Wednesday, November 25, 2015

[Tips] Cara Agar Belanja Bisa Hemat Tapi Tetep Asik

Sepatu lucu Zalora

Saya ada pertanyaan nih buat temen-temen semua yang kesasar di sini, terutama sih yang cewek ya. Kalian pernah nggak sih punya permasalahan soal belanja? Rasanya tuh setiap bulan selalu aja ada model tas baru yang kekinian, atau brand make up baru yang mendadak nge-hips, dan kita tuh jadi kayak nggak bisa menahan diri buat belanja terus-terusan?

Saya dulu pernah ada masanya seperti itu. Apalagi sejak ada instagram yah. Setiap buka timeline yang dilihat tuh online shop yang nawarin baju-baju lucu, brand-brand kosmetik yang berlomba-lomba ngeluarin berbagai seri eyeshadow palette, belum lagi para selebgram yang suka nge-swatch matte lipcream sekebon. Aduuuhh mupeng! Abis! Dan alhasil kalau kita nggak punya kontrol diri yang tinggi, tiap bulan mah bawaannya main gesek-gesek mulu.

Tapi saya sekarang udah bertobat, sodara-sodara. Seriusan. Saya udah nemu cara yang tepat buat mengatur pengeluaran konsumtif tersebut. Mau tahu caranya?

Cuma satu sih caranya: MENJADWALKAN ACARA BELANJA TAHUNAN!

Saya sendiri menjadwalkannya setahun dua kali, yaitu: saat menjelang lebaran dan saat menjelang akhir tahun. Memang sih, ya cara ini tuh tetep butuh usaha untuk menahan diri setiap bulannya. Tapi buat saya, ini solusi yang paling enak untuk memenuhi kebutuhan saya tanpa harus bikin bengkak anggaran bulanan saya.

Loh, kok tetap ada rubik haul bulanan di blog ini? Ya saya memang tetap belanja perbulannya. Tapi yang saya beli tuh cuma barang-barang kebutuhan aja. Misalnya: repurchase pembersih muka atau bolehlah sesekali nyobain lipstik lokal murah yang lagi happening gitu. Tapi untuk belanja yang agak banyakan, saya jadwalkan. Jadi jangan heran ya kalau sepanjang tahun saya cuma pakai satu tas nggak ganti-ganti. Karena saya mah orangnya gitu, baru beli tas baru kalau akhir tahun sama mau lebaran. Hihihi...

Kenapa saya bilang menjadwalkan belanja adalah solusi yang paling enak? Karena ternyata banyak keuntungannya loh! Nih ya:
  1. Menghindari penyesalan karena salah beli
    Pernah nggak sih udah beli sepatu mahal-mahal, taunya nggak kepakai karena heels-nya ketinggian dan bikin sakit? Atau beli lipstik yang nggak dipakai karena ternyata bikin bibir kering? Sayang banget kan barangnya jadi nganggur, terbengkalai di pojokan. Yang kayak begitu tuh biasanya karena saya lagi nggak mikir panjang saat beli. Udah keburu nafsu aja pengen lipstik kayak yang dipakai Kyle Jenner, langsung deh beli. Taunya nggak cocok. Padahal harusnya saya bisa mikir kalau bibir saya tuh kering dan nggak mungkin cocok pakai matte lipstick.
    Dengan menjadwalkan acara belanja setahun dua kali, saya bisa menulis dulu barang-barang apa yang saya pengen. Istilahnya bikin wishlist deh. Terus saya juga punya waktu untuk berpikir, apakah saya bener-bener kepengen barang itu? Selain waktu untuk berpikir, kita juga bisa riset. Cari dulu review barang-barang tersebut sebanyak-banyaknya. Pelajari beneran bakalan cocok atau enggak buat kulit kita. Jadi kita bisa menghindari penyesalan karena salah beli.

  2. Budget lebih besar
    Kalau belanjanya sebulan sekali, saya hanya punya budget sedikit untuk sekali belanja. Dan jadinya belanjanya agak "ngasal" gitu deh. Misalnya pengen tas warna merah. Ya saya beli aja tas warna merah yang murah-murah, udah nggak begitu mikirin lagi kualitasnya, yang penting budget bulanannya cukup.
    Sementara kalau belinya dijadwal setahun dua kali, saya bisa nabung dulu. Jadi saya bisa beli tas warna merah dengan kualitas yang bagus dan bener-bener jadi idaman saya. Dan biasanya nggak nyesel tuh pakai tas tersebut setahun. Hehe..

  3. Pas dapet THR
    Jadi mau belanja tuh nggak nyesek-nyesek amat karena berasa ngambil jatah uang operasional bulanan. Nggak perlu menghitung plus minus untuk pos-pos pengeluaran yang lain. Karena selain anggaran belanja yang udah kita sisihkan, kita juga bisa ambil tambahan uang dari THR.

  4. Bisa tampil cakep dengan barang baru saat hari raya
    Karena lebaran, natal, dan tahun baru adalah saat dimana saya biasanya banyak acara. Entah itu reuni cantik, kumpul keluarga besar, liburan, atau sekedar foto-foto cantik aja bareng keluarga atau temen-temen. Asik kan kalau bisa tampil maksimal di saat-saat tersebut?

  5. Banyak temennya yang kalap belanja juga
    Kalau saya nggak punya uang pas akhir tahun begini, biasanya saya cuma bisa menahan sesak di dada aja liat temen-temen saya pada belanja-belenji. Jadi kalau dijadwalin dan udah nabung gini kan saya bisa ikutan hore-hore sama temen-temen. Jadi nggak perlulah jongkok madep tembok saat melihat temen-temen yang lain berburu sale di akhir tahun.

  6. Banyak SALE!
    Iya!! Banyak banget, gaes! Apalagi akhir tahun begini tuh kadang sale-nya gila-gilaan nggak nguatin banget ya nggak sih??!! Bikin nggak nyante bener deh belanjanya. Salah satunya yang paling saya tunggu banget adalah event Hari Belanja Online Nasional ZALORA, yang selalu diadakan oleh Zalora setiap tanggal 12 Desember. Yang kabarnya ini adalah sale tahunan terbesar se-Asia Tenggara. Diskonnya fantastis bok! Dibuat untuk menandingi Black Friday, Cyber Monday, dan Single Day!
    Saya tuh awalnya kemecer juga sama Black Friday, tapi kadung lelah sama persoalan pengiriman luar negri dan pre-order. Jadi event sale Harbolnas ZALORA ini nih yang sekarang lagi sangat-sangat saya tunggu!
Jadi gimana? Tertarik mencoba metode belanja ala saya? Atau kamu punya cara lain buat mengatur pengeluaran, tapi dengan cara yang juga menyenangkan?

29 comments:

  1. wah tips nya ok banget nih... saya berasa ke tabok LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...aku juga kadang masih kecolongan kok perbulannya :D

      Delete
  2. jangan lupa event Black Friday ses hahahaa itu event paling di tunggu selama setaon XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iyaaa. Tapi agak males PO PO gitu. Padal ngileeerrr The Balm

      Delete
  3. Waaah, menurut aku lebih susah menahan diri dari belanja daripada nahan kentut, T.T emang sih habis gitu suka nyesel, kok tabungan ga pernah nambah? Tapi setelahnya setan dateng lagi dan bilang gini " ga pa pa, idup cuma sekali, kalo kepengen beli aj, tar nyari duit lagi" ya allah gustiiiii ampuun, aku pengen tobaaat jeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahak. Aku dulu suka kitu jeng. Sekarang alhamdulilah udah mulai bisa menahan diri. Apalagi sejak ada kucing. Kalau aku beli makeup nanti Jimbeam makan apa? Jimbeam kan juga mau bantal baru, kalung baru, dan harus rutin ke dokter dan minum vitamin :D

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini no spam yak! Kalau mau promosi, silahkan hubungi email saya.

      Delete
  5. boleh dicoba nih tipsnya. thanks ya kak.

    ReplyDelete
  6. iya banget... liat temen sebelah beli rimmel, tanpa cek ripiuw ikutan beli juga.. ehhh taunya ga cocok sama sekali :(( cuma dipake sekali setelah itu bingung mau diapain rimmelnya...

    salam,
    pipitta dotcom

    ReplyDelete
  7. Diriku ga selalu doyan belanja baju atau make up sih mbak. Tapi pas ga doyan belanja baju, gilak belanja make up. Udah bosan make up, belanja sepatu. Udah bosan sepatu.. eh buku. Bosan buku.. balik baju lagi. Gitu terus. Gimana ga ManTab. Makan tabungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kayak akoohhh. Hahahaha.. Ya itu tadi, belanjanya dijadwal aja setahun dua kali. Enam bulan nggak lama kok. Aku sesi belanja yang ini lagi kalap sama tas dan baju :'))

      Delete
  8. Manthep nih tipsnya.. Dan udah kadung kalap padahal belom momen2 saleeee... Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahaaaannnn :)). Eh tapi sekarang mah udah banyak sale.

      Delete
  9. hahaha aku juga nunguin ini harbolnas.. tapi kemarin pas singles day aja aku nggak dapet apa2 karena ukuran yg aku mau pada keburu abis.
    btw kalo mba arum manfaatin THR atau tunjangan akhir tahun buat belanja, aku malah niatnya mau balas dendam nabung pake duit akhir tahun hahaha.. abis kalo tiap bulan belanja tuh kayak reward ke diri sendiri aja setelah bekerja keras selama sebulan itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu kayak gitu Dilaaa. Tapi nggak suka karena pas akhir tahun jadi nggak berasa THRan gituuu :D. Ya udah aku balik deh.

      Delete
  10. Lagi sering mantengin zalora,banyak sepatu lucu2 >_< Baru tau tanggal 12 diskonnya gede,ditunggu deh mba.Makasi sarannyaaa =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 kamu komen ini aku jadi mantengin sepatunya terus pengen. Padahal habis beli tasnya dua T.T

      Delete
  11. Sama sama arum kita ternyata punya problemo yg sama yak..tipssnya boleh niiih dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Problem semua wanita yah ini T.T. Hahaha :))

      Delete
  12. thanks mba tips nya, paling sering yg no 1, aku noted artikel nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng sekali kalau artikelku berguna. Thanx ya sudah mampir ;)

      Delete
  13. selama ini tobat belanja saya cm pake jurus kebutuhan vs keinginan aja mba.yg dbutuhin lebih d prioritasin.bs hemat buangeeet.tp itu dia,saya ga pernah jadwalin kapan wkt yg pas buat beneran belanja.ngempetnya kebablasan -____-". jd kdg mikir.ama diri sendiri aja saya kok jahat bener yahh heheee. mo niru jurus e mba sekar ahh. sekali2 memang perlu buat menghadiahi diri sendiri ya mba #alesan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat banget mba. Kalau aku malah susah ngerem belanja. Ini baru mulai lagi diet make upnya. Thanx yah ;)

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...