Thursday, June 29, 2017

Tips & Tutorial Makeup Wajah Super Flawless


Kalau saya lagi selfie natural makeup begitu, pasti ada aja yang nanyain mulai dari merek foundation, bedak, sampai skincare-nya apa. Bahkan ada yang nanya: "perawatan dokter, yhaaa?!" Dih nuduh... Iya perawatan dokter, dokter gigi. Setiap enam bulan sekali jangan lupa ke dokter gigi ya..

Pada post kali ini, saya akan berbagi bagaimana caranya agar saya dapat look seperti itu. Skincare yang diperlukan untuk jenis kulit saya, produk-produk makeup apa saja yang dibutuhkan, apa mereknya, bagaimana pengaplikasiannya, pokoknya semuuuuanya yang dibutuhkan agar dapetin look kulit mulus seperti foto saya di atas.

Sebenernya post ini mau saya share sebelum lebaran. Tapi nggak sempet karena saya sibuk jadi juru cicip opor ayam dan sambel goreng pete :(. Ya gimana yang lain pada puasa eug doang yang masih raquz. Jadi ya udah lah ya. Kan keinginan tampil mulus nggak cuma saat lebaran doang.

Ada banyak faktor hasil selfie saya bisa semulus itu. Antara lain:

  1. Faktor kulit yang teksturnya memang rata.
    Maksudnya rata adalah nggak ada bump jerawat meradang, atau bekas jerawat yang sampai cekung gitu. Kalau bekas jerawat berupa noda dan juga flek serta discoloration sih banyak. Tenang ajaa, saya mah manusia biasa yang punya banyak codet juga. Nah, biar tekstur kulit rata, tentunya harus bener-bener ngejaga kulit, biar nggak sering jerawatan. Seandainya ada jerawat hormonal pun, kelembapan kulit tetap harus dijaga biar bekasnya nggak parah dan tekstur kulit setelahnya balik rata lagi. Untuk ini harus didukung oleh skincare yang tepat.

  2. Faktor pemilihan produk-produk makeup yang tepat
    Saya juga punya foundation dan tetek bengek andalan. Kalau situ-situ perhatian, sebenernya ya tahu sih foundation apa yang udah dari jaman nggak enak selalu saya beli. Tapi kayaknya sih akang GoJek bahkan lebih perhatian sama saya :(.

  3. Faktor aplikasi makeup yang tepat
    Katanya sih foundation yang dicampur dengan corector atau primer warna hijau hasilnya bagus buat kulit berjerawat. Tapi kalau menurut saya, mencampur foundation dengan corector warna adalah big no no!!! Jangan deh ya. Ada cara yang lebih tepat kok dalam memakai corector. Nanti saya bagikan. Terus pemilihan warna concealer juga sangat penting lho untuk masa depan bangsa dan negara!

  4. Faktor cahaya
    Ini khusus yang mau selfie aja. Selfie di depan jendela pada jam 8-10 pagi saat cuaca cerah adalah yang paling ideal untuk mengeluarkan aura flawless glowing manjamu.


Nah ini kondisi kulit saya, ini bareface. Kelihatan kan ada beberapa noda dan warna kulit yang nggak rata? Terkadang juga warnanya merah-merah, cuma mungkin karena saya lagi nurut dan baik hati, jadi kondisi kulit saya lagi oke, nggak merah-merah walaupun nggak bisa dibilang mulus juga. Yang terpenting nih, kalau dipegang teksturnya rata! Nggak ada bukit dan lembahnya. Itu kunci buat dapeting makeup mulus. Soalnya bump dan cekung nggak bisa ditutup pakai makeup. Paling diakalin warnanya doang.

Kulit saya sebenarnya acne prone. Berjenis kering, tapi gampang jerawatan. Tapi karena rajin dibersihkan dan dirawat dengan baik, sekarang jadi jarang jerawatan. Paling muncul jerawat kalau pas mau mens, atau kalau lagi jorok ajaaa. Nah, kalau pas lagi jerawatan, saya tetep rajin pakai skincare routine. Argan oil itu ngebantu banget lho kalau dipakai pas jerawatan, pas udah sembuh bekasnya nggak parah.

Baca juga: Skincare Rutin Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya


FYI, saya nggak perawatan dokter ya. Kondisi kulit saya bener-bener membaik sejak saya pakai rangkaian skincare dari Avoskin. Dan sekalian aja ya jadiin satu post, saya mau jawabin beberapa pertanyaan terkait skincare Avoskin.

  1. Bikin ketergantungan nggak?
    Jawab:
    Enggak!!! Saya berani jamin mah ini. Saya sempet berenti pakai selama 3 bulanan karena mlz. Tapi kulit saya nggak menampakkan reaksi ekstrim kayak kalau orang ketergantungan. Ya wajar aja sih kalau jadi kusam atau jerawatan, karena kulit yang biasanya dirawat lalu nggak dirawat. Tapi nggak yang ekstrim kayak yang saya suka baca di forum-forum kalau orang udah ketergantungan krim gajebo.

  2. Takut terlalu berminyak ah! Namanya aja hydrating. Pasti lengket!
    Jawab:
    Kosmetik yang punya klaim hydrating biasanya malah nggak lengket. Hydrating adalah menambah kadar air di dalam kulit. Kalau moisturising, nah baru itu nambahin kadar minyak. Kulit berminyak ataupun kering tetep perlu hidrasi agar sehat dan jauh dari masalah.
    Berminyak dan kering itu kondisi kulit, bukan masalah kulit. Jadi nggak papa mau kulitmu berminyak atau kering, asalkan sehat, terawat, dan kadar airnya cukup. Justru masalah-masalah seperti jerawatan, beruntusan, iritasi, kulit kusam, dll dll itu muncul karena kulit dehidrasi.

    Baca juga: Review Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence

  3. Tekstur krim Avoskin cocoknya untuk kulit kering atau berminyak?
    Jawab:
    Menurut saya ini skincare basic sih, yang sesuai untuk jenis kulit. Temen-temen saya yang berminyak cocok pakai ini, katanya bikin kulit lebih balance, lembap tapi minyaknya terkontrol. Di kulit saya yang kering juga berkerja dengan baik. Kulit saya pelan-pelan nunjukin perubahan jadi lebih bagus dan sehat. Tinggal disesuaikan aja sih penggunaannya. Misalnya untuk kulit kering seperti saya, saya pakai facial oil juga bebarengan sama set skincare Avoskin. Nah, untuk kulitmu juga gitu. Ya pinter-pinter aja cari kombinasi yang tepat buat jenis kulitmu.

    Baca juga: Day and Night Skincare Routine

Intinya sih, Avoskin ini skincare basic yang bikin kulit saya lebih terhidrasi dan sehat. Kalau kulit sehat dan terjaga kelembapannya, biasanya secara otomatis jadi kelihatan lebih cerah dan semua masalah kulit (seperti jerawat, komedo, kulit kusam, over oily, iritasi) jarang datang. Kulit saya belum 100% bebas noda dan jerawat sih. Ya namanya perawatan, pasti butuh waktu, nggak bisa instan. Tapi paling enggak kulit saya sekarang nggak kusam dan udah jarang jerawatannya.


Langkah selanjutnya adalah preparation sebelum makeup, atau memakai base makeup. Entah kenapa, saya merasa face primer itu nggak berguna sama sekali untuk kulit saya. Kayak nggak ada bedanya gitu mau pakai primer ataupun enggak. Jadi saya ngerasa buang-buang uang aja kalau beli-beli face primer. Mungkin face primer ini lebih ditujukan untuk yang kulitnya berminyak, tekstur kulitnya nggak merata, atau masalah pori-pori yang besar.

Saya sendiri lebih suka mengoleskan Avoskin Day Cream sebelum makeup. Cream ini bikin kulit saya lembab, tapi nggak greasy. Makeup yang diaplikasikan setelahnya jadi bisa menempel dengan baik di kulit saya. Kalau kulitmu warnanya kemerahan, bisa menggunakan face primer warna hijau setelah menggunakan pelembab.

Baca juga: Review Avoskin Day Cream


Langkah ketiga adalah mengaplikasikan korektor dan concealer. Kali ini saya mengaplikasikan korektor warna gelap, untuk menyamarkan noda-noda bekas jerawat saya. Baru setelah diberi korektor, tutup lagi dengan concealer sewarna dengan kulit. Kalau pas bekas jerawatnya kemerahan, saya biasanya tutup dengan korektor warna hijau, baru kemudian ditumpuk dengan concealer warna kulit.

Menurut saya sih, dengan dua layer seperti ini, hasilnya jadi nutup tapi lebih alami. Kalau saya nggak mau langsung pakai concealer warna gelap, karena bakalan jadi bentong-bentong aneh warna gelap di bekas-bekas jerawat yang mau ditutup. 


Untuk corector, saya memakai Makeover Camuflage Palette. Sedangkan untuk concealer, saya mencampurkan LT Pro Cream Foundation Soft Ocher dengan sedikit LA Pro Concealer Toffe. Concealer tersebut saya campurkan untuk mendapatkan hasil warna yang bener-bener sesuai dengan warna kulit saya.


Setelah concealer beres, baru kemudian aplikasikan foundation. Saya sih suka mengaplikasikan foundation dengan menggunakan beauty blender, agar hasilnya tipis aja dan natural. Kalau mau lebih full coverage, kamu bisa memakai buffing brush. Yang penting aplikasinya ditap-tap aja, jangan digeser, agar concealer yang sudah diaplikasikan sebelumnya nggak bergeser.


Untuk foundation, favorit saya adalah Bourjuis Healthy Mix Foundation. Tapi karena kulit saya menggelap, Bourjuis No 52 Vanille yang saya punya jadi terlalu terang di kulit saya. Untuk mengakalinya saya mencampur dengan LA Girl Pro Coverage HD Foundation warna Warm Beige yang kegelapan di kulit saya. Dan surprisingly, pas saya pakai campuran dua foundie ini, malah lebih banyak yang muji. Katanya kulit saya mulus dan glowing banget. Jadi ya saya happy dengan mix dua foundation ini.

Oh iya, kalau kulitmu kemerahan, jangan langsung mencampurkan corector warna hijau kedalam foundation. Face primer warna hijau, boleh dipakai setelah moisturiser saja untuk menetralkan warna kulit. Baru setelahnya ditumpuk pakai foundation. Kalau langsung dicampur, hasil complexion-mu malah akan aneh. Foundie warna kehijauan itu bikin mukamu abu-abu kayak orang sakit ^^.

Untuk mix foundation atau concealer, saya pakai mixing palette dari @paletapia. Pakai palet begini bisa lebih menghemat produk dibanding nyampurin di punggung tangan. Kalau nyampurin di punggung tangan, produk akan banyak terserap ke kulit tangan. Selain itu, warna kulit tanganmu akan bikin warna foundie yang kamu campurkan "nyaru" entah lebih gelap atau lebih terang. Jadi kamu malah nggak bisa dapetin warna yang bener-bener pas untuk kulit mukamu.

Palet dari paletapia ini bisa kamu order di instagram @paletapia. Kamu bisa request bentuk-bentuk unyu yang kamu mau, terus juga palette-nya bisa dinamain sesuai namamu. Jadi palette-mu nggak bakalan tertukar sama punya temenmu. Sebab palette dan cawet itu sama, tydac bole tertukah :(.

Paletapia ini meskipun instagram follower-nya masih dikit tapi trusted kok. Owner-nya adalah beauty blogger di www.jenganten.com. FYI saya punya alamat sampai nomer katoknya. Jadi jan khawatir, follow dan order aja. Kalau tipu-tipu nanti nomer katok yang bersangkutan saya sebhaaarrrr,


Terakhir, ini opsional. Biar lebih cling dan glowing, aplikasikan highlighter di area tulang hidung, tulang pipi, dan dahi. Biar kelihatan basah-basah sehat gimanaaa gitu. Bukan berminyak ya, plis. Ini namanya glowing.

Selamat mempraktekan tips ini dan tunjukan wajah mulusmu pada dunia!

20 comments:

  1. Ses, aku kan kemarin sebelum lebaran beli highlighter bareng mas beb. AKu bilang ini produk biar muka glowing dan aku tunjukin foto orang dengan highlighter. Terus katanya, "itu bukannya muka berminyak ya?" jadi, yha bener di akhir tulisan dikasih statement itu bukan kulit berminyak. Duh maap komen nggak mutu :(. BTW lihat foto wajahmu lalat aja kepleset yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas beb-mu kok ndeso sih. Kayak bojoku :))

      Delete
  2. Kak arum, bisa glowing gitu pakai bedak juga nggak yah ? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake tapi dikit pakai kuas aja. Ku belum nemu bedak yg oke, jadi asal aja mereknya. Nggak ditulis deh :D

      Delete
  3. aku mau baca post ini udah mbatin duluan "uttt, tutorialnya malah disuruh nonton yutub cenelnya" eh ternyata nggak. Kaya semacam trauma kalo ada "tutorial" di judul postnya.

    ReplyDelete
  4. Mbak...aku sikent ridermu yg keracunan beli avoskin (stelah menunggu diskon tentunya). walo kulitku berminyak banget selalu cari referensi ke blog ini. suka bingung concealer dulu ala foundation, abis baca ini langsung cethoooo, besok mo praktek ah. thank u ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya tergantung jenis konsilernyaaa. Nanti kubikin artikel khusus yaakk soal konsiler ;)

      Delete
  5. Postingan yang berfaedah sekali. Paragraf terakhir msh jadi persoalan buatku. Hiliter apa yang cocok biar keliatan glowing mirip punyamu jenk? Skg ini dibilangnya mukaku lepek 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku terharu akhirnya hidupku faedah T.T.

      Hiliter aku punya 3: The Balm Mary Lou, Anastasia Baverly Hils Contour Kit, & WnW MegaGlow. Sofar semua baguss

      Delete
  6. rum, mau donk review foundie nya,lebih baek lagi kalo keduanyaa.... #ketjup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke female daily blog. Aku sudah tulis quick reviewnya di situ ;)

      Delete
  7. Mbak arum soal bedak kan belum nemu tuh yg pas, aku bedak dari beberapa macem belum nemu2 juga 😭 mbak arum pake bedak apa? nyontek ah biar flawless kaya mbak arum :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga belum nemu yang pas kok. Ntar aja kalau udah nemu ya..

      Delete
  8. mbak, beli produk avoskin yg online ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang online kok. Klik aja link yang ada di post yak

      Delete
  9. mbaaaakkk aku mau trik concealer buat nutupin lingkaran hitam mata doongg. aku pake orange corrector la girl kok gak ampuh yah. sedih :'((( mungkin harus coba yang kuning. tapi aku masih bingung mau beli palette make over apa catrice huhuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai corector warna gelap (bukan kuning/ oranye). Jadi warna kulit tapi 1 sampai 2 tingkat lebih gelap. Habis itu tumpuk pakai foundation, lalu baru konsiler yang senada sama warna kulit

      Delete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...