Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner & Serum dan Indoganic Pore Minimizing Toner, Solusi Untuk Kulit Dehidrasi

6 comments

Review Toner Indoganic

Biasanya kalau saya review skincare yang fokus untuk menghidrasi, peminatnya sedikit. Orang-orang lebih tertarik dengan skincare yang punya manfaat brightening, menyamarkan dark spot, gitu-gitu deh. Padahal hydrating product itu kucian lho! Saya selalu memasukan hydrating produk ke dalam rutin saya ini ada alasannya kok. Nih ya saya ceritain saja.

Kalian pernah mengalami makeup crack dan nggak nempel seperti ini nggak?

Toner untuk make up crack dan kulit kering

Ini dulu adalah makanan hari-hari saya. Saya sampek frustrasi, gimana caranya ya orang-orang kok makeupnya pada nempel bagus-bagus banget? Terutama bagian ujung hidung, susah banget nempel. Awalnya saya pikir ini karena jenis kulit saya yang kering. Tapi ternyata bestie saya, Momon, yang kulitnya berminyak, juga mengalami permasalahan ini. Ternyata masalahnya karena kulit dehidrasi atau kadar air di dalam kulit rendah. Solusinya?

Banyak yang mengira solusinya cuma dengan sekali pemilihan base makeup. Padahal enggak. Dehydrated skin adalah permasalahan kulit yang perlu solusi secara kontinyu. Ini bukan masalah kulit yang bisa kita atasi dengan sekali-sekali pemakaian produk pas lagi pengen cakep saja. Jadi memang harus telaten: Minum air putih yang banyak setiap hari, pakai skincare dengan kandungan menghidrasi kulit, jangan over exfoliate, dan rajin pakai sunscreen karena sinar matahari bisa bikin kulit dehidrasi. 

Momon juga melakukan hal ini, dan kulit berminyak dia bener-bener membaik sekarang. Masih berminyak, karena jenis kulit kering atau berminyak adalah takdir. Tapi jadi lebih sehat, nggak dehidrasi, minyak terkontrol, dan makeup juga lebih nempel dan nggak gampang luntur. Di kulit kering saya? Sama! Mungkin treatment dan produk tambahannya sedikit berbeda dari kulit berminyak, tapi intinya nambahin water content di kulit. Kulit saya jenisnya tetep kering, tapi lebih terkontrol kekeringannya, lebih sehat dan terhidrasi, nggak sensitized, dan yang jelas makeup juga lebih nempel dan nggak gampang cracking.

Salah satu faktor penting yang sering orang-orang lupakan adalah: pakai hydrating skincare. Akhir-akhir ini orang tuh terlalu obsesed sama bahan aktif yang tinggi-tinggi. Maunya cepet putih, cepet glowing, tapi lupa kalau kunci kulit sehat adalah kulit yang terhidrasi dan skin barrier yang kuat. Dan mau secerah apapun ya nggak bakalan glowing kalau kulitnya nggak sehat. Nah, saya mau kenalin rangkaian hydrating product yang bagus dari Indoganic ini!


Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner

Review Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner

Ingredient Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner:

Aqua, Panthenol, Niacinamide, Galactomyces Ferment Filtrate, Glycerin, Propanediol, Betaine, Glycerin, Potassium Sorbate, Sodium Hyaluronate,VacciniumVitis-Idaea Fruit Extract, Ethylhexylglycerin, Sodium Benzoate, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Morus Alba (Mulberry) Root Extract, Xanthan Gum, Potassium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid,  Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, 1,5 Pentanediol, Citric Acid, Guconolactone, Calcium Gluconate

Kita mulai dari hal terpenting yang sering di-skip sama orang-orang, yaitu hydrating toner! Saya pribadi sejak dulu menganggap hydrating toner sebagai basic skincare, atau step skincare wajib yang nggak boleh dihilangkan. Nggak papa nggak pakai serum, essence, atau face oil, tapi jangan pernah skip hydrating toner. Kenapa? Karena hydrating toner yang bagus akan secara significant nambahin hidrasi ke kulit dan sekaligus mempersiapkan kulit agar bisa menerima skincare selanjutnya dengan lebih optimal. 

Dan hydrating toner ini beda dengan essence ya. Saya sendiri lebih suka membedakan dua produk tersebut. Essence biasanya teksturnya cenderung lebih kental (contoh produk essence: Indoganic Rose Essence-C), sementara hydrating toner teksturnya benar-benar cair seperti air. Hydrating toner yang cair ini penting banget dipakai sebagai pendahuluan, karena kalau langsung essence yang teksturnya lebih thick dan milky, biasanya produk akan susah diserap kulit dan nutrisinya juga nggak maksimal diterima.

Baca juga: Review Indoganic Rose Essence-C. Super Lembap dan Mencerahkan

Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner Review

Nah, di tengah tren toner 2in1 essence, Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner ini hadir dan memenuhi kebutuhan kulit saya yang gampang dehidrasi. Teksturnya cair dengan kelembapan yang pas, namun percaya deh, ini udah cukup banget untuk bikin kulit jadi sponge mode sehingga bisa menyerap skincare berikutnya.

Untuk kandungannya, Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner ini memang fokusnya untuk menghidrasi kulit. Jadi bahan-bahannya jelas full of hydrating ingredient! Di antaranya ada 8 tipe hyaluronic acid dengan berbagai ukuran molekul untuk menghidrasi sampai lapisan kulit terdalam, Panthenol, Galactomyces Ferment Filtrate, dan Glycerin. Lalu juga ada si serba bisa Niacinamide, Mulberry extract yang kaya antioksidan, dan Lingonberry extract untuk melindungi kulit dari blue light. Jadi satu paket untuk deep hydration sekaligus anti oksidan! Produk ini juga dibuat tanpa alcohol, fragrance, dan essential oil jadi diharapkan aman untuk kulit sensitif.

Saya personally luuvvv banget sama toner ini! Jarang-jarang sekarang ada hydrating toner yang hydrasinya bener-bener kerasa tapi teksturnya light, tidak seperti essence. Ini produk yang bagus banget untuk dipakai sebelum kita pakai essence dan lain-lainnya. 

Harga Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner Rp.79.900/ 30 ml dan Rp.159.900/ 100 ml


Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum

Review Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum

Ingredient Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum:

Aqua, Niacinamide, Glycerin, Propanediol, Panthenol, Sodium Hyaluronate, Ethylhexylglycerin, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Mulberry (Morus Alba) Root Extract, Betaine, Vaccinium Vitis-Idaea Fruit Extract, Potassium Sorbate, Xanthan gum, Sodium Benzoate, Potassium Hyaluronate, Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hyaluronic Acid, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, 1,5-Pentanediol, Citric Acid, Guconolactone, Calcium Gluconate

Kalau hydrating serum sebenernya bukan sesuatu yang wajib kayak hydrating toner. Tapi kalau kita pengen hasil kulit yang terhidrasi dan kenyal maksimal, dan makeup yang bener-bener nempel, hydrating serum yang bagus bisa jadi produk kuncian! Saya sempet nyobain  Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner thok, tanpa serum selama seminggu (pas lagi traveling). Yah kulit saya baik-baik saja sih. Tapi begitu pakai lagi bareng Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum-nya, terasa banget kulit saya jauh lebih enakan. Lebih lembap, nggak ketarik, makeup lebih oke, dan surprisinglly dilihat juga lebih smooth. Ini nggak heran ya. Karena memang kulit yang terhidrasi secara menyeluruh tuh memang akan terlihat sehat banget. Kulit juga jadi lebih kuat, nggak gampang iritasi dan jerawatan. 

Sama seperti Indoganic Multi-Hyalu H2O Toner, Serum ini juga punya ingredient andalan berupa 8 tipe Hyaluronic acid, Panthenol, Glycerin, Niacinamide, Mulberry extract, dan Lingonberry extract. Dan juga produk ini free from alcohol, fragrance, dan essential oil.

Review Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum

Tekstur Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum ini lebih mirip essence sebenernya, watery namun agak thick. Mudah meresap, tidak meninggalkan lapisan apapun, namun kulit instant terasa lebih terhidrasi dan plump. Awalnya saya pakai Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum ini malam saja untuk booster brightening serum yang saya pakai (yes, serum ini oke banget dipakai sebelum pemakaian serum pencerah, karena akan meningkatkan kinerjanya!). Namun akhir-akhir ini saya malah suka pakai siang juga, karena bikin kulit saya lembap tanpa lengket dan makeup saya lebih bagus.

Harga Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum Rp.129.000/ 15 ml


Indoganic Pore Minimizing Toner

Indoganic Pore Minimizing Toner Review

Ingredient Indoganic Pore Minimizing Toner:

Aqua, Glycerin, Mandelic Acid, Gluconolactone, Propanediol, Hamamelis Virginiana Extract, Sodium PCA, Betaine, Shikimic Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate

Dari tadi saya bilang kalau solusi makeup nggak mau nempel adalah hydrating product, ya kan? Dan juga nggak boleh over exfoliate! Kulit yang terlalu tereksfoliasi bisa sensitized, skin barrier terganggu sehingga gampang jerawatan dan kemerahan, lalu teksturnya juga seperti terlalu licin yang malah akan menolak makeup. Pernah dengar kan, kalau mau nikah dan di-makeup MUA, MUA-nya suka wanti-wanti untuk berhenti pakai skincare sebelumnya? Nah, menurut saya itu maksudnya adalah berhenti pakai skincare dengan actives yang mengiritasi, seperti exfoliant. Kalau hydrating product, menurut pengalaman saya malah akan bikin makeup menempel lebih baik. 

Tapi ini bukan berarti kita harus 100% menghindari exfoliator ya! Eksfoliasi itu tetap penting untuk kesehatan kulit, terutama untuk (( golongan saya )) yang usianya sudah 28 tahun ke atas dan sistem regenerasi sel kulitnya sudah menurun. Eksfoliasi ini penting untuk membersihkan penumpukan sel kulit mati, sehingga kulit lebih bersih, pori nggak tersumbat, dan lebih cerah. Hanya saja, kadarnya yang perlu diperhatikan! Nggak perlu lah pakai exfoliator dengan level acid setinggi cita-citamu. Pakai dengan kadar yang cukup, nggak menyakiti kulit/ tingling, dan nggak bikin kulit memerah.

"Lho, tapi nggak kerasa!" Memangnya harus terasa bagaimana? Menurut saya skincare itu adalah soal ketelatenan. Lebih baik bisa pakai secara rutin dan efeknya kita rasakan sampai tua, daripada pakai sekali-sekali doang karena setiap kali pakai kulit memerah dan tersiksa.

Nah, buat saya Indoganic Pore Minimizing Toner ini pas banget kadarnya. Dia pakai 3% Mandelic acid, 2% Gluconolactone (PHA), dan Shkimic acid. Mandelic acid dan Shkimic acid sendiri merupakan golongan AHA yang punya molekul besar, sehingga sangat mild. Fungsinya tentu untuk mengelupas sel kulit mati secara perlahan, dengan resiko iritasi yang sangat-sangat minimal. Lalu kalau PHA, tentu semua udah tau ya, ini adalah bahan exfoliant yang potent namun sangat lembut di kulit. Exfoliating agent yang pilih dan diracik oleh Indoganic ini memang merupakan jenis-jenis acid yang oke banget untuk kulit sensitif! Lalu juga ada Witch hazel extract yang berfungsi sebagai astringent yang merapatkan penampakan pori. Shkimic acid dan Witch hazel juga terkenal akan performanya dalam mencegah jerawat dan komedo. Formulanya juga tanpa alcohol, fragrance, dan essential oil.

Indoganic Pore Minimizing Toner Review

Toner ini punya tekstur yang sangat cair seperti air. Di kulit sensitif saya, toner ini terasa sedikit tingling di awal pemakaian, namun nggak bikin jerawatan, dan nggak bikin kulit kemerahan. Namun pernah saya pakai pas ada jerawat meradang, memang perih ya. Tapi so far ini exfoliating toner yang tergolong aman untuk kulit saya. Namun walau begitu, saya nggak berani pakai setiap hari. Saya pakai seminggu 2 kali aja, agar supaya tidak mak wha begitu lho! Kulit saya kalau kebanyakan exfoliate suka mendadak kumat sensitized-nya daripada malah kenapa-kenapa. 

Harga Indoganic Pore minimizing Toner Rp.89.900/ 60 ml dan Rp.59.900/ 30 ml


Cara Pemakaian Trio Indoganic 

Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner & Serum dan Indoganic Pore Minimizing Toner,

Ini cara pemakaian saya ya:

  • Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner dan Serum saya pakai setiap hari, pagi dan malam. Pemakaiannya langsung dituang ke tangan dan ditepuk-tepukan ke wajah.
  • Indoganic Pore Minimizing Toner, saya pakai seminggu dua kali, dan memang dianjurkan dipakai di malam hari saja. Boleh dipakai dengan kapas, tapi karena kulit saya sensitif, saya lebih suka langsung dituang ke tangan dan ditepuk-tepuk.
Untuk urutan pemakaian kalau sedang memakai lengkap adalah seperti ini:
  • AM: Sabun muka - Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner - Essence (opsional) - Indoganic Multi-Hyalu H20 Serum - Serum Pencerah (opsional) - Moisturizer - Sunscreen.
  • PM: Double cleansing - Indoganic Pore Minimizing Toner Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner - Essence (opsional) - Indoganic Multi-Hyalu H20 Serum - Serum Pencerah/ Retinol/ Anti jerawat/ Face oil (opsional) - Moisturizer/ Sleeping mask

Karena ingredientnya yang cenderung nggak neko-neko, fokusnya untuk menghidrasi kulit, dan sifatnya yang mild, sebenarnya trio Indoganic ini cocok-cocok saja kalau mau ditandemin sama skincare lain dengan actives apapun. Tapi tetap perhatikan kondisi kulit masing-masing ya, dan patch test dulu sebelum coba-coba.


Review Pemakaian Indoganic

Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner & Serum dan Indoganic Pore Minimizing Toner,

Saya sudah hampir satu bulan memasukan rangkaian Indoganic ini ke dalam skincare routine saya, pagi dan malam. Pemakaian Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner secara significant ngasih perubahan lho di kulit saya, daripada kalau saya langsung pakai essence (yang watery-thick) saja. Saya merasa kulit saya jadi lebih terhidrasi. Layer skincare lain yang saya aplikasikan juga lebih maksimal diserap kulit, dan jadinya overall wajah saya setelah skincare routine tuh nggak lengket, dan kerjanya juga lebih optimal (kayak brightening serum yang saya pakai terasa lebih ngefek). Super luv! 

Tapi untuk penampakan pori dan mengurangi komedo, saya nggak merasakan sih. Sepertinya saya memang harus lebih intensif pakai Indoganic Pore Minimizing Toner ya? Mungkin jadi dua hari sekali. Tapi untuk saat ini saya belum berani terlalu sering pakai exfoliating toner karena sedang banyak traveling dan aktivitas outdoor. Tapi saya tetap suka sih dengan Indoganic Pore Minimizing Toner karena nggak bikin kulit saya jerawatan dan iritasi.

Kekurangan produk-produk ini kalau buat saya adalah aromanya. Ada samar-samar aroma rempah yang jenis aromanya kurang cocok untuk hidung saya. Tapi untungnya aromanya soft jadi nggak terlalu mengganggu. Lalu Indoganic Multi-Hyalu H2O Serum-nya kecil ya kemasannya, cepet banget habisnya karena kulit saya yang kering-dehidrasi ini memang butuh banyak "minum" :').

Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner & Serum dan Indoganic Pore Minimizing Toner,

Tapi overall saya suka produk-produk ini. Kulit saya kalau lagi sehat dan terhidrasi dengan baik tuh kelihatan banget terutama saat makeup. Rasanya pakai foundation dan bedak tuh effortless karena blending-nya lebih gampang dan makeup-nya lebih nempel. Saya rekomend banget produk-produk Indoganic ini untuk kamu yang punya masalah kulit dehidrasi, baik untuk jenis kulit kering maupun berminyak. Atau buat kamu yang pengen maintain hidrasi dan kesehatan kulit.

Kalau pengen coba salah satu dulu, saran saya coba dari Indoganic Multi-Hyalu H20 Toner! Cobain deh tambahin hydrating toner ini di awal daily skincare rountin-mu, meskipun kamu sudah pakai essence. Pasti akan kerasa banget bedanya!

IG: @Indoganic_official
Website Indoganic Beauty

6 comments

  1. Terimakasih ilmuny mbak.. Biarpun aq blm tentu cobain produkny.. Sing penting iku ilmu yg disampaikan.. πŸ‘πŸ‘πŸ₯°

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wawww senang sekali kalau berguna. Makasih juga ya

      Delete
  2. Terimakasih ilmunya ❤️

    ReplyDelete
  3. Sekilas pertama baca aku bacanya Halu, hah apa serum halu? Sampe baca ulang judulnya lagi baru benerπŸ˜‚

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.