Review: Purbasari Lipstick Color Matte

52 comments
Review Purbasari Color Matte

Kalau ngomongin lipstik matte dari merk lokal yang harganya terjangkau, orang-orang pasti kok langsung nyebutnya Wardah Longlasting Lipstick ya? Padahal menurut saya, Wardah Longlasting Lipstick (review all varian Wardah Lipstick di sini) itu teksturnya nggak banget, bikin kering bibir. Lipstik matte dari merk lokal selain Wardah yang pernah saya coba adalah Caring Everlasting Lip Colour (review di sini), Mirabella Colorfix Lipstick (review di sini), dan Purbasari Lipstick Color Matte.

Dari semua yang saya sebut di atas, yang paling bikin bibir gersang adalah Wardah Longlasting Lipstick, sedangkan yang paling enak dipakai adalah Purbasari Lipstick Color Matte. Makanya saya lagi jatuh cinta sama lipstik ini.

Oh iya, mungkin banyak yang belum tahu kalau Purbasari itu ada line make up-nya. Purbasari ini memang yang terkenal adalah body scrub-nya. Saya juga suka body scrub-nya karena teksturnya enak dan harganya murah, walaupun baunya amit-amit. Line make up-nya lumayan lengkap loh! Harganya juga tergolong murah. Saya pernah me-review line make-up Purbasari di sini.

Karena lipstik ini kualitasnya bagus dan harganya murah, saya merekomendasikan banget deh untuk para pecinta matte lipstick yang pengen nambahin koleksi tapi kantongnya lagi cekak.

Kemasan Hitam Mewah

Lipstik ini saya beli di Mutiara Jogja, pas saya pulang bulan lalu. Awalnya sama sekali nggak ngelirik karena memang lagi nggak niat beli lipstik sih. Saya kesono karena mau beli pensil alis Fanbo. Tapi terus liat line make-up baru, Zoya. Nah, di sebelah Zoya ini ada konter Purbasari. Udah konternya sebelahan sama Zoya, lipstik-nya manggil-manggil pula! Jadi bukan salah saya dong kalau saya kemudian beli lipstik. Salahin tuh penata ruangan toko Mutiaranya. Coba konter Purbasari-nya nggak di samping konter Zoya atau ditaruhnya ketutupan rak sekalian, pasti kan saya nggak beli! *lirik sewot ke arah suami*.

Saya memang lebih suka kemasan lipstik yang panjang langsing begini daripada yang bentek gendut. Entah kenapa menurut saya lebih elegan. Dan kemasan Purbasari Lipstick Color Matte ini bagus. Warnanya item dengan tulisan warna emas. Cakep deh kayak lipstik mahal.

Unboxing Purbasari Lipstick

Lipstik ini jenisnya matte, jadi memang cenderung lebih tahan lama dari lipstik yang creamy. Dan yang saya suka, rasanya memang ringan dan nggak bikin bibir saya kering, nggak kaya kebanyakan lipstik matte. Akhirnya ada juga tekstur lipstik matte yang jodoh sama bibir saya.

Teksturnya tuh lembut banget. Pas dioles nggak berasa kayak ngolesin lipstik matte. Kadang-kadang kan kalau pakai lipstik matte berasa ngolesin kapur gitu ke bibir. Lipstik ini ada aromanya, tapi enak deh. Aromanya kayak kue, lembut dan nggak ngganggu. Nggak kaya kebanyakan lipstik lokal yang aromanya kayak lipstik banget.

Tapi setahan-tahannya, tetep aja sih kalau di saya nggak gitu-gitu amat. Nggak ada lipstik yang betah nongkrong lama di bibir saya, soalnya saya dikit-dikit ngemil dan minum. Terus lipstik ini juga masih transfer ke gelas kalau saya pakai minum. Tapi lagi, saya belum pernah nemu lipstik yang nggak transfer. Ya kecuali liptint.

Swatch Product

Sayangnya pilihan warna lipstik ini nggak banyak dan tua-tua. Tapi ada dua warna nude beige yang asik banget, yang satunya kayak yang saya beli itu. Dan ada warna merah gelap yang juga asik, tapi saya nggak beli karena lipstik merah saya udah banyak.

Saya memilih warna No 90 (nude beige dengan hint oranye yang lumayan kenceng) dan No 89 (pink coral). Sebenernya saya tertariknya sama warna pink coral-nya aja. Tapi mbak-nya BA bilang si No 90 itu warna lipstik yang paling laku sedunia. Semua tante-tante gaul pasti punya. Mbak-nya nggak punya? Ah...mbak-nya nggak gaul.

Saya belum nemu formula selfie yang tepat nih untuk kamera baru saya. Tapi yang ini udah lumayan deh, jadi saya pasang FOTD pakai lipstik ini. Tapi ngomong-ngomong masih kurang caem berasanya. Saya maunya sih formula selfie yang pose apapun dan make up apapun hasilnya mukanya kayak Dian Sastro. Dian Sastro kameranya apa sih?

Hasil Pemakaian Di Bibir
No 90

FOTD Purbasari No 90

No 90 ini warnanya nude beige dengan hint oranye. Banyak yang demen sama warna ini karena (katanya) natural dan MLBB. Tapi saya nggak demen. Saya memang agak rempong kalau sama lipstik yang warna dasarnya beige. Kalau ketuaan suka bikin muka saya berasa suram. Nah, No 90 ini masih agak ketuaan di saya, kurang mudaan dikit. Nggak MLBB dan bikin rona wajah saya kurang cerah aja gitu.

Pemakaian Di Bibir
No 89

FOTD Purbasari No 89

Kalau No 89 ini warnanya klasik banget, pink coral. Walau warnanya klasik dan berasa warna sepanjang masa, tapi saya belum pernah punya lho warna begini. Karena saya memang tadinya nggak tertarik warna-warna coral, warnanya menurut saya waktu itu ibu-ibu banget. Jadi saya ini sebenernya kan bapak-bapak banget. Tapi entah deh, saya jadi kepengen warna ini. Mungkin karena lagi nge-trend kali ya? Kan saya orangnya trendy.

Saya lagi suka banget sama si No 89 ini, cocok dipadukan sama make up mata minimalis, dan blusher yang tipis-tipis aja. Buat riasan yang terkesan formal juga cocok. Warnanya memang nggak nude dan nggak muda, tapi bikin penampilan jadi terkesan sangat feminin.

Product Ingredients

Sensitifitas bibir orang beda-beda ya. Saya terus terang nggak cocok sama Wardah Longlasting Lipstick karena kering banget, rasanya kayak pakek kapur di bibir, tapi banyak orang lain yang cocok. Jadi mungkin ketika Purbasari ini cocok di saya, di bibir kamu ada kemungkinan nggak cocok, karena kamu ada kemungkinan ngga se-hot saya. Yang saya suka dari Purbasari Lipstick Color Matte ini sih, teksturnya yang lembuuuut saat dioles dan nggak bikin bibir kering.

Saya juga bukan penggemar lipstik matte, tapi tentu saja sebagai tukang timbun make up, saya punya juga donk lipstik matte. Diantara sekian lipstik matte yang saya punya, merk lokal maupun merk luar, dari segi tekstur Purbasari Lipstick Color Matte jadi favorit saya saat ini. Cuma memang kalau dari segi warna, menurut saya pilihan yang ada kurang caem.

Harga: Rp 28 000 /  4 g

52 comments

  1. warnanya tjakep mbak... tapi kok kayak bikin kering gitu dibibir, apa bibirnya mbak arum kering? kan sekarang udah dapet vitamin C* terus mbak masak masih kering (*baca: vitamin C-ium)... hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kering kok. Bibirku bentuknya memang bergurat-gurat gitu. Kalau pakai matte lipstik ya jadinya kayak begitu. Makanya lebih suka lipstik yang creamy :D

      Delete
  2. Mau belajar jadi se hot mba arum ah biar lipstick nya cocok.hihihi...
    Pas dipake kerasa berat gak di bibir. Kan pada umumnya lipstick matte pas dipake bibir berasa berat gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaaa...Hani mah udah super hot :D
      Enggak berat kok. Cobain deh :D

      Delete
  3. waaaa setuju sm mbak aruum!! lipstick matte yg murce dan enak dipake purbasari <3 waktu aq di counter betah bgt nyoba"in warna lipen matte ini, klo yg no 90 jatuhnya di aq kyk coklat, yg 89 bagus mbak <3 aq naksir yg warna merah <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. 90 di aku jadi oranye gitu, An :|
      Aku juga naksir warna merahnya. Ada yang merahnya gelep banget gitu, pengen deh :D

      Delete
  4. mba arum racun banget deh mendadak jadi pengen beli juga jadinya

    ReplyDelete
  5. Heuuuu mbak Arum ratjunmu mempan banget, jadi pengen beli juga kaaan >.<

    ReplyDelete
  6. aaawwwwww no 90 itu favoritku!! sampe tak sogok-sogok udah abis, yang nyebelin ya itu, isinya dikit! kalau di aku masuknya MLBB pake banget, bikin kultku cerah lho mbak, gak mandi pake ini juga udah berasa dandan. Eh coba no 83 mbak, itu mirip sama no 90 tapi kenceng tone pink nya, aku mau beli ini disuruh ngabisin yang no 90 sama pacarku, niatnya sih minta dibeliin :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku sebenernya juga ngelirik yg 83, nit. Tapi mbak2 nya bilang bagusan 90 masaaaa. Hahahaaa....aku ga demen yg 90. Bsk klo mudik lagi mau belik yg 83 ah..

      Delete
  7. ini lipstik enteng banget rasanya kayak nggak pake apa2 di bibir. aku punya yg no 87 warna merah tua. suka warnanya tapi kok kayak ada shimmer sedikit..

    http://randomandquick.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enteeng. Wah, yang 87 ada shimmernya yak? Jadi penasaraannn.

      Delete
  8. salam kenal mba arum :D
    wah jadi kepingin beli

    ReplyDelete
  9. mbak arum, tokcer banget racunnya. kalo di jakarta, nyari purbasari di mana ya?

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba 😉. Cobain no 84 deh mba yg meraah cetaaar hehehe

    ReplyDelete
  11. Di aku yang no 89 ga jadi pink coral gitu mbak, apa yaa .. jadi pink tok gitu di aku huhu
    Kok di mbaknya bisa cakep gitu sih warnanya? Ngiri deh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahak...kayaknya warna lipen memang bisa beda2 jatuhnya di tiap orang deh. Ngikut warna asli bibir dan warna kulit :D

      Delete
  12. Say boleh nitip ngga.. di kotaku ngga nemu2 nihh

    ReplyDelete
  13. Warna nude beige nya ketceehhhh *larikekontermakeup* wkwk

    ReplyDelete
  14. Bs order g za ....??? Purbasari no 84

    ReplyDelete
  15. hiks di th 2014 sih kotaku lengkap purbasari, tp ahir2 ini suliiit nemu lagi, ,, nagih bangeeetzzz nomer 81 sama 90 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok sekarang malah ga adaaa? Iya nagih nih. Di jakarta juga ga ada. Beli kalau pas ke jogja aja :(

      Delete
  16. halo kak Arum, coba pake Rimmel Provocalips deh, food proof dan kiss proof.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, thanx rekomendasinya. Kapan-kapan aku coba yah ;)

      Delete
  17. Aku gak percaya (sama diri sendiri) bahwa review lippen ini udah ada setahun lalu, dan aku baru tau ttg si purbasari ini sekarang! Emejing. Tapi susah nyarinya seus.. btw dua harian ini blog stalking jadi ketagihan. Terusin nulusnya yaaa 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...iyaaa. Boomingnya baru baru aja yah. Aku juga heran kok bisa :D :D. Padahal aku udah pakai lama banget.
      Makasih ya :3

      Delete
  18. Harga lipstik matteny benar Rp 28.000 ya mba? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih sekarang udah naik. Di instagram @beauty_jingga harganya Rp 30 000

      Delete
  19. Aku beli 32.500 di bandung heu. Aku pengen bgt malah yang 90 mbak arum :( tapi kosong jadi beli yang 81. Hiks. Dan agak kegelapan shadenya menurutku. Masih cinta sm warna pink sorbetnya wardah yang long last, tp klo lembabnya yg ini juara!!! Hrsnya mrk kuarin banyak warna lg :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku bagusan yang 81 :D :D. Iya dia shadenya gelep2. Nggak ada yang nude. Aku nggak bisa pakai wardah, langsung pecah di bibirku :(. Sayang banget ya pdahal Wardah cantik banget warnanya.

      Delete
  20. Mba arum pake blush on apa, lucu banget
    Aku susah nyari blush on, kayaknya ga bisa natural gitu kelihatan nya, padahal pengen juga pake blush on tp ga terkesan menor :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lupa aku pakai blush apa. Udah lama banget foto ini. Aku sekarang juga jarang (hampir ga pernah malahan) pakai blush on

      Delete
  21. Pengen coba dong kak.. Tp saya bingung warna kulit bibir saya agak gelap nih, baiknya pakai warna no berapa yach? Udh coba berbagai lipstick.. Kurang matte 😢😢

    ReplyDelete
  22. Mbak . Ada kontak org toko nya kah mbak_? Rencana mau nyetok selusin mbak lipstik purbasari nya .

    ReplyDelete
  23. mba arum kl sm wardah longlast apa bedanya? di kotaku susah amat purbasari..akhiry wardah..pdhl penasaran sm purbasari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku bagusan purbasari banget. Untuk detilnya silahkan buka postku aja yaaa. Aku pernah kok ngereview purbasari, dan pernah juga ngereview wardah. Pakai fitur search di bawah profil aja biar gampang ;)

      Delete
  24. Sista sista siang hehe maaf bgt nih aku mau tanya dong ada yg tau lip purbasari yg jual online harga 28rban dmn ya ? Aku mau order utk dijual lg mohon info dan bantuannya dong lgsg email ya bidaanggari22@gmail.com . makasih :*

    ReplyDelete
  25. mba arum, kalo mau cari lipstik purbasari yang lengkap dimana yaa?
    tau ga?
    soalnya aku cari ke guardian sekitaran jaksel, tapi nya ga ada muluuuu.. huhu

    ReplyDelete
  26. Ahhhh blog mba arum nih, bener - bener racun. Gak bosen baca postingan postingannya. Dari skin care TBS sampe SK II yang tadinya gak mau beli karena lumayan over di budget akhirnya beli juga setelah teracuni review dari mba arum :D. Setuju banget sama purbasari collor matte lipstick yang no 89 warna nya feminim banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...beli yang dibutuhin aja yak :3
      Iya 89 feminin. Setipe sama wnw rosegold.

      Delete
  27. Kepengen beli lagi. Wkwk,padahal baru beli nomer 81,jatuhnya cucok di aku. Makasih review nya mba yang 81 kemaren membantu banget. Pengen beli yang 83 sama 90. Ahaha

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.