Tuesday, April 4, 2017

Merawat Kulit Kering dan Sensitif dengan Cara yang Menyenangkan


"Kulit badan sensitif itu kaya gimana sih? Bukannya cuma muka ya, yang biasanya sensitif?"

Itu adalah salah satu pertanyaan yang sering diucapkan orang, ketika saya bilang kalau kulit badan saya sensitif. Mungkin karena permasalahan kulit badan yang sensitif itu jarang dibahas, jadi nggak banyak orang yang tahu. Padahal saya beberapa kali menemui teman, dan ada juga beauty blogger, yang punya permasalahan kulit sensitif seperti saya. Dan permasalahan kami-kami para pejuang kulit sensitif itu sama, yaitu: susah sekali cari produk yang nyaman untuk dipakai dan nggak menimbulkan efek negatif di kulit. Karena kalau salah pakai produk, bisa bikin kulit gatal-gatal, iritasi, dan seringkali sampai luka dan berbekas.

Sebelum masuk ke perawatannya, saya akan bercerita dulu mengenai pengalaman saya memiliki kulit yang sensitif. Biar temen-temen pada tahu seperti apa itu kulit sensitif. Siapa tahu ada yang punya pengalaman seperti saya, tapi nggak tahu kalau itu namanya kulit sensitif dan bingung masalah penanganannya. Dan supaya juga nggak ada yang suuzon bilang kalau saya sok princess ngaku-ngaku punya kulit sensitif :D.


Kulit Sensitif Saya

Sejak kecil, kulit saya memang rewel sekali. Kalau kekeringan, biasanya kulit saya gatal-gatal parah. Bekas luka karena garukan di badan saya juga amat banyak, bahkan susah hilangnya. Kalau kata ibu saya, kulit saya ini namanya "kulit kentang". Gampang luka dan gampang berbekas.

salah satu bekas iritasi karena baru pulang traveling, dan selama traveling nggak begitu memperhatikan produk yang saya pakai.

Dulu saya mengira permasalahan kulit saya adalah kulit kering saja. Karena memang gatal-gatal dan ruam cuma timbul kalau kulit saya sedang kering-keringnya. Dulu saya mengatasinya dengan pakai lotion atau body butter yang teksturnya super kental, biar lembapnya awet. Terus saya juga selalu memilih sabun mandi yang creamy dan masih meninggalkan sensasi licin saat dibilas.

Tapi semenjak tahu bahwa masalah kulit saya bukan sekedar kering, tapi juga sensitif, saya mulai lebih peduli lagi dengan produk-produk yang saya gunakan. Saya cuma mau pakai produk yang terjamin kualitasnya dan nggak mengandung banyak fragance, deterjen, alkohol serta bahan-bahan penyebab iritasi lainnya. Udah lama banget saya stuck di body lotion yang itu-itu aja, karena susah sekali menemukan body lotion cocok untuk kulit saya. Tapi rasanya bosaaannn banget karena teksturnya yang lengket dan juga produknya yang tanpa aroma.


Apa kata ahli tentang kulit sensitif?



Tanggal 25 Maret kemarin, saya mengikuti talkshow mengenai perawatan kulit kering dari Female Daily x The Body Shop. Acara ini sekaligus untuk memperkenalkan range body care terbaru dari The Body Shop, yaitu The Body Shop Almond Milk & Honey, yang dikhususkan untuk merawat kulit kering dan sensitif. Iya, seperti kulit saya ini. Pas banget kan?

dr. Jonathan R. Subekti Spkk menjelaskan bahwa kulit sensitif itu bisa karena dua hal, yaitu karena faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat, dan bisa juga karena genetik. Kalau kasus kulit saya ini adalah faktor genetik. Kulit sensitif juga biasanya akrab sekali dengan kondisi kulit kering. Kulit yang kekeringan, akan menimbulkan beberapa reaksi tidak menyenangkan di kulit sensitif. Itulah mengapa orang dengan kulit yang sensitif, harus rajin menjaga kelembapan kulitnya.

Karena faktor hormonal, ibu hamil juga bisanya mengalami kondisi kulit yang menjadi lebih sensitif daripada biasanya. Itu juga jadi salah satu penyebap, mengapa ibu hamil nggak bisa memakai sembarang skincare.

Cara untuk mencegah kulit sensitif ini "kumat" antara lain: minum cukup air, jangan mandi terlalu lama, konsumsi buah dan sayur-mayur yang sehat, lindungi kulit dengan sunscreen, dan selalu menggunakan pelembap kulit. Pilihan skincare juga harus diperhatikan, karena kalau ingredient-nya tidak tepat, bisa memicu reaksi (gatal-gatal, alergi, ruam, iritasi) pada kulit yang sensitif.


Produk The Body Shop untuk Perawatan Kulit Sensitif

Saya adalah pengguna skincare The Body Shop sudah sejak lama. Favorit saya sebelum ini adalah varian Olive dan Shea. Entah sudah berapa botol body butter dan body scrub dari produk yang 100% vegetarian ini yang saya habiskan. Di kulit sensitif saya, produk The Body Shop tidak pernah memberikan reaksi negatif sejauh ini. Tapi kalau memang The Body Shop mengeluarkan produk khusus untuk perawatan kulit kering dan sensitif, tentu saya akan lebih senang dong! Dan saya juga senang sekali karena menjadi salah satu orang yang pertama kali mencoba produk The Body Shop Almond Milk & Honey di Indonesia.


Dijelaskan oleh mbak Ratu Maulia Ommaya, public relation The Body Shop Indonesia, Almond Milk & Honey memang khusus dibuat untuk perawatan kulit sensitif, terutama yang sensitif terhadap kandungan wewangian. Aroma dalam rangkaian produk ini berasal dari aroma alami almond essential oil dan madu.

Kandungan almond milk jelas bisa menutrisi dan melembapkan kulit yang kering. Sementara madu mempunyaisifat anti inflamasi, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk kulit yang sensitif. Skincare guru Indonesia, mbak Affi Asegaf, juga sudah mencoba dan sangat suka rangkaian skincare ini lho! Rangkaian The Body Shop Almond Milk & Honey ini juga aman digunakan untuk wanita hamil dan anak-anak.


Review Saya untuk rangkaian The Body Shop Almond Milk & Honey


Sudah satu minggu ini saya selalu menggunakan rangkaian The Body Shop Almond Milk & Honey untuk perawatan kulit saya. Saya menggunakan shower cream yang diaplikasikan dengan bath lilly saat mandi. Lalu sesaat setelah mandi, saat badan masih lembap (bukan basah, ya!) karena air, saya mengaplikasikan body lotion ke seluruh tubuh. Hand cream-nya saya bawa kemana-mana di tas tangan saya. Dan saya juga sudah menggunakan cream scrub-nya dua kali.

Cukup mengejutkan buat saya karena aroma rangkaian produk ini enaaakkk banget! Saya jarang menyukai produk yang aromanya berasal dari aroma alami. Tapi untuk The Body Shop Almond Milk & Honey, saya harus bilang kalau aromanya juara! Aromanya manis, tapi nggak menusuk dan nggak bikin eneq. Malahan aromanya membuat saya tenang. Aromanya yang enak itulah yang membuat proses merawat kulit jadi lebih menyenangkan. Karena kan jarang banget ya, ada produk perawatan untuk kulit sensitif yang aromanya enak.

Saya akan bahas satu-persatu produk yang saya coba ya:

  1. Almond Milk & Honey Soothing & Caring Shower Cream
    Harga: Rp 99 000


    Sabun mandi ini teksturnya creamy dan busanya nggak terlalu banyak. Tapi bila digunakan dengan bath lilly-nya, cukup menggunakan sedikit saja dan busanya bisa diaplikasikan ke seluruh tubuh. Setelah dibilas, nggak terasa licin tapi di kulit terasa sangat nyaman. Nggak ada sensasi rasa kesat atau kulit terasa ketarik. Oh iya, aromanya yang enak juga bikin saya betah banget berlama-lama mandi. Padahal kata dokter Jonathan, nggak boleh berlama-lama mandi karena bisa bikin kulit lebih kering. :D

  2. Almond Milk & Honey Gently Exfoliating Cream Scrub
    Harga: Rp 299 000


    Scrub dengan tekstur yang creamy dan super lembut. Butiran scrub-nya sedikit sekali, karena memang scrub ini dikhususkan untuk pemilik kulit yang sensitif. Jujur saja, buat saya scrub ini kurang mantab, karena saya terbiasa menggunakan The Body Shop Olive Body Scrub yang teksturnya lebih kasar. Tapi tetap terasa kok butiran-butirannya, dan tentunya sudah teruji dapat membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati dengan baik. Sama seperti shower cream-nya, cream scrub ini setelah dibilas juga rasanya nyaman dan nggak kering di kulit.

  3. Almond Milk & Honey Calming & Protecting Body Lotion
    Harga: Rp 179 000


    Ini favorit saya! Dari pertama kali saya coba saat acara, saya sudah langsung jatuh cinta. Lotion ini mampu melembapkan kulit kering saya dalam jangka waktu yang lama, tapi teksturnya cepat menyerap dan nggak lengket.

    Saya susah sekali mencari lotion yang tekstur dan daya melembapkannya seperti ini. Lotion yang melembapkan biasanya teksturnya lengket. Dan kalau saya pakai lotion biasa yang nggak lengket, dalam waktu satu jam biasanya kulit saya udah kekeringan lagi dan harus di-reaply, kalau nggak mau makin kering dan jadi gatal. Jadi sungguh deh saya merasa benar-benar jodoh dengan lotion ini, apalagi aromanya enak banget.

    Ketika saya pakai tidur di malam hari, dengan kondisi kamar yang super dingin karena AC, di pagi harinya kulit saya juga tetap terasa lembap. Pas saya coba garuk, nggak ada gurat putih seperti yang biasa saya temui pada kulit kering saya kalau digaruk.

  4. Almond Milk & Honey Calming & Protecting Hand Cream
    Harga: Rp 79 000


    Dan yang terakhir ini selalu ada di tas tangan saya, untuk saya bawa kemana-mana, karena kemasannya yang kecil dan handy. Hand cream kalau buat saya sih bukan sekedar untuk melembapkan telapak tangan ya, tapi juga untuk melembapkan bagian tubuh manapun yang kering saat saya di luar rumah. Jadi terkadang saya oleskan juga di siku dan lutut. Tapi karena Almond Milk & Honey Body Lotion yang saya pakai sudah sangat melembapkan dan tahan lama, jadi si hand cream ini akhirnya cuma saya fungsikan sebagai....hand cream :D.

    Saya pakai hand cream ini setelah saya makan dan cuci tangan, agar telapak dan punggung tangan saya tetap selalu lembap dan terawat meskipun saya sering sekali cuci tangan (dan makan :D). Teksturnya lebih cepat meresap dan sama sekali nggak lengket, bila dibandingkan dengan body lotion-nya, tapi jangan khawatir, daya melembapkannya tetap bagus kok.

Buat kamu yang punya permasalahan kulit kering dan sensitif, atau untuk yang sedang hamil, saya benar-benar merekomendasikan rangkaian The Body Shop Almond Milk & Honey ini. Atau kalau belum mau beli semuanya, paling enggak cobain lotion dan shower cream-nya deh! Saya yakin pasti bakalan langsung jatuh cinta.

10 comments:

  1. kebetulan body lotion udah mau abis hihiw. mau coba body lotionnya! eh tapi bener loh orang tuh suka gak ngerti gimana rasanya punya kulit badan sensitif. temenku ada yang sampe kulitnya melepuh kelamaan dikit kena matahari. aku gak pernah sampe parah banget sih. tapi belakangan ini kena debu dikit langsung merah pol :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget kok yang nggak paham. Temenku malah ada yang bilang "ngapain sih lotion mahal2? Aku pakai 7rebuan juga udah bagus." Ya beruntung buat yang kulitnya nggak rewel. Kalau kayak kita mah huhuhu...

      Iyes, cobain body lotionnya. Teksturnya enaaa, baunya juga enaaaa bangets!

      Delete
  2. Mbak, kulitku malah lebih parah darimu. Kalo gatel+nggaruk belom luka belom brenti tuh saya... Slama ini pake moringa nya TBS, untung dah mo abis. Coba yg enih dah, smg alternatif buat kulitku yg uniknya warbiyasak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gitu kok mba. Beneran deh harus sampai lecet baru gatelnya ilang :(. Apalagi kalau pas tidur tuh, kan nggak sadar ya garuk2 sekeras apa, bangun2 udah lecet2 semua badannya. Sampai stres sendiri karena bekasnya dimana mana huhu.. Iya mba, cobain yg seri ini deh. Enak banget beneran.

      Delete
  3. Ini kejadian di aku. Gegara perubahan hormon setelah punya anak (atau bertambah usia?). Bener2 ga aware krn sblmnya kulitku baik2 aja. Siyok pas nyadar muncul ruam n iritasi yg tak berkesudahan. Untung segera tau solusinya. Harus apply lotion/butter ke seluruh tubuh segera setiap kali sehabis mandi.

    www.pidiybello.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sensitifnya baru aja ya? Iya segera dirawat aja. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali ;)

      Delete
  4. Ini aku banget ya ampun :( sebenernya kulitku lebih ke kering sih, gak sampe yang sensitif bangett. Tapi tetep aja badan terutama punggung abis ku garuk-garuk, dari aku kecil malah. Sampe sekarang bekasnya masih ada, punggungku jadi blentang-blentong parah banget, malahan sampe ada bekas kayak di cakar beruang wkwk saking parahnya. Mamaku sampe ngomel terus :( Kalau mandi terus sabunnya kebanyakan sedikiiit aja, langsung deh keset, kering kerontang, yang berujung pada gatal, panas dan perih :/ padahal aku gak begitu suka sabun yang udah dibilas masih licin, serasa gak bersih :(

    Belum lagi tubuhku dari rambut, muka, bibir, badan semua kekeringan eurgh. Bener-bener deh perawatannya tuh mesti hati-hati, sama kayak kakak body lotionku juga gak pernah ganti hehehe. Makanya pengen banget nyoba body shopnya, semoga cocok di aku x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah akhirnya ada teman senasib!!! Aku sering dibilang mengada-ada lah, sugesti pakai sabun murah lah, dll dll dll. Ya ampuuunnn padahal beneran kulitku sensi T.T.
      Iya ini body shop enak banget. Aku belum review body butter-nya ya? Itu juga enaaakkk. Buat yang kulitnya kering menjurus sensitif wajib cobain deh.

      Delete
    2. Iyaaa ternyata bukan hanya aku sendiri yang merasakan :') temen juga suka pada heran kalau sleepover aku selalu rempong bawa sabun sendiri, lotion, pelembab wajah, bahkan caladine kalau2 gatelnya parah dan antiseptik buat persiapan luka2 setelah bangun tidur x) Padahal mereka mah ganti-gantian aja bisa, tapi aku kalau sabunnya gak cocok langsung parahhh.

      Untung sekarang udah ada perawatan khusus kulit kering & sensitif kayak gini. Tinggal bekas2 cakaran aja nih gimana ilanginnya 😂 Wahh ditunggu ya kak review body butternya ^^

      Delete
  5. Haaaaah. Bener bgt. Aku berjuang jd penderita eksim selama aku hidup :-| ga pernah bisa pake sabun biasa di supeemarket. Kl pake produk yg ada fragrance tinggi, paraben, alkohol, pewarna banyak, udah, eksim langsung kambuh, gatal2 ruam sana sini. Udh ke berbagai dokter semua cuma bisa saranin pake krim kortikosteroid, padahal bahaya kl dipake jangka panjang. Semoga aja varian the body shop ini bisa menyelamatkan aku dr kebosanan pake lotion cetaphil/physiogel/sebamed yhaaaa

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah mampir di sini dan berkomentar dengan sopan ;).
Komentar yang menyertakan link hidup dan kometar yang sifatnya mempromosikan website komersil/ barang jualan akan dihapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...