Review Line Kosmetik Purbasari: Lipstik Pseries P17, Alas Bedak Natural, & Face Powder Natural

36 comments
Pasti sudah pada tahu brand Purbasari, kan? Body Scrub Purbasari adalah favorit saya sejak lama. Tapi sepertinya belum banyak yang tahu kalau Purbasari punya line kosmetik. Banyak yang, "hah, ada lipstiknya toh?" saat saya bilang kalau saya suka banget sama lipstik Purbasari. Yup, Purbasari mempunyai line kosmetik, saya sudah pernah mereview eyeshadownya di sini. Saya memang orangnya up to date banget sih, ya :)).

Nah, saya berkesempatan untuk mencoba produk-produk kosmetik dari mereka:

Review Produk-produk Purbasari

Dan selain brand Purbasari, PT Gloria Origita Cosmetics juga mempunyai brand Freya. Baik Purbasari maupun Freya sudah terdaftar di BPOM, jadi ini bukan kosmetik yang nggak jelas mengenai keamanannya. Tapi untuk brand Freya, akan saya bahas di sini ^^.



Brand Purbasari juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI

Sudah Dicap Halal

Dan kali ini, saya akan memberikan pendapat pribadi saya mengenai Lipstik, Face Powder, dan Alas Bedak dari Purbasari.

Pertama, ini dia lipstik dari Purbasari dan Freya:

Produk Lipstik

Kebetulan, warna-warna yang dikirimkan kepada saya adalah warna-warna yang saya sukai, warna-warna Natural dan warna Merah.

Perbandingan Warna
Freya 57. Sweet Mocca  -  Freya 55. Passion Red  -  Purbasari P 17
  Yang kita bahas kali ini, lipstik yang Purbasari ya. Brand Freya saya bahas di sini :)



Purbasari Lipstick P 17

 Lipstik Purbasari P17

Warna:
Jujur saja, ini bukan warna lipstick yang akan saya lirik kalau saya ke counter-counter kosmetik. Tapi setelah mencobanya, ternyata saya suka banget warna ini. Warna ini saya namakan: coklat bata. Coklat dengan sedikit hint kemerahan. Jatuhnya nggak nude atau MLBB seperti warna lipstik kesukaan saya biasanya, sih. Tapi saya sukaaa banget. Sepertinya ini bakalan menjadi warna lipstik favorit saya yang baru :D.

FOTD Pake Produk Purbasari
seksi banget yak, bibir saya ^^
Tekstur:
Lipstick ini nggak bikin kering bibir saya. Selain itu warnanya pigmented dan mampu menutupi seluruh bibir saya, bahkan pada bagian yang kehitaman.

Aroma:
aromanya enak, samar-samar tercium aroma permen karet campur buah-buahan. Tapi samaaarr banget dan nggak mengganggu.

Kemasan:
Saya kurang begitu suka design kemasannya, sih. kurang bagus menurut selera saya. Kayaknya masalah packaging memang jadi PeeR banget bagi semua perusahaan kosmetik Indonesia, yak?

Tapi secara keseluruhan, saya suka lipstik Pseries purbasari yang ini. Warnanya bagus dan nggak bikin bibir saya kering. Jadi lipstick ini segera masuk ke daftar lipstik favorit saya :))



Purbasari Alas Bedak dan Face Powder Natural


Complexion Dari Purbasari



Alas Bedak Natural

Shade Natural


Mungkin ini memang masalah selera. Tapi saya suka banget dengan foundie yang coveragenya sheer, karena hasilnya akan sangat ringan dan tampak natural. Saya nggak suka dengan foundie-foundie yang full Coverage. Makanya saya biasanya memakai BB Cream aja untuk acara-acara yang butuh dandan agak tebelan dari sehari-hari. Toh muka saya udah flawless dari sononya ~~~~

Teksturnya Mirip BB Cream

Karena saya suka foundie yang sheer dan ringan, makanya saya suka tekstur foundie Purbasari. Teksturnya menurut saya mirip dengan tekstur BB Cream. Nggak terlalu kentel, tapi juga nggak encer banget. Jadinya enak untuk di blend. Cepet merata dan hasilnya natural, dan glowy.

Kebetulan saya cocok dengan shade yang dikirimkan kepada saya. Shade Natural ini cenderung netral, dengan sedikit hint kuning. Cocok di kulit muka saya yang medium dengan yellow tone.

Produk Kecil dan Mudah Dibawa-bawa

Kalau packagingnya, menurut saya sih bagus. Tipis sehingga gampang masuk di pouch makeup, mulut botolnya kecil sehingga produk lebih higienis dan juga gampang untuk mengontrol jumlah produk yang ingin kita pakai, dan yang terpenting: tutupnya rapet. Saya suka packagingnya yang nggak nyusahin. Jadi saya nggak perlu ketar-ketir kalau membawa produk ini kemana-mana.

~ Saya paling sebel model kosmetik yang teksturnya krim cair begini, tapi tutupnya flip-top yang gampang kebuka. Itu sih namanya nyusahin konsumen ya. Kalau dibawa di pouch gampang banget kebuka dan ngotorin-ngotorin ~

Dan bagi yang pengen tau Ingredientsnya, berikut saya fotokan. Silahkan kalau mau dipantengin:

Cara Pakai Dan Kandungan Produk





Face Powder Natural

Bedak Tabur Purbasari

Sebenernya saya suka sama tekstur bedaknya. Teksturnya krimi, jadi ketika di aply nyatu sama kulit dan nggak powdery. Tampilannya natural, menge-set kilau berlebihan pada kulit akibat foundie atau pelembab, tapi nggak dead matte.

Tekstur Produk dan Shade

Sayangnya shade natural agak terlalu gelap dikulit saya. Waktu pertama aply sih, shadenya masih masuk dengan muka saya. Sedikit gelap, tapi masuk. Tapi setelah beberapa saat, sepertinya bedak ini sedikit oxidise sehingga muka saya tampak agak menggelap.

Kemasannya bulky, tapi nggak masalah karena loose powder memang bukan dimaksudkan untuk dibawa jalan-jalan. Jadi loose ini bisa nongkrong cantik di rumah, untuk penggunaan sebagai penge-set foundie. Dan yang penting, loose powder ini tutupnya juga kencang, rapat, dan packagingnya kuat. Jadi kalau misal produk ini nggak sengaja kesikud #kesikud? dan jatuh dari meja rias, nggak usah khawatir, nggak akan tumpah asal sudah ditutup dengan benar, dan sepertinya juga kuat dan tahan banting jadi nggak akan gampang pecah.

Kemasan Produk Bagus

Dapat Puff Untuk Mengaplikasikan Bedak

Bagi yang suka dengan kemasan loose powder berfilter, bedak ini ada filternya. Saya sih nggak pernah pakai filter bedak tabur :D. Biasanya filternya fungsinya cuma untuk naruh puff. Untuk puff bawaannya saya suka deh. Tebel dan halus. Niat ngasihnya. Enak buat aply bedak, bukan jenis puff dari bahan handuk yang tipis dan kasar gitu.


Coverage

Coveragenya baik bedak maupun foundienya sih sheer aja, natural untuk harian. Cukup untuk menghaluskan dan meratakan warna kulit, tapi belum bisa menutupi bekas jerawat dan flek-flek. Kalau buat saya sih udah cukup banget. Saya nggak suka sih kesan muka di dempul.

Perbandingan Muka Saya Sebelum Dan Sesudah Mengaplikasikan Produk
Nggak pakai apapun - Pakai Foundie - Pakai Foundie & Face Powder

Pada gambar diatas bisa dilihat juga kalau Loose Powdernya natural dan nggak powdery, serta hasilnya nggak dead matte juga.


Staying Power dan Oil Control

Untuk memperlihatkan staying power dan oil controlnya, saya akan pajang beberapa foto muka saya dibawah ini *bilang aja sih, lagi narsis -_-*

Ketahanan Produk

Alas Bedak Purbasari #natural
Face Powder Purbasari #natural
Pensil Alis Pixy
Lipstik Pseries Purbasari P17


~ Nah, gimana? Saya cantik banget kan? ~

Foto diatas adalah sesaat setelah saya aply Makeup, lalu mejeng dan foto-foto. Sekarang kita lihat perbandingannya setelah makeup saya pakai selama tiga jam:

Setelah 3 Jam
sesaat setelah makeup - 3 jam setelah makeup
Bisa dilihat kalau muka saya sudah berminyak di beberapa bagian. Dan bisa dilihat juga kalau muka saya sedikit menggelap. Oil control dari bedak dan foundie ini memang nggak terlalu bagus menurut saya. Jadi bagi yang kulitnya berminyak, disarankan untuk selalu sedia kertas minyak untuk touch-up. Karena kalau muka berminyak dan langsung di touch up pakai bedak *bedak apapun*, yang terjadi malah bedak akan menggumpal. Mendingan di tap-tap dulu pakai kertas minyak, baru aply bedak lagi tipis-tipis.


Kemampuan Produk Mengontrol Minyak

Tapi kalau dilihat dari jarak aman seperti ini, sebenarnya ya nggak terlalu terlihat berminyak lebay. Dan setelah 9 jam muka saya bersihkan dengan milk cleanser, terlihat pada kapas bahwa foundie masih menempel di kulit.

~ OOT sedikit nih, walau muka berminyak-minyak begitu, tapi blush on Freya di pipi saya nggak ilang lho. Hikhik...seneng saya. Review blush dan lipstick Freya bisa dilihat di sini :D.~

Oh iya, satu lagi penampakan saya, tetap dengan Alas Bedak purbasari. Tapi bedaknya saya ganti dengan bedak yang warnanya sesuai dengan tone kulit saya. Disini saya memakai Ultima II Loose Powder L2, dan mengganti lipstik saya dengan Lipstik Freya Sweet Mocca


Oil Controlnya tetep kurang sih menurut saya, tapi kalau bedaknya saya ganti, dia nggak oxidize atau menggelap sama sekali. Jadi saya simpulkan kalau yang menyebabkan makeup saya sedikit oxidize adalah bedaknya, bukan foundienya.

Saya lumayan senang dengan perkembangan perusahaan kosmetik di Indonesia akhir-akhir ini. Sepertinya perusahaan-perusahaan kosmetik di Indonesia sudah mulai memikirkan pentingnya sebuah promosi. Itu terlihat dengan berkembangnya berbagai wesite dan akun media sosial perusahaan kosmetik Indonesia. Dengan promosi yang baik, tentunya produk-produk mereka akan lebih dikenal kan?


Untuk brand Purbasari sendiri, mereka juga punya website. Silahkan mampir ke  Website Purbasari. untuk melihat produk-produk mereka, atau bisa juga melakukan tanya-jawab dengan ahlinya disana :).


Update:
Bagi yang belum menemukan counter Purbasari dan Freya di kota tempat tinggalnya, produk ini bisa dibeli secara online di: Lazada

36 comments

  1. iya seksi foto yg pertama, request mbak arum, tutorial eye makeup utk yg pake kacamata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh...jadi mayuuuu *tutup bibir eh...mata*

      Hahaha...aku jarang banget pakai eyemakeup nih cwin. Palingan cuma winged eyeliner aja udah. Kalau eyeshadow jarang, soalnya nggak yang ahli2 banget juga :D. Kapan2 yak, kalau udah pede :D

      Delete
  2. Enakx jenk dapet gretongann...^^... Aaaiihhh pengennd

    ReplyDelete
  3. bibirnya seksoihh mba arum hihihi >.<

    bagus tuh kayanya lipstiknya,brpaan yah??

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hikhikhik...iya seksi #malahkepedean

      Iya aku suka banget sama lipen ini. Pengen liat warna lain juga. Tapi belum sempet mampir ceki2 harga di counter nih. Tapi yakin sih ini murah.

      Delete
  4. aku juga ada maaak lippen purbasari, yang seri matte casing item ampe abis bis bis karena sukaa .. kalo yang seri p juga punya tapi sayang lama kelamaan kok tutupnya kendor gitu jadi suka kebuka2 :D wah blushnya doong ripiuw keliatannya ckep warnanya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaakkk. Aku lumayan emejing lho nyobain lipen inih. Udah anderestimet gituh awalnya. Ternyata lembab dan nggak ngeringin. Waahh...iya ya lama2 kendor? Punyaku masih baru mak. Belum keliatan kendor.

      Kamu juga punya kan mak, blason freya? Iya yang ini warnanya cakep. Jatuhnya cool pink gituh, tapi masih masuk di undertone yellow.

      Delete
  5. Replies
    1. Oxidize: kalau kita memakai makeup, dan beberapa saat (biasanya selang waktu 2 atau 3 jam), kulit muka kita jadi kelihatan menggelap dan sedikit ada hint warna oranye. Itu biasanya disebabkan karena kandungan dalam skincare atau makeup (biasanya acid, kandungan whitening, alkohol yg terlalu tinggi, dll) nggak cocok dengan kulit kita, atau nggak cocok di combine dengan makeup atau skincare lain yang kita pakai bersamaan.

      Matte: jenis makeup yang hasilnya nggak bershimmer/berglitter, dan nggak membuat kulit kita tampak berkilat.

      Bhihihik...maap ya aku nggak pinter jelasin nih. Semoga bisa membantu ya :)

      Delete
  6. warna lipstiknya bagus bangeeeeeeeet banget banget..
    kesukaanku banget warna begituuh..
    huhu sayang yah kamu gak tau harganya~~ hiks.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nihh... duuhh jadi maluuu. Belum sempet mampir ke counter sih, cwin. Tapi setauku murah kok. Mungkin kisaran limabelas ribuan ^^

      Delete
    2. seriusan lima belas ribu >.< saingan ama viva ya murahnya hehe
      btw ini produk udin bertebaran di toko kosmetik gitu belom yak? atau produk baru gitu?

      Delete
    3. Ehm...kayaknya lho yah.. Yang jelas memang ini line kosmetik yang murah harganya. Iya sekelas sama Viva, Fanbo, murah tapi kualitasnya lumayan lah.. :D

      Delete
  7. aku punya lipsticknya tp yg seri ap lupa. pokoknya casing biru tua gitu
    dan bikin kering di bibirku. tapi emng bibirku super kering sie...
    jadi ga bisa sembarangan pake lipstick
    kalo yang sista pake itu brp harganya???
    jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain yg casing putih deh, yang ini sama sekali gag bikin kering. Lembab banget :)
      Aku nggak tau harganya T.T. Mestinya dibawah 15rb kok..

      Delete
    2. masa iya harga sgtu g bkin kering sist???
      *takjub*

      bsok2 bli deh klo warna'a ckep2 tp

      Delete
    3. Aku nggak yakin sama harganya. Coba aja jeng di cek. Yang jelas murah banget kok, sekelas lah sama Fanbo gitu.

      Enggaaakkk. Lipstiknya sama sekali nggak bikin kering. Aku sukak ^^

      Delete
  8. Kalau tidak sekseh bukan Arum namanya.. Uhuk

    ReplyDelete
  9. mukamu mbak, seksi beud! *aku lg bo'ong*

    kacamata baru jd nek FOTD pake kacamata eeee.. :p

    biar gak OOT, lippene apik mbaaaaaak..
    kemaren pas coba di rumahmu, pulang2 masih nempel loh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kacamata baruuuu...Yang anterin beli siapah? Yang milihin siyapahhh?? Mumumumumu....

      Iya apiikkk

      Delete
  10. jeng,sory itu watermark pas bibir,aku kok jd siwer liat warna lipennya :(
    antara matte dan glossy,huhuhuhu (T_T)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woh, maap Jeng >'<
      Iya itu watermarkku rada lebay. Habis parno sama kasus copas2an soalnya...
      Itu lipennya glossy, Jeng Miya. Aku nggak begitu demen lipen matte. Kurang seksi :D

      Delete
    2. sip2 jeng,kalah anglelina jolie nih..wkwkwwk

      Delete
  11. Halo ses arum.
    Duh sepertinya saya kenaaakkk racun nih sama si purbasari ini.
    Ses, mo tanya.
    Ini pelembap, alas bedaknya & lipstik yg P17 itu masing-masing hargane piro yo ses?
    Terima kasih ses arum yang cantik :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu sempet nengokin lho ke counternya. Tapi sekarang udah lupa harganyaaaa Aaakkk. Tapi yang jelas murah kok. Kayaknya sih masih dibawah2 20 ribu rupiah :)

      BTW kalau komen kasih nama dong. Biar sopan gitu :D

      Delete
  12. asli keren deh, selama ini saya punya pandangan rada2 nggak enak sama kosmetik lokal (dan punya pengalaman alergi pake salah satu merek lokal) jadi berani pingin nyobain cosmetik lokal yang bagus kualitasnya... ^^

    rekomendasi lipstik dan sunscreen yang bagus kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kosmetik lokal kan merknya banyak. Jangan trauma karena nggak cocok sama 1 merk dong. Hehe.. Untuk lipstik, bisa liat di sidebar, pada label "Lip Product". Lipstik yang aku review kebanyakan merk lokal kok ;)

      Delete
  13. punya foto komposisinya gak kak?

    ReplyDelete
  14. Hai mba. Baru mampir dan demen baca reviewnya. Kemarenan pake bedak purbasari yg itu. Awal pake sih enak, halus dan cepet nempel. Tapi muka menggelap :'(
    Butuh saran nih mba, klo buat kulit yg berminyak (luar binasa) plus berjerawat enaknya pake l/p apa yaa?
    Pernah pake punya revlon sama wardah ga cocok. Pake marck malah cakey :"(
    Ditunggu jawabannya yaa :* Makasihh :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggelap itu namanya oxudise. Aku juga kok kalau nggak cocok sama formula foundie atau bedak tertentu juga menggelap.
      Nggak pernah kasih rekomedasi. Silahkan baa disclaimer.

      Delete
  15. Ternyata sebelum produk purbasari daily series ini heboh direview vlogger Mbak Arum sudah duluan pakai dan review😂

    ReplyDelete
  16. Kak itu beli dmna alas bedak purbasari ya yg kemasan lama?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.