Rivera Liquid Foundation

27 comments
Halo lagi, dari Surabaja :))))

Yang saya takutkan di post yang lalu benar-benar terjadi. Saya terlalu sibuk sehingga nggak sempat ngeblog. Sibuk jalan-jalan dan kuliner :D. Saya sempet kesasar di Doli, napak tilas kemerdekaan di hotel Majapahit, nggak sengaja ketemu Rafi Ahmad, nyobain Rawon Setan yang pedesnya mungkin bisa bikin setan tobat, narsis-narsisan di TP sama ses Dhiny, ketiduran di seminar #eh, kalap kekenyangan di Taman Bungkul, jadi bocah ilang di Mulyosari, dan lain-lain.

Saya benar-benar menyukai kota ini, dan benar-benar bersenang-senang disini. Seharusnya saya pulang hari minggu kemarin ke Jogja, karena hari Selasa saya sudah harus bekerja. Tapiii...bahkan sampai sekarang, saya sama sekali belum beli tiket pulang :))). Entah bagaimana nasib saya nanti malam kalau enggak dapet tiket.

Saya akan ceritakan di post lain saja mengenai kota ini. Kali ini, saya hanya akan memposting review foundie yang sudah berada sekian lama di daftar draft saya.


Ini adalah botol kedua saya untuk Rivera liquid Foundie. Saya dulu mendapat rekomendasi produk ini dari Dhiny. Foundie ini harganya murah, cuma Rp 18 000 saja :).


Coverage

Bare Face - 1 Layer - 2 Layer


Lihat gambar antara muka telanjang saya, memakai foundie 1 layer, dan memakai foundie 2 layer. Nyaris nggak ada bedanya, kan? Itu karena coverage foundie ini sangat sheer, nyaris nggak menutup apapun. Sekedar cukup untuk meratakan warna kulit. Dan juga karena kulit muka saya yang *ehek-ehem* tanpa dosa. Dan foundie ini nggak buildable. Mau di layer berapa kali pun, bukannya bagus malah cakey. Coveragenya juga tetep sheer aja. Bagi saya, dua layer itu sudah cukup lah. Pas gitu buat sehari-hari kalau lagi pengen pakai foundie.

Sepertinya, foundie ini memang diciptakan untuk tampilan natural harian, bukan untuk acara khusus yang membutuhkan foundie bercoverage tinggi.
 


Staying Power & Oil Control

Kondisi muka saya saat ini sedang bagus-bagusnya. Oily tapi nggak terlalu berlebihan. Jadi pakai apapun juga cakep *cinta banget saya sama Nivea Soft*. Tapi saya akan berusaha kasih pendapat nih. Walau di muka saya menurut saya sih bagus-bagus aja, tapi foundie ini tergolong foundie yang oil controlnya nggak bagus. Baru dua jam, minyak di muka saya udah kelihatan.





Rivera Liquid Foundie in Sawo Kencana
Pixy Eyebrow Pencil in Brown
Face On Face Blush On in Blooming Rose 

Perhatikan foto diatas. Gambar sebelah kiri adalah foto saya sesaat setelah dandan. Dan gambar sebelah kanan saya ambil dua jam kemudian. Sama cantiknya, kan? Tapi mari kita lihat lebih dekat:
 
Kalau dari dekat begini, barulah kelihatan kalau pada foto sebelah kanan, daerah hidung dan dagu saya sudah berminyak-minyak. Tapi nggak masalah sih bagi saya, tetep oke-oke saja. Pokoknya selalu siap sedia kertas minyak aja di tas. Buat menghapus minyak di muka, bukan buat bungkus-bungkus makanan.

Menurut saya, setelah di tap-tap dengan kertas minyak, muka sudah kembali segar seperti sedia kala kok. Enggak perlu lagi touch up pakai bedak. 


Tekstur


Ini bagian yang paling saya suka dari foundie ini. Teksturnya ringan banget, enggak terlalu kental enggak terlalu cair, gampang di blend, licin tapi langsung menyatu ke kulit.

Bagi yang memakai foundie untuk penggunaan sehari-hari, foundie ini bisa dipilih karena rasa dan penampakannya enggak bakalan bikin muka berat. Kalau saya sih bukan tipe yang pakai foundie tiap hari. Saya pakai foundie cuma kalau kondangan, ke Gereja, ketemu klien, dan ketemu mantan *kemudian galau*. Tapi nggak ada salahnya juga menyimpan satu foundie yang ringan, untuk dipakai kalau lagi...rrr...pengen-pengen aja.

Dan, ada satu lagi yang saya suka:

 

Foto diatas saya ambil setelah berjam-jam *saya lupa berapa jam* mengenakan foundie Rivera. Walau muka saya berminyak, tapi foundie ini nggak menggumpal. Terutama di daerah lipatan cuping hidung, tuh. Kebanyakan foundie kan suka mengendap di situ.

Dan yang kedua, di daerah kumis atau atas bibir, enggak pecah-pecah. Biasanya kalau saya memakai foundie pada range harga ini (misalnya: Viva, Wardah, Sariayu), foundienya pecah-pecah. Tapi rivera ini enggak. Seneng deh ^^.

Mungkin bahasa gaulnya, enggak Cakey :D


Shade

Nah, ini juga menarik. Untuk ukuran foundie lokal, Rivera lumayan bagus juga penyediaan shadenya. Foundie ini tersedia dalam 6 shade, mulai dari yangterang sampai gelap banget. Yang menarik, ada foundie yang tone-nya pink, dan ada juga yang kuning. Nggak melulu berwarna kuning seperti kebanyakan foundie lokal.

kiri: polos - kanan: dioles Rivera liquid foundie

Kebetulan, saya cocok dengan warna Sawo Kencana. Warna ini lumayan terang, tone-nya netral beige. Warna ini yang paling masuk sih di kulit saya yang yellow tone medium.

Biasanya saya cenderung memilih foundie yang lebih gelap dari kulit saya, biar samaan gitu sama tangan saya yang lebih item. Tapi kali ini, saya ketemu shade yang pas dengan muka saya. Dan saya memilih itu. Untuk antisipasi juga, siapa tahu nih foundie oxy. Tapi ternyata enggak oxy :).
 

Packaging


Walau body foundie-nya kecil, tapi foundie ini nggak travel friendly. karena tutupnya model flip-flop. Saya benci banget tutup model flip-flop seperti ini, untuk produk apapun. Menurut saya bukannya mempermudah malah mempersulit. Tutup seperti ini mudah sekali terbuka. Bayangkan saja membawa produk bertutup flip-flop, kemudia terbuka saat berada di dalam tas, dan mengotori seluruh bagian dalam tas. Wew!!

Percaya deh, saya sering banget ngalamin hal kaya gitu. Untuk produk apapun. Mulai pelembab, sabun, shampo, cologne, dan foundie. Bener-bener bikin bete kalau pas ngalamin. Jadi kepada para produsen kosmetik dan peralatan mandi, mbok tolong, jangan pakai flip-flop ah -_-. Pakai tutup yang rapet aja, yang kalau nutup pake di puter itu lho.


Ingredients

Di kemasan foundie ini tertulis ada agen whitening aromatic dan SPF 20. Tapi saya bukan orang yang percaya dengan kandungan skincare dalam makeup. Jadi, tetep pakai sunblock kalau mau pakai foundie ini siang-siang. Dan, saya juga nggak merasakan ada efek whitening di foundie ini.




Kesimpulan

Pros:
+ Murah
+ Natural
+ Nggak cakey
+ Ringan
+ Gampang di blend
+ Tersedia dalam 6 shade, ada yang pink dan ada yang kuning

Cons:
- Oil Controlnya jelek
- Coveragenya sheer banget
- Tutupnya flip-flop, nggak travel frendly

Harga Rp 18 000

Bagi yang sedang iseng pengen dandan dan narsis, yuk ikutan: Makeupnista Challenge: Cartoon Character :)

27 comments

  1. wah mba arum udah beli Face On Face Blush On ya? tp kok yg pink? bukannya pengen yang orange ya? di tunggu review nya ya. bulan lalu aku jg abis dr surabaya, panaaaaas and gersang nya... mendingan jakarta deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli dua-duanyaaa, yang pink & orenjes *tutup muka* *maluuuu*.

      Surabaya memang panasnya mantab. Tapi kalau aku cenderung lebih suka surabaya lho daripada Jakarta. Walau panas, tapi pemandangannya masih oke lah, masih banyak pepohonan. Nggak semacet Jakarta. Dan yang paling bikin betah, orang2nya pada baik2 bener sama orang asing. Nggak takut deh nyasar di surabaya :))

      Delete
    2. itu belinya blush face on face dimana, mbak? suka bingung nyari toko di jogja yang jual produk face on face :(

      Delete
  2. Seus, wajahmu kok sendu-sendu gitu ya? Apa gara-gara ketemu Raffi Ahmad terus dikejar-kejar dikira kamu Yuni Shara? >.<*

    Nb : Seus, aku jarang banget komentar di blog njenengan yang berhubungan sama make up apa yha? Mesti #salahfokus terus. Bhuihihihihik. Lha gimana, kalo mau tanya2 makeupnya mending culik orangnya terus baru ditodong pertanyaan sih. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ndak usah ketemu Rafi ahmad juga wajahku udah sendu, ses *sendu = seneng duit*

      Jawaban atas NB: Nggak papa ses. biar imbang. Ada yang ngomenin makeup & ada yang nemenin menggalau :D

      Delete
  3. weeeeee kuq bisa mbak nyasar di ndolly, untung mbak ndak diapa2in *just kidding mbak...

    kbalikan mbak malah q lbih seneng di jogja,klo d surabaya sumuk soale hehe... mngkin krna kota tsb jarang2 kita kunjungi kli y ...

    ditunggu postingannya ya mbak (^.^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah...panjang lah ceritanyaaahh. Kapan2 deh tak ceritain di lain post :)))

      Kalau jogja sih, iya, itu emang kota favorit aku banget. Gag ada yang ngalahin. Kalau disuruh milih, bahkan jogja dan bali pun aku lebih pilih Bali :)

      Delete
  4. di doli mah cuma liat "akuarium" doank mbak,, harus cobain ke pantai ria kenjeran liat adegannya langsung,, hha,

    kalo sama wardah yg luminous foundie, bagusan mana sm rivera ini? *eh pernah nyoba wardah apa belum tapi* ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...namanya juga nyasar, Mbak. Nggak direncana donk yaaa :))). Iya pengen sih kepantai. Tapi waktunya gaada. Kalau liat adegan sih film aja, lebih jelas #eh

      Bagusan Rivera kalau menurut aku. Soalnya kalau pakai wardah mukaku banjir minyak + Oxy. jadi kucel banget.

      Delete
  5. Wah maak ini dulu aku sempet penasaran sama ini foundie, cuma bingung beli shade apa soale punya yang cover foundie yang shade natural kok ajaib warnanya ..padahal aku biasa pake bedak/foundie shade natural/natural beige .. kayaknya ini foundie agak mirip bbc ga sih soale sheer plus dewy gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yang warna kuning2 aja, maakk. Carih yang cucok yang manah.

      Iya, mak. Teksturnya mirip sama bb cream. Ringan dan sheer gituh. Tapi lumayan lah, enggak jelek2 amat walau murah :D

      Delete
    2. setuju ma vicky, cover foundie shade natural di aku jadi ijo kayak hulk hehehe

      Delete
    3. Mungkin karena tone kuning kulitmu terlalu kuat yak? Pilih foundie yang kuneng2 ajah, mak. Si Rivera ada tuh yang kuning ^^

      Delete
  6. Mbak Arum, mau tanya nih..pernah nyobain fondi dari Sariayu atau Mustika Ratu ga? kira-kira harganya hampir samaan ma Rivera. Kalo udah pernah, gimana perbandingannya mbak?trims, maaf ngerepotin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mustika Ratu sih belum, kalau sariayu udah. Tapi aku make sariayu udah lamaaa banget, dulu jaman2 masih kuliah. Jadi nggak inget juga. Seingetku sih aku gag begitu suka. Kapan-kapan deh aku coba lagi pakai sariayu.

      Delete
  7. hahaha mbak arum ngapain nyasar ke mulyosari itu looohh.. jangan" diculik badut mekdi mulyo :))
    kosan aku di deket situ mbak *lah terus lapo* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku numpang ngecharge kamera + sarapan di McD, cwiinn. Nih posting juga aku post di McD mulyosari :D

      Diiihh...tau gitu temenin akuhhh >'<

      Delete
  8. Wah, akhirnya mbak arum ke surabaya ya :D
    eh? mbak ketemu rafi ahmad? beneran mbak? waaw
    ati2 mbak, doli jg banyak om om yg suka jawil2...
    bulan2 begini memang surabaya sudah mulai panas, tapi kalau mbak arum kesini pas bulan Juli-Agustus, lumayan dingin sih :)

    waah jadinya nivea soft enak ya dipake di surabaya? sesekali coba ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...ketemu pas acara gitu di shangrila. Si yuni shara lagi nyengnyong, trus ada si Raffi juga disono, tp cuma nonton nggak naik panggung dia. Mungkin pengen deket2 aku, jadi males naik panggung #ahik

      Laahhh, kok aku nggak di colek pas kesana? *antara lega dan tersinggung*

      Lumayan nivea-nya. Cuman ya agak2 greasy2 gitu. Makenya dikiitt ajah trus di tumpuk loose powder.

      Delete
  9. Whooaaa murraahhh.......

    Tapi klo mau sheer mendingan pake bbc aja deh klo aku

    hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm...ini sih cuma alternatif aja. Soalnya BB cream kan mahal, dan kebanyakan merk harus PO. Yang males bisa deh pakai ini.

      Delete
  10. Keren tuh kak reviewnya..
    Coveragenya emang sheer bgt dan natural.
    tapi aku pernah make foundi ini ke skolah..
    dan hasilnya temenku bilang aku kayak mau tunangan aja:I
    ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yunita..
      Masih sekolah yak? Kalau sekolah sih emang nggak cocok pakai makeup :D. Dulu jaman aku masih sma, aku kesekolah cuma pakai sunblock + compact powder pigeon aja lho.. :)

      Delete
  11. Mbak sama spt aq pake rivera sawo kencana....saya baca review mb krn alas bedak itu tidak di produksi lg ama rivera...krn mereka mengeluarkan produk baru dan setelah saya pakai tidak spt memakai produk yg lama...ada saran produk laen ga mbk ? Makasih seblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, udah DC yak? Aku malah nggak tau :D
      Coba ke arsip di bagian bawah blog, terus klik bagian "foundation". Ada banyak rekomendasi foundie di situ ;)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.