Review Oasea Face Oil Serum, Spot Correcting Serum Dari Brand Lokal Dengan Konsep Blue Beauty

7 comments

Review Oasea Face Oil Serum

Saya excited banget menulis review OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum ini, karena produk lokal terbaru ini memang super menarik! Oasea Laboratories sendiri merupakan brand terbaru dari AVO Innovation Technology. AVO adalah perusahaan yang juga menaungin beberapa beauty brand besar di Indonesia seperti Avoskin, Lacoco, dan Looke. Jadi kalau secara kualitas produk, saya sebenarnya udah nggak ragu dengan Oase.

Tapi yang membuat Oasea lebih menarik adalah konsep blue beauty yang diusungnya. Selain menghadirkan produk-produk dengan bahan baku dan kemasan yang ramah lingkungan, melalui campaign-nya, Oasea juga berkomitmen untuk menjaga ekosistem laut.

Ini sangat menarik, karena saya sendiri adalah pecinta laut. Laut Indonesia itu amat sangat indah dan kaya. Rasanya nggak habis-habis deh kalau mau eksplor panorama laut. 70% bagian dari planet ini merupakan laut. Dan bukan cuma indah, laut juga memegang peranan penting dalam keberlangsungan kehidupan di bumi. Laut merupakan sumber pangan dan protein, sumber lapangan kerja, dan laut merupakan penghasil oksigen terbesar dan juga pengatur iklim di bumi kita.

Nah, setelah jatuh cinta dengan visi-misi-nya, mari kita kenali lebih dalam produknya!


Ingredient OASEA Face Oil Serum

Kalau ngomongin skincare, tentu hal pertama yang harus banget saya bedah adalah ingredient-nya:

Ingredient OASEA Face Oil Serum

Aqua, Triheptanoin, C13-15 Alkane, Butylene GlycolSqualanePropanediol, Dicaprylyl Ether, Vaccinium Myrtillus Seed Oil1,2-Hexanediol, Cyclodextrin, Lecithin, Lysolecithin, Euterpe Oleracea Fruit Extract, Caprylhydroxamic Acid, Ananas Sativus Fruit ExtractTranexamic Acid3-O-Ethyl Ascorbic AcidNiacinamide, Potassium Azeloyl DiglycinatePhenetyl AlcoholBisabololTocopheryl AcetateCaprylyl Glycol, Phytic Acid.

Breakdown ingredient produk ini sudah tertera sangat jelas pada kemasannya di foto di atas ya! Produk ini menggunakan 2% Squalane oil, yang merupakan jenis oil yang ringan dan berfungsi untuk mengontrol sebum alami di wajah kita. Nah, yang menarik, squalane oil di sini menggunakan renewable squalane yang terbuat dari buah Zaitun, bukan diekstrak dari hati ikan hiu seperti squalane pada umumnya. 

Lalu serum ini juga mengandung 1,5% Bicowhite complex yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, dan mampu menargetkan area-area kulit yang bernoda. Kalau dilihat dari ingredient list-nya, memang banyak actives dengan manfaat pencerah yang cukup powerfull seperti Vitamin C, Niacinamide, dan Azelaic acid. Azelaic acid sendiri, selain berkhasiat memudarkan noda bekas jerawat, juga merupakan salah satu ingredient yang dipercaya ampuh untuk mencegah dan melawan jerawat.

Kemudian masih dilengkapi juga dengan 0,1% Tranexamic acid. Tranexamic acid ini memang cukup populer dan sedang "naik daun" karena efektifitasnya untuk memudarkan flek hitam dan noda-noda di wajah.

Dan masih banyak bahan-bahan lain yang bermanfaat sebagai antioksidan, anti-aging, dan untuk menghidrasi kulit seperti 0,5% Pineapple ceramide, 0,2% Acai berry extract, Bisabolol dan Vitamin E. Formula face oil ini juga tanpa artificial fragrance, tanpa essential oil dan alkohol, jadi seharusnya aman untuk kulit sensitif (walau harus diuji coba sendiri karena sensitifitas tiap orang beda-beda). Dan formulanya juga tidak mengandung bahan-bahan yang harus dihindari oleh ibu hamil.


Tekstur OASEA Face Oil Serum

Meskipun namanya ada "oil"-nya, namun jangan dibayangkan seperti face oil pada umunya ya. Karena ini adalah dual-phase serum, atau campuran antara oil dengan waterbased serum.

Oasea Serum Review

Nah, bisa dilihat di gambar di atas. Teksturnya terpisah begitu. Yang berwarna kekuningan adalah oil, sedangkan yang warnanya putih adalah waterbased serum. Sebelum digunakan, harus di-shake dulu agar tercampur merata #ShakeDropGlow. Setelah dikocok dan dicampur jadi satu, produk ini harus langsung cepet-cepet digunakan, karena oil dan waterbased serum-nya akan segera terpisah dengan cepat juga. 

Oasea Review

Teksturnya sendiri sangat unik. Terasa efek hydrating sekaligus emolient dan instan bikin kulit lembap seperti face oil, namun ringan, cepat meresap, tidak greasy, dan glowing namun tidak berlebihan mengkilapnya. Intinya sih terasa semua manfaat face oil yang bikin kulit menul-menul sehat, tanpa efek-efek nggak enaknya. Ini oke sih buat kalian yang pengen cobain face oil, namun masih enggan dengan efek greasy dan efek cloge pore-nya.

Ketika dipakai tidak ada rasa tingling sama sekali, dan ada feel velvety di kulit saat pemakaian. Bisa dipakai pagi dan malam, dan sama sekali nggak ganggu makeup. Malahan di kulit kering saya bikin makeup menempel dengan lebih bagus. Produk ini tidak menggunakan artificial fragrance. Jadi aromanya aroma segar khas squalane


Kemasan OASEA Face Oil Serum

OASEA Face Oil Serum

Kemasannya terbuat dari kaca tebal, simpel namun terkesan sturdy dan "mahal". Botol ini menggunakan pipet pencet untuk mengambil produknya. Tutup botolnya rapat dan kencang, jadi produknya yang teksturnya cair dan oily ini nggak merembes keluar sama sekali. Saya bukan penggemar kemasan pipet, namun saya juga nggak ada masalah sama sekali dengan kemasan produk ini.

Namun yang menarik dari kemasannya adalah, mulai dari dos sampai botolnya, menggunakan material yang sustainable dengan tingkat recyclability 100%. Jadi memang OASEA ini didesain matang agar ramah lingkungan ya. Dan kalau kamu adalah tipe yang suka mencari informasi produk dari kemasannya, kamu akan terbantu sekali karena tulisan di dos-nya sangat padat informasi.


Cara Pemakaian OASEA Face Oil Serum

Cara menggunakan Oasea Face Oil Serum

Kalau di keterangan dalam dos-nya, produk ini bisa digunakan single use, atau digunakan setelah penggunaan cream moisturizer dalam skincare routine pagi dan malam hari. Namun di kulit kering saya, produk ini sangat ringan dan terasa kurang lembap apabila saya pakai single use. Dan karena jenis moisturizer yang saya pakai lumayan rich, jadi saya lebih nyaman bila OASEA Face Oil Serum ini digunakan sebelum moisturizer.

Jadi kalau saya sendiri urutan pemakaiannya adalah:

  • AM: sabun muka - hydrating toner - OASEA Face Oil Serum - moisturizer - sunscreen
  • PM: cleansing oil - sabun muka - hydrating toner - waterbased serum (bila pakai) - OASEA Face Oil Serum - moisturizer/ sleeping mask.

Namun tentunya cara saya nggak saklek ya. Urutan yang saya tulis adalah sesuai dengan skincare routine yang cocok untuk kulit kering-sensitif saya. Silahkan mencari cara paling nyaman untuk menggunakan produk ini.

Dan ada satu step yang saya suka setelah menggunakan OASEA Face Oil Serum ini di malam hari, yaitu pijat-pijat wajah menggunakan Gua Sha. OASEA Gua Sha ini terbuat dari batu giok alam, dan fungsinya adalah untuk membantu penyerapan skincare, memperlancar peredaran darah, mengencangkan kulit, dan mengurangi puffyness. Pijatan dengan menggunakan Gua Sha setelah pemakaian face oil serum ini bikin rileks dan sangat nyaman. Nagih banget!


Review 1 Bulan Pemakaian OASEA Face Oil Serum

Dari awal-awal pemakaian sebenarnya sudah langsung terasa kulit lebih lembap dan halus. Habis pakai OASEA Face Oil Serum ini, kalau dipegang memang ada tekstur velvety gitu lho di kulit. 

Tapi ini dia efek jangka panjang setelah satu bulan pemakaian:

Review 1 Bulan Pemakaian OASEA Face Oil Serum

  • Kulit lebih cerah.
  • Tekstur kulit lebih terlihat halus.
  • Kulit lebih lembap, tidak ada dry patch area.
  • Nggak bikin kulit sensitif saya bereaksi iritasi atau kemerahan.
  • Untuk efek mencegah jerawat, tidak saya rasakan. Soalnya pas periode mens pas pakai serum ini, jerawat hormonal saya tetap mampir.
  • Namun untuk noda-noda bekas jerawat, memang nyata terlihat sedikit menipis sih! Happy banget saya dengan progresnya di noda-noda bekas jerawat saya, terutama bekas jerawat yang masih baru. 


Kesimpulan

Oasea Instagram

Kekurangan serum ini buat saya adalah formulanya yang cepat memisah kembali setelah di-shake, dan kemasannya yang terlalu kecil karena produk ini di saya sendiri habis dalam pemakaian 3 minggu saja (iya, saya sudah buka botol kedua). Tapi menimbang kenyamanannya di kulit dan efeknya yang kelihatan nyata di kulit saya, saya sih masih bisa mentolerir kekurangan-kekurangan tersebut. 

Kulit saya memang tipe yang bereaksi sangat bagus dengan face oil. Kalau saya lagi rajin pakai face oil, biasanya kelihatan banget kulit saya lebih sehat, plump, lembat dan teksturnya smooth. Tapi saya memang suka skip sih, karena terkadang malas dengan rasa greasy-nya.

Nah, OASEA Face Oil Serum ini bikin saya rajin banget pakai face oil, pagi dan malam, karena teksturnya memang enak banget! Nggak greasy kayak face oil biasa. Dan lagi, ini bukan cuma face oil, namun di dalamnya juga terkandung bahan-bahan aktif untuk mencerahkan dan memudarkan noda bekas jerawat. Jadi saya nggak heran sih, kombo face oil dan beberapa powerful actives ingredient untuk mencerahkan, jelas sangat nampol buat kulit saya!

Plus OASEA Face Oil Serum ini terbukti sensitive skin friendly ya, karena kulit saya memang super sensitif. Apalagi visi brand ini sejalan dengan saya yang memang ingin berkontribusi lebih terhadap pelestarian alam, terutama lautan.


Harga OASEA Face Oil Serum

Harga OASEA Face Oil Serum

  • Harga OASEA Oceanus Squalane + Tranexamic Spot Correcting Face Oil Serum: Rp.259.000/ 20 ml.
  • Harga OASEA White Jade Gua Sha Tool: Rp.250.000

IG: @oasea.id
Website OASEA

7 comments

  1. Mantappp sekaliiiii. Pengen coba buat kulitku yg bnyk noda jerawat

    ReplyDelete
  2. Duh semakin pengen nyoba. Makasii reviewnya kak Arum 🖤

    ReplyDelete
  3. Duh semakin pengen nyoba. Makasi reviewnya kak Arum ��

    ReplyDelete
  4. uncchhh sekali ratjunnya ya ses.. naksir gua sha nya wkwkkw

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.