Sunday, February 26, 2012

My Holly Grail Skincare: Tretinoin

Note: 28 Juni 2013
Post ini saya tulis lebih dari satu tahun yang lalu. Saai ini saya sudah nggak menggunakan Tretinoin untuk perawatan harian. Karena saat ini jenis kulit saya kering, jadi saya memang menghindari produk yang mengandung acid, atau produk yang semakin membuat kulit saya kering. Dan lagi akhir tahun ini saya akan menikah. Kalau menikah kan berarti ada kemungkinan saya hamil. Jadi saya nggak mau ambil resiko, karena jelas-jelas tretinoin ini dilarang untuk wanita yang sedang dalam persiapan hamil atau sedang hamil :). 

Oh iya, saya suka bingung kalau dijadikan sasaran konsultasi "jenis kulit saya anu anu, produk apa yang cocok bla bla". Soalnya saya bukan ahlinya dan apa yang saya tulis disini cuma berdasarkan  pengalaman kulit saya sendiri. Saya mana tahu apa yang cocok untuk kulit orang lain? Untuk konsultasi perawatan begitu saran saya mending ke dokter kulit deh. Takutnya kalau saya yang jawab malah salah atau menjerumuskan :D


Hai hai, saya ingin berbagi mengenai produk perawatan kulit (atau krim malam) andalan saya saat ini: Tretinoin. Saya baru memakai Tretinoin untuk krim malam saya, selama 7 bulan. Dan saya sangat PUAS dengan hasilnya. Mengenai apa itu Tretinoin dan apa saja merk dagang Tretinoin, mungkin bisa di Googling saja yah :). Disini saya hanya akan sharing mengenai pengalaman saya saat menggunakannya.

Ohh..dan posting kali ini saya akan banyak menampilkan foto muka saya polos tanpa make-up. Plis plis pliiisss jangan diketawain yah. Saya benar-benar harus mengumpulkan keberanian untuk melakukan ini >'<



Sebelum menggunakan Tretinoin

Kulit saya dulu bagus saat kuliah. Mungkin karena saya belum mengenal make-up, jadi kulit saya masih sedikit terkena bahan kimia. Tapi lalu setelah saya KKN, entah kenapa kulit saya menjadi sangat kusam. Mungkin karena saya KKN pada saat gempa Jogja, dan tempat KKN saya waktu itu banyak melakukan pembongkaran bangunan, jadi sangat berdebu. Mungkin juga saya tidak cocok dengan air di sana. Siapa yang tahu?
 ~saya tidak dapat menemukan foto saya saat sedang dalam fase ini. Mungkin saya terlalu minder untuk foto-foto narsis saat itu~

Selepas KKN saya memperbaiki kulit berjerawat saya ke salah satu klinik kecantikan terkenal. Kulit saya berangsur-angsur membaik, dan akhirnya bagus kembali seperti sedia kala. Tapi lama-lama saya pikir, krim-krim dokter tersebut keras dan mahal. Maka setelah sekitar 2 tahun saya memakai produk perawatan dokter, saya pelan-pelan mencoba menghentikannya.

Tapi ternyata kulit saya sudah kecanduan dengan krim-krim tersebut. Saat lepas dari krim dokter, kulit saya menjadi kusam, bahkan saya rasa lebih kusam dari sebelum-sebelumnya. Saya melakukan perawatan dengan produk-produk yang ada di pasaran dan sebulan sekali melakukan Facial di klinik kecantikan. Tapi tetap saja kulit saya kusam bila tidak memakai krim-krim dokter tersebut.Dan saya terus menguatkan diri selama bertahun-tahun untuk tidak kembali pada krim-krim dokter.



Berkenalan dengan Tretinoin

Salah seorang teman saya menggunakan Vitacid untuk mengobati jerawatnya dan sukses. Lalu saya mencoba untuk mencari-cari referensi di Internet mengenai Tretinoin. Dan banyak mendapatkan masukan mengenai Tretinoin: manfaatnya, efek sampingnya, dan juga review dari orang-orang yang telah memakainya. Mereka semua kebanyakan menyatakan bahwa hasilnya bagus, tetapi akan di awali dengan purging dulu untuk sementara waktu.

Yang membuat saya memutuskan untuk mencobanya adalah klaimnya untuk mengkontrol minyak dan juga anti aging. Usia saya sudah 25 tahun, jadi sudah waktunya saya mencari krim anti aging juga khan? Saya sudah benar-benar mempersiapkan diri saya (dan juga pacar saya :D) untuk fase purging di muka saya.


  
Vitacid 0,025%


Saya mencoba terlebih dulu Vitacid, merk dagang yang paling popular untuk Tretinoin menurut saya. Dan saya memilih 0,025% karena katanya itu angka yang bagus untuk memulainya. Dan saya benar-benar mengalami masa purging. Kulit saya tidak menjadi berjerawat pada saat purging tersebut, tetapi kulit saya menghitam dan menjadi sangat berminyak. Setelah dua bulan tanpa perubahan yang lebih baik, saya berpikir mungkin karena kulit saya sudah sangat kebal terhadap kandungannya, karena dulu dihajar oleh krim-krim dokter yang sangat keras. Maka saya memutuskan untuk beralih ke angka yang lebih tinggi


Nu Face 0,05%


Saat mencari Vitacid 0,05%, di apotik tidak ada dan petugas penjaganya menawarkan pada saya untuk mencoba merk dagang Retin-A dan Nu Face. Retin-A sangat mahal, hampir tiga kali lipat harga Vitacid, maka saya memilih untuk mengambil Nu Face 0,05%.

Saat menggunakan Nu Face, kulit saya tidak mengalami fase purging. Tidak ada fase kulit kusam sama sekali. Hanya saja kulit saya menjadi dehidrasi di beberapa tempat. Jerawat gampang muncul tapi juga gampang sembuh. Saya tidak tahu apakah itu karena saya memang seharusnya menggunakan tretinoin 0,05%, atau karena saya tidak cocok dengan merk dagang Vitacid.


Bagaimana saya menggunakannya?

 

Saya memakai Nu Face 0,05% sebagai krim malam. Setelah membersihkan muka saya, dan memastikan muka saya sudah benar-benar kering, saya mengoleskan Nu Face tipis-tipis di seluruh muka saya. Setelah 30 menit, saya menumpuknya dengan eye krim (saya memakai Biokos 40's gel) di: sekitar mata, garis kerut di dahi, garis senyum, dan juga di beberapa tempat yang terlihat kering dan mengelupas.

Pada siang harinya, saya menggunakan pelembab seperti biasa dan di tambah dengan sunblock. Dan saya menghilangkan ritual perawatan memakai Toner wajah semenjak memakai Tretinoin, karena saya takut toner membuat kulit saya perih dan iritasi.


Hasilnya
  •  (+) strukstur kulit saya membaik
  • (+) warna kulit lebih cerah (tapi tidak putih!)
  • (+) saya jelas bisa sangat-sangat menghemat biaya perawatan kulit
  • (-) tidak dapat mengatasi kulit berminyak saya
  • (-) membuat kulit saya mengelupas di beberapa tempat. Itulah mengapa saya menyebut jenis kulit saya "Oily but Dehidrated Skin"
  • (-) yang menyebalkan, skintone saya berubah. Tadinya undertone saya Yellow. Tapi semenjak memakai tretinoin,  unsur Yellow-nya berangsur-angsur memudar. Mungkin sekarang undertone saya Neutral. Hal ini membuat saya kesulitan mencari-cari lagi shade foundation & powder yang tepat
 
Yang perlu di perhatikan
  • Wanita hamil, berencana hamil, dan menyusui diharapkan untuk tidak memakainya
  • HARUS menggunakan sunblock pada siang hari karena saat terapi Tretinoin, kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari
  • Pada kebanyakan orang, pada awal pemakaian Tretinoin akan terjadi purging
  • Bila kulit iritasi berlebihan, segera turunkan kadarnya ke yang lebih rendah

Photo Spam >'<

Dan pada akhirnya, hal yang paling menakutkan bagi saya, saya akan memajang Foto saya dalam tiga fase keadaan kulit saya. Dalam foto-foto berikut, saya tidak mengenakan make-up & tidak ada editing (kecuali crop) sama sekali. Maafkan segala ketidak sempurnaannya dan jangan di ketawain yah :D
  
Awal kuliah sebelum kenal kosmetik & sebelum KKN

selama masa lepas dari dokter kulit, tapi belum kenal Tretinoin
(sangat kusam & berminyak)

Saya saat ini. Sesaat setelah mandi.

Pertanyaan saya mengenai Tretinoin

Saya sangat puas dengan hasil dari pemakaian Tretinoin. Tapi saya masih ada beberapa yang menjadi kebingungan saya, antara lain:
  1. Apakah Tretinoin  ini boleh digunakan untuk jangka waktu yang sangat lama, atau kalau boleh dibilang selamanya? Apakah aman?
  2. Setelah saya menikah, dan tentu saja akan ada kemungkinan saya hamil, apakah sebaiknya saya menhentikan dulu pemakaian Tretinoin?
Saya sungguh berharap ada suhu Tretinoin mempir ke sini dan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya tersebut. >'<


Salah seorang pembaca blog ini, Trap In Wonderland, bersedia berbagi mengenai pengalamannya memakai Tretinoin di comment di post ini. Dan karena pengalaman dari dia berguna banget, jadi saya "kutip" disini.
  • Kandungan-kandungan yang harus dihindari saat memakai Tretinoin
    "...kalo pake tretinoin ini hindari pemakaian produk kosmetik yang mengandung alkohol, benzoil peroksida & salysilic acid karna bisa bikin iritasi dan sifatnya kontra tretinoin.."
  • Cara mengatasi kulit iritasi karena Tretinoin
    "...kadang-kadang si tretinoin ini suka bikin kering atau merah-merah menjelang pengelupasan (regenerasi) naah diakalinnya bisa pake produk yang mengandung aloe vera / ketimun karena sifatnya yang soothing & calming buat kulit.. Cuma kebanyakan face mask yang dijual di pasaran itu mengandung alkohol jadi aku prefer bikin sendiri deh..
    Resepnya nyontek cucumber eye pad-nya michelle phan, cuma bedanya aku pakenya semuka. Kalo udah selesai dipake, tinggal bilas mukanya pake air dingin.
    DIY mask ini ngaruh banget di aku dan bisa dipake tiap hari karna 100% natural.. :D
    "


SEDIKIT TAMBAHAN MENGENAI SKINCARE MENURUT SAYA:

Karena banyak yang menanyakan pertanyaan semacam: "saya sudah pakai tretinoin selama ... bulan, tetapi kenapa belum ada perubahan?" bahkan ada yang menanyakan: "saya sudah memakai 3 hari, tapi kok nggak ada perkembangan ya?"

Oke, sekarang saya tanya dulu, sebelum memakai tretinoin, kalian memakai krim apa?

Kalau menurut saya, skincare itu investasi. Tujuan dari skincare adalah untuk merawat kulit, menjaga agar kulit kita tetap dalam kondisi sehat. Pakai skincare juga membutuhkan "ketelatenan" dan kesabaran. Hasil yang nyata, baru akan kelihatan nanti setelah kita "berumur". Kulit akan kelihatan sehat dan terawat bila sejak dini kita melakukan perawatan yang tepat.

Menurut saya, kalau skincare saya memberikan perubahan dramatis dalam hitungan hari (atau sebulan mungkin), misal jerawat & flek saya otomatis menghilang atau kulit saya mendadak putih, saya malah takut. Jangan-jangan krim yang saya pakai mengandung bahan yang berbahaya. Saya pikir skincare yang aman cara kerjanya pelan dan bertahap.

Dan satu lagi, kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Walau memakai skincare yang sama, belum tentu hasilnya sama di setiap orang. Jadi, bila ada pertanyaan, "kapan kira-kira kulit saya membaik?" atau "kapan saya bisa menaikan kadar skincare saya?" Sejujurnya saya nggak bisa menjawab. Hal semacam itu lebih baik ditanyakan ke dokter kulit.

Intinya, di blog ini, saya hanya akan mereview produk yang aman dan punya merk paten. Biasanya produk yang aman tidak akan bisa memberikan hasil instan. Jadi kalau mengharapkan saya mereview skincare yang bisa memberi  hasil dramatis dalam waktu singkat (sebulan dua bulan mungkin ^^), maaf, itu nggak akan terjadi. Karena saya malah takut dan nggak akan memakainya :).

216 comments:

  1. boleh tau harga masing2 krim tretinoin di atas? biar nanti aku bandingin juga. udah lama pengen coba krim ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayookk dicoba juga donk. Ntar gantian review. Jadi bisa sharing kita soal krim ini :)

      Delete
  2. iyaaa celle ni harganya brapaan ? eh aku juga lagi brenti loo pake krim dokter .. soalnya mukaku udah mulai tipis, tapi untung krim2 dokterku g bikin kecanduan, jadi pakenya kalo lagi jerawatan aj itupun cm di area jerawatnya aja .. tapi kok tretinoin ini bikin skintone brubah yaak ? eke lbih suka yellow tone ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntung kamu say, nggak sampai kecanduan krim2 dokter. Iya skintoneku berubah. Dulu yellownya kenceng lho, sekarang jadi neutral. Kalau boleh milih sih, aku maunya tetep yellow tone.
      Tapi ini rasanya cuma terjadi di aku deh say. Aku belum pernah denger keluhan serupa soal perubahan skintone.

      Delete
    2. booook ane berhasil keracunan dari blognya mizha .. ajarin dong pertama kali aku pake kadar yang brapa ? .. kayaknya mo nyoba vitacid dulu .. :D

      Delete
    3. Iya cobain Vitacid say, itu merk dagang yang paling popular deh disini. Disemua apotik pasti ada.
      Untuk pemakaian pertama biasanya sih pada pakai yg 0,025%. Nanti kalau di rasa kulitudah mulai kebal sama 0,025%, baru deh ditingkatkan ke 0,05%. Yang aku baca-baca sih begitu.

      Oh iya jangan lupa:
      1. Hanya boleh digunakan di malam hari
      2. Kalau malam pakai tretinoin, siangnya WAJIB pakai sunblok
      3. Beberapa orang ngalamin fase purging. Jadi jangan kaget kalau purging

      Ayo say dicoba. Nanti di review juga :)

      Delete
    4. siap deh .. makasih ya say, purging tuh kulitnya menjelek dulu ya kdang2 breakout gtu ? mdah2an ccok yaa .. lumayan kan harga irit tapi hasil selangit :D

      Delete
    5. Iya say, purging itu kondisi kulit memburuk, jerawatan, komedo, dll. Tapi bukan iritasi, kalau iritasi itu emang efek samping pemakaian tretin, jadi mending pakainya dari kadar yang rendah dan tipis2 aja biar nggak iritasi.

      Selamat mencoba. Nanti di review perkembangannya yah :)))

      Delete
  3. Awa dan Vicky,
    Aku lupa tepatnya, tapi harga vitacid & Nu Face kisaran 25rb per tube. Bisa dipakai untuk 2-3 bulan. Kalau Retin-A sekitar 80rban. Trus aku rencananya juga mau beli yang 0,1% khusus untuk diolesin ke area berjerawat aja + untuk jerawat punggungku.

    ReplyDelete
  4. aku juga pakai vitacid 0.025% :D
    so far so good,nggak pakai purging.
    yang jelas,beruntusanku berkurang. baru pakai selama 2 minggu sih :D

    kalau mau tanya teretroin,coba ke blognya mbak mizha: mizhasbeautydiary.blogspot.com/2012/01/sweet-moments-with-tretinoin.html?m=1

    btw,harusnya aku manggil kamu "mbak" ya? hehe, maap2, selama ini nggak manggil "mbak"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..kita beruntung nggak purging. Wah, Mizha pake juga yah? Jadi makin semangat nih say, secara muka si Mizha muyus abeesss!!

      Nggak usah panggil, mbak nggak papa kok say >'<. Adekku yang baru aja masuk kuliah aja nggak pernah panggil aku, mbak :D

      Delete
  5. iy,mbak mizha sudah malang melintang di dunia perteretroinan #halah

    oya,klo ada info ttg gathering FD di jogja,tolong email aku ke adamomon@gmail.com ya! nuwun.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau Mizha sih emang suhu dari segala suhu segala jenis skincare :D.

      Oke say, pasti aku kabar-kabar donk. Sama aku kasih emailmu ke RivanaLina FD yah.. :)

      Delete
  6. belinya dimana sih? kemarin aku nyari di apotek ga ada katanya, padahal pengen nyoba. huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di Kimia Farma & K-24 ada tuh, say. Lagi kosong stok-nya mungkin yah..?

      Delete
    2. bebas kan belinya? ga pake resep2an dokter toh? disini kadang kalau obat begituan seringnya ga pada mau jual, harus pake resep e.

      Delete
    3. Enggak harus pakai resep kok, say. Itu di jual bebas. Tanya aja Vitacid 0,025%. Biasanya langsung tau :)

      Delete
  7. Hwee,,, kayak ada yg manggil2... :p
    Ah, overall kulitmuka mu itu termasuk sehat lho rum. Berarti kamu termasuk yg sukses pake tretinoin. Selamat... selamat... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, syukurlah selama ini nggak ada masalah serius kaya jerawat, flek, atau komedo lebay. Hehehe... Cuma oilynya aja yang nggak nguatiinn >'<

      Tengkyuh ya Mizha, pencerahannya di blog-mu :)

      Delete
    2. Ih gapapa tau kulit oily kan awet muda haha... :D
      Aku malah demen kulit kaya kamu lho, berminyak tapi ga ada problem, jadi keliatannya glowy. Soalnya kulit oily itu paling rentan sama masalah T___T Klo sehat kayak kamu, menurutku malah bagus.

      Aku juga udah pasrah punya kulit berminyak...
      gapapa lah berminyak asal jangan jerawat sama komedo, musuh bgt sama mereka berdua. Senjata andalanku klo berminyak cuma oil-film aja. Tapi pas pake tretinoin selama 4 tahun ini, kulitku emang jadi less-oily lho...

      Hohoho.. sama2 rum... tengkyu juga sharing tretinoinnya lho, berasa banyak temen yg sama2 pake juga... :D :D

      Delete
    3. Iya Mizha, kadang aku menghibur diri begitu, "berminyak bikin awet muda" :D. nggak ada masalah sih say, cuma nggak tahan karena muka kalau siang jadi kucel dan makeup berantakan, bedak gampang cakey, dan rasanya debu-debu gampang nempel ke muka >'<.

      Kulitku sejak pakai tretinoin cuma dehidrasi dan iritasi aja, say. Tapi oily-nya teteup, malah makin lebay deh perasaan sejak pakai vitacid :)))

      Delete
    4. Hehe Pake senjata andalan orang kulit berminyak dong: Oil Film atau oil papper juga oke :D :D

      Btw, menurutku yg berubah itu bukan undertone mu lho, tapi skintone... Soalnya undertone ga akan bisa berubah meski kulit kita diintervensi kaya apapun. Klo skin tone emang berubah. Aku juga gitu. Dulu skin tone aku Medium-Beige trus pas pake tretinoin jadi medium-light. Tapi undrertone tetep warm. ^^"

      Delete
    5. Wow..pencerahan baru.
      Jadi, undertone aku tetep yellow ya, say? Soalnya duluuu jaman sebelum pakai Tretin, aku pakai powder yang koneng2 masup-masup saja. Tapi belakangan ini, pakai powder kuning malah gag masuk. Apa memang sebenernya undertone asliku Netral yah? Bukan Yellow seperti yang selama ini aku kira?

      Delete
    6. Iya, aku jg tahunya itu waktu kuliah dermatologi. Sebenarnya klo kuliah dermato, yg diomongin penyakit2 kulit aja tapi jadi suka nyerempet2 ke arah cosmetology klo ada yg nanya2... maka tahulah apa itu undertone haha

      Klo ku lihat di fotomu... undertone mu kayaknya neutral *sotoy :D :D

      Delete
    7. Jadi neutral yah..
      Hmm..nggak tau harus seneng apa bingung nih, Zha. Ada yg bilang kalau undertone netral itu enaknya bisa pakai apapun, pink ataupun yellow. Tapi aku kok malah ngerasanya susah make apapun karena biasanya powder & foundie di ciptakan untuk undertone pink, atau yellow.
      Mesti rajin-rajin cari foundie + powder nih..

      Thanx ya, Zha. Banyak ilmu deh ngobrol sama kamu :)

      Delete
  8. Emang nentuin undertone gampang2 susah hehe...
    Iya ada yg bilang klo undertone netral akan cocok pake warna apapun...tapi ya mungkin maksudnya warna2 spt blush n esedo, klo nyari foundie emang gampang2 susah buat undertone apapun (terutama yellow & neutral hehehe...).

    Sama2 rum... sering2 ye racunin kita... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadehh...doain aku deh, Zha. Aku mau mulai petualangan pencarian foundi yang shadenya tepat, oil controlnya bagus, dan nggak oxy.

      Delete
  9. eh maaakk .. aku tadi cari 0.025 kagak ade .. trus disruh ambil 0.05, gak papa kan yak ? trus ini barang boleh di kasih semuka gak ? kok tlisannya cuma dsuruh di bagian yang jerewian aje .. aku binguuung mohon pencerahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh, masa gag ada?? Merk Nu Face juga gag ada?? Kalo 0,05 terlalu keras, cyin, buat pemula. Takutnya iritesong parah.
      Tapi cubain dulu deh, sapa tau cucok. Lagian pan kamu pernah pake obat dari dokter duluh, yang juga keras.

      Udah beli sunblock pan yah? Pakenya semuka, tapi tifis2 aja. trus bagian sekitar mata sama sekitar bibir di skip. Celamatmencubacemogacukcesssss!!!

      Delete
    2. gak kpikiran nanyaa nuface e cintah .. lupa, yang 0.025 OOS tadi jadi coba aja yg 0.05 kukira beti beti --", hahahaa .. ini aku baru coba ngasih ke jerewi doang belum brani semuka .. ho.oh aku juga kpikiran gitu, kn aku 5 tahun prawatan dokter masa sih g kuat ama yg 0.05 ... mudah2an ccok deh :D

      Delete
    3. Iya, semoga aja cocok ya bok. Aku dulu pake yang 0,025 gag nampol. Begitu ganti 0,05, langsung iritesong. Makanya aku nggak tiap hari pake, dua hari sekali ajah, selang-seling sama Gizi.
      Semangat ya pakainya!!

      Delete
  10. haduuuuuuuh..... racunn... mulus amat muka mu celle...
    gemezin deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fanny, tengkyuh sudah mampir ;)

      Aiihh..kamu, bikin maluu. Lagi mulus aja ituh, kebetulan lagi gag ada jerawat. Kalau pas siklus bulanan jerawatan ya ancur :))))

      Delete
    2. sis, kalo sabun cuci mukanya pake apa? :D

      Delete
    3. Hai Ours..
      Aku pakai Busa Pembersih Wajah Anti Jerawat dari Sariayu. Soalnya dia lembut, nggak mengeringkan kulit, nggak terlalu banyak busa, dan ada kandungan anti Jerawatnya juga :)

      Delete
  11. hi Arum. baca ulasan kamu ttg tretinoin, kayanya worthy ni, bt aku coba. secara kulit aku jerawatan berminyak trus ada bekas2nya pula. :(..

    aku pgn tanya ni. skrg aku pake krim malem Biokos yg 20s. pagi pake biokos pure balance sm bb cream Caring. terus sabun muka aku pake larissa tea tree. tp sabun ini cenderung bikin kulit keering..

    kalo aku combine sm tretinoin bisa gak ya? apa aku mesti ganti pembersih yg lebih mild? aku pgn mukaku lbh bersih dan alus lg. :)

    sayang produk nuface/vitacid gak ada sisterbrand yg "mendampingi" penggunaan tretinoin.

    makasih Arum, tlg reply yak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andhika :) Makasih udah mampir.
      Sebenernya aku juga bukan ahlinya soal ingredients. Tapi aku coba jawab yah.

      Saat kita memakai Tretinoin, kulit kita akan lebih sensitif dan mudah iritasi. Jadi usahakan untuk memakai skincare pendukung yang mild. Hindari kandungan Acid (AHA, BHA), sulfur, alkohol, dan bahan-bahan yang mudah membuat iritasi. Dan yang terpenting, pakai sunblock kalau siang karena kulit kita juga sensitif terhadap sinar matahari (aku pakai skin aqua spf 50).

      Kepekaaan atau sensitifitas kulit orang tentunya berbeda-beda yah. Kalau aku (dengan kondisi kulitku) merasa sabun muka tea tree larissa dan krim Biokos pure balance terlalu "keras". Tapi kalau kulit kamu tahan dengan kombinasi tersebut, ya nggak masalah juga. Hahaha..kayaknya jawabanku nggak banyak membantu ya?

      Intinya, hindari produk-produk dengan kandungan yang membuat kulit iritasi, dan pakai sunblock kalau siang :)

      Delete
  12. woo, cepet bgt balesnyaa :p..

    cukup informatif kok jwbnnya. yew, yg harus pake yg mild2 itu udah coba googling, tp yaa, kebanyakan ga ngasi contoh produk yg dimaksud mild itu, supaya gak berantem sm tretinoin.

    Arum pake produk apa bwt temen perawatan tretinoin? pengen tau produk sunblocknya apa, pelembab, pembersih, dll.
    hehe, maaf tanya banyak. aku rada banci skincare emang. wkwkwk..

    ohyaa, kalo siang pake make up gt boleh ga? ky bedak two way, bb crem. soalnya aku kn kerja yg nuntut penampilan gt.

    hehe. thx b4.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum'x kenalan dulu mba nma sya AYANA sya tinggal dikalimantan timur hehehe nyasar k'blok'x mba arum yg cantik..ni sya baru td mlm make vitacid yg 0,05 soal'x sya kan sering make produk berbahan mercuri jd'x muka saya jerwatn pas berenti maki juga berminyak banget pori" besar tp jerwat'x yg kecil"aja..tolong donk mba pencerahan'x klo make vitacid apa sabun muka sma pelembab'x klo sunblock'x sya make aqua skin spf 25 ??? mohon dijawab mba yea,, klo nda tolong email ke www.bellaayana@ymail.com soal'x sya blm punya blog sendri...pleace banget mba yea bantuan'x...sorry yea klo sya agak rewel thank's mba !!

      Delete
    2. Halo...
      Kalau sabun, pelembab, dll, kamu bisa coba2 sendiri. Bukannya gag mau bantu tapi kan cocok2an. & aku juga gag tau apa yang cocok buat kamu. Kalaupun aku tahu jenis kulit kamu, kan aku bukan dokter kulit. Jadi nggak dalam posisi ngasih nasihat ini itu. :)

      Delete
  14. makasiih jawabannya Arum.. sipdah, pengen takcoba jadinya. kalo purging, ya resiko ah. katanya no pain no gain.. doakan aku bisa melewatinya. dan tunggu.... reviewnya. huhuu. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ayok di coba aja. Semoga gag purging parah dan semoga cepat mulus deh ya. Di tunggu reviewnya :)

      Delete
    2. mba tolong donk aq juga kasih tau pakai apa sabun ma pelembab'x klo make vitacid toe ???

      Delete
  15. Hai sist, kenalan yukkk. . .
    aku dhewie (http://dhewiesnotes.blogspot.com),,
    blogger Jogjakah dirimu??
    Bdw, antara vitacid sama nu face kamu lebih prefer manah??
    Soalnya aku juga pake vitacid 0,025% tapi hasilnya lamaaaaaa bgttt, mana jerawat numbuh2 trus lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi, salam kenal balik :). yup, aku dari Jogja.
      Aku sih lebih suka nu face yak, karena lebih bisa mengontrol minyak di wajah, dan saat dipakai pada malah hari, paginya mukaku nggak berminyak kaya kalau pakai Vitacid. Tapi untuk hasil jangka panjang, aku rasa sama aja yah, karena kandungannya sama-sama tretinoin.
      Kalau soal hasilnya lama, tretinoin memang bukan obat instan, dear. Ini kan untuk perawatan, jadi semacam investasi, hasilnya baru bisa kita lihat setelah jangka panjang.
      Menurut aku, diterusin dulu aja kadar 0,025%-nya. Jerawat numbuh-numbuh terus itu adalah fase purging. Jadi pori-pori wajah yang tersumbat dibersihkan dengan cara mengeluarkan jerawat. Itu malah tanda bahwa obatnya bekerja dengan baik di kulit kamu.
      Asal nggak iritasi, di lanjutin aja say..
      Semangat yak!!!

      Delete
    2. hehe, berkat baca postingan kamu ini, vitacid yg dari kemaren aku anggurin akhirnya aku sentuh lagi. . .
      Alhamdulillah sekarang jerawatQ dkit demi dikit ilang, hehe
      sebelum beli dulu kok aku gak nemu review kamu ini yah, pasti aku bakal lebih sabar deh pake vitacidnya, thx yahhh ^.^

      Delete
    3. Sipp.. Berarti udah mulai fase penyembuhan tuh. Bentar lagi bersih deh :)

      Delete
  16. salam kenal yah jengg :) ,... aku mau tanya, aku kn ibu rmh tangga, shari hri jrng kluar, dirmh aja jdi ga trlalu sring kena panas sinar mata hari ... Klo aku pke vitacid ini apa ttp perlu pke sunblock ? Klo ga pke sunblock ada efek nya kah ??? thanks ya .. ditunggu jwbannya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ibu-rumah-tangga :))
      Menurut aku, walau sehari-hari kita di dalam ruangan, tetep perlu sunblock minimal spf 15 lah. Karena sinar Matahari kan bisa masuk kedalam ruangan.
      Kalau kita pakai tretinoin, kulit jadi extra sensitif sama sinar Matahari. Takutnya kalau nggak terlindungi dengan baik, nanti malah menghitam atau malah memunculkan flek.
      selamat mencoba yak..

      Delete
  17. makasih yaaa , atas jawabannya , namaku eva , salam kenal yaa ... Gpp ya klo nanti2 sring komen diblog kmu ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Eva ;)
      Aku malah seneng kalau blog-ku ternyata berguna. makasih yak udah main ke sini :)

      Delete
  18. selamat pagi..
    mau tanya2 nie tentang Tretinoin.
    habis hamil, muka ku jadi mudah jerawatan di tambah lagi gak cocok ma skin care jadi bruntusan juga di dahi.
    apa bisa di hilangkan dengan Tretinoin?
    kalo untuk pemula baik nya pakai vitacid 0,025% atau nuface 0,025%?
    oya saya ibu rumah tangga yg aktifitas nya sering di dalam rumah, pakai parasol SPF 33 cukup tidak ya?
    mohon reply nya ya.
    udah cukup stres mau di gimana in lagi muka saya.
    pernah pake natasha tapi malah tumbuh bulu halus di sekitar rahang, jadi aku hentikan :(
    makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonim,
      Selamat yak atas kelahiran bayi nya :).
      Kalau kamu habis melahirkan, berarti saat ini masa menyusui ya? Begini sih, masih ada pro dan kontra soal apakah tretinoin boleh dipakai oleh ibu menyusui. Sebenarnya banyak yang bilang kalau nggak papa, karena tretinoin yang dioles, nggak akan terlalu mempengaruhi air susu yang di produksi. Tapi masih ada juga beberapa orang yang parno atau takut. Dan jujur saja, aku termasuk orang yang takut, karena tretinoin ini obat yang keras.
      Tapi semuanya tergantung dari si pemakai sih. Kalau kamu merasa aman dan tenang memakainya, it's ok, dilanjutkan saja :).

      Di kulitku, bruntusan bisa hilang karena tretinoin. Tapi memang perlu proses. Dan ada kemungkinan juga purging dulu, bruntusannya tambah banyak dan muncul jerawat. Baru setelah itu bisa bersih.

      Vitacid atau Nu Face aku rasa sama saja, sama-sama tretinoin. Tapi aku lebih suka Nu Face karena teksturnya yang matte di kulit saat dipakai. SPF 33 cukup menurutku. Aku juga pakai Melanox premium SPF 30, dan nggak ada masalah :)

      Semoga jawabanku membantu yak ;)

      Delete
    2. nama ku wulan, salam kenal..
      makasih jawaban nya ya.

      sebenar nya kehamilan ku mengalami keguguran :(
      tepat nya bulan januari kemarin karena kelelahan.

      minimal 3 bulan ya baru kelihatan hasil nya ya kalo pake nuface?
      masa purging berapa lama biasa nya ya?

      Delete
    3. Hai Wulan. Ohh..maaf ya :( Ikut sedih dengernya.

      Nggak pasti berapa bulan, say. Semua itu tergantung kondisi kulit kamu. Temenku bahkan ada yang sampai 6 bulan masih purging (mungkin karena banyak banget kotoran menyumbat pori yang harus dikeluarkan, jadi lama). Kalau aku termasuk yang beruntung, nggak pakai purging.

      Delete
  19. gakpapa kok mbak :)

    iya, seperti nya saya harus menyiapkan mental untuk masa purging nya.
    berharap tidak mengalami purging muka ku :)
    makasih jawaban nya ya.
    nanti kalo ada perkembangan dengan pemakaian Tretinoin ini aku coba post di blog km ya :)
    seperti nya aku bakal sering post nie mbak.
    gakpapa kan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay, Wulan, selamat mencoba. Siap mental untuk purging. Dan jangan lupa siapkan mental suami juga :D.
      Sip, makasih banget kalau mau update perkembangannya disini :)

      Delete
  20. haloo mba arum :D
    aku baca2 blog mu nih dari awal bagus banget isi nya ngebantu aku semua :D, uhuk2 tapi aku mau tanya2 nih boleh kan..
    akhir2 ini aku ada jerewi gitu mba di kening hixhix, dan komedo atau jerawat kecil2 gatau deh yah di hidung ku :( kalo pemakaian vitacid bisa digabung sama produk hadalabo ga? soalnya aku lg pake produk itu nih buat moist'a nah bisa ga kalo pake vitacid gitu udahnya ? =( maaf yah mba kepanjangan gitu, makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiyy...makasih *blushing*

      Sebenernya pemakaian vitacid bisa-bisa aja digabung sama skincare lain. Asal skincare itu nggak terlalu "keras". Keras atau nggaknya kandungan suatu skincare itu relatif, tergantung kekuatan kulit masing-masing. Misalnya nih, di aku Gizi super cream terlalu keras, karena kulit aku perih dan panas pas pakai itu. Tapi ternyata banyak pemakai tretinoin lain yang meng-combine gizi dengan tretinoin, dan katanya gag papa.

      Di aku, Hadalabo sih nggak keras (aku cuma coba tonernya). Di kulit kamu silahkan dicoba aja. Terasa perih atau panas atau terjadi reaksi buruk atau enggak :)

      Delete
    2. oh gitu, aku jadi yakin deh mau beli vitacid :D
      aku pake malem hari berarti kan? biar pagi'a baru pake hada labo..
      jadi malem'a ga bisa pake krim malem gitu dong mba, soalnya aku pake olay =( .. bagusnya pake krim malem dulu atau langsung vitacid mba ? oh iya, aku pake toner viva gpp kali yah =(((
      mohon pencerahannya nih mba, aku oot banget soal ginian :'(

      Delete
    3. Iya, Vitacid cuma boleh dipakai malam. Hada labonya pagi aja + jangan lupa sunblock!

      Kalau malem, ada sih beberapa orang yang pakainya di tumpuk. Jadi tretinoin dulu, tunggu sekitar 30 menit, trus oles night cream. Tapi kalau olay kok rasanya terlalu keras ya (bagi aku sih ini..). Mending cari night cream yang nggak mengandung pemutih, sulfur, acid, alkohol, dan fragance berlebih.

      Toner Viva banyak tuh yang pakai. Aku juga ada, tapi kadang pakai kadang enggak. Soale masih mengandung alkohol sih, jadi kadang perih kalau pas aku pakai :D. Banyak yang menyarankan gag usah pakai Toner sih, kalau pas terapi tretinoin. Tapi kembali lagi ke kondisi kulit masing-masing orang :).

      Delete
  21. Hai mbak arum...
    Dlu kakak x tmen aq prnh pke tretinoin ini, tp krn dia baca2 forum yg membahas ttg retin-A & produk2 mcam tretinoin ini, yg bs bkin rahim mengering (OMG!) dia brhenti pke. Trus, selama pke itu, dia ngrasa kulitx makin tipis & sensitive gt. Jd, dia nggk prnh pke krim malam, tp pke sleeping pack nya Baviphat. Maaf klo info dari aq nggak membantu. Salam knal

    #Lid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lid ;)
      Salam kenal juga.. :D
      Iya sih, memang Tretinoin ini obat "keras". Makanya banyak pantangan pas makai: nggak boleh dipakai pas hamil dan berencana hamil, menyusui, nggak boleh kena sinar matahari, nggak boleh dibarengi dengan skincare yang mengandung bla bla bla.. Dan yup, ada efek sampingnya yaitu iritasi (kulit semakin tipis).

      Tapi obat apapun (tretinoin ini masuk kategori obat kayaknya, bukan skincare) pasti ada efek sampingnya. Dan selama kita makainya bener, nggak asal, ya efek samping itu bisa diminimalisir. Misalnya nih, soal kulit jadi tipis & sensitiv. Itu berarti pemakaiannya dosisnya ketinggian dan/atau terlalu banyak krim yang dioleskan. Coba dosisnya dikurangin dan pemakaiannya lebih ditipisin lagi :)

      Tapi aku juga bukan ahli obat dan skincare nih :D. Jadi kalau ada info + link artikel yang lain, boleh lho di share. Tengkyu yak atas sharingnya :).

      Delete
  22. duuh jd pgn nyoba nuface ney..beli ahh.hhe d kimia farma gt ada kan kak?
    eh tanya dong..sunblock yg bagus tp jg ga mahal2 bgt apa ya kak? apa pelembab/fondi yg ada spf nya gt..

    thx, salam kenal
    gina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gina.. Iya di Kimia Farma atau Apotik lain juga adakok.
      Sunblock sekarang banyak yang SPFnya udah tinggi tapi nggak mahal lho. Tanya aja di apotiknya, biasanya mereka juga jual sunblock. Kalau aku suka skinaqua. Review bisa dilihat disini : http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/sunscreen-review-skinaqua-uv-moisture.html

      Delete
  23. hai hai mba arum, aq nongol lagi.
    sebelumnya salam kenall....

    susah cari pencuci muka yg bagus n cocok bwt kulit ku je. sensitiv krn kmren smpet ke dokter, malah jadi ancur.
    hiks katanya klo pake tretinoin jgn pake pembersih kaya ponds dll gitu?
    kuw lagi make vitacid yg 0,025% baru sebulanan sih, efeknya dikit.
    q mau tanya kenapa mba milih yg kadar 0,05%???? terlalu keras tak utk kulit sensitiv?

    q juga sharing sih sama mba mizha >>http://mizhasbeautydiary.blogspot.com/, senangnya menambah teman dan pengetahuan masalah skincare.....
    yuhuuuuu..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nda (panggilannya, Nda atau siapa? :D)
      Aku nggak tau pembersih apa yang cocok untuk kamu. Kalau aku udah cocok banget sama Sariayu Anti Acne.
      Oh ya, kenapa nggak boleh pakai pembersih ponds? Aku nggak tau kandungan pembersih Ponds karena belum pernah pakai rangkaian skincare Ponds.

      Efeknya memang lama. Soalnya skincare kan memang investasi, bukan magic yang tiba2 bisa kelihatan hasilnya :D. Kalau baru sebulan, kayaknya coba habisin 0,025% dulu deh. Aku pilih 0,05% karena udah lamaaaa pakai 0,025% dan lagi pengen ngilangi beruntusan. Tapi kalau tube yang ini habis, aku kayaknya sih mau balik ke 0,025% aja, lebih nyaman dan nggak rentan iritasi.

      Iya, Mizha kayaknya lebih tepat untuk jawab pertanyaan mengenai ini. Karena itu emang bidang yang dia pelajari :D

      Delete
  24. ia mba panggil nda wae.
    huehue

    iya aq si jg ga cocok sama produk ponds.
    q taunya juga dari salah satu blog,
    http://bobyfahlevi.wordpress.com/2010/02/20/vitacid-si-obat-jerawat-multi-fungsi/
    jadi klo qt pake vitacid jangan pake yang neko2, n jgn pake kosmetik juga.
    qw lg pake sabun dettol skincare

    cuma mba mizha lg pendidikan jd dah lama dia ga ngeblog lagi dewh.
    gpp kan qt sesama pemakai tretinoin, saling sharing biar lebih paham begonoh.heuheu
    yo to?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow, aku malah belum baca blog itu. Tengkyu yak udah share linknya :)

      Iya memang sih seharusnya pemakaian tretinoin nggak di barengi dengan kosmetik apapun. Tapi semua tergantung kondisi kulit masing-masing juga. Coba rasain sendiri kondisi kulitnya, trus pilih2 deh mana yang cocok dan mana yang enggak :D.

      Iya Mizha lama nggak ngeblog nih :(. Aku juga merasa kehilangan arah nggak ada dia *lebay*, Soalnya dia termasuk salah satu skincare guru yang bisa diandalkan. Hahaha...

      Delete
  25. oooo...
    githu yo mba,
    sepsep.
    makanya kulitku tu super sensi, gara2 dulu didokter, disedot2 gt, e jadi ngebekas2 mba, hiksss.
    Ga PD tingkat tinggi rasanya.

    hummm, ia coba liat yak link diatas, syp tau nambah ilmu dirimu.
    heheu

    ia q dah lama bgt liat blog dia terus tp nda ada postingan ya.
    hummm, sabar menati sang suhu.

    ReplyDelete
  26. halo mau tanya nih, kalo pencuci muka yang sekiranya cocok dan aman dipakai ketika memakai vitacid, merk apa ya soalnya sy memang pemakai vitacid tp blm nemu pencuci muka yg cocok..kira2 ada rekomendasi ga ..mksih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tergantung kondisi kulit. Cari aja pencuci muka yang bahannya mild. Aku sih pakai Sariayu Anti Acne. Tapi beberapa orang nggak suka karena mengandung sulfur.

      Delete
  27. hallo mbak, mo tanya donk..
    mbak kalo pake treti pake ke leher juga ga?
    trus kalo d combine ama EMC kira2 aman ga ya mbak?

    mkasih loh yaa..
    blog mbak bner2 informatif deh..
    sukses terus yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, makasih yak ;)

      Aku nggak sampe leher, cuma di muka aja. Bagian mata, sekitar mulut, & bagian yg lagi iritasi atau luka atau bagian yang lagi keriiing banget aku lewatin.

      Aku gag tau aman atau nggak. Tapi banyak kok yang combine sama EMC. Kalau aku bukan masalah nggak aman, tapi emang nggak cocok sm EMC :D

      Delete
  28. mbaaaaakk..
    mau nanya boleh yaaa ,
    kalo mbak waktu pertama kali pake tretinoin skin care nya apa aja?
    dr mulai facial foam sampe sunblock nya pkknya semuamuanya deh..
    trus mbak pake nya slama brapa lama sampe ada hasil nya?
    bnran bikin tipis kulit ya mbak?

    makasih loh ..
    maap byk nanya aku masi newbie soalnya..

    makasi yaa mbak arum yg cantiiikk ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo anonim. Kalau skincare routineku, udah aku post di sini: http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/biarpun-muka-saya-cuma-begini-begini.html. Dan rasa2nya gag begitu banyak perubahan kok.
      Wah, berapa lama ya? Di aku sih berubahnya gag drastis. Jadi gag begitu kerasa. Kerasanya pas ada org komen kalau mukaku bagusan. Lupa juga setelah berapa lama.
      Iya sih, keras, jadi bisa bikin iritasi. Kalau kerasa efek iritasi/kulit menipis, mendingan dikurangin aja kadarnya dan pemakaiannya di pertipis :)

      Delete
  29. hai mba ,
    aku kireina ,
    boleh tanyatanya gaa hehe

    kalo menurut mbak ,
    pemakaian treti ini musti kudu wajib di awasi dokter ga?
    kalo ga, gmana?
    apa efeknya?

    trus kan kata mbak, sabun wajah sariayu mngandung sulfur, sdangkan treti katanya kan ga boleh pakai dulu skin care yg mengandung sulfur dll.
    nah itu gmna ya mbak?
    soal nya aku pake sabun wajah sariayu itu dan udh cocok bgt .
    tp pngen cobain tretinoin tp takut knpa2 kalo pake sabun sariayu itu *haduhjadibinun
    hehe

    mohon pencerahannya ya mbaaa :)

    makasih mbak cantik~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kireina..
      Aduh, aku bukan ahli skincare lho :D, jadi yang cocok di aku belum tentu cocok di org lain.

      Selama ini aku pake treti dan sabun jerawat sariayu sih oke2 aja. Nggak masalah. Semua tergantung kondisi dan "ketahanan" kulit masing2 orang kok. Mungkin aku termasuk yang nggak sensi kulitnya, jadi masuk.

      Sebaiknya memang di awasi dokter sih. Soalnya itu tergolong obat, bukan kosmetik.

      Delete
  30. hai nih aku eva lagi ... Hehe ,, ku udh 1bln 10 hari nih pke vitacid 0,025% , pmbersihnya mustika ratu facial peeling soap, sunblocknya pke wardah,parasol atau latulipe (gantian) & pke glycore 10% sblmnya (sbg plembab) , Tpi knp yaa koq blm ada prubahan yg signifikan (hehe) , jrawat smpet bnyak datang (mungkin purging kynya) skr sih mndingan, tpi muka ku koq msih kusam & jrawat2 kcil spt bruntus msih betah ga ilang2.. mlh wrn kulit muka ku spt menggelap pdhl sunblock ga prnah absen ...yg ku mau tny Kmu prnh ngalamin gini ga wktu awal2 pke treti,apa prlu ku naekin aja ya kadarnya pke yg 0,05% ? Oyaa kira2 bs ga ya dicombine sm obat jrawat lain ? kira2 apaan ya ? Tau ga nm obat jrawat yg bs dicombine sm treti ini... Maaf ya kbanyakan tanya ... Hbis bingung nih sm keadaan kulit ,.... Thankss yaa sbeelumnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eva,
      banyak banget yang menanyakan pertanyaanseperti ini, jadi jawabannya aku post aja ya. Sudah aku tambahkan di postinganku ini. Silahkan dibaca yak :)

      Delete
  31. ok deh .. Makasih yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Maaf yak nggak bisa membantu :D

      Delete
  32. Halo, kak ^^. Tanya nih, kalo pas perawatan tretinoin kan harus pake sunblock, terus pake sunblock semacam Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku sih nggak masalah. Nggak tau deh kalau di kulitmu kaya gimana.

      Delete
  33. slm kenal nih, aku mulai cb nih udh 2 hr.mulai ada reaksinya kemerahan,celekit2 stelah itu hilang.mulai terkelupas nih.apa emang reaksinya seperti itu ya?tlg jawabanya ya.thx adel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Adel..
      Wah kalau kemerahan dan clekit2 gitu berarti iritasi. Itu efek samping, bukan purging. Saranku sih coba turunin dosisnya, atau ngolesnya lebih dipertipis lagi. Bagisn2 yang iritasi dilewatin dulu.

      Delete
  34. aas, sy retno mau tanya nih kalo siangny pke pelembab ponds trs pke bedak itu cukup g? oya klo bisa mbak kasih tau donk langkah2 awalnya sbelum pke vita ato nu, yah cuci muka dlu trs gimana, klo pke milk cleanser g pke tonik trs gmn lngsung cuci muka ato bagaimana mbak sharing donk soalny ak udh beli vitacid 0,025 nih bingung mau gmn pkeny habis baca komen2 d blog ini kykny bnyk bgt yg msti d pakai. . tolong y mbak. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak :)
      Kalau soal step2 udah pernah aku post disini http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/biarpun-muka-saya-cuma-begini-begini.html

      Menurutku sih kalau pakai tretinoin mending jangan pakai pelembab yg mengandung pemutih + harus pakai sunblok. Tapi itu kan tergantung kondisi kulit masing2 orang. Jadi dicoba aja sendiri dulu ya.

      Delete
  35. hai,aku juga lagi pakai vitacid 0,05 sekitar 3 mingguan.nah sekarang lagi masa-masa purging nih...aduhhh jerawat muncul banyak sekali..gak tahan...kira2 sampai kapan ya masa purging ini?apa benar setelah 3 bulan bisa mulus dan tidak muncul jerawat lagi?thks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, coba artikelnya di baca sampai habis ya. Di situ ada keterangan kalau saya nggak akan bisa jawab pertanyaan semacam ini. Thanx ya udah mampir :)

      Delete
  36. hello sekar,aku leni.dulu waktu smu aku jerawatan parah dan berbekas...sekarang setelah menikah sudah bersih tp pori2 kelihatan besar karna bekas jerawat.nah aku udah sekitar 4 bln ini baca2 beauty blogger sekar dkk..akhirnya pingin coba vitacid...nah sebulan pakai yg 0,025 jerawat langsung muncul...besar2 seperti jerawat waktu smu dulu,aku fikir tdk cocok akhirnya ganti yg 0,05 nah sudah beberapa ada yg kempes,tp dibagian pelipis ali masih banyak yg besar dan keras spt ada nanahnya...nah aku mau coba yg 0,1 tp takut tdk cocok?menurut sekar apa aku harus tuntaskan dulu pakai yg lama atau coba yg baru ya?kalau misalnya aku pakai yg lama dengan dioleskan diwajah lalu aku gabung yg 0,1 cuma dibagian jerawat saja, apa itu boleh ya?..trims ya maaf terlalu panjang nihhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo anonim,
      di artikel diatas udah aku jelaskan kalau ada kemungkinan purging saat memakai tretin. Jadi kalau gag siap purging, ya jangan pakai. Dan kalau merasa nggak cocok, lebih baik di hentikan. Apa yg cocok di aku kan belum tentu cocok di orang lain,, soalnya setiap org punya kondisi kulit yang berbeda2.

      Delete
  37. hai hai... ikutan sharing boleh yah..
    Kasusku juga kurang lebih sama, cuma lebih parah sedikit karna aku ketambahan efek samping dari pengobatan pencernaan yang aku jalanin hingga bikin mukaku jerawatan dimana-mana..Dari jerawat kecil-kecil sampe jerwat batu.. Belum lagi flek bekas jerawatnya..
    Saking udah desperatenya ke dokter kulit tapi gak ngaruh-ngaruh akhirnya aku nyoba pake tretinoin ini. Awalnya aku pake retin-a yang 0,1.. trus ganti ke vitacid 0,1 karna jauh lebih murah tapi konten & efeknya sama..
    Aku udah pake tretinoin ini selama setahun dan puas banget sama hasilnya.. Masa-masa purging pun terbayar hihihi.. Kulitku jadi lebih halus & kenyal,bekas jerawat tandas, pori-poriku jadi lebih kecil.
    Saking amazenya akhirnya aku reseach dr beberapa artikel ternyata fungsi tretinoin ini adalah utk mempercepat regenerasi kulit dan provide kolagen, makanya sangat disarankan untuk treatment anti aging & jerwawat..
    Kalo pake tretinoin ini hindari pemakaian produk kosmetik yang mengandung alkohol, benzoil peroksida & salysilic acid karna bisa bikin iritasi dan sifatnya kontra tretinoin..
    Keep blogging please, i've bookmarked this blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Trap in Wonderland :)
      Thanx banget atas sharingnya. Berguna banget tuh kandungan-kandungan yang kamu share, yang sebaiknya dihindari saat memakai tretinoin. Dan thanx juga sharingnya tentang retin-A dan vitacid, soalnya aku sempet kepikiran mau ganti retin-A, siapa tau lebih bagus gitu, ternyata sama aja :)

      Delete
    2. Sama-sama mbak arum.. :D
      Oiya, satu lagi yang mau aku share, kadang-kadang si tretinoin ini suka bikin kering atau merah-merah menjelang pengelupasan (regenerasi) naah diakalinnya bisa pake produk yang mengandung aloe vera / ketimun karena sifatnya yang soothing & calming buat kulit.. Cuma kebanyakan face mask yang dijual di pasaran itu mengandung alkohol jadi aku prefer bikin sendiri deh..
      Resepnya nyontek cucumber eye pad-nya michelle phan, cuma bedanya aku pakenya semuka.. (ini linknya: http://www.youtube.com/watch?v=BD9TAfFEp9A).. kalo udah selesai dipake, tinggal bilas mukanya pake air dingin..
      DIY mask ini ngaruh banget di aku dan bisa dipake tiap hari karna 100% natural.. :D

      ps: kalo dipakenya sebelum make up-an, makin cakep deh hasil make upnya ;D

      Delete
    3. wow, nice info. Aku taruh di atas aja yah.. Biar pada baca semuanya :)

      Delete
    4. silahkaaan.. semoga membantu juga buat yang lain :D

      Delete
  38. hallo mbak arum. salam kenal yah ^^
    kulit aku yg disamping bibir ini tiba2 kering mbak, ga tau karena baru pake vitacid ato baru pake bbcream..
    kl gitu gmn ya mbak? tolong bantuannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya cari pelembab yang cocok sama kulitnya mbak ika donk :)). Atau mungkin malah nggak cocok sama tretin & bbcreamnya.

      Delete
    2. biasanya kl buat ngilangin kulit iritasi gitu pake apa ya mbak? :D

      Delete
    3. Kalau aku sih kalau lagi iritasi aku olesin EVOO, biar lembab tapi gag perih.

      Delete
  39. Template baru mbak ? Hehe bagus tp aq bingung bacanya ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagianmana yang bikin bingung, yak? Biar aku bisa perbaiki.
      Sebelumnya, thanx yak, masukannya :D

      Delete
  40. mbk q pake vitacid 0.05 dah 1 bulan lebih kok gx da perubahan ea??erawat gampang hilang gampang muncul terus wjahq mngelupas gimna nih p q harus ganti tritenoin nu face

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak tau. Aku bukan dokter kulit je :D
      Tapi kalau sampai wajah mengelupas sih biasanya karena iritasi, dosisnya kebanyakan. Coba turunin %-nya, dan kalau make dikit2 aja.

      Delete
  41. mba aku mau tanya nih aku udh pake vitacid 0.025% 3 minggu lebih itu pakenya on off
    soalnya kalo pake vitacid ga boleh lebih dari 2 minggu
    kalo mau terus pake setelah 2 minggu berhenti minmal 5hari lalu dilanjut lg pake vitacidnya
    muka aku tuh terasa kering banget apalagi skrg lg puasa
    yg terasa keringnya tuh di siang hari didaerah mulut dan mata
    siangnya aku pake sunblock parasol spf 33 tapi tanpa pelembab
    dan cleanser nya aku pake clean n clear oil free yg sabun cair warna kuning
    minta tipsnya donk mba biar kulit ga kering?
    yg bikin risihnya tuh udah kering kulit ngelupas" tipis :(
    mksh mba tolong dijwb ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kering, coba pakai pelembab yang lebih rich. & pakai pembersih muka yang lebih mild.

      Delete
  42. kira" apa ya mba contohnya yg gampang di beli di pasaran?
    soal nya vitacid kan kontra indikasinya bnyak
    mksh mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh...apa yak >'<
      Paling gampang sih cari pelembab yang nggak ada whitening, anti acne, anti minyak dll. Cari pelembab yang fungsinya cuma melembabkan.
      Tapi kalau merekomendasikan merk aku nggak berani nih say..

      Delete
  43. Ternyata sis yg namanya sama ama aku pake tretinoin juga!! Aku juga cintahh sama produk ini!! Cuma waktu awal pakai dulu purgingnya gila-gilaan!! Sampai malu mau kemana2. Thank God it's over.

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahihihi...iya nama kitah samaan. Tapi aku panggilannya Arum :D

      Delete
  44. Mba tanya dong :) Selang-seling make treti sama Gizi ga bikin kulit perih kah? Kok aku make Gizi malah perih minta ampun ya hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak pakai Gizi. Iya, gizi bikin perih.

      Delete
    2. samaaaaaaa....
      aku juga pake Gizi buat cream siangnya dan bikin perih di bagian T...
      tapi waktu pengaplikasian Gizi sel kulit matiku jadi ngelupas kayak daki gitu...
      ga tau harus seneng atau sedih nih... ___-___
      tapi tone wajah jadi lebih cerah setelah itu... cuma emang perih sih,,tapi kutahan aja...
      udahnya ditumpuk ama Parasol SPF 33..jadi adem setelah pake itu...

      Delete
    3. Aku nggak tahan sama perihnya. Ya udah deh aku b erhentiin Gizinya. Cari yang aman-aman aja T.T

      Delete
  45. hallo mbak arum, aku dira! aku pembaca setia nya blog mbak arum nih hehehe, isinya berguna banget buat jd review kosmetik&skin care. mbak mau tanya dong. aku kan mau coba pake tretinoin nih, tapi kulitku lagi masa penyesuaian sama udara baru (dulu aku tinggal di jakarta, berhubung kuliah dapetnya di bandung jadi pindah kesini) jadi ngelupas nggak keruan gitu (ngelupasnya sampai ke eyelid). aman nggak ya kalo aku pake tretinoin sekarang pas lagi ngelupas ngelupas gini? sebelumnya makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Dira. Makasih udah mampir kesini :)
      Wah, aku beneran enggak tau mbak aman atau nggak untuk kondisi kulit tertentu. Tapi kalau aku pakai tretin, efek sampingnya bikin kulit kering sih. Untuk lebih jelasnya, coba tanya ke dokter kulit atau ahli farmasi.

      Delete
    2. kalau sebeluumnya aku pake pelembab dulu kira kira aman nggak ya mbak? aku cuma pake pelembab mawar nya sariayu sih, terus selang lima belas menit aku tumpuk sama si tretinoin nya

      Delete
    3. Wah, aku enggak tauu.. Hehe.. Tapi untuk lebih amannya sih, sebaiknya jangan di campur2. Takutnya nanti ada kontradiksi sama kandungan pelembabnya ^^

      Delete
  46. arum salam kenal,
    mau tanya nih, sampai sekarang masih pake vitacidnya?? rutin???
    pakainya berapa kali sehari? oh iya, pake yang nuface atau vitacid?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonim (?)
      Masih pakai, Nu face 0,025%. Nggak setiap hari aku pakai. biasanya selang-seling aja sama night cream yg melembabkan. Tapi kalau kondisi kulit lagi kering atau iritasi, aku stop dulu pemakaiannya.

      Delete
  47. hai mbak arum slm kenal,
    mw tny nich, tretinoin bsa sembuhin jerawat batu gak??
    soalnya mukaku penuh ma jrawat batu nich..!!
    mohon d bls ya,,
    makasii,,
    tiny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak punya jerawat batu, say. Jadi enggak tau bisa atau enggak :)

      Delete
  48. mbak mw nanya donk...
    mohon pencerahan..:)
    ap siangnya bsa pke parasol spf 33 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siangnya kan memang harus pakai sunblock

      Delete
    2. mksih mbak slam kenal sya yesi..
      klu lagi pake benzolac-cl ap bsa pke Tretinoin ?
      mksih..

      Delete
    3. Hai mbak Yesi..
      Aku enggak tau nih, maklum bidangku bukan farmasi. Mungkin bisa tanya ke dokter kulit atau ke apoteker tempat kamu beli?

      Delete
  49. hai mbak arum baru mau pake vitacid 0.025% pakenya hrs stiap hari yah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak pakai setiap hari. Paling dua hari sekali.

      Delete
  50. mbak arum slam kenal aku sari...
    mbak klu pke vitacid ini cocoknya pke pelmbab ap yah ??
    untuk yg jerawatn ap bsa pke pelembab trs pke sunblock lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mbak sari..
      Gag bisa kasih rekomendasi, kan jenis kulit orang beda2. Kamu cari aja pelembab yang cocok untuk kulit kamu. Aku juga lagi jerawatan kok, tp tetep pakai sunblok. Di aku sih gaapa :)

      Delete
  51. mbak arum, salam kenal.
    mbak udh sethun ini saya pakai cream natasha tp muka saya akhir2 jd kusam, hitam dan berminyak. sampai2 dibilang kucel sm teman2. lbih kusam dr kulit awal saya. pdahal kulit saya trmasuk sawo matang.
    saya mau nanya, apa kalo pakai vitacid kulit saya bisa balik ke kulit normal saya ya mbak? trus apakah selama mbak pake vitacid, warna kulit wajah dan leher mbak jd brbeda ga? takutnya jd putih kyak topeng klo kaya pake cream wajah abal2 atau racikan gt mbak. mkasih yaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih gag bisa. Dia aku sih gag merubah warna kulit. Tapi nggak tau deh di orang lain. Cobain aja mbak :D

      Delete
  52. kak,aku mau nanya dong kalau misalnya pake retin nya itu siang dan malam boleh atau enggak? atau cuma malem aja dan siangnya pake sublock? sunblocknya merek apa? soalnya aku ga pernah pake sunblock jadi ga tau-_- tolong di baless hehehe makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma boleh malem aja pakainya. Siang nggak boleh. Kan udah aku tulis dengan jelas banget di posting diatas :)

      Kalau sunblock banyak kok merknya. Ada dari wardah, la tulip, acnes, bless, ristra, melanox, parasol, skinaqua, dll.
      Aku pernah review sunblock juga disini: http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/sunscreen-review-skinaqua-uv-moisture.html

      Delete
  53. aku dah coba pake vitacid yg 0,025 selang seling sama yg 0,5 .. udah 3 minggu hari 1-4 gag ada purging (jerawat tambah banyak, muka kering ngelupas , perih kaya yg ketarik2 )
    tapi voila sekarang jerewi.a udah jelas bgt berkurang :) dan tekstur wajah jadi lebih licin dan cerah ..
    Tinggal Bekas.a ajjah hhu :)

    ReplyDelete
  54. mba aku coba pake tretinoin yg merk vitacid, walaupun baru pertama kali nyoba aku beraniin pake yg 0,05 soalnya komedo aku amat sangat menggila .. aku share dikit gapapa ya .. hehee
    hari 1 : ga kenapa2
    hari 2 : masih ga terjadi apa2
    hari 3 : mulai purging terutama didaerah t zone
    tempat para komedo bersarang
    sekarang udah seminngu lebih aku pake, dan hasilnya ...
    eng ing eng ..

    komedo ku kaburrrrrrr .. yes aku berhasil .. hohohoho

    ReplyDelete
  55. mbakkkkk. wuahhhhh mau tanya nihhhh. kayaknya kulit wjah mbak mirip ni ama mukaku oily tapi dehidrasi ya? kulit ku juga gt, trus jerawatnya muncul ya kadang2, banyakan pas mau pms, cuma ni ama komedo sama kusamnya buat aku ga nahan, pengen tak basmi segera, aku uda banyak baca soal vitacid, cuma masih binggung mau di pake on the spot saja atau seluruh wajah ya? soalnya nih yang di basmi komedo, komedonya ku hampir si seluruh wajah jadi ga di hidung tok.dihidung, pipi, dahi sedikit, dagu juga ada. kalo jerawat si ada, cuma ya sebiji dua biji doank, kalo lg pms doank banyakan, itu juga ga nyampe yg parah bgt. nah menurut mbak bagusnya di kasi sewajah atau on the spot saja ya? tenkiuuu.

    nanyanya kyknya kepanjangan. jadi malu sndiri, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau komedonya rata, coba semuka aja. Pake yang kadarnya 0,025%. Trus siangnya jangan lupa pakai sunblock :)

      Delete
    2. wihh cepet amir balesnya hagahahah. sunblock yg di sarankan ada ga? ato sunblock apapun bole? kalo komedo purging juga ya mbak? purgingnya jd jerawat ato komedonya tmbh banyak? + mbaknya pas masa purging di pencetin ga tuh jerawat?

      Delete
    3. Kalau sunblock aku pernah review kok. Cari aja. Kalau masalah purging aku gag tau, tiap orang beda2. Aku gag purging.

      Delete
    4. judulnya apa ya mbak? banyak banget, tak cari blom nemu.

      Delete
    5. http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/sunscreen-review-skinaqua-uv-moisture.html

      dan

      http://racuncelle.blogspot.com/2012/04/sunscreen-review-skinaqua-uv-moisture.html

      Delete
  56. Mbak, aku udah 10 hari pake vitacid yg 0,05%. Jerawat tambah banyak, tp cepet kering, muka juga kerasa ketarik2 n agak perih, sempet ngelupas2 juga, terus komedo di idung jadi tambah banyak. Itu termasuk purging, efek samping, iritasi atau ga cocok ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perih itu efek samping. Mendingan di rendahin aja kadarnya. Aku awal pakai perasaan pakai 0,025 deh. Kenapa pada berani pakai 0,05 yak? Aku sih gag mau ambil resiko :D

      Delete
    2. Kulitku badak Mbak, ga mempan pake yg 0,025%. Kalo komedo tambah banyak itu juga termasuk efek samping kah?

      Delete
    3. Nggak mempan? Udah di coba? Eh...ya terserah sih, aku kan cuma share pengalaman. Kulit org kan beda2. Yang jelas nggak ada skincare yg ngasih hasil instan. :D

      Setahuku sih, bentuk purgingnya Jerawat. Aku belum pernah denger yang komedoan.

      Delete
  57. aku masih pemula tapi langsung beli yang 0,05 . masih belum seminggu aku pakai . diterusin atau pindah ke 0,025 dulu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk amannya pindah ke yang kadarnya kecil aja dulu :)

      Delete
  58. permisi mbak,..
    ni aku bru 3 hari nyoba vitacid yang 0,025...
    trus q pke milk nya ponds white beauty sama sabunnya ponds juga yg hitam
    trus ni kenapa kulitq jd merah2 gitu,, terus kalau diusap rasanya agak perih, kna handuk juga sewktu ngeringkan muka habis cuci, kalo ndak dipegang atau ditepuk2 aja sih ndak perih...
    ini efeknya wajarkah? atau harus diberhentikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti itu iritasi. Coba berhenti dulu sampai iritasinya sembuh. Kalau mau pakai lagi, coba lebih tipiiss2 aja makenya. Terus sebaiknya jangan dibarengi dengan produk yang mengandung whitening.

      Delete
  59. masa purging itu biasanya memasuki minggu keberapa mbak ?
    parahnya purging dari tiap tiap bagian apa berbeda ? maksudnya purging pas pakek 0,025 sama 0,05 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reaksinya di tiap orang beda-beda. Aku malah sama sekali enggak ngerasain purging :)

      Delete
    2. Untuk jerawat sama noda bekas jerawat pakai vitacid bisa hilang nggak ?? Thx

      Delete
    3. Bisa. Tapi nggak instan juga. Lama hasilnya.

      Delete
  60. apa harus pakai sabun muka yang tanpa whitening ??
    untuk purging itu biasanya berupa apa saja kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak harus sih. Ya kenali aja kulit kamu. Kalau nggak kuat atau sensitif ya sebaiknya nggak pakai treti dicampur dengan whitening produk.

      Purging bisa jerawatan, bisa beruntusan kecil2, atau muncul komedo :)

      Delete
    2. purgingnya itu berapa lama ?
      ada saran buat mutihin wajah nggak ? usiaku 18tahun

      Delete
    3. Soal purging coba lihat comment2 diatas kamu, sudah berkali-kali dibahas.

      Kalau pemutih, aku sangat nggak menyarankan. Ngapain mutihin kulit? Apapun warna kulit kamu, aku yakin kamu cantik kok. Aku sih nggak pernah pakai pemutih.

      Delete
    4. sebenarnya nggak ingin mutihin wajah, tp kulit muka ku berminyak , jd ngefek banget jeleknya . ada saran mengatasi wajah berminyak ?

      Delete
    5. Pakai skincare yang cocok untuk kulit berminyak aja :)

      Delete
  61. Mbak,.aku jerawat'an nih..sama temenku disaranin pake vitacid,.udah dibeliin yang kadar 0,1..tapi katanya untuk cewek pemula kadar itu terlalu keras ya..bisa dipake gak ya..ato turunin kadar aja..jerawatnya ya lumayan banyak n gede che..gimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, kayaknya terlalu tinggi. Pake 0.025% aja :)

      Delete
  62. Jadi penasaran sama tretinoin stlh baca review mbak. Kalau boleh nanya mbak, aman tidak kalau tidak pake cream ini lagi stlh pemakaian yg lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut artikel2 yang aku baca aman sih. Asal cara pemakaiannya juga bener :)

      Delete
  63. Dear Arum,
    aku pembaca setia blog kamu. Banyak banget manfaat dan inspirasi yang aku dapet dari blog ini. But, untuk soal Tretionin ini, sebaiknya Arum mulai mempertimbangkan kembali. Apalagi Arum calon manten.. calon istri.. dan calon ibu, InsyaAlloh :)

    Memang setiap obat punya batas aman. Dan pertimbangan terapi dilakukan berdasar pertimbangan soal manfaat. Jika manfaat yang diberikan obat lebih besar daripada efek sampingnya, maka terapi bisa direkomendasikan. Ini berlaku untuk semua kondisi dan amat dikhususkan pada pasien hamil dan menyusui. Kenapa? Karena kondisi hamil dan menyusui itu spesial. Ada makhluk mungil yang ikut tumbuh bersama kita di dalam perut.. menerima pasrah apa yang dimasukkan ibunya ke dalam tubuh. Makanan, minuman, musik, dan juga obat-obatan.

    Sebenernya, tretionin atau asam retinoat itu sendiri adalah pengobatan untuk jerawat.. bukan perawatan harian. Aku masih mencari kebenaran informasi soal tretionin ini mengeringkan rahim (kurasa ini hoax sih) tapi yang jelas, obat apapun, bahkan yang bentuknya sediaan topikal (dioleskan di permukaan kulit) bisa masuk ke pembuluh darah. Di bawah permukaan kulit kita ada pembuluh darah kapiler yang sangat lembut.., zat aktif apapun yang dioleskan di permukaan kulit bisa masuk ke pembuluh ini dan ikut beredar ke dalam darah.

    Pada kondisi ga hamil dan ga menyusui, tretionin aman karena darah akan kita pake sendirian. Tapi kondisi hamil dan menyusui, ada si kecil yang ikut hidup pake darah kita. Nah, peringatan di label kemasan tretionin ini didasarkan pada hasil penelitian bahwa tretionin ini bisa tertransfer ke janin.. dan berpotensi mengakibatkan kecacatan (teratogenik).

    Mungkin Arum bisa mempertimbangkan untuk mulai menurunkan dosis, dan beralih ke produk alami atau bahan-bahan alami.. terutama jika nanti Arum segera hamil setelah menikah.

    Demikian kiranya, semoga diterima sebagai bentuk sayang sesama wanita penyuka make up dan sesama calon ibu.. :)

    Salam sayang,
    Arun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Arun
      Thanx banget yah atas masukannya :').
      Sesama calon ibu? Wah..selamat *hug*

      Iya, mungkin lupa kutambahkan di post. Aku juga gag merekomendasikan ini sama sekali untuk wanita yang hamil, program hamil, akan hamil dan menyusui. Dan memang aku juga sudah mulai stop, karena mau menikah. Calon manten gitu. Hikhik...

      Thax ya, calon ibu :*

      Delete
  64. Hi Arum;) Salam kenal --------------> (cantik gt kok namanya racun siiie--")
    Aku Cici, 25 tahun, hehe

    Baru aja search di google nemu blog kamuu;) *kisskiss*.

    Jadi gini nie, aku sdh kerja sie, dosen, naaaaah, aktivitas lapangan bikin mukaku belang kaya hiperpigmentasi gitu, g rata warnanya.

    Lgs aku capcus ke ERHA (cari SpKK gt, hihi). Dikasih GLYCORE 8 sama SUNBLOCK. Sdh seminggu pake, lumayan hasilnya: cerah meski blm rata semua, cuma aku kaya iritasi dan kering di sekitar bibir, itu normal g sie?

    Agak merah2 gt juga, apa itu PURGING? Gmn nyembuhkannya?
    GLYCORE itu kan ACID y, jadi pas dipake agak cekit2 gt.

    Nah, aku mau tanya, mending aku beli TRETINOIN atau teteap ke klinik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, bu Dosen :D

      Wah, maap. Aku nggak tau karena nggak pernah pakai Glicore. Tapi menurutku sih kalau skincare bikin clekit2/iritasi, ya berarti berlebihan. Harus dikurangin kadarnya aja :D

      Aku juga nggak berani rekomen lah harus gimana. Bukan bidangku ^^.

      Delete
  65. helo mba salam kenal ... saya udah pke vitacid 0.025% tapi saya setiap hari gak pke sunblock soalnya kan saya kerja didalam ruangan terus jrang kena sinar matahari. saya harus tetep pke sunblock atau gak yh mba,, ?

    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)
      Katanya sih walau kita di dalam ruangan, tapi tetep harus pakai sunblock, mbak. Soalnya sinar mataharinya kan tetep masuk, jadi tetep ada efek buruknya. Begicyu :)

      Delete
  66. Hai mbak, saya sekalian bagi pengalaman yah, kalo saya jerawatnya begitu banyak dan sudah bertahun dan saya sudah kedokter kulit malah makin banyak setelah gak dipake obatnya, trus gue tanya ke apotek dikasih medi-klin ternyata jreeeenggg langsung breaksi agak gatal tapi langsung kempes tu jerawat. Siapa tau ada yang mau coba. Tapi ini tergolong obat keras jadi saya gak bisa jamin cocok sama kulit yang Lain.

    Saya mau tanya ngilangin bekas jrwat vitacid + sabun asepso cocok gak ya?
    Takut coba yang gak pasti, takut kumat jerawatnya =D

    Dijawab ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, profesor (?)
      Mediklin ampuh ya? Thanx atas sharingnya.

      Katanya sih vitacid bisa buat ilangin bekas jerawat. Kalau sabun asepso kurang tau. Nggak tau juga prof, aku jarang jerawatan sih soalnya.

      Delete
  67. Mba Sekar, salam kenal y. Mba, anak ku jerawatan tp kecil2 kek jerawat batu gt. Uda pernah ke dktr kulit tp krn gk rutin pake obat ny gak sembuh. Mau cb obat yg murah hehehe... Apa bs ya bt jerwt batu gt? Bt remaja blh? Apalg anakku cwo, yg males perawatan. Mohon info. Tx yaa

    ReplyDelete
  68. Mba Sekar, salam kenal y. Mba, anak ku jerawatan tp kecil2 kek jerawat batu gt. Uda pernah ke dktr kulit tp krn gk rutin pake obat ny gak sembuh. Mau cb obat yg murah hehehe... Apa bs ya bt jerwt batu gt? Bt remaja blh? Apalg anakku cwo, yg males perawatan. Mohon info. Tx yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku gag tau mbak K. Pas remaja aku ga pake tretin sih ya. Coba tanya ke dokternya aja, bisa atau engga

      Delete
  69. wah baru nemu nih postingan yg satu ini .. hehe :D
    q pngn coba tuh, soalnya sejak gk pke krim dokter jdi galau pake apa .. :D
    kalo siang bsa pke foundi gk y ?? atw gmna nih klo siang ? mhon bantuannya .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm...bisa kayaknya. Kayaknya lho ya :D

      Delete
  70. akujuga pake tretinoin hampir 5 bulan yg lalu, awalnya muka aku rusak gara2 cream dokter kecantikan, jerawatan kaya infeksi bernanah gitu, trus waktu PKL jerawat tambah parah gara2 keseringan pake masker, mungkin panas lembab gitu, trus saking frustasi nya sama kondisi muka, iseng2 ke mall cuci mata, trus ga sengaja lewat drugstore, niatnya awalnya sih mau ke thebodyshop yg ada dsbelahnya tp ga jd karena merasa isi dompet ga mencukupi, trus di drugstore aku iseng nanya sama yg jaga, obat jerawat yg bagus apa mba, trus dikasih Retin-A sama mbanya, aku tanya harganya berapa dia bilang 78rb, dan aga jleb juga salep kecil semahal itu, karena tengsin akhirnya aku beli juga tu tretinoin. 1 hari 2 hari 3 hari aku aga takut make itu salep, trus aku putusin ke dokter kulit Sp,KK bukan yang kecantikan, trus dsna aku dikasi obat buat diminum, day cream sama night cream, sama cream anti iritasi, tp setelah 5 hari make muka aku kusam banget,, uda jrwtn kusam lg, ga sangup deh, ketemu pacar jua males, trus akhirnya aku putusin nekat pake si Retin-A itu, tiap hari aku pake dan skrg alhamdulillah jerawatnya uda ga ada, kalo pun ada paling pas mau haid.. dan yg bikin kaget bekas jerawat yg hampir jd scar skrg uda mulus kek jala tol, hehee skrg malah banyak yg nanya aku pake apa soalnya uda jauh lebih better dari yg dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini siapa ya?
      Makasih ya udah sharing :D

      Delete
  71. Hey rum thanks yah infonya :-) itu vitacid nama merknya ya? Yg mngandung tretionin? Klo sublocknya buat pagi bagusnya apa ya? :-) tengkyuuu ^^
    Oh ya kenalin aq amel :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Amel :)
      Iya Vitacid nama merk krimnya. Bisa juga cari Retin-A atau Nuface. Kalau sunblock apa aja oke lah, tergantung kecocokan masing2 kulit. Dipasaran atau di apotik banyak kok. Tinggal pilih :)

      Delete
  72. hey rum makasih informasinya sangat menarik :), saya juga skrng sedang pakai vitacid yg 0,025% dibarengi dgn erythromycin acne specific gel 2% dan sabun muka yg dikasih resepnya sama dokter dan alhamdulillah dlm seminggu jerawatnya dikit2 ilang trus muka keliatan lbh halus. trus kalo pake vitacid bisa untuk ngilangin flek hitam yg bekas jerawatnya jg gk? ketika pake vitacid di malam hari itu, siang hari nya boleh maskeran dgn teh hijau jg gk? mohon infonya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ini siapa ya? :D
      Tolong sebut nama dulu yak ;)

      Delete
  73. Replies
    1. Halo Sabila :D
      Katanya sih, katanya lho ya, bisa buat bekas jerawat. Tapi ya nggak instan. Pelan-pelan.

      Terus kalau soal masker teh hijau, aku enggak tahu. Kamu cobain deh, semisal nggak ada sensasi perih atau gimana gitu, kayaknya sih oke2 aja.

      Delete
  74. oh ok, mau nanya lagi ya, cuma pas pake vitacid kadang2 kulit wajah suka gatel, itu knp ya? reaksi balik ato gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm...gag tau lagi :D. Maappp. Di aku enggak gatel soalnya pake Vitacid.

      Delete
    2. setelah hampir 2 minggu saya pakai jerawat saya ilang tp kulitnya kok kering kayak abis kebakar gitu ya, sebelumnya pas pake vitacid dan erythromycin acne specific gel 2% yg bwt khusus jerawat aja itu terasa perih di wajah, sebaiknya dilanjutkan aja atau di stop sementara dulu?

      Delete
    3. Iya, tretin memang bikin kering. Kalau soal kebakar, aduh aku kurang tau. Aku nggak ngalami soalnya. Mendingan konsul ke dokter kulit deh :D

      Delete
  75. hai sist, aku tertarik sm topik di blog ini, aku mau nanya, apa pemakaian krim ini aman meski tanpa resep dokter? aku penasaran sama sharing'annya kok hasilnya bagus, tp takut juga jangan2.... (thx before, Ria)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tanpa resep dokter sih. Menurutku selama kulitnya ga bermasalah, makainya ga berlebihan, persennya ga berlebihan, dan selalu pakai sunblock paginya ya oke2 aja. Tapi lebih baiknya kalau ada langganan dokter kulit tanya deh :)

      Delete
    2. iya sist, aq takut kaya babyface RDL dulu, kan booming bgt bikin kulit mulus n putih eh ternyata mengandung hydroquinon dg kadar yg di atas aman. skrg sih aq lg perawatan sm dokter kulit, tp hasilnya belom kliatan. Eh btw, dari foto kemasan vitacid & tretinoin yg km upload itu ada lingkaran merah dg huruf K, stlh aq searching ternyata itu kode untuk golongan obat keras yang hanya dapat dibeli di apotek dg resep dokter @_@

      Delete
    3. Lhah, itu lagi perawatan sama dokter.. :D :D
      Ditanyakan aja ke dokternya, jeng. Kalau takut, ya enggak usah dipakai.

      Delete
    4. hahaha.... ke dokter banyak duit, lama lg hasilnya :D

      Delete

Komen yang tidak sopan tempatnya hanya di folder spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...