Review Natuna Essential Oil

13 comments

Natuna Essential Oil Review

Sejak saya bilang kalau saya pengen nyobain banyak essential oil dari brand lokal, Natuna jadi merek essential oil lokal yang paling banyak direkomendasikan, disebut, dan di-requst review-nya. Natuna ini seperti rockstar, banyak fans-nya wkwkwk.. Walau to be honest, Natuna bukan essential oil favorit saya.

Beberapa bulan yang lalu, saya dikasih beberapa Natuna Essential Oil dari @natunaessentialjkt, untuk melengkapi koleksi Natuna saya. Natuna ini awalnya nggak buka reseller ya. Brand pusatnya ada di Surabaya. Jadi tadinya semua pembelian resmi, dikirim dari Surabaya. Tapi karena semakin banyaknya peminat, akhirnya Natuna punya official reseller di area Jakarta, yaitu Natuna Essential Jakarta ini. Ada shopee-nya juga lho untuk pembelian lebih mudah (nanti saya kasih link pembeliannya). Dan saya sih cukup senang karena kalau di rumah saya di Westeros cabang Jogja, paket dari Jakarta biasanya lebih cepet sampainya daripada paket dari Surabaya.

Baik, mari kita review saja aromanya satu-persatu, sebelum nanti di akhir kita akan ngomongin Natuna Essential Oil secara keseluruhan, dan juga alasan mengapa Natuna Essential Oil tidak menjadi essential oil favorit saya.

Baca juga: Rekomendasi Essential Oil Favorit Dari Brand Lokal

Natuna Essential Oil Lavender Frangipani Ginger Patchouli

Natuna Essential Oil ini punya dua jenis essential oil, yaitu single dan blend. Kita mulai dari yang single. Karena tidak semua hal harus berpasangan. Single pun tak papa yang penting bahagia.

1. Natuna Essential Oil Lavender

Harga: Rp 58.325
Beli di sini (klik)

Klaim manfaat: mengurangi kecemasan dan stress emosional, memperbaiki kualitas tidur, meredakan sakit kepala

Untuk harganya yang affordable, Natuna Essential Oil Lavender ini bagus kualitasnya. Aroma Lavender-nya termasuk tipis, tapi masih terasa floral. Beberapa essential oil yang harganya murah, aroma Lavender-nya bener-bener nggak kecium dan cuma terasa seperti aroma minyak kayu putih yang nanggung. Tapi Natuna ini, walau tipis, masih terasa aroma manis floraly Lavender-nya. Jadi saya bilang, ini tipis tapi menyenangkan.

Pakainya harus banyak-banyak kalau mau di-difuse single use, biar kecium Lavender-nya. Untuk Lavender, sudah jelas saya paling suka diffuse sebelum tidur, atau diteteskan sedikit di sekitar bantal. Aroma Lavender itu nyaman banget buat hidung saya, sehingga meredakan stress dan bikin tidur lebih nyenyak.


2. Natuna Essential Oil Frangipani

Harga: Rp 59.250
Beli di sini (klik)

Klaim manfaat: menambah nafsu makan, meredakan kecemasan, mengurangi stress, pereda nyeri alami, mengusir serangga, menenangkan, dan menurunkan emosi.

INI AROMANYA ENAK BANGET WOY! Saya bener-bener nggak nyangka kalau bunga Kamboja itu sewangi ini. Wanginya feminin banget, floral, manis, sedikit seperti jasmine tapi lebih endeus! Tenang, aromanya nggak kayak kuburan kok. Aromanya lebih seperti aroma tempat spa mahal. Saya sampai nyetok lho, saya masih punya dua Frangipani Essential Oil yang belum saya buka botolnya.

Natuna Essential Oil Frangipani ini aromanya cukup kuat. Jadi kalau mau diffuser, sedikit saja sudah cukup bikin satu ruangan wangi bunga. Saya suka diffuse di ruang tamu, biar rumah saya aromanya khas dan yang bertamu betah. Dan karena aromanya kuat, saya jadi sering pakai untuk membuat DIY Reed Diffuser dan DIY Linen Spray. Sempet khawatir karena ada klaim menambah nafsu makan, tapi buat saya sih nggak ngefek.


3. Natuna Essential Oil Ginger

Harga: Rp 58.325
Beli di sini (klik)

Klaim manfaat: meringankan gangguan perut, mendukung pencernaan, meringankan masalah pernafasan, memperkuat kesehatan Jantung, meringankan nyeri otot dan nyeri haid, meredakan kecemasan, meningkatkan fungsi hati.

Siapa suka aroma wedang jahe? Ya tepat begitu aromanya kalau di-diffuse. Terasa seperti rempah-rempah yang hangat dan manis. Nikmat banget di-diffuse buat santai-santai saat hujan atau saat malam lagi dingin. 

Saya pribadi lebih suka Ginger ini untuk bikin diffuser blend, bukan single use. Kalau di-blend dia enak, tapi kalau sendirian rasanya terlalu "panas" untuk selera saya. Saya campur dengan Lavender untuk tidur, di-mix dengan aroma citrus seperti Grapefruit, Bergamot, atau Lemon juga enak. Atau diffuse bersama Peppermint untuk meredakan nafsu makan. Kalau perut lagi nggak enak, saya suka dilute ini pake carrier oil dan oles langsung di perut. Enak deh, perut jadi anget dan aromanya menenangkan.


4. Natuna Essential Oil Patchouli

Harga: Rp 38.250

Aroma Patchouli atau Nilam sangat rempah dan sangat kuat, dan saya memang bukan penggemar aroma kayu-kayuan. Jadi bukan soal Natuna-nya, tapi saya memang nggak begitu suka aroma Patchouli. Tapi, aroma Patchouli ini cocok banget dipakai untuk diffuser blend, bersama dengan hampir semua varian essential oil. Kalau kamu biasa pakai single essential oil dan lagi bosen, coba deh tambahin sedikiiiiit Patchouli dalam diffuser-mu, aromanya pasti berubah jadi lebih deep dan hangat. Tapi kalau kebanyakan aromanya jadi pahit.

Review Natuna Essential Oil Stress Free, Air Purifier & Energy+

Kayak sewajarnya brand essential oil, selain menyediakan single essential oil untuk single use atau untuk kita corap-carup sendiri, Natuna Essential Oil juga menyediakan banyak macam essential oil blend. Blend mereka tuh bener-bener banyak dan menarik deh. Blend Cought & Flu untuk bikin badan segeran, sampai Kamasutra untuk teman hohohihe juga ada. Lengkap ya?

Tapi kali ini, saya cuma cobain tiga macam essential oil blend-nya, yang menurut saya memang lagi saya butuhkan saat ini.


5. Natuna Essential Oil Stress Free

Harga: Rp 138.500
Beli di sini (klik)

Blend dari Bergamot, Geranium, Aloevera, dan Lavender Essential Oil

Klaim fungsi: menenangkan dan meredakan stress.

Ini essential oil kedua yang aromanya bikin saya tercengang, setelah Frangipani. Aromanya floral, manis, dan enaaakk banget! Kayak parfum yang sangat feminin. Aromanya juga kuat, cukup diffuse sedikit untuk keharuman yang menyebar ke seluruh ruangan. OTW nyetok.

Saya termasuk orang yang nggak percaya dengan manfaat terapi dari essential oil. Menurut saya sih itu semacam efek placebo. Tapi aroma Stress Free ini memang relaxing dan menyenangkan banget. Saya bisa membayangkan kalau ini cocok di-diffuse saat weekend, untuk teman santai-santai sambil binge watching Netflix series atau baca buku yang bagus.


6. Natuna Essential Oil Air Purifier

Harga: Rp 94.250
Beli di sini (klik)

Blend dari Tea Tree, Lavender, dan Lemon Essential Oil

Klaim fungsi: membersihkan udara dari ion-ion negatif dan menyegarkan ruangan

Aromanya terkesan bersih dan clean, dan aroma segar citrusy-nya paling terasa kuat. Tapi secara keseluruhan, aroma essential oil ini nggak terlalu kuat. Jadi kurang manjur kalau untuk menghalau aroma tidak sedap di rumah kalau habis goreng ikan asin. Tapi cukup asik di-diffuse kalau habis beberes dan bersih-bersih rumah. Biar kesan clean-nya lebih maksimal. 


7. Natuna Essential Oil Energi +

Harga: Rp 138.500
Beli di sini (klik)

Blend dari Grapefruit, Lime, dan Peppermint

Klaim fungsi: meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

Jujur ya, saya nggak suka Energy + :(. Awalnya saya nggak keberatan sih, aromanya adalah perpaduan Citrus dan Peppermint yang cukup kuat. Kalau pernah mencium aroma Organic Supply Essential Oil Recharge, nah seperti itu aroma awalnya. Tapi lama-lama, EO ini meninggalkan aroma tengik yang nggak enak, yang nempel dan susah dibersihkan dari diffuser. Lalu lama kelamaan juga, kalau dicium langsung dari botolnya aromanya juga tengik. 

Dari tujuh aroma yang saya coba, cuma Energy + ini aja yang bikin saya mundur dan nggak mau diffuse lagi. Saya nggak tau ini karena memang Energy + aromanya begini, atau saya pernah kurang rapat menyimpannya, atau saya apes aja dapet bad batch.


Review Natuna Essential Oil Stress Free, Frangipani

Kalau ngomongin essential oil, aroma favorit saya adalah Lavender. Tapi sayangnya, Natuna Essential Oil Lavender bukanlah essential oil Lavender yang akan saya pilih. Karena walau menyenangkan dan tercium aroma manis Lavender-nya, namun saya lebih memilih brand lain yang punya aroma Lavender yang lebih kuat. Tapi kalau kamu sedang on budget dan cari EO Lavender harga 50 ribuan, Natuna ini adalah pilihan terbaik.

Tapi ada dua aroma essential oil yang menjadi favorit saya di Natuna Essential Oil, dan sepertinya belum ada gantinya dari brand lain. Yaitu: Stress Free dan Frangipani. Dua essential oil itu aromanya...heavenly! Enak banget, gaes. Mau nanges. Walau belum mau mati. Keduanya punya aroma yang floral, manis, feminin, sekaligus juga kuat. Di-diffuse dikit aja udah wangi banget, walau kalau kebanyakan malah terasa aromanya artificial. Tapi kalian harus coba deh dua aroma ini!


Kritik Untuk Natuna Essential Oil

saya agak terganggu sama sedikitnya informasi yang bisa saya dapat soal brand ini. Natuna itu sebenernya dijual di berbagai marketplace, punya akun Instagram, dan bahkan punya website. Tapi coba aja buka website-nya, kita tidak akan menemukan keterangan per-produk di sana. Website-nya cuma terdiri dari satu halaman yang berisi gambar-gambar doang. 

Kalau mengintip ke Instagram dan Shopee-nya, akunnya juga nggak memberikan informasi kandungan per-produk. Misalnya saya mau beli Natuna Stress Free Essential Oil yang merupakan essential oil blend, saya nggak tau Stress Free dibuat dari essential oil apa saja. Benar-benar nggak ada informasi sebelum saya membeli. Saya baru tahu informasi terkait ingredient setelah saya memegang produknya.

Belum lagi informasi lain mengenai dari mana klaim therapeutic-grade di dapat? Apakah saya bisa mencocokan nomor serinya, seperti kalau saya mencocokkan nomor BPOM suatu produk kosmetik dengan website BPOM? Ataukah grade tersebut adalah klaim pribadi dari brand, tanpa tinjauan pihak ketiga yang berwenang? Dan isu-isu ini bukan cuma untuk Natuna Essential Oil kok. Tapi untuk semua brand essential oil secara keseluruhan. Masih banyak brand yang kurang memberikan informasi ke konsumen. Yah...mungkin bagi banyak orang nggak penting, tapi buat saya sih itu lumayan mengganggu. 

Untuk berjualan dan meraih kepercayaan calon konsumen, website dan sosial media yang informatif itu penting banget menurut saya. Website dan sosial media yang lengkap dan informatif akan membuat branding produk terlihat lebih profesional dan trusted. Dan jujur ya, pengalaman saya mencoba produk Natuna rasanya menyenangkan. Buat saya, produk Natuna Essential Oil ini kualitasnya bagus untuk harganya yang terjangkau. Jadi saya berharap Natuna (baik Natuna Essential pusat maupun Natuna Essential Jakarta), mau meluangkan waktu untuk menggarap website dan sosial medianya secara lebih serius.

Tapi sekali lagi, Natuna Essential Oil ini produk yang bagus. Harganya sangat terjangkau dan varian produknya termasuk yang terlengkap dari brand lokal. Beberapa essential oil mereka yang saya coba, aromanya menyenangkan dan cukup bikin suasana rumah saya jadi terasa nyaman seperti di tempat spa. 

Karena harganya murah dan variannya lengkap, Natuna sering jadi jujukan saya kalau lagi pengen mencoba aroma essential oil tertentu yang belum pernah saya coba. Misalnya, Patchouli Essential Oil, yang ternyata saya nggak begitu suka, untung nggak beli yang mahal hehe..

Kamu tertarik mencoba Natuna Essential Oil? Kalau sudah coba, share dong aroma lain apa yang enak, karena saya pengen nambah koleksi.

13 comments

  1. Aku punya yg pine mbak arum, bayanganku tu macam aroma gunung yg sejuk gitu. Abis dicoba jebul mambu wipol 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama seperti pengalamanku mbak😂, beli pine krn inget pinus atau pohon cemara bayangannya pasti segar seperti di pegunungan. Emang segar kok tapi bau nya terlalu mengingatkan pada wipol hhe walau bau oil lebih alami.

      Delete
    2. Wah iya ya pine = wipol wkwkkwwkk

      Delete
  2. Iyaa akupun punya natuna lavender, murah n lavendernya enak. Walaupun aromanya soft, secara murah. Trus sweet orange, enak menurutku, kayak aroma klo lagi ngupas jeruk manis. Hehe

    ReplyDelete
  3. Iyaa akupun punya natuna lavender, murah n lavendernya enak. Walaupun aromanya soft, secara murah. Trus sweet orange, enak menurutku, kayak aroma klo lagi ngupas jeruk manis. Hehe

    ReplyDelete
  4. Setuju sama mba arum wangi stress free enak banget gak kayak lagi diffuse oil2an gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ugh emang enak banget! Kayak parfum tapi nggak nyengat nggak bikin pusing

      Delete
  5. Sangat bersyukur mbak Arum terjun ke dua per oil+diffuser😍 saya merasa sangat terbantu krn artikel ttg ini masih sedikit. Saya pernah beli Natuna yg lavender, enak dipake bobo tapi harus pakai banyak jadi boros deh. Yang disuka dari natuna admin shopee si Missel ini ramah banget.
    Mbak tolong review lavender dari bathaholic dong🙏 dg harga 150k dapat 15ml Dan liat komentarnya bagus-bagus. Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bathaholic ini aku lebih suka fragrance oil-nya enak-enak. Kalau essential oilnya, pernah coba vanilla tapi terlalu artificial aromanya jadi nggak coba lagi deh

      Delete
  6. Beberapa bulan belakangan saya repeat order Natuna nih mbaa.. karena efeknya itu lhoo..dahsyaat.. ma syaa Allah.

    Dulu pakai YL tapi karena mihilnya ga ketulungaan.. jadi pas nyoba Natuna serasa nemu 'hidden gem'.. affordable price w outstanding benefits #jiahh eh tapi bener lho menurut saya

    Saya lagi mau nyobain perpaduan Lavender+Cedarwood+Roman Chamomile tapi chamomile oilnya lagi OTW, kata salah satu oil enthusiast LN, perpaduan ketiganya itu recommended wanginya. Well, let's see.. kalo udah kucoba nanti balik sini review lagi yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pribadi lebih suka Lavender + Roman Camomile tanpa cedarwood hehe..

      Delete
  7. Hai mba arum, sesuai janji saya bakal ngasih review blend oil lavender+cedarwood+Roman chamomile.. ternyata wangi bangett.. aahh heaven ��

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.