Sunday, March 2, 2014

Review: Etude House Precious Mineral Any Cushion SPF 50+ / PA+++


Sejak pertama kali BB Cushion keluar (waktu itu saya ngeh-nya merk Laneige). Saya udah mikir kalau bakalan praktis banget banget tuh BB Cushion. Nggak rawan beleber dan tumpah, kemasannya compact, nggak perlu pakai sponge atau kuas tambahan, dan lagi bisa diisi ulang. Keren banget kan? Tapi nggak beli-beli soalnya stok BB Cream masih banyak.

Terus kesini-kesininya Etude juga ngeluarin BB Cushion. Awalnya nggak tertarik-tertarik amat sih, soalnya duluuu pernah ada yang nyponsorin saya Etude BB Cream, lupa seri apa. Tapi saya nggak begitu suka karena hasilnya cakey nggak karuan. Akhirnya setelah ngobrol-ngobrol sama owner OL shop yang bersangkutan, kami memutuskan untuk nggak publish review-nya.

~ Jadi OOT nih, kenapa review saya kebanyakan positif kaya ibu hamil? Karena saya agak males nulis tentang produk yang jelek. Jadi kalau saya nggak cocok, memang nggak saya review sekalian. Kalau OL Shop-nya bilang: "okelah review-nya jelek gapapa terbitin waeh!", ya udah saya terbitin. Tapi saya nggak akan bilang suatu produk bagus, kalau pada nyatanya jelek. Gitu. Jadi memang produk yang tampil di blog ini, akhir-akhir ini, memang produk-produk yang sudah saya uji dan saya suka. Yang saya nggak suka, nggak saya tampilin/review. Kecuali memang banyak yang request

Ini bukan menyesatkan menurut saya. Mengutip kata ses Winda: "Aku kalau nggak suka mending diem". Nah, untuk review produk, saya menerapkan itu, kalau nggak suka ya sekalian seproduknya nggak saya review. menyesatkan itu kalau ada produk jelek tapi saya bilang bagus. Kalau produk jelek nggak saya review/tampilkan di blog, ya sah-sah aja kan? Pilihan saya kan saya mau nge-review produk yang mana? Terus untuk catatan lagi sih, bagus enggaknya produk itu cocok-cocokan, karena kulit orang beda-beda, bukan? Yang di saya bagus, belum tentu di situ-situ jadi bagus juga. ~

Yak, OOT kepanjangan. Balik lagi ke Etude House Precious Mineral Any Cushion. Saya mendapatkan produk ini dari Miss Lie Collection. Sempet ragu-ragu karena ya itu tadi, saya pernah nyoba Etude BB Cream dan saya nggak suka. Tapi ya nyoba dulu nggak salah kan? Tapi ternyata berdasarkan pengalaman saya 2 minggu nyobain BB Cushion ini, saya sukak. Malah suka banget!



 Beberapa orang teman saya ternyata masih ada yang belum ngeh, apa itu BB Cushion loh! Mereka bilang: "Weh? Krimi toh ternyata? Tak kira kaya bedak." Bukan bro, sist, ini bukan bedak. Kalau di translate, "cushion" itu artinya "bantal". Jadi BB Cream ini, bentuknya creamy, dan cara penyimpanannya semacam "dikunci" dalam suatu bantalan.

Gambar di atas adalah close up cushion/bantalannya. Empuk, berpori, dan ada BB Cream-nya.



Cara mengeluarkan BB Cream-nya tinggal ditekan atau di-press aja sedikit, ntar BB cream-nya otomatis keluar sendiri.



Ini BB Cream-nya. Teksturnya ya kayak BB Cream, creamy.



Jadi, BB Cushion itu ya kaya BB cream biasa, yang mana teksturnya krimi. Yang bikin spesial adalah cara penyimpanannya. BB Cushion ini dikemas seperti bedak. Compact dan praktis. Untuk Etude House Any Cushion ini, kemasannya bagus, saya suka banget. Udah ada kaca, air puff sponge, dan ada sekat juga buat nempatin sponge. Jadi sponge-nya nggak gampang kotor.

Terus memangnya kenapa kalau kemasannya kayak bedak? Praktis banget bok! Kemasan BB Cream seperti ini menurut saya brilian. Apalagi buat orang yang suka berpergian kayak saya. Kelebihannya:
  • Lebih compact dan gampang dibawa
  • Pemakaiannya praktis. Tinggal di-press dan sret sret ditepuk ke muka pakai sponge bawaan, nggak perlu sponge atau kuas terpisah lagi
  • Tangan nggak kotor & belepotan kalau pakai ini, karena produk langsung bersentuhan dengan puff-nya, nggak perlu dituang atau dipegang pakai jari.
  • Nggak rawan tumpah, bocor, beleber (dibalik wadahnya juga nggak bakalan tumpah karena sudah dipadatkan di dalam cushion-nya)


Banyak yang bilang kalau BB Cushion ini kemasannya bulky. Kalau buat saya sih pas-pas aja, dan se-bulky-bulky-nya masih lebih praktis kok dibandingkan BB Cream botolan. Kalau kemasannya ditipisin lagi, ntar isinya tambah dikit dong? :p



Sponge bawaan Etude House Any Cushion ini juga bukan sembarang sponge. Ini namanya Air Sponge Puff. Bahannya sengaja diciptakan dengan fungsi ngeratain BB Cream, jadi cepet ratanya dan nggak ada produk yang terserap ke sponge. Kalau pakai sponge foundie biasa, kan boros produk tuh, karena produk banyak terserap ke sponge.

Air Sponge Puff ini bisa juga dipakai untuk aplikasi BB cream atau foundie yang lain. Terus bisa (atau harus sih kalau menurut saya) dicuci secara berkala. Tapi ya nggak sesering kalau saya nyuci sponge atau kuas terpisah ya. Kalau kuas foundie terpisah gitu, maksimal dua kali pakai udah saya cuci. Kalau air sponge puff ini bisa seminggu sekali baru saya cuci. Soalnya kan nyimpennya tertutup jadi satu sama BB Cream-nya. Lebih bersih aja menurut saya.


Tekstur krimnya ringan, agak kental, dan gampang banget dibaur. Pas dibaur ada sensasi dingin atau cooling efect-nya, sukak deh! Setelah terbaur, hasilnya kaya menyatu dengan kulit, nggak berasa kaya pakai BB Cream. Tapi jelas tekstur kulit terasa lebih baik dan lebih bersinar sehat/glowy.

Blend!
Kiri: Polos || Kanan: Pakai Etude House Any Cushion

Untuk shade, Miss Lie ngerekomen shade W24 atau Honey Beige, yang mana adalah shade tergelap dari Etude House Any Cushion. Awalnya saya takut terlalu gelap sih. Tapi Miss Lie bilang shade ini yang cocok buat saya ^^. Ya udah saya manut aja dah sama nyang lebih pakarrrr :)).

Setelah saya coba, ternyata memang pas pas paasss banget! W24 Honey Beige ini match banget buat skintone saya. Nggak kegelapan, nggak keputihan, dan nggak oxi juga! Tapi berhubung muka sama leher saya belang, putihan muka, jadi keliatan putih muka saya di foto. Saya biasanya memang milih foundie yang setingkat lebih gelap biar match sama warna leher. Saya baru nyadar kalau ini kan produk Korea, yang mana diciptakan untuk embak-embak Korea yang putih-putih banget kulitnya. Kalau di Indonesia kulit saya tergolong shade medium, di Korea sono mungkin saya masuk golongan super dekil. Saya juga baru nyadar kalau saya kan latinos bukan korean. Bahahahak!

Tapi buat yang berkulit lebih gelap daripada saya juga jangan khawatir. Kalau saya liat review-nya sih, W24 ini masih masuk aja bahkan di kulit NC 40-an. Mungkin karena BB Cream biasanya cenderung natural dan ngikut shade alami kulit si pemakai ya.



Coverage atau daya tutup Etude House Any Cushion ini bisa dilihat sendiri pada gambar dagu saya diatas. Juarak! Menurut saya ini mah daya tutupnya udah sebagus Foundation, tapi dengan hasil yang kelihatan ringan, natural, dan glowy kaya BB Cream.


Dengan kondisi kulit muka saya, saya udah nggak butuh concealer lagi kalau udah pakai Etude House Any Cushion. Ini aja udah cukup pakai banget. Warna kulit saya jadi rata, bekas jerawat, jerawat kecil, dan lingkaran hitam dibawah mata juga tertutupi.

Pada foto diatas, saya nggak pakai concealer dan bedak lagi. Cuma BB Cushion aja, dan udah nutup banget. Kalau ada yang tanya perbandingannya sama Secret Key Telling U CC Cream (review di sini), ya beda lah ya. Telling U itu kan CC Cream, dia tergolong bagus coverage-nya untuk kelas CC Cream. Tapi kalau dibandingkan dengan coverage foundie dan BB Cream, ya jelas masih lebih nutup si foundie dan BB Cream-nya. Untuk hasil paling baik sih pakai CC Cream dulu untuk base, baru BB Cream.


Kulit saya kering, dan BB Cushion ini nggak cakey di kulit saya. Foto diatas adalah setelah pemakaian selama 5 jam. BB Cream ini masih rapi aja, cuma udah kerasa agak greasy. Jadi memang lebih baiknya kalau setelah pemakaian BB Cream ini, set dengan translucent loose powder tipis-tipis aja. Yang jadi masalah buat saya adalah di hidung bagian sandaran kacamata. Lama-kelamaan akan ada sedikit gumpalan krimnya. Tapi nggak masalah sih, tinggal di tap pakai tisu atau dibaur aja pakai jari, udah beres lagi.


Kayaknya semua udah sering banget denger, kalau BB Cream itu adalah semacam foundie yang ada kandungan skincare-nya. Dan semua juga paling udah bosen denger kalau buat saya, apapun klaimnya, pakai skincare dulu sebelum make up itu penting. Saya tetep pakai pelembap dulu sebelum pakai BB Cream/CC Cream.

Dan ini klaim Etude House Any Cushion BB Cream dan juga pendapat saya:
  1. Membuat kulit bersinar dan cerah
    Pendapat saya: Yup! Hasilnya glowy, warna kulit jadi rata, otomatis kulit wajah kelihatan cerah.
  2. Kemasannya praktis dan mudah digunakan
    Pendapat saya: Iya donk! Kemasannya brilian menurut saya.
  3. Coverage sempurna
    Pendapat saya: Iya. Coverage-nya memang bagus banget. Nutup dan untuk saya sih udah nggak perlu concealer lagi.
  4. Menjaga kelembapan kulit
    Pendapat saya: Setuju! Pas saya tes dengan cara pakai BB Cushion ini langsung tanpa pelembap dulu, BB cream-nya tetep membaur dengan baik dikulit saya, nggak cakey karena kekeringan.
  5. Mengandung SPF 50+ PA +++
    Pendapat saya: Saya suka sama BB cream dengan high UV protector begini. Cocok dipakai siang-siang, nggak perlu pakai sunscreen lagi. Pakai pelembap dan BB cream ini aja udah cukup untuk melindungi kulit.
  6. Mengontrol kelenjar minyak di wajah
    Pendapat saya: Rrrr....saya belum nemu BB Cream yang ketika dipakai 100% mampu menahan minyak di wajah. Tetep aja setelah beberapa lama, minyaknya keluar juga
  7. Mengandung whitening
    Pendapat saya: Sebagai skincare saya belum merasakan. Karena saya baru pakai 2 minggu dan juga karena saya selalu pakai skincare dulu sebelum BB cream
  8. Color Correction
    Pendapat saya: BB cream ini memang meratakan warna kulit saya dan bikin kelihatan lebih cerah
  9. Cooling Efect
    Pendapat saya: Iya, ada sensasi dingin saat pengaplikasian BB Cream ini. Seger deh rasanya
  10. Bikin acara make up lebih cepet
    Pendapat saya: ya iya lah :D. Tinggal di-press aja pakai puff-nya dan sret sreeettt ratain ke muka. Nggak beleberan, tangan nggak belepotan, produk nggak njeplak kemana-mana.


Kesimpulannya:
Ini tergolong barang baru buat saya. Saya baru pertama pakai BB Cream dengan disain Cushion begini. Tapi saya suka. Suka desainnya karena praktis dan nggak belepotan. Terus juga suka kualitas BB Cream-nya yang medium-full coverage, bikin kulit flawless tapi tetep kerasa ringan dan keliatan natural. Dan ini termasuk sedikit produk yang saya belum nemu apa yang saya nggak suka. Saya suka produk ini, belum ada kontranya sama sekali. 

Etude House Precious Mineral Any Cushion BB Cream SPF 50 PA +++ bisa dibeli di Miss Lie Collection. Gunakan kode Racun01 untuk free ongkos kirim dan free berbagai macam sampel produk Korea. Cara pemakaian kode racun01 bisa dilihat di post ini


KODE UNTUK FREE ONGKIR + BONUS SAMPEL LEBIH BANYAK: Racun01 

Kontak Miss Lie Collection:
LINE, WhatsApp, Kakao Talk, We Chat : 0899-8175285
Pin BB Miss Lie :  2B329DOC / 28AB3BEC


Sebenernya saya mau ngasih komparasi antara BB cream-BB Cream dan CC Cream favorit saya saat ini. Tapi kalau digabungin sama post ini kayaknya bakalan puanjaang dan lama trus akhirnya paling nggak dibaca. Jangankan post panjang begini, wong saya update cerita singkat di instagram saya aja sering banget ada yang nggak baca dan akhirnyanya komen supeerr nggak nyambung. Sampai-sampai kata Tintaz, follower saya lucuk-lucuk komennya :)).

Jadi lain kali yak, saya bikin post perbandingan antar BB Cream ;).

54 comments:

  1. Bisa teriak keliling lapangan nih aku mba Arum. Ini bener-bener deh racun banget, dari dulu pengennn banget cobain ini T_T tapi masih belum kesampean juga hahaha.
    Berharap ada yang baca wishlistku trus kasih aku Cushion ini Huaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga menang giveaway nyang lagi diikutin nyang hadiahnya ini ya, Luciii :3

      Delete
  2. mungkin karena IG tuh medsos khusus foto yaa,jd captionnya ga dibaca dan asal dikomen aja sama followers (dan spammers) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooh sih ya. Masa ya dear, aku posting foto surabi duren dikomen: "Anda item? Anda gendut? Mau pemutih dan pelangsing?" Posting foto suami dikomen: "Butuh tas branded abal-abal?" Posting foto kucing dikomen: "Naked palsu, kakakkkk. Cuma cepek jeng kakakkk." Nggak nyambung kabeh komenee :0

      Delete
  3. Ada namaku disebut2 disiniii hahahaaa, aku follower mu loh ses, dan aku ga culun XD ga tau knp, komenku di IG susah masuk huhuhuuu btw ini juga priduk favorite ku loohhh, bener2 bagus produknya *suerbukanjualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahak...banyak yang sukak ya sama BB Cushion ini. Aku suka juga sueerrrr bukan karena di sponsorin :p

      Delete
  4. Mbak kok menggiurkan banget yak reviewnya *_* jadi pengeeeeen. Kan kulit mbak arum kering tuh, kulitku berminyak banget nih, cocok nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oil controlnya biasa aja ini ses. Tapi ya nggak yang parah gitu sih. Pakai bedak tabur habis pakai ini cukup kayaknya ^^

      Delete
  5. woo.. coveragenya muantap! tadinya aku ga tertarik sama cushion, baca ini langsung pengen deh

    yuniusmanda.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, BB creamnya etude memang terkenal coveragenya juara deh ^^

      Delete
  6. Mantab deh kak.. ni wishlistku.. pgn cobainn dr duluu.. belom terwujudd..
    Mala tambah ngilerrr(^3^)(^3^)

    ReplyDelete
  7. Bagussss mbak... tnpa bedak pun udah kliatan haluss banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. BB cream-BB creamnya etude memang coveragenya manteb2 sesss :)

      Delete
  8. waduuuuh sumpah racun banget ini... kemaren2 mah gak tertarik sama any cushion tapi gara2 baca review racun ini jadi mupeng jugaaa aaakkkkk.... >.<

    Eh sekarang kan ada upgrade terbaru dari any cushion ini.. Magic Any Cushion
    Jadi any cushion dengan 3 warna dasar yaitu Pink, mint sama peach. Gabungan sama baby choux base cream... Aaakkk ngincer yang itu aja dah.. lucuuu lucu lucuu
    racuuun >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha...iya itu kemasannya lucu banget kaya macarons. Tapi bayanganku mereka itu primer ses. Kalaupun ada campuran BB Creamnya nggak sepigmented yang ini. Tapi cuma bayanganku lho yaaa...

      Delete
  9. Great review!
    But, I think I prefer the tube one for BB Cream than this cushion XD

    Anw, I love your blog!
    Following you now on GFC.
    Mind to follow me back? ^^

    xx,
    Debby
    AMOUR DE MA VIE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah kurang cocok sama yang botolan :)

      Delete
  10. kayaknya cuma aku nih yang kurang suka sama cushion ini, tiap liat ripiuw pd blg sukak hohoho
    tapi emang di mba arum, keliatannya bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga sukanya kenapa sess?? Puff nya ya?

      Delete
  11. Kemaren2 biasa aja ngeliat ni BB Cream, tapi review ini bikin aku keracunaaan >_<
    Gak cakey pula,cucok bgt. Ho oh mata pandanya beneran ilang ya, kereen kereen mbak *panda km ilang kemana?* halah..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak cakey di bagian sandaran camata ses. Tapi bagiku nggak masalah sih, semua BB cream gitu di aku ^^. Iyaaaa, ini coveragenya mantaf. Mengusir panda.

      Delete
  12. AAAAAKKK RACUN RACUN RACUN RACUUUNNN!!

    Baca review kanan kiri baru ini yang paling bikin pengen banget punya ini!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. BLEEEEEHHHHHH
      Beli beli beliiiikkkkk :D

      Delete
  13. Ngilerrrrr.....!!!
    Coveragenya manteubh bangeth yaa

    http://www.crochetandlipstick.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sess, manteb coveragenya. Kayak foundie ^^

      Delete
  14. Tetenya kemanamanaaaa. seksiiiiiiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetenya tememplek disitu ajaaaaaaa

      Delete
  15. Hallo ka salam kenal, aku selama ini jadi silent reader dari bulan november 2013 sampai sekarang. Pertama liat kaka nge-review Secret Key dan dari situ aku memberanikan beli secret key hasilnya bagus banget. Dan sekarang aku baru kembali ke dunia blog setelah galau mau ngeblog apa karena fashion aku kurang bagus sekarang mau coba beauty. (jadi curhat)
    Oiya pas banget kaka review etude cushion soalnya aku mau beli etude cushion cuma blm nemu yg ngereviewin, tapi kayaknya TOP banget reviewnya makin kepengen beli cushion ini semoga cocok.

    Sekali lagi salam kenal kaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, salam kenal :)
      Syukurlah kalau cocok :D. Iya, aku lagi suka-sukanya sama BB Cream inii. Sukaaa banget :)

      Delete
  16. mbk coba review yg iope air cusion dunk. ak penasaran bagusan mana yg etude. iope n laneige. jadi bingung sbenere mo beli yg mana hiks... btw aku suka bgt ngikutin update blognya mbk arum ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sini kirimin barangnya tar ta coba :D

      Delete
  17. Maaf mba arum oot nih...itu di foto pake nail polish apa yah? Warnanya cantik banget ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai revlon, mb. Tapi lupa nama shade atau nomornya :D

      Delete
  18. Bs d lempar ga itu satu.. haha

    Pengenn coba mbaa tp kerontang .. xoxo

    ReplyDelete
  19. Itu cocok gak ya buat warm tone mbk ? Soalnya kdg kalo gk cocok jd kliatan kusem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ada shade yg lebih kuning dari ini. Kalau ga salah urutan kedua. N berapaaa gitu..

      Delete
  20. wahh baru kemaren ragu2 mau beli ini cushion, makasih ya ka sekar reviewnya.. BTW kemaren aku ketemu satu cushion lagi yang bikin galau (purchased or ga) just beyond BB cushion Snow Angel.. hmm boleh tu ka kapan2 direview.. :p:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cushion ini bagus siihh. Punya ku udh abis juga, pengen beli lagi ^^

      Delete
  21. Waah, aku baru beli Missha M Magic Cushion dengan harga miring, hampir separuh Etude House Mineral Any Cushion, dan ternyata hasil akhirnya sepertinya sama :D Tapi anehnya, temen-temen merasa warna cushion itu keputihan buat aku, padahal dasarnya sudah cukup cerah, jadi bingung mau lanjut pakai buat sehar-hari atau untuk acara saja. Kakak pernah gak dikomen tentang warna cushion yang terlalu cerah?

    chalwoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernaaahhh. Dan itu nggak banget, aku ga suka bb cream/foundie yang keputihan, belang sama leher. Jadinya kalau nggak ada yang pas, aku pilihnya shade-nya setingkat dibawah tone aku.

      Delete
  22. Aku udah coba.. hasil ok2 aja..engk perlu ribet lagi.. udah gitu praktis..engk usah ribet lagi pakek ini itu 😆.. pokoknya cucok cin 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa praktis yhaa. Udah gitu ukuran bb cream coveragenya bagus :)

      Delete
  23. Kak mau tanya, ini bisa d pke untuk kulit sensitif dan berjerawat nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem, keliatan medok make upnya, keputihan. Sorry jujur

      Delete
  24. Serem, keliatan medok make up nya, keputihan. Sorry jujur

    ReplyDelete
  25. Kalau ngga salah Maybelline juga keluarin cushion ya mba.. Udah pernah nyobain blom? Mau dong direview juga ^^

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...