Review Indoganic Rose Essence C, Super Lembap dan Mencerahkan

No comments

review indogamic rose essence c

Kalau ngomongin skincare lokal dengan kandungan Vitamin C, menurut saya Indoganic masih masih jagoannya. Indoganic Brightening Vitamin C Serum itu masih jadi serum vitamin C ter-ces-pleng versi saya. Karena saya sudah nyobain beberapa vitamin C serum dari brand lain, dan memang yang paling nyata dan paling cepet hasilnya di kulit saya, sejauh ini masih Indoganic. 

Makanya pas denger kalau Indoganic bikin skincare dengan vitamin C lagi, yang kali ini dalam bentuk essence, yaitu Indoganic Rose Essence C, saya langsung gas! Malakin dulu sebelum launching hehe... Dari hasil memalak ini makanya saya udah bisa cobain lebih dulu jauh-jauh hari sebelum launching.


Vitamin C

Vitamin C merupakan ingredient favorit saya. Makanya dibandingkan dengan actives yang lainnya, saya paling sering coba-coba Vitamin C. Sudah ngelotok lah ibaratnya. Kulit saya memang kelihatan smooth dan cerah kalau pas lagi rajin pakai dan cocok sama produk yang pakai ingredient Vitamin C. Kalau habis liburan dan kulit menggelap, andalan saya buat ngembaliin tone kulit sekaligus bikin kulit sehat lagi, ya Vitamin C.

review essen c vitamin c essence indoganic

Ini dia beberapa manfaat dari Vitamin C dalam skincare:

  • Meningkatkan produksi kolagen.
  • Memudarkan pigmentasi dan dark spot.
  • Mengandung antioksidan tinggi. Jika dipakai dibawah sunscreen, akan memperkuat kerja sunscreen dan meningkatkan perlindungan terhadap UV.
  • Mencerahkan kulit

Yang bikin saya luv sama Vitamin C adalah dia bikin kulit saya cerah yang radiant, masih ada ronanya. Cerah tapi glowing dan kelihatan sehat (tidak seperti Alpha Arbutin yang bikin kulit saya terlihat putih dan pucat). Dan juga, Vitamin C ini adalah ingredient yang pakainya nggak usah mikir. Mau dipakai siang hari, malam hari, di-layer pakai apapun juga nggak masalah.

Jadi, memang dari dulu ingredient Vitamin C adalah ingredient andalan saya. Dan Indoganic Brightening Vitamin C Serum masih yang terbaik di kelas serum Vitamin C dari brand lokal. Makanya seseneng itu saya nyobain Indoganic Rose Essence C.


Ingredient Indoganic Rose Essence C

ingredients indoganic rose essence c

Aqua, Rosa Damascena Flower Water*, Propanediol, Niacinamide, Betaine, Inositol, Ascorbyl Glucoside, Gluconolactone, Sodium Bicarbonate, Butylene Glycol, Disodium Phosphate, Sodium PCA, Glycerin, Sodium Benzoate, Sodium Hyaluronate, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Citric Acid, Potassium Sorbate, Dipotassium Glycyrrhizate, Calendula Officinalis Flower Extract, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Polyglyceryl-6 Caprylate, Polyglyceryl-4 Caprate, Viola Mandshurica Flower Extract, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Sorbic Acid. *Ecocert Certified

Bahan-bahan yang jadi jagoan di sini adalah:

  • 2% Vitamin C: menggunakan Ascorbyl glucoside yang lebih stabil. Jadi nggak perlu masuk kulkas.
  • 4% Niacinamide: Si serba bisa sebagai antioksidan, menjaga skin barrier, mencerahkan, dan mengontrol minyak dan pori.
  • Rose hydrosol: antioksidan dan antimicrobial
  • PHA: super mild exfoliation.

Selain itu, banyak juga ditambahkan bahan-bahan yang sifatnya menghidrasi dan menenangkan kulit seperti Betaine, Sodium Hyaluronate, Cica, dan lain-lain. Dan juga ada 8 botanical extract yang kaya akan antioksidan.

Dan seperti biasanya, Indoganic selalu mengusung konsep clean beauty, yaitu menggunakan bahan-bahan yang non toxin, eco-friendly, sustainable, dan cruelty free. Tidak membahayakan tubuh kita, namun juga tidak berbahaya bagi lingkungan. Luv!


Tekstur dan Aroma Indoganic Rosse Essence C

review essence indoganic rose essence c

Pas saya bilang kalau essence ini super lembap, banyak yang mengira kalau teksturnya kental agak gel-ish serum-y. Tapi enggak, gais. Ini teksturnya cair, mengalir sepert air. Memang tentu lebih kental dari air biasa, namun masih tergolong cair ya, nggak gel-ish.

Tapi walau cair, kelembapannya memang luar biasa. Kulit kering saya menangys bahagia ketemu essence ini. Flaky-flaky di beberapa area karena dehidrasi langsung hilang sekejab. Kulit juga kelihatan plump banget karena kenyang air. 

Tapi side effect-nya tekstur super lembap ini memang agak lengket. Di kulit wajah saya sih, nggak terlalu terasa lengket ya. Malah nyaman. Tapi saya ngerasa kalau habis pakai ini, telapak tangan dan jari-jari saya memang agak lebih lengket. Ini bisa diakali dengan menggunakan kapas sih (jenis yang seperti Silcot). Lalu pakainya bisa dikompres dengan tehnik CSM atau ditepuk-tepukkan ringan saja.

Aromanya sangat enak, seperti aroma produk herbal dan mewah, mengingatkan saya dengan aroma ala skincare highend Korea yang mengandung ginseng begitu. 


Kemasan Indoganic Rosse Essence C

review essence indoganic rose essence c

Selain aromanya mewah dan vibe-nya kayak skincare highend Korea, packaging-nya pun begitu! Dikemas dalam botol pump yang terbuat dari kaca gelap yang tebal dan kuat. Kuat ya. Pernah kebanting dan nggak pecah. Tapi ya jangan dibanting juga. Desainnya juga simpel dan elegan.


Cara Pemakaian Indoganic Rosse Essence C

Review Indoganic Rose Essence C

Seperti yang sudah saya jelaskan, produk ini cair tapi kelembapannya memang ekstra. Awal-awal dia datang, saya pakai Indoganic Rose Essence C ini sebagai first essence, dan udah nggak perlu hydrating toner lagi karena udah cukup lembap. Namun kemudian saya coba pakai hydrating toner dulu yang teksturnya lebih ringan, ternyata penyerapannya jadi lebih enak dan nggak selengket kalau dipakai langsung ke kulit wajah. Jadi saya merekomendasikan pakai hydrating toner dulu ya. 

Di kulit kering saya, Indoganic Rose Essence C jadi teman baik untuk skincare rutin pagi maupun malam. Malahan dipakai pagi, makeup saya jadi lebih nempel dan awet. Pakainya juga cukup 2-4 pump saja, udah cukup untuk seluruh wajah dan lembapnya udah dapet. Tapi kalau kulitmu berminyak dan merasa ini terlalu rich, bisa pakai malam hari saja.

Untuk slot pemakaiannya seperti ini:

Exfoliating Toner (bila pakai) - Hydrating Toner - Indoganic Rose Essence C - Serum (bila pakai) - Cream Moisturiser - Sunscreen (untuk siang)

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di post ini ya: Paduan 10 Step Skincare Rutin

Indoganic Rose Essence C

Saya sendiri merasa, penggunaan essence ini cukup bikin skincare rutin saya jadi lebih simpel. Kulit saya udah cukup lembap, jadi saya nggak perlu pakai hydrating serum lagi. Hydrating toner yang saya pakai juga cukup 1 layer, nggak perlu 7 skin method. Face oil juga sangat optional, karena saya merasa kulit saya sudah lembap.

Tapi kalau kamu suka pakai face oil dengan metode Scrambled Oil, Indoganic Rose Essence C ini menurut saya pas banget deh dipakai sebagai campuran face oil. Karena teksturnya yang rich ngimbangin tekstur oil, dan bikin kulit lembabnya maksimal.


Indoganic Rose Essence C Vs Indoganic Brightening Vitamin C Serum

Essence Vitamin C Indoganic

Seperti yang udah kita tahu, Indoganic punya 2 produk yang memiliki kandungan utama Vitamin C. Dan ketika saya buka QnA di instagram story @racunwarnawarni, memang banyak yang tanya perbedaannya. Untuk catatan dulu, Indoganic Rose Essence C bukan merupakan pengganti Indoganic Brightening Vitamin C Serum ya. Keduanya adalah produk yang berbeda, dengan tekstur berbeda, dan dipakai di slot yang berbeda.

Indoganic Rose Essence C dan Indoganic Brightening Vitamin C Serum bisa dipakai sendiri-sendiri, maupun di-layer untuk mendapatkan hasil kulit cerah dan glowing yang maksimal. 

Nah, ini dia perbedaannya:

  1. Indoganic Brightening Vitamin C Serum menggunakan vitamin C dalam bentuk L-Ascorbic acid, sementara Indoganic Rose Essence C menggunakan Ascorbyl glucoside yang lebih stabil. Itulah kenapa, untuk penyimpanan, Rose Essence C lebih mudah dan nggak perlu dimasukkan ke kulkas.
  2. Teksturnya sama-sama cair, namun untuk feel di kulit, Indoganic Rose Essence C terasa jauuhh lebih dasyat lembapnya. Makanya Indoganic Rose Essence C ini bagus banget untuk booster serum, karena kulit yang terhidrasi dengan baik, akan lebih mudah menyerap skincare selanjutnya.
  3. Untuk efek mencerahkan, saya merasa Indoganic Brightening Vitamin C Serum lebih cepat kerjanya.
  4. Saya lebih suka aroma Indoganic Rose Essence C yang herbal dan terkesan mahal. Kalau Indoganic Brightening Vitamin C Serum aromanya menurut saya sih nggak enak, seperti ada aroma bawang putihnya (karena ada kandungan Galactomyces).
Kalau tertarik dengan Indoganic Brightening Vitamin C Serum, review lengkap sudah saya tulis di sini: Review Indoganic Brightening Vitamin C Serum, Serum Vitamin C Terbaik dari Brand Lokal


Review 1 Bulan Pemakaian Indoganic Rose Essence C

Efek yang paling saya rasakan dari essence ini adalah efek hidrasi dan kelembapannya. Kadar kelembapan kulit saya meningkat pesat, jadi otomatis bikin kulit saya lebih kelihatan sehat, kenyal, dan glowing. Dry patch area atau area-area yang teriritasi  juga udah nggak pernah saya temui lagi selama penggunaan Indoganic Rose Essence C. Dan karena lembapnya juga, saya merasa serum, moisturiser, dan skincare-skincare lain yang saya aplikasikan setelahnya jadi lebih enak penyerapannya ke kulit.

Tapi herannya, walau sangat lembap, dia nggak memicu jerawat saya sama sekali dan nggak bikin kulit kusem kalau pas dipakai di siang hari. Malahan saya udah jarang jerawatan lho sekarang, dan kulit rasanya lebih cerah. Walau efek cerahnya memang nggak secepat Indoganic Brightening Vitamin C Serum, namun saya tetep merasakan efek itu. Kalau bangun pagi langsung ngaca, terlihat warna kulit lebih cerah dan juga glowing. Luv!

Indoganic Rose Essence C ini mengandung PHA atau Gluconolactone, namun saya sendiri nggak merasakan efek tingling sedikitpun. Yang saya rasakan ketika pemakaian cuma lembap. Jadi seminggu dua kali, saya tetap memasukan exfoliating toner atau exfoliating serum yang biasanya saya gunakan.


Kesimpulan

Baru kali ini saya menemukan essence dari brand lokal, yang daya lembapnya nggak main-main. Performanya untuk mencerahkan dan mencegah jerawat juga bagus banget! Kalau kulit kalian kering kayak saya, saya yakin bakalan langsung cocok sama Indoganic Rose Essence C.

Bisa dipakai sebagai booster sebelum Indoganic Brightening Vitamin C Serum, kalau pengen hasil maksimal untuk mencerahkan kulit. Bisa dipakai single use, untuk ngasih asupan vitamin C ke kulit setiap harinya, sekaligus melembapkan.

Untuk pemilik kulit berminyak, saya kurang bisa memberikan pendapat ya. Seandainya essence ini dirasa terlalu rich di kulit berminyak, menurut saya sih bisa dipakai di malam hari saja. Agar pas bangun pagi kulit lembap dan kenyal. 


Harga Indoganic Rose Essence C

Harga Indoganic Rose Essence C

Indoganic Rose Essence C ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu 60 ml dan 20 ml, dengan harga:

  • Rp 159 000,- / 60 ml
  • Rp 79 000,- / 20 ml

Jadi untuk yang suka traveling, atau kalau mau nyoba dulu karena belum yakin langsung cocok, bisa coba ukuran kecil dulu. 


IG: @Indoganic_official
Website Indoganic Beauty

No comments

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.