Review Chaiza Saffron Mist, Face Mist yang Ampuh Mengatasi Maskne!

22 comments

 

MASKNE!

Ini adalah topik yang bakalan sering banget saya bahas terus-terusan akhir-akhir ini ya. Soale memang saat ini maskne adalah strugling terbesar saya. Kulit saya sensitif banget sama gesekan. Tiap digesek pakai scrub, kapas, handuk, jenggot, pasti besokannya langsung jerawatan. Masker juga gitu sih. Berbagai merek masker kain maupun masker sekali pakai udah saya coba, dan memang dasarnya kulit saya nggak bisa digesek.

Jadi ya memang situasi "harus pakai masker" ini mengubah keseluruhan skincare routine saya. Dan saya jadi makin bucin sama face mist. Face mist yang tepat memang bantu banget kok mengatasi maskne. Kalau sebelumnya saya udah suka banget sama face mist, saat ini saya udah dalam level addict.

Yang lagi bikin saya kecantol banget saat ini adalah Chaiza Saffron Mist. Banyak yang bilang ini face mist rasa sultan eheheh... Chaiza ini sebenernya adalah brand lama ya. Awalnya namanya Chava Face Mist, dan saat itu sudah cukup banyak penggemarnya. Tapi lalu rebranding dan ganti nama jadi Chaiza Saffron Mist. Nah, saya akan ceritakan bagaimana cara saya pakai Chaiza Saffron Mist untuk menghempas maskne.

Saffron

Sebelumnya, saya akan membahas mengenai Saffron dulu karena ingredient unggulan dalam produk ini adalah Saffron, dan kebetulan juga Saffron adalah salah satu ekstrak alami yang masih sangat jarang dipakai dan dibahas. 

Saffron atau Crocus Sativus adalah salah satu rempah paling mahal di dunia. Saffron punya aroma kuat dan sangat tinggi kandungan antioksidan. Nggak heran ya, kalau ada yang menyebut Chaiza Saffron Mist ini adalah skincare sultan.

Saffron sendiri udah lama dipercaya punya berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kalau dalam skincare, Saffron ini berfungsi untuk:

  1. Mengatasi jerawat
  2. Mencerahkan kulit dan memudarkan noda
  3. Mengurangi dark circle
  4. Melembapkan
  5. Menenangkan, serta meredakan iritasi dan sunburn
Jujur aja, saya pribadi pun belum punya banyak pengalaman dengan rempah mewah yang satu ini. Tapi saya punya tante yang rutin konsumsi Saffron dan juga pakai Saffron sebagai perawatan kulit rutin. Dan hasilnya kulit beliau memang super glowing, licin dan terlihat awet muda.


Ingredient Chaiza Saffron Mist

Aqua, Crocus Sativus Flower Extract, Niacinamide, ​Centella Asiatica Extract, Propanediol, Sophora Flavescens ​Root Extract, Psoralea Corylifolia Fruit Extract, Platycarya Strobilacea Extract, Bellis Perennis Flower Extract, Potassium Sorbate, Sodium Phosphate, Phenoxyethanol, ​Allantoin, Tromethamine, Ci 15985

Sesuai namanya, face mist ini menggunakan Saffron sebagai ingredient utama. Jumlahnya cukup significant karena Saffron ada di urutan kedua ingredient list! Selain Saffron, juga ada beberapa bahan aktif yang khasiatnya bagus untuk perawatan kulit:

  • Niacinamide: Mencerahkan, mengontrol sebum, memperkuat skin barrier
  • Cica: Antioksidan, menghidrasi dan menenangkan kulit
  • Sophora Flavescens Root atau "Khu Sen": Mencerahkan, anti inflamasi dan anti bakteri
  • Daisy flower: Mencerahkan dan anti-aging
  • Allantoin: Menenangkan kulit

Ingredient-nya cukup singkat (minimal ingredient) namun full of goodie. Banyak ekstrak dari tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat untuk menghidrasi dan menutrisi kulit. Selain itu, produk ini juga diformulasikan bebas dari alkohol, fragrance, essential oil, dan juga sulfat. Jadi sangat aman untuk kulit sensitif.


Tekstur dan Aroma Chaiza Saffron Mist

Tekstur produk ini cair seperti air. Di kulit ada efek hidrasi, namun nggak terlalu powerfull. Kalau untuk kulit saya, Chaiza Saffron Mist ini nggak bisa digunakan untuk menggantikan hydrating toner, karena hidrasinya memang nggak begitu kuat. Kecuali mau pakai banyak dan berlayer-layer ya.

Tapi justru tekstur seperti ini adalah yang saya cari dalam sebuah produk face mist. Sering nggak sih kalian semprot face mist pas siang-siang panas-panas, dan face mist-nya malah bikin muka kileng-kileng berminyak dan makeup meleleh? Saya sering gitu kalau pakai face mist yang terlalu hydrating. Padahal saya mau face mist yang bisa menyegarkan kulit dan menghilangkan minyak di wajah, bukan malah membuat muka saya jadi becek dan lengket oleh minyak. Jadi Chaiza Saffron Mist ini sih perfect sebagai face mist ya kalau buat saya. Cair, sedikit menghidrasi, menghilangkan minyak di wajah, nggak lembap berlebihan, dan rasanya seger banget pas disemprotin.

Mist ini punya aroma samar-samar yang nyaris nggak tercium, jadi nggak mengganggu sama sekali. Kalau kata orang-orang, ini aromanya mewah khas Saffron. Tapi saya sendiri belum pernah mencium Saffron. Buat saya aromanya B aja sih. Nggak mengganggu, tapi juga nggak yang bikin saya keranjingan cium-cium terus. Perlu diingat sih kalau produk ini nggak pakai fragrance, jadi aromanya adalah aroma alami dari ingredient-nya saja.


Kemasan Chaiza Saffron Mist

Selain ingredient-nya, kemasannya juga merupakan salah satu alasan kenapa banyak yang bilang ini face mist sultan. Kemasannya bagus banget, nggak kayak face mist kebanyakan yang...ya gitu doang. Saya suka sih dengan pilihan warna nude pink dengan permukaan doff, kesannya girly banget. Lalu bentuk tabungnya juga bikin makin kelihatan nggak ngasal gitu. Pokoknya buat skincare enthusiast yang banci packaging, kalian pasti bakalan puas banget deh pegang produk ini.

Bukan cuma desainnya yang cantik, material kemasannya pun terasa kokoh namun ringan. Tutupnya rapat, nggak bocor-bocor, nggak gampang kebuka, jadi aman banget untuk dibawa-bawa (penting banget karena face mist memang untuk dibawa-bawa kalau buat saya!). Noozle spray-nya juga halussss, jadi nggak nggrujug dan merusak makeup.

saya kasih jempol 10 sih buat kemasannya. 4 jempol saya, 4 jempol kak Juna, sisanya minjem netizen.


Chaiza Saffron Mist Untuk Mengatasi Maskne

Nah, ini yang ditunggu-tunggu dari tadi. Saya udah nyoba berbagai cara, memang cara paling bener biar nggak maskne adalah jangan sampe kulit kita minyakan pas pakai masker. Karena kalau kulit sudah berminyak, dibekep masker pula, biasanya terjadi penyumbatan yang bikin kulit jerawatan. Pakai oil control film/ pepper pun nggak bantu, karena memang cuma menyerap oil di muka sebentar, lalu keluar lagi.

Solusinya, saya sering-sering semprot wajah pakai Chaiza Saffron Mist ini. Selain memang ada kandungan Saffron, Niacinamide, dan Cica yang oke buat bikin kalem kulit, formulanya juga bikin minyak di wajah nggak gampang keluar tanpa bikin kulit jadi dehidrasi dan kering-kerontang. Jadi saya biasain diri aja sebelum pakai masker dan setelah lepas masker, selalu saya semprot wajah saya dengan Chaiza Saffron Mist dulu. Kalau pakai masker terlalu lama dan wajah mulai terasa greasy dan sumuk, saya sebisa mungkin sempatkan diri untuk pakai Chaiza Saffron Mist juga.

Sejauh ini, cara tersebut bikin kulit saya aman banget, bebas minyak dan jadi nggak muncul maskne.


Kegunaan lain Chaiza Saffron Mist

Face mist memang produk yang menurut saya wajib punya karena multiguna! Satu botol Chaiza Saffron Mist ini bakalan kepake banget dan banyak kegunaannya. Ini dia cara saya pakai Chaiza Saffron Mist:

  1. Dipakai di antara step skincare routine, biar blending dan penyerapan skincare lebih enak!
  2. Dipakai sebelum menggunakan facial oil, agar tekstur oil lebih diterima oleh kulit.
  3. Dipakai sebelum reaply sunscreen biar pas nge-blend sunscreen nggak seret.
  4. Sebagai setting spray agar makeup less powdery dan lebih awet! Surprisingly cara ini works banget lho! Bukan yang ngunci makeup sampai pigmennya nggak bisa bergeser, tapi formulanya memang bikin makeup lebih menyatu dengan kulit dan kulit nggak gampang ngeluarin minyak, jadi makeup nggak cepat meleleh.
  5. Dipakai sebagai perawatan kulit sensitif. Saat eczema saya kambuh, saya cuma berani semprot ini dan pakai moisturizer "kosong" aja. Chaiza Saffron Mist ini memang efek calming-nya dapet banget. Jadi bantu meredakan gatel-gatel dan iritasi pada kulit.

Kesimpulan

Saya udah sebulan lebih pakai Chaiza Saffron Mist ini terus-terusan. Apalagi belakangan eczema saya kambuh kan, jadi makin rajin semprot-semprot Chaiza Saffron Mist. Enak banget kulit adem dan kalem seketika. Saya nggak sayang sih pakai sampai kebadan-badan pas eczema, karena harganya cukup terjangkau, cuma Rp.80.000,-/ 100gr. Bahkan saat ini harganya sedang diskon lho jadi Rp.59.300 di Shopee official-nya.

Chaiza Saffron Mist ini cocok buat kamu yang mencari face mist dengan feel yang segar dan ringan, dengan efek soothing yang nyaman di kulit. Tapi mungkin akan kurang pas kalau kamu mencari face mist yang sangat melembapkan kulit.

Untuk info lebih lengkap, mentemen bisa langsung ke instagram @chaizaofficial.id.


Giveaway!!

Pemenang giveaway ini adalah @angel_n1696

22 comments

  1. Jadi puengen dapetin ini.....pengen nyobain di kondisi jawa timur yg puanas kayak gurun sahara ini. Seumur umur blm pernah pake facemist, sapa tau cocokni face mist d pake setelah ngajar dikelas. Krn sekolah udah masuk full 100% jadinya guru ngajar seperti biasa plus pake masker. Pengap dan bkin maskne plus gatel. Semoga ada kesempatan nyobain.

    ReplyDelete
  2. Pengen cobain Chaiza Saffron Face Mist, karena Face Mist sudah masuk ke skincare routine ku, aku pakai tiap hari di malam hari, karena aku ga cocok pakai night cream mungkin karena jenis kulitku oily acne prone, jadi cocok nya yang tekstur cair

    Akun instagram : @chintyachristina

    ReplyDelete
  3. Waaa dulu pernah beli ini. Kayaknya dulu botol e putih trs standar kaya semprotan biasa. Tp dulu sold out trs di shopee
    Sekarang rebranding bagus banget ya.
    Emang bagus sih.
    Bahkan anakku 5 tahun dulu juga suka semprot semprot.

    @jufna_

    ReplyDelete
  4. Banyak bangett manfaatnya ya jd kepo pengen coba bgtt yuhuu

    Akun ig : @pipetpasteur

    ReplyDelete
  5. Selama ini tau saffron cuma buat di minum gitu loh mbak, dijadiin teh gitu yang dipake secuput aja udah cukup. dan setau ku memang saffron itu kan mengandung flavonoid buat antioksidan jadi kalo di bikin buat skincare make sense nih, bagus kalo di tandem sama sunscreen biar wajah glowing macem mba arum 😡
    @baebl.reads

    ReplyDelete
  6. baru tau ttg chaiza dari mba racun ini, ngeliat dari kemasannya cute ternyata harganya affordable. jadi pen cobain juga

    akun ig: my.yank

    ReplyDelete
  7. Menarik, karena selama ini susah nyari facemist yg cocok, rata2 bkin make up meleleh. Padahal kl siang2 apalagi kerjaan lagi banyak jd malas touch up, pengennya cm semprot2 facemist, muka jadi segar, fresh tanpa perlu touch up. Dan setelah kubaca dengan seksama, jadi pengen nyoba, siapa tau ini produk yg kucari dan siapa tau bisa dapat gratis.
    Akun ig : nurul_ainii_

    ReplyDelete
  8. Wuih enak banget yak kayaknya buat reapply sunscreen. Kalo sunscreen-nya udah cukup lembab, tinggal semprot terus tap tap sunscreen. Ahmantaf. Btw aku mau apresiasi keglowingan kulit bunda Jimbeam. Akun IGku @firahabsy.

    ReplyDelete
  9. Dr bbrp waktu lalu trtarik sih, byk beauty vloger review face mist dgn yg mengandung safron. Dilihat dr review mba racun yg jelas , padat dan panjangg... Jd pengin tertarik cobainnnn. Bismillah semoga menang giveaway dr mba arum . Klo menang ini pertama kalinya menang giveaway . Hehehehhe
    Ig : viralutfis

    ReplyDelete
  10. jujur PR yang belum ada solusi, jerawat gara2 masker..apalagi kerjaan ku yang wajib pake masker, masker n95 lagi, abis pake masker tu merah merah bercampur keringat, sungguh ku hanya bisa pasrah 😁 karna belum juga nemu yang cocok buat masalah jerawat area yang sering di tutup masker, ku ingin glowing walau pun tak terlihat, minimal aku bisa bahagia kalo ngaca abis buka masker wajahku bersinar (cukup gak sakit gegara jerawat ku bahagia) semoga mist ini adalah jawaban dari pencarian ku selama ini, aamiin


    akun ig @ipistipi

    ReplyDelete
  11. Penasaran pingin nyobain Chaiza Saffron Mist ini. Kukira saffron cuma buat diminum wkwk. Semoga ini adalah solusi dari maskne yg hilang timbul.

    Akun ig @hanifari

    ReplyDelete
  12. Ini kayaknya cocok buat nyegerin muka mamak2 macam awak, ditengah kota sidowarjo yang panasnya ngalahin balpirik merah 🥲🤌, mana tau rezeki kan ya ❤️


    Ig @dwiayuretnaning

    ReplyDelete
  13. Wah another racun! Racun baiq tuq kesehatan kulit princessqu yg sensitip ini.
    Suhu & cuaca di kota ku lg ga oke nih, ditambah maskne ga berkesudahan. Kulitku kombinasi & acne prone, pakai face mist merk lain malah terlalu lembab, kulitku ga bisa terlalu lembab :(
    Ga ada kandungan alkohol jg, jd pasti aman buat daerah hidungku yg selalu kerasa panas iritasi tiap pakai produk yg mengandung alkohol.

    Karena saffron (yg diminum) mahal, smoga bisa nyobain saffron buat wajah dulu. Krn wajahqu lbih mahal drpda lambungku :')

    Ig : @angel_n1696

    ReplyDelete
  14. Selain face mist bisa utk setting spray juga ternyta 😍
    Praktis donk ya jadinya.
    Apalagi dr safron wah biar jd wanita² sultan. Jd kepo bgt stlh baca review kak Arum , gak terlalu mahal juga kok harganya trnyta ya.
    😍😍😍😍



    ig : @rosnaeva_rosicky

    ReplyDelete
  15. Bismillah mau banget nyicip Chaiza Saffron Mist nya deh, biar kalo siang siang mukaku makin segar dan tidak gersang seperti pikiranku.


    @agnestiniasu

    ReplyDelete
  16. Aku langsung liat2 shopee nya. Terus gatel pengen tuku maskernya juga ������

    IG : nona_akasha

    ReplyDelete
  17. Mbak arumm, tergoda banget setelah baca ingredient list si chaiza ini, keliatannya promising semua. Pengen cobain ini karena aku punya kulit sensitif banyak kemerahan gitu. Semoga aja berjodoh dengan chaiza yaaa.
    Ig:@caca.skin

    ReplyDelete
  18. aku skeptis banget mba sama safron sbg face mist, cuma ngga menyangsikan sih fungsinya bagus kalo dikonsumsi.
    tapi baca review-nya jadi meri pengen coba juga. botolnya bagus dan cakep banget! lebih meyakinkan gitu dibanding safron mist yg kebanyakan aku tau dikemas di spray bottle yg B aja.

    ig: larasseptianah

    ReplyDelete
  19. Aku pengen banget coba Chaiza Saffron Mist karena kulitku lagi sensitif akibat sering banget kegesek masker. Dryskinku sampai ngletek2 di ujung hidung dan maskne di pipi. Huhu.. semoga bisa beruntung nyobain face mist rekomendasi mbak arum pacarnya mas niscap. IG : @myberrybunny

    ReplyDelete
  20. Pernah cobaaa pas masih packaging lamaaa dan namanya masih chava facemist enak bgt dipake buat campuran masker jugakk! Terus penasaran bgtt sama yggg sekarangg + packagingnyaa yang gemeyyy bgttt sama warnanyaaa huaaaaa./ Ig: dianarhmh

    ReplyDelete
  21. Ya ampun akhirnya nemu penyelamat dari masalah permaskeran. Apalagi di parung masyaallah panaseeee udah ngalahin gurun. Jerawat lgi radang di dagu . Mau coba ah, siapa tau kita berkawan ya chava, nanti klo kita udah berteman. Sering2 ajak temen mu maen kerumah ku tiap bulan ya.

    ReplyDelete
  22. Setelah PPKM berakhir dan mulai aktif ngampus lagi, pemakaian masker yg tiap hari bikin kulitku gampang jerawatan. Maskne yg muncul di area yg tertutup masker itu emang gak asik banget. Sampe sekarang belum nemu solusi untuk mengatasi maskne lucknut ini. Padahal skincare pagi sudah sesimpel mungkin, masker sudah rutin ganti. Kulitku tipenya mirip sama Mbak Arum yg gak bisa kena gesekan. Terimakasih Mbak sudah mengenalkan brand Chaiza ini pada netizen :)
    Ig : @resti.farid

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.