Monday, August 24, 2015

[Blogging Talk] Blog Hacking dan Cara-Cara Melindungi Blog Kita


Akhirnya saya memutuskan melanjutkan rubik blogging tips. Tapi saya ubah deh konsepnya. Bukan blogging tips yah, tapi blogging talk, curhat-curhatan tentang dunia blog. Lagian saya merasa kurang capable lah ngasih tips soal blogging. Saya ini kan cuma blogger apalah-apalah.

Baca: [Bloging Talk] #1 Tujuan

Saya kembali lagi dengan topik blogging karena mendengar berita super sedih, super nggak ngenakin, dan bikin saya ikutan jengkel dan nyesek dan parno setengah mati, yaitu: blog hacking.

Baru-baru ini, ada beberapa beauty blog yang menjadi sasaran hacker. Yang saya tahu ada lima beauty blog, yaitu blog milik: Momzhak, Annisa Arifiani, Sekar Suci Saraswati, Judith Ayes, dan Tanoe Rissa. Itu yang saya tau. Nggak tahu deh yang saya nggak tahu. Mungkin beberapa diantara lima nama tersebut kalian udah nggak asing dan sering baca. Maaf ya, saya nggak kasih link blog yang udah di hack. Nyesek dan males aja rasanya nambah-nambahin trafic buat si hacker. Dan lagi saya parno kalau-kalau di blog tersebut sudah dipasangin scrip untuk membobol blog lain lagi --".

Oh iya, Mizha dan Nisa sudah membuat blog baru untuk klarifikasi mengenai blognya yang di hack:

http://b-cq.blogspot.com/2015/08/blog-cantiknya-qonita-berpindah-pemilik.html

http://nisabeautyroom.blogspot.com/2015/08/the-real-author-of-nisas-beauty-room.html

Sekar dan Rissa sudah memulai lagi dengan blog barunya:

http://crochetandlipstick.blogspot.com/

http://catconfessions.blogspot.com/

***

Saya nggak cuma basa-basi waktu bilang kalau saya beneran ikut mangkel, nyesek, dan sedih. Saya kan juga blogger. Saya nggak kebayang aja rasanya kalau blog ataupun karya saya yang lain, tiba-tiba diaku-akui oleh orang lain. Pasti nyesek kan? Apalagi kalau orang tersebut sampai mendapatkan keuntungan dari karya kita. Bayangin ide-ide kita, kenangan selama prosesnya, waktu yang telah kita habiskan untuk karya tersebut, energi yang udah kita curahkan, dan kemudian hasilnya malah diambil begitu saja oleh orang lain. (Itulah mengapa saya anti banget sama barang KW, bahkan jujur aja cenderung jijik. Karena saya tahu rasanya sakit banget ketika hasil karya/ide kita dibajak orang lain).

Baca: Jangan Jadi Orang yang Penuh Kepalsuan ah!

Mengenai blogger-blogger yang jadi korban tersebut, Nisa adalah salah satu blog yang paling awal saya baca. Bahkan sebelum saya mulai ngeblog, saya udah baca-baca blognya Nisa. Kalau Momzhak dan Sekar, saya kenal secara pribadi. Mmm...saya memang belum pernah ketemu secara langsung dengan Mizha/Momzhak ya, tapi dari sekian lama saya berproses di blog, lalu berkenalan dengan banyak orang di dunia maya, Mizha ini adalah salah satu blogger yang bisa menyentuh saya secara emosi. Rrrr...gimana yah? Pokoknya saya merasa kenal baik aja dengan dia walau saya belum pernah ketemu. Kalau Sekar jangan ditanya lagi deh, kami bukan sekedar teman dunia maya, kami bener-bener temenan deket di dunia nyata. Dulu waktu sama-sama tinggal di Jogja, kami sering hangout bareng ^^.

Menurut saya blogger-blogger diatas bisa dikategorikan sebagai passionate blogger. Mereka ngeblog bukan semata-mata karena kepingin cari uang, atau kepingin pamer, atau karena nggak ada kerjaan lain, atau apalah. Tapi saya melihat bahwa setiap postingan-postingan yang mereka terbitkan seolah mempunyai "jiwa". Mereka membuat post bukan hanya dengan mata, jari dan pikiran, tapi juga dengan hati. Mungkin cuma sesama blogger yang mengerti kata-kata saya yang ini ya :D.


Buat saya sendiri sebagai seorang blogger, saya merasa memiliki ikatan yang kuat dengan blog saya. Saya sayang banget dengan blog ini. Empat tahun saya berproses bersama blog ini. Kalau saya sendiri buka-buka blog saya dari awal, saya bisa melihat bagaimana perkembangan saya. Bukan cuma perkembangan soal make up dan cara menulis, tapi juga perubahan cara saya berpikir dan menyikapi sesuatu.

Buat kalian yang baru aja tahu/baca blog saya, mungkin kalian tahunya blog saya ya udah kayak gini dari awal. Tapi percayalah, nggak secepat itu! Ketika blog saya baru dimulai, saya masih memakai kamera handphone seadanya, dengan skill foto yang awut-awutan, dan penulisan yang acak-adut. Kadang kalau pas menengok ke halaman-halaman awal blog ini, saya juga meringis agak-agak malu. Tapi ya sudah lah, post-post awal tersebut nggak akan saya hapus. Biarlah proses saya bersama blog ini terpampang jelas. Kalian juga bisa lihat kok postingan-postingan awal saya.

Dan desain blog saya juga nggak langsung seperti ini. Desain blog yang kalian lihat saat ini sudah melalui proses selama empat tahun. Saya sendiri yang ngutak-atik, nggak minta tolong atau bayar desainer blog profesional (kecuali untuk header, saya dibuatin sama Momon). Saya ini juga buta banget soal kode html dan desain blog. Tapi demi blog saya ini, saya bela-belain deh mata dan otak saya jereng mantengin berbagai artikel dengan bahasa-bahasa alien dan kode-kode html. Meskipun hasilnya juga cuma gini-gini doang, tapi saya bangga. Saya sayang. Ini hasil karya saya.

Inti yang mau saya sampaikan adalah: buat saya, blog ini mempunyai suatu ikatan emosional dengan saya. Saya rasa blogger lain, yang mengalami proses dan menulis dengan rasa cinta yang sama kayak yang saya alami, juga bakalan jadi sentimentil begini kok sama blognya. Jadi kehilangan blog itu bukan suatu hal yang sepele. Bukan sekedar kehilangan trafic atau follower, atau pusing mikirin ganti rugi ke pihak sponsor yang udah terlanjur bayar, meskipun ya hal-hal tersebut juga cukup merugikan. Tapi rasa kehilangan terbesar adalah karena "ikatan" yang sudah terlanjur terjalin antara blogger dengan blog-nya.

***

Saya memutuskan membuat post ini, selain sebagai bentuk dukungan saya terhadap para blogger yang kecurian di atas, juga sebagai peringatan awal untuk para blogger yang kebetulan main kemari. Sekarang kita lihat sendiri kan bahwa cyber crime itu ada, nyata, merugikan, dan menyakitkan. Makanya mulai sekarang lindungi blog kalian baik-baik.

Katanya memang susah untuk merebut kembali blog yang sudah terlanjur dicuri. Nisa dan Mizha juga sudah menempuh berbagai cara dan sudah minta bantuan ke orang yang lebih ahli dalam persoalan ini, tapi nyatanya blog mereka sampai saat ini belum bisa balik. Tapi saya mau ngasih sedikit tips yang saya tahu untuk melindungi blog kita. Oh iya, karena saya pakai platform blogspot, yang mana untuk mengakses blog harus melalui akun google/gmail, jadi saya cuma tau cara perlindungan untuk blog yang memakai platform blogspot:
  1. Gunakan password yang kuat
    Gunakan password yang susah ditebak dan ditulis. Jangan menggunakan bagian dari nama atau tanggal lahir untuk password-mu. Dan gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda baca. Pokoknya bikin password-mu se-alay mungkin!
    Contoh password yang lemah: nicholassaputra
    Contoh password yang kuat: n1cH0LL4$?2aP03tR44!!OMG94Nt#3n9
  2. Jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai akun sosial media
    Pokoknya bedakan deh password email kamu dari password instagram, facebook, twitter, dll.
  3. Rajin-rajinlah ganti password
  4. Jangan berikan password emailmu kepada orang lain
    Sudah terlanjur? Segera ganti deh dengan password yang lebih alay!
  5. Gunakan double protection untuk melindungi email kamu



    Fungsinya agar tidak ada orang lain yang bisa membuka email kamu (meskipun sudah tahu password-nya) dengan menggunakan laptop atau perangkat lain yang bukan punyamu. Kalau mau login dengan menggunakan laptop atau perangkat lain, harus memasukan kode verifikasi yang akan dikirimkan oleh google ke nomor hp kamu.
    (fitur ini ada kok di gmail. Buka aja dah di bagian my account)
  6. Jangan sembarangan klik link yang disampaikan via email
    "wah, sori, aku nggak pernah nge-klik link aneh-aneh!"
    Weits, tunggu dulu. Pernah nggak kalian dapet email seolah-olah kepingin kerja sama, lalu mereka memberikan link dengan keterangan: "silahkan lihat produk kami di sini, kakak!". Atau skenario lain, kalian dapet email yang mengabarkan bahwa online shop anu diskon 90% semua produk skincare korea, caranya klik aja di sini. Pernah? :D
    Hacker bisa berkedok apa saja
  7. Gunakan gaya blogging-mu yang orisinil, jangan copas atau meniru orang lain
    Yah, just in case blogmu berhasil direbut (amit-amit ketok meja!!) pembaca akan langsung tahu. Karena wahai hacker, kau bisa saja mencuri blogku, tapi tak akan pernah bisa mencuri pikiran dan gaya bahasaku.
  8. Bangun hubungan yang baik dengan pembaca blog (atau follower di social media)


    Saya selalu berusaha membalas setiap komen yang masuk. Yang saya lihat, sekarang trend-nya adalah blogger/selebgram jarang balas komen yang masuk di setiap post-nya. Kalaupun balas, dipilih-pilih aja, nggak semua. Ya mungkin memang blogger/selebgram tersebut nggak ada waktu atau sibuk atau komen yang masuk terlalu banyak sampai melelahkan, atau apalah :D.
    Tapi saya menyarankan ke kamu-kamu para blogger yang mau menerima saran saya (yang enggak mau juga nggak papa, saya nggak maksa), cobalah luangkan waktu untuk sekedar membalas komen-komen di blog/ sosial mediamu, berkomunikasilah dengan para pembaca/ follower-mu. Itu akan membuat kita dan pembaca merasa lebih dekat, dan pelan-pelan akan membangun suatu ikatan pertemanan.
    Poin ini nggak sulit kok dilakukan, nggak pernah saya anggep beban juga. Kalau saya sih malah seneng, seakan punya teman-teman baru di sini. Saya selalu membalas semua komen yang masuk. Kecuali komen yang kemampleng, atau yang memang terlewat dan saya nggak tau, yang ini maaf yaaa :'(.
    Percayalah, saya udah merasakan manfaat dari pertemanan di dunia maya. Beberapa kali teman-teman pembaca membela saya saat ada komen negatif, klarifikasi saat ada berita miring soal saya, atau memberi tahu saya saat foto/tulisan saya digunakan oleh pihak lain tanpa ijin :').
    Karena wahai hacker, kau bisa saja merebut blogku, tapi tak akan pernah bisa merebut hati pembacaku :3.
  9. Rajin lakukan back-up atau export isi blogmu
    Maaf saya lupa masukin poin ini tadinya, padahal ini penting banget, thanx ses Nita. Saya juga rutin melakukan ini.
    Cara back-up blog, bisa dilihat di post Tya yang ini: http://www.talkativetya.com/2015/08/blogging-101-how-to-backup-your-blogger.html
  10. Selalu log-out/sign-out email kamu setiap habis login di perangkat lain yang bukan punyamu
    Bahkan meskipun kamu login pakai laptop suami atau ibuk kamu sekalipun, kalau laptop itu bukan milik pribadimu yang penggunaannya bisa kalu awasi 100%, pokoknya selalu sign-out. Bukannya mau nggak percaya sama suami yah, tapi siapa yang tahu kalau misalnya nih, laptop suami dibawa ke kantor, dipinjam sejenak oleh rekan di kantor, dan orangnya ternyata punya niat jahat. Atau yang apes ya kaya kejadian yang dialami Mizha. Dia habis login pakai laptop suaminya, kemudian laptop suaminya hilang.
  11. Jangan sembarangan memberikan informasi mengenai data blog kita kalau ada yang bertanya via email
    Ini tambahan dari Nisa. Saya sering nih dapet email yang menanyakan rate card blog dan traffic harian blog saya. Begonya saya biasanya dengan polosnya langsung ngasih informasi dengan sukarela. Tanyakan dulu, apa kepentingannya, ini perusahaan apa, siapa saja kliennya, minta alamat website-nya, dan lain-lain. Intinya hati-hati.
    Dan tambahan dari Hanitis, sembunyikan traffic blogmu, karena traffic/statistic itulah yang ngundang maling (dan juga nggak mungkin ada orang nggak jelas nanya-nanya rate blog kita kalau nggak lihat traffic kita). Tapi ini dua sisi yah, ada positif dan negatifnya. Karena traffic itu selain ngundang maling, juga ngundang sponsor. Saya pun masih galau soal ini ^^.

***

diambil dari instagram @nisa_arifiani, @momzhak, dan @hanaizym

Kepada para blogger yang blognya masih aman, jangan ditunda yah, gaes. Segera lakukan yang kalian bisa untuk melindungi blog dan email kalian, secepatnya. Terutama kalau kalian merasa blog kalian punya trafic yang sudah lumayan tinggi, apalagi kalau kalian pasang adsense di blog kalian. Karena Sekar ceritanya membuka dasboard dengan niat mem-back-up blog, eh ternyata udah terlambat. Blog tersebut sudah hilang dari dasboard-nya :(.

Lakukan sebelum kalian menyesal. Karena penyesalan memang selalu datang di akhir, karena kalau datang di awal itu namanya pendaftaran :D. 

Kepada Mizha, Nisa, Sekar, judith Ayes, dan Tanoe Rissa; saya bener-bener ikut sedih dengan peristiwa yang menimpa kalian. Saya sih berharap kalian masih mau ngeblog. Bikin lagi blog baru yang lebih bagus. Saya yakin, pembaca kalian pasti langsung tahu mana blog yang asli di-update dan dikelola oleh blogger yang asli, dan mana yang hasil curian. Dan bila kalian ngeblog lagi, saya dengan senang hati mau bantuin memberitahu kepada pembaca saya mengenai blog baru kalian :).

***

Kalau ada yang kurang, boleh tambahin di kolom komen yha. Nanti saya tambahkan ke post di atas. Kalau ada yang mau share tulisan ini, juga silahkan :). Tapi saya minta maaf ya kalau tulisan saya yang ini terasa sangat emosional.


***

Sedikit update karena ternyata banyak yang menanyakan dan juga karena saya habis ngobrol-ngobrol dengan temen dunia nyata saya. Banyak yang tanya, kenapa targetnya beauty blogger? Apa motifnya? Oke mari kita bahas:
  1. Kurang kerjaan amat sih blog ecek-ecek posting selfie doang di hack?!
    (komen ini datang dari teman saya, laki-laki, nggak punya karya, cuih!).
    Saya pernah nulis bahwa beauty blog adalah salah satu jenis blog yang paling banyak mendatangkan keuntungan, dan itu nggak main-main yah. Ya kami memang cuma nulis-nulis gajebo, lalu selfie pose muka diimut-imutin, nata-nata gincu di meja dihias bunga-bungaan plastik lalu di foto. Tapi nyatanya kegiatan "ecek-ecek posting selfie" itu mendatangkan uang buat kami, dude! Buktinya sampai di-hack, kan? Buat apa nyolong sesuatu yang nggak menguntungkan?
    Kamu pernah urung mendekati seorang cewek, karena ternyata cewek tersebut beauty blogger? Dan kamu takut cewek itu cuma bisa dandan dan ngabisin uang kamu untuk beli make up? Hohoho...kamu tidak tahu apa yang kamu lewatkan. Kamu nggak akan pernah membayangkan berapa besar penghasilan kami. Makanya jadi cowok jangan matre!
  2. Orang iri kali ya hacker-nya?
    Gaes, kita sedang menghadapi sesuatu yang lebih besar. Bukan sekedar iri-irian karena saya cantik dan seksi sekaligus pintar, lalu blog saya di hack gitu. Tapi motifnya adalah uang. Blog-blog yang sudah berpindah tangan tersebut layout-nya langsung berubah menjadi lebih SEO friendly, dengan tujuan agar lebih optimal mengeruk keuntungan. Pun blog yang menjadi target adalah blog yang sudah lama usianya, sudah jutaan pageview-nya, dan memasang adsense.
  3. Tapi kenapa beauty blogger? Kan blog yang pageview-nya banyak dan pasang adsense nggak cuma beauty blog!
    Ini saya cuma mengira-ngira yah. Kebanyakan beauty blog, dijalankan hanya karena hobi. Nggak banyak beauty blogger yang bener-bener paham soal proteksi email dan dunia-dunia IT gitu-gitu lah. Bahkan menurut perkiraan saya, saya rasa masih banyak juga beauty blogger yang terlalu memandang rendah pada blognya sendiri. "Ah, blog aku cuma iseng begini, mana ada yang mau nyolong!"
    Jadi ya beauty blogger ini cenderung lebih gampang di colong.
    Tolong yah para beauty blogger (termasuk saya), yuk mari kita mulai membuka mata, lihat kenyataan, dan lebih menghargai blog kita. Mulai lindungi blog kita dari sekarang, sebelum terlambat!
  4. Sekali lagi, kenapa beauty blog?
    Mungkin juga untuk pengalihan isu. Bisa jadi kan karena target adalah beauty blog, dan si hacker meneruskan menulis artikel soal beauty di blog yang sudah dicuri, lalu kita berasumsi bahwa si hacker berjenis kelamin perempuan. Bahkan hacker ini mengadu domba loh, dia mengarahkan tuduhan kepada Mizha. Untuk lebih jelasnya, sila baca langsung di post klarifikasi blog Mizha yah ;).
  5. Oke, terakhir, kenapa beauty blog?
    Tabah, dear. Orang kece memang banyak cobaannya.

53 comments:

  1. Berarti tips-nya ditambah back-up blog.. ^^,,
    Biasanya aku lakuin akhir bulan...
    Sedih bgt liat blog yg pd di hack, pdhal akhir2 ini srg googling & kecebur ke blog mrk itu.. :( :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sess, makasih ya. Aku tambahkan tipsnya. Aku lupaaa, padahal aku juga selalu back-up blog.
      Iya aku juga sedih banget rasanya :(. Ikutan gregetan dan nggak kebayang kalau aku yang ngalamin.

      Delete
  2. kesel banget deh sama orang yang suka meretas blog karya orang lain tuh :( bener banget mbak, hubungan blogger sama blog tuh dah kayak pacar :") kita bangun dari awal, pusing mikir masalah kode buat atur template, jalanin bareng tiap postingannya, hingga akhirnya bisa bertahan bareng-bareng sampe 4 tahun :") rasanya kalau sampe diretas tuh kayak pacar aku direbut orang TT_TT. Kemaren denger kabar ada yang diretas tuh langsung was-was banget, langsung backup semua data dan templatenya, sampe googling cara biar blognya aman :( tapi ya semua itu tergantung takdir dari Tuhan aja gimana nasib hubungan aku sama pacar dunia maya ini :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahmaa, hahaha...iya kayak pacar. Pas aku ngobrol sama suamiku, aku malah bilang kayak "anak". Karena aku yang bikin, yang menciptakan istilahnya :').
      Gapapa Rama, yang penting kita sebagai blogger sudah berusaha dulu sekuat tenaga melindungi anak/pacar kita. Karena akan nyesel banget kalau kita cuek dan kemudian di rebut. Seenggaknya sih kita udah berusaha :)

      Delete
  3. kesel juga sama orang yang hack blog orang lain, duh. Aku juga pakai 2 step login, pakai nomer hp mba, tiap ada yang login harus masukin kode yang di kirim ke nomer hp. syukur masih aman sampe sekarang. mudah2an gak kena. turut sedih buat temen2 yang blognya jadi korban :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah masih aman :)
      Aku beberapa kali sih ada notifikasi kalau blogku di akses pakai device lain. Tapi alhamdululah juga, blog ini masih bisa aku pertahankan.
      Kaga baik-baik blognya ya ses :(

      Delete
  4. Replies
    1. Love u too :3 :3
      Hihihi...iyaaa emot kecupnya keliatan kok di email ^^

      Delete
  5. Wah thank you tips2nya mbak! Ini bermanfaat banget apalagi issue-nya lagi hangat2nya, aku bantu share yaa ^^

    Anyway, poin no.8 kok bisa sama sih kepikirannya mbak! :D Aku pikir cuma aku aja yang ngerasa gitu, padahal ngobrol sama orang yang komen itu menurutku seru lhoo. Dan buat aku yang ninggalin komen, aku ngerasa komentarku nggak dicuekin sama blogger-nya ^^ Aku seringnya liat ini blogger2 bule yang udah sering diendorse atau baru femes gitu dengan follower ratusan/ribuan -_-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isu hangat dan menakutkan. Bikin parno sumpah, Nin. Sekarang setiap buka dashboard blogger aku selalu tahan napas :|

      Iya, Nin, aku ini tipe orang yang percaya bahwa benteng paling kuat untuk mencegah maling adalah menjalin hubungan baik dengan tetangga sekitar. Pager listrik super tinggi itu cuma tambahan. Aku bahkan sering lihat kok blogger sini dan selebgram.

      Delete
  6. Biasanya baca postinganmu selalu bikin ketawa, postingan ini malah bikin mata basah. :'D
    Eh tapi ada ding yg bikin ngakak --> "Oke, terakhir, kenapa beauty blog?
    Tabah, dear. Orang kece memang banyak cobaannya."

    Huahaha.

    Sama kaya kamu, blog tuh udah kayak anak. Kita lahirin, kita yg asuh, kita yg kasih makan. Cuma sayangnya, aku lebih sering menganaktirikan 'anak' yang satu itu, karena keasyikan ngurus anak beneran. Haha.

    Makasih banget ya dukungannya. Ini mah udah bukan sekedar penghibur hati, malah LEBIH dari itu. Thanks banget, terutama buat tips-tips nya yg bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalau aku udah punya anak beneran paling juga gituuu :D :D

      Iya sama-sama Mizhaaa. Sesama blogger harusnya memang saling dukung. Pernah ada yang bilang kalau cewek kumpul2 itu pasti isinya cuma saingan saingan doang. Siapa bilang??

      Aku parno + pasti banyak beauty blogger yang lagi ketar ketir juga nih. Seneng kalau tipsnya bisa bantu yang lain juga.

      Delete
  7. Omaygad... baru tau kejadian gini. Thanks for sharing yah mbak cantiiik... beneran bikin gemes kalo udh ngomongin hacker, entag hacker atau bukan atau org yg iseng atau apapun itu..idupnya ga bakal berkah, amin! *sembur pake air kumur kumur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen bangeeettt kalau ginian tuh beneran ditindak, bisa dipenjara + didenda #kzl

      Delete
  8. Mbakk Aruum! Tambahaaan, tambahaan pentiing!
    *getok-getok pintu :))

    Ini saran dari blogger lain sih dan kalo dipikir-pikir ada benernya juga.
    SEMBUNYIKAN TOTAL PAGEVIEWS

    Coba amati, blogger-blogger ternama (bukan niche beauty, yang biasanya muncul di laman pertama pencarian) ngga menampilkan total pageview mereka, meski udah jadi rahasia umum kalo blog-blog tsb rame pengunjung. Tips ini juga aku dapetin dari blogger korban autoblog/agc lainnya :D

    Total pageviews jutaan, traffic tinggi emang menarik sponsor dkk, TAPII... jangan lupa, total pageviews tsb pun menggiurkan di mata pelaku. Pilihan sulit buat sebagian besar blogger, karena total pageview ga semata-mata ttg "ini lhoo, blogku populer", tapi tentang keterpercayaan dan pencapaian bloggernya juga, imho.

    Ya begitulah.. masing-masing pilihan (tampilin atau ngga), ada konsekuensinya. Aku cuma sampein poin penting yang kadang luput dari kita, tapi inilah yang diperhatikan orang-orang dgn niat ga baik ituu T.T karena emang tujuan mereka ya nyari traffic.

    Untuk blogspot, karena dia punyanya Google (situs raksasa), kecil kemungkinan untuk diretas.
    Celahnya emang pembobolan password.
    Bisa dengan memanfaatkan kelalaian, bisa juga melalui bugs password recovery
    (kemaren abis browsing ttg 'cara mengetahui password gmail orang lain' -,-)

    Nah, pas daftar verifikasi 2 langkah kan kita dapat kode verifikasi cadangan. Itu juga kudu disimpen buat jaga-jaga kalo pas hp kita (moga-moga ga terjadi) keselip dimana gitu. Jadi, kita tetep bisa log in dgn kode cadangan tsb meski hp kita gada. Kode verifikasi cadangan bisa dicek di tab verifikasi 2 langkah, di sesi keamanan akun Google kita.

    ***

    Dulu aku mikir beauty blog ini tipe-tipe blog yang ngga dilirik orang iseng. Makanya santai-santai aja. Trus pernah kejadian (sekitar 2 tahun lalu), kayaknya ada org yg mau "utak-atik" blogku T.T karena tau-tau template blogku brubah. Syok bangetlah. Sejak itu aku pasang verifikasi 2 langkah :D

    Aku juga seneng kalo ada yg komen :') semacam, Yaa Allah... ada to yang baca tulisanku hahaha *maap norak. Krn itulah anonim juga aku persilakan. Tapi kotak komennya dimoderasi, buat nyortir komen yg isinya link ke situs spam/berbahaya/antah berantah, trus biar gampang nandain komen yg belom dibales :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi saking semangatnya ngetik panjang-panjang, jadi keliwat, maksudku tambahan untuk statement mba Nisa, aku jadi keinget xD Bakal kecil kemungkinan orang-orang yg ga punya kepentingan tsb nanya traffic harian, kalo di blog kita ga nampilin total pageviews :D

      Delete
    2. Udah kuaktifin verifikasi 2 langkah. Trus aku ikutin kata blogger senior lain yg bilang: jangan pernah aktifin email pemulihan, kalau pasang apus aja. Trus, bener kata hanitis, jangan tampilkan pageview, apalagi yg udah tinggi banget. Trus, malah kita harus hati-hati donlot template2 gratisan, takutnya dia nyempilin kode buat nyuri data kita di HTML templatenya. Trusnya lagi, jangan nampilin email blog kita di blog. Kalau buat komunikasi, bikin email baru lagi. Apalagi ya... oiya, aku ikutin tuh caranya hanitis biar konten kita gak disedot orang lewat RSS.

      Penting banget ya ternyata yg beginian, apalagi blog mu ini rum, udah sangat-sangattt... (sampe speechless nyebutnya...) Haha...

      Delete
    3. Hani, Mizha, soal trafic aku tambahin di atas yhaaa.
      Tapi aku galau banget nih, soalnya "jualanku" kan ya trafic itu. Berhubung aku nggak pasang adsense, jadi pendanaan blog ini ya dari sponsor yang masuk. Hahaha...piye iki, aku galau tenan :D :D :D

      Terus ternyata kontenku juga disedot, banyak situs. Errrgghhhh.... Makasih banget buat tipsnya.

      Lagi-lagi soal trafic ini mau aku diskusikan dulu deh sama manajerku. Halah menejer. Bojo maksudnya :D :D

      Delete
    4. Kalo menurutku, blog-blog kayak Racun Warna-warninya mba Arum, My Lovely Sister, Sasyachi, dst yang udah ketauan trafficnya tinggi, sering nerima sponsor, sering jadi perbincangan dan dipromosiin sana-sini (forum FD, hipwee, dll) ngga gitu ngaruh mo disembunyiin ato ga, imho lho ya :D

      Orang yang biasa nyari review produk di internet sebagian besar udah familiar dengan blognya mba Arum. Mo nyari review jujur ya ke Racun Warna-warni. Walau banyak blogger baru yang pengen meniru gaya "nyablak"nya mba Arum, tapi kesannya malah ngga natural. Mungkin karena mba udah lama blogging, jadi udah dapet ciri khas yg bedain Racun Warna-warni dengan beauty blog lain.

      Ketika banyak beauty blogger yg ngumpetin total pageviews, jelas sponsor pada tertuju ke blog-blog yang udah pasti bertraffic tinggi, follower banyak, dan sebelumnya udah sering dapet gift produk. Ataauu blog-blog yang potensial untuk maju, mis. walau traffic belum berjuta-juta tapi rutin posting, followersnya udah banyak (rajin blogwalking sana-sini), social medianya terurus, tampilan blognya menjanjikan.

      Yang kemungkinan kecil dapet sponsor yaa blogger kayak aku hahahah.... Traffic dan total pageviews emang lumayan, tapi begitu aku umpetin, otomatis yg jadi pertimbangan ya yg tampak-tampak aja, kayak followers (followerku ga nyampe 200) dan jumlah posting yang dikit :D

      Eh iya, itu yang feedburner hanya berlaku ke autoblog/auto generated content baru. kalo konten-konten yg udah terlanjur kesedot gabisa berubah jadi "silakan lanjut baca ke link dst dst dst", karena udah ngedapetin artikel full.

      Delete
    5. Hani!!! Kau menilaiku terlalu tinggi. Aku jadi kepengen sombong. Hahahahaa...
      Ya ampun, tapi makasih ya. Kebetulan aku lagi nyari tagline buat blog ini. Racun Warna-Warni: Natural Nyablak. Gitu? :D :D

      Mmm...sebenernya sih kalau soal yang tampak, followerku juga ga begitu banyak kok. Twitter sama facebook juga ga pernah diurusin. Doh. Tapi iya nih masih mikir-mikir panjang :|

      Iya, Hani, yang berlalu biarlah berlalu lah. Yang penting kedepannya tulisan-tulisanku udah aku lindungi :D

      Delete
  9. baru tau kalo blog bisa dicuri.. super nice tips mbak.
    *berangkat back up blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaaa. Ayo mulai perketat penjagaan!

      Delete
  10. Aku pas tau pny mba bisa afriani di hack lngsg ikut sedih, kebayang dong apa yg udh dibangun bertahun tahun :(
    Terus bener mba ikatannya itu lo sdh melewati berbagai masa. Semoga ga nambah dej dftr beauty blogger yg dihack

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks, iya kebayang Nisa udah 6 tahun ngeblog. Rasanya udah nggak keruan pasti :(.
      Beauty blogger kayaknya perlu deh nambah pengetahuan soal begini beginian. Bagusnya komunitas blogger cewek (kayak KEB, IBB, IIDN, dll) ngadain seminar soal ini nih.

      Delete
  11. ((KEMAMPLENG)) hahahaha mbak cantik iki mesti nggarai gregetan bosone.. anyway aku bukan byutiblogger tp aku suka baca2 blognya byuti blogger dan ikutan miris sm hacker2 skrg. Tp untungnya sesama blogger ikatannya kuat jd salinh bantu klarifikasi. Pelajaran berharga banget utk proteksi lbh sama asset digital kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemampleng dan temapuk :D :D

      Iyaa, tapi pelajarannya mahal banget ya :(. Banyak blog favoritku yang di hack.

      Delete
  12. *abis baca update-an
    *mau comment lagi...
    Salah satu alasan knp beauty blog yg jd sasaran adl review product itu sumber traffic banget...
    Blogku topiknya kan macem2, tapi sumber traffic ke-dua (setelah topik gigi) adl beauty review.. Dan misalnya ada yg nanya knp blogku suka review product? Salah satu alasannya adl krn beauty review itu sumber traffic & sapa tau dr kejebak krn review bs baca2 yang lain.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bener banget! Kebetulan aku dulu punya blog random juga. Sekalinya nulis soal beauty, langsung rame. Akhirnya bikin khusus deh yang tentang dunia perlenjehan, eh beneran rame banget :D

      Delete
  13. daku sedih banget mba waktu tau blog sekar sama mizha kena hack karena aku udah lama nyemplung ke blog mereka hiks, walaupun traffic blogku ga fantastis tapi kl sampe kena hack (amit-amit) pasti nyesek banget karena ngebangun dari nol dan emang beneran hobby nulis bukan ngejer materi. Jahat ih yang ngehack -___-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, sedih ya. Keinget sering maen kesana :(.
      Banyak blogger yang ngira blognya cek-ecek. Padahaaalll........ :D

      Delete
  14. Actually thats me, nulis namanya salah, tapi gpp nama dumay aja. aku udh buat blog baru cuma belum posting apa2, catconfessions.blogspot.com ^^ dan postingan aku belum banyak cuma bener kata kamu, nyeseknya itu.. gimana yang blognya udah lama :( makasih ya mba arum udah share ini, aku coba lebih mengamankan blog aku berikutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii, aduuhh maaf banget ya salah nulis nama. Aku ralat segera.
      Dan blog barunya aku masukin ke post ini ya, biar pada tahu.

      Sama-samaaa. Semangat ngeblog lagi yah :3

      Delete
  15. nice post.. n tq so much udh dikasi pencerahan utk selametin blog dri hacker.. :)

    ReplyDelete
  16. Baca artikel ini aku langsung melakukan setting pengamanan 2x, loh.. takut blogku yang kubangun dari awal di hack orang. Yang hack blog orang itu ga jauh beda sama koruptor *Lah, jadi OOT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Be, jahaaaatttt pol pol pol!!!!
      Mending repot sekarang deh pakai proteksi dan daftar ini itu, daripada ilang :(

      Delete
  17. Lengkap banget nget nih tipsnya, aku pas denger berita kemarin langsung cepet-cepet backup dan ganti password haha.
    Tapi soal Pageviews aku juga hampir sama kayak kamu ses, dilema hahaha. Sebenernya karena bukan nyombongin blog banyak yang lihat tapi seneng aja lihat sendiri ternyata itu kerja keras selama ini yang udah kita lakuin. Tapiiii orang yang gak bertanggung jawab mengambilnya begitu aja T_T
    Semoga cepet tobat orangnya T_T

    Nice sharing and tips ses ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ses, dilema banget yah :|. Kan sponsor ngemail kita salah satunya juga karena lihat pageview. Soal adsense ini juga bikin dilema sih ses. Aku pengen pasang adsense sebenernya, tapi ya itu, merasa belum paham benar cara2 melindungi blog. Hiks. Kejahatan ada dimana-mana.

      Delete
  18. Wah, sejahat itu ya ternyata. Sebagai newbie di dunia perblogan sy ga kefikir sampe sana. Apalagi mengingat blog sy masih super ecek - ecek >_<

    Anyway, setuju sama tips - tipsnya. Terutama yang balesin komen satu - satu. Sy jadi seneng ngomen di sini karena mbaknya baiiiik banget mau balesin :D

    Buat para senior blogger, tetep menginspirasi, ya!

    Mm... Kemampleng itu artinya apa? -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan :D. Bener kan yang aku tulis. Kebanyakan beauty blogger selalu bilang "blogku ecek-ecek". Kurang menghargai blog sendiri itu lah yang bikin pengalaman longgar dan kemudian kecolongan.

      Hehe...kemampleng ituuu...rrrr....aduh susah juga ya jelasinnya. Hahahahaa....

      Delete
  19. Makasi ses Arummm...
    Tetap beri dukungan pada dirikuuhhhhh....

    http://crochetandlipstick.blogspot.com/2015/08/haul-june-august-2015.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu mendukungmu, khakhaaakkkk! :3

      Delete
  20. Ikutan sedih , sebagai silence reader , baca blog itu bukan cuma sekedar baca tapi berasa ikut mengalami/masuk bgt di jiwa lewat tulisan2 kalian para beauty blogger,,yang bkin besok pengen baca, pengen tau ada cerita baru apa 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita juga suka jadi silent reader, betul banget kalo ngikutin blog seseorang itu seperti mengalami juga apa yang ditulis si blogger dan tungguin terus tiap postnya :D

      Delete
    2. Yes, itu juga yang aku alami ketika baca blog seseorang :(.

      Delete
  21. duhh baru tau ada kejadian kaya gini, kita sama sekali nggak tau. Dikasi tau sama pembaca ada blogger yang diretas, eh pas ke google utk search ketemu post ini. Thank you banget semua infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. Sedih banget ya, banyak yang blognya ilang. Nggak kebayang kalau kejadian di aku. Hiks :(. Sama-sama Aini, Eve. Berharap kalian mau bikin post tentang cara-cara mengamankan blog juga, biar nggak gampang di curi. Soalnya blog kalian kan udah "besar" banget tuh. Pasti kalian punya cara-cara pengamanan yang siapa tau, belum banyak yang tau :)

      Delete
  22. makasih banyak mbak udah ngangkat tuulisan ini. saya sebagai newbie di dunia perbloggeran jadi lebih waspada. makasih juga tips-tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mb. Iyaa, aku juga nyadar kalau orang jahat ada dimana-mana juga karena kejadian ini :(

      Delete
  23. Kalo pake platform blogspot kayaknya masih aman, kecuali make wp dan make shared hosting kyknya itu lebih rawan. sejauh ini aku blm nemuin blogger yang make platform blogspot kemasukan shell/backdoor, kecuali si hacker ngejebolnya lewat email blogger korban. Jadi yang perlu di garis bawahi kalau make platform blogspot security emailnya di perkuat seperti tambahin nomor hape kalo perlu aktifin 2 step verification make google auth.
    blogku ini http://bedakwanita.com make platform wp dan make shared hosting jadi agak perlu was-was juga tapi kalau tiap hari kontrol kyknya masalah hacking bisa dihindari. Mungkin itu aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sharing nya yaa :3
      Iyaaa, kalau pakai blogspot berart lebih ke bagaimana caranya melindungi email agar emailnya ga dibajak yak.

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...