Review Ozora Brightening Series, Skincare Lokal Praktis Untuk Mencerahkan

No comments

Review Ozora Brightening Series,

Kalau ngikutin ritual skincare yang sering saya share di instagram @racunwarnawarni, pasti tahu banget kalau saya tipe skincare junkie yang ndakik-ndakik. Saya memang tim layering skincare. Di luar basic skincare, saya bisa pakai hydrating toner dan beberapa serum sekaligus, di layer. Kenapa? Ya karena kulit saya  memang butuh.

Kulit saya kebetulan tipenya kering, jadi nggak masalah dan bahkan bagus, ketika saya layer beberapa produk yang melembapkan. Lalu juga faktor usia yang udah nggak remaja lagi, kulit saya butuh anti aging, dan mulai sering kusam. Jadi saya memang tipe yang pakai beberapa bahan aktif untuk kulit saya.

Tapi ya namanya saja manusia, walau penampakan saya kayak bidadari, ada kalanya juga saya jenuh dengan ritual skincare yang panjang-panjang. Pengennya yang singkat, sedikit produk, tapi kulit saya dapet semua yang dibutuhkan. That's why saya excited sekali sama Ozora Brightening Series ini.


Skipcare

Buat yang belum tahu, skipcare adalah metode mempersingkat skincare routine, namun tetap harus kita pikirkan agar kulit tetep menerima semua nutrisi yang dibutuhkan. Ini sih berguna banget untuk yang nggak punya banyak waktu untuk skincare-an, atau untuk yang butuh variasi aja agar nggak jenuh praktekin 10 layer skincare.

Yang harus dipatuhi saat mempersingkat skincare rutin adalah, kita nggak boleh skip basic skincare CTMP (double cleansing - toner - moisturizer - protection/ sunscreen). Jadi sebelum mikirin serum yang ndakik-ndakik, memang ada baiknya cari basic skincare yang bener-bener cocok untuk kulit.

Nah, Ozora Brightening Series ini adalah satu lini skincare yang cocok untuk skipcare. Regimenya singkat, cuma ada empat produk yaitu sabun muka, toner, day cream, dan night cream. Which is untuk CTMP, kita tinggal nambahin first cleanser dan sunscreen saja. Tapi walau cuma basic skincare,  dalam set ini kita udah dapetin manfaat hydating, brightening (dari Alpha Arbutin), dan anti-aging (dari Retinol). 

Jadi kalaupun mau skip brightening essence atau retinol serum, nggak masalah, karena kulit kita tetap mendapatkan nutrisi tersebut dari produk basic ini. Tapi kalaupun mau tetap menambahkan serum untuk menambah kerja active ingredient-nya juga nggak masalah.

Buat yang  memang cari-cari produk basic skincare namun kaya nutrisi, yuk kenalan sama produk Ozora Brightening Series ini satu-satu!


Ozora Foaming Cleansing Gel 

Review Sabun Wajah Ozora Foaming Cleansing Gel

Ingredient: Aqua, Dimethicone, Glycerin, PEG-4 Olivate, Ethylhexyl Olivate, PEG-12 Dimethicone, Propylene Glycol, Tocopheryl Acetate, Glyceryl Stearate, Panthenol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Sodium PCA, Titanium Dioxide, Allantoin, Sorbitol, Lavandula Angustifolia Oil, Acrylates/Acrylamide Copolymer, Mineral Oil, Retinol, Citrus Tangerina Extract, Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Tetrasodium EDTA, DMDM Hydantoin, Xanthan Gum, Polysorbate 85, Glycolic Acid

Jujur saja, saya biasanya nggak begitu memperhatikan kandungan dari sebuah sabun muka. Karena cuma menempel sebentar di kulit wajah, jadi saya nggak akan begitu berharap dengan kandungan brightening, anti-aging, dan lain-lain dalam sebuah sabun muka. Sejauh sabun muka ini terasa lembut, nggak bikin kulit kering dan ketarik, serta nggak mengandung SLS, saya udah puas.

Review Ozora Foaming Cleansing Gel

Review Tekstur Ozora Foaming Cleansing Gel

Dan Ozora Foaming Cleansing Gel ini adalah produk Ozora Brightening Series pertama yang saya cobain, dan langsung bikin saya SANGAT PUAS! Ini sih memang sabun muka tipe saya banget! Teksturnya gel tebal, berbusa banyak, namun sekaligus juga masih ada lapisan gel tebal ketika kita memijat-mijat muka. Sabun muka tipe ini bikin kulit saya yang sensitif sama gesekan ini cinta! Meskipun nggak ada fitur anti-acne, tapi karena gesekan yang ditimbulkan saat cuci muka bisa diminimalisir, jerawat jadinya juga nggak mampir ke muka saya.

Kalau kamu suka pakai cleansing device semacam Foreo Luna, Ozora Foaming Cleansing Gel ini bakalan jadi perfect match. Tapi kalau enggak pun, dipakai langsung juga super enak. Setelah pemakaian, kulit saya juga nggak ada rasa kering sama sekali. Luv! Ini jenis sabun muka yang bakalan saya repurchase sih! Apalagi harganya termasuk terjangkau untuk kualitasnya.


Ozora Neutralizing Toner

Review Ozora Neutralizing Toner

Ingredient Ozora Neutralizing Toner:
Aqua, Rosa Damascena Flower Water, Alpha-Arbutin, Hydrogenated Castor Oil, Allantoin, Glycerin, DMDM Hydantoin, Cetearyl Alcohol, Citric Acid

Produk kedua ini juga adalah produk yang saya suka banget! Basically ini adalah Rose Water, yang juga mengandung Alpha Arbutin sebagai pencerah, dan banyak kandungan humectant yang jelas dicintai oleh kulit. Rose Water sendiri tentu udah banyak yang tau dong manfaatnya. Rose water ini membantu menenangkan dan menghidrasi kulit, dan juga punya manfaat anti oksidan dan anti mikroba!

Yang bikin saya cinta selain ingredient-nya yang simpel, adalah kemasannya yang ditaruh dalam botol spray. Ini bikin pemakaian toner jadi lebih praktis dan cepet, lalu juga bikin produk ini multifungsi. Saya suka banget bawa produk ini kemana-mana, untuk saya semprot dimana aja dan kapan aja saya butuh kesegaran, atau pas mau reaply sunscreen. Di-apply siang-siang pas panas-panas tuh rasanya adem dan relaxing banget!

Ini memang bukan tipikal hydrating toner yang super kental dan melembapkan. Tapi buat saya sih pas aja ya untuk penggunaan siang. Untuk malam, saya biasanya tambahkan essence agar lebih menghidrasi. Overall Ozora Neutralizing Toner ini ngasih hidrasi ke kulit, menyegarkan, dan efektif mengatasi kemerahan di wajah ataupun di bagian kulit yang lain.


Ozora Intensive Repair Night Cream

Review Ozora Intensive Repair Night Cream

Ingredient:
Aqua, Dimethicone, Glycerin, PEG-4 Olivate, Ethylhexyl Olivate, PEG-12 Dimethicone, Retinol, Propylene Glycol, Tocopheryl Acetate, Glyceryl Stearate, Panthenol, Sodium PCA, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Titanium Dioxide, Allantoin, Sorbitol, Acrylates/Acrylamide Copolymer, Mineral Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Citrus Tangerina Extract, Glycolic Acid, Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Tetrasodium EDTA, DMDM Hydantoin, Xanthan Gum, Polysorbate 85

Karena usia saya udah 30+, saya jelas sudah butuh anti-aging untuk perawatan harian kulit saya. Makanya saya nggak pernah skip Retinol Serum. Retinol work amazing di kulit saya. Jadi ketika Ozora mengeluarkan Ozora Intensive Repair Night Cream yang mengandung 2% Retinol, ini menurut saya ide yang brilian sih. Ini jelas bisa bikin saya skip Retinol Serum dan langsung pakai night cream aja karena night cream ini sudah mengandung Retinol.

Review Night Cream Ozora Brightening Series

Night cream ini punya tekstur yang creamy, tidak thick, gampang di-spread ke seluruh kulit, namun nggak berminyak. Kulit saya menerima dengan baik sih krim ini. Nggak kering, nggak breakout, dan nggak kusam. Jadi saya rasa krim ini bekerja dengan baik di kulit saya. Cuma mungkin faktor kebiasaan, saya merasa night cream ini kurang melembapkan untuk kulit kering saya. Saya memang terbiasa dengan moisturizer yang supeeerr lembap untuk malam hari.

Selain Retinol, krim ini juga dilengkapi dengan vitamin E, vitamin B5, Aloe Vera, dan Allantoin, untuk melembapkan dan menutrisi kulit. Dan walau overal saya nggak kenapa-kenapa dengan formula night cream ini, namun saya perlu mengingatkan bahwa night cream ini mengandung Dimethicone (diurutan kedua ingredient list) dan juga mineral oil. Keduanya tidak berbahaya dan punya fungsi sebagai pelembap/ emolient. Namun, ada beberapa orang yang tidak cocok dan bisa memicu jerawat, jadi coba patch test dulu ya di area kecil sebelum mencoba ke seluruh wajah.

Tapi tentu saja night cream dengan kandungan 2% Retinol masih merupakan ide yang bagus untuk saya. Saya nggak keberatan pakai di saat-saat saya harus skipcare. Misalnya saat traveling atau memang sedang ingin mempersingkat skincare routine saja. Tapi kalau untuk sehari-hari, saya rasa saya masih lebih nyaman memakai retinol serum + night cream yang thick dan super lembap. 

Tapi ini balik ke selera masing-masing ya. Kalau kamu tipe yang nggak suka skincare malam yang berat, tebal, dan lengket, saya yakin sih kamu bakal cinta sama krim praktis ini.


Ozora Essential Brightening Day Cream 

Review Ozora Essential Brightening Day Cream

Ingredient Ozora Essential Brightening Day Cream:
Aqua, PEG-4 Olivate, Ethylhexyl Olivate, Glyceryl Stearate, Alpha-Arbutin, Octyl Methoxycinnamate, Dimethicone, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, PEG-12 Dimethicone, Propylene Glycol, Allantoin, Panthenol, Jojoba Oil/Macadamia Seed Oil Esters, Citrus Tangerina Extract, Tocopheryl Acetate, Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Titanium Dioxide, Tetrasodium EDTA, Lavandula Angustifolia Oil, Sodium Hyaluronate, Squalene, Acrylates/Acrylamide Copolymer, DMDM Hydantoin, Mineral Oil, Phytosteryl Macadamiate, Phytosterols, Tocopherol, Polysorbate 85

Sama seperti night cream-nya, Ozora Essential Brightening Day Cream ini juga dirancang sebagai cream yang di-infused dengan active ingredient. Kalau night cream-nya menggunakan 2% Retinol, day cream ini menggunakan 2% Alpha Arbutin yang memang sudah terkenal ampuh untuk mencerahkan kulit.

Selain Alpha-Arbutin, day cream ini juga dilengkapi dengan Sodium Hyaluronate, Vitamin E, Aloe Vera, Allantoin, Vitamin B5, Jojoba Oil, dan Squalene untuk melembapkan kulit. Terdapat Dimethicone juga yang harus diwaspadai kalau kamu alergi. Namun kalau saya pribadi sih suka feel silicon-y di krim siang saya, karena bikin pori-pori terlihat halus dan makeup juga nempelnya lebih baik. 

Lalu ada SPF 25, yang menurut saya sih agak useless ya, karena buat saya sunscreen harus dipakai 2 jari, dan nggak mungkin kita mau pakai day cream sebanyak 2 jari. Jadi saya nggak akan bahas manfaat UV filter-nya ini.

Review Krim Siang dan Krim Malam Ozora

Untuk teksturnya, Ozora Essential Brightening Day Cream ini juga creamy, namun masih terasa lebih lotion-y atau cair dibandingkan night cream-nya. Jadi memang lebih ringan di kulit. Feel-nya juga nyaman banget di kulit. Dipakai tanpa makeup dia cukup oke, nggak bikin muka kusam kalau udah siang. Tapi mau dipakai under makeup-pun juga cakep. Bisa bikin makeup nempelnya bagus tapi nggak bikin wajah minyakan lebay.

Boleh dibilang, saya menikmati dan nyaman sekali dengan Ozora Essential Brightening Day Cream ini. Teksturnya ringan, cukup melembapkan, cosmeticaly elegant, nggak lengket, dan nyaman dipakai di siang hari.


4 Minggu Pemakaian Ozora Brightening Series

Review Ozora Brightening Series

Saya udah pakai set ini dari tanggal 11 Februari. Yang mana berarti sudah 4 minggu saya pakai. Selama masa review ini, saya mencoba meminimalisir skincare saya, jadi saya memang skip Retinol Serum. Tapi saya tetep tambahkan first cleanser, sunscreen, dan exfoliator. Sebenernya udah cukup sih, kalau nggak perlu-perlu amat saya nggak tambahkan lainnya. Namun karena kulit saya memang jenisnya kering sekali, jadi terkadang saya perlu tambahkan hydrating serum dan sleeping mask.

Nah, ini dia yang saya rasakan 4 minggu memakai Ozora Brightening Set:

  • Ozora Brightening Set jelas memper-simple skincare routine saya. Meskipun saya masih menambahkan beberapa produk, namun tetap saja ini benar-benar mempersingkat skincare rutin saya dengan hasil yang juga optimal.
  • Merawat kulit dengan gentle. Saya nggak mengalami keluhan tingling, iritasi, dan breakout saat pakai produk Ozora.
  • Nggak ada rasa pedas di area mata selama pemakaian semua produk ini (karena saya sering ditanya, apakah Ozora Skin Neutralizing Toner-nya pedas di mata atau enggak).
  • Meskipun bukan produk anti jerawat, namun pemakaian Ozora Brightening Set ini juga mengurangi jerawat saya. Saya merasa sih karena Ozora Foaming Cleanser-nya yang sangat lembut dan teksturnya mampu mengurangi gesekan.
  • Super LOVE sama Ozora Skin Neutralizing Toner. Menghidrasi, praktis, dan multifungsi.
  • Ozora Essential Day Cream-nya nyaman digunakan dan nggak bikin kulit kusem saat tengah hari pemakaian. Dia juga nggak peeling meskipun saya tumpuk dengan sunscreen dan makeup.
  • Efek mencerahkannya saya juga merasakan. Kulit wajah saya sebenarnya sudah sewarna dengan kulit di bagian tubuh yang nggak terekspos matahari, jadi sudah dibatas paling terang. Jadi yang saya notice adalah, sebulan pakai Ozora, kulit saya tetap terjaga cerahnya dan nggak turun sama sekali tone-nya. Tentu ini juga harus diimbangi dengan pemakaian sunscreen dengan cara yang benar ya.
  • Untuk menyamarkan noda, satu  bulan ini belum terlihat hasilnya.
  • Dari sisi ingredient masih menggunakan dimethicone, mineral oil, dan essential oil yang mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi. Tapi harap dicatat, bahan-bahan tersebut TIDAK BERBAHAYA. Bahkan memang bermanfaat bagi kulit, dan kulit saya menerima dengan baik formulanya. Hanya sebagai reviewer, saya perlu mention barangkali ada yang punya alergi atau ketidak cocokan.
  • Untuk kemasan, toner-nya menurut saya perfect. Saya suka sekali toner dalam bentuk spray. Sabun mukanya juga saya nggak ada keluhan. Namun untuk cream, saya mengalami love and hate relationship ya. Jar-nya kecil, sehingga praktis disimpan dan dibawa-bawa. Namun di satu sisi saya agak kesulitan mengambil isinya, apalagi kuku saya lumayan panjang, krimnya suka nyangkut di kuku. Bila ingin mempertahankkan ukuran jar ini, mungkin Ozora bisa mempertimbangkan menyediakan spatula. Tapi design kemasannya sangat menarik sih. Saya suka sekali dengan aksen motif kayu di produknya. Cantik dan beda dari yang lain.


Harga Ozora Brightening Set

Harga Ozora Foaming Cleansing Gel : Rp 85 000/ 100 ml
Harga Ozora Skin Neutralizing Toner : Rp 80 000/ 80 ml
Harga Ozora Essential Brightening Day Cream : Rp 130 000/ 10 gram
Harga Ozora Intensive Repair Night Cream : Rp 120 000/ 10 ml

Harga Ozora Brightening Series : Rp 358 000

Kamu bisa mendapatkan discount 20% untuk pembelian produk basic treatment (day cream & night cream) dengan menggunakan kode voucher OZORRWW04 di Shopee Ozora Skin Care. Promo ini berlaku dari tanggal 8-14 april 2021 ya.


Kesimpulan

Kalau kamu sedang mencari skincare dengan regime yang simpel, namun ingredient-nya sudah cukup untuk menutrisi, mencerahkan, dan ati-aging, Ozora Brightening Set ini adalah produk yang tepat untukmu. Kalaupun mau di-pair dengan serum dengan active ingredient juga nggak masalah. Produk Ozora ini cukup gentle dan tentu akan nge-boost kerja active ingredient yang ditambahkan.

Favorit saya adalah  Ozora Foaming Cleansing Gel dan Ozora Skin Neutralizing Toner-nya. Sabun mukanya super lembut dan formulanya meminimalisir gesekan ke kulit. Sementara toner-nya dalam kemasan spray yang praktis, multifungsi, namun sudah cukup menghidrasi.

Instagram: @OzoraSkincare
Website: Ozora Skincare

No comments

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.