Review Indoganic Day & Night Repair Cream, Moisturizer Dengan Tekstur Ringan Namun Melembapkan

12 comments

Review Indoganic Day & Night Repair Cream Moisturizer

Setiap Indoganic ngeluarin produk skincare baru, saya selalu excited! Karena Indoganic ini adalah satu-satunya brand yang semua produk skincare-nya saya cocok. Selain kulit saya bersahabat sama formula mereka, juga karena ingredient-nya biasanya nggak main-main. Memang sih, mereka bukan termasuk brand yang aktif gila-gilaan selalu ngeluarin produk baru setiap bulan. Tapi setiap kali ngeluarin produk baru, jiwa saya selalu terbeli wkwkw..

Nah, kali ini mereka mengeluarkan produk basic skincare berupa cream moisturizer. Dan seperti biasanya, produk Indoganic penuh dengan bahan aktif yang menutrisi, namun dengan formula yang sangat nyaman di kulit dan sensitive skin friendly.

Buat yang sedang mencari moisturizer dengan tekstur super ringan dan tinggi anti-oksidan, boleh banget lirik moisturizer yang satu ini!


Ingredient Indoganic Day & Night Repair Cream

indoganic day and night repair cream ingredients

Water, Betaine, Inositol, Propanediol, Niacinamide, Dicaprylyl Carbonate, Glycerin, Butylene Glycol, Lysolecithin, Succinic Acid, Bakuchiol, Cetearyl Olivate, Collagen, Rosa Canina Fruit Oil, Squalane, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Allantoin, Sorbitan Olivate, Sclerotium Gum, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Ceramide NP, Sodium Levulinate, Xanthan Gum, Glyceryl Stearate Citrate, Cetearyl Alcohol, Pullulan, Citrus Nobilis Oil, Sodium Anisate, Cedrus Atlantica Bark Oil, Citrus Aurantium Bergamia Fruit Oil, Salvia Sclarea Oil, Lavandula Hybrida Oil, Vetiveria Zizanoides Root Oil, Sodium Hyaluronate, Polyglyceryl-4 Caprate, Glyceryl Caprylate, Viola Mandshurica Flower Extract, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Centella Asiatica Extract, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract.

Bahan-bahan di dalam moisturizer ini memang lumayan panjang dan nggak bisa dibilang minimal ingredient, namun bisa dilihat sendiri, padat nutrisi. Kebanyakan bahan-bahannya memang punya manfaat untuk kulit, bukan sekedar tambahan tekstur saja. Dan saya akan jelaskan beberapa ingredient yang jadi jagoan:

  • Niacinamide: Ingredient serba bisa! Niacinamide ini punya manfaat anti-aging, menenangkan kulit, meredakan jerawat, dan mencerahkan kulit. Nggak heran kalau ingredient yang satu ini sangat populer dan sering kita temukan di berbagai macam produk skincare.
  • Bakuchiol: Powerfull anti oksidan! Dan ampuh untuk mengatasi jerawat. 
  • Succinic acid: Mengikis sel kulit mati, membersihkan penyumbatan pori, dan mengurangi produksi sebum berlebih.
  • Collagen: Anti-aging! Meningkatkan elastisitas kulit.
  • Ceramide NP: Anti-aging dan juga memperkuat skin-barrier.

Sebenarnya, anti oksidan pada produk ini nggak cuma diperoleh dari Bakuchiol, tapi juga dari Bunga Violet, Green tea, Centella asiatica, Polygonum Cuspidatum Root, dan Skullcap Root. Anti-oksidan itu penting banget lho! Karena bisa menangkal efek buruk radikal bebas, menangkal efek sinar UV (memperkuat kerja sunscreen), dan juga menyehatkan kulit secara keseluruhan. Juga terpantau ada Licorice extract yang bisa mencerahkan kulit dan mencegah jerawat.

Lalu juga yang menarik dari produk ini adalah, banyak kandungan yang sifatnya humenctant dan juga emolient (oil). Selain menghidrasi dan menutrisi kulit, balance antara air dan minyak ini bikin teksturnya terasa sangat nyaman di kulit. Ringan, namun lembap dan smooth. Wis enak pokmen!

Produk ini alcohol-free, namun mengandung beberapa essential oil, yang meskipun bermanfaat untuk kulit, namun juga bisa menimbulkan reaksi untuk kulit yang kebetulan sensitif terhadap EO. Sejauh ini, di kulit sensitif dan eczema saya aman sih. Namun untuk kalian yang punya kulit sensitif juga, ada baiknya patch test dulu ya.

Dan seperti biasanya, Indoganic selalu mengusung konsep clean beauty, yaitu menggunakan bahan-bahan yang non toxin, eco-friendly, sustainable, dan cruelty free. Tidak membahayakan tubuh kita, namun juga tidak berbahaya bagi lingkungan.


Tekstur Indoganic Day & Night Repair Cream

indoganic day and night repair cream

Moisturizer ini pada dasarnya memang ditujukan untuk normal to oily dan acne-prone skin. Jadi jangan heran kalau teksturnya sangat ringan. Saya mendeskripsikan teksturnya sebagai watery gelish cream. Rasanya super adem dan nyaman ketika menyentuh kulit. Namun karena ringan dan nyamannya, produk ini jadi agak boros sih di saya, karena dipakai banyak-banyak pun tetep nyaman, walau sebenernya pakai sedikit juga sudah bisa di-spread ke permukaan kulit yang luas.

Kelembapan yang dihasilkan terasa humectant dan emolient. Jadi terasa kulit plump dan terhidrasi dengan baik, dan ada sedikit lapisan kelembapan dan sensasi kulit terasa halus dari oil-nya. Ini super nyaman dan pas banget untuk pemakaian siang hari, dengan ataupun tanpa makeup setelahnya. Rasanya kulit saya segar dan terhidrasi dengan baik sepanjang hari, tapi nggak berat dan nggak sumuk.

Namun di kulit kering saya, moisturizer ini terasa kurang oclusive untuk pemakaian di malam hari. Tapi nggak masalah sih karena tinggal saya pakai beberapa layer tambahan saja, atau saya layer dengan face oil atau sleeping mask, beres deh!

Aroma Indoganic Day & Night Repair Cream ini khas aroma herbal dan essential oil. Buat saya yang memang gemar aroma beginian sih enak banget, rasanya menenangkan gitu. Bikin rileks.


Packaging Indoganic Day & Night Repair Cream

review indoganic day and night repair cream

Kalau dilihat sekilas, packaging-nya kayak biasa banget gitu ya? Padahal packaging Indoganic Day & Night Repair Cream ini unik lho! Dia pakai botol pump yang tentunya higienis, dan cara membukanya adalah dengan diputar. Kalau pas nggak dipakai, mulut botolnya tinggal diputar balik saja, nanti pump-nya akan masuk ke dalam dan terlindungi dengan baik. Selain unik, packaging putar ini juga menyenangkan buat saya yang hobi ngilangin tutup botol hehe...

Secara fungsi, packaging ini juga nggak ada masalah. Pump-nya enak dipakai untuk mengeluarkan produk dengan jumlah yang mudah dikontrol, lalu material botolnya juga sturdy dan mampu melindungi produk di dalamnya dengan baik. Plus bonusnya, produk ini cukup handy dan ramping, jadi mudah dibawa-bawa maupun di pajang di meja rias. 


Cara Pemakaian Indoganic Day & Night Repair Cream

Review indoganic day and night repair cream

Buat yang suka rutinitas skincare yang simpel, pasti akan sangat bahagia deh ketemu sama Indoganic Day & Night Repair Cream. Karena:

  1. Ini adalah cream moisturizer (yang merupakan salah satu basic skincare) yang padat nutrisi. Jadi kalau pengen skip serum atau essence, pakai hydrating toner dan Indoganic Day & Night Repair Cream ini aja udah cukup banget untuk perawatan kulit sehari-hari.
  2. Satu produk ini bisa dipakai siang ataupun malam hari.
  3. Tanpa bahan aktif yang berpotensi mengiritasi, jadi nyaman dipakai dalam kondisi kulit apapun dan cocok di-layer dengan skincare lain.

Nah, saya sendiri memakainya dengan cara:

  • AM: Sabun muka - hydrating toner - serum (opsional) - Indoganic Day & Night Repair Cream - sunscreen
  • PM: Cleansing oil - sabun muka - hydrating toner - serum (opsional) - Indoganic Day & Night Repair Cream - Sleeping Mask/ Face Oil (opsional)

Tapi ini cara saya ya. Kamu bisa menyesuaikan dengan rutin skincare dan kebutuhan kulitmu masing-masing. Tapi pada intinya sih Indoganic Day & Night Repair Cream ini adalah moisturizer yang nyaman dan mudah digunakan bersama dengan skincare lain.


Review Indoganic Day & Night Repair Cream

review moisturizer indoganic

Saya udah hampir dua bulan pakai Indoganic Day & Night Repair Cream ini, dan sudah dua botol saya habiskan. Jadi kaya udah super manteb nulis review-nya, karena saya pakai dalam kondisi kulit normal, lagi PMS dan jerawatan, habis perjalanan jauh dan panen komedo, bahkan pernah saya pakai dalam kondisi saya demam dan kulit saya super kering. 

Dan bisa dibilang, Indoganic Day & Night Repair Cream ini nyaman dipakai dalam kondisi kulit apapun, dan merupakan moisturizer "aman" saya saat ini, yang akan jadi tempat saya balik kalau misal suatu saat saya nyobain skincare lain dan nggak cocok. Yes, lagi-lagi saya kecantol sama produknya Indoganic. 

review indoganic day & night repair cream

Berikut yang saya rasakan selama mencoba moisturizer ini:

  • Lembapnya pas! Melembapkan kulit seharian, ngilangin dry patch, dan bikin makeup nempelnya bagus. Tapi juga nggak over moisturize yang bikin kulit kusam dan komedoan. 
  • Teksturnya ringan, terasa adem ketika kena kulit, mudah dibaurkan, dan terasa emolient. Dan jujur, teksturnya ini adalah hal yang bikin saya terus-terusan pakai moisturizer ini.
  • Soothing-nya dapet banget! Cream ini mampu meredakan iritasi, kemerahan, dan gatal-gatal di kulit saya.
  • Di saya kurang ngaruh untuk jerawat hormonal, karena pas PMS saya tetep jerawatan. Tapi cream ini bantu meredakan peradangan jerawat dan bikin kulit terasa nyaman pas jerawatan.
  • Komedo jauh berkurang.
  • Tekstur kulit lebih halus seperti kalau rutin pakai face oil. Bisa jadi alternatif nih untuk yang males pakai face oil!
  • Cream ini juga bantu menjaga kulit saya tetap cerah, namun ini saya kombinasikan juga dengan eksfoliasi seminggu sekali dan pakai sunscreen dengan benar ya.
  • Meskipun terpantau banyak kandungan essential oil dan ekstrak-ekstrak tanaman, namun Indoganic Day & Night Repair Cream ini aman di kulit saya yang sensitif dan ada eczema. Pemakaian moisturizer ini terus-menerus nggak menimbulkan reaksi negatif apapun di kulit saya. Tapi buat kalian yang kulitnya sensitif, biar ayem, saya tetap menganjurkan untuk patch test dulu.
  • Habisnya cepet alias agak boros ya. Indoganic tolong bikin kemasan lebih besar dong :D.


indoganic day & night repair cream review

Kesimpulan

Sekali lagi Indoganic sukses bikin saya kesengsem sama produknya. Kayak yang udah saya bilang di atas, Indoganic bukan brand yang aktif banget ngeluarin produk baru setiap bulan, jadi mungkin kadang agak (( menghilang )) sebentar dari hingar-bingar sosial media yang dipenuhi launching skincare baru. Namun kalau mereka bikin produk, selalu manteb! Produk mereka sejauh ini nggak pernah failed di kulit saya, dan teksturnya pun selalu bikin saya balik lagi-balik lagi ke produk mereka.

Dan Indoganic Day & Night Repair Cream ini nambahin satu lagi produk Indoganic yang jadi favorit saya. Kalian harus cobain sendiri deh, mulai dari tekstur, aroma, ingredient, daya melembapkan, sampai dengan kemasannya, semua kayak mateng banget. Walau ditujukan untuk kulit normal to oily, menurut saya Indoganic Day & Night Repair Cream ini juga cocok lho untuk yang kulitnya kering kayak saya. Sangat nyaman dipakai dan lembapnya pas. 

Kalau kamu cari moisturizer dengan tekstur ringan dan super nyaman, namun melembapkan dan punya manfaat anti-aging dan anti-acne, Indoganic Day & Night Repair Cream ini wajib di coba!


Harga Indoganic Day & Night Repair Cream

Harga Indoganic Day & Night Repair Cream

Indoganic Day & Night Repair Cream sekarang tersedia dalam dua ukuran, yang dibandrol dengan harga:

  • Rp 169 000/ 30 gr
  • Rp   99 000/ 15 gr (travel size)

Dan saya sebagai FBI, Fans Berat indoganic, masih ngarep suatu saat indoganic bikin Repair Cream ukuran jumbo.

Instagram @indoganic_official
Website Indoganic

12 comments

  1. Wah sebelumnya maju mundur mau coba ini, tapi kalau Mbak Arum udah jadi fans berat sih okesip ku pasti beli! Soalnya reviewnya Mbak Arum selalu berhasil bikin aku mantep beli Indoganic dari cleansing oil sampe vit c 🤣 thanks ya Mbak reviewnya!

    ReplyDelete
  2. Selalu kagum sama riview racun warna warni. Dari zaman blm ada jimbiem.
    Uda produknya mantulity eh ada travel size. Luv banget kalau ada skincare berbagai size

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau brand indoganic ini justru lihat postingan Instagram kak Arum, trus jadi makin penasaran sm Moisturizer nya ini, karena kulitku oily jadi pengen coba jg deh karena katanya ringan ��

    ReplyDelete
  4. Bener² pingin nyobaa..dr sekian moisturizer yg di review mba arum pas mba arum spill di ig aku udah tertarik nah ini baca review nya auto pgn co..

    ReplyDelete
  5. Tengkyu untuk penjelasan komprehensifnya Mbak Arum, akan masuk daftar belanjaan berikutnya. Kebetulan kulit lumayan sensitif dan susah nemu moisturizer yang pas.
    (@bellaframe)

    ReplyDelete
  6. Kl mba racun aja setia pakai ini, auto jd wishlist sih 😍

    ReplyDelete
  7. masih dalam misi pencarian moisturizer yg enak..ini jd wishlist jg sih 😊 mmg pengennya nyari yg basic² aja, yg penting kandungannya oke 👌

    ReplyDelete
  8. Mantul sekali ada bakuchiol collagen ceramide waaaa👌

    ReplyDelete
  9. Paling menarik mnrtku itu botolnya yg airless pump. Mantulah jadi bikin tambah racun banget buat beli

    ReplyDelete
  10. Kepingin nyobainnn ga kesampaian mulu 😩😩 kepingin nyobain biar jerawat makin kalem n ttp terhidrasi dgn baik

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.