Tips & Tutorial: Makeup Transferproof dan Awet Seharian!

No comments

tips make up awet dan transferproof seharian

H-1 Lebaran nih!

Kayaknya lagi pada sibuk ya, masak-masak atau pesan-pesan makanan. Karena tahun ini nggak boleh mudik, untuk para perantau jangan bersedih hati ya. Masih bisa kok video call sama keluarga. Di zaman internet cepat dan murah begini, harusnya jarak nggak bisa memutuskan tali silaturahmi.

Nah, saya ada tips dan tutorial makeup untuk yang butuh makeup super awet nih! Jadi kalau dipakai seharian, tetep stay dan nggak nyeplak di masker. Tenang aja, makeup yang ini tetep dry skin friendly dan hasilnya dewy finish (tapi awet dan transferproof!). Percaya deh, udah saya tes beberapa kali tips ini. Memang tahan seharian dan minimal transfer banget. Pokoknya lebih awet dari cinta pertamamu wkwkwk...

Tutorial ini saya bikin dalam bentuk IG TV di instagram @racunwarnawarni. Buat kalian sobat-juragan-kuota, bisa lihat videonya di sini: https://www.instagram.com/tv/COxBb1kArIa/

Tapi untuk sobat mager liat video, ini saya rangkumkan beberapa tips penting yang harus kita lakukan untuk makeup super awet ini:

  1. Sebelum foundation, wajib pakai primer sesuai dengan jenis kulit masing-masing! 
  2. Setelah mengaplikasikan foundation, concealer, dan makeup lain yang bentuknya cream (misalnya mau pakai cream contour dan cream blush), sebelum di-set dengan powder, semprotkan dulu dengan menggunakan setting spray.
  3. Setelah setting spray nge-set, aplikasikan loose powder tipis-tipis ke seluruh wajah. Untuk kulit berminyak, bisa melakukan teknik baking di area-area yang butuh dikunci lebih. Misalnya, brankas isi perhiasan.
  4. Kalau mau finish makeup yang glowy, pakai shimmery blush on dan pakai highlighter yang blinding.
  5. Terakhir dan terpenting: set dengan setting spray yang super mengunci makeup, dengan Jamsu teknik. Jamsu teknik ini adalah teknik memakai setting spray di akhir makeup sebanyak 35 kali spray. Tapi saya sendiri  nggak ngitung sih pakai sebanyak apa. Pokoknya sampai bener-bener klomoh dan netes-netes airnya. Lalu diemin sampai kering.
Udah! Memang teknik ini boros setting spray, tapi beneran bakalan awet sampai akhir hayat. No more touch up-touch up terus kayak orang kemayu.

make up lokal yang awet dipakai seharian

Untuk produk yang dipakai, sebenernya nggak masalah sih pakai produk apa saja. Dengan teknik yang tepat, tetep bisa bekerja dengan baik kok. Tapi kalau mau didukung dengan produk-produk yang tepat, hasilnya bakalan lebih ho'oh lagi. 

Saya akan kasih lihat beberapa produk kuncian yang saya pakai untuk makeup ini. Tapi saya fokus ke complexion saja ya, karena memang teknik ini lebih ke complexion. Dan lipstik, karena kan kita mau yang transferproof.


1. Luxcrime Hydro Blur Canvas Primer

Beli di sini 

Primer ini adalah kuncian biar makeup halus dan nggak nge-crack. Luxcrime ini cara kerjanya adalah melembapkan kulit sekaligus ngisi pori dan garis-garis halus di wajah, dan menghasilkan canvas yang lebih halus dan rata. Jadi kalau pakai foundation, makeupnya bisa lebih nempel, halus, dan awet.

Tapi perlu diingat untuk pilih primer sesuai jenis kulit ya. Luxcrime ini ngeluarin dua primer yang bisa dipilih sesuai jenis kulit kita. Luxcrime Hydro Blur Canvas Primer dan Luxcrime Mattifying Poreless Primer. Karena kulit saya kering, saya pakai yang Luxcrime Hydro Blur Canvas Primer. Kadang kalau lagi on period dan kulit saya lebih agak berminyak, saya kombinasiin aja. Luxcrime Hydro Blur Canvas Primer untuk seluruh wajah, terus tambah Luxcrime Mattifying Poreless Primer di T-zone.


2. BLP Beauty Face Concealer Medium

Beli di sini

Jujur ya, awalnya saya nggak suka concealer ini. Karena thick banget kayak Tarte Shape Tape. Tapi lama-lama saya malah suka karena ya itu, pimentasinya bagus dan awet banget. Nyengkrem banget di kulit, nggak geser dan nggak faded.

Saya biasanya pakai BLP Concealer dulu sebelum pakai foundation atau cushion, biar hasilnya terlihat lebih seamless. 


3. Looke Holy Flawless BB Cushion Clio

Beli di sini

Salah satu base makeup lokal terawet yang saya punya! Hasilnya memang nggak terlalu glowy, satin dan lebih condong ke matte finish, tapi masih oke kok di kulit kering saya. Nggak nge-crack dan nggak accentuate dry area. Dan yang paling penting, cushion ini awet seharian.

Baca juga: Review Looke Holy Flawless BB Cushion


4. Studio Tropik Balance Priming Water

Beli di sini

Lalu untuk setting spray di tengah-tengah makeup, saya pilih pakai Studio Tropik Balance Priming Water. Ini sebenernya primer, tapi bisa kok dipakai nge-set makeup juga. Sebenernya Priming Water-nya Studio Tropik ini ada 3 jenis. Tapi yang paling manteb buat ngunci makeup adalah yang Studio Tropik Balance Priming Water botol kuning ini.

Saya sengaja nggak pakai Studio Tropik Dream Setter untuk step ini, karena yang Dream Setter ini ngasih lapisan film di wajah. Memang awet banget, tapi menurut saya kurang pas kalau ditaruh di tengah-tengah makeup. Karena jadi nggak enak aplikasi makeup selanjutnya.


5. Looke Holy Smooth & Blur Loose Powder Freya

Beli di sini

Untuk loose powder, saya pakai Looke yang memang ngunci makeup dan bikin complexion tambah halus. Ini salah satu loose powder bagus dari brand lokal sih menurut saya. Kapan-kapan saya akan bikin post comparation loose powder Looke dengan BLP ya.


6. Studio Tropik Dream Setter Setting Spray Glowy

Beli di sini

Nah, ini nih yang saya bilang tadi, setting spray yang ngunci makeup banget dan ngasih kayak lapisan film gitu. Ada dua varian, yang biasa dan yang Glowy. Sama-sama dasyat ngunci makeup, tapi yang glowy ini ada partikel shimmer lembut warna keemasan yang bikin makeup-nya lebih glowing.


7. Looke Holy Lip Creme Hebe

Beli di sini

Looke kayaknya memang jagoannya bikin produk-produk untuk makeup yang tahan lama dan transferproof. Lip cream-nya Looke ini juga adalah lip cream lokal paling transferproof yang saya punya. Pigmentasinya juga luwar biyasa. Kalau kalian cari lip cream yang bener-bener mencengkram bibir dan nggak nyeplak kemana-mana, bisa pilih Looke ini. Meskipun yah, pilihan warnanya belum banyak. Tapi Hebe ini warna manis dan aman, favorit banyak orang.

Teknik yang saya paparkan di atas nggak cuma bisa dipakai untuk lebaran kok. Kalau kamu butuh makeup yang transferproof dan nggak perlu  touch up seharian, teknik ini bisa dipraktekkan. Buat sehari-hari juga boleh, kalau memang pekerjaanmu membutuhkan penampilan mentel sepanjang hari.

Untuk praktek cara pemakaian dan juga bocoran semua produk yang saya pakai selengkapnya, silahkan ke IG TV yang ini ya.

Akhir kata Selamat Idul Fitri, ya. Mohon maaf kalau saya dan tim Racun Warna-Warni ada salah-salah kata selama ini, karena kami semua hanya manusia biasa walau tampang kami kayak princess. Luv!

No comments

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.