Lucensse, Luxury Essential Oil dari Brand Lokal

8 comments

Lucensse, Luxury Essential Oil dari Brand Lokal

Saya baru kenal essential oil (EO) setahun belakangan ini. Ya semenjak pandemi ini sih. Dan ternyata saya memang nggathuk sekali dengan essential oil. Selain pada dasarnya saya suka segala hal yang wangi-wangi, saya juga mendapati banyak manfaat dari essential oil. Hampir semua aktifitas keseharian saya, yang mostly saya lakukan #DiRumahAja semenjak pandemi, pasti ditemani dengan racikan essential oil ala saya.

Essential oil yang saya gunakan kebanyakan produk lokal. Saya memang berusaha banget untuk bisa selalu support brand lokal, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Awalnya niatnya itu aja sih. Tapi lama-lama saya malah kagum sendiri, karena banyak nemu essential oil lokal yang kualitasnya bagus dengan harga yang terjangkau dibandingkan brand impor. 

Salah satu brand yang saya temukan, dan sukses bikin saya jatuh cinta adalah @lucensse. Pas pertama kali cium Lavender-nya, wah, heavenly! Saya langsung suka dan langsung kepikiran bahwa saya harus edit blogpost saya yang ini. Soalnya essential oil favorit saya jadi berubah urutannya karena ada Lucensse.

Oh iya, postingan saya kali ini juga didukung oleh Lucensse ya. Tapi semua pendapat yang saya tuangkan, adalah benar-benar jujur dari hati. Saya sudah merasakan sendiri manfaat Lucensse. Dan saya juga ngobrol-ngobrol langsung dengan owner Lucensse, dan dapat beberapa insight soal essential oil. Jadi harapan saya sih, blogpost ini selain mengenalkan Lucensse Essential Oil yang memang kualitasnya bagus, juga ada sisi edukasi soal essential oil secara keseluruhan.


Cara Memilih Essential Oil yang Berkualitas

Cara Mengetes Essential Oil Murni dan Campuran

Saya harus mengakui sih, bahwa nggak semua brand essential oil yang saya coba kualitasnya baik. Kadang bahkan saya merasa bahwa brand tersebut nggak murni. Setelah mencoba banyak brand, saya memang kadang bisa dapet feeling kok mana yang beneran essential oil dan mana yang campuran fragrance oil. Rasanya beda aja. Kalau essential oil, rasanya lebih nyaman di hidung dan badan, nggak mlepek, aromanya khas banget, dan nggak ada bau tengik setelahnya. 

Selain dari feeling, ada beberapa cara juga untuk membedakan essential oil murni dan campuran. Ini saya dikasih tahu oleh kak Kiki. Caranya:

  1. Teteskan langsung ke tangan
    Essential oil pada umumnya punya karakteristik watery. Jadi ketika menyentuh kulit rasanya ringan. Ditunggu sebentar biasanya akan meresap ke kulit tanpa meninggalkan rasa licin dan lengket. Namun tidak dingin ya. Kalau terasa dingin, ada kemungkinan dicampur dengan alkohol (kecuali Peppermint yang dari sananya punya karakter dingin).
  2. Teteskan pada kertas HVS dan tunggu 30 menit
    Essential oil murni tidak akan meninggalkan jejak sama sekali pada kertas kecuali jejak aroma. Jadi kertas tetap terlihat baru seperti sedia kala. Sedangkan essential oil campuran, meninggalkan jejak kekuningan atau jejak bergelombang pada kertas.
Nah, dua cara tersebut adalah cara awal tersimpel untuk tahu kemurnian essential oil. Namun kalau mau yang lebih akurat, tentu harus diuji di lab. Ya kayak jodoh lah, emang nggak semudah itu untuk tahu secara pasti bibit-bebet-bobot-nya, tapi kan pasti kita punya standar untuk seleksi awal.


Manfaat Essential Oil

manfaat essential oil

Essential oil murni memang lebih mahal dari fragrance oil, namun memang dipercaya punya banyak khasiat Therapeutic. Lalu essential oil juga lebih aman dan nggak toxic. Saya sendiri merasa lebih nyaman kalau pakai essential oil sebagai pewangi kamar tidur dan ruang kerja yang memang selalu tertutup dan ber-AC.

Namun saya pernah menuliskan kalau saya menentang keras klaim bahwa essential oil bisa menggantikan obat! Kita tetep harus mematuhi protokol kesehatan dan tetap butuh pengobatan secara medis bila perlu. Yang saya percaya, essential oil itu meningkatkan kualitas hidup karena dia punya aroma yang nyaman untuk mendukung aktifitas sehari-hari. 

Contohnya, Lavender essential oil yang kualitasnya bagus, aromanya akan terasa sangat nyaman, sifatnya calming, bikin rileks, dan tidur juga lebih enak. Karena kualitas tidur yang lebih baik, otomatis badan juga lebih segar kan? Pikiran lebih jernih, emosi terkontrol, kesehatan terjaga, kerja dan segala aktifitas di siang hari pastinya juga lebih lancar.

Essential oil ini sebenernya ada banyak sekali variannya. Namun yang essential buat saya hanya tiga sih, yaitu Lavender, Peppermint, dan Lemon. Yang lain tentu juga punya khasiatnya masing-masing, namun tiga itu menurut saya adalah yang wajib banget dipunya. Saya akan review varian Lucensse Essential Oil sambil menjelaskan manfaatnya ya.


Lucensse Essential Oil

Essential Oil dari Lucensse

Sesuai dengan tagline-nya, luxury for your sense, Lucensse memang ngasih pengalaman menikmati essential oil dengan mewah. Waktu pertama paket saya datang saja, saya langsung tertarik karena luxurious banget packaging-nya. Belum lagi, box-nya memang sengaja dikasih wangi Lavender. Jadi bener-bener pengalaman buka paket paling menyenangkan tahun ini :)).

Lucensse ini memang menawarkan produk-produk essential oil dengan kualitas tinggi, 100% murni tanpa campuran bahan-bahan kimia lain, therapeutic grade, dan tidak diuji cobakan kepada hewan. Dan saya sebagai pengguna essential oil juga merasakan kalau produknya sendiri memang berkualitas. 

Lucensse Lavender Essential Oil

Saya penggila Lavender. Kalau menilai suatu brand essential oil, biasanya saya mulai dari Lavender-nya. Lucensse Lavender Essential Oil punya aroma kuat yang menyenangkan, nggak ada rasa-rasa artificial, dan sangat nyaman di hidung dan badan saya. Salah satu Lavender essential oil terbaik yang pernah saya coba.

Lavender ini punya manfaat untuk menenangkan dan memperbaiki kualitas tidur. Saya suka diffuse Lucensse Lavender Essential Oil sebelum tidur, untuk bikin saya lebih rileks dan lebih lelap. Buat saya, ini ngefek banget sih. Saya jadi nggak sering kebangun-bangun tengah malam lagi. Bangun pagi badan saya juga lebih segar.

Lucensse Peppermint Essential Oil

Nah, jujur saya sebenernya bukan penggemar Peppermint. Saya nggak begitu menikmati aroma minty dan pedesnya. Tapi ternyata saya merasakan manfaat essential oil Peppermint ini lho! Terutama kalau lagi nggak enak badan, mual, gangguan pernafasan, dan pusing-pusing. Peppermint ini bikin pernafasan lega dan kalau di saya efektif banget menghalau mual.

Nah, Peppermint dari Lucensse ini kebetulan aromanya nggak terlalu kuat. Nggak pedes-pedes amat, tapi manfaatnya tetep dapet banget. Sebagai orang yang nggak suka aroma pedes, saya sih suka banget. Wajib dibawa kemana-mana terutama kalau lagi PMS (pre-menstrual syndrom).

Lucensse Lemon Essential Oil

Aromanya citrusy segar dan terkesan clean. Kayaknya nggak bakalan ada deh yang nggak suka sama aromanya. Dan Lemon dari Lucensse ini menurut saya termasuk kuat aromanya, cocok banget untuk membersihkan udara. Kalau rumah bau apek, bau lembap, atau bau masakan yang terlalu kuat, diffuse aja Lemon untuk bikin udara segar kembali. Saya juga suka tetesin Lemon di kapas, dan saya sebarkan aja ke sudut-sudut rumah untuk ngilangin bau-bau tak sedap.

Lucensse Citronella Essential Oil

Pernah memakai sabun sereh batangan? Nah, aromanya persis seperti itu, hanya saja jauh lebih kuat. Jujur, saya bukan penggemar aroma Citronella, jadi nggak terlalu explore sama EO yang satu ini. Tapi kalau soal manfaatnya, nggak usah diragukan lagi deh! Citronella ampuh banget buat usir nyamuk dan serangga lainnya. Daripada pakai obat nyamuk yang toxic, mendingan diffuse Citronella aja di rumah kalau punya masalah dengan serangga.

Tips untuk kegiatan outdoor di kebun, campurkan satu tetes EO Citronella dengan body lotion yang mau dipakai, agar kulit kita aman dari gigitan serangga.

Resep Diffuser Blend Favorit Saya

Lucensse Essential dan Diffuser

Selain dipakai sendiri-sendiri, essential oil dari Lucensse ini bisa dicampur-campur untuk dapetin aroma baru yang unik. Ini dia beberapa racikan favorit saya:

  • 5 drops Lemon + 3 drops Peppermint (untuk pagi-pagi biar lebih bangun)
  • 3 drops Lavender + 3 drops Peppermint + 3 drops Lemon (untuk kesan rumah bersih dan homey)
  • 4 drops Peppermint + 3 drops Lavender (untuk bikin tenang dan fokus, cocok untuk ruang kerja)
  • 5 drops Lavender + 3 drops Lemon (untuk bikin rileks dan menyegarkan kembali pikiran setelah lelah bekerja)
Kalian juga bisa lho coba-coba sendiri dan ciptain campuran aroma yang khas!

 

Lucensse Roundy Diffuser

Review Lucensse Roundy Waterless Portable Diffuser

Review Lucensse Roundy Waterless Portable Diffuser

Selain essential oil, ada satu lagi produk dari Lucensse yang bikin saya takjub, yaitu Lucensse Roundy Diffuser, Waterless & Portable Diffuser. Serius takjub, karena saya memang udah lama banget cari produk sepraktis ini. Ini adalah diffuser yang penggunaannya tanpa kabel dan tanpa air. Dia di-charge gitu kayak handphone, bisa tahan sampai dengan 12 jam, dan juga ringan banget. Saking ringannya, bahkan saya bawa di tas tangan pun nggak nambah beban.

Suami saya udah lama nyuruh saya beli diffuser kecil untuk di mobil. Tapi saya memang maju mundur mau beli, karena kepikiran harus tuang-tuang air. Nggak praktis banget kan. Nah, pas lagi bingung nyari opsi diffuser untuk mobil, saya pas nemu si Roundy ini. 

Selain untuk di mobil, Roundy bisa dibawa traveling dan staycation (kalau keadaan sudah memungkinkan). Dan juga nih, karena si Roundy ada lampunya, bisa sekalian dipakai sebagai lampu tidur dan lampu emergensi. Multifungsi banget ya.

Untuk performanya sendiri, menurut saya sih bagus ya. Awal di-diffuse di mobil, saya memang nggak bisa langsung notice aroma Lucensse Lemon Essential Oil yang saya gunakan. Namun beberapa saat setelah mobil jalan, mulai muncul aroma lemon malu-malu dan itu enak banget! Aromanya cuma lamat-lamat, jadi nggak bikin sesak dan pusing. Malah fresh dan bikin suasana mobil jadi nyaman,

Namun ini jelas nggak bisa dibandingkan dengan ultrasonic diffuser yang pakai air ya. Kalau untuk di ruangan besar, saya lebih memilih pakai diffuser air. Tapi kalau untuk mobil, Roundy ini udah cukup banget! 


Harga Lucensse Essential Oil

Harga Lucensse Essential Oil dan Diffuser

Essential Oil Lucensse ini dijual dengan harga satuan yang beragam yaitu:

- Lucensse Essential Oil Lavender Rp.199.000
- Lucensse Essential Oil Peppermint Rp.129.000
- Lucensse Essential Oil Lemon Rp.79.000
- Lucensse Essential Oil Citronella Rp.49.000

Meski harga satuannya berbeda-beda tapi kalian juga bisa membeli all time favourite package. Dengan membeli paket spesial ini kamu akan mendapatkan empat varian Lucensse dalam satu kemasan eksklusif. All time favourite package ini dijual dengan harga Rp.456.000 Sedangkan untuk produk Lucensse Roundy Waterless & Portable Diffuser, dijual dengan harga Rp.299.000.

Produk-produk Lucensse bisa kalian dapatkan melalui Shopee/Tokopedia. Kalian juga bisa mengunjungi website Lucensse untuk mengetahui info-info terbaru soal Lucensse lho. Pssst, untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung saat ini sedang ada promo Free Ongkir! Untuk teman-teman diseluruh pelosok Indonesia, jangan berkecil hati karena ada Special Ongkir yang lebih murah kalau belanja di website Lucensse lhoooo! Yuk buruan check out Essential Oil Lucensse ini! 

8 comments

  1. dari awal corona sampe sekarang belum kesampean beli diffuser :') tapi aku jadi tau akan beli eo apa kalau sudah punya diffuser setelah baca semua artikel eo-nya mba arum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaiy!! Lucensse menurutku harus banget dicoba sih kalau mau pakai essential oil

      Delete
  2. Hai mba arum, kalo di kamar tidur performa diffusernya gimana yah? Kamarku kecil sih, 3x4m aja gt...
    Apa masih oke kalo beli roundy ini ato mending beli diffuser yg pake air sekalian? Makasiihh mba 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalamanku akan tercium tapi tipis sekali. Kalau di rumah, aku rekomend ultrasonic diffuser biasa yang pakai air. Kalau untuk traveling tapi lumayan lah ya

      Delete
  3. Hmmm.... Tp ruangan tempetku mau taro diffussernya gada colokannya mba 🤣 makanya kepengen yg pake USB gini. Ato mba arum tau ada water ultrasonic diffuser yg ga perlh colokan ga mba?

    Ohya, aku jg ngelirik sakka bali sih. Menurut mba arum, kalo untuk aromtheraphy, apa reed diffuser sama efektifknya dgn diffuser biasa?

    ReplyDelete
  4. Jadi eo yg paling the best menurut sis yg mana , saya lg galau antara nares dengan lucensse. Pls bantu decide hehehe

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Sooo... Pencarian EO terfavorit puncaknya di sini ya mbak. Makasih yaa udah nulis EO-THE-SERIES ini. Udah ngasih pandangan dan referensi lebih luas tentang per-EO-an :) Saya jadi ga bingung lagi kan, dapet rekomendasi mau Checkout yg mana Diffuser ufo saya ga nganggur lagi :*

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.