Acara Bersih-bersih Muka di Malam Hari

43 comments
Skincare Routine Racun Warna Warni

Acara bersih-bersih muka merupakan acara paling penting dalam ritual dandan bagi saya. Soalnya kalau muka saya enggak bersih, boboknya nggak enak. Beneran deh, bersih-bersih muka itu penting banget. Percuma juga kan, muka ditemplokin segala macam krim perawatan yang mahal-mahal, kalau pada akhir hari nggak dibersihin dengan bener. Belum lagi berlapis-lapis makeup, minyak muka, butiran debu, dan pahit manis kehidupan lainnya. Yakin tuh, nggak mau dibersihin?

Makanya, hari ini saya mau cerita-cerita soal ritual bersih-bersih muka yang biasa saya lakukan di malam hari. Peralatan yang saya pakai:
  1. Facial Spons
  2. EVOO
  3. Milk Cleanser
  4. Soda Kue
  5. Sabun Muka
~ Saya nggak akan membahas Toner dan Masker. Karena menurut saya, dua benda itu fungsinya untuk menutrisi kulit, bukan membersihkan.~

Berikut step-step saya membersihkan muka:
  1. Bersihkan makeup mata, bibir, dan makeup waterproof lainnya dengan EVOO

    Olive Oil Ajaib

    Saya paling nggak suka memakai produk Eye & Lip Makeup Remover. Jadi saya memakai EVOO sebagai gantinya, untuk membersihkan area mata dan bibir saya dari makeup.

    Kalau kebetulan saya sedang mengenakan krim foundie atau makeup yang berat dan ada embel-embel waterproof, biasanya saya mengoleskan EVOO ke seluruh muka saya. Pijit-pijit ringan dengan gerakan memutar, lalu angkat dengan kapas.

    Produk Sudah Terdaftar BPOM

    Untuk produk EVOO sendiri, biasanya saya memakai merk Bertolli. Tapi kemaren itu saya lihat merk Filippo Berio di rak supermarket, dan tertarik mencoba karena lebih murah dari Bertolli. Tapi sayangnya saya nggak begitu suka Filippo Berio, karena saat saya gunakan untuk membersihkan makeup mata, rasanya pedes dimata. Jadi, kedepannya saya nggak akan repurchase merk ini.

    Saya suka banget-banget-banget sama EVOO. Karena fungsinya banyak banget. Mungkin boleh dibilang, ini HG skincare dan bodycare saya. Untuk kegunaan lain dari EVOO, akan saya bahas lain waktu saja :).
  2. Bersihkan muka dengan Milk Cleanser

    Setelah makeup waterproof dibasmi dengan EVOO, sekarang giliran makeup non waterproof, minyak muka, dan segala butiran debu yang bersarang di muka kita hapus. Saya memakai Milk Cleanser untuk urusan membersihkan muka ini. Saya nggak suka sama cleanser yang satu langkah itu. Berasa kurang ribet aja hidup saya, kalau pembersihnya cuma satu langkah ^^.

    Milk Cleanser Ponds

    Untuk produk Milk Cleanser yang saya pakai, saat ini saya menggunakan Ponds White Beauty Cleansing Milk. Agak-agak ngeri sih awalnya, karena produk ini ngaku-ngaku kalau mengandung whitening. Tapi sejauh ini, untungnya muka saya nggak breakout dan nggak jadi tambah putih kaya tembok.

    Product Ingredients

    Kenapa saya memilih Ponds White Beauty? Karena saya suka teksturnya, dan juga karena cleanser ini nggak perih dimuka saya. Sebelum ini, saya memakai Viva Milk Cleanser. Tapi Viva teksturnya terasa thick, dan ada rasa perih di kulit sekitar mata saat saya memakainya. Saya juga sudah mencoba Gel Cleanser dari Biocell, enak sih, tapi kok ya saya rasa terlalu mahal gitu untuk ukuran cleanser doang --". Makanya sampai saat ini saya masih setia kepada Ponds White Beauty.
  3. Angkat Milk Cleanser dengan Facial Sponge

    Saya terbiasa membersihkan Milk Cleanser yang saya oles dengan menggunakan Spons dari dulu, bukan menggunakan kapas. Kayaknya sih dulu saya tiru-tiru therapis di tempat facial langganan saya. Kan kalau di tempat facial, ngelap milk cleansernya pakai spons tuh. Ya sudah, kebawa deh sampai sekarang.

    Ada yang malas menggunakan spons untuk mengusap Milk Cleanser di sini? Saya sih enggak. Soalnya spons ini saya gantung di cantelan baju yang ada di kamar mandi. Kan kalau habis pakai Milk Cleanser, saya wajib cuci muka tuh. Jadi pasti setelah memakai Milk Cleanser saya ke kamar mandi dong. Nah, biasanya saya mengangkat Milk Cleanser dari wajah saya di kamar mandi.

    Facial Sponge

    Spons yang saya pakai biasanya dari Rivera. Nggak fanatik sama brand ini sih. Tapi spons merk Rivera inilah yang paling gampang ditemui. Sekarang kan lagi booming spons khusus untuk membersihkan muka, konjac sponge. Tapi saya tetap setia sama Spons Rivera saya. Soalnya dia sudah bisa mengerjakan tugasnya dengan baik, dengan harga Rp 10 000 rupiah saja :D.

    Harganya Murah

    Spons Rivera ini warnanya biru dan berongga-rongga atau berpori-pori cukup besar. Saat kering, dia kaku dan keras seperti kayu. Tapi kalau terkena air, dia akan menyerap air dan kemudian bentuknya melemas.
  4. Lakukan Deep Cleansing dengan scrub seminggu dua kali

    Deep Cleanser Dari Bahan Dapur

    Untuk Deep Cleansing atau Exfoliasi sel-sel kulit mati, saya nggak memakai produk peeling yang dijual di pasaran. Tapi saya memakai bahan dapur saja, yaitu soda kue. Caranya, soda kue seujung kuku saya campur dengan sabun muka, gosok-gosok ditangan, dan kemudian gunakan untuk menggosok muka perlahan dengan gerakan melingkar. Saya melakukan ritual ini seminggu dua kali.

    ~ Tapi saya sedang mempertimbangkan untuk mengganti Soda Kue dengan bahan yang lebih bersahabat dengan kulit, yaitu gula. ~

    Biasanya setelah acara peeling ini, saya melanjutkan dengan acara maskeran.
  5. Cuci Muka dengan menggunakan Sabun Muka
    Ini juga penting biyanget. Walau sudah dibersihkan dengan EVOO dan Milk Cleanser, tetap harus cuci muka pakai air dan Sabun Muka. Kalau enggak, muka saya bakalan lengket dan greasy banget, terus boboknya nggak enak deh ^^. Selain itu, sisa-sisa Milk Cleanser di muka saya, kalau nggak dicuci bakalan menyumbat pori dan menyebabkan jerawat, komedo, bruntusan dan dosa-dosa lainnya.

    Jangan Lupa Cuci Muka

    Saat ini saya memakai Dove Beauty Bar. Keterusan nih, gara-gara sabunan pakai ini pas traveling, saya jadi cinta banget sama sabun batangan ini. Dove Beauty Bar pernah saya review disini.

Nah, selesai sudah acara bersih-bersih malamnya. 

Setelah step terakhir, saya memakai toner, kemudian lanjut dengan Serum dan Night Cream. Kemudian bobok kelon deh *sama guling*. Zzzzzzzz...

(Baca Juga: Review Skinhouse Glow Series)

Tapi kalau ada yang belum ngantuk, gulingnya boleh ditinggal dulu. Gulingnya nggak bakalan galau kok. Dandan-dandan dulu aja dengan thema Makeupnista Challenge: Halloween ^^.

43 comments

  1. pake soda kue rasanya gimanaaaaa??
    btw aku udah nemu olive oil murah dan enak, nyahahahaha... beli deh sejerigen kecil akhirnya.. belinya di toko muslim al ghuroba.. produksi sendiri kali ye, makanya murah..tapi ndak bikin pedes mata kok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya biasa wae, ses. Cuma kalo kebanyakan atau kelamaan nemplokin di muka clekit2. Pengen ganti pakai scrub gula aja.

      Berapa ses? Itu EVOO juga? Mauuuu

      Delete
  2. suka sama postingan jeng arum mengenai ritual kecantikannya, jeng telaten ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Suka ribet2 gitu, jeng. Berasa kurang kalau nggak ribet ^^

      Delete
  3. Aku pake baking soda jugaggg he he he... Sampe beli yg kiloan Jeng gara2 punya berbagai macam fungsi.

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah pengen ganti jeng. Terlalu keras. Aku kan orangnya lembut gituu --"

      Delete
  4. eh, mauk sponsnyaaaaaaaaa..
    aku selama ini pake washlap nek gak pake kapas yg dibasahin, tp belum sreg -____-"
    itu berapa minggu sekali hrs diganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saksenenge, Mon. Aku sih biasane sebulan sekali. Pas belanja bulanan itu mesti beli sebiji.

      Delete
  5. Makin yakin kalau kamu, errr,,,

    Miss Ribet.. *enggak nemu kata yang pas* *brb beli EVOO*

    ReplyDelete
  6. Membersihkan muka paling enak malam hari. Jangan ketuker dengan soda api ya sob. Bisa merusak wajah he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. betul.. Mas Hadi juga yang rajin yah, bersihin muka ;)

      Delete
  7. Waduh, sekar yg pny blog hanaiyzm itu aneh ya..
    Ngaku2 punya sunkissed pula. Ih nggak banget orang omongannya nonsense smua. Liat aja tuh beli baking soda sampe kiloan, hahahaha.. Weirdos! Crazy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekar memang punya Sunkissed kok. Aku udh colek2 koleksi dia malah. Hmm..aku sih sangat nggak menghargai ada yang komentar rude disini ya, apalagi kalau pakai identitas tersamar. Kita semua disini temen.

      Delete
  8. saya juga suka blogwalking. Blog ini dan tmen2 makeupnista yogya lain juga sering saya baca. Really enjoy to read 'em all.
    Tapi I should agree with the comment above me, because I found that Sekar(or hanaiyzm) likes to confront everything.
    Same here, I saw her comment about sunkissed collection, and here also with soda kue.
    Calm yourself,girl ;)
    Kaya gitu justru bikin image ga bagus. What do you wanna show the world? That you have everything?
    Aahh.. It's just not good ;)

    Btw, keep up the great blog mbak arum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanggapanku tentang anda juga sama kaya komenku diatas persis. Kalau memang nggak suka, silahkan sampaikan ke orangnya, DI ALAMAT YANG TEPAT. Aku pikir kalau kita mengkritik dengan terbuka (memberikan identitas terbuka) dan dialamatkan dengan tepat (langsung ke yang bersangkutan, bukan di blog orang lain), blogger yang bersangkutan pasti akan berterimakasih.
      Tapi kalau seperti ini, bahkan saya yang nggak di kritik pun ikutan nggak respek sama anda.

      Delete
    2. Mbak Arum, yg diatas ngajakin gosip ya?,lol

      Delete
  9. Sekar emang punya Sunkissed kok. Kemarin aku dikasih lihat. FYI. :D..

    Dan kenapa mbak2 Anonimous mau ngritik sekar tapikok komen di sini ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haters = fans yang tertunda *senyum elehan*

      Delete
    2. Aku benciii banget sama kamu jeng. Benci bangettt..

      Hate You!!..

      *salto 7 kali*

      Delete
  10. 'sunkissed' tuh apaan sih? (jadi ikutan nimbrung gak penting)
    hahaha

    mbak sekar jd terkenal e..fufufu

    eh mbak arum, bersihkan spons nya susah gak? jemur gitu gak..kan lembab2 klo tiap hari di pake?
    *mohon pencerahan dan peracunan soal spons pembersih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kosmetik merk belanda gitu deh, ses. Noh, ke tempat jeng sekar tuh. Dia ada kosmetik australi juga. Pekejingnya lucu lucuk gemes >'<

      Enngak susah ki. Tak kucek2 aja pake sabun muka habis tak pakai. Trus gantung deh di kamar mandi. Kebetulan cantelan bajuku kena panas matahari. Jadi sponsnya keras lagi.

      Delete
  11. telaten mbak arumm ya :)

    aq juga lagi coba gula+madu+evoo bwt muka mbakk,,baru coba sekalii,,,
    hehehe, lumayan ya DIY yg g bikin kantong kering...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga cobain madu untuk masker, mbak Diani.
      Tapi sepertinya aku alergi deh. Jerawatan & gatel tiap dimadu (dimadu?). Di bibir juga kering :'(. Akhirnya pakai EVOO aja deh.. :'(

      Delete
    2. kalo di aq gatelll juga deh mbak, tapii dasar aq nya nakal kali yaa di cuekin ajaa ntar klo dah nyerbu si jerewi baru deh kapoknya,,,hehehhe

      oia mbak, bwt bersihin eyeliner cair kok susahh bgt ya pakee evoo, bikin mata sakit ngusep2nya ituu lhooo....
      adaa pencerahann gakk mbakk??
      #mohon bantuannya suhuuuu :(

      Delete
    3. Kalau aku gini caranya: basahin kapas pakai EVOO, terus tempelin kapasnya di lid mata (agak lama), barus setelah itu di usap lembut ke arah luar. Di aku sih gampang2 aja :D

      Delete
  12. Waa salut aq, Jeng Arum lengkap bener ritual bersih2nya^^
    Kalau saya sich biasanya setelah pulang nyambut gawe langsung samber kapas ama 2in1 cleanser ama lip and eye make up remover (kalau pas pakai makeup mata). Setelah itu kadang masi cuci muka kadang ndak, trus langsung dibawa tidur, he he... saya orangnya malas si, jeng^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...soalnya kalau enggak begini Jerawatan, jeng. Mukaku sebenernya susah kok. Dulu jaman ngerti begini2 jerawatku banyak lho. Tapi kalau dirawat rajin tiap hari ya nggak masalah :D

      Eh, pakai cleanser aja trus nggak dicuci pakai air nggak menyumbat pori tuh, jeng?

      Delete
    2. Biasanya pakai ponds shake and clean yg 2in1 itu atau pixy yg gentle express 2in1 itu juga setelahnya ngga cuci muka pakai air juga di aq ndak apa2 he he^^ *maklum pemalas

      Delete
    3. Enak banget, jeng, kulitmu -_-. Aku pake satu langkah begitu iritasi kalau keseringan.

      Delete
  13. mau nanya dunk,kenapa ya lebih prefer bersihin pake spons daripada pake kapas?
    trus sabun batang dove cocok ga ya untuk kulit sensitip *mumpung sabun muka eke dalam masa penghabisan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku prefer pake spons drpd pakai kapas karena spons lebih bisa mengangkat milk cleanser sampai bersih. Kalau kapas kadang masih suka ada milk cleanser yang menyumbat pori.
      Kalau cocok atau enggak, harus di coba sendiri. Aku nggak tau :D

      Delete
  14. berarti si spons biru itu sama ajah ya sama konjac yang mahal2? hehehe
    *maungirit*
    ga pake dua spons sekaligus jeng? biar lebih berasa kaya mbak2 facial :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...aku sih nggak bilang sama, Put. Cuma bilang enggak tertarik nyoba Kojac. Soalnya pakai ritual ginipun mukaku udah flawless & okay banget. Hehe..

      Hmm...boleh tuh Put idenya. Satu tangan pegang satu spons. Sekalian beli mesin uap muka dan Stick HF ^^

      Delete
  15. Mb arum, salam kenal
    mksh unt reviewny

    ReplyDelete
  16. Efeknya make spong dan make kapas beda nggak? hasil akhirnya di kulit dalam jangka panjang?

    ReplyDelete
  17. mbak arum rajin amat... :D mau tanya, mbak, kalau misal sehari-hari cuma pakai pelembab berspf tok tanpa make up apa2, perlu double cleansing atau cukup face wash saja ya, mbak? *aku tipe males :D
    Indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak serajin ini sekarang :D
      Kalau menurutku sih tetap perlu. Soale SPF nggak bisa diilangin cuma pakai sabun muka ^^

      Delete
  18. Facial spongenya semacam ini cari di Gardena kok nggak ada yak.. Tapi inget sih pernah liat benda lonjong gitu berpori-pori, tapi keras banget bisa buat mukul orang ampe benjol. Atau itu kalau dikasih air ntar melunak gitu ya? lol

    Btw, maaf nih kalau nama yang tertera alay. Aku suka bingung kalau komen di blogspot itu gimana, soalnya dia otomatis ambil ID blogspot dan ini adalah IDku di jaman alay. Tiada maksud anonim ya =__=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lama banget ga pakai ini. Iya kalau direndem air lunak kok ^^

      Delete
  19. pagi kak.. sekarang cari sponge facial rivera kho susah ya.. kakak waktu itu beli mana?

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.