Review Ozora Vitamin C Series, Essence dan Serum Dengan 10% Methylsilanol Ascorbate

12 comments

Review Ozora Vitamin C Series, Essence dan Serum Dengan 10% Methylsilanol Ascorbate

Selama perjalanan saya merawat kulit, saya banyak banget mencoba skincare dengan berbagai macam bahan aktif. Ada AHA/ BHA, Niacinamide, Alpha Arbutin, Vitamin C, dan akhir-akhir ini, karena faktor usia, saya mulai "mainan" Retinol. Tapi kalau disuruh pilih satu saja actives ingredient andalan, yang bahkan dari dulu selalu saya pakai, pilihan saya adalah vitamin C. Saya udah masukin vitamin C dalam skincare routine saya, jauuhhh sebelum saya kenal Retinol. Dan setelah coba-coba berbagai ingredient untuk mencerahkan kulit, ternyata kulit saya memang cocoknya sama vitamin C.

Bisa dibilang, kalau basic skincare kan CTMP. Nah, kalau buat saya, vitamin C juga masuk basic. Double cleanser, hydrating toner, vitamin C serum, moisturizer, dan sunscreen. Kalau skip vitamin C atau salah pilih produk vitamin C, kulit saya langsung kelihatan kusam dan actives lain yang saya gunakan (misalnya Retinol dan Niacinamide) rasanya nggak bekerja dengan maksimal.

Buat saya, actives vitamin C memang paling joss untuk mencerahkan kulit. Apalagi kalau pas pulang liburan dan kulit menggelap, telatenin aja pakai vitamin C serum, nggak sampai sebulan biasanya kulit saya udah balik lagi cerahnya. Selain itu vitamin C juga mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk memperkuat kerja sunscreen.

Nah, sebulan ini saya pakai vitamin C dari brand lokal, yaitu Ozora. Dan nggak tanggung-tanggung, mereka ngeluarin dua produk sekaligus, yaitu Ozora Brightening Treatment Essence dan Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum. Ozora ini bukan brand baru ya, saya udah pernah review produknya kok di tahun 2017. Dan ketika saya spill produk ini di IG story, banyak follower saya yang DM kalau mereka pun sudah pakai Ozora sejak lama.

Baca juga: Review Ozora Brightening Series


Ingredient Ozora Brightening Treatment Essence

Review Ozora Brightening Treatment Essence

Aqua, Sodium PCA, Methylsilanol Ascorbate, Propylane Glycol, Butylene Glycol, DMDM Hydantoin, Diazolidinyl Urea, Citric Acid, tetrasodium EDTA


Ingredient Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum

Ingredient Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum

Aqua, 10% Methylsilanol Ascorbate, Butylene Glycol, Cyclopentasiloxane, Propylene Glycol, Citric Acid, DMDM Hydantoin, Diazolidinyl Urea, Xanthan Gum, Sodium Hyaluronate, Tetrasodium EDTA


10% Methylsilanol Ascorbate

Review Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum 10% Methylsilanol Ascorbate

Yang menarik dari Vitamin C series Ozora ini adalah dia menggunakan Methylsilanol Ascorbate, yang merupakan derivative vitamin C. Saya sendiri baru kali ini menemukan ingredient Methylsilanol Ascorbate dalam skincare yang saya pakai. Namun merujuk pada website paulachoise.com, Methylsilanol Ascorbate merupakan form dari vitamin C yang sifatnya cenderung stabil.

Mengenai jumlah presentase 10% pada Ozora Timeless Skin Serum, memang sedikit terlihat "mengancam". Namun jangan khawatir, agar efektif mencerahkan, merangsang kolagen, dan memudarkan noda hitam, vitamin C memang harus berada pada presentase di atas 8%, dan jumlah maksimal yang diperbolehkan pada skincare adalah 20%. Dan lagi, Ozora meracik produknya dengan banyak buffer, tanpa tambahan actives ingredient lain, dan juga tanpa menggunakan alcohol dan parfum, jadi kulit tetap terhidrasi dan minim resiko iritasi.

List ingredient-nya cukup minimalis dan nggak neko-neko. Produk ini memang mau memaksimalkan manfaat Methylsilanol Ascorbate saja, tanpa ada tambahan active ingredient lainnya. Ini bagus karena jadi gampang kalau mau dipakai layering, dan kalau kamu nggak cocok dengan active ingredient lain selain vitamin C, produk ini sangat aman untuk dicoba.


Fungsi Ozora Vitamin C Series

Seperti yang sudah dibedah di atas, dua produk ini mengandalkan Methylsilanol Ascorbate sebagai actives ingredient-nya. Dan fungsi vitamin C untuk kulit kita adalah:

Review Ozora Vitamin C Series

  1. Powerfull antioksidan
    Vitamin C adalah diva-nya untuk antioksidan ingredient. Vitamin C sangat powerfull untuk merawat, melindungi, dan memperbaiki kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Jadi nggak heran kalau vitamin C memang manjur banget untuk perawatan setelah liburan, dimana kulit kita banyak terpapar sinar matahari secara intens
  2. Memperkuat perlindungan terhadap sinar UV
    Yes, nggak salah denger kok! Nggak kayak Retinol, vitamin C ini malah boleh banget dimasukkan di skincare routine siang. Di-combine dengan penggunaan sunscreen yang benar, akan memberikan perlindungan yang lebih efektif terhadap sinar matahari. Jadi kalau lagi mau panas-panasan (misalnya ke pantai), boleh juga pakai Ozora Brightening Treatment Essence, sebelum pelembap dan sunscreen.
  3. Mendorong pembentukan kolagen di kulit
    Vitamin C mampu mendorong kulit untuk memroduksi kolagen ekstra. Kolagen bagus untuk menjaga agar kulit lebih kencang dan bebas kerutan. Penelitian membuktikan, kulit yang selama 3 bulan memakai serum 10% vitamin C, kerutannya berkurang. Dan dalam waktu 6 bulan secara signifikan menunjukan peningkatan hidrasi, kecerahan, dan pengurangan noda-noda pada wajah. 
  4. Memudarkan noda-noda di wajah
    Vitamin C bekerja dengan cara menghambat enzim tironase yang membentuk noda-noda di wajah.

Tekstur Ozora Vitamin C Series

Review Essence dan Serum Ozora Vitamin C Series

Ozora Brightening Treatment Essence punya tekstur gel-ish, namun ketika diapliaksikan ke kulit rasanya adem dan cepet banget meresap di kulit. Menurut saya teksturnya sangat nyaman, bahkan untuk yang kulitnya berminyak sekalipun. Setelah melalui beberapa kali percobaan, di kulit saya paling enak efek dan penyerapannya kalau didahului dengan hydrating toner yang lebih cair. Namun kalau pun mau pakai sebagai pengganti hydrating toner juga nyaman dan sudah cukup menghidrasi kulit kok. 

Nah, surpisinglly Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum-nya malah teksturnya lebih encer, namun terasa licin, jadi butuh sedikit saja udah bisa diratakan ke seluruh wajah. Serum ini juga teksturnya tergolong ringan dan mudah menyerap ke kulit. Namun kalau dibandingkan essence-nya, masih lebih cepat essence-nya. Jadi walau tekstur essence lebih kental, namun memang tepat dipakai lebih dahulu.

Formulanya cukup stabil, nggak gampang rusak walau nggak saya simpan di lemari es. Namun kekurangannya, untuk serumnya, ketika dipakai ada rasa pedas yang cukup mengganggu di mata saya (mata ya, bukan kulit di sekitar mata). Mata saya memang super sensitif sih. Saya mengakalinya dengan memakai eye cream sebelum memakai serum ini, untuk membatasi agar serumnya nggak saya spread ke area yang terlalu dekat dengan mata.


Cara Pakai Ozora Vitamin C Series

Ozora Vitamin C Series Serum dengan 10% Methylsilanol Ascorbate

Saya suka banget sih, dengan konsep vitamin C yang "dipecah" jadi dua produk seperti ini. Jadi lebih versatile dan bisa dipakai oleh orang dengan berbagai macam sensitifitas dan kondisi.

  • Pakai Ozora Brightening Treatment Essence kalau kamu: pemula dan baru mau coba actives vitamin C, punya kulit super sensitif, butuh produk untuk skipcare (karena Essence ini cukup menghidrasi sehingga bisa skip hydrating toner kalau mau).
  • Pakai Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum kalau kamu: sudah terbiasa pakai vitamin C serum dan butuh vitamin C serum dengan level yang cukup untuk mencerahkan dan anti-aging.
  • Pakai keduanya kalau kamu adalah fans vitamin C garis keras kayak saya dan pengen hasil yang lebih cepat dan maksimal!
Saya sendiri pakai keduanya. Seringnya saya layer Ozora Brightening Treatment Essence dan Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum bersamaan. Tapi kadang saya pakai essence-nya saja, kalau pas kulit lagi terasa ekstra sensitif, atau kalau pas buru-buru dan butuh skipcare. Yang penting perhatikan kenyamanan kulitmu.

Cara saya memakai biasanya seperti ini:

Cleanser - Hydrating Toner - Ozora Brightening Treatment Essence - Eye CreamOzora Timeless Skin Vitamin C Serum - Moisturizer - Sunscreen

Atau bila sedang ingin skipcare:

Cleanser - Ozora Brightening Treatment Essence - Moisturizing Sunscreen

Ozora Brightening Treatment Essence

Saya sudah pengalaman bertahun-tahun dengan vitamin C, dan best result di kulit saya adalah combine dengan retinol, dan juga sesekali melakukan eksfoliasi pada kulit dengan AHA. Sama kayak tubuh, kulit saya nggak bisa cuma dapat nutrisi dari satu jenis "makanan" saja. Apalagi usia saya udah kepala 3, jadi ya memang ekfoliasi dan Retinol sangat diperlukan, karena regenerasi sel kulit saya sudah nggak sebagus ketika masih remaja. Nah, Ozora Vitamin C Series ini jadi booster agar semua skincare yang saya aplikasikan bekerja dengan maksimal dan kulit terjaga kecerahannya.

Ini masing-masing kulit bisa berbeda ya. Kamu harus temukan sendiri actives ingredient yang cocok untukmu.

Saya sendiri nggak pernah me-layer Retinol dengan Vitamin C ya. Biasanya saya pakai Ozora Vitamin C Series pagi, dan Retinol malam. Karena saya memang suka pakai vitamin C di pagi hari, untuk sekalian bantu kerja sunscreen. Tapi kalau mau layering Ozora Vitamin C Series dengan Retinol di malam hari, boleh saja kok selama kulitnya "kuat" dan bisa menerima. Yang penting jangan lupa buffer-nya ya. Pakai hydrating serum di sela pemakaian kedua actives tersebut.


Hasil 4 Minggu Pemakaian

Review Ozora Vitamin C Series, Essence dan Serum Dengan 10% Methylsilanol Ascorbate

Nah, ini yang saya rasakan selama pemakaian Ozora Vitamin C Series:

  • Ini adalah vitamin C yang terasa mild di kulit saya. Meskipun saya layer essence dan serumnya bersamaan, nggak ada rasa tingling atau rasa nggak nyaman selama pemakaian. Dan kayak yang udah pada tahu, saya memang cenderung suka actives yang mild untuk perawatan harian kulit saya.
  • Karena mild, Ozora Vitamin C Series ini enak di-layer dengan actives lainnya.
  • Ozora Brightening Treatment Essence-nya enak banget penyerapannya, namun lebih matep kalau pakai hydrating toner dulu yang lebih encer sebelumnya.
  • Untuk Ozora Timeless Skin Serum, teksturnya cair dan ringan, mudah meresap, dan masih meninggalkan layer kelembapan. Namun saya agak terganggu dengan rasa pedih di mata, walau ini masih bisa diakali sih dengan pakai eye cream dulu sebelum pemakaian.
  • Kayak yang udah saya bilang, saya memang sudah bertahun-tahun memasukan vitamin C ke dalam skincare routine saya. Namun saya sempat hentikan sekitar 2 mingguan, sebelum mencoba Ozora. Dan memang terasa, setelah pakai Ozora Vitamin C Series kulit saya jadi lebih kuat, jarang bermasalah, nggak kusam, dan skincare lain yang saya pakai juga terasa lebih maksimal kerjanya. 
  • Saya coba pakai single use tanpa actives lain-nya, yang paling terasa adalah efek brightening-nya. Kulit tetep cerah dan nggak kusam meskipun setiap hari saya kerja di depan jendela dan terkena sinar matahari langsung.
  • Namun pemakaian single use ini menurut saya kurang ampuh untuk noda bekas jerawat. Tapi kalau di-combine dengan AHA dan Retinol, memang terasa lebih cepat memudarkan noda di wajah.
  • Untuk efek anti-aging tentu saya tidak bisa me-review ya. Karena itu adalah efek jangka panjang. Namun saya percaya, menggunakan serum vitamin C yang baik seperti Ozora Vitamin C Series akan mendorong kulit memroduksi kolagen yang sangat penting untuk sel-sel kulit, sehingga kulit lebih lembap, kenyal, dan menunda efek-efek penuaan pada kulit.

Review Ozora Vitamin C Series



Harga Ozora Vitamin C Series

Harga Ozora Brightening Treatment Essence: Rp 205 000/ 50 ml
Harga Ozora Timeless Skin Vitamin C Serum: Rp 235 000/ 30 ml

Kesimpulan

Ini adalah essence dan serum vitamin C yang mild di kulit saya, dan tentu saja minim resiko iritasi. Sangat cocok kalau untuk perawatan sehari-hari, untuk maintenance kesehatan dan kecerahan kulit, serta sekaligus sebagai asupan anti-aging skincare harian. Untuk layering, produk ini juga oke, karena ingredient-nya simpel dan nggak neko-neko. Kalau kamu pemula dan baru mau coba vitamin C, nggak perlu khawatir karena Ozora Vitamin C Series ini cukup lembut dan newbie friendly.


Instagram: @OzoraSkincare

12 comments

  1. Tergoda dengan essence-nya yang bertekstur gel-ish, namun cepat meresap di kulit. Karena menunggu jeda pemakaian produk itu membuat saya kemrungsung biasanya.
    Kutexnya matching dengan botol Ozora :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini essence-nya enak bet. Cakep banget nyerepnya. Cobain 💚💚.

      Ehehehe aku selalu matching :"

      Delete
  2. Packaging-nya apik kelihatan mevvah huhu. Pengen coba yg serum Vit.C karena ku sudah muak dengan dark spot dimuka huhuhu.

    Mba request dong rekomendasi bedak lokal yg murmer + bagus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok cobaaa!

      Bisa pakai fitur search di pojok kanan atas ya. Searck aja "bedak" nanti muncul banyak review bedak

      Delete
  3. Methylsilanol ascorbate menarik sekali sih sepertinya blm banyak produk yg pake turunan vitamin c ini (atau aku yg kudet?hehe) yg pasti blm pernah nyobain sebelumnya jd bikin penasaran. Reviewnya mbak Arum lengkap bgt jd jelas dan bikin pengen nyelipin jg di skincare routine sehari2. Essence nya kaya adem hydrating bgt ya mbak apalagi botolnya jg kece sejuk dipandang ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaupun baru tau. Yes, essencenya memang favoritku

      Delete
  4. Aku baru tau ada brand lokal namanya ozora ini. Setelah baca baca review mbak arum jadi teracuni penasaran banget pengen coba soalnya kulit aku lagi kusam banget dan gak rata gitu

    ReplyDelete
  5. Banyak bgt brand lokal ternyata ya.. jadi tau karna baca blog nya mba Arum,q jadi tertarik karna newbyfriendly karna muka q suka merah2 klo pake skincare yg kandungannya keras,apalagi ini vic C❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini newbie friendly. Enak pakainya ngga pakai mikir

      Delete
  6. WWaaaa.. Menarik.. selama ini pakai vitamin c serum dari merk Jogja berinisial E itu. Mulus sih, tapi di aku kayak tebel gitu muka, rada berat. Tau yang ini langsung nyerep, jadi tertarik...

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.