Review dan Rekomendasi Sunscreen Yang Nyaman Dan Nggak Berminyak

32 comments
Review dan Rekomendasi Sunscreen

Saya sebenernya belum nemuin pola tentang postingan apa yang disukai di instagram saya @racunwarnawarni. Dulu, kalau saya foto FOTD, pasti yang like dan komen banyak banget. Tapi sekarang, lebih banyak yang komen kalau saya foto produk skincare/ makeup banyak dijejer-jejer begitu. Heran saya tu. Apa kecantikan saya sudah berkurang?

Tapi ya sudah, segala sesuatu harus dimanfaatkan. Kebetulan salah satu yang banyak peminatnya adalah review skincare. Dan sunscreen merupakan salah satu skincare yang juga banyak peminatnya. Terbukti sih saya pernah me-review: Sunplay High UV Deffense SPF 99+ PA++++, Biore UV Aqua Rich SPF 50+ PA++++, Ristra Suncare SPF 17, dan Skinaqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++, Lumayan banyak peminatnya.

Lihat juga: Review Sunscreen Sunplay, Biore, Ristra, dan Skinaqua

Tapi nge-review di instagram gitu jujur nggak enak sih, karakternya terbatas jadi nggak bisa nggambleh sampai puas. Jadi untuk selanjutnya, saya mau me-review sunscreen yang pernah saya coba di sini ya.

Sunscreen Untuk Kulit Berminyak


1. VN Innernature High Performance Suncream Daily Cream Care SPF 50+ PA+++

Harga: kira-kira 200-300 ribu (maaf saya juga nggak tau, ini cari-cari harga via google)
Bisa dibeli di: Miss Lie Collection (instagram @mslie86)

Saya taruh yang pertama, soalnya ini adalah sunscreen yang akhir-akhir ini saya pakai, jadi bener-bener masih fresh dalam ingatan saya. Lha wong baru tadi pagi juga pakai :D. Saya dapet sunscreen ini dari Miss Lie. Jadi saya nggak beli sendiri. Dan udah 2 minggu terakhir ini saya pakai terus-terusan.

Awalnya saya terima, saya kepincut biyanget sama kemasannya. Luxurious, tapi ternyata copycat kemasan parfum Marc Jacob Decandence, nggak jadi kepincut amat ngahahaha. Segala aksesori dari chain gini memang lagi ngetren. Saya sih berharap produk lokal kita bisa bikin kemasan yang se-lux ini juga, tapi nggak perlu plagiat.

Teksturnya lotion dan cair gitu, dan rasanya adem saat diaplikasikan. Butuh sedikit waktu buat menyerap di kulit, tapi setelah beberapa saat dia bener-bener meresap ke kulit dan nggak ninggalin rasa greasy, nggak whitecast juga, tapi kulit masih kerasa lembap. Dipakai sebagai base makeup juga nggak "mengganggu". Di post yang ini (klik) di foto FOTD yang tengah (bareface), saya cuma pakai skincare dan diakhiri sunscreen VN Innernature ini doang.

Untuk proteksinya, menurut saya cukup oke. Saya nggak pernah pakai berenang atau kepantai kayak Sunplay sih. Tapi saya sering pakai naik ojol siang-siang pas hawane hot potato potato gitu, dan muka serta leher saya nggak menggelap.

So far ini adalah sunscreen dengan proteksi yang bagus dan sangat nyaman dipakai. Plus kemasannya cakep dan bakalan cocok banget buat kado walaupun cuma sunscreen ehehe.. Rasanya puas aja pakai produk bagus, nyaman, dan dengan kemasan yang luxurious. Mungkin saya akan repurchase.


Sunscreen Bagus Harga Terjangkau

2. Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 PA +++

Harga: 28 ribu
Beli di: Konter Wardah di mana saja

Beli ini karena penasaran kenapa banyak banget yang suka. Emang sunscreen ini murah banget sih itungannya. Dan secara tekstur lumayan juga. Walau namanya gel, tapi dia nggak gel-ish sama sekali. Terksturnya lotion milky dan butuh waktu buat menyerap sempurna. Seinget saya nggak ada whitecast, dan sesaat setelah dipakai juga nggak ada rasa berminyak, tapi muka rasanya lembap.

Tapi setelah dipakai lama-kelamaan tuh muka rasanya "sumuk". Bingung aku tu jelasinnya. Kalau dilihat orang lain mungkin muka saya baik-baik saja, tapi perasaan saya nggak enak gitu lho. Ibarat celana dalam nyelip di pantat, yang ngerasain kita sendiri kan?

Tapi secara proteksi nggak yang bagus banget sih. Saya pakai motoran muka saya agak menggelap. Tapi kalau sering kegiatan di dalam ruangan aja sih lumayan ya. Jadi saya nggak heran kalau banyak yang jadiin Wardah pilihan sunscreen buat daily. Saya pun pakai se-tube ini sambai habis dan nggak masalah kok. Kalau saya suatu saat mengalami situasi bokek, mungkin Wardah akan jadi jujugan pertama saya untuk sunscreen.

Lihat Juga: Lacoco Daily UV Counter SPF 50++ PA


3. Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Harga: 200 ribu
Beli di: instagram @avoskinbekasi

Yang ini juga dikasih gratis, kali ini dari @avoskinbekasi. Ini memang bukan jualan utamanya dia, karena dia jualan utamanya adalah produk-produk Avoskin, tentu saja. Tapi ini dipilih langsung oleh mbak Titi atau owner-nya langsung. Jadi mbak Titi memang pakai, dan karena suka banget, akhirnya dia jual juga. Terus saya dikasih SENENG DEH.

Ini juga salah satu sunscreen yang jadi favorit banyak orang. Kalau Wardah saya bilang menang murah, kalau Votre Peau ini menang kualitas. Teksturnya cream dan padat, nggak mengalir, tapi begitu diaplikasikan di wajah dia langsung menyerap kayak hilang, hasilnya matte, dan nggak ada whitecast atau pilling sama sekali. Nyaman kayak nggak pakai apa-apa.

Saya sendiri nggak ada masalah pakai susncreen ini. Cuma karena kulit saya kering, saya lebih suka sunscreen yang ngasih sedikit efek lembap, jadi yang hasilnya nggak matte-matte amat. Tapi ya memang si Votre Peau ini nyaman banget. Ini sunscreen yang paling sering saya pakai kalau lagi traveling, karena saat traveling saya butuh yang praktis dan nyaman. Proteksinya juga sangat bagus kok.


4. L'Oreal UV Perfect Super Aqua Essence SPF 50+/ PA++++

Harga: 98 ribu
Beli di: Konter L'Oreal di mana saja

YANG INI FAVORIT SAYA! Menurut saya secara tekstur dia perfect sih. Lotion ringan yang cepat menyerap, nggak greasy, tapi masih ninggalin selapis kelembapan saat dipakai di kulit wajah. Nyaman banget gitu lho dipakainya. Terus dia juga nggak oxidise, nggak pilling, dan nggak whitecast. Proteksinya pun sangat baik. Harganya dibawah 100k dan gampang ditemukan di mana saja. Saya mau minta apa lagi? T.T.

Nggak akan ngomong banyak karena sudah saya bahas di skincare favorit 2018.


5. Envygreen Clear Daily Protection SPF 30

Harga 43 ribu dan 85 ribu (dua ukuran)
Beli di: instagram @envygreen_id

Produk ini adalah salah satu produk yang dikirimkan langsung dari Envygreen untuk kerjasama berbayar berupa produk review. Jujur ya, produk Envygreen itu hit and miss di saya. Ada yang saya suka banget sampai repurchase (ada review-nya di instagram saya silahkan ubek-ubek aja se-highlight-nya kalau pengen tahu). Tapi ada juga yang saya nggak suka. Dan to be honest, sunscreen ini termasuk yang nggak saya suka :(.

Mulai dari packaging saya udah nggak suka. Saya lebih suka sunscreen dengan kemasan tube, karena lebih higienis dan lebih mudah ditakar. Apalagi sebenernya sunscreen Envygreen ini teksturnya nggak kental-kentul amat. Jadi saya sebenernya nggak melihat perlunya dia dikemas dalam jar.

Melembapkan? Iya. Untuk faktor itu saya suka. Dan dia ada whitecast dikit nggak berlebihan, yang kadang saya juga suka karena kalau dipakai pas muka rada kumus-kumus bikin kelihatan cerahan dikit tanpa berlebihan kayak tone up cream. Poin plusnya lagi, teksturnya pas pertama dipakai lumayan enak. Gampang dibaur, walau harus nunggu sebentar untuk dia meresap.

Sayangnya saya nggak kuat sama pilling-nya. Jangankan ditabrakin sama makeup, nggak ditumpukin apa-apa juga lama-lama dia pilling sendiri. Kan kesel ya, kayak dakian mukanya. Jadi ya jujur aja, produk Envygreen banyak yang bagus, tapi untuk sunscreen-nya saya nggak cocok.


Sunscreen Emina
sumber gambar: Bukalapak


6. Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

Harga: 26 ribu
Beli di: Konter Emina di mana saja

Lagi-lagi sunscreen murah yang banyak direkomendasikan. Secara proteksi, menurut saya hampir sama kayak Wardah. Tapi secara tekstur, Emina lebih enak. Teksturnya lotion dan adem banget pas dioles ke kulit. Bikin ketagihan mengoles. Cepet meresap juga dan nyaman. Terus nggak whitecast dan nggak pilling.

Sayangnya ada tapinya nih :D. Sunscreen ini oxidise di wajah saya. Udah saya coba combine pakai bermacam-macam skincare dan makeup, nggak ngefek. Muka saya tetep menggelap oranye lama-kelamaan, saat memakai sunscreen ini.


Kalau sunscreen favoritmu apa nih? Apapun produk skincare yang kamu pakai, yang paling penting, gunakan dengan takaran yang benar yaitu sebanyak 2 jari penuh, dan jangan lupa re-aply secara berkala.

32 comments

  1. Awalnya aku pakai Wardah seus, tapi di kulit wajahku lama-lama kayak ((MBLENYEK)) gitu lho. Terus ganti Emina sampai sekarang. Aman, lebih ringan, selisih beberapa ribu doang sih, sisanya buat bayar parkir. Mayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Emina lebih matte ya. Sayang di aku oxidise

      Delete
  2. Sunscreen yang aku pake masuk kategori nih ternyata. 😆
    Sunscreen nya Emina emang ringan banget dipake dan gak bikin mukaku minyakan. Jadi sayang deh, sama sunscreen ini karena nyaman di muka dan nyaman juga di kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang enaque. Sayang di aku oxidise huhu

      Delete
  3. Iya bund. Aku merasa wardah itu sunscreen e marai sumuk sing pie gitu. Tp ya untuk yg baru berkenalan pakai, yg ini emang murah sih. Eh tapi mending emina kalo aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mooh kan "sumuk". Bingung menjelaskannya :D. Emina enaq sih, tapi nang raiku oxidise ngunu bund sedih akutu :(

      Delete
  4. kalo dari list di atas, aku paling suka sama wardah. entah sudah berapa kali repurchase saking sukanya. aku juga suka tuh sama emina walau wanginya agak berlebihan menurut hidungku, tapi sensasi ademnya enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emina nih banyak yang cocok ya. Sayangnya di aku oxidise :(

      Delete
  5. aku baru nyoba Skin Aqua UV moisture milk.. tadinya sih mau milih yg gel karena tipe kulitku oily. tapi katanya sunscreen yg mengandung zinc oxide lebih aman ya buat kulit sensitif? entahlah.. tapi pake yg milk ga bikin berminyak kok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aku yang milk ini nggak enak. Kayak "kotor" dan sumuk gitu lho. Bingung jelasinnya. Mukaku juga nggak berminyak sih

      Delete
  6. Aku pake wardah mba, dan 10 tube lebih kali ������ diantara semua skincare ku sunscreen + first cleanser lah yg paling sering abis jd budgetnya gk bisa tinggi2 ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa. Cepet banget abisnya emang 2 itu. Aku juga nggak mau budgetin tinggi2

      Delete
  7. Aku sbnrnya sudah lama kepo votre peau. Tp blm kelakon2 beli. Semoga habis ini bs beli :D oya soal FOTD dik arum yg mgkn sdh tydac terlalu banyak likes atau comments lagi, jangan kuwatir. Kecantikanmu ttp abadi. Tapi ta' pikir memang skrg industry beauty sedang naik. Beda sama dulu yg brand beauty mau lokal mau luar ya produknya itu lagi.. itu lagi. Produk dr luarpun terbatas paling cuma dari amerika atau jepang. Tp skrg, brand kecantikan yg masuk sudah menjamah dari mana2. Amerika, jerman, perancis, australia, korea, jepang, china bahkan dari negara tetangga seperti malaysia, thailand dan singapore blm nanti mungkin beauty brand dr wakanda, agrabah, atlantis dll akan menggempur juga. Mana brand lokal juga makin menggurita produknya dr yg major brand lama, baru , sampe indie. Dr yg harganya lbh murah dr sebiji cilok mamang2 gerobakan sampe seharga satu apartement mewah di kawasan bergengsi yg harganya naik tiap hari senin

    Makanya orang overwhelmed dan merasa butuh review2 untuk menentukan produk2 mana yg jd prioritas buat dibeli. Jadilah skrg konten review lbh laku. Gt bund

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baiklah tapi aku tidak mau kalau hanya jadi tukang review tanpa memamerkan kecantikanku bund :(

      Delete
  8. Sama! Di aku sunscreen wardah ini sumuk banget. Kaya kulitnya ga bisa napas terhalang sama dia ã… ã…  .
    Pas baca sampai selesai, aku kaget lho kok ga masukin skinaqua.. oo ternyata greasy ya di mbak arum. Alhamdulillah di aku cocok (itupun aku coba setelah liat reviewnya mbak arum yang dulu itu). Dikulitku ke greasy an si skinaqua yang moisture milk itu ngebantu banget kalau aku mau pake bedak two way cake, jadi lebih nempel dan halus aja gitu hasilnya. Tapi kan ya kulit orang kan beda beda jadi yhaaa... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak tuh nggak greasy. Itu kumasukin link review skinaqua terbaru kok. Yang sudah pernah direview nggak kumasukin sini.

      Delete
  9. Sama! Di aku sunscreen wardah ini sumuk banget. Kaya kulitnya ga bisa napas terhalang sama dia ã… ã…  .
    Pas baca sampai selesai, aku kaget lho kok ga masukin skinaqua.. oo ternyata greasy ya di mbak arum. Alhamdulillah di aku cocok (itupun aku coba setelah liat reviewnya mbak arum yang dulu itu). Dikulitku ke greasy an si skinaqua yang moisture milk itu ngebantu banget kalau aku mau pake bedak two way cake, jadi lebih nempel dan halus aja gitu hasilnya. Tapi kan ya kulit orang kan beda beda jadi yhaaa... :))

    ReplyDelete
  10. Pake wardah lengket dan gerah. Jd pindah ke emina. Dan ternyata bener di aku juga oksidasi mba. Mukaku jd kayak kyubii, oranye. Tp karena masih ada satu tube lg, dilanjut aja dulu.

    Masih mempertimbangkan buat balik lg ke skin aqua ataw coba loreal sasetan di indomaret...

    ReplyDelete
  11. Kalo pake skincare 2 jari dan pake produknya emina, diwajahku yg oily tuh jadinya kek jemek. Apa ya basah yang berlebihan gitu lho. Padahal dia yg paling affordable di beli ��. Makasih buat recom sunscreen lainnya kak. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gitu sih. Di tunggu aja sebentar biar produknya nyerep, baru kemudian pakai setting powder biar nggak jemek.

      Delete
  12. Sampai detik ini masih pake nya yg Wardah aqu mbae.
    Tapi jujur sbnrnya gak suka. Kok aqu ngerasa lengket bgt dimuka aqu. Tapi aqu kudu abisin dlu stock aqu. Dan juga itu yg ramah harganya dikantong aqu tuh. Pgn beli yg bagus tp pasti harganya aqu mana tahan di Ibu RT doank kaya aqu tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wardah enak kok. Ya memang lengket tapi itulah jalan ninjaku.

      Delete
  13. sunscreen yg aku pake masuk nominasi euy:v emina enak emang,ringan juga,cocok buat remaja atau pelajar. trus aku pernah pake yg si wardah ini,dia di aku bikin minyakan parah,soalnya kulit aku tipe yg kulit berminyak juga. sekrang lagi coba skin aqua, udh repurcase ke 2,enak banget ini. fav aku stelah emina dana L'oreal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tambah banyak lho sunscreen yang teksturnya enak-enak.

      Delete
  14. Mba mau tanya,sunscreen loreal sama biore lebih recomended yg mana?
    Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca saja ya. Di atas kusertakan link juga ke review sunscreen Biore, silahkan disimpulkan ;)

      Delete
  15. Mbak Arum, saya tertarik nyobain L'oreal yg jadi favorit Mbak Arum. Tapi dengan pemakaian 2 jari penuh tiap hari, itu 1 tube kalau di mbak Arum habis berapa lama? Mikir budget juga soalnya, hihihi..Terimakasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan aku lupaaa. Nggak pernah ngitung juga pastinya soalnya T.T. Tapi seingatku cukup lama kok

      Delete
  16. Aku sekarang pakai Wardah Sunscreen Gel, soalnya gampang dicari dan harganya terjangkau. Nggak eman buat reapply karena isinya juga lumayan banyak. Sunscreen kan termasuk produk yang harus dipakai tiap hari, reapply sesuai kebutuhan, dan dipakai di step terakhir jadi sebisa mungkin aku cari sunscreen yang murah, isinya lumayan banyak, dan nyaman dipakai (banyak maunya ya awokwokwok). Karena aku lebih sering aktivitas di dalam ruangan, jadi buatku sunscreen wardah ini udah cukup. Untuk aktivitas luar ruangan, aku pakai sunscreen brand lain. Kalau Emina Sun Protection aku juga pernah pakai, tapi justru mukaku malah makin berminyak dan akhirnya aku jadiin sunscreen badan, padahal kalau cocok kan lumayan, bisa menghemat budget skincare, soalnya harga sunscreen Emina lebih murah dan isinya lebih banyak. Itu aja sih sunscreen yang pernah kucoba yang disebutkan di postingan ini.

    ReplyDelete
  17. Aku pernah nyoba yg wardah dan emina (ramah kantong mahasiswa hehe), kesannya sama juga mbak Arum kurang enak pas dipake. Yg wardah kalo udah agak lama berasa tebel dan "pliket" tapi emang nggak keliatan gimana-gimana.
    Kalo yg emina agak kecium aroma asam pas di apply ke wajah, then... Efeknya ke wajah keliatan menggelap juga di aku huhu

    Sempet disaranin pake Parasol yg SPF 33, kemasan sama tekturnya bener-bener kayak salep T_T dan berasa pake tebal di wajah, padahal setelahnya aku nggak pakai bb cream atau foundation.

    Sekarang lagi nyoba pakai Skinaqua UV Moisture Gel, lebih mendingan dari yg sebelumnya aku coba. Ringan dan nggak bikin "gerah" di wajah. Minusnya diaku, whitecast dan bikin wajah keliatan lebih berminyak (biasanya aku akalin pakai face powder tranclucent.

    Masih pengen coba merk lain setelah ini, mungkin votre peau,fss, atau lacoco aku baca beberapa review sunscreen nya nyaman dipake, proteksi nya bagus, tapi masih menyisihkan duit'e dulu soalnya lumayan harganya buat kantong mahasiswa kayak aku hehehe.

    ReplyDelete
  18. Jujurly, aku enggak begitu telaten soal pakai skincare dan make up tapi seiring bertambahnya usia akhirnya aku rutinin. Thanks banget review sunscreennya komplit banget kak

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.