Thursday, August 29, 2013

Bodycare Tradisional Bali: Bali Ratih


Ada nggak sih yang belum tau Bali Ratih?

Rrrr....itu saya cari temen sih. Soalnya saya taunya Bali Ratih juga baru akhir-akhir ini. Itupun males banget mau beli, soalnya nggak tau seller terpercayanya.

Saya nggak tertarik emang karena pada dasarnya saya nggak begitu demen body care tradisional Bali. Pernah nyobain lulurnya Bali Alus, Sekarjagad, dan Herborist, tapi satupun saya nggak ada yang suka. Menurut saya lulur model begitu itu terlalu krimi dan scrub-nya terlalu halus, nggak kerasa sama sekali. Terus saya juga nggak suka karena dibohongi, jadi seolah-olah daki kita rontok, padahal itu kan residu produknya ^^. Terus saya kok nggak cocok sama bau-bauan dari produk-produk tersebut, terutama Herborist.

Tapi terus saya nemu bakul Bali Ratih yang saya percaya, ordernya gampang lagi tinggal WA: "Bra, lulurnya yang rasa green tea seember, Bra." Terus langsung lulur seember dianterin ke rumah saya. Enak kan? Paling resikonya kemudian pakai dicurhatin masalah kehidupan asmara bakulnya. Hahahaaa... Eh, ini khusus kalau saya yang order lho ya. Kalau situ-situnya mah harus sesuai prosedur. Tahu kenapa? Soalnya saya pembeli VIP. Tuh ya catet. VIP. Very Iseng Person. Semoga bentar lagi kalau saya udah pindah Jakarta saya tetep jadi pembeli VIP, tetep dianterin ke rumah kalau saya pesen.

Produk Bali Ratih ini ada banyak. Ada lulur krim, lulur bubuk, lotion, body butter, body mist, dan lain-lainnya saya nggak apal, soalnya saya juga cuma nyobain Lulur sama Body Mist-nya aja. Wanginya juga bervariasi. Ada stroberi, apel, cherry, lavender, green tea, olive, white tea, rose, jasmine rrr...nggak apa juga. Banyak soalnya. Belasan deh kayaknya.

 

Setelah saya amati kemasan produknya secara nyata, bukan dari gambar, saya jadi suka kemasannya. Bagus sih. Diantara produk-produk body care tradisional Bali yang lain, untuk masalah kemasan, Bali Ratih juaranya. Tuh, lihat kemasan lulur Stroberinya. Kelihatan segerrr banget.


Terus setelah saya googling-googling beberapa review, juga saya baca kalau Bali Ratih ini katanya The Body Shop-nya Indonesia. Saya tambah kepengen nyobain, soalnya saya termasuk penggemar TBS. Tapi kalau menurut pendapat saya sendiri nggak sama lah ya. Feel saat memakai produknya nggak sama. Nggak bisa dibandingin juga karena harganya jauh,pangsa pasarnya beda, dan yang satu produk lokal yang satu internesyenel. Pokoknya menurut saya kurang cocok kalau mau dibilang TBS-nya Indonesia.

nilai plus-nya, produk-produk Bali Ratih ini nggak diuji cobakan pada binatang. Saya sebagai pecinta binatang, mmm...kecuali Kenari, cukup senang kalau nemu produk beginian. Mungkin karena klain Against Animal Testing ini kali ya, terus pada bilang mirip TBS?


Salah satu syarat produk kosmetik yang bagus adalah mencantumkan tanggal kadaluarsanya. Bali Ratih juga. Udah gitu juga dicantumkan tanggal kadaluarsanya setelah dibuka. Jadi untuk lulur Bali Ratih, harus dibuang setelah dua minggu dibuka. Jadi kita nggak lupa, dan kemudian pakai produk kadaluarsa. Asik kan?


Kalau ada yang penasaran, produk ini beneran dibuat di Bali. Tuh ada alamat PT-nya tuh.

Beranjak ke review beneran deh:


LULUR STROBERI


Pas pertama dateng, kemasannya boleh lah. Meyakinkan gitu. Design-nya bagus dan materialnya kokoh. Tutupnya juga rapet. Nggak terlalu besar sih, lebih kecil dari kemasan TBS Body Scrub, tapi juga nggak kecil-kecil banget.

Pas pertama dibuka baunya enak banget, langsung semerbak bau stroberi. Saya suka banget aromanya dan rada nyesel, kenapa sih Body Mist-nya saya nggak milih yang stroberi juga waktu ituuu T.T.


Tapi sayangnya ini teksturnya tipe-tipe lulur Bali pada umumnya, krimi banget, scrub-nya terlalu lembut, dan ada residu atau lapisan lilin yang rontok setelah digosok. Beberapa orang mungkin suka tipe lulur kaya begini, soalnya nggak mengiritasi kulit dan  beberapa orang suka dengan ilusi seolah daki berguguran. Tapi saya orangnya nggak sukak deh dibohongi. Itu kan bukan daki, bro.

Tapi ada beberapa hal yang saya suka dari lulur ini. Yang pertama jelas WANGINYA ENAK BANGET! Wanginya lumayan nempel di kulit saya. Saya syuka. Ini tipe wangi stroberi yang enak. Manis tapi nggak enek, seger, aroma stroberi tapi ada sedikit campuran floralnya, jadi nggak terlalu fruity. Kalau aroma stroberi yang fruity gitu malah berasa asem kadang-kadang. tapi ini enggak. Caya deh, wanginya enyak! Selain itu, nggak bikin kulit kering.

Akhirnya tetep saya pakai, buat masker kaki, tangan, dan  leher:


Caranya (ala saya):
  • scrubing dulu pakai scrub yang saya suka (saya lagi suka TBS Brazil Nut)
  • Bilas air sampai bersih, kemudian keringkan kulit
  • Oles Lulur Bali Ratih ini ke seluruh tubuh yang mau di masker
  • Tunggu sekitar 15 - 20 menit
  • Setelah 15 menit, kalau saya lagi kurang kerjaan ya saya gosok sampai rontok. Kalau saya lagi sok sibuk ya langsung saya bilas pakai air.
Hasilnya sama aja sih menurut saya, mau digosok ataupun dibilas air. Kulit tetep wangi stroberi.


BODY MIST APEL


Saya salah pilih aroma nih *nangis*. Saya pilih apel soalnya pas sekilas endus enak banget baunya. Fruity flowery scent gitu. Saya banget pokoknya. Tapi setelah dipakai lama, bau awalnya yang manis lembut itu ilang, dan berganti dengan bau-bau agak kuat gitu, kayak parfum cowok. Kayu-kayuan atau musk gitu ya mungkin? Entah deh nggak dong saya. Pokoknya nggak suka.

Tapi si Stroberi banyak yang bilang enak baunya. Best seller katanya, si stroberi. Emang sih, dari lulurnya aja udah ketahuan enak baunya. Lain kali lah saya beli yang Stroberi.

Kalau buat saya sih, Body Mist begini cuma buat cadangan aja. Soalnya saya udah ada wewangian andalan. Udah cocok banget. Merknya rahasia. Kalau penasaran anggep aja menyan. Eh..penasaran nggak sih? Pasti penasaran dong. Udah ah.. Jadi ya nggak nyesek-nyesek banget kalau baunya nggak begitu cocok.


Oke, masalah aroma mah, soal selera lah ya. Dan itu salah saya juga. Bakulnya udah ngerekomen stroberi tapi saya ngeyel. Jadi ya sudah kita lupakan.

Kalau dari segi kemasan, saya suka. Designnya lagi-lagi kelihatan bagus, segerrr. Kemasannya di botol-botol imut gitu, jadi enak dibawa-bawa. Terus botolnya spray dan materialnya kokoh. Yang saya kurang demen sih tutupnya suka copot-copot, nggak kenceng. Sekarang tutupnya udah ilang. Tapi nggak papa sih menurut saya, nggak bakal tumpah kan spray ini.

Kadang kalau kita pakai Body Mist itu kan perih gitu kan di kulit? Saya sih iya. Kalau pakai Body Mist TBS itu perih di beberapa bagian kulit saya. Si Bali Ratih ini juga agak-agak ada sensasi panas, tapi menurut saya lebih kalem dari TBS. Nggak begitu sakit dan nggak bikin kulit iritasi dan mengering. Tapi tetep kurang nyaman. Untungnya sensasi panasnya cuma sebentar aja terus ilang. Saya memang sensi kulitnya. Jarang ada parfum atau Body Mist yang nggak panas di kulit saya.

Terus baunya lumanyan awet. Pagi pakai sore masih kecium di baju saya. Ya saya nggak pakai di baju sih. Tapi kan kalau pakai di kulit, kulit nempel di baju, bajunya jadi ikutan wangi. Nah, ini awet menurut saya. Sayangnya ya itu tadi, saya nggak suka baunya yang apel. Duh...stroberiiii T.T.


Kesimpulannya, produk Bali Ratih ini lumayan bagus sih. Saya suka sama varian aromanya yang  macem-macem. Tapi saya catet deh, best seller-nya stroberi --". Untuk lulur, saya kurang merekomendasikan. Tapi kalau situ tipe yang suka lulur tradisional Bali, boleh cobain Lulur Bali Ratih ini. Body Mist-nya menurut saya layak dicoba, baunya awet dan pilihannya banyak.

Harga: Nggak tau. Pokoknya masing-masing dibawah Rp 30 000.

36 comments:

  1. pernah punya juga body mist + body butter yg stroberi.. emang paling enak di banding varian yang lain..

    jadi pengen coba body scrubnya, btw butiran scrub nya kasar/halus ya? soalnya kurang nampol nih di aku kalo scrubnya halus. *kulit badak*


    oh iya.. salam kenal :)
    iezyfritzii.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tambah pengen yang stroberii T.T.

      Scrubnya alus, tipe2 krimi kaya lulur bali gitu.

      Salam kenal :)

      Delete
  2. kalo aku paling seneng sm lulur yang model beginian,ses..*sapa yg nanya?*
    mo sharing aja sih, berdasarkan pengalamanku *jiahh* IMO lulur ini tetep ngangkat daki,soalnya lulur yg kemudian luruh setelah digosok2 di badan itu jadi berwarna coklat/item,tergantung tingkat kedekilan kulit di setiap anggota tubuhku.. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soale nek aku luluran pake beginian ndak pernah item, dear #tsaahh #antidebu #kulitdebuproof

      Nek yang model sariayu gitu aku suka, dear. Tapi nek lur bali gini nggak marem benjol2e nggak kroso.

      Delete
  3. "Bra, lulurnya yang rasa green tea seember, Bra." Terus langsung lulur seember dianterin ke rumah saya. Enak kan? Paling resikonya kemudian pakai dicurhatin masalah kehidupan asmara bakulnya.

    Kamu ndak beli apa-apa ke aku, tapi aku ya tetep cerita masalah kehidupan asmara Braa. Dan kamu tetep mau dengerin bra... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti bakul ndak bakul tetep surhat asmaraaa --"

      Delete
  4. aku juga gak suka lulur bali,
    kurang mantep raasanya hhehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kealusen gitu yah. Berasa ngoles losyen ajah ke kulit ^^

      Delete
  5. Dari pekejingnya kerennn... exp 2 minggu stelah dbuka, gak pake pengawet ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, pekejingnya syukak. Seger gitu liatnya ^^.
      Iya exp 2 minggu. Nggak pake pengawet.

      Delete
  6. Aku malah suka herborist,sama sekar jagat, enak pas ngelotokinnya wkwkwk
    Aduh jadi pengen body mistnya ●﹏●

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA begitulah jeng. Lulur-lulur beginian memang punya fansnya sendiri ^^.
      Aku juga pengen. Yang stlobeli.

      Delete
  7. aq bru beli body mist yg zaitun n white musk...itupun hasil p'nerawangan b'hari2 smpe akhirnya pesen...byk pilihan jg jd binun mw yg mna..stlh qcoba..kok ga awet ya d aq..bth semprot ulang d siang hari,tp ttp aq jdikan cadangan klo kmn mn...lumayan bisa d'bw kmn mn n ga bisa pecah..
    Skalian mw tnya...body butter yg super moist apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Apel di aku awet lho. Yang stroberi juga awet kata temenku :))
      Kalau body butter aku pernah coba TBS, Wardah, Mustika Ratu. TBS sama wardah lumayan moist sih, kental gitu. Kalau Mustika Ratu masih agak encer, tapi moist juga kok :)
      Atau cobain lotion Jergens Yang ultra Healing. Itu juga super lembab :).

      Delete
  8. thanks loh kak jadi tau lulur itu cuma manipulasi rontokan daki haha
    udah pernah coba liquid body lufra dari nuskin ? please buat reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa penggemarnya sih bilang kalau bersamaan dengan lilin rontok itu, daki kita ikutan rontok juga. Jadi rontokannya warnanya jadi lebih item kalau kita 5 hari nggak mandi dibanding kalau kita cuma 2 hari nggak mandi. Ya gitu deh kira-kira :D. Tapi kebetulan di aku nggak pernah tuh rontokannya item. Jadi aku ngerasa di tipu :))

      Wah belum. Baru denger. Malah penasaran ^^.

      Delete
  9. dari dulu juga mau beli ini
    banyak yang jual 1 paket
    kira2 ada yang palsu ga sih?
    trus mbak, itu kok cepet amir yah exp ? 2 minggu..
    emang kalau lulur exp nya cepat yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ngerti deh ada palsunya atau enggak. Kalau takut beli di Bali Ratih Jogja yang aku link itu ajah, dijamin nggak palsu kok ^^
      Iya, tanpa pengawet. :)

      Delete
  10. belom pernah coba bali ratih, jeng, biasanya saya pakai sariayu he he tapi tergiur juga ya coz bahan2nya alami n ngga pake pengawet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenernya bahan2nya bagus & baunya enak. Sayangnya nggak demen teksturnya. Masih lebih suka Sariayu kalau lulurnya ^^

      Delete
  11. ahaha aku dibeliin sama misua si body mist stoberi tapi ga suka wanginya cz terlalu nyengat ahirnya dipake klo ke wc *tau lah buat apa hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nisa nggak suka bau yang manis yah? Kalau aku sukaaa bau yang manis2 gitu. Ya, nggak papa, seenggaknya masih bisa kepakai. Hahahaa...

      Delete
    2. iya aku begitu sukaaa tapi aku suka sama wangi body mist bali ratih yang green tea...segeeerrrr ^^

      Delete
    3. Bhihihi...bole deh. Kalau ini abis, mau order yang stroberi dan green tea ah :D

      Delete
  12. Selamat pagi mbak sekarr, semalem gak sengaja blog walking eh nemu racun warna warni lagi, dan sekarang sudah pake domain sendiri ya (dibelakang urlnya udah gak pake blogspot lagi). Heheh.. Dulu ak suka cari review produk lokal di google dan nemunya keseringan di blognya mba sekar. Aku suka baca tulisan2nya mb sekar, semalem gak berasa bacain blognya smp jam 2 pagi *lebay*, review2 produknya apalagi, semoga reviewnya emg fair dan objektif yaa :). Dan kalo skrg visitor blognya udah sejuta, aku harap selera mba sekar terhadap make up juga gak berubah, ttp cinta produk lokal yang emang ga kalah kualitasnya sm produk luar.. Keep posting dan salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang, mbak Manda. Selamat datang di rumah baru :))
      Bahahaak...makasih ya, mbak. Iya, aku kalau review berdasarkan pengalaman kok. Tapi ya namanya juga kosmetik, kadang apa yang bagus di aku, belum tentu bagus di orang lain. Jadi ya subjektif juga sih tergantung yang make kan :D.

      Makasih ya :)

      Delete
  13. Udah lama gag curcol juga bra....
    Maen ke Surabaya donk.

    http://hanaiyzm.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh...bra, kamu kok nyusahin gitu to? Tahu aku lagi dipingit malah di suruh ke Surabaya. Kamu aja sini, main ke Solo. Nginep sini gituuu.. Besok2 aku udah tambah jauh lho. Secara Surabaya - Jakartaaaa.

      Delete
  14. suka yang olive,, baunya enak lembut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang suka yg olive. Terlalu mmm musk gitu. Suka yg manis2 ^^

      Delete
  15. Haiiiii.....aku juga suka varian stroberiiiiiii. terakhir beli cuma order 1 body mist varian stroberi & yang lainnya chamomile+cherry. Ternyata oh ternyata pas sekali semprot si stroberi, aku langsung syukaaaa..... Wanginya manis kayak permen. tapi emakku ga syuka hehehehehe. Next order pengen cobain mango. Temenku bilang baunya enak. Aku sebenere mo nyobain lulur dombanya bali alus so gugling dah. Lagi-lagi nemu review di mari hahahahaha.....mantabh say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, yang stroberi memang tops abis bauknya. Aku pengen nih body mist strawberry nyaaa :D

      Delete
  16. Mba aku liat body mist itu ada yg bening semua difoto, ada yg rada keruh jga. Bingung deh takut palsu, aku soalnya order yg stroberi. Punya mba gimana yah? :D mau dong mba cp tmpt mba beli produk bali ratih ;) info yah mba. Kirim pin bb atau id line tmpt itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat aku beli udah nggak jualan :)

      Delete
  17. yg warnanya agak keruh varian chamomile say, emang beda dari yg lain :)

    ReplyDelete
  18. Saya abis pake lulur Bali Ratih kok malah pada gatel gatel yaaa. Ga cocok kali ya

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...