Tuesday, December 3, 2013

Resep Mudah: Bakwan Jagung

Akhir-akhir ini saya suka masak. Sebenernya dari dulu sih saya suka. Cuma belakangan ini memang saya lebih sering masak. Berasa males aja makan di luar gitu loh. Lagian banyak keuntungannya masak sendiri di rumah. Diantaranya: kita bisa menjamin makanan yang kita makan itu bersih dan diolah dengan baik, kita bisa mengurangi bahan-bahan yang nggak sehat yang sebenernya nggak perlu-perlu amat ada di masakan (misalnya micin atau penyedap rasa), dan yah...rasanya nyaman aja kalau selalu ada makanan di dalam rumah :).

Saya nggak pinter masak kok. Ya sekedar bisa dimakan aja lah. Dulu, pas belum nikah dan masih demen makan di luar, saya pikir masak itu bakal ribet banget. Apalagi kalau kerja, duh...males banget deh ribet-ribet masak. Tapi setelah dijalanin, masak itu nggak ribet kok. Kalau masih sering malesnya kayak saya, cari aja makanan-makanan yang cara masaknya nggak ribet. Saya pun males banget deh kalau disuruh masak tongseng, gulai, apa soto gitu --". Buat sehari-hari ya yang simpel-simpel aja.

Saya sering upload foto hasil masakan saya di Instagram @sekararumw. Beberapa kali dapet komen, "waahh...rajin ye." Maksudloh, rajin instagraman? Makanya kemudian saya terpikir, kenapa nggak berbagi di sini? Resep-resep yang bakalan saya bagi di sini adalah resep yang gampang, sederhana, simpel, nggak makan banyak waktu masaknya, pokoknya cocok buat yang suka laper di tengah-tengah acara masak #lah?


Saya awali bagi-bagi resep simpel kali ini dengan menu: BAKWAN JAGUNG.

Ini yang ngajarin mertua saya. Suami saya itu suka banget bakwan jagung yang manis dan ada krenyes-krenyesnya. Setiap pulang ke Jogja, pasti pesen minta dibuatin bakwan jagung. Makanya saya akhirnya buat, biar nggak usah jauh-jauh pulang ke Jogja kalau lagi pengen bakwan jagung. Yakali pengen bakwan jagung aja abis sejutaan buat PP Jakarta - Jogja ^^.


Pertama siapin dulu bahan-bahannya:
  • 2 buah jagung manis ukuran sedang
  • 1 buah Wortel ukuran sedang
  • 1/2 gengam taoge kecil
  • 1 batang daun bawang
  • 3 1/2 sdm Tepung Terigu
  • 1 butir Telur Ayam
  • 3 siung Bawang Merah
  • 2 sdm Gula Pasir
  • 1/2 sdt Garam

Cara Memasak
  1. Sisir 1 buah Jagung manis, masukin blender, blender bentar aja. Drrt, langsung matiin gitu. Pokoknya jangan sampai alus. Terus masukin di baskom.
  2. Sisir 1 lagi jagung manis, masukin langsung ke baskom
  3. Iris-iris wortel (memanjang) dan daun bawang, masukin baskom
  4. Masukin taoge ke baskon
  5. Ulek halus bawang merah dan garam, masukin ke baskom
  6. Masukin gula, garam, dan telur
  7. Masukin tepung terigu dikit-dikit, sambil di campur
  8. goreng sesendok demi sesendok dalam minyak panas, sambil dipenyet biar pipih gitu. Goreng sampai warnanya keemasan. Kalau saya sih suka yang pinggirnya agak gosong dikiiitt.

Banyaknya gula dan garam itu sesuai selera aja ya. Saya pakai gula banyakan, soalnya suami saya sukanya bakwan yang manis. Kalau saya mah, mau manis atau enggak tetep doyan. Jadi sesuai hukum alam aja lah, yang gragas ngalah --". Masukin garem dan gulanya dikit dulu aja, trus coba goreng satu, cicipin. Kalau kurang anu, baru ditambah lagi gula/garemnya.

Kalau nggak ada tauge, wortel, dan daun bawang juga nggak papa kalau nggak pakai. Itu cuma pelengkap aja. Saya sih suka masukin semua sayuran, ya biar makan sayur gitu, meskipun digoreng :D.

Udah deh jadi! sajiin anget-anget. Cocok untuk temen sayur bening bayam atau sop ayam bening gitu. Atau buat camilan sore-sore sama teh anget juga enak.


Saya mau cerita juga nih soal haul saya di pasar Tebet. Akhirnya saya dapet cobek batu. Setelah selama ini cari cobek adanya cobek kayu. Tapi sayangnya ulekannya model flat top, kurang pewe buat ngulek-ulek ^^.

Tapi pas saya upload di Instagram, kata Puput, "ati-ati bukan batu tapi semen. Kalau semen nanti lama-lama nyerbuk lho". Kalau kata penjualnya sih ini batu. Tapi saya tadinya nggak begitu ngeh ada cobek batu dan semen. Buat yang mau beli cobek batu, dihati-hati yak, jangan sampai salah beli cobek semen. Sekian ilmu percobekannya. Mari menikmati Bakwan Jagung :).

17 comments:

  1. Ecie sekarang sudah rajin masak (?) kalo aku malah suka kalo makanan asin mba, kalo gak asin suka ditambahin garam atau upil *gak* sendiri gitu deh :D
    Ngeliat postingan ini aku jadi inget sejak pindah ke Palembang aku udah gapernah makan bakwan lagi :( jadi kangen pengen bikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku fleksibel sih. Kalau bakwan jagung suka manis. Kalau tempe atau ayam goreng suka yang keasinan. Hahaha... Kamu suka masak juga, Bal? Ayoh bikiinnn.

      Delete
  2. nyaam aku suka bgt sm masakan ini, sering bikin tapi ga pake toge sm wortel, bilangnya sih dadar jagung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toge, wortel, sama daun bawang mah pelengkap ajaaa. Hahaha... Iya namanya banyak. Bakwan jagung, perkedel jagung, dadar jagung

      Delete
  3. Asyik share resep lagi. Ihiiiy masakin buat suamik yeey, romantis bgt <3
    Saya juga doyan banget bakwan jagung nih, tapi senengnya buat yg gak pake telor, cos kalo udah adem mimpes bgt T_T.

    Btw konon katanya bedain cobek batu ama semen klo di tutuk pake ulekannya, yg batu bunyinya "ting ting" gitu mbak. Klo yg semen bunyinya beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ndak masak ndak makan soalnya. Jadi romantis karena lapeerr. Hahaha...
      Coba ah besok bikin yang nggak pake telor.

      Aduh, aku masih bingung. Rancu banget ituuu. Yang bunyi ting2 mah kalau sendok dipukul ke gelas. Bahhahak. Besok aja mau beli di jogja :p

      Delete
  4. weww k arum aku baca postingmu pagi"dan dalam keadaan perut kosong,jadi pengen bakwan jagung deh T__T ,tapi kalo aku engga pernah di masukin taoge kalo bikin bakwan jagung :D

    XOXO
    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok Via masaaakkk. Hahaha... Taogenya opsional aja, kalau nggak suka nggak usah dimasukin :D

      Delete
  5. iya tuhh..cobeknya jgn2 dari semen..dari warnanya terlihat mencurigakan..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapaaa semua mua mua beauty blogger mendadak ahli soal percobekan. Sana pada bikin tutorial memilih cobek sana sana sanaaaaaa

      Delete
  6. Hi..
    Aku tau blog kamu dari grup dan website indonesia beauty blogger.
    Beberapa kali saya baca-baca blogpost kamu, isinya menarik banget.
    Salam kenal ya dan sekalian meninggalkan jejak kalau tidak keberatan.

    Salam,
    Ardamus

    ReplyDelete
  7. Nambahin resep boleh ses? Coba deh dikasih ketumbar pas ngulek2 itu. Ibuku selalu pake tumbar kalo goreng2 apa aja. Dan rasanya selalu juwarak.. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulee ses. Aku juga kalau goreng2 biasa suka pake ketumbar. Kalau bikin bakwan biasa itu juga pake ketumbar. Tapi khuseus bakwan jagung ini menurut aku lebih enak klo plain gitu, manis aja, tanpa rasa rempah. Makanya bahkan bawang putihpun ga pake.

      Delete
    2. samaaa...ibuku juga kalo bikin bakwan dipakein ketumbar, sama bawang putih. rasanya jawa banget jadinya #nyamber #disambergledek

      Delete
    3. Kalau bakwan biasa pakek tumbar ses. Kalau bakwan jagung enak plain. Soalnya jagungnya rasanya udah modern, ga cocok sama tumbar :))

      Delete
  8. wahhh thanks for the info mba, aku biasanya pake jagung aja hehehe baru tau jagungnya diblender juga =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di blender dikiitt aja. Biar nyampur gitu sama tepungnya. Jadi tepungnya lebih berasa jagung :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...