2016 adalah ulang tahun saya yang ke-30. Sekaligus ulang tahun sahabat saya, Ocep yang ke 30 juga. Yes, kami berbagi tanggal, bulan, dan tahun lahir yang sama. Bertahun-tahun ula kami melakukan rituan open both dan makan-makan di ujung April. Tapi saya sungguh nggak menyangka bahwa April tahun ini adalah tahun terakhir saya merayakannya bersama Ocep. Karena saat ini Ocep pergi ke suatu tempat yang jauh dan indah. Akan saya ceritakan di kolom Desember ya, saat peristiwanya.


Mei
  • Nyala untuk Yuyun. Peristiwa sangat menyedihkan terjadi di bulan ini. Yuyun, anak cantik berusia 14 tahun diperkosa oleh 14 orang pria sampai meninggal dunia. Peristiwa ini menyatukan seluruh bangsa Indonesia dalam empati yang sama. Saat itu, isu agama belum begitu digosok untuk kepentingan politik. Tidak ada yang bertanya apa agamanya, semua bersatu dalam duka yang sama. Duka saya sedalam-dalamnya untuk Yuyun dan keluarga. Semoga peristiwa semacam ini tidak pernah lagi terjadi.

  • Hukuman kebiri kimia untuk pelaku pemerkosaan kambuhan disahkan oleh Presiden Joko Widodo. Good job, Pakdhe!


Juni
  • Terjadi penembakan di sebuah klub malam gay, di Orlando, yang menewaskan 50 orang. Mengapa saya tuliskan padahal peristiwa ini tidak terjadi di Indonesia? Karena peristiwa ini bikin media sosial cukup rusuh. Pada bulan ini, isu LGBT bahkan lebih sensitif daripada isu antar agama. Pendapat saya, dosa atau tidak bukan manusia yang menilai toh? Dan yang lebih penting lagi, bukan manusia yang berhak menghujat dan menghukum.

  • Komedian Aming menikah! Pernikahan ini cukup kontroversial lho, apalagi dengan isu LGBT yang sedang panas saat itu. Sebetulnya, pernikahan yang mereka lalukan sah sih, dan bukan pernikahan sejenis. Saya sih juga nggak mempermasalahkan ya. Tapi netizen jempolnya memang lemes, Tsay :D.

  • Tahu lagu yang paling hits di bulan ini? Yak, lelaki kardus :D.

  • Bulan Ramadhan! Saya selalu suka Idul Fitri. Saya suka suasananya. Rumah saya di Solo selalu open house saat Lebaran. Tetangga-tetangga saling mengunjungi dan bermaaf-maafan. Sayangnya suasana Ramadhan 2016 dirusak dengan kejadian sweeping rumah makan yang menurut saya di luar akal sehat. Sepertinya ini adalah awal suasana panas berbau SARA yang memuncak di bulan Desember.

  • Di bulan ini, netizen sibuk mencaci dan menertawakan selebgram slash youtuber bernama Awkarin, terkait video nangis-nangisnya karena diputusin dhek Gaga :D
    Baca: Tentang Awk


Juli
  • Bom bunuh diri terjadi di Solo. Pelaku dan seorang perwira polisi meninggal di tempat. Sementara dua nyawa melayang, netizen memilih panas soal isu keagamaan. Tidak bisakah kita membicarakan kemanusiaan saja?

  • Kemacetan karena arus mudik lebaran di jalur Pantura menyebabkan 12 orang meninggal dunia.

  • Siapa yang punya anak bayi? Juli 2016 kemarin merebak kasus vaksin palsu. Saya yang nggak punya bayi aja ikut geram dan kzl setengah mati. Cari duit gitu amat. Hih!


Agustus
  • Saat itu sedang ramai wacana mengenai full day school. Banyak yang setuju, tapi lebih banyak lagi yang menentang.


September
  • Awal mula dari sinetron panjang bapak Mario Teguh. Jadi pak, mantan anak itu tidak ada ya. Dan ngomong muter-muter ngeles kayak bajai itu malah bikin netizen semakin geram dan menghujad anda. Salam super!
    Baca: Ketika Konflik Pribadi Menjadi Komoditas Bernilai Rupiah

  • Penghuni Jaksel, ada yang nobar di bulan ini? Karena akhir bulan itu, sebuah film anu Jepang diputar di sebuah Megatron di wilayah Jakarta Selatan. Sayangnya nggak di mode fit-to-screen. Jadi bagian "penting"-nya malah terpotong. Ngahahahhaa... Jangan kecolongan lagi yaaa, nggak baek dilihat anak kecil.


Oktober
  • Setelah berbulan-bulan disuguhi persidangan Jessica Wongso, akhirnya pada bulan October, diputuskan bahwa Jessica bersalah dan dijatuhi hukuman 20 tahun. Rrr...saya sendiri merasa putusan ini nggak adil. Tapi terlalu panjang kalau mau saya bahas di sini ^^.

  • Akhir bulan itu, fenomena Mannequin Challenge merajai Youtube dan Instagram. Saya sendiri nggak ikut. Ya gimana buk, udah bosen, saya sering sekali mannequin challenge di jalan area Kuningan kalau sore hari, bersama mobil-mobil yang lain ^^.



November
  • Aksi 411. Kalau di sosial media saya bungkam, di sini saya berbicara. Saya bersama pak Ahok saat ini. Kenapa? Karena saya tinggal di Jakarta dan benar-benar merasakan perubahan ketika Jakarta dipimpin oleh pak Ahok.

  • Dunia gempar, karena Donal Trump terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. Trump terkenal dengan statement-statementnya yang kontroversial dan rasis. Saya pun cukup heran, dengan haters lebih banyak dari Ayu Ting Ting, kenapa Trump bisa mendapatkan suara terbanyak.

  • Untuk pertama kalinya saya ikutan panas di media sosial. Kali ini soal Intan, balita yang menjadi korban bom molotov di gereja di Samarinda. Yes, saya cukup emosional soal ini. Semua orang sibuk sok suci dan sok benar, tapi menolak bersuara untuk nyawa seorang balita yang jadi korban. Di titik ini saya bahkan bilang, "kalau beragama bikin saya kehilangan sisi empati dan kemanusian, baiknya saya jadi agnostik atau malah atheis saja."


Desember

Desember ini terlalu "kaya" dalam artian negatif. Semua orang berubah menjadi agamis dan sok suci. Segala hal disalahkan. Semua hal dilarang. Setiap orang merasa menjadi yang paling benar. Pelan-pelan saya mulai memilah, mana teman saya yang masih waras dan bisa memanusiakan manusia, dan mana yang dengan entengnya menebar kebencian. Bukan masalah kamu berpihak ke siapa, tapi masalahnya, bagaimana cara kamu menyampaikannya. Saya cukup banyak mengalami kecewa dan patah hati di bulan ini, dan memutuskan untuk melakukan unfollow, unfriend, dan block besar-besaran.
  • Aksi 212. Dan berbagai komentar menyakitkan semakin banyak berseliweran di sosial media. Saya mendapati kalau saya lebih memilih diam.

  • Indonesia merilis uang baru yang lebih kece dan anti duplikasi. Banyak yang nyela-nyela dan bilang kalau duitnya buatan cina, mirip uang cina, dan ada logo PKI-nya. Ketiganya sudah dibantah tegas, tapi kenyinyiran masih terus berlanjut. Pokoknya kalau saya bilang kayak cina ya harus kayak cina. Titik. Nggak peduli walau mirip mata uang lain juga. Ya namanya aja uang bro sis, wajarlah kalau mirip uang, masa disuruh mirip muka situ. Tapiiii, kalau ada diantara teman pembaca yang nggak suka uangnya, boleh kalau mau dikasih ke saya saja. Adek ikhlas menerima :).

  • Save Alepo! Lagi-lagi isu kemanusiaan yang diperdebatkan. Sama seperti ketika Intan meninggal karena bom. Seolah-olah kalau kamu dipihak A, kamu tidak boleh berempati terhadap Intan, atau tidak perlu mengucurkan air mata untuk Alepo. Bisakah kita hanya melihat sisi kemanusiaan saja? Nyawa manusia, apapun agamanya, sama-sama berharga.

  • Pantone merilis Pantone Color of The Year 2017, yaitu greenery. Saya sih suka banget sama pilihan warna 2017 ini. Tapi banyak juga yang kecewa :D.
    Baca: Greenery


  • Awalnya saya bahkan nggak sadar kalau Natal semakin dekat, karena pekerjaan saya membludak. Tapi kemudian saya mulai sadar saat banyak perdebatan mengenai ucapan selamat Natal dan pelarangan atribut Natal. Ah, tanpa terasa saya semakin terbiaksa dengan aksi-aksi semacam itu. Update mereka yang anti seakan menjadi lonceng penanda bahwa Natal sudah dekat. Seperti jual-beli kambing dan sapi saat mendekati Idul Adha, atau ketupat dan opor ayam di hari Lebaran, atau pohon Natal di hari Natal. Semua orang memang punya caranya sendiri dalam merayakan, salah satunya adalah dengan update status soal dilarang anu dan anu :p.

  • Ibu Dora galak sekali! Ibu Dora yang pejabat MA, mengamuk dan mencakar petugas polisi di jalan raya. Peristiwa ini berakhir dengan ibu Dora dimutasi ke Pontianak dan di-nonjob-kan, sementara bapak Polisi dibiayai naik Haji. Pelajaran banget ya, untuk berpikir panjang sebelum bertindak dan nggak memanfaatkan jabatan.


  • OM TELOLET OM!

  • RIP Yosep Adhi Prasetya. Ini Ochep, sahabat saya, sahabat suami saya, sahabat semua yang mengenalnya. Ocep yang berbagi hari, bulan, dan tahun lahir yang sama dengan saya. Ocep yang sayang sekali pada Jimbim dan Lilly. Ocep yang nggak pernah marah. Ocep yang suka makan. Dan Ocep yang sudah berjanji pada saya untuk melewatkan tahun baru bersama di Ancol, tapi tidak ditepati. Beristirahatlah dengan damai dan bahagia. Urusanmu di dunia sudah selesai. Doakan kami yang masih harus berjuang di dunia :').

  • Aksi perampokan keji yang menewaskan 6 orang korban terjadi di Pulomas, Jakarta Selatan. Semua pelaku sudah berhasil dibekuk oleh polisi. Tapi otak kejadian sepertinya tidak disiarkan ^^.

  • Pilot Citylink thoying! Untung sekali penumpang tahu dan segera protes, meminta pilot di ganti. Cukup mengesalkan sih, kenapa pilot oleng begitu bisa masuk ke Bandara ya?

  • Kembang api untuk melepaskan 2016! Dan tentu tidak lengkap tanpa komentar teman-teman anak rumahan yang sibuk merayakan tahun baru dengan cara update status mengenai betapa tidak berguna, tidak bermanfaat, tidak solehah, tidak cerdas dan tidak bijaknya orang-orang seperti saya yang memilih berpesta pada pergantian tahun :D.


Tahun 2017 diawali dengan berita mengenai kapal terbakar di Teluk Jakarta. Duka saya sedalam-dalamnya untuk para korban. Untuk dunia kecantikan, kalau 2016 adalah tahunnya matte liquid lipstick, tahun 2017 sepertinya akan menjadi tahun untuk liquid eyeshadow. Sudah ada dua brand lokal yang kabarnya akan merilis liquid eyeshadow di 2017. Masih akan ada beberapa brand yang nekad mengeluarkan liquid lipstick, tapi beauty enthusiast sepertinya sudah mulai jenuh, walau pasarnya ya akan teteup ada aja sih :D.

Situasi sosial media juga belum mendingin saat ini. Semoga kita diberi kekuatan dan akal sehat untuk menjalani 2017 yah.


SELAMAT TAHUN BARU 2017!

17 comments:

  1. Masalah liquid eyeshadow dulu LTpro pernah ada..setelah itu ES habis dan aku mau beli lagi..eh kata mbk2nya sd gak produksi..pdhl menurutku lumayan awet lo mbk arum

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Yang salah siapa? Kan ini jelas bukan beauty related post? :D

      Delete
  3. olala riooo...rio riooo... bukan nggak boleh taun baruan riooo.. tapi takut kembang api riooo...olala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau takut ya dirumah aja ta rioooo. Kan bisa sambil kutekan, atau nonton tv, atau mekapan, atau nulis blog, atau makan pizza. Nggak perlu pada sambil nyinyir rioooo

      Delete
    2. dirumah kok rioo.. tapi sambil nyinyir

      Delete
  4. mulai juli ke belakang semua sudah dikipas ke arah negatif. sebel sama 2016 jadinya -_- selamat tahun baru mba arum! ditunggu racun-racunnyaaaa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sedih ya :(. Semoga 2017 tambah waras lah.
      Selamat tahun baru :3

      Delete
  5. aku suka kembang api peduli amat taunnya baru apa kagak yang pwenting lipennya baru wkwk.. apalagi kalau robert downey yg ngajak nonton kembang api kayak di pilem ituh hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha...lipen baru mah tida kenal tahun baruuuu :D

      Delete
  6. sama mba..aku jg bru kelar di opname..
    smga tahun depan (mksdnya thn ini) kita semua sehat2 ya..ga hanya fisik, tp juga otak dan yg penting hati'nya juga... :)

    ReplyDelete
  7. Mbak rajin amat bikin beginian, aku mah kejadian enam bulan ke belakang aja udah gak ingat detailnya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. #DikArumAnaknyaRajin #RajinPangkalKaya

      Delete
  8. Hi Mbak Arum, so sad for both your loss and your illness. Btw, ultahmu 30 April toh? Hahahahahaaaaa... sama dengan ultah Ibuk saya ituh. Well, happy belated new year. Let's hope for a much brighter year and stay setrrrooongggghhhh yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, toss sama ibunya :D.
      Selamat tahun baru juga yaa..

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...