Monday, August 5, 2013

Kenalan Yuk, Sama Rice Bran Oil!



Gara-gara ng-LINE sama ses Raisa semalem, saya jadi kepingin membahas tentang Rice Bran Oil.

Kalau EVOO atau Extra Virgin Olive Oil, tentunya udah banyak banget beauty blogger yang membahas yah. Saya pun pernah sekilas dua kilas menyinggung. Yang saya ingat sih di post mengenai Mustika Ratu Olive Zaitun Body Product dan post mengenai Wardah Olive Oil. Sementara EVOO itu kondang sekali di dunia kecantikan, kalau Rice Brand Oil (saya singkat RBO aja ya) masih jarang dibahas. Ya dibahas kali ya, sama culinary blogger, kalau beauty blogger masih jarang. 


Apaan sih Rice Bran Oil itu? 

 

Rice Bran sendiri adalah kulit ari beras, atau nama bekennya bekatul. Bekatul ini akan terlepas dan kemudian menyerbuk pada saat proses padi digiling. BTW, ini Rice Bran lho ya, bukan Rose Brand. Harap dibedakan. Kalau Rose Brand mah merk tepung beras *colek dagu ses Raisa* :D.

Nah kalau Rice Brand Oil? Ya minyak dari bekatul lah.. Menurut ngana? RBO ini punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kalau ada yang tanya belinya dimana, RBO ini gampang kok dicari. Biasanya ada di supermarket-supermarket kaya Carrefour dan Superindo, dibagian minyak masak. Bukan di bagian kosmetik!



Lho, kok di bagian minyak masak? Soalnya memang sebenernya fungsi utamanya buat masak. Ya kaya EVOO lah, yang sebenernya fungsi utamanya adalah untuk mengolah makanan. Tapi saya cuma mau bahas RBO untuk perawatan kulit aja ya, bukan untuk masak. Minyak-minyak beginian sebenernya sehat banget sih untuk pengganti minyak goreng biasa. Tapi entah deh ya, saya belum tergerak untuk masak pakai minyak sehat. Mungkin nanti suatu saat.


Apa aja sih nutrisi yang terkandung dalam RBO?

Ingredient: 100% Rice Bran Oil

RBO mengandung antioksidan seperti Vitamin E, asam ferulic, asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, dan oryzanol. Sehingga RBO bagus untuk perawatan kulit kering, kulit yang mulai menua, dan juga untuk rambut.

Kegunaan RBO:
  • Mempunyai antioksidan tinggi, sehingga mampu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dini
  • Mengandung asam lemak yang tinggi, sehingga cocok untuk kulit yang menua atau kulit sensitif
  • Melindungi kolagen dan elastin, sehingga dapat menjaga kekenyalan kulit
  • Melindungi kulit dari pengaruh buruk UV. Oryzanol-nya mencegah pigmentasi melanin

Sekarang ini sih udah banyak banget produk kecantikan yang mengandung RBO. Ada sunscreen, shampo, hair conditioner, pelembap, body lotion, sabun mandi, dan masih banyak lagi. Saya sendiri pernah me-review produk dengan active ingredient RBO, yaitu: rangkaian Dewi Sri Spa Foot Therapy.


Tentunya, dengan banyaknya kandungan dan manfaatnya, RBO ini bisa digunakan untuk macem-macem perawatan kulit. Ya hampir sama lah kaya EVOO. Kalau saya sendiri, suka memakai RBO ini untuk membersihkan mata dan muka dari make up, bahkan make up waterproof seperti mascara dan eyeliner sekalipun. 

Saya ini paling nggak bisa pakai Eye and Lip Make Up Remover. Pasti perih kulit di sekitar mata saya. Makanya saya lebih suka memakai RBO. Terus kalau kulit saya lagi kumat sensitifnya, kadang terasa perih kalau pakai milk cleanser. Makanya saya pakai RBO untuk pengganti milk cleanser juga. Kalau lagi nggak sensi dan lagi dandan lengkap, saya biasa memakai RBO, dan kemudian lanjut milk cleanser untuk membersihkan muka.


Teman-teman, ada yang memakai Baby Oil untuk membersihkan/melembabkan muka atau mata? Jangan ya. Soalnya Baby Oil itu mengandung pewangi yang nggak diformulasikan untuk kulit wajah, bisa-bisa nanti kulit iritasi. Terus Baby Oil itu mengandung mineral oil, yang bisa menyumbat pori dan bikin kulit muka kusam dan jerawatan. Mendingan pakai minyak alami semacam EVOO atau RBO ini aja. Sama-sama gampang dicari dan lebih murah.


Cara membersihkan muka dengan RBO (ala saya):
  • Tuang secukupnya di telapak tangan
  • Usapkan secara merata pada muka dan mata
  • Pijat-pijat dengan lembut, sampai seluruh make up luruh
  • Seka RBO dan kotoran di muka dengan kapas
  • Opsional: setelah itu, boleh kalau mau memakai milk cleanser lagi. Biar yakin kalau bersih
  • Cuci muka dengan air dan facial foam.
 

Kenapa saya lebih suka RBO untuk membersihkan muka, daripada dengan EVOO:
  1. RBO memiliki molekul yang kecil, sehingga lebih ringan dan lebih mudah terserap di kulit. Jadi lebih enak juga dipakai untuk membersihkan muka, nggak terlalu kental
  2. RBO ini cocok bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Kalau pakai EVOO, kadang saya masih merasa pedas di area mata
  3. Harganya murah, lebih murah daripada EVOO. Satu botol 1 liter RBO ini harganya cuma Rp.33.000. Ini pun sebenarnya saya beli bertiga, share sama Momon dan Tintaz. Itupun nggak habis-habis (Eh..jatahnya Momon masih di saya --"). 

Saya selalu sedia EVOO dan RBO di rumah. Masing-masing punya fungsinya sendiri kalau di saya. EVOO saya pakai untuk: masker rambut, pelembap bibir sebelum tidur, campuran body lotion, dan setiap seminggu sekali saya pakai di muka sebagai pengganti krim malam. Kalau RBO saya pakai untuk make up remover. Kadang juga saya campur EVOO dan RBO dalam satu botol, dan saya gunakan untuk make up remover.

Saya pernah iseng memakai RBO sebagai pengganti krim malam juga. Enak sih, lebih cepet menyerap daripada EVOO. Tapi nggak deh, saya pakai EVOO aja kalau untuk ini :D. Kalau ada yang bertanya-tanya, nggak berminyak banget tuh pakai EVOO/RBO sebagai krim malam? Enggak kok. Ciyus. Pagi-pagi muka saya jadi lembap, kenyal, tapi nggak berminyak. Enak dipegang lah pokoknya. Khusus EVOO juga bisa lho untuk mengatasi jerawat.

Masih nggak percaya kalau nggak greasy dijadiin krim malam? Ish...karepmuk. Cobain dulu lah baru komentar. Saya males debat kusir :D.


Referensi:

23 comments:

  1. hai RBO , kenalan dong
    hahahaha
    baru tau aku jenis minyak ini bisa buat muka juga, kirain cuma buat masak....

    nice info jeng arum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Tante :D

      Iya, bisa buat kulit juga ^^. Makasih.

      Delete
  2. duh ses yang rose brand tolong janganlah dibawa2, merasa lemot saya hahahaha
    habisan rice bran ama rose brand namanya mirip dan rose brand juga kan merk tepung beras *ngeyel*

    nah, saya malah suka pake baby oil buat bersihin area mata mbak, enaknya pake johnson's. dengan satu syarat : habis bersihinnya, segera lanjut dibersihin lagi sampe tuntas dengan sabun muka terpercaya hahaha. Sejauh ini nggak ada masalah sih. Mungkin next time bakal berburu rice bran oil ini deh :D xD

    eh fotonya tambah jernih. kamera baru kah? haha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)))))))))))

      Aku ndak kuku jeng, pakek baby oil. Dulu pernah pake johnson juga, yang tutup pink kalau nggak salah. Periiihhhh di kulit area sekitaran mata.

      Aeh..si Iqbal juga bilang begitu. Ada apa ya? Mungkin Ramadan membawa berkah bagi kemampuan foto memfoto ku deh >'<

      Delete
  3. aku jadi pengen nyuba beli mba soalny klo buat make up remover bagian mata selalu bikin perih (makany aq males make eyeliner sama mascara gegara ini), hehe tenkyu infony mba (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss. Kita samaan nih, Ne. Aku juga perih banget pake make up remover.

      Delete
  4. favoritku masih evoo dan greepseed oil...^^ ini belom nyoba. Btw, kalau dipake masak wangi gak jeng?

    ReplyDelete
  5. Gak pernah kepikiran buat make minyak2 begini untuk jadi krim malem, dan sekarang pengen banget nyobak. Aaakkkk aaakkk aaaaakkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkk coba cobaa ^^
      murah, natural, epek sampingnya dikit hampir gada

      Delete
  6. mauuuu coba..sering liat ini di carefour, tp enggak begitu ngeh..ambilnya bimoli hahaha
    coba ahh..^_^
    makasih ya mbak infonya :*

    ReplyDelete
  7. Rice Bran Oil ini bisa buat pengganti campuran Olive Oil di masker, kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah nyampur masker dengan EVOO ataupun rice bran oil. Tapi kayaknya sih bisa :)

      Delete
  8. Ah aku suka sekali dengan postinganmu! :D Dan baru tau kalo ternyata baby oil ga okeh ya dipake sebagai pengganti make up remover :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih :)
      Iya, apalagi untuk yang kulitnya jerawatan. Soalnya mengandung mineral oil ^^

      Delete
  9. aku juga suka sama minyak2an hehehe.. rice bran dibandingkan grapeseed ringan mana teksturnya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih ringan si grapeseed, Lintang. Tapi berhubung ricebrand lebih murah banget, dan minyak dirumahku kupake buat masak juga (berasa mubajir kalau nyetok banyak banyak minyak), jadi ricebrand ini yg lebih sering kubeli :D

      Delete
  10. Nemu postingan ini ikutan nimbrung yah,
    Wah minyak bekatul padiiii, aku juga coba ini untuk masak dirumah. Awal mulanya gara-gara nyasar ke websitenya Oryza grace pas cari-cari resep masakan dan bekatul padi (www.oryzagrace.com dan www.oryzasehat.com). Kepo ama manfaatnya akhirnya berakhir beli dengan membeli rice bran oil di carefour ><
    Lumayan banget ini untuk jaga kesehatan, kontrol berat badan xD. Apalagi pas lagi jerawatan nyobain cocol di muka jerawat pada kempes dan ilang >.> Nice banget lah ini minyak, worth it banget untuk dicoba

    Nb: Ternyata kita pake rice bran oil dengan merk yang sama yah sis, si oryzagrace :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh serius ada manfaat kontrol berat badan? Ini dipakai masak biasa gitu ya? Sebagai pengganti minyak goreng?

      Delete
  11. Nyasar ke sini gara2 review mbak ttg skin essence nya secret key hehe, btw mau tanya donk kak kalo RBO sama VCO bagus mana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masing2 minyak fungsinya beda. Ga bisa dibandingin gitu ^^

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...