Wednesday, October 30, 2013

Review: Secret Key Starting Treatment Essence



Pasti udah banyak yang pernah denger tentang SK II Facial Treatment Essence kan? SK II FTE itu memang terkenal karena review-nya bagus-bagus banget. Saya sendiri kurang tertarik yah sama line SK II, mengingat harganya :p. Tapi si FTE ini ada dupe-nya, yang fungsinya sama bagusnya, tapi harganya jauh lebih murah dari SK II, yaitu Secret Key Starting Treatment Essence. Kali ini saya nyobain si Secret Key STE, yang saya dapet dari Miss Lie Collection.

Seperti gambar di atas, Secret Key STE ini dikemas dalam botol kaca, yang kelihatan elegan dan berat. Kalau pendapat saya sendiri mengenai produk yang dikemas dalam kaca udah jelas lah ya, saya nggak terlalu suka. Selain berat, juga saya takut botolnya kebanting dan kemudian pecah. Tapi kemasan botol kaca begini memang kelihatan elegan dan mirip banget sama kemasan pendahulunya, si SK II FTE.


Tutupnya berbentuk ulir, jadi harus diputer gitu untuk membuka dan menutup. Saya suka model tutup begini, karena rapat dan aman. Aman dari resiko tumpah dan aman dari resiko tutupnya mbukak sendiri sehingga produk terkontaminasi kotoran dan udara luar. Higienis lah istilahnya. Saya mending ribet dikit tapi kualitas produknya bagus deh, dari pada bela-belain pengen praktis tapi tutupnya nggak rapet dan gampang kebuka model fliptop.

Mulut botolnya kecil, tapi pas banget ukurannya untuk produk dengan jenis cair begini. Nggak susah ngeluarin produknya, tapi juga nggak terlalu lebar yang bikin produk tumpah-tumpah dan nggak higienis. Di bagian mulut botol, terdapat penyumbat botol kecil. Bagi yang suka sih, penyumbatnya bisa dipakai lagi. Kalau saya sih penyumbatnya saya buang, karena:


Asalkan nutupnya rapet, walau tanpa penyumbatpun nggak tumpah kok :)).


Dan seperti pada umumnya produk kosmetik yang baik, Secret Key juga mencantumkan tanggal kadaluarsanya. Pada STE, tanggal kadaluarsa ini bisa kita lihat di bagian bawah botolnya.


Kandungan



Kalau SK II FTE kan sering disebut-sebut mengandung Pitera tuh. Dan Pitera itu adalah kandungan exclusive yang hanya dimiliki oleh SK II. Nah kalau Secret Key ini kandungan yang dijagoin adalah Galactomyces.

Bagi yang belum tahu, Galactomyces adalah efek ragi yang dihasilkan pada proses pembuatan sake, yang mempunyai efek mempertahankan barrier kulit, anti oksidan, dan anti aging, sehingga membuat kulit tampak halus, cerah, dan kencang. Nah, fermentasi Galactomyces ini kemudian oleh SK II dipatenkan dengan nama Pitera.

:D <-- nggak kok, cuma pengen meringis aja

Manfaat dari STE sendiri adalah untuk:
  • menenangkan kulit
  • mencerahkan kulit
  • memperbaiki tekstur kulit
  • mempertahankan elastisitas atau kekenyalan kulit
  • melembapkan kulit

Produk ini nggak mengandung paraben, mineral oil, Benzophenone, Alcohol, Phenoxyethanol, Pewarna, ataupun Synthetic parfum. Jadi bagus tuh buat yang kulitnya sensitif, atau alergian, atau jerawatan, ataupun buat yang parnoan sama segala macem kandungan ^^.

Ada samar-samar bau tape di produk ini. Awalnya saya pikir itu bau alkohol. Kok ada bau alkohol? Tapi kata ses Sekar, itu bau Sake :)).



Cara Pemakaian

Sesuai namanya, Starting Treanment Essence ini digunakan di awal sebelum kita memakai skincare lainnya. Gunanya tentu saja untuk menutrisi kulit dengan kandungannya, dan juga mempersiapkan kulit menerima skincare tahap berikutnya. Hmm...agak-agak mirip toner yah? Iya, kalau saya bilang, ini memang fungsinya sama kaya toner yang mempersiapkan kulit untuk menerima skincare berikutnya. Tapi STE ini adalah essence yang baik untuk memperkecil pori, mengurangi jerawat, dan mencerahkan kulit yang kusam. Saya selalu pakai STE setelah mandi/cuci muka, baru dilanjut dengan skincare yang lain.

Urutan skincare saya:
Pagi --> Sabun muka - STE - Pelembap - Sunscreen
Malam --> Cleanser - Sabun Muka - STE - Serum - Krim malam

Saya biasanya memakai STE ini sehari tiga kali. Sehabis mandi pagi, sehabis mandi sore, dan malam sebelum tidur. Ya pokoknya setelah cuci muka, saya pasti pakai ini.


Produk ini teksturnya cair kaya air. Kalau dibandingin sama Hadalabo Lotion atau History of Whoo Jinyul Balancer, produk ini lebih cair. Makanya saya suka dan menyarankan memakai kapas untuk pemakaian produk ini, bukan pakai tangan. Soalnya kalau langsung dituang ke tangan lalu diusap ke muka, akan banyak produk yang terbuang. Dan berasanya sih nggak rata-rata aja. Jadi boros karena tambah terus- tambah teruusss. Akan lebih cepet rata dan lebih hemat kalau menuang produk ini ke kapas, baru kemudian tepuk-tepukan kapas di muka.

Karena cair, jadi produk ini gampang banget meresap di kulit. Nggak lengket, nggak licin, dan nggak ada perasaan nggak nyaman setelah memakainya. Pokoknya rasanya seger aja, dan ada efek bikin kulit lembap.


Efek Sesaat Setelah Pemakaian

tidak memakai apa-apa - memakai Secret Key STE

Seperti yang sering saya bilang, jenis kulit saya adalah kering. Kulit kering seperti kulit saya bikin makeup susah banget nempel, foundie juga suka jadi cakey. Terus biasanya efek setelah cuci muka adalah kulit terasa tambah kering dan ketarik. Salah pemakaian produk bisa menyebabkan iritasi.

Setelah cuci muka, dan memakai STE, kulit saya terasa lebih tenang, kalem, nggak ketarik lagi. Dan bisa dilihat di gambar di atas, bagian yang sudah diolesi STE terlihat lebih lembap. Makeup yang saya pakai sesudahnya juga lebih menempel dan awet. Perasaan kulit kering dan ketarik juga langsung hilang. 

Kalau pas si STE kena bekas luka atau jerawat, nggak ada rasa perih sama sekali. Pokoknya rasanya lembap dan seger. Nyaman di kulit.


Efek di Kulit Saya Setelah Dua Minggu Pemakaian

Yang saya rasakan, memang bener-bener bikin kulit saya lebih membaik. Lebih lembap, kulit-kulit mengelupas karena kering juga perlahan menghilang, jerawat mengempes, rona kulit muka terlihat lebih cerah. 

Berikut adalah foto close up muka saya dari dekat:

Atas: Sebelum memakai STE
Bawah: Setelah 1 setengah minggu memakai STE

Gambar di atas nggak saya edit sama sekali. Cuma crop dan watermark. gambar di atas diambil pada jam 3 sore, setelah 7 jam memakai makeup, atau pada saat kondisi kulit saya lagi jelek-jeleknya. Adonan lainnya sama persis, yang beda cuma STE-nya.

Yang pertama kelihatan tentunya rona muka saya kelihatan lebih cerah dan sehat, nggak kusem. Biasanya setelah 7 jam ber-makeup, muka saya kelihatan kucel, tapi bisa dilihat pada foto bagian bawah kalau muka saya memang mengeluarkan minyak, tapi nggak kelihatan kucel. (kulit kering juga bisa mengeluarkan minyak. Penjelasan lebih lanjut akan saya bahas di post lain).

Di daerah cuping hidung sebelum memakai STE, ada iritasi atau kulit-kulit yang mengelupas. Setelah satu setengah minggu pemakaian STE, kulit-kulit mengelupas tersebut hilang. Kulit juga kelihatan lebih lembut dan pori-pori sedikit mengecil.

Tiga hari ini, saya lagi sakit. Flu berat. Sekarang juga belum sembuh-sembuh amat tapi udah gatel aja pengen nyalain leptop :D. Saya kalau sakit itu males ngapa-ngapain, termasuk males pakai pelembap dan lain-lain. Maunya tiduuurr aja. Nah, tiga hari ini saya juga begitu. Setelah cuci muka, saya biasanya cuma pakai STE ini aja. Udah. Mau tidur juga begitu, cuci muka terus pakai STE. Tapi ternyata kulit saya tetep lembap loh. Nggak dehidrasi. Bahkan pas bangun tidur nggak kucel. Bangun tidur kulit saya kelihatan cerah dan suple

Sekarang saya sudah dua minggu menggunakan STE secara teratur. Sejauh ini nggak ada efek samping apapun. Kulit juga membaik teksturnya. Di saya STE nggak menyebabkan jerawat, nggak menyebabkan rasa perih saat digunakan, dan juga nggak membuat produksi minyak bertambah banyak. Intinya saya cocok banget sama Secret Key STE. Kalau udah abis, jelas saya mau repurchase lagi!


Beli di Mana?

Produk-produk Secret Key, belum ada counter-nya di Indonesia, jadi harus di beli online. Saya merekomendasikan untuk beli di: http://misslie-collection.com. Soalnya terpercaya dan jaminan asli barangnya. Saya udah lama sih suka belanjanya di Miss Lie. Selain itu Miss Lie juga ramah dan nggak pelit ngasih sample :P. Nih saya dikasih sampel Skinfood Royal Honey Hidro Cream pas ngirim si Secret Key STE, padahal saya bahkan nggak lagi beli. Kyaaaa :*.


Secret key STE yang punya saya di atas ukurannya 155 ml. Tapi Miss Lie juga menyediakan ukuran 30 ml-nya. Lumayan kan buat yang pengen icip-icip dulu atau yang lagi bokek :P


Harga normal Secret Key Starting Treatment Essence di Miss Lie Collection:
  • Rp 210 000 / 155 ml
  • Rp   85 000 /   30 ml
Harga di atas itu harga normal per satuan  yah. Mungkin bisa berubah-ubah, siapa tau Miss Lie lagi promo. Dan saya sempet cek-cek ke website-nya juga ada paket yang tentunya bisa lebih murah kalau beli per-pack-nya :). Di antaranya:
  • Paket cleanser 30 ml + essence 30 ml + cream 30 ml (secret key)
    Harga: Rp 185 000
  • Paket cleanser 30 ml + essence 30 ml + cream 30 ml (secret key) + Skin79 Hot Pink BB Cream 5 ml
    Harga: Rp 235 000

Kontak Miss Lie Collection:
LINE, WhatsApp, Kakao Talk, We Chat : 0899-8175285
Pin BB Miss Lie :  2B329DOC
Pin BB Admin : 28AB3BEC
Facebook : belle_lie1986@hotmail.com


Kesimpulan:
+ kemasannya rapat dan higienis, nggak gampang tumpah
+ ada samar-samar bau sake, tapi nggak mengganggu
+ nggak mengandung paraben, mineral oil, alkohol, pewarna, pewangi buatan dan bahan-bahan lain yang biasanya dihindari
+ membuat kulit lebih lembap dan nyaman
+ membuat makeup lebih nempel dan awet
+ membuat rona wajah lebih cerah, walau tanpa makeup
+ nggak lengket, nggak licin, dan rasanya seger saat diaplikasikan
+ nggak bikin breakout
+ menghilangkan kulit-kulit kering dan mengelupas
+ tersedia ukuran kecilnya (30 ml)
- nggak ada counter-nya, tapi bisa dibeli di Miss Lie
- agak mahal untuk ukuran toner. Tapi okelah kalau lihat hasilnya. Lagian jauh lebih murah daripada SK II FTE :p.
- botolnya terbuat dari kaca, berat dan riskan pecah. Nggak travel friendly.

77 comments:

  1. jadi makin mantap pengen beli secret key seriesss. Menggoda syekali!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli seesss. Kayaknya bakalan cocok, soalnya jenis kulit kita sama walau aku ga makan buaya sih #eaaadibahas

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kak mau nanya... kalo pakai ste trus gabung sama essence dan moist lain bole ngak ya? Atau cman pake ste doang?

      Delete
  2. ini keknya cetar banget yah...
    tapi gara2 kemarin ddengar ada isu menfandung baby makanya masih pikir2 dulu T^T
    padahal udah tertarik sama ini
    mana harganya murce lagi dr pada si SKII <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 Thika jd ga pengen beli *diinjek*

      Delete
    2. Eh aku tadi sempet panik "APA MENGANDUNG BAYI" gitu --". Plis lah, pake bahasanya jangan terlalu gaul. Aku suka lemot.

      Kalau yg aku tahu, yang essence ini nggak mengandung babi. Yg mengandung babi yang cream. Tapi si cream nya bisa diganti pakai gelcream yang ga mengandung babi.

      Delete
    3. hahah sorry mbak e :D
      kebiasaan klo ngomong babi pake baby sih wkwkkw #plaks
      oh beneran yg cream yah? kirain produk2 mereka pakai babi semua, termasuk yg ini..
      oke mbak, makasi yah info nya :D

      Delete
    4. Jangan donk.. baby itu kan bayi. Masa bayi2 kamu samain sama babi --".

      Iye, yg aku tahu sih begitu. Yg essence ga mengandung babi :)

      Delete
  3. baru tau kalo pitera patenannya galactomyces, hahaha...

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka nih produk. Bikin kulit jadi lebih cerah kayak mba arum bilang. Nice post mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku suka karena bikin glowing kulit ^^

      Delete
  5. aku juga mau beli ini aja , tapi tunggu sk ii nya abis.. hehehe
    sk ii mahal bgt, tapi sesuai bgt sama hasilnya... :D

    ReplyDelete
  6. Uwaaa... Ses,postingannya menggodaaa skaleee... dupenya SK II dengan harga kurang dari setengahnyaa... *_* bisa mncerahkan kulit pulak *_* itu foto before afternya bener2 keliatan hasilnya, aq jg suka ngalami yg kayak ses gitu, bagian idung kadang kering ape ngelupas padahal kulitku tu lumayan berminyak (aneh kl dipikir), wah recomended ni kayaknya :)
    mulai mupeng (sambil menatap 3 botol toner yg masih penuh di meja) >.<
    masuk wishlist dech kalau tonerku udah abis.
    Nice review ses, patut dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa di aku hasilnya emang kelihatan bangeeett. Hahahaa...aku juga tuh masih ada toner biocell sunflower yang diistirahatkan sementara :p

      Delete
  7. ahhh ... aku juga pake nih mbk, udah habis sebotol dan acne prone ku mmg menjinak sih dan cerahan, meski gak hilang juga sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga cocok banget nih pake ini. Hehe.. Jarang2 lho ada skincare yg aku bilang sampe cocok banget :)

      Delete
  8. mbak, si SK STE ini klo cara penyimpanannya d taruh d kulkas gpp kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, nggak tau aku mbak. Aku sih ga tak taruh kulkas :D

      Delete
  9. jadi sebenernya klo udh pake ini ga perlu pake toner lagi ya mbak? berarti selama ini saya kebanyakan dong ya, udh pake toner trs pake ste lagi x_x

    oya mbak, ste ini awet juga lho padahal aku pakenya tuang di tangan. mo cb pake kapas ah manatau jd tambah irit hihihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau sih "sebenernya". Tapi ya kok aku ngerasa dobel2 aja. & tambah campur2 aja produk2 dimuka. Aku ga suka. Hehe..

      Di aku nggak aweeettt. Aku pakainya bar2 kali ya. Mmm...kalau STE menurutku bukan jenis toner yang pakainya pakai tangan sih.

      Delete
  10. ini bisa untuk mengecilkan pores gitu gak sih? sama mengurangi brown spot??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kulitku sih lumayan mudarin bekas jerawat. Tapi buat pori enggak begitu ngaruh.

      Delete
  11. kak di misslie itu emang harganya dibawah 100ribu pas kakak beli? aku jadi agak ragu nih padahal penasaran banget pengen nyobain soalnya di instagram ada yang jual sampek hampir 500 ribuan, mohon penjelasannya banget makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bawah 100rb? Yang full size? Mana adaaa :))

      Delete
  12. siisssss ini ga ngendung minyak babi kan -_-
    racun bngett pengen make.
    SKII robek kantong T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm
      ngga ada sis, yang ngandung lard , pork *samaaja cuma yg snail ajaa

      Delete
  13. emm...setelah pakek ini 2 minggu timbul bruntusan, semacam jerawat kecil2, ne udah 1 bulan gak ilank. :(
    tapi efek mencerahkannya lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cocok kali yak. Ganti aja ^^

      Delete
  14. Duuh nekad braniin diri comment, pdahal slama ini cm jd silent rider+secret admirer mu mba arum. Abis ga nahan gara2 kracunan berat sma si SK STE ini mpe ngences...klo buat oily skin tepatnya kilang minyak :( cocok ga y si STE ini? Bis ceki2 hrga d miss Lie kya nya dah naik lg (takut ga cocok tar nyesek)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harganya naik dimana-mana ini. Aku juga nyesel nggak nyetok :D.
      Kalau cocok atau enggak di orang lain aku nggak tau, mbak ^^

      Delete
  15. Oºo°˚˘˚°º•h.. Y udh aq mw coba ah, spa tw bs ngurangin minyak d muka. Btw slma ini drimu pke skincare di barengin ma vitamin dr dlm ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vitamin jelas dong. Aku selalu makan sayur dan buah setiap hari. Susu kadang2.
      Tapi kalau vitamin maksudnya bentuk tablet gitu sih aku anti ya. Numpuk2 bahan kimia yang nggak perlu aja di badan ^^

      Delete
  16. aku sempat tergoda mau beli ini mba, tapi kok mengandung sake ya mb?
    takut gak halal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang concern sama produk halal, mendingan pakai yang ada label halal aja. Soalnya walau nggak mengandung sake atau kandungan harampun, kan bisa aja pengolahannya tidak secara halal. Misal tertulis mengandung sapi. Tapi sapinya nggak disembelih dengan cara yang halal kan jadinya nggak halal juga.

      Delete
  17. Woooow, mantaf mbaa. Aku juga pakek dan ciamik

    ReplyDelete
  18. muka aku kn banyak komedo item ny,,kira2 kalo pake itu ilang ga ya mba arum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku kurang tau, mbak Okke. Karena aku nggak ada komedo dan juga kan skincare begini cocok-cocokan :)

      Delete
  19. Beneran deh mba Sekar memang racun.. gara-gara baca ini aku langsung meluncur ke ms lie beli secret key, sampe kubuat postingan di blogku...
    http://www.kisasindahood.com/2014/10/belanja-online-di-ms-lie-collection.html
    Semoga cocok pake STE kaya mba Sekar :)

    ReplyDelete
  20. Mbaaa, nemu lagiii blog ini ngebaca lg ttg essence te"racuni" lagi...
    trus, skrg mbaa arum pke ini ato sk ii???
    Hihihi

    ReplyDelete
  21. Aku udah cobain nih sejak awal desember kemaren~ Termasuk salah satu essence favorite aku karena bisa mengurangi dehidrasiku selama ini hehehe...

    http://farrelandmerry.blogspot.com/2015/03/secret-key-starting-treatment-essence.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep. Bagus banget buat kulit kering :)

      Delete
  22. Mbak mau tanya, semisalnya sudah menggunakan produk ini apakah sudah bisa menggantikan FTE? atau masih perlu digunakan? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu aja. fungsinya sama kok :)

      Delete
  23. lagi purging sms skII tp pengen pindah ke secret key gimana yaaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak. Pkek sk ste ada purgingnya kah? Cz kulitku cenderung minyak senstif n ada jrwatnya.

      Delete
    2. Aku nggak purging sih. Kulitku cenderung kering :)

      Delete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, ini kan saya sedang ada kerjasama dengan online shop yg endorse saya. Jadi tolong dihargai ya. Jangan jualan disini. Kalau memang mau beriklan di blog ini silahkan hubungi email saya (ada di bio).
      Jualan juga ada etikanya kan :)

      Delete
  25. Duh kan jadi kepengen nyoba ini 😐. Tapi takut nggak cocok, mukanya terlalu sensitif, sekali salah produk langsung panas dan memerah. Udah cocok pakai skii tapi harganya itu loh selangit 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyoba sincare baru itu memang resiko yhaaa :D

      Delete
  26. mbak sekar boleh dong bikin artikel cara membedakan secret key palsu atau asli hehe
    terus recommend tempat-tempat belanja produk kecantikan online yang aman dan dijamin produknya original based on your experience. I would love to read about it

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau membedakan asli sama palsu aku nggak tau ><. Yang jelas beli di tempat yang terpercaya aja dan jangan tergiur harga murah.
      Mmm...iya, kapan-kapan aku tulis yah olshop2 tempat aku beli barang :).

      Delete
  27. Pemakaian STE boleh dibarengi sm serum produk lain gk sis?
    info yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu tergantung kulit masing2 sih. Namanya skincare kan cocok-cocokan

      Delete
  28. Beruntunglah dirimu sis, cocok sama produk ini, di aku dia hasilnya so so aja. Terpaksalah aku nabung buat beli SKII 😭 *nagiskekepdompet* #curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cocok aja sih. Nggak nyari perubahan yang gimana-gimana banget juga. Sebatas kulit sehat nggak jerawatan aja udah aku bilang cocok :)

      Delete
  29. Hi mba sekararum..aku pake ste ini hasilnya beda yah sama skii. jd aku beralih lg ke skii hihi..pdhl line secret key ini menggoda sekali

    ReplyDelete
  30. Haluuu mbaa arum, aku baru aja beli ste ini di elevenia dpt murce. Tp kok aku ga bgitu nyium bau kecut2 sake nya ya? Baunya emg samar bgt ya hampir ga kecium? Apa idungku yg lg mampet haha, Soale klo sk 2 baunya berasa bgt.

    ReplyDelete
  31. Sis aku kok beli murah yaa 170 ajaa itu yg rose, bedanya apa sih sama yg biasa? Itu asli apa enggak yaa kok tbtb aku takut dpt barang palsu :(

    ReplyDelete
  32. itu harga masih segitu? yg 30 ml perpaket? mohon di blas sis

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...