Review Pond's Cleansing Balm

3:12:00 PM

Pond's Cleansing Balm Indonesia Review

Saya itu orangnya paling susah diajakin up to date. Soalnya saya perlu waktu lama sebelum bisa menyimpulkan saya suka atau enggak sama suatu produk. Jadi produk baru udah terbit review-nya dimana-mana, saya masih berusaha menelaah perasaan saya. Sedih lah.

Saya juga baru berhasil menyimpulkan sesuatu pas saya udah ngabisin segendul Pond's Cleansing Balm ini. Itupun saya selingin saya The Body Shop Camomile Cleansing Butter ya, karena saya pengen bandingin dia juga sama produk sejenis. 

FYI dulu nih, saya agak-agak nyesel njanjeni review produk ini ke kolower instagram saya (@racunwarnawarni), soale menurut saya dia nggak segitunya spesial. Tapi ya sudah janji sudah terlanjur terucap. Sayatu takut dimarahin maka mari kita review.


Kandungan


Ngomongin skincare, maka wajib ngomongin ingredient dulu ya. Produk ini bebas dari paraben, alkohol, sulfat, dan silikon. Ada beberapa bahan yang bagus banget untuk melembapkan kulit seperti Shea Butter, Cocoa Seed Butter, Sweet Almond Oil, Castor Oil, Apricot Oil, Rose Water, dan juga Tocopherol atau Vitamin E. Namun juga banyak bahan yang berpotensi menyebapkan komedo.

Tapi sejauh yang saya tahu ya, karena ini adalah cleanser, jadi nggak akan terlalu berefek seperti menyumbat pori. Karena toh dia bisa di-emulsify dan nggak lama-lama juga menempel di kulit wajah. Malahan beberapa bahan yang rich akan mengurangi efek kulit kering dan ketarik seperti yang biasa kita temui pada cleanser (( murahan )). Jadi bikin enak gitu lho. Bersihin muka tapi nggak bikin kulit kering. Untuk surfactant dia menggunakan PEG-20 Glyceryl Triisostearate, yang merupakan surfaktan yang efektif namun mild di kulit.

Cleansing balm memang digadang-gadang sebagai produk yang lebih dry skin friendly dibandingkan dengan cleansing oil. Dan cleansing balm juga konon katanya lebih efektif bersihin makeup dibandingkan cleansing milk dan cleasing oil. Untuk dry skin friendly saya setuju, soalnya ini rasanya di kulit lebih nyaman daripada Biore Cleansing Oil. Tapi kalau soal keefektifan hapus makeup, menurut saya sama kok.

Kecuali aromanya yang mayan kuat, saya nggak ada masalah dengan ingredient-nya. Eh sama aromanya saya juga nggak masalah sih. Cuma mungkin lebih oke bila tanpa aroma saja.


Cara Pakai 


Produk ini dipakai sebagai first cleanser. Jadi pakai ini dulu sebelum pakai sabun muka. Pemakaiannya seperti pemakaian cleansing balm pada umumnya ya. Begini:
  1. Dulitkan produk secukupnya pada wajah yang akan dibersihkan
  2. Pijat-pijatkan produk agar merata keseluruh wajah dan makeup melt bersama produknya
  3. Percikkan sedikit air, lalu teruskan pijat-pijat produk merata ke seluruh wajah
  4. Bilas dengan air. Lalu lanjutkan dengan pemakaian second cleanser atau sabun muka.
Selengkapnya tentang step skincare, silahkan cek postingan saya mengenai Basic Skincare CTMP.



Kemasan


Saya nggak pernah suka skincare apapun dalam packaging jar karena saya kemproh. Jadi ya, to the poin aja sih saya nggak suka packaging-nya. Saya sendiri belum pernah nyobain cleansing balm dalam kemasan lain selain jar begini. Tapi saya berharap, suatu saat ada yang mau memroduksi cleansing balm dalam kemasan squeeze tube, misalnya.

Kemasannya tidak dilengkapi spatula, jadi kotor deh kena-kena sisa makeup. Karena buat sekali pemakaian kan memang harus berkali-kali culek untuk didulitkan ke pipi seblah sini dan jidat sebelah sono. Sementara sifat produk ini adalah melelehkan makeup. Sehati-hatinya kita dalam mendulit, pasti tetep ada makeup di wajah yang kadung melt dan keikutan di jari lalu kita masukin jari lagi dah ke jar. Ugh...adek jyjy, mz~


Tekstur


Teksturnya nggak konsisten. Punya saya ini, bagian atasnya keras seperti ada lapisan kerak tipis, tapi makin kebawah makin encer dan oily. Pas saya tanyakan ke @ca2ca2 dan @andiani91, ternyata punya mereka keras dari atas sampai bawah. Bahkan teh Reiny mengeluhkan soal kekerasannya ini. Ah si teteh mah, nggak suka yang keras-keras uwuwuwu~. Tapi karena punya saya (( KERAS DI AWAL DOANG )), jadi ya saya nggak banyak sambat.

Pas dioles ke kulit, dia langsung meleleh jadi minyak dan bikin makeup yang nempel ikutan leleh. Ada sedikit sensasi gritty atau berpasir, saat produk dioleskan ke kulit. Tapi nggak sakit dan nggak melukai babar blas. Cuma samar-samar sensasi gerenjel gitu loh.

Produk ini gampang di-emulsify. Jadi dipijat pakai air langsung leleh semua, dan pas dibilas langsung bersih, nggak meninggalkan sensasi licin, dan nggak bikin kulit kering. Biore masih lebih kering daripada ini.


Tes Performa

Pond's Cleansing Balm Performa

Bisa dilihat, produk ini mampu membersihkan makeup waterproof sekalipun dengan cukup efektif. Untuk beberapa produk yang bandel dan sifatnya nge-staint atau meresap pada kulit (emina cheeklit cream blush contohnya), tentu masih akan tersisa sedikit warna. Karena memang produknya itu nggak cuma stay di permukaan kulit menurut saya ya. Kalau pas full makeup banget begitu, memang perlu dua kali pemakaian agar lebih efektif.

Tapi swatch di tangan dan di muka tentu beda. Karena muka lebih banyak lekukannya dan juga pasti kita nggak berani menekan sekeras kalau pakai tangan.


Nah, ini saya membersihkan full makeup di muka dengan Pond's Cleansing Balm, setelahnya saya coba tes swipe dengan micellar water lagi. Hasilnya, di area mata, masih ada sisa eyeliner dan maskara, sedangkan di area bibir masih ada sisa matte lip cream. Ini wajar mengingat saya pakai eyeliner dengan style tightlining, dan juga bibir saya banyak sekali lipatan-lipatannya alias (( keriputan )). Tapi untuk complexion bersih sih sih!

Saran saya sih kalau untuk mata dan bibir, harus pakai eye and lip makeup remover terpisah. Apapun jenis cleanser-mu, kalau kamu tipe yang pakai eye makeup dan lipstik, ya harus sedia produk khusus untuk bersihin dua area sensitif dan reged tersebut.



Harga

Produk ini dibandrol dengan harga Rp.95.000/ 44 ml. Entah kenapa pada bilang murah, karena ini nggak murah ya. The Body Shop Camomile Cleansing Butter harganya Rp.199.000/ 90 ml. Sebenernya harganya setara aja kok.

Malahan Pond's lebih boros, karena punya saya ini kan oily ya makin ke bawah, jadi pakainya memang harus agak banyakan. Kalau The Body Shop ini teksturnya padet dan lebih irit gitu lho. Untuk Pond's, kalau kamu tipe makeup-an tiap hari, nggak nyampe tiga minggu paling udah abis produknya.

Tapi mungkin dibilang murah karena produk ini sering banget diskon di marketplace.


Kesimpulan

Produk ini bagus kok. Kandungannya, teksturnya, performanya yang efektif bersihin makeup tanpa bikin kulit kering, nggak ada yang bisa dikeluhkan. Paling yang saya keluhkan hanya harga (dilihat dari isi dan borosnya juga ya), karena ini Pond's saya berharap dia lebih terjangkau sebenernya.

Dan juga, kalau dibandingkan dengan The Body Shop yang harganya sepadan, tekstur dan aroma TBS ini lebih enak. Jadi kecuali dia diskon, saya mungkin nggak akan repurchase lagi.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Saya baca baca di twitter katanya ini dupenya banila mba. Mba udah coba banila blm? Terima kasih ya mba atas ulasannya😁

    ReplyDelete
  2. Kayanya pada bilang murah itu krn dibandingkan sama banila mba. Katanya ponds ini dupenya banila😁 mba sudah coba banila? Btw terima kasih ya mba buat ulasannya.

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...