Cerita Soal Palet Makeup Terdrama

9:39:00 PM


Dulu, saya pernah nulis soal gosip-gosip seputaran industri kecantikan. Ya ghibah beauty lah kalau istilah saya :D. Kalau ghibah yang lebih (( SERIUS )) kan biasanya terbitnya di Besok Siang. Di sini ghibah kacangan aja 'cem begini.

Nah, ghibah beauty yang saya tulis sebelumya itu adalah ghibah soal Brandon Truaxe dan Deciem company (RIP Om Brandon, semoga beristirahat dalam damai dan dikenang dalam cinta). Awalnya, saya nulis itu bener-bener tanpa ekspektasi apapun. Kayak, halah, palingan cuma jadi salah satu postingan random yang pageview-nya pun kacangan. Eh...ternyata enggak lho! Netizen peminat ghibah banyak bener yak.


Kalian sih. Saya kan jadi keranjingan berghibah nih :D.

Nah, kali ini yang saya mau ghibahin adalah makeup palette. Mungkin basi ya, karena sebenernya produk ini sudah launch tahun lalu. Tapi nggak papa, nafsu ghibah saya sedang menggebu dan butuh penyaluran.

Produk yang menuai banyak kontroversi ini adalah:


Morphe x Jaclyn Hill Eyeshadow Palette, Vault Collection.

Saya tahu sih, drama palet yang lagi hits banget di Indonesia adalah Focallure x Tasya Farasya. Tapi sayangnya saya nggak punya produknya, jadi saya nggak bisa review. Tapi melihat swatch dari beauty influencer lain, The Needs ini kelihatan pigmented-nya banget-banget! Tapi mohon maaf ya saya tidak beli The Needs.

"Karena apa? Karena kita, tidak punya uang!"

Doakan saja suatu saat The Needs bisa kebeli oleh saya.

Tapi, palet Morphe x Jaclyn Hill ini nggak kalah drama kok. Bahkan lebih drama dari netizen Indonesia. Jadi kalau saya lihat ada yang komen, "Dasar netizen Indonesia, cuma gara-gara palet aja pada drama." Beuh...belum tahu kalau netizen luar Indonesia juga ganas soal makeup.

Saya akan ceritakan secara singkat ya dramanya.


Beauty enthusiast pasti udah tahu kan ya Morphe dan Jaclyn Hill pernah berkolaborasi membuat palet eyeshadow 35 pan? Menurut saya, ini kolaborasi yang sangat berhasil! Kolaborasi ini bener-bener naikin pamor Morphe. Dan bukan cuma pamor, secara kualitas, konon juga Morphe ini meningkat jauh sejak berkolaborasi dengan Jaclyn. Palet-palet yang dirilis setelah kolaborasi dengan Jaclyn, kualitasnya juga ikut naik mengikuti si Jaclyn Hill Palette, walau konon formula terbaiknya masih ada di palet Jaclyn Hill doang. Otomatis secara harga, Morphe juga naik.

Lho, kok konon? Ya karena saya tidak beli. Selain memang warna-warna di Jaclyn Hill Palette yang original itu bukan warna yang menarik minat saya, juga karena:

"Karena apa? Karena kita, tidak punya uang!"

Nah, karena palet kolaborasi mereka yang pertama berhasil, akhirnya Jaclyn dan Morphe bikin kolaborasi eyeshadow palette lagi Juni 2018 kemarin. Untuk eyeshadow palette yang ini, saya mampu belinya. Soalnya palet kali ini dipecah menjadi empat palet kecil-kecil, yang harganya tentu lebih terjangkau.


Mata saya juga langsung ijo liat koleksinya yang Armed and Gorgeous. Ini memang warna tipikal saya banget deh. Ada warna mustard, gold, dan ijo tai. Jadi langsung deh sejak awal Vault Collection ini dirilis, saya udah nginceng.

Tapiiii, ternyata reaksi netizen terhadap palet ini...jelek. Jadi ya, Jaclyn ini kan menjanjikan paletnya so buttery so pigmented easy to blend pokoknya nggak akan beda dari si original paletnya. Tapi ternyata banyak yang mendapati kalau kualitas palet ini jelek, nggak sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Jaclyn.

Akhirnya si palet-palet ini ditarik lagi dari peredaran. Alasan yang diberikan Jaclyn, palet sebelumnya itu jelek karena tehnik pengepresannya salah. Jadi seluruh produk batch yang ini mau dihancurkan dan diganti dengan batch yang baru. Oke, semua orang pun diam karena lega. Karena memang banyak banget yang menyayangkan, soalnya Vault Collection ini memang pilihan warnanya sebagus itu. Kan sayang kalau formulasinya jelek. Ekspektasi mereka, ya produksi ulang dan reformulasi paling-paling butuh satu tahun lah ya. Secepet-cepetnya sih enam bulan.

Tapi ternyata, palet ini diluncurkan kembali di bulan Agustus, yang mana berarti cuma satu bulan berselang sejak batch yang pertama ditarik dari peredaran. Orang-orang jadi maido kan. Ya kali produksi ulang bisa secepet itu. Tapi Jaclyn dengan yaqueen-nya bilang bahwa pokoknya batch kedua ini bagus. Semua palet lama sudah ditarik dari peredaran dan dihancurkan. Percayalah.

Nah, bersamaan dengan itu juga, Becca Cosmetics melayangkan gugatan ke Morphe, karena Vault Collection ini desain kemasannya memang mirip banget dengan kemasan Becca x Jaclyn Hill Face Palette, kolaborasi Jaclyn dengan Becca yang sudah lebih dulu diluncurkan (dan palet Becca ini drama juga sih, FYI aja :D).

Ya piye ya? Emang mirip sih. Jiplak ini mah.

Oke, kembali lagi ke Morphe Vault Collection. Koleksi batch kedua diluncurkan, dan seperti biasa, dikirim-kirimlah kepada kalangan influensa-influensa kelas dunia.

Nah, disini dramanya mulai semakin kacau. Palet batch kedua ini ternyata sama persis formulanya dengan palet batch pertama. Jadi prek lah kalau dibilang ini reformulasi, palet sebelumnya sudah dihancurkan, dan bla bla bla. Itu mah trik marketing yang curang. Karena paletnya masih sama, cuma diluncurkan ulang saja.

Saya paling inget sih review dari youtuber Thomas Halbert, yang bener-bener membandingkan side by side Vault Collection batch pertama dengan yang baru. Satu mata pakai batch pertama, mata satunya pakai batch kedua. Dan memang keduanya punya formula yang sama. Si Thomas ini kayak frustasi banget dan sampai bilang, "what happened in the beauty community? Where did we go from 'we love makeup' into 'we only care about money'?" (Yheaaa piye?).

Dan di tengah segala kekacauan yang terjadi, Morphe dan Jaclyn malah merilis kolaborasi baru berupa brush set (yang drama jugaaaaaaa jangan sedii). Kolaborasi terbaru ini banyak yang bilang sih sebagai pengalihan isu aja. Mereka males konfirmasi soal palet yang gagal.

Sejelek apa sih Vault Collection ini? Terus apa Dek Arum nggak tau kalau palet ini kontroversial, kok tetep beli? Sebenernya ya saya tahu segala isu yang melingkupi palet ini. Saya juga bukan ale-alenya Jaclyn Hill meskipun Jaclyn ini kerap kali bikin saya keracunan. Tapi saya beli karena:


Jiwa saya udah terbeli sama shade Armed and Gorgeous ini, beb :'(. Sodorin aja palet dengan nuansa warna seperti ini, pasti saya bakalan kepikiran terus dan akhirnya beli asalkan kita sudah punya uang.


Menurut saya, kelemahan palet ini ada pada warna mattes-nya. Warna-warnanya agak patchy dan warna gelapnya nggak bisa dibaur. Terus untuk warna Top Secret ini, semakin di-blend ke kulit semakin mudy atau kotor gitu. Walau memang wajar sih, warna ijo tai begini memang biasanya mudy. Tapi khusus Top Secred ini, memang mudy parah.

Untuk warna Access, Agent, dan Secure, alias warna mattes yang medium, menurut saya lumayan lah. Patchy tapi masih oke sih, nggak yang parah banget sampai nggak bisa dipakai. Sementara warna shimmer-nya buagus parah! Buttery, nggak over emolient, dan awet. Warnanya nggak gampang redup kayak warna shimmer eyeshadow murah. Terutama warna Coin, itu favorit saya, karena warnanya hidup banget dan pigmennya super rich. Coin ini sebenernya punya hint agak hijau gitu, nggak sepenuhnya gold. Sayangnya di kamera nggak ketangkep.

Kesimpulan saya soal palette ini? Sebenernya nggak jelek-jelek banget sih. Warna shimmer-nya bagus, beberapa warna matte-nya B aja tapi kepakai walau ada beberapa warna yang patchy dan mudy parah, namun secara keseluruhan saya masih bisa-bisa aja kerja pakai eyeshadow ini. Warna shimmer-nya juga hidup dan keseluruhan warnanya awet di mata. 

Sejujurnya, Vault Collection ini ngingetin saya sama formula eyeshadow Morphe yang dulu, sebelum mereka kerjasama dengan Jaclyn Hill. Kayaknya netizen sekecewa itu karena, yang pertama, merasa dibohongi soal reformulasi batch pertama. Yang kedua, karena Jaclyn kalau promosi kan modelnya memang lebay gitu lho. Sugar coating pol-polan. Yang ketiga, ya karena dibandingkan dengan original palette Morphe x Jaclyn yang sebelumnya, yang konon kualitasnya memang setara palet highend.


Kebetulan juga nih, saya dapetin palet ini dengan harga Rp.225.000,-, cukup murah karena memang harga spesial (yang sekarang udah nggak ada). Tapi harga normal palet ini adalah dikisaran 300-400 ribuan. Kalau dapet harga normal sih, menurut saya ya nggak worth it, apalagi ini desain kemasannya jiplakan, mendingan beli paletnya Colourpop aja. Kecuali kamu suka banget sama salah satu pilihan warna dari Vault Collection (kayak saya) atau kamu ngefans setengah mati sama Jaclyn Hill.

Untuk menutup ocehan ghibah beauty kali ini, saya mau menampilkan dua eye look yang saya buat pakai Morphe x Jaclyn Hill Vault Collection: Armed and Gorgeous. Di look ini saya berusaha mengambil sebanyak mungkin warna yang ada dalam palet tersebut.


Look Pertama

 

 Look kedua

Mohon maaf postingan ini banyak foto muka saya. Ya gimana, ini kan blog saya. Kalau blognya Nikita Mirzani ya pasti banyak foto muka Nikita Mirzani. Begitu.

You Might Also Like

25 komentar

  1. Wah aku juga ngincer salah satunya, lupa yang mana tapi kayaknya yang agak kebiru-biruan, karena penasaran sama performanya. Btw aku ngakak mbak bilangnya ijo tai :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dark Magic? Selamat. Pilihamu konon yang formulanya paling jelek di antara yang jelek jelek :))

      Delete
  2. kalo isinya banyak mukaku jadinya namanya blog Beautiful Channel :)) #barpromosinjukkabur

    ReplyDelete
  3. Sekarang dunia byuti itu kan emang sedang berkembang sangat di belahan dunia manapun. Dan skrg influencer2 byuti memang konon lbh laku dan mahal dr bahkan artis2 papan atas.
    Makanya ya drama gontok2annya banyak ya

    Disatu sisi bagian sholehahku mengatakan smoga drama2 ini ndak terjadi lg.. disisi lain bagian2 kebejetanku mengatakan lagi..lagi..lagi..

    Aku sndiri dr dulu jg lebih ke team kalerpop ketimbang morfi. Ndak tau mengapa ya. Mgkn selera saja

    Cm memang di mata dek arum sepertinya centes2 sahaja ya.ini pasti juga krn gabungan skill & amal ibadah yg sempurna :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi di dusunku sini, sate kambing lebih laku daripada sate ayam. Namun tida menjadikan bakul sate kambing gontok2an.
      Sepertinya aku ini tida punya jiwa soleha. Setiap ada pertikaian aku menickmati dalam diam.

      Delete
  4. selalu suka dengan caramu menggiring kami membacanya sampe akhir mbak..aku merasa dijebak..sampe harus meninggalkan komen ������.

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak drama d dunia byuti ini yahh, apalag aq emak2 yg udah puyeng ama drama hidup sehari2... ������

    ReplyDelete
  6. Nek ngomongin pallete esedo, mbuh kebeli nggak kebeli kayaknya aku langsung cus mbak. Terbukti, ini aku gasanggup beli ya baca aja. Mayan nambah ilmu.


    Btw aku ada juga pallete murah yg dupenya morphe x J.H yang 35 pan itu mbak. Merk BG, lumayan sih daripada lumanyun... wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. BG apakah merk china? Aku tida main merk china sejak tragedi o tu o bund :D

      Delete
  7. Ya ampuuunn cantik banget warnanya.

    ReplyDelete
  8. kanapa tangan anda plingget ketika ngeswatch ~ aku suka sama warna ijonya jugak ! dan alus banget itu transisi warnanya di eye makeupnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plinget itu apa sih Barbara??

      Terima kasih aku memang handal!

      Delete
  9. Aku kok belum tertarik beli palet Morphe yak 😂 Punya single-nya aja jarang dipake ahahaha

    Kmrn malah iseng beli merk indie krn ada gambar kocheng nya 😺

    ReplyDelete
  10. Ah aku suka baca ceritanya, banyakin cerita kaya gini dong supaya gausah susah2 nonton youtube atau ngubek2 di reddit ♥️♥️

    ReplyDelete
  11. Aku baca judulnya, kirain palette-nya Tasya Farasya, sama hebohnya soalnya >< warnanya cakep-cakep ya palette ini, tapi sayangnya patchy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tida tida kita gosipnya internesyenel aja :)).
      Iya sayang banget. Padahal kurasi warnanya seriusan buagusss

      Delete
  12. wkwkwkkw ya ampuuun baru tau ada wrna ijo tai :p. aku ga menyangka kalo pallette juga banyak dramah seperti ini :D. secara eik cm dandan kalo di kantor , itupun sngt basic sekali hihihihi..

    tp kalo melihat hasil yg kamu pakai, ga bakal nyangka kalo kualitasnya jelek mba. aku suka blend-an wrnanya itu.. :D .. iduup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jacllyn hill mah ratu drama :))

      Tapi serius ini jelek sih. Aku kesal karena warnanya bagus banget.

      Delete
  13. Mbaaak! Salam kenal ya. Aku perdana mampir blogmu pas nyari review Purbasari. Trs hari ini mampir kemari lg krn pengen baca-baca. Walopun aku bukan makeup enthusiast. Ternyata aku suka gaya menulismu :) jd biarpun qu tac ngerti ama istilah makeup macam patchy ijo tai, tp qu tetep mau baca2.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...